Beberapa Operator Ini Segera Luncurkan VoWiFi

Telko.id – Jaringan 4G dengan VoLTE nya memberikan warna baru dalam berkomunikasi. Dengan hadirnya fitur ini, pengguna bisa mendapatkan kualitas voice HD serta memungkinkan untuk video call serta conference.

Hadirnya VoLTE juga akan memberikan inovasi baru dalam berkomunikasi. Terhangat, layanan ini ternyata memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan melalui jaringan wifi atau yang lebih dikenal dengan sebutan VoWiFi.

Operator asal Thailand, AIS telah meluncurkan layanan Voice over Wi-Fi (VoWiFi). Sementara hal yang sama juga akan dilakukan oleh dan operator Taiwan APT yang telah mengumumkan rencana untuk menghadirkan VoWiFi beberapa waktu mendatang.

AIS, operator seluler terbesar di Thailand, awalnya menawarkan VoWiFi untuk model iPhone yang dipilih, termasuk iPhone 5s , 5c, 6, 6 Plus, 6s, 6s Plus dan iPhone SE.

Perusahaan akan menawarkan VoWiFi sebagai add-on komplementer untuk layanan 4G AIS, menawarkan panggilan dengan tarif standar voice serta kemampuan untuk mengirim dan menerima SMS, TelecomAsia (30/6) melaporkan.

AIS telah mengumumkan rencana untuk memperluas jaringan hotspot WiFi dari 120.000 titik menjadi 160.000 titik pada tahun ini dan 200.000 pada tahun 2017 mendatang. Operator bertujuan untuk memiliki lebih dari 10 juta pelanggan 4G pada akhir 2016.

Hal yang sama terjadi di Taiwan, lewat operator mereka, APT yang juga telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan layanan VoWiFi. Meski tidak menyebutkan kapan waktu pastinya, namun dipercaya layanan ini akan hadir tidak lama setelah pengumuman tersebut.

Komentar dari APT menunjukkan bahwa operator awalnya akan mendukung model iPhone yang dipilih dan handset InFocus M372 berbasis Android dengan layanan VoWiFi.

Saat ini jaringan 4G operator mencakup sekitar 94% dari Taiwan, termasuk 98% dari wilayah metropolitan. Perusahaan melewati tonggak 4 juta pelanggan pada akhir Mei.

Sementara itu, pada pekan lalu Singtel juga mengumumkan bahwa mereka berencana untuk meluncurkan layanan VoWiFi pada bulan Agustus setelah sukses melalui ujicoba HetNet.

Tidak mau ketinggalan, Indonesia melalui salah satu operatornya yakni Smartfren juga akan menghadirkan layanan ini di Tanah Air. Smartfren bahkan telah sukses melakukan ujicoba VoWiFi beberapa waktu lalu.

VoWiFi sendiri sejatinya merupakan layanan yang berbasiskan VoLTE. Jika memang tiap operator telah menyelenggarakan layanan VoLTE, bukan tidak mungkin kedepannya pengguna akan melakukan panggilan dengan memanfaatkan akses wifi yang tersedia.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0