Tahun Lalu, China Mobile Sukses Kantongi 312 Juta Pengguna 4G

Telko.id – China Mobile benar-benar mendorong kecepatan pertumbuhan 4G mereka pada akhir tahun lalu. Hal tersebut tergambar dari menambahnya 45 juta sambungan 4G pada bulan November dan Desember, sehingga total pengguna 4G mereka mencapai 312 juta user.

Dilansir dari Mobile World Live, Jumat (22/1), operator yang memiliki pangsa pasar mobile sebesar 63 persen di China ini juga merupakan operator 4G terbesar di dunia. Hal tersebut dilihat dari lonjakan basis pengguna 4G mereka, yakni sebesar 222 juta pengguna di tahun lalu.

Sekedar informasi, selama sepuluh bulan pertama di tahun 2015, penambahan rata-rata pengguna China Mobile mencapai 17,7 juta koneksi 4G per bulan, dengan tingkat kenaikan menjadi 22,5 juta pada bulan November dan Desember.

Total koneksi China Mobile juga meningkat dari 19 juta menjadi 826 juta koneksi pada akhir tahun. Sementara terjadi penurunan pada pelanggan 3G dari 246 juta menjadi 167 juta selama 12 bulan terakhir. Hasil ini secara tidak langsung membuktikan kesuksesan program migrasi pengguna 3G ke 4G perusahaan tahun lalu.

Sementara rival mereka, China Telecom menambahkan sekitar 12,3 juta sambungan baru pada tahun 2015, dengan total sambungan menjadi 198 juta. Operator terbesar ketiga di China ini memiliki pangsa pasar sebesar 15 persen, dengan menggabungkan pengguna 3G dan 4G ke dalam angka agregat. Namun, menurut GSMA Intelijen, pada Desember tahun lalu koneksi 4G mereka mencapai 55 juta user.

Pemain Nomor dua di negeri Tirai Bambu, China Unicom mengalami penurunan basis pengguna selama 11 bulan berturut-turut dan hanya memiliki jumlah pengguna sekitar 286 juta pengguna. Mereka telah kehilangan sepuluh juta sambungan sejak akhir 2014 dan hanya memiliki 17 juta koneksi 4G pada akhir 2015, menurut GSMA Intelligence.

Berbicara mengenai aliansi antara China Unicom dan China Telecom, China Mobile mengaku aliansi ini tidak menjadi ancaman dan belum bisa memperkecil kesenjangan dengan China Mobile. [ak/if]

Related Articles

TELKO TV

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0