Latest Phone

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

Oppo Reno11 Pro (China)

Garmin Merilis Laporan Kebugaran Tahunan, Apa Hasilnya?

Telko.id – Garmin Indonesia hari ini merilis Laporan Kebugaran Garmin 2023 yang menyoroti tren kebugaran dan kebiasaan olahraga penggunanya di seluruh dunia.

Aplikasi Garmin Connect tahun 2023 melihat peningkatan signifikan untuk jenis olahraga populer seperti berlari, bersepeda, dan berjalan kaki. Aplikasi juga mencatat tren kenaikan pada aktivitas Pilates, HIIT, dan tenis.

Berikut beberapa poin penting laporan kebugaran tahun 2023 yang datanya diambil dari aplikasi Garmin Connect terhadap penggunanya di seluruh dunia.

Dua Aktivitas teratas, Lari dan Jalan Kaki

Aplikasi Garmin Connect selama tahun 2023 mencatat pertumbuhan cukup baik pada lima aktivitas berikut: lari, jalan kaki, bersepeda, latihan kekuatan, dan kardio dalam ruangan.

Baca juga : Garmin Hadirkan Tiga Perangkat Baru, Pas Buat Diving

Pengguna smartwatch Garmin mulai meninggalkan gaya hidup sedentary dan mulai bergerak. Kesadaran ini terlihat pada catatan jumlah langkah rata-rata per hari.

Di Indonesia sendiri, aplikasi Garmin Connect mencatat sebanyak 5,577 rata-rata langkah per harinya. Jumlah langkah ini menunjukkan kemajuan, dibandingkan dengan penelitian pada 2017 yang mengatakan bahwa rata-rata orang Indonesia berjalan kaki sebanyak 3,513 langkah per harinya.

Olahraga lari luar ruang menurut data aplikasi Garmin Connect menunjukkan peningkatan sebesar 40% dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan ini salah satunya merupakan kontribusi dari maraknya lomba lari jalanan yang diselenggarakan di Indonesia.

Menurut laman Lariku.info setidaknya ada 515 lomba lari di Indonesia sepanjang 2023. Antusiasme pelari di Indonesia kian menggelora setelah pandemi berakhir, terlihat dari banyaknya jadwal lomba lari.

Termasuk juga Garmin Run Indonesia – Asia Series yang diselenggarakan pada 24 September 2023 yang berhasil mengumpulkan lima ribu pelari dari berbagai tingkat keahlian dan usia.

Lomba lari yang membawa tema “From Zero to Hero” ini merupakan perayaan passion berlari dengan running science Garmin.

Running science Garmin bermanfaat bagi pelari untuk merencanakan latihan, memantau kemajuan latihan, serta adaptasi tubuh mereka terhadap rangkaian latihan sebelum lomba agar pelari dapat finish strong dan meminimalisir cedera.

Alat Bantu Kebugaran Kian Populer Digunakan

Beberapa orang juga mulai pergi ke gym dan menggunakan alat bantu untuk menunjang kebugaran mereka, seperti misalnya dumbell dan mesin elliptical atau cross-trainer (X-trainer).

Aplikasi Garmin Connect mencatat, pengguna melakukan 19% lebih banyak aktivitas menggunakan peralatan kebugaran pada tahun 2023.

Tak hanya itu, sebanyak dua digit pertumbuhan juga terlihat pada Strength Workout, menaiki tangga, dan aktivitas eliptikal (X-trainer).

Menurut WHO, orang berusia 18-64 tahun harus melakukan aktivitas fisik aerobik intensitas sedang setidaknya 150–300 menit. WHO juga merekomendasikan kelompok usia tersebut untuk melakukan aktivitas penguatan otot dengan intensitas sedang yang melibatkan semua kelompok otot utama selama 2 hari atau lebih dalam seminggu, karena aktivitas ini memberikan manfaat kesehatan tambahan.

Jam tangan Garmin secara otomatis melacak menit-menit aktivitas berintensitas sedang dan tinggi tersebut sepanjang minggu dan memberikannya sebagai menit intensitas.

Menit-menit berintensitas tinggi dihitung dua kali untuk mencerminkan lebih banyak manfaat yang mereka berikan pada tubuh Anda dibanding dengan intensitas sedang.

Jam tangan Garmin mengatur target awal menit intensitas pada angka 150, tetapi Anda dapat mengatur target ini berdasarkan kebutuhan pribadi Anda.

Aktivitas HIIT, 112% Naik dari Tahun Ke Tahun

HIIT (High Intensity Interval Training) adalah jenis olahraga intensitas tinggi yang dilakukan dalam durasi 10 hingga 30 menit.

HIIT telah dipromosikan sebagai strategi latihan yang efisien untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran pada anak-anak dan remaja karena dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan penyerapan oksigen ke otot dan membentuk massa otot.

HIIT ditandai dengan latihan interval intensitas rendah dan tinggi secara bergantian. Misalnya, latihan HIIT menggunakan sepeda stasioner selama 30 detik dengan tingkat hambatan tinggi, lalu diikuti bersepeda lambat dan mudah selama beberapa menit dengan hambatan rendah.

Ini akan dianggap sebagai satu “putaran” atau “pengulangan” HIIT, dan Anda biasanya menyelesaikan 4–6 repetisi dalam satu latihan. Jumlah waktu spesifik Anda berolahraga dan memulihkan diri akan bervariasi berdasarkan aktivitas yang Anda pilih dan seberapa intens Anda berolahraga.

Tujuan Populer 2023: Lapangan Tenis

Lapangan tenis adalah tujuan populer di tahun 2023. Pengguna Garmin tercatat menghabiskan lebih banyak waktu untuk melatih servis dan smash mereka.

Terdapat 76% peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menurut aplikasi Garmin Connect. Momentum ini mulai terlihat saat pandemi mulai melandai karena tenis dianggap olahraga yang aman karena bisa dimainkan dengan menjaga jarak.

Dalam berolahraga, orang cenderung memiliki tujuan berbeda-beda, seperti mencari sehat, menghilangkan jenuh bahkan ada yang hanya sebagai ajang bersosialisasi. Tenis dapat dijadikan sebagai olahraga permainan yang mengasyikkan.

Namun, tenis juga dapat memberikan manfaat yang positif untuk kesehatan kardiovaskular. Tentunya olahraga ini harus dilakukan dengan hati-hati, mengingat tenis dapat dikategorikan sebagai aktivitas dengan intensitas sedang-berat hingga berat.

Kesadaran akan Kesehatan Mental

Fokus kebugaran pengguna Garmin bukan hanya seputar kebugaran fisik, namun juga mental. Kesehatan mental dan fisik merupakan komponen yang sama pentingnya. Terapi pelengkap untuk kesehatan mental seperti yoga dan pilates dapat dilakukan.

Keduanya memungkinkan Anda untuk terhubung dengan tubuh dan menumbuhkan kesadaran sekaligus meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan postur.

Keduanya juga mencakup teknik pernapasan untuk membantu meningkatkan suasana hati, membuat Anda merasa rileks, dan tetap fokus.

Data dari aplikasi Garmin Connect juga mencatat pertumbuhan dua digit untuk ketiga aktivitas tersebut yang berarti pengguna Garmin mulai menyadari pentingnya kesehatan mental selain menjaga kebugaran badan.

Jika Anda ingin melihat bagaimana yoga meningkatkan kesehatan mental Anda, Garmin merekomendasikan Venu 3, yang menawarkan masa pakai baterai hingga 14 hari.

Hal ini memungkinkan Anda memakainya terus menerus termasuk ketika tidur, daripada smartwatch lain yang mengharuskan Anda mengisi daya ketika tidur. Dengan Venu 3, Anda akan mengetahui kualitas tidur serta apa yang cenderung menguras dan mengisi energi tubuh Anda.

Dirancang dari dalam untuk kehidupan di luar, produk Garmin telah merevolusi kehidupan pelari, pengendara sepeda, perenang, dan atlet dari semua tingkatan dan kemampuan.

Berkomitmen untuk mengembangkan teknologi yang membantu orang tetap aktif dan meningkatkan kinerja, Garmin percaya setiap hari adalah peluang untuk berinovasi dan peluang untuk mengalahkan masa lalu. (Icha)

 

 

Latest

Flash Sale realme Note 50 Terjual Lebih dari 20 Ribu Unit

Telko.id – Kehadiran realme Note 50 melalui program flash...

Samsung Galaxy Fit3, Smartband Canggih Di Bawah Rp1 juta!

Telko.id -Samsung Electronics meluncurkan Galaxy Fit3, smartband canggih yang...

Piala by.U 2024 Kembali Digelar, Melibatkan 912 Sekolah!

Telko.id – Telkomsel melalui produknya by.U akan menggelar Piala...

Xiaomi 14 Series Hadir Berbekal Leica Optics dan Xiaomi HyperOS

Telko.id – Xiaomi baru meluncurkan Xiaomi 14 Series, yakni...

Rekomendasi

Tronsmart Hadirkan Sederet Speaker Bluetooth Portabel

Telko.id - Tronsmart audio secara resmi hadir di Indonesia pertama kali dengan rangkaian produk speaker Bluetooth Portabel. Menggandeng PT. Changhong Jiahua Information Technology Indonesia...

Sharp Class, gaya Sharp Indonesia Tingkatkan Lulusan SMK Lebih Unggul

Telko.id - Sharp Electronics Indonesia, yang memiliki pengalaman lebih dari 50 tahun di Indonesia, menggelar program Sharp Class, ini merupakan program pendampingan dan pelatihan...

Traveloka Bermitra dengan Hong Kong Tourism Board

Telko.id - Traveloka hari ini resmi mengumumkan kolaborasi bersama Hong Kong Tourism Board (HKTB) untuk semakin memperkuat posisinya sebagai mitra perjalanan terpercaya di Asia...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini