Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

ITU : Internet of Things Bisa Tingkatkan Taraf Hidup Banyak Orang

Telko.id – Sebuah laporan dari ITU dan Cisco mengatakan bahwa Internet of Things (IOT) dapat meningkatkan taraf hidup jutaan orang serta dapat mempercepat kemajuan menuju tujuan pembangunan berkelanjutan PBB, seperti kesehatan masyarakat dan pendidikan.

Merujuk pada laporan yang diluncurkan pada pertemuan tahunan Dewan Pacific Telecommunications di Hawaii, laporan yang bertajuk ‘Memanfaatkan Internet of Things untuk pembangunan global’ ini mencatat bahwa ada tiga penggerak utama yang jika didukung, bisa membuat ‘revolusi IOT’ di negara berkembang.

Pertama adalah perangkat IOT yang sudah umum, hadir dengan harga yang relatif murah dan mudah diganti dalam mengembangkan pasar. Infrastruktur dasar untuk mendukung IOT, seperti Wi-Fi dan kafe internet sudah tersebar luas dengan konektivitas dasar ke jangkauan ponsel di sekitarnya.

Terlebih lagi, perangkat IOT yang saat ini banyak digunakan dapat bertahan dalam kondisi ekstrim.

Kedua, biaya R&D IOT yang diserap oleh permintaan yang kuat di pasar dunia terus berkembang, dan ada sedikit biaya yang terkait dengan adopsi mereka untuk negara berkembang.

Terakhir, perangkat IOT menawarkan instalasi yang sederhana dan banyak juga yang memiliki fungsi ‘plug & play’ yang tentunya tidak memerlukan keahlian khusus, serta pasokan listrik seperti tenaga matahari dapat mempertahankan sensor dan jaringan di saat tidak ada pasokan listrik yang konsisten.

Studi ini merekomendasikan bahwa pemerintah dan bisnis seharusnya mendukung start-up teknologi, inkubator ICT dan pusat data lokal, dan bekerja untuk mengembangkan kebijakan dan kerangka peraturan yang akan menciptakan sebuah ekosistem yang memungkinkan untuk penyebaran IOT di seluruh dunia.

Dilansir dari mobile world live (21/1), ITU melihat komunikasi M2M melalui jaringan mobile seluler sebagai layanan ICT yang tumbuh paling cepat dalam hal lalu lintas. Mereka juga memperkirakan bahwa ada lebih dari satu miliar perangkat IOT nirkabel yang dikirimkan pada tahun 2015, naik 60 persen dibandingkan dengan tahun lalu dan diperkirakan telah terpasang sebanyak 2,8 miliar produk.

Sekedar informasi, awal pekan ini Sigfox meluncurkan Sigfox Foundation, yang bertujuan untuk membawa manfaat dari IOT. [ak/if]

Latest

Indosat Dorong Indonesia Implementasi Teknologi AI

Telko.id – Indosat bersama Twimbit baru saja meluncurkan laporan...

ZTE Hadirkan Inovasi Solusi Cold-Plate Liquid Cooling

Telko.id - ZTE Corporation berpartisipasi dalam Indonesia Cloud and...

Telkomsat dan Starlink, Siap Garap Segmen Enterprise di Indonesia

Telko.id – Telkomsat dan Starlink siap garap segmen enterprise...

Tiga Peran Strategis IDTH Sebagi Rujukan Untuk Uji Perangkat Telekomunikasi

Telko.id – Indonesia Digital Test House (IDTH) yang telah...

Rekomendasi

Sharp Indonesia Ekspansi Ke Pasar Smartphone Bali!

Telko.id - Sukses memikat para pengguna smartphone di Jakarta, Sharp terus melakukan ekspansi penjualan dengan menyasar kota – kota besar lainnya di Indonesia.   Di...

Acer Predator Triton Neo 16, Spek nya Nggak Main-main Buat Ngegame!

Telko.id - Acer Predator Triton Neo 16 baru saja diluncurkan dengan spesifikasi yang nggak main-main, boleh diadu dengan laptop gaming lainnya. Bodinya pun tergolong tipis...

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...