Bahaya Bug Hantui Pengguna Gojek

Telko.id – Startup yang sedang di elu-elu kan namanya di Indonesia yakni Gojek, ternyata masih memiliki kerentanan dari segi keamanan pada aplikasi mobile mereka. Hal ini tergambar dari sebuah postingan blog seorang programmer.

Menurut blog tersebut, terdapat celah keamanan yang terdapat pada kompinen penyusun aplikasi Gojek ini. Bahkan, programmer yang bernama Yohanes Nugroho ini telah melaporkan hal tersebut kepada pihak gojek.

“Saya sudah mengirimkan ini ke pihak Gojek dan mereka minta waktu untuk perbaikan. Mereka meminta saya menunda sampai tanggal 10 Januari 2016 untuk menerbitkan ini,” tuturnya pada blog tersebut.

Terbukti, bug yang terdapat di dalam aplikasi Go-Jek merupakan bug yang dinilai paling berbahaya, pasalnya, bug tersebut mampu mencuri informasi pribadi driver Go-Jek, mengubah pulsa driver, melihat order history pelanggan, nomor telepon, e-maildan sangat rentan.

Bukan hanya bug tadi yang membahayakan, menurut Yohannes, ada puluhan end point API gojek yang juga berbahaya karena berpotensi menjadi bug.

“Bug yang ada kemungkinan bukan hanya yang saya tulis di bawah ini, masih ada banyak lagi (ada puluhan endpoint API gojek, banyak yang berpotensi punya bug,” Tutur Yohanes pada Blog tersebut.

Postingan ini sejatinya telah di tulis sejak akhir Desember silam, namun Ia telah melakukan pengecekan sebanyak dua kali pada bulan Agustus dan Desember, dan ternyata belum ada tindakan perbaikan dari pihak gojek tersebut.

Yohanes  yang saat ini tinggal di Thailand juga menyarankan pihak Go-Jek agar sesegera mungkin memperbaiki bug tersebut. Ia juga mengingatkan pengguna Go-Jek agar berhati-hati dalam berbagi informasi serta Ia pun berharap, setelah memublikasikan tulisan tersebut, Go-Jek bisa cepat tanggap dengan melakukan perbaikan sesegera mungkin.

Sampai dengan saat ini, Tim Telko.id belum mendapatkan keterangan resmi dari pihak Gojek. Kami pun telah menghubungi Nadiem Makarim, namun blm ada jawaban terkait masalah ini.

Bagi anda yang penasaran ingin melakukan pengecekan terhadap bug ini, silahkan klik link ini yang tersedia di blog Yohanes.

*Sumber : blog.compactbyte.com/2016/01/02/bug-gojek-agustus-2015/?utm_source=RD&utm_medium=inart&utm_campaign=khiprd

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0