Kombinasikan DSL dan LTE, Swisscom Kebut Internet Rumah

Telko.id – Sebagai bagian dari investasi yang signifikan untuk memperluas jaringan broadband canggih miliknya, Swisscom telah mengumumkan akan menkombinasikan jaringan tetap dan jaringan bergeraknya dengan menggunakan teknologi DSL + LTE.

Uji coba awal dijadwalkan akan dimulai perusahaan bulan ini, dengan menargetkan sejumlah kecil pelanggan perumahan dan memberikan bandwidth hingga 20Mbps selama tahap pertama. Kecepatan broadband yang lebih tinggi sendiri direncanakan Swisscom untuk pengujian tahap selanjutnya. Demikian diwartakan Telecomtech, Kamis (21/1).

Saat ini, uji coba Swisscom sedang dalam persiapan untuk mengatasi semakin tingginya tingkat lalu lintas yang ditempatkan pada jaringan tetap; yang saat ini menjadi dua kali lipat setiap 16 bulan. Menggabungkan bandwidth mobile dengan jaringan tetap – menggunakan teknologi ikatan LTE + DSL – akan memungkinkan lebih banyak data melewati jaringan tanpa memiliki dampak pada pengalaman pelanggan.

Untuk memuluskan niatnya, sebuah receiver LTE baru juga telah dikembangkan oleh perusahaan yang berbasis di Swiss ini. Perangkat ini akan menjemput aliran data mobile dan menghantarkannya melalui WLAN ke router DSL. Router ini sendiri dilengkapi dengan perangkat lunak cerdas yang menggabungkan aliran data mobile dan jaringan tetap.

Dalam keterangan resminya, Swisscom mengatakan bahwa ketersediaan ikatan DSL + LTE dan bandwidth yang sebenarnya ditentukan oleh panjang tembaga jaringan tetap dan cakupan 3G atau 4G di rumah pelanggan. Swisscom bertujuan untuk menggunakan uji coba ini untuk menentukan apakah peluncuran pasar layak dilakukan.

Swisscom bertujuan untuk menyediakan broadband ultra-cepat hingga 85 persen di semua rumah dan kawasan bisnis di Swiss pada akhir 2020. Pada 2015 saja, penyedia layanan ini menginvestasikan lebih dari CHF 1,75 miliar atau sekitar Rp 24 triliun untuk memperluas infrastruktur jaringan dan IT. Dengan diperkenalkannya standar transmisi baru G.fast, Swisscom percaya dapat memberikan kecepatan hingga 500Mbps dari akhir tahun ini.

Sebagai informasi, DSL, yang merupakan singkatan dari Digital Subscriber Line ini sendiri merupakan koneksi internet broadband yang menggunakan kabel jaringan telepon untuk memberikan sinyal internet kecepatan tinggi. Kecepatan download DSL dapat berkisar dari 256 kbps hingga 24 Mbps, meskipun kecepatan dapat bervariasi tergantung pada kualitas saluran telepon, jarak dari ISP atau jenis langganan DSL. Instalasi DSL umumnya dapat dilakukan tanpa pengeboran lubang tambahan atau menginstal outlet ekstra; asalkan rumah Anda telah memiliki kabel telepon yang terpasang, semua yang perlu Anda lakukan adalah menghubungkan modem DSL.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0