Penyebaran VoLTE global Sentuh 40 Titik

Telko.id – Global Mobile Suppliers Association (GSA) telah mengkonfirmasi bahwa jumlah penerapan VoLTE atau Voice Over LTE secara komersial di seluruh dunia telah mencapai 40 titik.

Ini merupakan percepatan utama dalam penyebaran teknologi VoLTE sebagai salah satu alternatif layanan voice dan cukup terbukti keampuhannya. Volte sendiri ternyata menjadi sebuah solusi yang dapat diandalkan serta hemat biaya.

Data ini juga berada dalam laporan terbaru bertajuk ‘Mobile HD voice Global Update’ yang dikeluarkan oleh GSA. Laporan ini mencatat bahwa sekitar 150 operator seluler di 87 negara telah meluncurkan suara HD oleh teknologi W-AMR.

Alan Hadden, VP Riset GSA menyebutkan bahwa, ” Berkaca dari laporan di atas, kami menyimpulkan bahwa pasar VoLTE melaju dengan cepat dan menjadi tren industri yang paling utama di tahun 2015.”

Sampai dengan saat ini, sebanyak 40 operator telah meluncurkan layanan suara HD menggunakan VoLTE untuk pelanggan 4G LTE mereka di 28 negara, dibandingkan dengan 10 bulan lalu yang dengan hanya 16 sistem. GSA sebelumnya telah menegaskan bahwa 111 operator berinvestasi dalam VoLTE di 52 negara (penyebaran, percobaan, penelitian), dan bahwa 246 perangkat yang mendukung VoLTE termasuk 224 smartphone telah diumumkan.

Sementara itu, seperti dilaporkan Telecoms, Kamis (17/12), GSA juga menyebut jumlah LTE global saat ini dianggap telah mencapai 1 miliar adopsi dan terus meningkat perkembangannya.

Layanan VoLTE sendiri sejatinya mampu memberikan revenue lain bagi operator. Seperti diketahui, VoLTE menjadi salah satu alternatif dari layanan voice di frekuensi 2G yang sudah mulai ditinggalkan pengguna. Saat ini pengguna lebih nyaman mengakses jaringan data. Walaupun untuk voice, namun pengguna lebih nyaman menggunakan OTT sebagai penyedia voice mereka.

Di Indonesia sendiri, beberapa operator telah melakukan ujicoba terhadap layanan ini. Tercatat operator seperti Smartfren dan Telkomsel nampaknya sangat bersemangat sekali dalam pengadopsian layanan VoLTE. Khusus untuk Smartfren, belum lama ini mereka mengklaim akan menghadirkan layanan Voice over LTE pada kuartal pertama di tahun depan dan semua produk Andromax 4G pun mendukung layanan ini, hanya saja tinggal mengupgrade firmware pada smartphone tersebut.

Namun, di Indonesia sendiri, pihak regulator juga belum mengatur besaran tarif yang akan dibebankan ke pengguna yang mengakses layanan ini. Selain itu, ketersediaan perangkat juga masih menjadi kendala untuk penerapan teknologi ini di Indonesia. Satu lagi, permasalahan klasik yang masih terjadi adalah mengenai tarif interkoneksi dari operator satu ke operator lain yang masih harus di selesaikan agar nantinya setiap pengguna merasa nyaman mengakses layanan ini. [ak/if]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0