Latest Phone

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Tecno Spark 20

Top 5 Olahraga Yang Banyak Pengguna Garmin Lakukan

Telko.id – Garmin Indonesia melihat pengguna Garmin di Indonesia mulai meninggalkan gaya hidup sedentary dan beralih ke gaya hidup aktif. Berdasarkan data dari Aplikasi Garmin Connect, pengguna Garmin di Indonesia menyukai olahraga lari, tenis dan golf sepanjang tahun 2023.

Sebagai informasi, aplikasi Garmin Connect memiliki lebih dari 65 juta global active user. Sementara untuk di Indonesia sendiri tercatat sebanyak lebih dari 640 ribu orang yang menjadi pengguna aktif aplikasi Garmin Connect.

Olahraga lari di Indonesia mengalami kenaikan yang signifikan. Dari tahun 2022 ke tahun 2023, olahraga lari meroket setinggi 79.48% dikarenakan beberapa faktor seperti diadakannya banyak event lari, seperti Garmin Run Indonesia – Asia Series yang diikuti oleh 5.000 pelari.

“Maraknya lomba lari ibarat bahan bakar roket bagi olahraga di Indonesia. Berlari di Indonesia bukan hanya tentang meraih medali, mengalahkan rekor personal, tapi tentang persahabatan dan penemuan diri. Balap lari menyediakan platform yang sempurna untuk semua itu,” ujar Chandrawidhi Desideriani, Marketing Communication Manager Garmin Indonesia.

Baca juga : Garmin Merilis Laporan Kebugaran Tahunan, Apa Hasilnya?

Sementara untuk aktivitas walking atau berjalan kaki juga mengalami peningkatan luar biasa sebesar 66,47% pada periode yang sama. Hal ini menyoroti pentingnya aktivitas fisik dan komitmen terhadap gaya hidup sehat dan aktif. Garmin mencatat, rata-rata orang Indonesia mengambil 5.577 langkah setiap hari, yang sebuah dedikasi yang patut dipuji untuk tetap aktif.

Menariknya, olahraga tenis mengalami peningkatan sangat pesat dari 2022 ke 2023, sebesar 18.148,48%. Peningkatan ini disebabkan beberapa faktor, seperti pandemi COVID-19 yang meningkatkan minat terhadap aktivitas luar ruangan, dan memadukan antara olahraga, interaksi sosial, serta menjaga jarak yang aman.

Selain itu, keterjangkauan dan aksesibilitas lapangan tenis juga berperan besar dan didukung juga dengan maraknya pemain tenis selebriti di Indonesia turut berkontribusi terhadap booming-nya popularitas olahraga ini

Menyusul aktivitas tenis, golf menjadi aktivitas favorit pengguna Garmin di Indonesia pada tahun 2023. Tercatat 27.290 aktivitas golf dilakukan pada 2023. Meningkatnya jumlah lapangan umum, peralatan yang terjangkau, dan format permainan yang fleksibel membuat golf kini lebih mudah diakses oleh khalayak yang lebih luas.

Garmin Connect juga menemukan sejumlah tren dari sejumlah aktivitas olahraga yang mengalami peningkatan minat dari masyarakat di Indonesia.  Mulai dari berjalan-jalan di trotoar hingga menjelajahi kedalaman laut, dan melampaui batas dengan olahraga intensitas tinggi, masyarakat Indonesia kini menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan aktif.

Olahraga ekstrem seperti menyelam berhasil memikat banyak orang dengan peningkatan aktivitas hingga 329,22% di Indonesia. Dari terumbu karang yang menakjubkan hingga ketenangan saat menyelam dengan apnea, alam bawah laut menawarkan petualangan, eksplorasi, dan pengalaman berolahraga yang unik.

Disusul kemudian dengan aktivitas HIIT dengan peningkatan sebesar 201,92% dan menjadikannya pilihan olahraga populer bagi mereka yang mencari olahraga hemat waktu. Selain itu, aktivitas renang juga mencatatkan kenaikan sebesar 133,33% aktivitas berenang dilakukan oleh pengguna Garmin di Indonesia selama 2023.

Meningkatnya aktivitas renang mencerminkan gairah terhadap kesehatan fisik. Garmin Connect App mencatat kenaikan sebesar 133.33% aktivitas berenang dilakukan oleh pengguna Garmin di Indonesia selama 2023. Mulai dari putaran yang energik hingga rutinitas yang tersinkronisasi, masyarakat Indonesia mulai terjun dalam dunia renang yang dinamis, mengubah setiap renang menjadi ekspresi hidup dari kesehatan dan komunitas.

Tidak kalah menariknya, hiking juga menjadi aktivitas yang meningkat signifikan di tahun 2023. Daya tarik topografi Indonesia yang beragam telah memicu peningkatan aktivitas pendakian secara signifikan. Kenaikan sebesar 77,13% berhasil direkam oleh Garmin Connect sepanjang tahun lalu. Mendaki gunung, yang dahulu dianggap sebagai aktivitas khusus, kini menjadi upaya yang berkembang pesat, menghubungkan individu dengan alam, meningkatkan kebugaran, dan menciptakan kenangan abadi.

Garmin melihat bahwa lonjakan aktivitas olahraga yang luar biasa ini disebabkan oleh beberapa faktor. Dimulai dari meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan fisik dan mental, sehingga mendorong mereka untuk lebih banyak bergerak dan berolahraga. Kesadaran tersebut juga didukung dengan kemudahan akses dan mulai terjangkaunya berbagai olahraga, serta tersedianya banyak variasi olahraga, seperti berlari, hiking, HIIT, renang hingga menyelam.

Faktor lainnya yang juga mendorong terjadinya peningkatan pada aktivitas olahraga adalah media sosial. Influencer kebugaran dan komunitas online berperan dalam menginspirasi serta memotivasi banyak individu untuk mencoba aktivitas baru dan menjalani gaya hidup lebih sehat.

“Menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan bisa menjadi sebuah perjuangan, namun menggabungkan aktivitas seperti tenis dan HIIT ke dalam rutinitas kita dapat membuat perbedaan besar. Aktivitas tersebut membantu kita mengelola stres, meningkatkan tingkat energi, dan meningkatkan fokus, yang pada akhirnya menghasilkan produktivitas dan kesejahteraan yang lebih besar, baik di dalam maupun di luar pekerjaan,” tutup Chandrawidhi. (Icha)

Latest

Flash Sale realme Note 50 Terjual Lebih dari 20 Ribu Unit

Telko.id – Kehadiran realme Note 50 melalui program flash...

Samsung Galaxy Fit3, Smartband Canggih Di Bawah Rp1 juta!

Telko.id -Samsung Electronics meluncurkan Galaxy Fit3, smartband canggih yang...

Piala by.U 2024 Kembali Digelar, Melibatkan 912 Sekolah!

Telko.id – Telkomsel melalui produknya by.U akan menggelar Piala...

Xiaomi 14 Series Hadir Berbekal Leica Optics dan Xiaomi HyperOS

Telko.id – Xiaomi baru meluncurkan Xiaomi 14 Series, yakni...

Rekomendasi

Garmin Lily 2, Stylish Smart Jewelry untuk Wanita

Telko.id - Garmin hari ini mengumumkan Lily 2 generasi terbaru – smartwatch berdesain mungil dan modis yang menawarkan fitur-fitur kesehatan dan kebugaran yang serba...

Garmin Hadirkan Tiga Perangkat Baru, Pas Buat Diving

Telko.id - Garmin hari ini mengumumkan tiga produk untuk ekosistem Diving: Descent G1 Solar - Ocean Edition, Descent Mk3 Series dan Descent T2 Transceiver...

Garmin Hadirkan Smartwatch Militer, tactix 7 AMOLED Edition

Telko.id - Garmin Indonesia mengumumkan kehadiran Smartwatch Militer yakni tactix 7 AMOLED Edition, modern tactical watch edisi terbaru dari seri tactix 7. Menghadirkan layar...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini