Caplok Operator Baru, Axiata Group Keluarkan Rp 17 Triliun

Telko.id – Memiliki beberapa anak perusahaan yang tersebar di sejumlah negara di Asia Tenggara – XL Axiata (Indonesia), Celcom Axiata (Malaysia), Dialog Axiata (Sri Lanka), Robi Axiata (Bangladesh) dan Smart Axiata (Kamboja) – tampaknya belum membuat Axiata Group berpuas hati. Buktinya, perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Malaysia ini kembali mencoba memperluas ‘pengaruhnya’, dengan membeli perusahaan baru.

Dilansir dari Telecompaper, Selasa, (22/12), Axiata Group telah sepakat untuk membeli operator seluler asal Nepal, Ncell dari TeliaSonera. Hal ini dilakukan Axiata guna memperluas jejak regionalnya, dan memasuki pasar Nepal.

Melalui anak perusahaannya, Axiata Investments (UK), Axiata telah menandatangani perjanjian bersyarat dengan TeliaSonera dan SEA Telecom Investments untuk mengakuisisi 100 persen Reynolds Holdings seharga USD 1.365 miliar. Ini menghasilkan kepemilikan saham 80 persen untuk Axiata dan mengendalikan saham di Ncell.

TeliaSonera telah setuju untuk menjual 60,4 persen saham di Ncell kepada Axiata seharga USD1.030 miliar secara tunai. TeliaSonera juga akan meniadakan kepentingan ekonomi dalam 20 persen kepemilikan lokalnya dan menerima sekitar USD 48 juta. Transaksi tersebut tergantung pada satu sama lain.

20 persen saham dipegang oleh Niraj Shrestha, yang akan menjual miliknya kepada mitra Axiata Bhavan Singh Shrestha. Menurut peraturan Nepal saat ini, 20 persen dari kepemilikan dalam sebuah perusahaan diharuskan dikelola secara lokal oleh warga negara Nepal.

Axiata mengatakan Nepal menawarkan ruang yang baik untuk ekspansi, dengan penetrasi ponsel hanya 51 persen dan pertumbuhan pelanggan seluler 18 persen pada periode 2012-2014. Ncell mengklaim pangsa pasar pendapatan 57,5 ​​persen dan 48,8 persen pangsa pasar di Nepal. Operator memiliki spektrum 8MHz di band 900MHz, 11MHz di band 1800MHz dan 10MHz di band 2100MHz.

Dengan mengakuisisi Ncell, Axiata mengharapkan sinergi di beberapa daerah. Secara khusus, segmen pekerja asing di luar negeri, di mana ada sekitar satu juta orang Nepal di Malaysia saja, merupakan peluang untuk panggilan internasional intra-ASEAN dan pengiriman uang mobile, kata Axiata.

Axiata juga berharap akan dapat m enerapkan keahliannya di pasar berkembang di jaringan dan ketersediaan teknologi, pemasaran, pengembangan produk, membangun modal manusia dan pengadaan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

TELKO TV

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0