Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Ini Kebiasaan dan Preferensi Pengguna Ponsel Gen Z di Asia Tenggara

Telko.id – Gen Z diyakini sebagai “game changer” dalam kebiasaan dan preferensi penggunaan ponsel pada konsumen, dengan adanya perubahan mencolok yang terjadi dalam lima tahun terakhir yang dibuktikan dengan hasil survei terbaru yang dirilis pad acara Poco Partners Southeast Asia Forum 2023.

Studi ini tentang kebiasaan penggunaan anak berusia 18-40 tahun di seluruh Asia Tenggara, yang dilakukan oleh opini publik global dan perusahaan data YouGov atas nama perusahaan teknologi konsumen Poco.

Studi itu menunjukkan bagaimana smartphone menjadi sangat penting dalam hidup mereka, dengan sekitar 50% responden mengalami peningkatan yang signifikan dalam jumlah waktu dan aktivitas yang dihabiskan dengan telepon genggamnya. Lalu apa hasilnya?

Ponsel sebagai “Pusat” Hiburan yang Baru

Survei yang dilakukan mencakup 2.500 konsumen yang menargetkan Gen Z dan Milenial di lima pasar Asia Tenggara, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam yang bermain game di perangkat seluler mereka setidaknya sebulan sekali.

Baca juga : Tak Hanya Performa, Poco X5 Pro 5G Juga Punya PRO Camera 108MP

Studi tersebut menunjukkan, bahwa dipicu oleh pandemi yang terjadi sebelumnya, ponsel telah menjadi pusat hiburan, dan aktivitas penggunaan telepon seluler anak muda Asia Tenggara telah meningkat secara drastis selama tiga tahun terakhir, dengan lonjakan game seluler (53%), belanja online (51%) dan aktivitas streaming video (48%).

Hiburan seperti menonton video (81%) dan bermain game online (60%) menduduki peringkat tertinggi dalam aktivitas harian, dengan hanya lebih dari setengah (56%) yang menggunakan ponsel mereka untuk panggilan telepon setiap hari dan kurang dari setengahnya (47%) untuk mengambil foto dan video setiap hari.

Menurut data ketika berfokus pada aktivitas mobile yang dilakukan sepanjang minggu, hampir sembilan dari sepuluh orang bermain game (87%) sementara aktivitas pengambilan foto dan video mengalami peningkatan (80%).

Angus Ng, Head of Product Marketing of POCO Global menyatakan antusiasmenya terhadap peluang yang diberikan POCO, khususnya dalam memposisikan brand POCO untuk fokus pada kebutuhan pasar tertentu dan bekerja sama dengan mitra untuk menyesuaikan penawaran produk mereka. “Tujuan POCO adalah untuk mengarahkan ke arah yang baru”, ia menjelaskan.

“Perusahaan bertujuan untuk berkonsentrasi pada elemen-elemen penting dalam gaming, sebuah tren yang sedang naik daun di Asia Tenggara. Dengan berfokus pada akar dan dasar-dasar mobile gaming, POCO bertujuan untuk menyempurnakan setiap segmen antara harga dan produk, dengan menargetkan kebutuhan dan preferensi unik dari generasi muda di wilayah ini,” ungkap Angus menambahkan.

Gen-Z, Generasi yang Mengutamakan Ponsel

Sebagai generasi yang mengutamakan ponsel, Gen Z menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas mobile.

Mereka menghabiskan lebih banyak waktu per minggu dibandingkan dengan generasi milenial untuk semua aktivitas hiburan online, seperti berkirim pesan dan interaksi media sosial, dan mereka juga berencana untuk menghabiskan lebih banyak waktu pada ponsel mereka di masa depan.

Dalam waktu dekat, sekitar empat dari setiap sepuluh orang juga menyatakan kemungkinan untuk meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan setiap hari untuk aktivitas berbasis seluler, dengan media sosial (53%), menjelajahi internet (56%), dan yang menarik, tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan tercatat sebagai aktivitas dengan pertumbuhan penggunaan yang tinggi.

 Memang, dengan perubahan dalam kerja fleksibel pasca pandemi, penggunaan perangkat seluler untuk pekerjaan dan bisnis dipandang sebagai area signifikan dengan pertumbuhan tertinggi di masa depan (59%).

Pertumbuhan aktivitas hiburan akan terus berlanjut, dengan sekitar empat dari sepuluh responden mengantisipasi untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain game, streaming video, dan berbelanja online.

Ponsel Kelas Menengah Tengah Naik Daun

Dengan adanya pergeseran tren penggunaan ini, konsumen juga mempertimbangkan kembali pilihan perangkat seluler mereka. Mayoritas besar setuju bahwa, dibandingkan dengan lima tahun yang lalu, mereka sekarang lebih memilih ponsel merek kelas menengah daripada merek-merek yang lebih besar dan lebih mapan.

Lebih dari tiga perempat (76% sangat/agak setuju) setuju, dan lebih dari sepertiga (37%) sangat setuju, bahwa mereka sekarang lebih memilih ponsel kelas menengah.

Preferensi ini didorong oleh meningkatnya kepercayaan diri pada merek-merek kelas menengah, dengan 79% menyatakan bahwa mereka lebih atau agak lebih percaya diri dengan ponsel kelas menengah dibandingkan dengan lima tahun yang lalu. 

Kepercayaan diri yang meningkat ini berpusat pada faktor pendorong preferensi setiap konsumen, termasuk biaya yang mudah mereka jangkau (57%), keseimbangan antara harga dan kinerja (57%), serta memenuhi kebutuhan mereka akan telepon seluler tanpa perlu fitur yang berlebihan (50%).

Dengan hampir setengah (46%) responden di Asia Tenggara berniat untuk mengganti ponsel mereka saat ini sebelum akhir tahun 2024, keterjangkauan harga merupakan faktor utama yang mendorong anak muda untuk beralih ke brand kelas menengah bagi hampir setengah dari responden (42%).

 Yang dipilih adalah ponsel dengan kinerja yang ditingkatkan dari prosesor yang lebih cepat, daya tahan baterai yang lebih lama, dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar menjadi pertimbangan utama bagi konsumen Gen Z dan Milenial, semua faktor tersebut merupakan atribut yang kuat untuk perangkat seluler kelas menengah.

Kemampuan dan kinerja gaming merupakan faktor kunci dalam keputusan pembelian ponsel baru berikutnya. Dengan 44% dari mereka yang disurvei menyatakan bahwa hal tersebut merupakan faktor yang “sangat penting”.

Sedangkan 36% lainnya menyatakan “cukup penting” dengan penekanan pada daya tahan baterai yang tahan lama, prosesor berkinerja tinggi, dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, yang sebagian besar didorong oleh pertimbangan gaming.

“Kesimpulan keseluruhan dari forum hari ini adalah bahwa jelas kemampuan gaming ponsel, diimbangi dengan harga yang terjangkau menjadi agenda utama, yang dipimpin oleh generasi konsumen muda berikutnya untuk mengubah permainan konsumen dalam memperluas lapangan permainan brand,” jelas Angus.

Hal ini menghadirkan peluang baru yang menarik bagi Poco tentunya dan brand ponsel kelas menengah dunia. (Icha)

Latest

 XL Axiata Membagi Sebesar Dividen Rp 635,5 Miliar

Telko.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pada...

Acer Predator Triton Neo 16, Spek nya Nggak Main-main Buat Ngegame!

Telko.id - Acer Predator Triton Neo 16 baru saja...

Awal 2024, Oppo Kalahkan Popularitas Samsung di Indonesia

Telko.id – Oppo pada awal 2024 ini mampu mengalahkan...

Telkom Reboisasi 33.800 Bibit Pohon, Dukung Pemulihan Lahan Kritis

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melakukan...

Rekomendasi

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan oleh fanatik nya para fansnya, itu sebabnya sebagai wujud terima kasih nya, brand ini pun...

Akhirnya, Xiaomi 14 Yang Diluncurkan di Indonesia

Telko.id – Sudah banyak yang mengadang-gadang kehadiran dari Xiaomi ini, hanya saja masih belum jelas seri yang mana yang akan dihadirkan. Ternyata Xiaomi memilih...

Tahun 2023, Xiaomi Laba Bersih Melonjak 126,3 Persen

Telko.id – Pada tahun 2023 lalu,  Xiaomi Corporation mencatatkan kinerja yang baik di mana, pendapatan total Xiaomi mencapai 271,0 miliar, sementara laba bersih yang...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini