spot_img
Latest Phone

Apple Siapkan iPhone Lipat Pertama, Rilis 2026

Telko.id - Apple dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran iPhone lipat...

Apple Rilis iOS 26 Beta 2 dengan Perbaikan Liquid Glass

Telko.id - Apple baru saja merilis iOS 26 beta...

ASUS ROG Luncurkan Jajaran Perangkat Gaming RTX 50 Series di Indonesia

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi memperkenalkan...

Garmin Luncurkan Forerunner 570 & 970, Revolusi Smartwatch untuk Pelari

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan dua smartwatch GPS...

iPadOS 26 Resmi Dirilis: Multitasking Lebih Canggih dan Desain Baru

Telko.id - Para pengguna iPad merasakan perangkat nya masih...
Beranda blog Halaman 93

Yuk Tukar Telkomsel Poin dan uCoin by.U, Buat Donasi Tas Sekolah Pelajar

0

Telko-id – Telkomsel melalui inisiatif CSR filantropi “Telkomsel Sambungkan Senyuman” mengajak pelanggan untuk berkontribusi dalam mendukung pendidikan inklusif melalui donasi tas sekolah bagi pelajar di berbagai tingkatan sekolah di seluruh wilayah Indonesia.

Melalui program ini, pelanggan dapat menukarkan 5 Telkomsel Poin atau 10 uCoin by.U yang dimiliki untuk didonasikan menjadi tas sekolah untuk pelajar yang membutuhkan di berbagai wilayah Indonesia. 

Dalam program Sambungkan Semangat untuk Generasi Gemilang, Telkomsel mengajak seluruh pelanggan (prabayar, pascabayar, IndiHome, dan by.U) untuk berpartisipasi menyambungkan semangat dan senyuman pelajar Indonesia melalui donasi Telkomsel Poin dan uCoin by.U pada periode 9-31 Desember 2024.

Hasil donasi tersebut diwujudkan dalam bentuk ribuan tas sekolah yang akan disalurkan ke berbagai wilayah di Indonesia.

“Melalui program Sambungkan Semangat untuk Generasi Gemilang yang menjadi bagian dari inisiatif filantropi Telkomsel Sambungkan Senyuman, kami ingin menginspirasi lebih banyak pihak untuk ikut serta mendukung semangat belajar generasi muda Indonesia.,” kata Saki H. Bramono, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel menjelaskan.

Baca juga : Telkomsel Poin Gembira, Program Loyalitas Pelanggan di MyTelkomsel Super App

Itu sebabnya, Telkomsel terus berupaya mengambil peran terdepan untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia demi mewujudkan masa depan yang lebih gemilang.

“Inisiatif ini tidak hanya memberikan dukungan nyata pendidikan inklusif bagi para pelajar di penjuru Tanah Air, tetapi juga menjadi wujud nyata kontribusi pelanggan Telkomsel dalam mendorong generasi penerus bangsa untuk terus semangat belajar dan meraih cita-cita,” kata Saki menambahkan.

Untuk berpartisipasi dalam program Sambungkan Senyuman untuk Generasi Gemilang, pelanggan dapat berdonasi melalui:

Aplikasi MyTelkomsel

  • Buka aplikasi MyTelkomsel
  • Klik “Reward” dan cari kategori “Donasi”
  • Pilih gambar “Sambungkan Semangat untuk Generasi Gemilang”
  • Tukar 5 Telkomsel Poinmu untuk donasi tas

Aplikasi by.U

  • Buka aplikasi by.U
  • Klik “Tukar uCoin” dan cari kategori “Penawaran Terbatas”
  • Pilih reward “Sambungkan Semangat untuk Generasi Gemilang”
  • Tukar 10 uCoin untuk donasi tas

Dalam program Sambungkan Semangat untuk Generasi Gemilang, Telkomsel turut memberdayakan dan melibatkan partisipasi berbagai pihak, termasuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal dalam proses pembuatan tas sekolah yang didonasikan.

Telkomsel juga berkolaborasi dengan seniman disablitas dari Tab Space untuk membuat karya ilustrasi yang akan menjadi bagian dari tas tersebut.

“Melalui inisiatif ini, Telkomsel tidak hanya mendukung pendidikan, tetapi juga berkontribusi besar dalam kemajuan dan pemberdayaan UMKM lokal yang ujungnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah dan nasional,” ujar Saki.

Menurut Saki, selain UMKM lokal, Telkomsel turut menggandeng komunitas disabilitas dan pelanggan Telkomsel dalam mewujudkan misi memberikan semangat baru bagi pelajar Indonesia. (Icha)

PosAja! Kini Hadir di MyTelkomsel Super App, Permudah Pelanggan Kirim-kirim

0

Telko.id – Telkomsel melalui MyTelkomsel Super App menjalin kolaborasi strategis dengan Pos Indonesia melalui PosAja! untuk menghadirkan solusi inovatif Kirim Barang.

Layanan ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengakses fitur pengiriman langsung dari dari satu aplikasi.

Kolaborasi ini merupakan langkah penting dalam memperkuat ekosistem digital nasional, mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif, dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

“Kolaborasi antara Telkomsel dan POS Indonesia untuk menyediakan layanan Kirim Barang di MyTelkomsel juga selaras dengan misi Telkomsel untuk menyediakan konektivitas, layanan, dan solusi unggulan bagi masyarakat Indonesia,” kata Nirwan Lesmana, Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel.

Baca juga : Penyempurnaan MyTelkomsel Jadi Super Apps Terus Berjalan!

SVP Retail Business PT Pos Indonesia, Wilhelmina Lily Selanno, menambahkan “Kolaborasi ini merupakan bentuk sinergi yang memperkuat sektor pos dan telekomunikasi, memberikan kemudahan akses pengiriman barang kepada masyarakat Indonesia melalui satu aplikasi”.

Menurut Wilhelmina, langkah ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga memperkuat posisi strategis Pos Indonesia dan Telkomsel dalam mendorong kemajuan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Dalam rangka peluncuran layanan Kirim Barang PosAja! di aplikasi MyTelkomsel Super App, yang bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dan promo akhir tahun, Telkomsel dan Pos Indonesia memberikan potongan ongkos kirim melalui aplikasi MyTelkomsel dengan detail berikut:

  • Potongan ongkos kirim  12% pada 12-13 Desember 2024
  • Potongan ongkos kirim 22% pada 21-23 Desember 2024
  • Potongan ongkos kirim 25% pada 25 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025

Layanan Kirim Barang PosAja! juga termasuk dalam promo Flash Sale Top Spender pada aplikasi MyTelkomsel Super App periode 12-19 Desember 2024, di mana pelanggan dengan pembelanjaan tertinggi berkesempatan memenangkan beragam Hadiah Harian dan Grand Prize seperti sepeda listrik, smartphone, smart TV, logam mulia, dan masih banyak lagi.

Untuk layanan Kirim Barang PosAja! melalui MyTelkomsel, pelanggan dapat mengakses dengan cara yang mudah, yakni:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel.
  • Pada menu utama, pilih fitur “Kirim Barang”.
  • Pilih “Jenis Kiriman”, kemudian masukkan detail pengiriman.
  • Pilih “Layanan Pengiriman”  dan tentukan layanan pos yang digunakan untuk pengiriman.
  • Pastikan alamat, ongkos kirim, dan metode pembayaran sudah sesuai.
  • Klik “Order” dan tunggu notifikasi bahwa order Kirim Barang telah berhasil.
  • Tim PosAja! akan datang ke alamat pelanggan untuk mengambil paket sesuai jadwal yang ditentukan.
  • Gunakan fitur “Pelacakan Pengiriman” di aplikasi MyTelkomsel untuk memantau status paket.

Melalui layanan Kirim Barang PosAja! di aplikasi MyTelkomsel, Telkomsel dan Pos Indonesia berharap untuk dapat terus berinovasi dan memperluas jangkauan layanan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia, dengan cara membuka berbagai peluang untuk pengembangan program bernilai tambah bagi pelanggan.

Diantaranya mencakup bundling paket data dan pengiriman, layanan khusus UMKM, hingga penggabungan program loyalty antara MyTelkomsel dan PosAja!. Untuk akses selengkapnya ke MyTelkomsel Super App, pelanggan dapat mengunduhnya di App Store atau Play Store. (Icha)

Sharp AQUOS R9, Hadirkan Kamera Leica dan Suara Superior

0

Telko.id – Sharp Indonesia baru saja meluncurkan AQUOS R9, di penghujung tahun 2024. Dirancang untuk para pengguna yang menginginkan performa terbaik dan pengalaman hiburan tanpa batas.

Sharp AQUOS R9 hadir dengan sejumlah inovasi canggih, termasuk kamera berkualitas tinggi yang didukung oleh Leica, serta tampilan layar Pro IGZO OLED yang sangat tajam.

Dengan teknologi canggih dan desain premium, AQUOS R9 tidak hanya menawarkan performa superior, tetapi juga menjadi pilihan ideal bagi para pengguna yang menginginkan perangkat smartphone yang dapat mendukung berbagai kegiatan digital dengan lancar dan tanpa hambatan.

Performa Tangguh dengan Snapdragon 7+ Gen 3 dan RAM 12GB

AQUOS R9 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 7+ Gen 3 terbaru, yang dipadukan dengan RAM 12GB, sekitar 1,5 kali lebih besar dibandingkan model sebelumnya, sehingga memberikan kinerja yang sangat cepat dan efisien.

Baca juga : Sharp Small Home Appliance Solusi Cerdas untuk Keluarga Modern Indonesia

Dengan kapasitas RAM yang besar, pengguna dapat menjalankan berbagai aplikasi sekaligus seperti bermain game grafis tinggi, menonton video, atau multitasking tanpa gangguan.

Selain itu, teknologi memori virtual yang memanfaatkan hingga 8GB ROM juga memungkinkan AQUOS R9 untuk menangani tugas-tugas berat, seperti pengolahan gambar dan video, dengan lancar.

“Melalui AQUOS R9, kami ingin memberikan pengalaman yang lebih maksimal untuk para pengguna, baik dalam hal performa, kualitas kamera, suara, maupun layar. Dengan peningkatan kapasitas RAM dan prosesor yang lebih kuat, kami yakin AQUOS R9 akan mampu menghadirkan pengalaman smartphone yang tak tertandingi,” ujar Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager Sharp Electronics Indonesia.

Selain itu, AQUOS R9 menggunakan teknologi Vapor Chamber Cooling, yang berfungsi untuk mendinginkan perangkat secara efisien selama penggunaan intensif, seperti saat merekam video dalam waktu lama atau bermain game.

Kamera Leica dengan Teknologi Canggih

AQUOS R9 hadir dengan kamera utama yang disupervisi langsung oleh Leica Camera AG, produsen kamera legendaris asal Jerman yang menjamin kualitas foto luar biasa.

Ditenagai tiga kamera belakang 50,3MP, sensor 1/1,55, dan lensa Leica Hektor, AQUOS R9 menghasilkan gambar tajam, jernih, dan penuh detail, bahkan dalam kondisi pencahayaan rendah.

Dukungan Optical Image Stabilization (OIS) memastikan foto tetap stabil dan jelas meski dalam kondisi pencahayaan minim, menghadirkan pengalaman fotografi yang tak tertandingi.

Tak hanya untuk foto, AQUOS R9 juga mampu menghasilkan video berkualitas tinggi berkat fitur Cinematic Mode yang memberikan perspektif dramatis dan Night Video Mode yang memungkinkan rekaman tetap terang meskipun di malam hari.

Untuk pengambilan gambar bergerak, fitur hybrid stabilizer yang menggabungkan stabilisasi optik dan elektronik, memastikan video yang dihasilkan minim blur dan tetap stabil meskipun dalam gerakan cepat.

Suara dan Layar Memukau

AQUOS R9 tidak hanya unggul dalam hal gambar, tetapi juga suara. Smartphone ini dilengkapi dengan speaker stereo, ditempatkan di bagian atas dan bawah perangkat untuk menghasilkan suara yang kuat, jelas, dan bertenaga.

Berkat desain kotak terisolasi yang memisahkan speaker dari mekanisme internal, kualitas suara tetap jernih dan tidak terganggu.

Dengan dukungan Qualcomm Snapdragon Sound, pengguna dapat menikmati suara berkualitas tinggi, setara dengan CD, meskipun menggunakan earphone nirkabel.

Layar Pro IGZO OLED dengan refresh rate 240 Hz semakin melengkapi pengalaman visual, menawarkan tampilan yang halus dan tajam. Tingkat kecerahan layar yang ditingkatkan memungkinkan pengguna untuk melihat layar dengan jelas meskipun berada di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung.

Desain Elegan dan Tahan Banting

AQUOS R9 menampilkan desain elegan dan modern karya Miyake Design yang didirikan oleh desainer ternama Kazushige Miyake, yang memadukan keindahan dan karakter dalam setiap lekukannya.

Dengan garis melengkung yang halus dan frame berbahan aluminium daur ulang, AQUOS R9 tidak hanya menawarkan tampilan yang menawan, tetapi juga ramah lingkungan.

Keindahan desainnya dipadukan dengan ketahanan luar biasa, membuatnya siap menghadapi segala tantangan. AQUOS R9 memiliki sertifikasi IPX5/IPX8 untuk ketahanan terhadap air, IP6X untuk debu, serta MIL-STD-810G untuk ketahanan terhadap guncangan dan benturan.

Dengan begitu, smartphone ini tidak hanya tampil memukau, tetapi juga tangguh untuk menemani pengguna dalam berbagai aktivitas ekstrim, memberikan rasa aman dan percaya diri selama berkegiatan.

Ditenagai dengan baterai 5.000 mAh dan pengisian cepat 30W, Sharp AQUOS R9 siap menemani aktivitas seharian, dan mengisi daya dengan super cepat.

Fitur AI yang Cerdas

Salah satu fitur terbaru pada AQUOS R9 adalah kemampuan Generative AI (GenAI) yang dapat merangkum pesan suara dan menampilkannya dalam format ringkas.

Dengan GenAI, pengguna tidak perlu lagi mendengarkan seluruh pesan suara, AI akan menyajikan ringkasan yang jelas, sehingga pengguna dapat mengetahui apa yang perlu dilakukan tanpa harus mendengarkan pesan panjang.

Teknologi AI lainnya dapat ditemukan pada fitur Shadow Remover yang dapat mengurangi bayangan dalam fotografi makanan, memastikan foto yang lebih terang dan pencahayaan yang merata.

Fitur ini menyesuaikan pencahayaan untuk meningkatkan gambar, menciptakan hasil yang lebih profesional dan menarik.

Harga dan Ketersediaan

AQUOS R9 akan mulai tersedia di pasar Indonesia pada bulan Desember 2024 dengan harga mulai dari Rp. 9.999.000,- Smartphone ini akan hadir dalam dua pilihan warna elegan, hijau dan putih.

Untuk setiap pembelian produk AQUOS R9, Sharp Indonesia juga akan memberikan penawaran menarik, selama masa peluncuran dari tanggal 11 – 18 Desember bertempat di Sarinah Thamrin.

Sharp Indonesia bekerjasama dengan Erafone memberikan penawaran berupa cicilan bank 0%,  free merchandise eksklusif seperti  Tumbler Corkcicle, Polo Shirt Uniqlo, Active Speaker CBOX – X360,  dan Gopay senilai Rp.500 ribu.

“Konsumen yang penasaran ingin melihat langsung dapat mengunjungi SHARP AQUOS R9 Mini Exhibition yang diselenggarakan di Sarinah Thamrin mulai Rabu 11 Desember hingga 14 Desember 2024,” tutur Andry.

Selain itu Sharp Indonesia pun memberikan penawaran yang sama menariknya bagi pembelian di Sharp Mobile Official Store untuk periode 11 – 18 Desember 2024.

“Melalui AQUOS R9, Sharp ingin mengubah cara pengguna menikmati hiburan, bekerja, dan berinteraksi dengan teknologi,” ungkap Ardy, AUVI & Smartphone Product Strategy Head Division.

Ia pun percaya perangkat ini akan diterima dengan baik oleh pasar Indonesia berkat kombinasi performa luar biasa, desain premium, dan fitur inovatif yang ditawarkan dan kami optimis 1.000 unit AQUOS R9 akan terjual dipasaran sejak 6 bulan diluncurkan.(Icha)

Kolaborasi Lintas Sektor Menuju Indonesia Digital, Wujudkan Target Asta Cita

0

Telko.id –  Dalam diskusi akhir tahun IndoTelko Forum bertajuk “Sinergi Industri Digital Wujudkan Asta Cita,” para pemangku kepentingan dari sektor pemerintah, industri telekomunikasi, dan masyarakat sepakat bahwa kolaborasi lintas sektor menjadi kunci untuk mewujudkan Indonesia sebagai pemain utama dalam ekonomi digital global.

Forum ini bertujuan mempercepat akselerasi transformasi digital di Indonesia, mendukung visi Indonesia Emas 2045, dan menciptakan ekosistem digital yang inklusif.

Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid membuka acara sebagai keynote speaker dengan menekankan bahwa kebijakan pemerintah akan berfokus pada penyediaan infrastruktur digital yang merata serta memajukan regulasi yang mendukung pertumbuhan sektor digital.

“Sinergi antara pemerintah, industri, dan masyarakat akan menentukan sejauh mana Indonesia dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar Meutya.

Baca juga : Prabowo-Gibran Yakin Bisa Tumbuh 8% Dengan Optimalisasi Ekonomi Digital

Doni Ismanto Darwin, Pendiri IndoTelko, yang juga turut berpartisipasi dalam diskusi ini, mengungkapkan bahwa sektor ekonomi digital memiliki peran strategis dalam pencapaian visi Presiden Prabowo Subianto untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 8% dalam lima tahun ke depan.

“Sinergi antara pemerintah, industri, dan masyarakat sangat penting dalam mendorong transformasi digital yang akan memberdayakan UMKM dan mendorong investasi yang berdampak pada kesejahteraan rakyat,” kata Doni.

Mendorong talenta digital

Sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam mencapai tujuan tersebut, Dirgayuza Setiawan, yang juga merupakan Editor Buku Strategi Transformasi Bangsa “Prabowo Subianto,” menyoroti pentingnya Rencana Kerja Pemerintah (RKP) untuk periode 2024-2029.

Menurut dia, RKP ini menargetkan dua tujuan utama yang ambisius: menghapuskan kemiskinan ekstrem hingga 0% dan mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 8%.

“Mandat UUD 1945 menjadi pedoman kita dalam melindungi segenap bangsa, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta mewujudkan ketertiban dunia,” ungkap Dirgayuza.

Ia juga memaparkan data yang menunjukkan bahwa harapan hidup orang Indonesia saat lahir meningkat signifikan dari tahun 1960 hingga 2022, dengan harapan hidup di Jepang mencapai 84 tahun, sementara di Indonesia meningkat menjadi 75 tahun.

Selain itu, angka kematian balita menunjukkan penurunan yang signifikan, mencatat 28 kematian per 1.000 orang pada tahun 2022.

Dalam konteks memajukan kesejahteraan umum, Dirgayuza sebut ekonomi Indonesia juga menunjukkan pertumbuhan yang positif. Dari tahun 1970 hingga 2023, besar ekonomi Indonesia diproyeksikan naik Rp. 1.386 triliun dan mencapai USD 19.500 triliun per kapita.

Meskipun demikian, Indonesia masih berada di jalur untuk mencapai status negara berpendapatan tinggi (high income country) pada usia 100 tahun kemerdekaannya.

Dirgayuza juga menekankan pentingnya pendidikan berkualitas untuk mendorong talenta digital, dengan target 99% siswa mendapatkan makanan bergizi gratis di sekolah, peningkatan gaji guru, renovasi sekolah, dan penggunaan smart board di setiap kelas.

Pendidikan di luar negeri dianggap penting, karena siswa yang belajar di luar negeri cenderung memiliki kualitas diri yang lebih baik dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat.

Dirgayuza menyitir Prof. James Robinson, penerima Nobel Laureate 2024, yang menyatakan bahwa kesempatan Indonesia menjadi negara maju di tahun 2045 bergantung pada kemampuan Indonesia untuk menciptakan inclusive high quality secondary schools, inclusive high quality universities, inclusive economy, dan inclusive politics.

Jika tidak ada salah satunya, maka sebuah negara tidak akan pernah maju. Pernyataan Robinson ini disampaikan di Bali pada 3 Desember 2024, menegaskan pentingnya kolaborasi di berbagai sektor untuk mencapai tujuan jangka panjang Indonesia.

Ia menambahkan, Indonesia harus mempercepat pengembangan talenta digital untuk mendukung transformasi ekonomi berbasis teknologi. Menurut Dirgayuza, fokus pada pendidikan berkualitas, termasuk pengiriman siswa ke universitas terbaik di dunia, sangat penting.

“Kita bisa belajar dari India dan Tiongkok yang sukses membangun talenta digital lewat pendidikan di luar negeri. Sebagian besar pemimpin perusahaan teknologi besar mereka merupakan lulusan universitas top di Amerika Serikat,” ujar Dirgayuza.

Ia juga menekankan pentingnya teknologi untuk memperbaiki kebijakan sosial. “Presiden mendorong tenaga ahli digital untuk membantu identifikasi penerima bantuan sosial secara akurat dan mengurangi kesalahan distribusi,” ungkapnya.

Dengan infrastruktur digital yang kuat, Indonesia dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital, seperti pengembangan pusat data dan implementasi kecerdasan buatan, guna mengejar target pertumbuhan ekonomi hingga 8%.

Zulfi Hadi, Marketing & Solution Director Lintasarta, menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung digitalisasi nasional. Dengan misi empowering Indonesia to unleash digital potential, Lintasarta mengembangkan infrastruktur strategis seperti fiber optic, data center, GPU cloud, dan keamanan siber.

“Kami menghubungkan lebih dari 80% kabupaten di Indonesia dengan infrastruktur modern untuk mendukung percepatan ekonomi digital,” ujar Zulfi.

Tak hanya infrastruktur, Lintasarta juga fokus pada pengembangan talenta digital. Program Laskar AI yang diluncurkan baru-baru ini memberikan pelatihan gratis bagi mahasiswa dan praktisi.

“Kita targetkan 500 peserta awal untuk digodok dengan kurikulum berbasis teknologi NVIDIA. Mereka akan menjadi motor akselerasi produktivitas nasional melalui implementasi AI,” tambahnya.

Inisiatif ini diharapkan membantu mewujudkan mimpi Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi 8% dan mendukung visi Indonesia Emas 2045.

Pentingnya sektor telekomunikasi

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, menyampaikan bahwa industri telekomunikasi menghadapi tantangan berat, seperti kompetisi harga, serangan OTT, dan perlambatan pendapatan dari layanan suara serta SMS.

Namun, Telkom tetap optimis melalui strategi transformasi yang berfokus pada integrasi layanan fixed dan mobile broadband, percepatan pertumbuhan bisnis data center, dan pengembangan inisiatif digital baru.

“Telkom terus mendukung pengembangan infrastruktur seperti fiber optik dan data center untuk mendukung kedaulatan digital serta pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Ririek.

Selain itu, Telkom juga memperkuat dukungan terhadap UMKM yang berkontribusi lebih dari 60% pada perekonomian nasional melalui berbagai layanan digital seperti PaDi UMKM dan OSS.

Ririek menambahkan, kehadiran Kementerian Komunikasi dan Digital menjadi momentum tepat untuk mempercepat digitalisasi bangsa. Ia mendorong kebijakan progresif seperti insentif fiskal, skema pembayaran spektrum fleksibel, dan infrastruktur sharing yang efektif.

Menurutnya, kolaborasi antara pemerintah, industri, dan masyarakat sangat penting untuk mewujudkan visi Indonesia Digital 2045. “Telkom siap menjadi katalisator transformasi digital menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan Indonesia yang lebih maju,” tutup Ririek.

Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Buldansyah menyatakan komitmen perusahaan dalam mendukung percepatan transformasi digital Indonesia melalui inovasi teknologi dan kolaborasi lintas sektor.

Ia menjelaskan bahwa ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai Rp1.800 triliun pada 2027, menjadikannya sektor strategis dalam pertumbuhan PDB.

“Indosat fokus pada pengembangan teknologi seperti AI dan big data, dengan inisiatif seperti Sahabat AI bersama GoTo, AI Merdeka dengan NVIDIA, dan Banking AI untuk digitalisasi perbankan,” kata Danny.

Selain itu, Indosat aktif memperluas jaringan hingga ke pelosok, seperti NTT dan Sulawesi, melalui program seperti ID Camp dan Digital Talent Scholarship.

Danny optimistis bahwa kebijakan kabinet baru akan mendukung pembangunan infrastruktur, peningkatan literasi digital, dan regulasi inovatif, sehingga mempercepat adopsi teknologi di berbagai sektor serta memperkokoh posisi Indonesia di ekonomi digital global.

Dalam kesempatan tersebut, Djatmiko Djati, PLT. Direktur Eksekutif Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), menyampaikan langkah strategis untuk mendukung pencapaian Asta Cita, dengan menekankan bahwa sektor telekomunikasi adalah salah satu kunci dalam mempercepat kemajuan industri digital Indonesia.

“Keberhasilan sektor telekomunikasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia,” kata Djati. Ia juga mengungkapkan potensi besar ekonomi digital Indonesia, yang diperkirakan dapat meningkatkan PDB hingga 2,44% dengan peningkatan penetrasi broadband sebesar 10%.

Sigit PW Jarot, Ketua Bidang Infrastruktur Telematika Nasional MASTEL, menambahkan bahwa sinergi lintas sektor akan mempercepat pencapaian “Asta Cita Harapan MASTEL.” Menurutnya, transformasi digital membutuhkan orkestrasi dan kolaborasi lintas sektor agar dampaknya dapat dirasakan secara luas.

“Ketersediaan akses digital yang setara di seluruh wilayah adalah syarat mutlak untuk pemerataan manfaat ekonomi digital,” tegas Sigit. Ia juga menyoroti pentingnya pembangunan talenta digital yang inovatif dan regulasi yang adaptif untuk mendukung perkembangan industri digital.

Pentingnya infrastruktur digital

Selain itu, Mohamad Rosidi, Direktur ICT Strategy & Business Huawei Indonesia, mengingatkan pentingnya penguatan infrastruktur digital seperti 5G dan fiber optik untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

“Setiap dolar yang diinvestasikan dalam infrastruktur ICT dapat memberikan dampak besar terhadap GDP,” ungkap Rosidi, seraya menekankan pentingnya kolaborasi antara sektor publik dan swasta dalam menciptakan ekosistem yang saling mendukung.

Dalam konteks ini, Plt. Direktur Jenderal Teknologi Pemerintah Digital Komdigi, Ismail, juga menyampaikan pandangannya mengenai infrastruktur digital sebagai dasar transformasi digital Indonesia.

“Visi Indonesia Digital 2045 membutuhkan konektivitas yang memadai melalui tiga teknologi utama: fixed broadband, mobile broadband, dan satelit,” jelas Ismail.

Selanjutnya, ada tiga pendekatan pemerintah untuk membangun infrastruktur digital yang harus dilakukan secara bersamaan. Yakni pendekatan langsung oleh pemerintah, koordinasi dan sinergi dengan pihak lain, serta dukungan eksternal dari negara asing dan vendor.

Ia menambahkan bahwa ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai 19% dari PDB dengan nilai Rp22.513 triliun, serta digitalisasi yang dapat mendukung sektor UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia.

Dengan demikian, Komdigi menekankan bahwa literasi digital dan regulasi yang mendukung kompetisi sehat adalah faktor penting dalam membangun masyarakat digital yang produktif.

Pemerintah, lanjutnya, fokus pada pengelolaan spektrum frekuensi, sinergi antar-pemangku kepentingan, serta kolaborasi internasional untuk mengatasi tantangan infrastruktur digital. “Dengan sinergi, kita bisa menciptakan solusi digital yang berkualitas, terjangkau, dan berdampak luas,” tutup Ismail.

Pentingnya regulasi dan kolaborasi

Selain infrastruktur dan talenta, Sigit PW Jarot juga menyoroti pentingnya regulasi yang mendukung kolaborasi lintas sektor. “Tanpa regulasi yang adaptif, perkembangan industri digital akan stagnan,” ungkapnya.

Ia mengajak semua pihak untuk tidak hanya fokus pada pertumbuhan ekonomi jangka pendek, tetapi juga pada keberlanjutan ekosistem digital yang dapat bertahan dalam persaingan global.

Sigit juga optimistis bahwa transformasi digital bukan hanya tantangan, tetapi peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi pemain utama di tingkat global. “Dengan orkestrasi yang tepat, Indonesia dapat memimpin ekonomi digital di Asia Tenggara,” ujarnya.

Selanjutnya, Endra Diputra, VP Corporate Strategy, Innovation, Sustainability & Marketing Telkomsel, menegaskan komitmen perusahaan untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan visi “Indonesia Emas 2045” melalui pencapaian program Asta Cita.

Endra menyatakan, “Di tengah persaingan global yang semakin ketat, Indonesia membutuhkan kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak.”

Ia menyoroti bahwa Indonesia memiliki peluang besar untuk pertumbuhan ekonomi, diperkirakan GTP akan tumbuh sebesar 5,1% pada tahun 2025, didukung oleh stabilitas inflasi dan penguatan nilai tukar rupiah.

Sebagai enabler utama dalam ekosistem digital, Telkomsel bertekad untuk terus meningkatkan kolaborasi dengan pemain global dan lokal, serta menyediakan layanan digital terbaik.

“Kami ingin menjadi digital telkom service provider terbaik di Asia Tenggara yang mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi,” tambah Endra.

Endra juga menekankan pentingnya penyediaan konektivitas dan solusi inovatif, seperti smart factory dan IoT, untuk mendukung hilirisasi dan industrialisasi.

Melalui berbagai inisiatif, termasuk pengembangan jaringan 5G dan ekosistem kendaraan listrik, Telkomsel berupaya menjadi pusat dari ekosistem digital nasional.

Dalam penutupnya, Endra menegaskan, “Kami terus bekerja dengan segenap hati agar cita cita ini dapat menjadi bentuk konkret bagi Indonesia,” menunjukkan dedikasi Telkomsel dalam mempercepat transformasi digital demi kemajuan bangsa.

Kemudian, Djatmiko Djati menutup diskusi dengan harapan bahwa sinergi antara pemerintah, industri, dan masyarakat akan membawa Indonesia menuju kemajuan digital yang berkelanjutan, sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

“Ini adalah tantangan besar, tetapi kami yakin melalui kolaborasi, kita bisa mencapainya,” tutupnya.

Acara ini ditutup dengan harapan kuat dari semua pihak yang hadir bahwa kolaborasi antara sektor publik dan swasta akan mempercepat pencapaian tujuan Indonesia Digital 2045.

Melalui sinergi yang solid, Indonesia diharapkan mampu memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan peluang baru, meningkatkan produktivitas, dan memperkuat daya saing di kancah global. (Icha)

Mantap, Harbolnas 12.12, UMKM Langganan Indibiz Dapat Diskon 7%

0

Telko.id – Indibiz, ekosistem solusi digital dari Telkom Indonesia ikut meramaikan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12, dengan memberikan diskon 7% biaya berlangganan paket high speed internet (HSI) Unlimited bisnis up to 300 Mbps.

Special deal dari Indibiz ini untuk pelaku bisnis SME ini, berlaku di Harbolnas 12 Desember 2024.

Harbolnas menjadi momen spesial di penghujung tahun yang ditunggu-tunggu oleh konsumen dan pelaku usaha.

Indibiz menjadikan momen ini, untuk memberikan solusi nyata yang berdampak langsung pada pengembangan bisnis UKM.

Baca juga : Indibiz Super Promo, Dukung Transformasi Digital SME

Penawaran spesial pada 12 Desember 2024 ini menjadi kesempatan tak tergantikan bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan layanan premium dengan harga yang lebih terjangkau.

OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani, menjelaskan Indibiz selalu berusaha memberikan nilai lebih kepada para pelanggan, khususnya UKM agar transformasi bisnis yang diterapkan berjalan sesuai harapan.

Menurut Reni, Harbolnas 12.12 kali ini, adalah momen yang tepat bagi pelaku usaha berlangganan Indibiz untuk mempercepat transformasi digital bisnis UKM.

“Kami memahami pentingnya transformasi digital dengan dukungan jaringan internet bisnis unlimited dan solusi digital yang tepat dan berkualitas bagi UKM,” ungkap Reni.

Oleh karena itu, melalui promo Harbolnas 12.12 ini, kami ingin membantu menciptakan peluang bisnis UKM dan mewujudkan harapan mereka membangun bisnis yang sukses dan berkelanjutan bersama Indibiz.

Dengan layanan HSI Unlimited bisnis dari Indibiz ini, pelaku usaha dapat menikmati koneksi internet super cepat yang mendukung berbagai aktivitas bisnis, mulai dari komunikasi dengan pelanggan, pengelolaan sistem operasi, hingga pengembangan strategi pemasaran berbasis digital.

Apalagi dengan kecepatan internet hingga 500 Mbps yang dihadirkan, pelaku usaha dapat memastikan operasional bisnis berjalan lancar tanpa hambatan.

Bagi Indibiz, promo Harbolnas 12.12 ini dihadirkan sebagai wujud komitmen mereka untuk mendukung kemajuan bisnis UKM agar semakin kompetitif dan berdaya saing global dengan memanfaatkan solusi digital. (Icha)

Presiden RI Resmi Luncurkan Sistem E-Katalog Versi 6.0, Ini Targetnya

0

Telko.id – Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto secara resmi meluncurkan Katalog Elektronik Versi 6.0 yang diinisiasi oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

Peluncuran Katalog Elektronik Versi 6.0 dilakukan bersamaan dengan agenda Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2025, bertempat di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/12).

Acara ini dihadiri oleh Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, jajaran menteri kabinet Merah Putih, Ketua Dewan Ekonomi Nasional (DEN) Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala LKPP Hendrar Prihadi, para kepala lembaga dan pemerintah daerah.

Turut hadir Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Enterprise & Business Service Telkom FM Venusiana R., Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid, serta pejabat pemimpin tertinggi instansi lainnya.

Baca juga : Telkom Gandeng Alibaba Cloud Untuk Perkuat Ekosistem Digital

Presiden RI Prabowo Subianto dalam sambutannya mengatakan, “Dalam rangka kita tingkatkan pemerintahan yang bersih, salah satu terobosan adalah melalui digitalisasi. Karena itu, saya ucapkan terima kasih dengan keberhasilan dari pada kelompok-kelompok kerja yang selama ini bekerja di bawah koordinasi Ketua Dewan Ekonomi Nasional yang hari ini menyelenggarakan peluncuran katalog elektronik versi 6.0″.

Menurut Presiden, Katalog Elektronik Versi 6.0 ini adalah upaya untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi.

Jadi, seluruh transaksi semua Kementerian, Lembaga, dan Pemerintahan Daerah wajib memanfaatkan katalog elektronik versi 6 ini mulai tanggal 1 Januari 2025.

Katalog Elektronik Versi 6.0 hadir untuk mendukung misi Asta Cita pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya guna mewujudkan visi Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045.

Sistem pengadaan ini terintegrasi mulai dari perencanaan, realisasi hingga pembayaran, sebagai wujud penyelenggaraan negara yang efisien dan transparan.

Katalog Elektronik Versi 6.0 memiliki berbagai keunggulan, di antaranya kemudahan dalam proses pembayaran bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Koperasi (UMKK).

Lalu dapat pelaksanaan e-audit dan pemantauan secara real time untuk mendeteksi penyalahgunaan (fraud), memungkinkan pengguna untuk lebih cepat menemukan informasi yang dibutuhkan.

Serta mampu memberikan gambaran besar tentang produk impor yang dapat disubstitusi dengan produk dalam negeri sebagai bagian dari upaya industrialisasi.

Sistem berbasis digital seperti Katalog Elektronik dapat memberikan berbagai manfaat dan dampak positif dalam implementasinya.

Digitalisasi ini diyakini mampu memberikan penghematan anggaran yang signifikan dengan mengurangi hingga 20%-30% biaya pengadaan, menurunkan biaya administrasi hingga 40%-50%, termasuk pengurangan biaya cetak dokumen dan distribusi fisik, serta dapat menghemat dari segi waktu melalui otomatisasi proses.

Presiden juga menyoroti pentingnya transparansi dan akuntabilitas sebagai bagian dari agenda besar transformasi digital.

Sistem digital seperti Katalog Elektronik memberikan akses yang lebih terbuka terhadap informasi harga, memastikan kompetisi yang sehat, sekaligus mengurangi potensi korupsi.

Pemanfaatan data melalui sistem pengadaan elektronik akan memungkinkan pemerintah merancang pengeluaran yang lebih strategis, sehingga dapat menghasilkan penghematan anggaran hingga 15%-20% melalui identifikasi kebutuhan yang lebih presisi.

Senada, Kepala LKPP Hendrar Prihadi (Hendi) mengatakan bahwa Katalog Elektronik Versi 6.0 mewakili langkah maju yang signifikan dalam upaya LKPP untuk meningkatkan layanan sistem pengadaan secara elektronik.

Melalui fitur terbarunya, katalog elektronik memberikan kemudahan kepada bagi para pengguna dalam melakukan transaksi atau belanja pemerintah.

“Inovasi sistem digital pengadaan katalog elektronik Versi 6.0 memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk dapat memantau dengan jauh lebih baik atas proses pengadaan pemerintah. Harga, spesifikasi produk, hingga gambarnya bisa dilihat oleh siapa saja,” kata Hendi.

Hendi pun berharap harap fitur baru juga akan meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparan dan akuntabilitas dalam proses transaksi pengadaan.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, “Katalog Elektronik versi 6.0 ini menjadi langkah nyata Telkom dalam upaya mendukung digitalisasi di berbagai sektor, termasuk pemerintahan”.

Dengan adanya sistem ini, Ririek berharap dapat menghadirkan solusi pengadaan yang lebih efisien, kompetitif, dan transparan, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Telkom senantiasa berkomitmen untuk menciptakan layanan digital solutif dan inovatif yang sejalan dengan program pemerintah.

Transformasi digital yang terus berlangsung akan membuka peluang bagi berbagai sektor untuk dapat bekerja sama dengan lebih transparan dan akuntabel, sehingga dapat membawa dampak positif bagi perekonomian negara.

Kolaborasi ini tidak hanya menunjukkan komitmen untuk mendukung ekosistem digital di Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan. (Icha)

Acer Ekspansi Pabrik, Tambah Produksi dan Terapkan AI

0

Telko.id – Acer Group melalui Acer Manufacturing Indonesia (AMI) ekspansi pabrik di Kawasan Marunda Center, Bekasi.

Pada pabrik seluas 10.000 meter persegi itu sudah terdapat lini produksi yang mutakhir, dengan berbagai pembaruan seperti otomatisasi dan berbagai perangkat manufaktur canggih lainnya.

“Pengembangan ini, kami bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi, dan untuk investasi jangka panjang,” ungkap Leny Ng, Director Acer Indonesia menjelaskan.

Bahkan, AMI AMI juga menerapkan teknologi artificial intelligence (AI) untuk menghasilkan perangkat yang berkualitas global.

Baca juga : Acer Manufacturing Indonesia Terus Lanjutkan Berkarya di Indonesia

Selain itu produk-produknya telah bersertifikasi dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dan bobot manfaat perusahaan (BMP) lebih dari 40%.

Leny juga mengungkapkan, saat ini Acer memimpin sektor pemerintahan dan pendidikan dengan market share di atas 60%.

Menurutnya, pencapaian tersebut menjadi bukti bagaimana tingkat kepercayaan konsumen terhadap Acer Indonesia

Menurut Heru Kustanto, Kepala Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, apa yang dilakukan oleh Acer Manufacturing Indonesia ini merupakan langkah strategis untuk mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri yang mampu bersaing di pasa global.

“Apalagi dengan komitmen AMI dalam meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) hingga melebihi 40%, kami mengapresiasi kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, penciptaan lapangan kerja, serta penguatan kolaborasi dengan mitra lokal melalui penerapan teknologi mutakhir,” ujar Heru menambahkan.

Untuk lebih jelasnya, Operational Senior Director of Acer Indonesia, Parman Iskak, menyampaikan sudah banyak inovasi yang dilakukan AMI setiap tahunnya. Menurutnya, perusahaannya berusaha menghadirkan solusi dan teknologi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Parman menyebutkan salah satu keunggulan Acer adalah service network. Bahkan dirinya menegaskan kalau Acer menjadi satu-satunya brand dengan service network terluas.

“Jadi kami hadir di 36 provinsi dengan 18 service center, 92 service provider, dan titik on site kami ada di 692. Jadi kami bisa bilang bahwa Acer saat ini adalah satu-satunya brand dengan layanan purna jual terluas di Indonesia,” tegas Parman.

Tak hanya fokus pada kualitas produk, Acer Indonesia juga sudah menerapkan energi terbarukan. Parman mengatakan, pihaknya sudah mencoba melakukan pendaur ulangan sampah elektronik.

“Dan terakhir adalah community contribution. Di sini kita Acer secara grup punya satu aktivitas yang namanya sayang bumi. Dari pembersihan pantai, penanaman mangrove, itu kami lakukan,” ucap Parman.

Selain inovasi, Parman membeberkan kalau Acer Indonesia juga melakukan ekspansi di area seluas 10 ribu meter persegi. Jadi di satu lokasi ini sudah terintegrasi antara gudang komponen, bahan baku, dan fasilitas perakitannya.

“Kami sudah mengadopsi teknologi Artificial Intelligence, tapi bukan berhenti sampai sini. Karena Artificial Intelligence itu di gadang-gadang akan banyak membantu proses, membantu rumusan supaya lebih akurat, lebih baik, lebih efisien,” tambah Parman.

Terakhir Parman menuturkan, Acer Indonesia juga sudah menerapkan modern line production. Jadi dengan conveyor, dengan gravity roller, dengan tenaga kerja yang terampil, perusahaannya mencoba mengefisienkan waktu. (Icha)

XL Axiata dan Smartfren Merger, Jadi XLSmart Bernilai Rp.104 Triliun

0

Telko.id – Akhirnya, PT XL Axiata Tbk (“XL Axiata”), PT Smartfren Telecom Tbk (“Smartfren”), dan PT Smart Telcom (“SmartTel”)  mengumumkan bahwa kedua nya sudah resmi merger dengan nilai Rp.104 Triliun atau setara US$6,5 Miliar.

Penggabungan ini akan membentuk entitas telekomunikasi baru bernama PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk (“XLSmart”), sebuah kekuatan baru di sektor telekomunikasi hasil penggabungan kekuatan operator bereputasi di Indonesia untuk mendorong inovasi, meningkatkan kualitas layanan, dan memperluas konektivitas digital di seluruh wilayah Indonesia.

Pemain Lokal yang Lebih Kuat

Merger ini menggabungkan dua entitas yang akan saling melengkapi dalam melayani pangsa pasar telekomunikasi Indonesia.

XLSmart akan memiliki skala, kekuatan finansial, dan keahlian yang mampu mendorong investasi infrastruktur digital, memperluas jangkauan layanan, dan mendorong inovasi bagi pelanggan, sekaligus menciptakan pasar yang lebih sehat dan kompetitif.

Baca juga : Merger XL Axiata dan Smartfren Diharapkan Selesai Akhir Tahun

“Kami sangat yakin bahwa konsolidasi industri ini membuka jalan bagi Indonesia dan ASEAN yang lebih terkoneksi, serta membantu mengurai permasalahan kesenjangan digital dalam menciptakan masa depan yang inklusif bagi seluruh komunitas maupun bisnis agar dapat berkembang,” kata Vivek Sood, Group Chief Executive Officer, Axiata Group.

“Merger ini akan memungkinkan kami untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur yang unik bagi Indonesia sebagai negara kepulauan dengan menyediakan platform yang dapat berkembang yang akan meningkatkan cakupan dan kualitas layanan, berbagai pilihan produk menarik, dan perbaikan kualitas jaringan,” ungkap Vivek.

Sinergi yang dihasilkan oleh merger ini pun menurut Vivek, akan meningkatkan nilai bagi pemegang saham dan sebagian akan digunakan untuk menangkap peluang pertumbuhan masa depan.

Menurut Vivek, Axiata memiliki keahlian dalam mengeksekusi merger yang sukses dan memberikan nilai bagi para pemegang saham, dan bersemangat membawa keahlian ini ke XLSmart, menggabungkan dua bisnis yang saling melengkapi untuk menciptakan perusahaan telekomunikasi yang memiliki posisi unik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang di seluruh segmen utama.

Ia pun berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan, termasuk konsumen kami, para mitra, karyawan, dan pemerintah Indonesia, atas partisipasinya dalam tonggak sejarah ini serta dukungannya terhadap masa depan digital Indonesia.

Detil Utama Merger

XL Axiata akan menjadi entitas yang bertahan, sedangkan Smartfren dan SmartTel akan menggabungkan diri menjadi bagian dari XLSmart. 


Axiata Group Berhad (“Axiata”) dan Sinar Mas akan menjadi pemegang saham pengendali bersama, masing-masing memegang 34,8% saham XLSmart dengan pengaruh yang sama untuk arah dan keputusan strategis perusahaan. Sisanya, sebesar 30,4% merupakan saham publik.

Pada saat selesainya transaksi, pemerataan kepemilikan saham akan menghasilkan Axiata menerima hingga senilai US$475 juta. Setelah transaksi ditutup, Axiata akan menerima US$400 juta, beserta tambahan US$75 juta di akhir tahun pertama, tergantung pada pemenuhan syarat- syarat tertentu. 


XLSmart akan memanfaatkan jaringan, keahlian, dan sumber daya dari para pemegang saham untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia. 


“Merger ini adalah upaya penting yang kami lakukan untuk memberikan nilai tambah yang besar kepada seluruh pemangku kepentingan melalui layanan yang prima, konektivitas digital, dan inovasi, termasuk untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam mendorong transformasi digital,” ungkap Franky Oesman Widjaja, Chairman, Sinar Mas Telecommunication and Technology.

“Hal ini sejalan dengan prinsip bersatu untuk tujuan bersama yang lebih besar; seperti kata pepatah, ‘If you want to go fast, you go alone; if we want to go far, we go together’. Di Sinar Mas, kami selalu mengatakan, ‘Together, we go far, fast, and beyond’. Hal ini lah yang akan memberi nilai tambah bagi seluruh pelanggan dan karyawan, serta ikut mendukung upaya digitalisasi yang dijalankan oleh Pemerintah Indonesia,” ujar Franky. 


Ia pun sangat mengapresiasi dukungan dari Pemerintah, serta dedikasi dari seluruh karyawan, mitra dan rekanan, dan tentunya kepercayaan seluruh investor sehingga merger ini dapat terwujud, di mana XLSmart dapat berkontribusi lebih besar dalam melayani masyarakat dan mendukung ekonomi digital Indonesia.


Alasan Strategis Merger

XLSmart memanfaatkan kombinasi kekuatan dari XL Axiata, Smartfren, dan SmartTel untuk memberikan konektivitas yang lebih baik kepada pelanggan, baik pada level individu, korporasi, hingga sektor publik.

Melalui investasi ulang pada perluasan 5G, peningkatan jaringan, dan inovasi produk, XLSmart berupaya mendorong kemajuan teknologi dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Selain itu, merger XL Axiata dan Smartfren ini diharapkan menghasilkan sinergi biaya yang signifikan, dengan estimasi sinergi sebelum pajak sebesar USD 300-400 juta setelah selesainya proses integrasi jaringan strategis serta optimalisasi sumber daya.

Kolaborasi ini menempatkan XLSmart sebagai kekuatan transformatif di industri telekomunikasi, yang membuka jalan bagi pertumbuhan dan inovasi berkelanjutan di sektor ini.

Skala dan Kekuatan Finansial

Dengan total pelanggan seluler gabungan sebanyak 94,5 juta dan pangsa pasar 27%, XLSmart akan menghasilkan pendapatan proforma sebesar IDR45,4 triliun (USD 2,8 miliar) dan EBITDA senilai lebih dari IDR22,4 triliun (USD1,4 miliar).

Fondasi keuangan yang kokoh ini memungkinkan perusahaan untuk berinovasi, tumbuh, dan memberi penghargaan kepada investor.

“Dengan menggabungkan sumber daya, keahlian, dan posisi pasar, kami akan meningkatkan daya saing, mendorong inovasi, dan membuka peluang pertumbuhan baru untuk membangun masa depan yang lebih baik bersama-sama,” ujar Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO, XL Axiata.

Ia menambahkan bahwa merger XL Axiata dan Smartfren ini tidak hanya menggambarkan komitmen untuk memperkuat ekonomi digital Indonesia, tetapi juga menunjukkan dedikasi untuk menjembatani kesenjangan digital, memperluas akses layanan telekomunikasi yang dapat diandalkan, serta menghasilkan masyarakat digital yang inklusif.

“Dengan visi yang sama dan kerja kolektif, kami yakin untuk mampu memberikan manfaat kepada para pemegang saham, mendukung aspirasi kemajuan teknologi Indonesia, dan menciptakan sebuah standar baru industri telekomunikasi,” ungkap Dian.

Manfaat Bagi Pemangku Kepentingan

Merger ini mendukung visi Indonesia untuk masa depan digital yang inklusif dengan mempercepat implementasi 5G, kecerdasan buatan, komputasi awan, ketahanan siber, meningkatkan kualitas jaringan, dan mendorong persaingan yang berkelanjutan.

Konsolidasi strategis ini sejalan dengan tujuan pemerintah untuk memastikan alokasi spektrum yang efisien dan menciptakan struktur pasar yang lebih sehat dan bermanfaat kepada seluruh masyarakat.

Karyawan dari seluruh entitas yang bergabung akan memperoleh akses ke berbagai peran dan peluang baru yang menarik dalam rangka pengembangan karir profesional mereka.

Dengan mendorong kolaborasi dan memanfaatkan praktik terbaik, perusahaan yang bergabung akan memprioritaskan pengembangan karir karyawan sembari memastikan kepatuhan terhadap peraturan ketenagakerjaan serta menciptakan lingkungan kerja yang suportif.

Kepada para konsumen, merger ini akan memberikan pengalaman yang jauh lebih baik. Pelanggan akan menikmati konektivitas yang lebih baik, internet lebih cepat, dan jangkauan layanan yang lebih luas.

Kombinasi portofolio produk kedua perusahaan yang lebih luas dapat melayani baik konsumen individu maupun bisnis, menawarkan solusi inovatif yang didesain untuk mendukung UMKM maupun perusahaan.

Konsumen juga mendapatkan harga yang lebih kompetitif maupun akses kepada layanan digital yang lebih canggih sebagai hasil dari penggabungan sumber daya dan keahlian XLSmart.

“Merger ini adalah langkah strategis yang dipertimbangkan dengan matang untuk menciptakan manfaat signifikan bagi seluruh pemangku kepentingan yang mencerminkan komitmen kuat kami dalam memberikan layanan yang prima, meningkatkan konektivitas digital, dan mendorong inovasi di industri telekomunikasi,” ungkap Merza Fachys, Direktur Utama Smartfren.

Ia pun menyatakan bahwa dengan menyatukan semua usaha ini akan memperkuat komitmen jangka panjang bersama untuk Indonesia, memberikan kekuatan dan skala untuk berkontribusi secara berarti terhadap ambisi digital Indonesia.

Apalagi, menurut Merza, terdapat peluang yang terbuka lebar untuk berperan lebih besar lagi dalam perjalanan penting untuk negara.

Ia pun percaya melalui XLSmart, akan mampu melanjutkan komitmen bersama kepada pelanggan dan komunitas di seluruh Indonesia.

Langkah Berikutnya

Rencana merger telah mendapatkan persetujuan dari dewan direksi XL Axiata, Smartfren, dan SmartTel namun masih menunggu persetujuan regulator dan pemegang saham, serta ketentuan penutupan tertentu.

Apabila semua persetujuan dan ketentuan terpenuhi, penyelesaian proses merger diharapkan dapat terlaksana pada paruh pertama 2025.

Selama proses integrasi berjalan, seluruh pihak yang terlibat berkomitmen untuk memastikan transisi yang lancar bagi karyawan, pelanggan, dan mitra serta memberikan pembaruan secara rutin untuk meminimalkan gangguan.

CIMB dan J.P. Morgan bertindak sebagai penasihat keuangan untuk entitas tertentu di bawah Sinar Mas. Deutsche Bank dan Maybank bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Axiata. Citibank bertindak sebagai penasihat keuangan untuk XL Axiata.

Semua informasi terbaru terkait merger akan dikomunikasikan melalui saluran resmi, termasuk pengumuman bursa, keterbukaan sesuai regulasi, dan juga melalui situs web masing-masing perusahaan. (Icha)

Oppo Find X8 Series Hadirkan Kamera Flagship dan Flux Theme, Pas Buat Liburan

0

Telko.id – Oppo Find X8 Series, dengan kamera flagship dan fitur Flux Theme yang inovatif, hadir untuk memastikan setiap momen liburan konsumen tak terlupakan.

Find X8 dirancang untuk menjadi pendamping sempurna, memberikan pengalaman fotografi terbaik dan memperkaya setiap detik keseruan liburan konsumen dan keluarga.

Fotografi Jarak Jauh dengan AI Telescope Zoom

Liburan adalah waktu yang penuh dengan pemandangan menakjubkan, dan Oppo Find X8 Series memastikan setiap momen dapat diabadikan dengan sempurna.

Dengan fitur AI Telescope Zoom, konsumen kini dapat menangkap gambar jarak jauh hingga 120x tanpa kehilangan kualitas.

Baca juga : Oppo Find X8 Series, Hadirkan Kamera Hasselblad Master Dan Performa Kelas Atas!

Dari keindahan panorama pegunungan yang megah, pemandangan pantai yang luas, hingga detail bangunan bersejarah yang menakjubkan, setiap foto akan terlihat tajam dan jelas.

Tidak hanya itu, kamera telefoto 50MP pada Find X8 Series juga memungkinkan konsumen untuk menciptakan foto portrait yang memukau, dengan jarak yang lebih dekat antara latar belakang dan subjek.

Baik saat berfoto dengan latar belakang alam, perkotaan, atau pegunungan, Find X8 Series hadir untuk mengabadikan setiap detail liburan dalam komposisi foto yang sempurna.

Abadikan Petualangan Seru dengan Lightning Snap

Petualangan seru selama liburan tidak akan terlewatkan berkat Lightning Snap di Find X8 Series.

Dengan kemampuan menangkap momen cepat dengan detail tinggi, fitur ini sangat cocok untuk mengabadikan momen seru seperti berkendara ATV, berselancar, atau menyaksikan pertunjukan kembang api yang meriah. Tidak ada momen yang terlalu cepat untuk diabadikan dengan Lightning Snap.

Buat Tema dari Foto Liburan dengan Flux Themes

Setelah mengabadikan momen liburan, konsumen dapat membuat foto favorit mereka lebih bermakna dengan Flux Themes di Find X8 Series.

Fitur interaktif ini memungkinkan konsumen untuk mengubah tampilan layar smartphone mulai dari wallpaper, lock screen, hingga Always On Display sesuai dengan keinginan pribadi.

Baterai Tahan Lama untuk Temani Liburan

Tidak perlu lagi khawatir akan melewatkan momen liburan karena baterai habis. Keluarga Oppo terbaru ini dilengkapi dengan kapasitas baterai besar hingga 5910mAh, memberikan daya luar biasa untuk mendukung aktivitas konsumen sepanjang hari.

Baik saat konsumen menjelajahi berbagai destinasi liburan baru, jalan-jalan bersama keluarga, atau mengabadikan momen kehangatan bersama, konsumen tidak perlu lagi khawatir akan kehabisan daya.

Keluarga Oppo Find X8 ini dirancang untuk menjadi pendamping terbaik dalam setiap momen liburan. Dengan teknologi kamera flagship, fitur personalisasi yang fleksibel, dan baterai yang tahan lama, FInd X8 Series memastikan tidak ada kenangan konsumen yang terlewatkan.

Jadikan setiap momen liburan lebih bermakna bersama OPPO Find X8 Series. (Icha)

4 Tips Maksimalkan Laptop Dual Screen Lenovo Yoga Book 9i

0

Telko.id – Salah satu produk yang diperkenalkan Lenovo pada ajang CES 2024 Yoga Book 9i. Di mana produk ini sudah didukung artificial intelligence (AI).

Lenovo Yoga Book 9i ini hadir untuk menjawab kebutuhan pengguna dengan mobilitas yang tinggi karena menawarkan fleksibilitas dalam berbagai skenario penggunaan.

Sudah dilengkapi desain layar ganda dan kemampuan untuk beralih antara berbagai mode seperti mode notebook, mode tablet dengan keyboard touchscreen, mode tenda (tent), dan mode portrait, Lenovo Yoga Book 9i memberikan aneka opsi untuk menyesuaikan laptop dengan kebutuhan pengguna.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, Lenovo Yoga Book 9i berhasil meraih penghargaan sebagai Best Laptop for Productivity di ajang Indonesia Gadget Award 2024 yang diselenggarakan oleh Gizmologi dan Gadgetdiva.

Baca juga : Lenovo Luncurkan Laptop Copilot+ PC Aura Edition, Ini Keunggulannya!

Untuk memaksimalkan fleksibilitas Lenovo Yoga Book 9i, berikut kami rangkum empat tips yang dapat membantu Anda bekerja lebih produktif dan efisien.

#1 Fokuskan Perhatian dengan Mode Notebook

Mode notebook pada Lenovo Yoga Book 9i membuat laptop ini terlihat seperti laptop konvensional. Namun dua layar OLED 2.8K-nya yang mendominasi tampilan, akan memberikan visual yang luar biasa dengan grafis Intel Iris Xe.

Mode ini tepat dipakai ketika mengerjakan tugas dengan fokus tinggi. Pengguna dapat memanfaatkan keyboard virtual yang akan muncul di layar bagian bawah untuk memberikan input apa pun.

Laptop ini juga mendukung keyboard fisik yang disertakan dalam pembelian, membebaskan pengguna untuk memilih sumber input. Ketika keyboard diposisikan di atas layar, maka layar bawah akan menampilkan panel sentuh virtual.

Namun bila keyboard di posisikan di area bawah layar, maka tampilan di atas keyboard akan dihias widget bar, termasuk widget cuaca, kalender dan sebagainya.

#2 Kreativitas Tanpa Batas dengan Mode Tablet

Tidak perlu lagi dua perangkat terpisah ketika membutuhkan perangkat seperti tablet. Putar engsel yang menghubungkan dua layar Lenovo Yoga Book 9i 360 derajat hingga menggabungkan dua layar menjadi satu dan menjadikannya terlihat seperti tablet.

Dalam mode ini, pengaturan tampilan Windows akan beralih otomatis dan cerdas, sehingga memungkinkan konten hanya ditampilkan di layar atas.

Gunakan stylus bila diperlukan dan ekspresikan kreativitas Anda di layar misalnya untuk menggambar, membuat sketsa, atau konten lainnya.

Didukung color gamut DCI-P3 hingga 100 persen, VESA Certified DisplayHDRTM True Black 500 untuk warna putih serta hitam yang pekat, membuat setiap detail konten di layar Yoga Book 9i terlihat realistis.

Mode tablet juga bisa dapat memberikan kenyamanan bila pengguna ingin tetap produktif walaupun dalam mode santai dengan duduk di sofa, bahkan saat dalam perjalanan.

Tidak perlu khawatir bila coretan tangan Anda di laptop convertible ini kurang rapi, karena teknologi AI pada laptop akan mempercantiknya.

Pengguna juga dapat memanfaatkan Enhanced Virtual Keyboard yang ada misalnya untuk mengetik email, mengedit dokumen dan banyak lagi.

#3 Mode Tenda untuk Kinerja Optimal dengan Prosesor Intel

Saat diperlukan presentasi ke audiens, cobalah putar engsel Lenovo Yoga Book 9i hingga 180 derajat, sehingga membuat perangkat menyiku dan terlihat seperti tenda. Gunakan mode tenda saat Anda membutuhkan layar hands-free.

Tampilkan slide presentasi satu per satu di layar PureSight OLED 13.3 inci Lenovo Yoga Book 9i dengan visual cemerlang dan jernih. Dikombinasikan dengan keyboard bluetooth dan mouse Lenovo, audiens bisa menikmati visual materi presentasi termasuk video yang tajam, tanpa terganggu proses navigasi di layar langsung.

Dilengkapi Prosesor Intel CoreTM Ultra 7 terbaru yang tangguh, Lenovo Yoga Book 9i akan membuat proses presentasi pengguna berjalan mulus tanpa hambatan dan melakukan banyak tugas multimedia dengan lancar tanpa khawatir akan penurunan performa, meskipun dalam mode tenda yang lebih difokuskan untuk konsumsi konten.

Dikombinasikan dengan Lenovo AI Engine+, Lenovo Yoga Book 9i juga secara cerdas menghadirkan performa maksimum dan efisien.

#4 Maksimalkan Tampilan Layar Ganda dengan Mode Portrait

Mode portrait memposisikan laptop seolah sebuah buku terbuka, memungkinkan kedua layar Lenovo Yoga Book 9i dibentangkan dalam posisi berdampingan. Mode ini akan terasa sempurna untuk membaca e-book, bekerja dengan dokumen panjang, atau mengedit data yang banyak.

Padukan mode ini dengan memakai keyboard fisik agar lebih optimal, sehingga membuat Anda mengetik dengan nyaman bahkan untuk mengolah dua dokumen sekaligus di dua layar yang berbeda.

Mode ini juga bisa menampilkan berbagai referensi yang diperlukan ketika menyusun laporan bisnis, sementara layar lainnya menampilkan sumber atau catatan tambahan.

Dengan berbagai mode yang didukung pada laptop ini menjadi jawaban bagi pengguna yang memerlukan perangkat yang sangat fleksibel berkat desain dual-screen.

Setiap modenya, beserta aksesori yang menyertai laptop seperti keyboard hingga mouse andal dari Lenovo, memberikan cara berbeda untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan pengguna yang hybrid.

Setiap Lenovo Yoga, termasuk produk ini didukung oleh layanan purna jual Accidental Damage Protection (ADP) dan 3 tahun Premium Care. Pelanggan dapat mengklaimnya lebih dari satu kali untuk kerusakan laptop yang tidak disengaja, tumpahan, benturan, lonjakan listrik, dan layar retak.

Ketika pelanggan menghadapi masalah dengan perangkat Lenovo, seperti laptop yang tiba-tiba mengalami blue screen di tengah malam menjelang deadline, mereka dapat menghubungi tim dukungan Lenovo yang siap siaga 24/7, memberikan ketenangan setiap menggunakan perangkat laptop Lenovo.

Semua perbaikan dalam layanan ini dilakukan oleh teknisi terampil menggunakan suku cadang yang disertifikasi Lenovo.

Layanan ADP tersedia untuk produk Lenovo bergaransi resmi yang dibeli di Lenovo Official & Authorized Store. (Icha)