Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Para Provider Berlomba Tingkatkan Investasi Keamanan Jaringan

Telko.id – Para provider layanan komunikasi (CSP) global berlomba meningkatkan investasi keamanan jaringan. Hal ini tergambar dalam penelitian yang dilakukan A10 Networks.

Penelitian A10 Networks itu bertajuk Penyedia Layanan Komunikasi Global: Pertumbuhan Pasar Mendorong Investasi Keamanan, mengeksplorasi bagaimana penyedia layanan komunikasi (CSP) di seluruh dunia berevolusi ketika mereka memperluas layanan dan infrastruktur dalam menanggapi perubahan permintaan pelanggan dan evolusi teknologi.

Studi yang dilakukan oleh organisasi riset independen Opinion Matters terhadap 2.750 profesional TI CSP senior di 11 wilayah, menemukan ekspektasi yang hampir sama terhadap pertumbuhan trafik jaringan yang kuat, dengan 66% percaya bahwa pertumbuhan tersebut akan meningkat 50-100% dalam 2-3 tahun mendatang.

Hal ini mendorong berbagai aktivitas termasuk investasi keamanan jaringan, memperluas infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum terlayani, dan melakukan diversifikasi ke pasar dan layanan baru.

Baca juga : Berkualitas Militer, Menlo Security Berani Garansi Keamanan 100%!

Studi ini juga mengeksplorasi bagaimana CSP dipengaruhi oleh tren pasar utama seperti adopsi cloud pelanggan dan transisi IPv6. Meskipun sebagian besar telah melihat manfaat positif di sekitar cloud, perpindahan dari IPv4 ke IPv6 berjalan kurang lancar.

Mengomentari temuan penelitian ini, Anthony Webb, wakil presiden A10 International, mengatakan: “Terlepas dari ketidakpastian ekonomi, konektivitas digital sangat penting bagi ketahanan dan pemulihan sehingga CSP berharap pertumbuhan yang kuat yang terlihat dalam beberapa tahun terakhir akan terus berlanjut”.

Anthony menambahkan bahwa hal tersebut menciptakan urgensi dan kepercayaan diri di antara para CSP untuk melakukan proyek-proyek investasi infrastruktur dan teknologi yang besar. Seiring dengan itu, penelitian kami menunjukkan bahwa mereka semakin canggih dalam pendekatan mereka terhadap keamanan jaringan, tetapi tantangan tetap ada dalam transisi IPv6.

Perkecil Kesenjangan Digital

Area utama investasi untuk CSP berpusat pada perluasan jaringan mereka untuk menjangkau masyarakat yang tidak terlayani atau kurang terlayani. Menyediakan konektivitas yang aman dan andal ke area yang sulit dijangkau atau yang sebelumnya tidak layak secara ekonomi sangat penting untuk mengurangi ketidaksetaraan.

Oleh karena itu, merupakan hal yang positif bahwa 69% responden memperluas jaringan mereka ke komunitas yang tidak terlayani/kurang terlayani.

Di antara jumlah tersebut, separuhnya berharap untuk mencapai peningkatan lebih dari 10% pada basis pelanggan mereka saat ini dan 19% melakukan perluasan untuk peningkatan lebih dari 50%.

Selain itu, 31% responden – yang sebagian besar berasal dari CSP yang lebih besar – mengatakan bahwa mereka berencana untuk membangun pusat data tambahan dan berekspansi untuk menyediakan kapasitas tambahan bagi penyedia layanan lainnya.

Strategi Keamanan Jaringan Lebih Canggih

Saat CSP merencanakan proyek ekspansi ini, ada tanda-tanda bahwa mereka mengambil pendekatan yang lebih luas terhadap keamanan.

Ketika A10 Networks melakukan studi serupa pada tahun 2021, investasi keamanan sangat terfokus pada peningkatan firewall. Sekarang, meskipun peningkatan firewall dan alat masih penting, CSP juga berfokus pada komponen pertahanan keamanan jaringan yang lebih luas.

Deteksi dan pemantauan DDoS merupakan prioritas bagi 27%, sementara 26% berinvestasi pada layanan perlindungan ransomware dan malware. Persentase yang sama ingin mengotomatiskan kebijakan keamanan dan menyederhanakan serta mengintegrasikan berbagai solusi yang berbeda.

“Ketika CSP bersiap untuk pertumbuhan, meningkatkan pendekatan mereka terhadap keamanan dan kepatuhan menjadi semakin penting untuk memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan sekaligus memastikan efisiensi sumber daya,” kata Anthony menambahkan.

Ia pun melihat bahwa adanya peningkatan minat terhadap solusi yang memungkinkan penyedia layanan untuk meningkatkan sistem lama dengan cepat tanpa mengorbankan keamanan.

Ini termasuk solusi AI, pembelajaran mesin, dan otomatisasi yang meringankan beban manajemen dan memberikan kontrol penuh atas jaringan.

Bagi penyedia layanan yang sedang berkembang, hal ini memberikan ketenangan pikiran karena tingkat ancaman meningkat secara proporsional dengan ukuran jaringan.

“Solusi ini juga memberikan visibilitas dan jaminan yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan peraturan, yang menurut penelitian kami merupakan pendorong paling umum kedua untuk investasi dalam keamanan jaringan,” kata Anthony.

Migrasi Cloud Beri Dampak Positif

Seiring dengan pelanggan yang terus bermigrasi ke cloud, CSP kini dapat menilai dampak yang ditimbulkan terhadap bisnis mereka.

Hampir dua pertiga (63%) dari mereka memberikan dampak positif. Di antaranya, seperempatnya telah melihat pertumbuhan pendapatan langsung, satu dari lima telah berevolusi untuk menawarkan layanan cloud publik dan pusat data terkelola, dan 19% telah mendiferensiasikan layanan mereka dan meningkatkan relevansinya dengan pelanggan.

Hanya 16% responden yang mengatakan bahwa mereka telah kehilangan pendapatan karena peralihan ke cloud.

Cloud juga mempengaruhi keputusan pembelian CSP. Faktor bentuk cloud-native merupakan kriteria pembelian teratas untuk peralatan jaringan baru, sementara integrasi dengan jaringan dan sistem yang sudah ada juga termasuk dalam daftar.

Transisi IPv6 Masih Jadi Tantangan

Meningkatnya permintaan akan memberikan tekanan yang lebih besar pada CSP untuk mengatasi kelangkaan alamat IPv4 dengan beralih ke IPv6.

Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa hanya 30% yang berharap untuk berhasil mencapai hal ini dalam dua atau tiga tahun mendatang.

Sebaliknya, lebih dari sepertiga mengadopsi strategi untuk mengelola kumpulan IPv4 mereka dengan hati-hati dan secara bertahap beralih ke IPv6, dan 34% bertujuan untuk menjalankan keduanya secara paralel.

Pendekatan yang berhati-hati ini mungkin akan membuat para penyedia layanan kesulitan dalam jangka pendek karena alamat IPv4 semakin sulit diperoleh.

Peluang Berlimpah

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, A10 Networks pun melihat bahwa CSP berada pada titik krusial karena mereka ingin memanfaatkan permintaan dan memanfaatkan peluang untuk menumbuhkan dan mendiversifikasi bisnis mereka.

Mereka percaya bahwa globalisasi, menawarkan layanan baru seperti pembersihan cloud DDoS, dan pertumbuhan permintaan secara umum adalah tiga peluang terbesar.

Untuk mewujudkan potensi penuh mereka, penyedia layanan perlu meningkatkan dan melindungi jaringan mereka sehingga infrastruktur yang mereka sediakan aman dan sangat tersedia. (Icha)

Latest

Xiaomi Masuk dalam Daftar ‘TIME100 Most Influential Companies’ 2024

Telko.id - TIME telah menetapkan Xiaomi sebagai salah satu...

Acer Swift Series Terbaru Hadir Bertenaga AMD Ryzen AI 300 Series

Telko.id - Acer mengumumkan bahwa seri laptop tipis dan...

Samsung Galaxy Tab S9 FE, Pas Buat Mahasiswa Dengan Segudang Aktivitas

Telko.id – Samsung Galaxy Tab S9 FE series optimalkan...

Lenovo LOQ 15IAX9I, Pas buat Gamer Pemula Menuju Arena Pro

Telko.id - Lenovo LOQ 15IAX9I hadirkan laptop yang menyasar...

Rekomendasi

Bosch Indonesia Bagikan 2.000 Wiper Gratis Untuk Pengemudi Taksi Online

Telko.id – Bosch sebagai penyedia suku cadang otomotif berkualitas membagikan secara gratis 2.000 wiper Bosch Clear Advantage yang dilengkapi dengan teknologi Jerman berkualitas kepada...

Hyundai New PALISADE XRT Hadir Dengan Bluelink, Perjalanan pun Jadi Lebih Mulus

Telko.id - PT Hyundai Motors Indonesia resmi memperkenalkan New PALISADE XRT, varian baru New PALISADE dengan tampilan eksterior yang semakin mewah, sporty dan berani. Tidak...

EZVIZ DB 2 Pro, Doorbell Cerdas Pas Untuk Kebutuhan Anda!

Telko.id – Tren permintaan sistem keamanan rumah kini semakin meningkat termasuk juga permintaan doorbell. Hal ini terbukti bahwa akan ada peningkatan permintaan doorbell hingga...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini