Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

Huawei Hasilkan Kecepatan 3.6 Gbps Lewat Teknologi Barunya

Jakarta – Perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan jaringan komunikasi terbesar di China, Huawei, baru-baru ini mengklaim telah menggelar layanan 5G pertama mereka dengan menggunakan teknologi akses radio baru miliknya.

 

Bekerjasama dengan operator seluler Jepang NTT DoCoMo, Huawei mengatakan telah berhasil melakukan pengujian lapangan skala besar pada MIMO multi-user untuk pertama kalinya, dan juga pertama kalinya Sparse Code Multiple Access (SCMA) dan Filter OFDM (F-OFDM) digunakan dan dinilai dalam lingkungan terbuka.

Menurut vendor tersebut, 24 perangkat pengguna di dalam lingkungan sel makro yang terhubung bersamaan pada frekuensi sub-6GHz – dan dengan memanfaatkan MU-MIMO diklaim akan memiliki kecepatan download hingga 1.34Gbps. Sementara melanjutkan ujicoba pada saluran pita ultra lebar 100MHz, menghasilkan kecepatan download 3.6Gbps, lebih cepat tiga kali dari layanan Giga-LTE Korea Telecom saat ini dan 10 kali lebih cepat dari kecepatan yang dicapai di tempat-tempat dengan LTE-A.

Walaupun jaringan 5G pertama di dunia sepertinya mulai dirasakan di beberapa tempat, namun belum ada standar yang jelas mengenai kategori dari jaringan terbaru ini. Misalnya dari segi kecepatan, apakah standar kecepatan yg dihasilkan oleh Huawei sudah tergolong 5G atau belum. Namun perlu diakui bahwa sejatinya mereka telah melakukan usaha dan kemajuan yang sangat besar dalam hal konektivitas Internet.

Dilansir dari Telecoms (8/10), Huawei berencana memiliki standarisasi dan jaringan percontohan dengan mitra mereka untuk 5G pada tahun 2018, dengan setahun kemudian ditargetkan untuk pengujian interoperabilitas menjelang peluncuran komersial secara langsung pada tahun 2020, seperti yang diucapkan oleh oleh Dr Wen Tong, CTO dari Huawei division Wireless Networks.

“Uji coba lapangan bersama ini merupakan kemajuan yang signifikan terhadap pemenuhan komitmen dari Huawei untuk mengembangkan standar teknologi 5G sebelum 2018. Hasil seperti ini menunjukkan bahwa kami telah membuat kemajuan yang cepat dan berada di jalan yang benar. Saya juga yakin bahwa apa yang telah kita pelajari di sini akan tercermin dalam kemajuan teknologi bahkan lebih inovatif karena kami terus mempelajari 5G,” tuturnya.

Pada tahap uji coba, Huawei mengklaim telah melakukan live video streaming ke booth mereka di ajang CEATEC Japan 2015 yang berlangsung di Chiba, Jepang. Kemudian, tahap berikutnya dari uji coba tersebut akan dilangsungkan di Jepang. Demikian diungkapkan Takehiro Nakamura, selaku kepala NTT DoCoMo 5G Lab.

Beliau menyebutkan, “Hal ini sangat menggembirakan karena industri bekerja untuk mengkomersilkan 5G pada tahun 2020. Tim kami dari DoCoMo dan tim dari HUawei telah melakukan upaya luar biasa dan Saya berharap untuk hasil yang bahkan lebih mengesankan ketika kita pindah ke tahap berikutnya pada uji coba yang akan dilangsunkan di Jepang,” pungkasnya.

Jika di negara lain penetrasi 5G sudah memasuki tahap ujicoba, lain halnya dengan Indonesia. Sampai dengan saat ini saja teknologi super cepat 4G LTE masih belum berhasil diimplementasikan dengan baik. Terakhir, pengimplementasian teknologi 4G LTE di frekuensi 1800Mhz yang digelar oleh operator GSM baru sampai ke kota Makassar dan di perkirakan masyarakat di Pulau Jawa Khususnya Jakarta baru dapat menikmati teknologi 4G yang lebih stabil dan cepat pada bulan November mendatang.

Selain itu, ekosistem 4G disini juga masih dirasa perlu diupayakan lebih giat lagi. Pasalnya, perangkat yang mendukung jaringan 4G dengan harga terjangkau masih tergolong minim. Belum lagi masalah biaya paket data untuk 4G yang juga masih tergolong mahal. Dengan kenyataan seperti ini, nampaknya para pengguna internet di Indonesia mesti bersabar agar dapat menikmati jaringan internet cepat dan stabil pula.

Latest

Telkomsel Gelar Baktiku Negeriku 2024, Fokus Tingkatkan Ekonomi Desa

Telko.id -  Telkomsel meluncurkan kembali program Corporate Social Responsibility...

Telkomsel Umumkan Peraih Telkomsel Awards 2024

Telko.id - Telkomsel mengumumkan para peraih penghargaan Telkomsel Awards...

NeutraDC Ungkap Potensi Ekonomi Digital Batam

Telko.id - Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan,...

Huawei MatePad SE 11 Kids Edition, Solusi Tablet Aman & Edukatif Buat Anak

Telko.id – Huawei MatePad SE 11 Kids Edition dirancang...

Rekomendasi

Polytron AC Smart Neuva Pro, Teman Saat Cuaca Tak Pasti

Telko.id – Polytron AC Smart Neuva Pro, pas jadi teman saat cuaca yang kini sedang tidak terduga. Dari hujan deras yang tiba- tiba hingga...

Polytron Smart Projector, Jadikan Ruang Tamu Pusat Hiburan

Telko.id - Polytron Smart Projector akan mengubah ruang tamu Anda jadi pusat hiburan di rumah. Pas jadi solusi untuk membangun momen berkualitas bersama keluarga. Baik...

25 Tahun, Acer Indonesia Berkomitmen Majukan Industri Nasional

Telko.id - Acer, salah satu perusahaan ICT terkemuka di dunia, hari ini (08/07) dengan bangga merayakan 25 tahun kiprahnya di Indonesia. Sejak berdiri di...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini