spot_img

Rcom dan Reliance Jio Selesaikan Spektrum Sharing

Telko.id – Dua operator besar di India yakni Reliance Communication (RCom) dan Reliance Jio akhirnya menyelesaikan tahap sharing spektrum mereka. RCom sejatinya menjual 800MHz spektrum di sembilan daerah untuk Jio dan  berbagi bandwidth di band yang sama di 17 daerah layanan.

Sebagai bagian dari perjanjian ini, kedua perusahaan akan berencana untuk menghubungkan roaming antara jaringan mereka dengan service area, seperti dilaporkan oleh Economic Times. Sejatinya mereka akan melakukan kerjasama jangka panjang dalam hal sharing tower serta aset fiber optik di negara mereka.

Dilansir dari Mobile World Live (19/1), Persaingan di pasar 4G negara itu telah diintensifkan dengan masuknya Jio, yang merupakan satu-satunya operator yang memiliki spektrum 4G di seluruh India. Setelah beberapa penundaan tahun lalu, Jio baru ini mengatakan secara resmi akan meluncurkan layanan 4G pada awal Maret 2016.

Kedua perusahaan, yang dimiliki oleh saudara Mukesh Ambani dan Anil, mengumumkan penawaran dan berbagi spektrum pada bulan Agustus dan September tahun lalu. Mereka adalah yang pertama di India untuk mengambil keuntungan dari peraturan baru yang memungkinkan berbagi spektrum.

Regulasi spektrum baru yang diberikan pemerintah tidak memungkinkan pembagian spektrum non lelang, sehingga RCom perlu membayar harga pasar terkait kepada pemerintah untuk spektrum. Ini diterapkan oleh Dephub meliberalisasi kepemilikannya di band 800MHz di 20 wilayah layanan. Spektrum awalnya diberikan tanpa lelang dengan harga yang ditetapkan pemerintah.

Sekedar informasi, Seminggu yang lalu Departemen India Telecom (Dephub) meminta RCom membayar hampir INR70 miliar ($ 1050000000) untuk spektrum ‘liberalisasi’ di 16 daerah. Operator memiliki 30 hari untuk membayar catatan permintaan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles