Telko.id – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (IDX: GOTO, “GoTo Group”), ekosistem digital terkemuka di Indonesia, hari ini mengumumkan kolaborasi strategis antara Gojek, unit layanan on-demand GoTo Group, dan Google Maps, yang akan secara signifikan meningkatkan pengalaman pemetaan bagi konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang di ekosistem Gojek.
Kolaborasi ini menggabungkan dua kekuatan besar: data lapangan real-time milik Gojek dan teknologi geospasial canggih milik Google Maps.
Dibangun di atas kolaborasi yang telah berlangsung lama dengan Google Maps Platform, perkembangan kolaborasi ini akan memungkinkan GoTo untuk mengoptimalkan navigasi, menghemat waktu pengiriman, dan membuat pedagang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di aplikasi Gojek lebih mudah ditemukan di internet.
Catherine Hindra Sutjahyo, Presiden Layanan On Demand GoTo Group (Gojek)mengatakan, “Di GoTo, kami percaya bahwa kolaborasi dengan para pemain teknologi global seperti Google adalah kunci untuk mendorong inovasi yang bermanfaat bagi konsumen, mitra pengemudi, dan mitra pedagang kami”.
Baca juga : Perusahaan Ojek Online Respon Permintaan THR Driver, Berikut Ini Syaratnya! Yg

Menurut Catherine, dengan menggabungkan data lapangan real-time Gojek dengan teknologi geospasial mutakhir Google Maps, perusahaan nya akan menghadirkan pengalaman pemetaan yang unggul sehingga meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas bagi jutaan pengguna di seluruh Indonesia.
Yael Maguire, VP, GM, Google Maps Platform, Google mengatakan, “Kolaborasi kami dengan GoTo akan membantu memastikan jutaan orang di Indonesia memiliki akses ke informasi terkini dan faktual tentang dunia melalui Google Maps dan layanan on-demand GoTo.”
Sebagai perusahaan teknologi, GoTo secara aktif mencari kesempatan kolaborasi yang mendorong inovasi dan menciptakan nilai yang lebih bermakna bagi para penggunanya.
Mengoptimalkan Efisiensi Pengiriman dan Pengalaman Last-Mile
Sebagai perusahaan yang melayani jutaan konsumen setiap hari, Gojek menghasilkan berbagai data real-time yang penting, yang memberikan wawasan mendalam tentang pola mobilitas dan kondisi jalan.
Dengan memanfaatkan data ini, Gojek terus menyempurnakan sistem navigasinya untuk menciptakan pengalaman yang lebih lancar dan efisien bagi mitra pengemudi dan konsumen.
Dengan mengintegrasikan kapabilitas ini dengan teknologi geospasial canggih milik Google Maps seperti analisis lalu lintas real-time, kolaborasi ini akan mengoptimalkan rute dengan lebih cerdas guna mengurangi waktu pengiriman dan meningkatkan efisiensi.
Selain itu, kedua perusahaan akan bekerja sama untuk meningkatkan pengalaman dalam pemilihan tujuan, kemudahan pencarian, dan pengalaman penjemputan/pengantaran agar perjalanan menjadi lebih lancar dan lebih intuitif bagi pengguna dan mitra pengemudi.
Memberdayakan UMKM dengan Visibilitas Digital yang Lebih Baik
Sebagai bagian dari upayanya untuk meningkatkan visibilitas mitra pedagang UMKM melalui Google Maps dan profil Google Business, Google akan berkolaborasi dengan GoFood untuk mengedukasi dan mengajak para mitra pedagang untuk bergabung ke Google Business Profiles.
Hal ini akan memastikan daftar alamat yang lebih akurat dan visibilitas yang lebih baik bagi mitra pedagang, sehingga bisa memperkuat jejak digital usaha kecil di Indonesia.
Dengan memudahkan konsumen untuk menemukan dan memesan dari mitra pedagangGoFood, inisiatif ini memperkuat dukungan GoTo yang berkelanjutan untuk UMKM.
Sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia, GoTo terus memperluas keahliannya melalui kolaborasi strategis yang meningkatkan efisiensi, memberdayakan UMKM, dan mendorong pertumbuhan bisnis.
Kolaborasi antara Gojek dan Google Maps dibangun berdasarkan upaya yang telah berjalan untuk berinovasi di seluruh bisnis dimana keduanya memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan skala, mengoptimalkan operasi, serta mengubah layanan kami menjadi lebih baik, sekaligus memberikan nilai yang lebih besar bagi komunitas bisnis dan pengguna. (Icha)