Tembus Kecepatan 2Tbps, British Telecom Cetak Rekor

Telko.id – Rekor baru dalam hal kecepatan transmisi data dicetak operator utama Inggris, British Telecom (BT). Bekerjasama dengan Huawei, perusahaan mengklaim telah mencapai kecepatan 2Tbps melalui jaringan optik aktif yang membentang lebih dari 700 km antara Inggris dan Irlandia.

Pengujian ini sendiri merupakan kelanjutan dari pengujian tertutup dengan teknologi serupa yang pernah dilakukan perusahaan pada 2014 lalu.

“Ilmuwan BT membangun mode single link serat optik komersial pertama pada tahun 1984 dan BT Labs tetap menjadi yang terdepan untuk penelitian Photonics lebih dari tiga puluh tahun kemudian,” ungkap Howard Watson, CEO BT Technology, Service and Operations.

Menurut laporan Telecom, Jumat (27/5), BT juga mengatakan telah menembus angka 5 Tbps dalam pengujian terpisah yang menguji kemampuan transmisi serat optik tunggal yang berjalan pada jaringan trial-nya antara BT Tower di London dan fasilitas penelitian Adastral Park. BT mengklaim, kecepatan 5,6 Tbps yang dicapai adalah setara dengan download 200 film definisi tinggi dalam satu detik.

BT menyebut terobosan dalam teknologi dan teknik ini akan memungkinkan perusahaan menghindari krisis kapasitas, dengan mengurangi lebih banyak kapasitas dan bandwidth dari jaringan optik inti yang ada. Hal ini dilakukan dengan memaksimalkan efisiensi spektral setiap helai kaca dalam serat tersebut.

“Jaringan inti adalah superhighway dari internet. Sangat penting bahwa jaringan inti kami mengimbangi pertumbuhan permintaan bandwidth yang didorong oleh penerimaan broadband serat berkecepatan tinggi, konten HD, smartphone dan tablet 4G dan di masa depan, layanan 5G,” tambah Watson.

Sebab itu, Ia menambahkan, perusahaan melakukan investasi di jaringan inti, serta teknologi akses kecepatan tinggi seperti serat broadband, untuk memastikan tidak ada krisis kapasitas dan memberikan kecepatan terbaik kepada pelanggan.

“Percobaan landmark ini menunjukkan bahwa kami dapat dengan mudah memunculkan tombol untuk memberikan kecepatan yang diperlukan dalam jaringan inti kami untuk tetap baik menyusul kenaikan permintaan pelanggan,” kata Watson lagi.

Sementara itu, mitra BT untuk uji coba ini, Huawei, mengumumkan lebih banyak keunggulan optik dalam bentuk kolaborasi dengan operator Emirat Etisalat. Kolaborasi ini berhasil mengembangkan solusi jaringan optik pasif 10G baru untuk memberikan layanan broadband 10Gbps.

Huawei mengatakan peluncuran layanan 10Gbps ini akan memungkinkan pengguna untuk mengalami dan menikmati kecepatan broadband tercepat yang tersedia di wilayah tersebut saat ini.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

TELKO TV

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0