Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Target Layanan Satelit Satria-1 Diturunkan, Ini Alasannya!

Telko.id – Target layanan satelit Satria-1 bakal diturunkan. Pasalnya, kalau tetap harus melayani 150 ribu titik, setiap titik hanya akan mendapatkan kecepatan akses internet 1 Mbps saja. Dan tentu itu tidak cukup.

Itu sebabnya, BAKTI, sebagai pemilik Satelit Satria-1 berencana menurunkan target Satria-1 menjadi 50 ribu titik saja. Itu pun akan lebih fokus pada instansi pendidikan, selain juga pemerintah daerah, kesehatan dan TNI atau Polri di wilayah 3T atau (Terdepan, Terluar, dan Terpencil).

“Dengan penurunan target Satria-1 tersebut maka kecepatan akses internet di 50 ribu titik itu bisa mencapai 3-4 Mbps,” kata Sri Sanggrama Aradea, Kepala Divisi Infrastruktur Satelit Bakti Kominfo dalam diskusi dengan media dengan tajuk Bagaimana Satria-1 Memacu Ekonomi Digital Indonesia yang berlangsung di Jakarta, Senin (31/07).

Padahal, menurut Aradea yang sudah memasukan data di aplikasi PASTI yang merupakan layanan sistem informasi untuk permohonan akses internet, BTS, dan ekosistem digital sudah ada sekitar 163.356 titik. Ada 14.360 titik merupakan Lokasi Akses Internet Eksisting (Per 30 Juni 2023). Lalu ada 4.632 Lokasi yang diterminasi dan direlokasi.

Baca juga : Akhirnya, SATRIA-1 Sukses Berada di orbit 146°BT

Sisanya, tinggal 144.364 lokasi. Nah, lokasi tersebut ada 53.198 yang berpotensi migrasi ke teknologi fixed wireless access (FWA) milik Operator Selular.

Selain itu ada 10.000 RTGS diproyeksikan untuk dibangun diawal COD SATRIA-1 sampai dengan Q1 2024, dimana per RTGS AI mendapatkan 4 Mbps.

Nah, baru 91.166 titik Belum Tercover BTS 4G Transmisi Fiber Optik. Ini lah yang menjadi target dari layanan Satria-1 ini.

Rencananya, Satria-1 ini juga akan dibackup dengan satelit Hot backup satellite yang akan meluncur sekitar bulan Oktober atau November 2023 mendatang. Kedua satelit ini akan sharing kapasitas.

Selain itu, Bakti Kominfo juga memiliki rencana akan meluncurkan 2 satelit baru lainnya yakni Satria 2A dan Satria 2B. Pembangunan twin satellite akan memberikan total kapasitas sebesar 300 Gbps agar layanan internet yang tersedia semakin andal dan cepat.

Satria-1 ini sendiri memiliki kapasitas sebsar 150Gbps dan akan ditempatkan pada slot orbit 146 BT, sedangkan di bumi akan didukung oleh ground segmen yang terdiri dari 11 Stasiun Bumi atau Gateway, lalu ada 2 Start-up IP Processing Hub dengan total kapasitas 10 Gbps serta120+ Reference Terminal.  

11 Gateway tersebut berada di Cikarang,Batam, Pontianak, Tarakan, Banjarmasin, Menado, Kupang, Ambon, Manokwari, Timika dan Jayapura. (Icha)

Latest

Telkomsel Gelar Baktiku Negeriku 2024, Fokus Tingkatkan Ekonomi Desa

Telko.id -  Telkomsel meluncurkan kembali program Corporate Social Responsibility...

Telkomsel Umumkan Peraih Telkomsel Awards 2024

Telko.id - Telkomsel mengumumkan para peraih penghargaan Telkomsel Awards...

NeutraDC Ungkap Potensi Ekonomi Digital Batam

Telko.id - Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan,...

Huawei MatePad SE 11 Kids Edition, Solusi Tablet Aman & Edukatif Buat Anak

Telko.id – Huawei MatePad SE 11 Kids Edition dirancang...

Rekomendasi

Dirjen Aptika Semuel A. Pangerapan Mengundurkan Diri, Tumbal kah?

Telko.id - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Dirjen APTIKA, Semuel Abrijani Pangerapan, menyampaikan pengunduran diri secara resmi sebagai Pejabat Tinggi...

Peretas PDNS 2 Berikan Kunci Dekripsi Gratis, Aneh?

Telko.id – Perestas Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang dilakukan oleh kelompok hacker Brain Cipher berjanji, besok (03/07) akan memberikan kunci Dekripsi ke...

Soal BHP untuk Starlink, Ini Dasar Hukumnya!

Telko.id – Banyak kalangan yang kecewa dengan Biaya Hak Penggunaan (BHP) Spektrum Frekuensi Radio yang dikenakan oleh pemerintah apda Starlink. Dianggap terlalu kecil dibandingkan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini