Small Cell, Solusi Praktis Untuk “Memacu” Kecepatan Data

Jakarta – Saat ini, kecepatan internet dan kemudahan akses data di berbagai negara maju telah mencapai puncaknya. Perkembangan internet ini juga merubah pola fikir pengguna yang lebih tertarik menggunakan jalur internet (data) ketimbang jalur voice.

Perubahan ini tidak berbeda dengan kecenderungan para pengguna di Indonesia. Bahkan saat ini pengguna mobile broadband di Indonesia lebih tinggi ketimbang versi desktop nya. Permasalahan di Negara kita adalah dari kecepatan internet yang masih tergolong loyo dan memiliki cukup banyak blank spot.

Pemerintah bersama dengan para penyedia jaringan telah memperbaiki permasalahan tersebut. Hasil kerja keras mereka pun nampaknya cukup sukses dengan menghasilkan coverage yang jauh lebih banyak ketimbang beberapa tahun kebelakang. Namun, permasalahan internet yang masih lambat pada beberapa titik pun belum terselesaikan. Nah, bagaimanakah solusinya?

Small Cell, adalah salah satu solusi untuk memperbaiki kecepatan dan kualitas jaringan di Negeri Ibu Pertiwi ini. Walaupun saat ini coverage jaringan sudah tergolong baik, namun tidak demikian dengan kapasitas dari jaringan itu sendiri.

Hal ini sejatinya dapat dirasakan di beberapa pusat perbelanjaan, gedung-gedung perkantoran dan juga tempat ramai lainnya. Pada lokasi-lokasi tersebut para pengguna memang sukar mengakses internet walaupun pada bar jaringan di smartphone mereka terlihat cukup banyak sinyal di daerah tersebut.

Pengertian Small Cell

Small Cell sendiri merupakan sebuah perangkat yang tertanam di setiap BTS ataupun antenna pada gedung-gedung perkantoran, dan tempat ramai lainnya. Perangkat ini akan membagi-bagi kapasitas dari jaringan internet di suatu lokasi yang tentunya akan menghasilkan kapasitas yang lebih besar di setiap lokasinya.

20130218-VS_Metro_3_V2_800Small Cell memiliki teknologi yang terhubung dengan core frekuensi yang dimiliki operator yang diusungnya, bukan merupakan perpanjangan sinyal dari BTS. Bahkan small cell tidak akan menginterferensi frekuensi lain karena teknologinya memang dibuat khusus untuk memberikan sinyal langsung kepada user yang dituju.

Dari segi efisiensi, Small Cell juga menawarkan efisiensi karena perangkat ini terintegrasi dengan perangkat lain seperti BTS Indoor ataupun perangkat wifi, ketimbang para operator membangun jaringan konvensional yang baru, yang notabene lebih membutuhkan biaya serta waktu pengerjaan yang jauh lebih lama.

Uniknya, menurut Gunadi Dwi Hantoro, selaku Sekjen perkumpulan Small Cell Indonesia, perangkat ini memungkinkan untuk menggabungkan teknologi FDD dan TDD. Dengan hadirnya LTE yang mengusung kedua teknologi tersebut, bukan tidak mungkin kecepatan internet di Indonesia akan lebiih baik lagi.

Untuk sasarannya sendiri, penyedia Small Cell di Indonesia lebih memfokuskan diri di beberapa kota besar di Indonesia yang memiliki tingkat traffik yang tinggi. Beberapa kota tersebut diantaranya, Jakarta, Bali, Medan, Surabaya, dan Makassar.

Pengimplementasian Small Cell di Indonesia

Untuk di Indonesia, sejatinya belum ada pengimplementasian yang nyata terhadap teknologi ini. Namun di beberapa negara Asia Tenggara, teknologi ini sudah berhasil diimplementasikan. Sebut saja, Singapura, Thailand serta Malaysia tengah mengimplementasikan teknologi ini. Sama halnya dengan di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris serta Australia.

Di Indonesia, penetrasi saat ini baru pada tahap inisiasi serta perkenalan kepada publik dan para pemangku kepentingan terkait. Namun, Sekjen Small Cell Indonesia megklaim bahwa para operator seluler telah tertarik dan setuju untuk mengaplikasikan teknologi ini yang tentunya bertujuan untuk memberikan pelayanan yang semakin baik bagi para pelanggan.

Regulasi

Sampai dengan saat ini, belum ada reulasi jelas yang mengatur mengenai teknologi ini. Namun, Taufik Hasan, perwakilan dari BRTI yang ditemui pada saat peresmian Small Cell di Jakarta mengungkapkan, untuk membangun jaringan yang lebih baik tidak ada salah nya bekerjasama dengan Small Cell. Kami juga menghimbau agar para operator ikut bekerjasama dengan Small Cell guna memberikan layanan yang lebih baik dan cakupan yang lebih luas dengan tujuan untuk lebih memanjakan para pengguna.

Bukan hanya itu, jika mengacu pada pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara sebelumnya, pemerintah akan mengupayakan segala hal demi kelancaran dan efisiensi pada industri telekomunikasi Indonesia.

Sebagai informasi, perangkat ini juga mendukung infrastructure sharing yang sedang digaungkan oleh Menkominfo dan para operator jaringan di Indonesia.

Nah, kita tunggu saja mengenai pengimplementasian dari peangkat ini kedepannya. Semoga bisa memperbaiki kualitas internet Indonesia dan tentunya lebih efisien. (AK/HZ)

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0