Telko.id – Tabungan Permata moxaKu, merupakan hasil kolaborasi Astra Financial melalui aplikasi penyedia produk keuangannya, Moxa, dengan PT Bank Permata Tbk. Layanan ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat membuka tabungan Bank Permata langsung melalui aplikasi Moxa tanpa perlu berkunjung ke kantor bank.
“Kerjasama Moxa dan PermataBank akan melengkapi ekosistem digital Astra Financial. Bersama PermataBank, Moxa bertujuan mendorong inklusi keuangan di Indonesia dengan menyediakan akses layanan perbankan digital yang aman bagi masyarakat. Kerja sama ini sejalan dengan visi Astra Financial untuk menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ungkap Suparno Djasmin, Director in Charge Astra Financial dalam paparan virtual, Senin (2/8).
Presiden Direktur Moxa (PT Astra Kreasi Digital) Daniel Hartono menjelaskan, peluncuran fitur Tabungan ini merupakan bagian dari rencana strategis Moxa untuk menjadi sebuah platform yang tidak hanya melayani kebutuhan pembiayaan dan asuransi, tetapi juga membantu para pengguna untuk memiliki tabungan dan kartu debit.
Sejak diluncurkan pada Maret 2021 lalu, Aplikasi Moxa telah digunakan lebih dari 3 juta user. Dengan jumlah penggunan yang cukup besar tersebut, pembukaan rekening Tabungan Permata Moxaku ditargetkan bisa mencapai 400.000 pada tahun pertama.
Tabungan Permata MoxaKu menawarkan berbagai keuntungan. Dengan mengisi saldo Rp 100.000, pelanggan dapat menikmati gratis biaya administrasi tabungan dan kartu debit, gratis biaya transfer antar bank dan tarik tunai, serta 5% cashback saat berbelanja di SPBU sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Selain itu, nantinya pelanggan dapat menikmati berbagai layanan keuangan Astra Financial, mulai dari pembiayaan mobil, motor atau multiguna, pembiayaan haji/ umroh, asuransi umum dan jiwa, penyewaan mobil dan pembayaran digital AstraPay.
Abdy D Salimin, Direktur Teknologi dan Operasi Bank Permata mengatakan, dengan teknologi Application Programming Interface (API) PermataBank yang ditanamkan di aplikasi Moxa, customer bisa langsung membuka rekening Tabungan Permata moxaKu secara on-line, real-time, dan aman di masa pandemi.
“Peluncuran hari ini merupakan titik awal kerja sama yang penting antara PermataBank dan Moxa dan kolaborasi digital ini akan terus berlangsung untuk memberikan pengalaman finansial yang inklusif dan menyeluruh kepada customer,” kata Abdy.
Untuk membuat rekening, pengguna hanya perlu memilih fitur Tabungan Permata moxaKu di aplikasi Moxa, mengisi data KTP, melakukan foto selfie serta mengisi data diri yang
dibutuhkan untuk pembukaan rekening. Setelah proses di aplikasi Moxa selesai, pelanggan akan mendapatkan email notifikasi bahwa rekening sudah berhasil terbuka dan mendapatkan sms berisi link ke aplikasi PermataMobile X untuk mengaktifkan kartu debit moxaKu dan melakukan transaksi finansial lainnya.
Seluruh proses verifikasi dilakukan di dalam aplikasi Moxa dalam hitungan menit. Kartu debit dengan desain khusus, Permata moxaKu, akan dikirimkan ke alamat nasabah untuk rekening yang telah berhasil dibuka setelah semua persyaratan terpenuhi.
Kartu debit Permata moxaKu didukung oleh jaringan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) dan Visa sehingga dapat digunakan bertransaksi di ATM, belanja di berbagai merchant offline dan online (platform e-commerce) baik di dalam maupun di luar negeri.
Djumariah Tenteram, Direktur Retail Banking PermataBank menambahkan, kartu debit Permata moxaKu memiliki desain yang fresh dan kekinian sesuai dengan karakter pengguna Moxa dan PermataBank yang smart dan digitally empowered. “Kami berharap kartu ini menjadi simbol inklusi keuangan dan diterima secara baik oleh masyarakat khususnya generasi muda baik itu millennials maupun Gen-Z di Indonesia,” pungkasnya.