Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Resmi Gelar Program Penelitian 5G, Ini Langkah yang Ditempuh China

Telko.id – ITU boleh saja menetapkan 2025 sebagai tahun dimana 5G akan resmi diluncurkan, namun tidak berarti penelitian terkait teknologi teranyar ini dilakukan nanti-nanti. Pemerintah China misalnya, baru-baru ini Departemen Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) negara tersebut telah mengumumkan dimulainya program penelitian 5G resmi dan menargetkan peluncuran komersial operator pada 2020.

“Tujuan dari penelitian dan ujicoba ini adalah untuk mendukung perumusan standar 5G global dan meningkatkan perkembangan industri telekomunikasi,” ungkap Cao Shumin, Kepala tim R&D 5G MIIT seperti dilansir Telecoms, Rabu (13/1).

Rincian lebih lanjut diperoleh oleh situs teknologi China C114, yang mengungkapkan bahwa MIIT berencana untuk memulai pengujian komersial pada tahun 2018 setelah lebih dulu melewati proses verifikasi teknologi tiga tahap. Diharapkan roadmap ini bertepatan dengan apa yang direncanakan ITU, 3GPP, dan lain-lain.

“Tes 5G dibagi menjadi dua langkah: pertama adalah tes teknologi R&D (2015-2018), yang akan diselenggarakan oleh CAICT dan bersama-sama diikuti oleh operator, vendor peralatan dan lembaga penelitian ilmiah; yang kedua adalah tes produk R&D (2018-2020), yang diselenggarakan oleh operator domestik dan diikuti oleh vendor peralatan dan lembaga penelitian ilmiah,” tambah Shumin.

Tidak disebutkan secara eksplisit mengenai kesepakatan yang dibuat China dengan Eropa terkait 5G September lalu, ataupun kesepakatan lain yang tak terhitung jumlahnya, MOU dan perjanjian kolaborasi yang terus diumumkan terkait 5G. Agaknya, MIIT akan mengkoordinasikan pekerjaannya dengan dunia, tapi jelas bahwa China ingin menjadi pemimpin bukan pengikut di generasi berikutnya dari teknologi mobile.

Latest

Indosat Dorong Indonesia Implementasi Teknologi AI

Telko.id – Indosat bersama Twimbit baru saja meluncurkan laporan...

ZTE Hadirkan Inovasi Solusi Cold-Plate Liquid Cooling

Telko.id - ZTE Corporation berpartisipasi dalam Indonesia Cloud and...

Telkomsat dan Starlink, Siap Garap Segmen Enterprise di Indonesia

Telko.id – Telkomsat dan Starlink siap garap segmen enterprise...

Tiga Peran Strategis IDTH Sebagi Rujukan Untuk Uji Perangkat Telekomunikasi

Telko.id – Indonesia Digital Test House (IDTH) yang telah...

Rekomendasi

Sharp Indonesia Ekspansi Ke Pasar Smartphone Bali!

Telko.id - Sukses memikat para pengguna smartphone di Jakarta, Sharp terus melakukan ekspansi penjualan dengan menyasar kota – kota besar lainnya di Indonesia.   Di...

Acer Predator Triton Neo 16, Spek nya Nggak Main-main Buat Ngegame!

Telko.id - Acer Predator Triton Neo 16 baru saja diluncurkan dengan spesifikasi yang nggak main-main, boleh diadu dengan laptop gaming lainnya. Bodinya pun tergolong tipis...

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini