spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 641

Smartfren dan Grab Kerjasama Sediakan Fitur GrabProtect

0

Telko.id – Smartfren dan Grab kerjasama sediakan fitur GrabProtect untuk tingkatkan keamanan bertransportasi bagi penumpang dan mitra pengemudi. Program ini diaplikasikan untuk wilayah Semarang.

GrabProtect ini khusus untuk GrabBike yang berbentuk partisi pemisah yang diletakkan agar memberi jarak antara mitra pengemudi dan penumpang; serta selalu dibersihkan secara berkala memakai disinfektan.

Melalui kerja sama Smartfren dan Grab ini sebanyak 700 partisi GrabProtect dialokasikan untuk mitra pengemudi yang beroperasi di berbagai wilayah di Jawa Tengah, antara lain Blora, Grobogan, Semarang dan Rembang. Partisi tersebut telah diserahkan secara simbolis pada 18 November 2020 oleh Litoco Gunawan, Regional Head Smartfren North Central Java dan Ramdan Fitriyadi, City Manager Grab Central Java, Grab Indonesia.

“Kerja sama Smartfren dan Grab ini merupakan wujud kepedulian Smartfren terhadap upaya memastikan protokol kesehatan serta meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat Semarang di tengah pandemi. Apa pun tujuannya, ke sekolah atau untuk bekerja, cukup gunakan koneksi internet Smartfren untuk memesan GrabBike Protect yang sudah dibekali partisi perlindungan ekstra sehingga semua bisa beraktivitas dengan penuh rasa aman,” terang Litoco Gunawan, Regional Head Smartfren North Central Java.

Smartfen dan Grab

“Kami sangat berterima kasih atas sinergi dan dukungan Smartfren dalam upaya menjaga protokol kesehatan serta ketahanan ekonomi di masyarakat. GrabProtect dalah inovasi kami agar masyarakat tidak perlu lagi khawatir ketika harus bepergian untuk sekolah atau bekerja. Mitra Grab juga bisa dengan tenang mengantar penumpang. Dukungan dari Smartfren sangat berarti untuk membuka berbagai peluang ekonomi dan memberikan dampak sosial lebih besar baik bagi masyarakat Semarang maupun seluruh Indonesia,” terang Ramdan Fitriyadi, City Manager Grab Central Java, Grab Indonesia.

Sejak awal pandemi COVID-19, Smartfren selalu menyelenggarakan berbagai inisiatif yang diharapkan bisa mendukung kelancaran aktivitas masyarakat, baik dari sisi pendidikan maupun ekonomi.

Smartfren telah membagikan kartu perdana gratis dan sejumlah modem untuk mendukung kelancaran pembelajaran jarak jauh di SMPN 1 Rembang; turut serta menyalurkan Kuota Belajar bagi Siswa, Guru dan Dosen di seluruh wilayah operasional Smartfren di Indonesia; dan membagikan masker untuk pesepeda di Semarang. Smartfren juga menghadirkan inisiatif tersebut di berbagai wilayah lain di Indonesia. (Icha)

 

Sederetan Inovasi Dibalik Aplikasi Android Tokopedia

0

Telko.id – Sederetan inovasi Tokopedia dikembangkan. Bukan hanya untuk pelanggan yang mengakses lewat website, tetapi juga melalui smartphone berbasis Android. Hal ini dilakukan demi kenyamanan pelanggan saat berbelanja dan juga memberikan nilai tambah dalam memenuhi kebutuhan harian.

Inovasi digital yang dihasilkan tidak lepas dari peran talenta digital muda Indonesia, Rico Harisin selaku Head of Engineering Tokopedia. Ia merupakan salah satu software engineer yang terlibat dalam mengembangkan aplikasi Android Tokopedia dari nol.

“Sejak diluncurkan di 2014, aplikasi Android Tokopedia kini telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android di Indonesia,” ujar Rico. Berikut berbagai inovasi yang dihadirkan Rico bersama 45 tim software engineers yang dipimpinnya di Tokopedia.

Aplikasi Tokopedia
Rico Harisin, Head of Engineering Tokopedia

Lalu ada saja teknologi yang dikembangkan oleh Tokopedia?

Dynamic Features– “Berangkat dari semangat inklusivitas, Dynamic Feature bisa membantu menyesuaikan ukuran aplikasi Tokopedia dengan kebutuhan dan spesifikasi perangkat Android pengguna sehingga aplikasi kami bisa dipakai seluruh kalangan masyarakat,” ungkap Rico.

Dengan Dynamic Feature, aplikasi Tokopedia akan mengunduh fitur utama yang memang digunakan oleh pengguna sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat Android, mengurangi rata-rata ukuran aplikasi Tokopedia sebesar 27%, dari 49.9MB menjadi 36MB.

App Action & Google Assistant– Fitur ini mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi Tokopedia dengan perintah suara lewat teknologi App Action, tanpa harus membuka aplikasi dan navigasi ke menu tertentu.

Fitur ini juga telah memungkinkan pengguna dapat mengetahui tagihan yang belum terbayar, mulai dari tagihan listrik, air hingga pulsa dan paket data, dengan lebih cepat dan mudah.

Android App Shortcut– Pengguna bisa mengakses berbagai layanan Tokopedia dengan sekali tap pada ikon aplikasi Tokopedia di halaman ponsel, lalu pengguna akan langsung diarahkan ke layanan yang dibutuhkan.

“Saya paling sering menggunakan fitur Shortcut karena sangat mempermudah penggunaan aplikasi Tokopedia. Lewat fitur ini, saya dapat mengakses layanan Tokopedia yang saya butuhkan dengan lebih cepat, hanya sekali tap dari homescreen,” ungkap Content Creator, Wisnu Kumoro.

Voice to Text di Search Bar– Kemudahan ini membantu masyarakat mencari barang yang dibutuhkan di kolom pencarian Tokopedia dengan fitur pengetikan teks lewat input suara.

NFC– Tokopedia menjadi perusahaan e-commerce pertama yang menghadirkan fitur ini di 2018. Masyarakat, termasuk pengguna perangkat Android, bisa membeli dan update saldo kartu uang elektronik dengan lebih mudah dan cepat di Tokopedia.

Wisnu  menuturkan, “Ke depannya, saya berharap tim Engineering Tokopedia bisa selalu menjadi yang terdepan dalam menghadirkan berbagai inovasi digital untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari.”

Berkat sederet inovasi yang terus dihadirkan, Tokopedia pernah terpilih menjadi salah satu aplikasi Android terbaik dunia pada 2018. “Saat itu adalah kali pertama aplikasi e-commerce (kategori Belanja) asal Indonesia berhasil masuk ke dalam kategori Android Excellence App,” kata Rico.

Rico juga menjelaskan, “Tokopedia percaya bahwa inovasi terbaik lahir dari talenta terbaik, maka kami selalu berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam memberikan ruang seluas-luasnya bagi talenta-talenta terbaik yang ingin berkarya untuk Indonesia melalui teknologi.”

Hal tersebut, menurut Rico, terus dilakukan Tokopedia lewat kolaborasi dengan para mitra strategis, salah satunya melalui START Summit Extension. “Memajukan ekosistem industri teknologi tanah air agar dapat bersaing di pasar digital global adalah hal yang perlu diupayakan bersama,” tutup Rico. (Icha)

 

 

HUT Ke 53 Indosat Ooredoo Banyak Kasih Promo

0

Telko.id – HUT Ke 53 Indosat Ooredoo banyak memberikan promo. Dengan semangat “Rising Up Indonesia”, operator ini ingin mengajak dan menyebarkan semangat untuk bangkit bersama di tengah kondisi pendemi yang sulit saat ini. Termasuk juga ingin memotivasi dan menginspirasi masyarakat untuk selalu berjalan ke depan, mengejar mimpi dan cita-cita serta tetap berkontribusi membangun bangsa.

Meskipun tahun ini penuh dengan tantangan dan ketidakpastian, tidak membuat Indosat Ooredoo berhenti untuk terus maju dan Creating Value Together. Selama 53 tahun, Indosat Ooredoo telah menghadirkan berbagai solusi di bidang telekomunikasi dan informasi, mengadopsi setiap perkembangan teknologi sehingga dapat terus menghadirkan inovasi untuk melayani masyarakat Indonesia.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan kami atas kepercayaan dan kesetiannya selama ini, yang merupakan pendorong utama kesuksesan Indosat Ooredoo selama 53 tahun melayani Indonesia. Melalui semangat “Rising Up Indonesia”, kami ingin mengajak dan merangkul perubahan, dan menemukan cara baru dengan pemanfaatan teknologi untuk membuat bangsa Indonesia bangkit melewati masa sulit ini,” ungkap Ritesh Kumar Singh, Chief Marketing Officer of Indosat Ooredoo.

Pada HUT Ke 53 Indosat Ooredoo ini, melalui brand IM3 Ooredoo, Indosat Ooredoo memberikan apresiasi kepada pelanggan dengan berbagai promo menarik. Pelanggan IM3 Ooredoo bisa mendapatkan Freedom Apps 5GB hanya Rp1 yang berlaku setelah pembelian paket internet bulanan selama periode promo 19-21 November 2020.

Cara mendapatkan promo Freedom Apps 5GB hanya Rp1 cukup mudah, dapat melalui *123*53# atau melalui apps myIM3 berlaku untuk pelanggan prabayar dan pascabayar. Kuota 5GB Freedom Apps bisa digunakan untuk akses aplikasi YouTube, Netflix, Vidio, Viu, Instagram, tiktok, Freefire, AOV, RCTI+, Joox, Spotify, FB, Twitter, Snapchat, WhatsApp, LINE, PUBG, COD mobile, Gojek, Grab, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, KlikDokter, dan Alodokter.

Indosat Ooredoo juga memberikan diskon poin sebesar 53% untuk semua pelanggan yang terdaftar dalam program loyalitas IMPoin. Program Loyalitas IMPoin adalah bentuk apresiasi kepada pelanggan setia Indosat Ooredoo, dimana pelanggan yang mendaftar akan mendapatkan poin setiap kali mereka melakukan pengisian pulsa, membeli paket apa saja (untuk pelanggan prabayar) ataupun melunasi tagihan (untuk pelanggan pascabayar).

Kabar baiknya, diskon poin sebesar 53% ini berlaku untuk semua reward IMPoin, baik itu reward yang berbentuk voucher belanja seperti voucher Alfamart, Indomaret, maupun reward yang berbentuk e-money, seperti DANA, Gopay, serta OVO. Tak hanya itu, pelanggan yang mendaftar juga bisa mendapatkan beragam reward hanya dengan menukar 1 poin saja.

Khusus untuk pelanggan IM3 Ooredoo Prime bisa menikmati diskon tagihan hingga Rp500.000 dan bonus IMPoin hingga Rp30.000 setiap berlangganan Paket Prime (SIM Only) selama periode promo hingga 31 Desember 2020.

Selain itu masih dalam rangka ulang tahun ke-53, IM3 Ooredoo juga meluncurkan promo untuk paket bundling smartphone untuk pelanggan prabayar. Setiap pembelian smartphone tipe tertentu dari Samsung, Oppo, Vivo, Advan dan Realme pelanggan langsung bisa mendapatkan bonus kuota hingga 36GB tanpa terpotong pulsa setelah melakukan isi ulang pertama mulai dari Rp20.000. Pelanggan juga bisa mendapatkan tambahan benefit Freedom Apps 5GB yang berlaku selama 3 hari periode promo.

Untuk pelanggan pascabayar, IM3 Ooredoo memberikan diskon hingga Rp1.430.000 untuk paket bundling pembelian smartphone Samsung, Oppo, dan Vivo terbaru dengan paket bundling Super Plan 150 dengan masa berlangganan selama 12 bulan.

Lebih dari itu, pelanggan juga bisa mendapatkan promo #SensasiIM3Ooredoo yaitu Freedom Internet hingga 100GB dengan diskon sampai 40% yang tersedia hanya di myIM3. (Icha)

 

Sinyal 4G Merata Di Seluruh Desa dan Kelurahan Tahun 2022

0

Telko.id – Sinyal 4G merata di seluruh Desa dan Kelurahan tahun 2022. Ini Hasil pertemuan operator telekomunikasi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Rabu (17/11/2020).  Hal tersebut adalah untuk memperkecil disparitas infrastruktur antarwilayah seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang telah disahkan.

“Perbaikan dalam rangka efisiensi pembangunan infrastruktur di Indonesia sebagaimana amanat undang-undang yang baru, yang diatur di undang-undang omnibus atau Undang-Undang Cipta kerja itu perlu dibicarakan dan implementasikan dengan baik, secara bersama-sama antara regulator pemerintah dan operator seluler,” tegasnya dalam Konferensi Pers di Press Room Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (17/11/2020).

“Hari ini agenda pertemuan yang telah berlangsung sejak pagi membahas evaluasi perjalanan 10 tahun industri telekomunikasi. Pertemuan juga membahas pembangunan infrastruktur TIK (4G) oleh Kementerian Kominfo dan operator seluler di 12.548 desa dan kelurahan sampai dengan tahun 2022,” jelasnya.

Pembahasan dengan operator seluler menurutnya dibutuhkan agar penggelaran infrastruktur TIK bisa berlangsung efisien dan dapat dikerjakan bersama. “Yang memungkinkan efisiensi pergelaran infrastruktur TIK secara nasional. Ini tujuannya satu adalah untuk memperkecil disparitas infrastruktur antarwilayah dan pemanfaatan kecepatan internet yang lebih merata untuk seluruh wilayah tanah air,” tegasnya.

Berkaitan dengan penyelesaian penggelaran infrastruktur telekomunikasi agar tersedia sinyal 4G di 12.548 desa dan kelurahan, Kementerian Kominfo melalui BLU BAKTI Kominfo akan menyelesaikan pembangunan akses sinyal 4G di 9.113 desa dan kelurahan yang berada di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T).

“Kami juga mendiskusikan bagaimana untuk menyelesaikan penggelaran agar tersedia sinyal 4G di 12.548 seluruh desa dan kelurahan. BAKTI  Kominfo akan menyelesaikan pembangunan 9.113 desa dan kelurahan,” ungkapnya.

Mengenai akses yang dibangun BAKTI Kementerian Kominfo, Johnny menyatakan tahun 2020 dibangun akses telekomunikasi di 1.200 desa dan kelurahan. Tahun 2021 di 4.200 desa dan kelurahan. Dan tahun 2022 3.704 desa dan kelurahan.

“Sehingga seluruhnya 9.113 desa dan kelurahan itu bisa selesai dibangun pada tahun 2022 nanti. Atau dengan kata lain menghasilkan sinyal 4G di wilayah pada Tahun 2022,” jelasnya.

Pada saat bersamaan, pimpinan dan eksekutif operator seluler telah memberikan komitmen untuk menyelesaikan pembangunan di 3.435 desa dan kelurahan wilayah non-3T untuk menghadirkan sinyal 4G. “Dengan demikian kita bersama-sama harapkan Kominfo dan operator seluler akan menghadirkan sinyal 4G di seluruh desa dan kelurahan di Indonesia pada tahun 2022 nanti,” tegasnya.

Johnny juga menyebutkan bahwa pihaknya juga membahas  rencana phased out jaringan 3G dan upgrade ke 4G.  Target pembahasan agar sinyal 4G di Indonesia jadi lebih luas dengan kecepatan bandwith yang lebih memadai. “Kami juga membicarakan bersama-sama ya tadi rencana untuk upgrade 3G ke 4G yang nanti akan diatur lebih lanjut,” ungkapnya.

Kembangkan Industri Telekomunikasi

Dalam pertemuan tersebut, Johnny juga menyatakan, tentang evaluasi 10 tahun pemanfaatan lisensi layanan seluler di Indonesia. “Bulan ini adalah bulan terakhir dari 10 tahun perjalanan operator seluler di Indonesia. Tahap pertama lisensi yang diberikan berakhir tahun ini. Ada banyak hal-hal baik hal-hal positif yang dilakukan dan ada banyak juga evaluasi untuk perbaikan,” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya dan Kementerian Kominfo mendiskusikan potensi pengembangan industri telekomunikasi di Indonesia. Menurut Menteri Kominfo, pembahasan mempertimbangkan akselerasi transformasi digital sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

“Telekomunikasi menjadi tulang punggung pembangunan berbagai sektor di dunia termasuk di Indonesia. Dalam hal ini juga memperhatikan pengembangan teknologi teknologi-teknologi baru yang akan datang termasuk didalamnya pemanfaatan spectrum sharing untuk teknologi baru,” jelasnya.

Menurutnya hal itu menjadi tantangan tersendiri dalam pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.

“Diantaranya adalah mengevaluasi bagaimana efisiensi untuk membangun TIK di Indonesia. Kita sama-sama mengetahui bahwa Indonesia negara yang wilayahnya sangat luas. Terdiri dari pulau, daratan dan laut. Ada 17 ribu pulau dengan tantangan topografi yang luar biasa jadi tantangan dalam pembangunan TIK,” jelasnya.

Johnny berharap perpanjangan lisensi 10 tahun kedua, khususnya dalam penggunaan pita frekuensi 800MHz, 900MHz, dan 1800 MHz akan mendorong operator telekomunikasi seluler lebih aktif dan progresif dalam membangun industri telekomunikasi nasional.

Destinasi Wisata Super Prioritas

Bersama operator layanan seluler, BAKTI Kementerian Kominfo mengambil bagian aktif dalam penyediaan infrastruktur dengan sinyal dan bandwith yang lebih memadai di lima destinasi wisata super prioritas, yaitu Labuan Bajo, Mandalika, Likupang, Danau Toba, dan Borobudur.

“Termasuk Mandalika dan Labuan Bajo yang akan menggelar kegiatan kegiatan internasional, tahun depan MotoGP di Mandalika dan G-20 Summit tahun 2023 di Labuan Bajo,” ujar Johnny.

Menurutnya, operator seluler telah memberikan komitmen meningkatkan penggelaran infrastruktur TIK berupa BTS di destinasi wisata super prioritas tersebut. “Termasuk wilayah hinterland atau penunjang yang dikategorikan sebagai wilayah 3T akan terus dibangun dan diselesaikan oleh BAKTI Kominfo,” paparnya.

Selain itu, pada tahun 2020 ini seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia akan dilengkapi dengan layanan sinyal 4G. “Di kuartal keempat tahun 2020 ini, BAKTI Kominfo membangun sebanyak 3.126 sinyal 4G untuk mendukung fasilitas pelayanan kesehatan,” tambahnya. (Icha)

XL Axiata dan Tokopedia Terapkan Platform MCCM, Apa itu?

0

Telko.id – XL Axiata dan Tokopedia baru saja menerapkan platform MCCM atau Multi Channel Campaign Management. Keren nya, platform ini dapat memberikan penawaran produk berdasarkan profil setiap pelanggan. Tenang, penerapan teknologi inovatif ini tentu juga mempertimbangkan sisi keamanan dan perlindungan atas data pribadi pelanggan.

“XL Axiata akan terus mencari peluang untuk bisa meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dengan memanfaatkan inovasi pada teknologi terbaru, termasuk pada bidang penjualan. Kami sangat sadar benar, apabila pelanggan mendapatkan banyak kemudahan untuk mengakses produk-produk XL Axiata, termasuk bagaimana bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhannya, maka pada akhirnya akan bisa meningkatkan penjualan,” ungkap Octavia Kurniawan, Chief Sales Officer XL Axiata.

Octavia melanjutkan, XL Axiata menjadi operator pertama yang menerapkan platform MCCM di saluran e-commerce, bekerja sama dengan Tokopedia. Karena itu ini merupakan satu terobosan di Industri Telekomunikasi dari sisi marketing. Lebih jauh lagi, XL Axiata juga berharap penerapan platform inovatif yang berkolaborasi dengan Tokopedia, perusahaan teknologi buatan Indonesia, juga akan menjadi salah satu solusi di masa yang sangat menantang selama pandemi ini.

Platform MCCM

Platform MCCM akan memungkinkan setiap pelanggan XL Axiata mendapatkan penawaran produk yang sesuai dengan kebutuhannya di Tokopedia. Tidak hanya itu, pelanggan juga berkesempatan mendapatkan promo-promo menarik dari segi harga dan juga disesuaikan dengan kebutuhannya.

Platform ini juga mampu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan berdasarkan data pemakaian atas produk layanan XL Axiata. Karena itu pula, system inovatif tersebut mampu membedakan kebutuhan setiap pelanggan yang berbeda satu sama lain. Pada penjualan biasa, bahkan jika ada promo, pelanggan belum tentu mendapatkan produk promo yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Product Senior Lead Tokopedia, Yosep Susanto, mengungkapkan, “Kolaborasi antara Tokopedia dengan XL Axiata sejalan dengan komitmen kami untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam mempermudah kehidupan masyarakat. Harapannya, masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk digital XL Axiata, termasuk pulsa dan paket data, lewat pemanfaatan teknologi yang lebih terpersonalisasi dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.”

Di era serba digital yang juga sarat dengan kompetisi antar penyedia layanan yang sama, suatu solusi yang bisa menghadirkan kemudahan bagi pelanggan akan bisa membawa dampak besar. Apalagi, masyarakat Indonesia juga semakin terbiasa dengan berbagai kemudahan yang dihadirkan oleh dunia digital. Karena itu, sebisa mungkin XL Axiata akan terus menyesuaikan diri dengan memberikan beragam kemudahan dan inovasi menarik untuk pelanggan.

Untuk mendapatkan penawaran-penawaran spesial melalui Tokopedia, pelanggan cukup membuka halaman pembelian paket data yang ada di Tokopedia, maka secara otomatis penawaran produk promo yang sesuai utk MSISDN pelanggan akan muncul di halaman paket data tersebut. Pelanggan cukup memilih promo tersebut dan melakukan check out/pembayaran. (Icha)

 

 

 

Demi Memuluskan 5G, 3 Indonesia Lakukan Transformasi Jaringan

0

Telko.id – 3 Indonesia melakukan transformasi jaringan untuk memuluskan penerapan  layanan 5G nya. Salah satu yang dilakukan adalah mengimplementasikan jaringan transport IP Cerdas berbasis Segment Routing IPv6 (SRv6).

Langkah uji coba jaringan tersebut sudah dilakukan sejak Juni 2020 hingga Oktober 2020 lalu di area Jawa Tengah. Hal ini menjadikan 3 Indonesia provider pertama yang telah berhasil melakukan uji coba SRv6 di Indonesia.

SRv6 bekerja menyederhanakan protokol jaringan, melakukan otomatisasi penyediaan dan pengoptimalan layanan jaringan, serta meningkatkan keandalan jaringan. SRv6 mengubah jaringan transport IP 3 Indonesia menjadi jaringan cerdas yang memberikan layanan ultra-broadband dengan kualitas yang terjamin untukberikanpengalaman lebih baik.

Bagi 3 Indonesia transformasi jaringan yang andal ini sangat penting untuk memenuhi layanan 5G seperti Ultra-Reliable Low-Latency Communication (URLLC). Dalam transformasi jaringan untuk 5G, 3 Indonesia telah memulai rekayasa ulang jaringan transport sejak tahun 2019.

Baca Juga : 3 Indonesia Gunakan Teknologi NBA Dari NTT DOCOMO, Untuk Apa?

Transformasi jaringan transport tersebut meningkatkan kapasitas jaringan dan mengurangi latensi sehingga pelanggan 3 Indonesia dapat mengakses internet lebih cepat termasuk memainkan mobile game dengan lebih responsif.

Untuk pengguna, teknologi ini juga bisa memberikan pengalaman bermain mobile game dengan lancar, tidak hanya kecepatan jaringan namun jaringan dengan latensi rendah merupakan hal yang sangatpenting dalam kenyamanan bermain mobile game. Fungsi routing cerdas SRv6 memungkinkan jaringan 3 Indonesia secara otomatis melakukan optimasi berdasarkan dinamika perubahan kondisi jaringan sehingga akan selalu mencapai latensi yang rendah.

Transformasi Jaringan
Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia

“Kami memiliki misi berkelanjutan untuk selalu meningkatkan kualitas jaringan dan selalu menerapkan inovasi teknologi terkini. Fase uji coba sudah berhasil kami lalui, sehingga teknologi SRv6siap kami terapkan untuk mendukung penerapan 5G kedepan. SRv6 mentransformasi jaringan transport IP kami menjadi jaringan dengan kemampuan yang lebih baik, yang memungkinkan kami memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, serta memenuhi kebutuhan layanan 5G ke depan,” kata Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia.

Melayani lebih dari 200 juta pelanggan, jaringan 3 Indonesia kini sudah mencakup lebih dari 300 kabupaten, 3.000 kecamatan, dan 35.000 desa di seluruh Indonesia. 3 Indonesia terus berinovasi dalam menyediakan produk dan layanan inovatif melalui jaringan 4.5G Pro yang lebih luas dan kuat. (Icha)

 

 

Telkomsel Investasi Di Gojek Sebesar USD 150 juta, Untuk Apa?

0

Telko.id – Baru saja Telkomsel mengumumkan bahwa, operator ini melakukan investasi di Gojek sebesar USD 150 juta atau sekitar 2.1 triliun Rupiah. Alasannya, investasi ini akan mendukung kedua perusahaan untuk bersinergi dalam mengakselerasi transformasi digital di tanah air. Lalu juga untukmemperkuat posisi Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Platform Gojek dan layanannya digunakan oleh jutaan konsumen dan mitra pengemudi, serta ratusan ribu mitra merchant di seluruh Asia Tenggara, sedangkan Telkomsel adalah operator seluler terbesar di Indonesia dengan lebih dari 170 juta pelanggan.

Dalam kolaborasi ini, Gojek dan Telkomsel akan bersama memperkuat layanan digitalnya, mendorong inovasi dan produk baru, serta meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Telkomsel investasi di Gojek ini merupakan perluasan dari kolaborasi Gojek dan Telkomsel yang menawarkan paket data terjangkau kepada mitra driver Gojek sejak 2018. Kerja sama ini juga akan membuka berbagai peluang kolaborasi lainnya yang memanfaatkan skala gabungan dari kedua perusahaan sehingga dapat menjangkau jutaan masyarakat  Indonesia di seluruh nusantara.

Sinergi melalui teknologi dan ekosistem dari kedua perusahaan karya anak bangsa ini juga akan mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia.

Pengguna Gojek dan Telkomsel dapat menantikan beberapa inisiatif yang akan memberikan manfaat dan kenyamanan lebih, seperti produk baru yang dikembangkan bersama, serta program-program inovatif yang dapat memberikan penghematan biaya seperti promosi bersama dan bundling produk. Kedua perusahaan juga akan berkolaborasi di bidang gaya hidup digital serta mengembangkan solusi teknologi periklanan digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di berbagai skala bisnis.

Selebihnya, Gojek dan Telkomsel juga bekerjasama dalam bidang pemberdayaan talenta melalui pertukaran pengalaman dan program pembinaan keahlian profesional sebagai bentuk upaya meningkatkan sumber daya manusia teknologi di Indonesia.

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek Group mengatakan, “Kami sangat bangga bisa memperluas kolaborasi strategis dengan Telkomsel sebagai pemain terbesar di industri telekomunikasi. Kerja sama ini akan menjangkau ratusan juta masyarakat Indonesia, termasuk konsumen, mitra driver dan mitra UMKM supaya ikut andil menikmati manfaat dari ekonomi digital.”

“Ekonomi digital di Indonesia didorong oleh perkembangan perangkat seluler (mobile-first market), sehingga bila pemain terdepan di industri teknologi dan telekomunikasi berkolaborasi memanfaatkan sumber daya yang ada, ekonomi digital Indonesia bisa lebih terakselerasi ke tahapan yang lebih tinggi (leap frog).”

“Gojek selalu terinspirasi oleh para pemimpin industri teknologi kebanggaan Indonesia seperti Telkomsel. Investasi yang dilakukan Telkomsel menunjukkan adanya kepercayaan mendalam pada model bisnis platform Gojek, jangkauan luas ekosistem kami serta dampak positif yang dihasilkan bagi masyarakat dan ekonomi Indonesia. Hal ini juga menempatkan kami pada posisi keuangan yang lebih kuat untuk mendorong pertumbuhan ke depan,” ungkap Andre.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, “Kolaborasi antara Telkomsel dan Gojek berawal dari visi yang sama dari kedua belah pihak yaitu untuk mempertegas posisi pemain lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Kami sangat bangga berkesempatan untuk berkolaborasi dengan platform kebanggaan anak bangsa yang terus memberikan dampak positif bagi jutaan rakyat Indonesia, pada setiap aspek kehidupan sehari-hari. ”

“Kami percaya, kerja sama dengan Gojek dan ekosistemnya yang luas juga akan mengakselerasi transformasi Telkomsel sebagai digital telco company dan memperkuat konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, walaupun di saat kita masih menghadapi situasi penuh tantangan di tengah pandemi. Semangat kolaborasi, akan terus menjadi fondasi kami dalam menghadirkan manfaat teknologi digital di seluruh sektor kehidupan seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” jelas Setyanto.

Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah lebih lanjut menegaskan, “Sebagai induk perusahaan Telkomsel, Telkom menyambut baik dan mendukung kolaborasi lintas sektor antara Gojek dan Telkomsel. Kami meyakini kolaborasi dengan Gojek ini akan memberikan potensi nilai tambah yang besar jika dilakukan dengan Telkomsel, terutama untuk meningkatkan keunggulan kompetitif Telkomsel dalam mengembangkan bisnis layanan digital, seiring roadmap transformasi yang sedang dijalankan TelkomGroup untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.”

“Kolaborasi ini juga sejalan dengan visi dan misi TelkomGroup untuk mengorkestrasi strategi penguatan synergy value yang sudah berjalan antara kedua perusahaan, yang akan berdampak positif serta memperkuat portofolio bisnis TelkomGroup dalam mengakselerasi perekonomian digital di Indonesia,” pungkas Ririek.

Aksi korporasi ini juga merupakan bagian dari perjalanan Telkomsel dalam menjalankan tiga pilar digital, yaitu sebagai penyedia konektivitas digital, layanan digital serta platform digital, yang saat ini menjadi landasan bagi perusahaan untuk menghadirkan ragam produk digital yang berpusat pada pelanggan dan layanan yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia sehari-hari.

Telkomsel meyakini kerja sama dengan Gojek ini juga akan melengkapi strategi transformasi Telkomsel dalam mengembangkan bisnis layanan digital, selain memperkuat kapasitas dan kualitas sumber daya manusia, khususnya para talenta digital.(Icha)

Oppo Ungkap 3 Produk Konsep Dalam INNO Day 2020

0

Telko.id – Oppo baru saja mengumumkan 3 produk konsep dalam INNO Day 2020. Ketiga nya mempertunjukkan kemungkinan baru dari interaksi manusia dengan teknologi dan eksplorasi teknologi masa depan.

Semua produk konsep yang dipamerkan dalam INNO Day 2020 ini masih merupakan bentuk konsep yang akan dikembangkan lagi menjadi produk final sehingga belum memiliki harga, spesifikasi pasti dan jadwal peluncurannya. Namun, Oppo memiliki komitment untuk berupaya melakukan pengembangan dan penyempurnaan produk konsep untuk menjadi produk Nyata.

Oppo AR Glass 2021

Konsep Produk

Produk konsep Oppo ini mewujudkan “lompatan” dalam penjelajahan Oppo pada dunia digital. Mengadopsi sebuah desain split baru, OPPO AR Glass 2021 dapat menyajikan bentuk yang sangat kompak dan sangat ringan. Perangkat ini hampir 75% lebih ringan dari pendahulunya. Untuk komponen inti, Oppo AR Glass 2021 dibangun dengan solusi optik Birdbath yang meningkatkan pengalaman secara imersif.

Selain itu, Oppo AR Glass 2021 menghadirkan beragam sensor, di antaranya stereo fisheye camera, satu sensor Time-of-Flight (ToF), dan satu kamera RGB. Oppo AR Glass 2021 tidak hanya mendukung sejumlah interaksi alami, namun juga interaksi melalui perangkat smartphone, interaksi berbasis gerakan, dan lokalisasi spasial.

Oppo AR Glass 2021 dapat menyelesaikan penghitungan lokalisasi spasial tiga dimensi dalam satuan milidetik, untuk mencapai lokalisasi yang tepat dan menawarkan pengalaman spasial yang nyata dan alami kepada pengguna. Interaksi pada dunia AR (augmented reality) atau realitas berimbuh dapat dikembangkan melalui pembaruan berkelanjutan dan umpan balik dari posisi real-timepengguna.

Oppo CybeReal AR

Strategi Oppo

Oppo CyberReal AR ini merupakan aplikasi Augmented Reality (AR) yang membangun sebuah dunia digital berdasarkan dunia fisik (Nyata). Didukung oleh teknologi kalkulasi spasial secara real-timeyang memungkinkan lokalisasi presisi tinggi dan scene recognition, dan didukung oleh tiga teknologi inti Oppo, secara tepat merekonstruksi dunia dalam satuan sentimeter (cm) yang akurat, lokalisasi presisi tinggi secara real-time, dan Oppo Cloud.

Oppo CyberReal AR merupakan perpaduan komplek dari teknologi penginderaan. Untuk menentukan suatu posisi, akan memanfaatkan status gabungan antara IMU (inertial Measurement Unit), GPS, WiFi, Bluetooth, dan informasi jaringan. Kamera dan algortima SLAM (Simultaneous, Localization dan Mapping) kemudian digunakan untuk mencapai lokasi special yang lebih akurat.

Terakhir, melalui pembelajaran semantik, kecerdasaran buatan memungkinkan ponsel cerdas dengan CyberReal memahami apa yang dilihat. Teknologi lokasi presisi tinggi secara real time memungkinkan pemosisian yang lebih tepat ketimbang sebuah peta navigasi.

OPPO X 2021

Konsep Produk

Perangkat ini mengusung Konsep perangkat layar gulung. Produk konsep ini merupakan pencapaian terbaru dari Research and Development (R&D) Oppo dalam tampilan layar fleksibel melalui susunan struktural yang akan memberikan pengalaman interaktif alami kepada pengguna.

Konsep perangkat ini menampilkan tiga teknologi hak milik Oppo, termasuk di dalamnya Powertrain Roll Motor, 2-in-1 Plate, dan laminasi layar berkekuatan tinggi Warp Track, yang dibuat dan dikembangkan sendiri oleh Oppo. Perangkat ini memimpin inovasi dengan kehadiran continuously variable OLED display yang dapat memiliki ukuran layar terkecil 6,7 inci dan ukuran layar terbesar 7,4 inci, memberikan opsi kepada pengguna untuk menyesuaikan ukuran layar berdasarkan kebutuhan. (Icha)

Strategi Oppo Dalam Pengembangan Menganut 3 + N + X, Apa itu?

0

Telko.id – Strategi Oppo dalam mengembangkan produk nya menganut 3 + N + X. Hal tersebut disampaikan nya dalam INNO DAY 2020 yang dilakukan secara virtual. Event ini memang sebuah ajang pamer produk masa depan bagi Oppo dan kali ini Inno Day 2020 bertema “Leap into the Future” yang digelar di Shenzhen, China secara virtual.

“OPPO menggunakan teknologi untuk memberdayakan manusia dalam menangkap keindahan di sekitar mereka dan melepaskan imajinasi mereka tentang masa depan, dengan demikian dapat membantu setiap orang untuk mendapatkan hal terbaik dalam hidupnya. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk menetapkan strategi pengembangan teknologi 3 + N + X dalam pengembangan jangka panjang OPPO,” tutur Tony Chen, Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Oppo dalam INNO DAY 2020 yang berlangsung Selasa (17/11/2020).

Menurut Tony, angka “3” itu mengacu pada tiga teknologi dasar, yakni perangkat keras, perangkat lunak, dan teknologi layanan, yang membantu OPPO menghadirkan kehidupan cerdas terintegrasi kepada penggunanya di seluruh dunia.

Sementara itu, “N” mewakili sejumlah kemampuan penting OPPO, termasuk di antaranya AI (artificial intelligence), keamanan dan privasi, multimedia, dan interkonektivitas.

Terakhir, “X”, mengacu pada teknologi diferensiasi terdepan serta sumber daya strategis seperti teknologi pengisian daya cepat yang mendorong inovasi dan meningkatkan pengalaman pengguna.

“Memang sangat penting untuk membangun kemampuan teknis dalam pengembangan teknologi, akan tetapi bagi kami yang lebih penting lagi adalah mengintegrasikannya secara inovatif. OPPO percaya dalam pengembangan teknologi harus memberikan manfaat bagi pengguna, sementara semua kompleksitasnya adalah bagian kami,” ujar Levin Liu, Wakil Presiden OPPO dan Kepala OPPO Research Institute.

strategi pengembangan teknologi 3 + N + X tersebut, menurut Tony pun menjadi petunjuk bahwa OPPO bertekad untuk mengejar inovasi yang baik dan menciptakan lebih banyak produk hebat. OPPO juga percaya pada prinsip “Teknologi untuk Umat Manusia, Kebaikan untuk Dunia” dengan tujuan utama inovasi perusahaan adalah manusia.

Dalam acara tersebut, OPPO juga memperkenalkan tiga produk konsep, yang mempertunjukkan kemungkinan baru dari interaksi manusia dengan teknologi dan eksplorasi teknologi masa depan.

Konsep perangkat layar gulung OPPO X 2021 adalah pencapaian terbaru dari Research and Development(R&D) OPPO dalam tampilan layar fleksibel melalui susunan struktural yang akan memberikan pengalaman interaktif alami kepada pengguna.

Konsep perangkat ini menampilkan tiga teknologi hak milik OPPO, termasuk di dalamnya Powertrain Roll Motor, 2-in-1 Plate, dan laminasi layar berkekuatan tinggi Warp Track, yang dibuat dan dikembangkan sendiri oleh OPPO. (Icha)

Qualcomm Akhirnya Dapat Lisensi Pasok Chipset ke Huawei

0

Telko.id – Qualcomm Dapat Lisensi Pasok Chipset ke Huawei dari pemerintah AS, Jumat lalu, sehingga bisa menjual chip ponsel 4G nya. Sebuah kabar yang meggembirakan karena sejak tahun lalu, pemerintah AS menambahkan Huawei ke daftar Entitas dan membatasi perusahaan Amerika untuk memasok Huawei termasuk chipset berbasis teknologi AS.

Karena pembatasan itu lah, tahun ini pasokan Chipset ke Huawei menghadapi kesulitan dan kekurangan chipset, yang menunda peluncuran smartphone andalan nya.

Tahun lalu, pemerintah AS menambahkan Huawei ke daftar Entitas dan membatasi perusahaan Amerika untuk memasok Huawei termasuk chipset berbasis teknologi AS. Karena batasan, tahun ini Huawei menghadapi kesulitan dan kekurangan chipset, yang menunda peluncuran andalannya.

“Kami menerima lisensi untuk sejumlah produk, yang mencakup beberapa produk 4G,” kata juru bicara Qualcomm kepada Reuters.

Sebagai infromasi, Qualcomm dan semua perusahaan semikonduktor Amerika lainnya terpaksa berhenti menjual ke perusahaan teknologi China pada September setelah pembatasan perdagangan AS diberlakukan.

Juru bicara tersebut menolak mengomentari produk 4G tertentu yang dapat dijual Qualcomm ke Huawei tetapi mengatakan itu terkait dengan perangkat seluler. Qualcomm memiliki aplikasi lisensi lain yang menunggu keputusan dengan pemerintah AS, katanya.

Di masa lalu Huawei adalah pelanggan chip yang relatif kecil untuk Qualcomm, yang merupakan pemasok chip ponsel terbesar. Huawei menggunakan chip yang dirancang sendiri di handset andalannya, tetapi menggunakan chip Qualcomm dalam model dengan harga lebih rendah.

Potensi Huawei untuk merancang chipnya sendiri digagalkan pada bulan September oleh pembatasan perdagangan AS yang memblokir aksesnya ke perangkat lunak desain chip dan alat fabrikasi. Analis industri percaya bahwa stok chip Huawei yang dibeli sebelum pelarangan bisa habis awal tahun depan, melumpuhkan bisnis smartphone-nya.

Namun, lisensi Qualcomm untuk pasok chipset ke Huawei akan memiliki “dampak terbatas” karena hanya mencakup chip 4G sementara konsumen beralih ke perangkat 5G yang lebih baru. Pun masih belum jelas apakah pejabat AS akan memberikan lisensi Qualcomm untuk chip smartphone 5G.

Perwakilan Huawei dan Departemen Perdagangan AS, yang memberikan lisensi, menolak berkomentar.

Perusahaan AS lainnya seperti Micron Technology Inc juga dihentikan penjualannya ke Huawei dan mengatakan mereka telah mengajukan permohonan lisensi. Intel Corp juga mengatakan memiliki lisensi untuk menjual ke Huawei.

Sebelumnya Intel mendapat izin untuk menjual chipsetnya, Samsung dan LG mendapat lisensi untuk menjual panel layar OLED ke Huawei. Selain itu, perusahaan pembuat chip memori termasuk SK Hynix dan MediaTek dari Korea Selatan meminta izin yang sama.

Sebelumnya, Chairman Huawei Guo Ping mengatakan bahwa Huawei bersedia menggunakan chip Qualcomm di smartphone-nya jika Qualcomm mendapat lisensi untuk mengizinkan penjualan chipsetnya.

Selain itu, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) juga telah mengajukan izin pembuatan chipset untuk Huawei dan ada kemungkinan TSMC akan segera mendapat izin.

Walau demikian, Huawei tidak berdiam diri. Huawei berniat memproduksi chipsetnya sendiri yang dimulai dengan teknologi 45nm tanpa komponen A.S.

Hal itu diungkapkan oleh Richard Yu, Executive Director, CEO Consumer Business Group Huawei baru-baru ini. Richard pun menyatakan bahwa Huawei akan berhenti mencetak desain chipset Kirin kelas atas setelah September. Sementara itu, perusahaan tampaknya memiliki rencana untuk memulai produksi chipsetnya sendiri, seperti dikutip dari Huawei Central.

Menurut keterangan rahasia dari Weibo, Huawei bekerja dengan beberapa perusahaan dan produsen material yang dibutuhkan dalam rantai pasokan industri semikonduktor untuk membangun jalur manufaktur semikonduktornya sendiri.

Perusahaan ini bertujuan untuk membangun pabrik chip untuk memproduksi chip sirkuit terintegrasi, dan pabrik pembuatan chip untuk mencetak desain semikonduktornya tanpa memerlukan peralatan dan komponen AS.

Saat ini, divisi semikonduktor Huawei – HiSilicon memiliki pengalaman desain chip tetapi tidak dapat mencetak desain tersebut pada wafer karena pembatasan bisnis dengan TSMC dan ini satu-satunya tantangan besar yang harus dihadapi Huawei untuk membuat chipset sendiri.

Menurut sumber tersebut, Huawei akan memulai dengan teknologi proses 45nm (nanometer) yang akan siap pada akhir tahun ini. Selain 45nm, Huawei juga berencana membangun lini produksi 28nm.

Sementara itu, Huawei belum secara resmi mengkonfirmasi atau mengumumkan berita semacam itu melalui platform resminya, tetapi tampaknya seluruh proyek ini berjalan di balik pintu.

45nm dan 28nm adalah pilihan yang baik untuk memulai untuk raksasa teknologi China, tetapi kami tidak dapat menyangkal fakta bahwa pembuat chip besar seperti TSMC dan Samsung sudah berencana untuk membangun chip berdasarkan node 3nm. Oleh karena itu, Huawei harus melalui jalan panjang dan proses R&D khususnya di bagian semikonduktor untuk mencapai tujuan manufakturnya. (Icha)