Pemerintah Melunak, BlackBerry Batal Tinggalkan Pakistan

Telko.id – Awal 2016 membawa kabar baik bagi pengguna BlackBerry di Pakistan. Perusahaan Kanada ini  mengumumkan tidak akan menutup layanannya di negara itu setelah pemerintah menarik perintah yang mengharuskan BlackBerry menyediakan akses ke data terenkripsi yang dikirim melalui server perusahaan.

Langkah tersebut, konon muncul menyusul meningkatnya upaya pemerintah untuk mendapatkan akses ke pesan terenkripsi untuk penyelidikan kriminal dan keamanan nasional. Raksasa teknologi Amerika Serikat, Apple dan Google telah menerapkan enkripsi untuk smartphone sehingga hanya pengguna yang memiliki ‘kunci’, yang berarti perusahaan tidak bisa membagi data bahkan dengan surat perintah atau surat perintah pengadilan.

“Setelah diskusi yang produktif, pemerintah Pakistan telah mencabut perintah penutupan, dan BlackBerry telah memutuskan untuk tetap berada di pasar Pakistan,” ungkap Chief Operating Officer BlackBerry, Marty Beard dalam sebuah posting blog 31 Desember lalu.

Otoritas Telekomunikasi Pakistan memberitahu operator seluler di negara itu pada bulan Juli bahwa server BlackBerry Enterprise Service (BES) BlackBerry tidak lagi diperbolehkan untuk beroperasi di negara itu sejak Desember “untuk alasan keamanan.” Otoritas Telekomunikasi Pakistan kemudian memperpanjang batas waktu penutupan hingga akhir tahun.

Pemerintah telah menuntut untuk memantau semua lalu lintas BES perusahaan, termasuk email dan pesan BBM, kata BlackBerry saat itu. Ditegaskan bahwa hal itu tidak akan memberikan akses terbuka terhadap informasi pelanggan, mencatat bahwa permintaan itu bukan masalah keamanan publik; BlackBerry selalu senang untuk membantu dengan penyelidikan kegiatan kriminal, katanya.

“Kami berterima kasih kepada Otoritas Telekomunikasi Pakistan dan pemerintah Pakistan untuk menerima posisi BlackBerry bahwa kami tidak dapat menyediakan konten dari lalu lintas pelanggan BES kami, kami tidak akan menyediakan akses ke server BES kami,” tulis Beard pekan lalu.

“Kami berharap dapat melayani pasar Pakistan selama bertahun-tahun ke depan, termasuk memperkenalkan produk dan layanan baru, dan berterima kasih pada pelanggan kami di Pakistan untuk kesabaran dan kesetiaan mereka,” tambahnya.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0