Bukan SK Telecom, MTS lah Operator Pertama yang akan Terapkan 5G

Telko.id – 2018 sepertinya akan benar-benar menjadi awal dari penyebaran 5G. Terbukti, dari begitu banyaknya operator seluler yang memilih tahun itu sebagai momentum gelaran 5G. Perusahaan telekomunikasi terbesar di Rusia, MTS, adalah salah satunya.

Bekerjasama dengan Ericsson, MTS mengatakan bahwa mereka mengharapkan untuk menggelar layanan percobaan 5G pada 2018, bertepatan dengan piala dunia FIFA yang akan diselenggarakan di Rusia. Kedua perusahaan mengumumkan nota kesepahaman untuk melakukan penelitian dan pengembangan 5G. Demikian dilaporkan Telecoms, Selasa (22/12).

Sebelumnya, operator seluler asal Korea Selatan, SK Telecom juga telah menguraikan niat serupa, yakni menggelar 5G dalam tiga tahun ke depan, dengan uji coba yang akan dilakukan pada tahun 2017, dan gelaran sesungguhnya pada 2018, atau bertepatan dengan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang.

Tentu saja, akan menjadi sebuah kejutan kecil untuk melihat salah satu negara di Timur Jauh menjadi yang pertama mengadopsi 5G. Sebagai informasi, piala dunia FIFA secara tradisional diadakan pada bulan Juni dan Juli. Sementara olimpiade musim dingin idealnya baru digelar menjelang akhir tahun.

Menurut Ericsson, nota kesepahaman yang dibuatnya bersama MTS akan fokus pada pemahaman dan pendefenisian persyaratan spektrum jaringan generasi berikutnya dan kemudian membangun sistem tes. MTS dan Ericsson akan fokus pada pengembangan dan dengan jelas mendefinisikan metodenya, serta evaluasi kinerja dan penerapan potensi komponen kunci teknologi 5G.

CTIO MTS, Andrew Ushatskiy, mengakui bahwa apa yang nyata masih jauh, namun menekankan bahwa kerjasama yang erat dengan Ericsson adalah cara untuk membuat 5G yang masih ambigu menjadi lebih realistis dicapai, lebih cepat dari seharusnya.

“Sementara persyaratan untuk standar komunikasi baru dalam tahap pengembangan, penting bagi perusahaan kami untuk terlibat erat dalam proses ini, yang diikuti dengan penandatangan perjanjian dengan Ericsson,” katanya.

Ia menambahkan, tahun depan, kedua perusahaan akan mulai menggelar serangkaian proyek percontohan pada jaringan MTS, agar keduanya memiliki pemahaman lengkap tentang kinerja solusi dalam jaringan 5G. Dengan bekerja secara proaktif sepanjang proses standarisasi 5G, baik MTS maupun Ericsson akan siap untuk membangun tahap pertama dari jaringan baru yang secara dramatis akan mengubah hidup masyarakat dan segala sesuatu yang ada di sekitarnya, dan akan memberdayakan masyarakat dan cakrawala pengetahuan di segala bidang – rumah, sekolah, kedokteran, ilmu pengetahuan, transportasi, hiburan dan banyak lainnya.

Perlu dicatat, bahwa perjanjian ini juga akan membuat kedua perusahaan terlibat dalam pengujian LTE tanpa izin, serta LTE-M, protokol untuk meningkatkan lalu lintas IOT dan M2M di seluruh jaringan seluler 4G. Dalam mendefinisikan kemungkinan spektrum untuk pengembangan 5G, MTS mengatakan akan menyelidiki solusi penyebaran percontohan di band 15 GHz. Proyek ini juga akan melihat area tes yang dibuat untuk digunakan saat Piala Dunia 2018.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0