spot_img

Review Realme 8 5G: Smartphone 5G Yang Layak Dipilih

Telko.id – Realme 8 5G ini baru saja resmi hadir ke pasar smartphone Indonesia. Realme mengklaim bahwa smartphone ini menjadi smartphone 5G pertama yang dibanderol dengan harga murah. Hanya Rp.2,999.000.

Redaksi Telko.id pun mendapat kesempatan untuk bisa merasakan kinerja dan kemampuan perangkat ini. Termasuk mencoba melakukan test 5G Telkomsel dibeberapa titik.

Sebagai informasi, perangkat ini ditargetkan menjadi  ‘5G Popularizer’ karena itu harga yang dipatok juga terjangkau.

“Dengan realme 8 5G, kami siap menjadi ‘5G Popularizer’ yang menghadirkan smartphone 5G paling terjangkau yang dapat diakses oleh semua orang untuk mengakselerasi teknologi 5G di Indonesia,” ungkap Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia saat launching.

Unit yang kami terima merupakan varian warna Biru Supersonic. Untuk spesifikasinya sendiri, perangkat ini dibekali chipset Dimensity 700 dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB.

Dalam paket penjualan smartphone ini, Realme menyertakan silicon case18W quick charge, kabel USB Type-C, buku panduan, kartu garansi, dan SIM ejector.

Yuk kita mulai!

Desain

Realme 8 5G ini memiliki layar IPS berukuran 6,5 inci dengan desain punch-hole untuk kamera depan beresolusi 16MP. Secara keseluruhan, desain Realme 8 5G terbilang apik dan tidak memberikan kesan murah.

Hanya yang menjadi catatan, jejak sidik jari cukup mudah membekas di bodi belakang. Karenanya, penggunaan casing menjadi solusi untuk membuat bodi tidak terlihat cepat kotor.

Di bagian kanan bodi ada tombol power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Sementara di bagian kiri, ada tombol volume dan slot kartu SIM.

Realme masih mempertahankan kehadiran 3,5mm headphone jack yang diletakkan di bagian bawah bersama port USB Type-C dan speaker.

Kamera belakang disusun seperti mata dengan frame kotak dan sejajar di bagian bawahnya ada logo Realme.

Perangkat ini diklaim sebagai smartphone yang tipis dan ringan, karena memiliki ketebalan hanya 8,5mm dan bobot 185 gram.

Kami merasa klaim itu tidak berlebihan, sebab bobot smartphone ini memang terbilang ringan dan cukup nyaman digenggam dengan satu tangan.

Performa

Untuk performa selama pemakaian beberapa hari, kami tidak merasakan adanya kendala.

Realme 8 5G terbilang lancar untuk menjalankan kebutuhan sehari-hari, seperti menonton video, mendengarkan lagu, atau berkomunikasi lewat aplikasi chatting.

Transisi antar aplikasi juga lancar dan tidak ada lag. Sebagai informasi, Realme 8 5G menjalankan Realme UI 2.0 berbasis Android 11.

Selama penggunaan, kami merasa Realme UI 2.0 juga terbilang mudah dioperasikan. Tampilannya yang sederhana dan memberikan pengalaman khas Android Stock memudahkan proses adaptasi. 

Layar Realme 8 5G mendukung refresh rate 90Hz, sehingga pengalaman saat mengakses aplikasi terasa lebih mulus.

Realme juga menyediakan fitur auto select yang memungkinkan pengaturan refresh rate berganti otomatis tergantung aplikasi yang dibuka, sekaligus dapat menghemat penggunaan baterai.

Realme 8 5G memiliki baterai 5.000mAh yang didukung quick charge 18W. Dengan kapasitas baterai itu, smartphone ini mampu bertahan seharian dalam pemakaian normal.

Kendati menjanjikan daya tahan yang baik, kami menyorot kemampuan pengisian dayanya yang terbilang tidak terlalu cepat, mengingat kapasitas baterai yang besar.

Terlebih, jika dibandingkan dengan kemampuan yang ada di lini Realme 8 atau Realme 8 Pro.

Kami juga menjajal perangkat ini untuk memainkan Mobile Legend: Bang Bang. Hasilnya, game dapat dimainkan dengan lancar, tapi dengan setelan grafis medium.

Kamera

Realme 8 5G hadir dengan tiga kamera belakang, yang masing-masing beresolusi 48MP untuk lensa utama, 2MP untuk lensa makro, dan 2MP depth sensor.

Hasil pengambilan gambar dengan lensa utama terbilang apik untuk kategori smartphone terjangkau, meski memang tidak begitu menakjubkan.

Saat kondisi cukup cahaya, warna yang ditampilkan terbilang akurat dan minim noise. Kehadiran fitur AI harus diakui ikut meningkatkan saturasi warna dari hasil gambar.

Sementara untuk kondisi malam hari, hasil foto Realme 8 5G juga cukup apik, ditambah fitur Night yang mendukung hasil foto. Berikut ini adalah hasil tangkapan kamera dari Realme 8 5G. 

Trial 5G Telkomsel

Untuk Trial 5G ini kami melakukan di 3 titik yang sudah dicover oleh 5G Telkomsel sebagai operator yang pertama kali menggelar jaringan berteknologi terkini itu. Titik tersebut adalah Pondok Indah, Widya Chandra dan Terminal 3 Soekarno Hatta.

Sebelum melakukan test 5G Telkomsel ini, kami melakukan provisioning manual. Dengan memilih jaringan 5G/4G/3G/2G secara otomatis. Masih belum ada pilihan 5G saja. Mungkin karena memang jaringan nya masih belum luas sehingga vendor ini pun belum memberikan pilihan 5G saja atau 5G/4G.

Saat menggunakan jaringan 5G Telkomsel, kecepatan download, upload serta streaming dilakukan menggunakan aplikasi Open Signal dan SpeedTest.

Sinyal 5G Telkomsel dengan cepat dapat ditangkap oleh Realme 8 5G. Tidak ada kendala dalam pencarian nya. Hanya saja kecepatan download yang diperoleh, paling stabil saat berada di Pondok Indah, kemudaian Widya Chandra dan terakhir di Soekarno Hatta.

Saat digunakan untuk bermain Mobile Legend: Bang Bang, semua nya lancar dan tidak ada jeda sama sekali. Demikian juga ketika digunakan untuk nonton film Fast & Furious 9 yang begitu banyak adegan menantang dengan kecepatan tinggi, semua nya lancar membuat ketegangan saat nonton pun bisa sangat dirasakan. (Icha)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0