Sambut MotoGP 2022 Mandalika, Pemerintah Bakal Tambah Spektrum Frekuensi

Telko.id – Sambut MotoGP 2022 Mandalika, pemerintah akan menambah spectrum frekuensi sebesar 4 Megahertz di frekuensi 400-an sehingga nanti penyelenggaraan pertandingan itu sendiri, kompetisinya itu sendiri bisa berlangsung dengan baik.

Ya, meskipun rencana MotoGP di Mandalika masih akan ditargetkan 2022. Namun pemerintah terus mengebut melakukan perbaikan-perbaikan sirkuit. Terbaru, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G sedang membahas persiapan perhelatan ajang MotoGP Mandalika 2022 bersama Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, khususnya di sektor infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Untuk pelaksanaan MotoGP 2022 Mandalika ini terdapat sejumlah hal yang menjadi fokus pembicaraan dalam pertemuan tersebut. Pertama, terkait kesiapan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang memadai, termasuk spektrum frekuensi untuk paddock yang masih dibutukan penambahan.

“Dan hari ini dapat saya sampaikan Kominfo menyiapkan tambahan spektrum frekuensi sebesar 4 Megahertz di frekuensi 400-an sehingga nanti penyelenggaraan pertandingan itu sendiri, kompetisinya itu sendiri bisa berlangsung dengan baik,” kata Johnny.

Selain itu, pemerintah juga akan memastikan ketersediaan jaringan fiber optik yang memadai agar transmisi data dari Mandalika ke seluruh Indonesia dan dunia berjalan lancar.

Untuk itu, Kominfo juga sudah mendiskusikan tentang penyediaan bandwidth dan Base Transceiver Station (BTS) dari operator seluler.

“Di sana kebetulan ada dua operator besar yang beroperasi di Mandalika yaitu Telkomsel dan XL. Saya sendiri sudah melakukan rapat dengan operator seluler di mana mereka juga sudah memastikan akan memberikan layanan telekomunikasi yang memadai pada saat penyelenggaraan MotoGP,” ucap Johnny G, Menteri Komunikasi dan Informatika RI usai membahas persiapan perhelatan ajang MotoGP Mandalika 2022 bersama Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, khususnya di sektor infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Senin (27/12/2021).

Peningkatan layanan komunikasi juga akan dilakukan di area penginapan. Terkait hal itu, dirinya dan Hadi tengah mendiskusikan lokasi yang akan memperoleh penguatan sinyal telekomunikasi.

Selain kawasan di sekitar arena MotoGP, peningkatan layanan komunikasi juga akan dilakukan di area penginapan. Terkait hal itu, dirinya dan Hadi tengah mendiskusikan lokasi yang akan memperoleh penguatan sinyal telekomunikasi.

Johnny juga menyebutkan bahwa untuk memastikan keselamatan penerbangan imbas padatnya traffic pada saat gelaran MotoGP Mandalika, pihaknya akan menggerakkan mobile unit dari Balai Monitoring Kominfo yang ada di Lombok untuk berkoordinasi dengan Balai Monitoring Kominfo di Denpasar, Banyuwangi, dan Surabaya.

Sementara itu, Hadi menyampaikan bahwa pada Februari 2022 akan digelar pertandingan pra musim MotoGP di Mandalika. Nantinya, pertandingan tersebut akan dijadikan sebagai evaluasi untuk mematangkan persiapan gelaran MotoGP pada Maret mendatang.

“Pada bulan Februari nanti tanggal 11 sampai tanggal 13 ada pra musim yang dilaksanakan, akan dihadiri 900 pembalap dan official. Di situlah kita akan menstimulasi kekurangannya apa dalam penyelenggaraan Maret nanti supaya sukses,” ucap Hadi.

Hadi juga memastikan gelaran ajang MotoGP Mandalika 2022 akan menerapkan protokol kesehatan ketat, mulai dari penyaringan penonton melalui aplikasi PeduliLindungi, penyediaan fasilitas tes PCR dan antigen, hingga pengaturan kapasitas penonton agar kewajiban menjaga jarak tetap terpenuhi. (Icha)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0