Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Nokia dan Zain Akan Sulap Jeddah Jadi Smart City

Telko.id – Tren Smart city semakin meningkat di setiap negara maju dan berkembang di dunia saat ini. Hal ini terlihat dari banyaknya kota-kota di dunia yang sudah menerapkan tren smart city sebagai landasan dari pemerintahan mereka. Khusus di Asia pasifik sendiri, setidaknya terdapat 800 kota yang bisa disebut smart city, dengan mayoritas berada di India dan China.

Hal ini nampaknya akan segera terealisasi pada negara kerajaan, Arab Saudi. Dengan mengggandeng Nokia sebagai vendor infrastruktur mereka, pemerintah Arab Saudi akan mulai membangun smart city di beberapa kota besar dinegara tersebut.

Sesuai dengan MoU, Nokia dan Zain KSA (Arab Saudi) akan menerapkan teknologi jejaring yang canggih pada Internet of Things (IoT) dan Cloud untuk mengkoneksi serta mengelola berbagai jenis perangkat, kendaraan, rumah dan aplikasi. Penggunaan teknologi-teknologi ini akan meningkatkan layanan-layanan pada kotamadya dan iklim bisnis di Jeddah serta menciptakan kualitas hidup lebih baik bagi hampir tiga juta penduduk mereka.

Zain dan Nokia juga akan menggunakan jaringan canggih dan peralatan pengelolaan pengalaman konsumen untuk memastikan solusi ini berjalan dengan mulus dan tanpa hambatan di seluruh lokasi dan objek. Untuk memastikan privasi serta memenuhi persyaratan keselamatan publik, kedua perusahaan akan fokus pada kehandalan dan keamanan jaringan.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima oleh tim Telko.id (12/4), dalam jangka waktu dua tahun, kedua perusahaan akan meningkatkan kapasitas, aksesibilitas dan efisiensi jaringan broadband selular milik Zain KSA di Jeddah, yang pada akhirnya akan mengarah ke akses 5G, seraya memperluas penggunaan smallcell dan Wi-Fi untuk memastikan konektivitas berkesinambungan di seluruh kota.

Sultan AlDeghaither, Chief Technology Officer Zain mengungkapkan, “Jeddah adalah kota kedua terbesar kedua di Arab Saudi dan berkat kolaborasi kami dengan Nokia, kota ini akan menjadi smart city. Memperkenalkan IoT ke seluruh lapisan masyarakat adalah prioritas utama Zain KSA, dan solusi-solusi Smart City Nokia akan memberikan kami kerangka kerja untuk memperkaya kehidupan masyarakat Jeddah,” ujarnya.

Sementara itu, Ali Aljitawi, Pimpinan Zain KSA Customer Team di Nokia, menyebutkan,“Dunia menjadi semakin urban, dengan lebih banyak perangkat terkoneksi ke internet secara eksponensial. Untuk setiap perangkat terkoneksi Internet saat ini, lebih dari 10 perangkat akan bergabung dalam waktu dekat, ujarnya.

Ia menambahkan, harapan kedepannya pengguna dapat mengontrol semua peralatan yang ada dirumah menggunakan smartphone yang ada di genggamannya.

“Melalui konsep-konsep IoT dan smart city, kami dapat mengotomatisasi kehidupan kita dengan mengkoneksikan perangkat-perangkat selular ke berbagai peralatan, lampu, jalan raya dan hampir segala sesuatu – sebuah pergeseran yang akan meningkatkan efisiensi serta memungkinkan kesinambungan ekonomi, sosial dan lingkungan. Kami yakin bahwa konsep Jeddah Smart City dapat menjadi model bagi smart city – smart city lain tidak hanya di Kerajaan, tetapi di seluruh wilayah serta di seluruh dunia,” tutup Aljitawi.

Latest

Samsung Promosi Bespoke AI Laundry Combo lewat Film Inside Out 2

Telko.id – Samsung mempromosikan Bespoke AI Laundry Combo lewat...

Iduladha 1445 H, Telkomsel Berbagi Keberkahan Pada 43.000 Masyarakat

Telko.id - Memperingati Iduladha 1445 H, Telkomsel kembali melangsungkan...

PocoPad Hadir Berbekal Xiaomi HyperOS dan Memori Besar

Telko.id – Xiaomi menambahkan lini baru di sub brandnya...

Indosat dan Google Cloud, Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Seluruh Indonesia

Telko.id -  Indosat Ooredoo Hutchison (“Indosat” atau “IOH”) dan Google Cloud melanjutkan...

Rekomendasi

Acer Swift Series Terbaru Hadir Bertenaga AMD Ryzen AI 300 Series

Telko.id - Acer mengumumkan bahwa seri laptop tipis dan ringan, Swift generasi terbaru akan hadir dengan varian model yang ditenagai prosesor khusus laptop, AMD...

Lenovo LOQ 15IAX9I, Pas buat Gamer Pemula Menuju Arena Pro

Telko.id - Lenovo LOQ 15IAX9I hadirkan laptop yang menyasar gamer pemula menuju arena pro, melengkapi rangkaian solusi dan inovasi gaming yang sudah dimilikinya. Di Indonesia,...

Acer Kenalkan 4 Smart Monitor Terbaru, Pas Buat Segala Kebutuhan

Telko.id - Acer resmi meluncurkan jajaran monitor pintar serbaguna terbaru, yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup konsumen yang beragam. Monitor...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini