spot_img
Latest Phone

Bocoran Samsung Galaxy Watch8: Desain Baru, Tapi Kecepatan Isi Daya Masih Sama?

Telko.id - Bocoran resmi dari sertifikasi 3C di China...

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...
Beranda blog Halaman 497

Oppo A96: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

0

Seiring dengan kemunculan Oppo A96 di pasar HP, banyak pertanyaan muncul mengenai kapabilitas dan fitur-fiturnya. Dari daya tahan baterai, kualitas layar, hingga dukungan jaringan 5G, artikel ini akan mengungkap 7 fakta kunci yang membantu Anda memahami apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Oppo A96. Kami akan menyelidiki setiap aspek penting dari HP ini, memberikan gambaran yang jelas dan objektif untuk membantu Anda menentukan apakah Oppo A96 sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate 90Hz

Layar IPS LCD memang bukan yang kami harapkan dari HP di kategori ini. Meskipun layar dengan ukuran 6.59 inches, 104.5 cm2 (~84.0% screen-to-body ratio) yang memiliki resolusi 1080 x 2412 pixels, 20:9 ratio (~401 ppi density) dan support refresh rate 90Hz, juga tidak bisa dikatakan jelek. Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti Samsung Galaxy A22 5G yang dibandrol dengan harga Rp 3.099.000 memiliki layar TFT LCD dengan refresh rate 90Hz, dan Samsung Galaxy A22 yang dibandrol dengan harga Rp 2.699.000 memiliki layar Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz.

2. Chipset Grade B dengan GPU Rating 64

Di atas kertas, chipset Snapdragon 680 4G yang dibawa Oppo A96 mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 308777. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 6/8 GB. Di level performa yang sama, ada Samsung Galaxy A22 5G dengan chipset Dimensity 700 - Antutu 388660 dan RAM 4-8 GB, dan ada Samsung Galaxy A22 dengan chipset MT6769V - Antutu 245690 dan RAM 4/6 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU Adreno 610 milik Oppo A96 kami beri rating 64. Sebagai pembanding, GPU Samsung Galaxy A22 5G punya rating 119, dan GPU Samsung Galaxy A22 punya rating 119.

3. Mentok di GSM / HSPA / LTE

Untuk akses data, Anda harus puas dengan teknologi GSM / HSPA / LTE dan dukungan WiFi. Dimana HP di level yang sama seperti Samsung Galaxy A22 5G yang dibandrol dengan harga Rp 3.099.000 sudah support teknologi 5G , dan Samsung Galaxy A22 yang dibandrol dengan harga Rp 2.699.000 support GSM / HSPA / LTE.

4. Baterai 5000 mAh - charging 33W

Semua fitur yang ada di Oppo A96 ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian 33W wired, PD, 50% in 26 min (advertised) dan Reverse wired. Sementara pesaingnya, Samsung Galaxy A22 5G, dan Samsung Galaxy A22, masing masing dilengkapi baterai 5000 mAh - charging 15W, dan baterai 5000 mAh - charging 15W.

5. Dimensi 164.4 x 75.7 x 8.4 mm Frame Plastik Tersertifikasi IPX4

Oppo A96 memiliki detail bodi Glass front, plastic frame, plastic back dengan dimensi 164.4 x 75.7 x 8.4 mm yang memiliki ketebalan 8.4 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di sisi ponsel. Untuk ketahanan bodi, bermodalkan sertifikasi IP rating IPX4, HP ini terlindungi dari cipratan air. Adapun untuk variasi warna, Oppo A96 menyediakan opsi warna Starry Black dan Sunset Blue.

6. Kamera Utama 50 MP dan PDAF

Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Oppo A96 menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 50 MP, f/1.8, 27mm (wide), PDAF. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi 2 MP, f/2.4, (depth). Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 16 MP, f/2.0, 26mm (wide).

Untuk autofokus, HP ini menggunakan Phase Detection Autofocus (PDAF) , menawarkan kecepatan dan akurasi yang luar biasa dalam autofokus.

7. Opsi Memori

Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Oppo A96 dilengkapi RAM berkapasitas 6/8 GB dengan opsi memori internal 128GB 6GB RAM dan 128GB 8GB RAM serta 256GB 8GB RAM.

Cek juga informasi lengkap terkait harga dan spesifikasi Oppo A96.

Oppo A96 Versus vivo iQOO Z7x

Oppo A96vivo iQOO Z7x
HargaRp 2.920.000Rp 2.899.000
CPUSnapdragon 680 4G, dengan CPU rating 31Snapdragon 695 5G, dengan CPU rating 40
GPUAdreno 610, dengan GPU rating 64Adreno 619, dengan GPU rating 148
LayarIPS LCD, 90Hz, 480 nits (typ), 600 nits (HBM)IPS LCD, 120Hz
Kamera50 MP, f/1.8, 27mm (wide), PDAF

2 MP, f/2.4, (depth)
50 MP, f/1.8, (wide), PDAF

2 MP, f/2.4, (depth)
Memori128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM, 256GB 12GB RAM
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removableLi-Po 6000 mAh, non-removable
Charging33W wired, PD, 50% in 26 min (advertised), Reverse wired80W wired, 1-70% in 34 min (advertised)

Telkomsel Raih 4 Penghargaan dari Ookla Speedtest Awards 2021

0

Telko.id – Telkomsel berhasil meraih empat penghargaan sekaligus dari Ookla Speedtest Awards 2021, yaitu untuk kategori Fastest Mobile Network, Best Mobile Coverage, Top-Rated, dan Best Mobile Network.

“Tentunya Ookla Speedtest Awards 2021 ini akan menjadi stimulus yang penting bagi kami agar terus bergerak maju memperkuat ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan, melalui berbagai upaya yang meliputi pemerataan akses jaringan broadband, penerapan inovasi teknologi telekomunikasi terbaru, serta menghadirkan produk dan layanan berbasis digital yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan guna mengakselerasi negeri,” kata Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel.

Dalam laporan Ookla selama periode semester dua tahun 2021, untuk kategori Fastest Mobile Network, Telkomsel memiliki kecepatan akses broadband tertinggi di Indonesia dengan capaian Speed Score 30.87 Mbps. Sedangkan pada kategori Top Rated, Telkomsel meraih Rating Count sebesar 13,672 dengan Rating 3.8, yang menempatkan Telkomsel pada peringkat pertama provider yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia.

Untuk kategori Best Coverage Area, Telkomsel mencatatkan Coverage Score sebesar 878, di mana 92,90 persen di antaranya sudah didukung jaringan 4G/LTE. Hal tersebut menegaskan peran Telkomsel sebagai connectivity enabler yang terus berupaya menghubungkan setiap insan, mulai dari tingkat kota hingga desa/kecamatan di seluruh wilayah populasi di Indonesia.

Capaian terbaik pada tiga kategori tersebut pun menempatkan Telkomsel meraih predikat Best Mobile Network yang mampu menghadirkan konektivitas cepat dengan cakupan jaringan terluas.

Pencapaian Telkomsel dalam Ookla Speedtest Awards 2021 tersebut juga tidak terlepas dari upaya Telkomsel menghadirkan jaringan berteknologi terdepan secara merata di seluruh Indonesia. Terlebih dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam mengadopsi gaya hidup digital serta pemanfaatan layanan berbasis digital yang lebih komprehensif di Indonesia.

Sepanjang tahun 2022 ini, Telkomsel telah memasukkan rencana untuk melakukan peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G secara bertahap di seluruh wilayah, termasuk bersama BAKTI Kominfo membangun 7.772 BTS Universal Service Obligation (USO) 4G di wilayah 3T untuk mewujudkan pemerataan dan kesetaraan akses broadband terdepan hingga pelosok negeri.

Langkah tersebut juga merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Telkomsel dalam menghadirkan jaringan broadband terbaik yang sudah dilakukan pada tahun 2021 melalui penataan ulang (refarming) pita frekuensi 2.3 GHz.

Hal tersebut merupakan wujud nyata konsistensi Telkomsel dalam menghadirkan digital connectivity terdepan dan terluas, sekaligus memperkuat komitmen Telkomsel di awal tahun ini untuk melakukan upgrading seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE hingga akhir tahun nanti.

“Penghargaan dari Ookla ini merupakan apresiasi yang patut diberikan kepada seluruh insan di Telkomsel yang telah berjuang untuk mengakselerasi negeri melalui pemanfaatan teknologi terdepan. Kami akan menjadikan momentum ini untuk terus bergerak maju meningkatkan kapabilitas konektivitas digital secara merata dan setara di seluruh wilayah Indonesia,” ungkap Hendry menambahkan.

Ke depan, Telkomsel akan konsisten menjadi leading digital telco yang membuka lebih banyak peluang dalam pengembangan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia melalui pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas jaringan, serta pengembangan layanan dengan mengedepankan prinsip customer centric. (Icha)

Pemerintah Siapkan Hot Backup Satellite, Pendamping Satelit SATRIA-1

Telko.id – Pemerintah mempersiapkan Hot Backup Satellite sebagai pendamping Satelit SATRIA-1. Satelit ini dipersiapkan sebagai mitigasi risiko Satelit SATRIA-1 yang memiliki kompleksitas dan potensi gangguan operasional tinggi. Sehingga menjamin masyarakat Indonesia bisa tetap mendapatkan akses layanan Internet.

Usai diumumkan pemenang tender proyek Hot Backup Satellite (HBS) pada Jumat (11/3), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) langsung tancap gas menjalankan proyek cadangan satelit Satria-1 ini.


Melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) melakukan penandatangan kontrak proyek HBS dan Jasa Pengoperasian dengan konsorsium Kemitraan Nusantara Jaya.

Sebagai informasi, Kemitraan Nusantara Jaya ini terdiri dari PT Satelit Nusantara Lima, PT DSST Mas Gemilang, PT Pasifik Satelit Nusantara, dan PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera.

“Proyek Penyediaan HBS ini, nantinya akan memiliki kapasitas 80 Gbps yang menggunakan teknologi HTS dengan frekuensi Ka-Band,” ujar Anang Latif, Direktur Utama BAKTI Kominfo menjelaskan di Jakarta, Selasa (15/3/2022).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengungkapkan bahwa Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah untuk menyediakan akses layanan internet.

“Tidak semua dihubungkan dengan fiber optik. Kita harus melakukan kombinasi, microwave link, juga harus kapasitas satelit,” ujar Johnny .

Menkominfo mengatakan satelit HBS tersebut akan membantu memenuhi kapasitas satelit yang dibutuhkan Indonesia sebesar 1 Tbps.

Sejauh ini, kebutuhan tersebut akan dipenuhi satelit Satria-1 dan satelit HBS yang akan diluncurkan tahun depan. Lalu, satelit Satria-2a dan satelit Satria-2b yang dilirik investor dari Prancis dan Inggris.

Jika semua nya berjalan lancar maka total kapasitas yang Indonesia miliki menjadi yang terbedar di Asia untuk kebutuhan Indonesia sendiri. Yakni dari SATRIA-1 sebesar 150 Gbps, SATRIA-2a VHTS 150 Gbps, SATRIA-2b 2 kali 150 Gbps dan dari 80 – 150 Gbps dari HBS.   Dengan kapasitas ini maka masyarakat di 150 ribu titik layanan dedicated internet bisa ditingkatkan. Dari hanya 1 mbps bisa menjadi 4-5 mb/s untuk setiap titik layanan.

“Itu sebabnya, kita harus ambil langkah cepat agar transformasi digital berjalan dengan baik,” ucap Johnny.

Pengadaan infrastruktur (capital expenditure/capex) penyediaan satelit HBS ini membutuhkan biaya investasi sebesar Rp 5.208.984.690.000, termasuk PPN.

Sedangkan, biaya jasa pengoperasian dan pemeliharaan infrastruktur HBS senilai Rp 475.204.320.000, termasuk PPN per tahun selama masa operasi 15 tahun.

Proyek satelit HBS ini akan dirakit oleh Boeing dan diluncurkan menggunakan roket kepunyaan SpaceX, perusahaan yang dinakhodai oleh Elon Musk. Ditargetkan satelit HBS tersebut dapat diluncurkan pada Maret 2022. (Icha)

GoTo Mau IPO, Berharap Dapat Himpun Pendanaan Rp15,2 triliun

0

Telko.idPT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GoTo IPO ((Initial Public Offering). Harapannya, mampu menghimpun pendanaan Rp15,2 triliun (USD 1,1 miliar), sehingga berpotensi menjadi salah satu IPO dengan nilai terbesar di Indonesia.

Pencatatan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ini akan berpotensi menjadi yang pertama dilakukan dengan menggunakan peraturan baru tentang saham dengan hak suara multipel (SDHSM) yang ditetapkan oleh OJK, serta peraturan pencatatan baru oleh BEI.

GoTo mau IPO ini akan menawarkan sebanyak 48 miliar saham baru Seri A dengan kemungkinan ditingkatkan sampai dengan sebanyak-banyaknya 52 miliar saham baru dan mewakili hingga 4,35% dari modal ditempatkan dan disetor Perusahaan setelah selesainya IPO (tidak termasuk saham tambahan dari opsi penjatahan lebih).

Dengan jumlah saham yang ditawarkan, perusahaan dapat mengumpulkan dana setidaknya Rp15,2 triliun (USD1,1 miliar), dengan tambahan Rp2,3 triliun (USD160 juta) dari greenshoe.
 

Kisaran harga untuk IPO telah ditetapkan pada Rp316 hingga Rp346 per saham, sehingga kapitalisasi pasar saat pencatatan saham di BEI diperkirakan mencapai antara Rp376,6 triliun (USD26,2 miliar) dan Rp413,7 triliun (USD28,8 miliar).

Grup GoTo berencana menggunakan dana hasil IPO, setelah dikurangi biaya emisi, untuk modal kerja guna mendukung strategi pertumbuhan perusahaan. Grup GoTo akan melakukan penawaran awal (book building) antara 15-21 Maret 2022. Masa penawaran umum ditargetkan akan dilakukan pada 29-31 Maret 2022. Pencatatan di Papan Utama BEI dengan kode saham GOTO akan dilakukan dalam beberapa minggu ke depan.

GoTo telah menunjuk PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk sebagai penjamin pelaksana emisi efek atau joint lead underwriters untuk IPO. Rincian IPO telah diumumkan pada acara Paparan Publik yang berlangsung hari ini, Selasa, 15 Maret 2022.

Sayang PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ini masih merugi. Dalam prospektus awal initial public offering (IPO), GoTo memiliki total aset Rp 158,17 triliun per akhir September 2021.

Dalam laporan keuangan per 30 September 2021, nilai rugi bersih GoTo mencapai Rp 11,58 triliun. Nilai kerugian GoTo itu naik dari periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp 10,43 triliun. Sehingga, rugi per saham GoTo mencapai Rp 197 per saham pada September 2021, dibandingkan Rp 365 per saham pada periode yang sama tahun 2020. Sepanjang tahun 2020, GoTo masih merugi Rp 14,20 triliun.

“Tapi kami tetap menjaga tingkat pertumbuhan nilai transaksi bruto (GDV) positif, yang terlihat dari adjusted EBITDA yang semakin membaik,” ujar CEO GoTo Andre Sulistyo dalam acara Due Diligence Meeting & Public Expose GoTo, di Jakarta, Selasa (15/3/2022).

Sementara itu, pendapatan GoTo per September 2021 mencapai Rp 3,40 triliun, naik dari tahun 2020 sebesar Rp 2,34 triliun.

Sebagai bagian dari IPO, dan melanjutkan komitmen untuk memberikan dampak sosial positif yang maksimal, GoTo juga berencana untuk meluncurkan Program Saham Gotong Royong.

Program ini akan memberikan kesempatan kepada mitra pengemudi, merchants, konsumen yang aktif dan setia, serta seluruh karyawan tetap, untuk mendapatkan manfaat ekonomi dari IPO. (Icha)

Asyik, Layanan 5G Telkomsel Di Bandara Soekarno-Hatta Di Perluas

0

Telko.id – Layanan 5G Telkomsel akhir nya di perluas lagi. Langkah ini merupakan hasil kerjasama Telkomsel dengan PT Angkasa Pura II, ditandai melalui penandatanganan nota kesepamahan, (14/03).

Ya, memang Telkomsel dalam memperluas layanan 5G nya sangat terukur. Termasuk di berbagai objek vital negara sebagai upaya memperkuat ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan salah satu objek vital negara, terutama sebagai titik masuk dan keberangkatan bagi turis mancanegara hingga delegasi dari berbagai negara yang berkunjung ke Indonesia. Sehingga, fasilitas yang ditampilkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi representasi Indonesia bagi dunia.

“Kami menyambut baik keberlanjutan kolaborasi sebagai wujudnya nyata komitmen Telkomsel mendukung PT Angkasa Pura II, sebagai pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, membuka lebih banyak lagi pengalaman konektivitas digital dengan jaringan broadband terdepan, yang dapat memperkuat transformasi digital operasional bandara, dan mendorong terciptanya inovasi layanan publik yang terintegrasi, serba digital dan modern,” kata Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur Sales Telkomsel.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan akses Telkomsel 5G membuat Bandara Soekarno-Hatta mampu menghadirkan digital experience terbaik bagi traveler.

“Melalui kolaborasi AP II dan Telkomsel, Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara pertama di Indonesia yang menghadirkan akses 5G bagi traveler guna memberikan digital experience terbaik dan mendukung seamless journey experience, serta meningkatkan standar layanan di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Muhammad Awaluddin.

Kehadiran Telkomsel 5G ini juga menandakan infrastruktur digital Bandara Soekarno-Hatta secara berkelanjutan terus berkembang untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

“AP II ke depannya akan berupaya untuk menghadirkan jaringan 5G di bandara-bandara lainnya sebagai standar layanan dan operasional,” ujar Awaluddin menambahkan.

Hadirnya teknologi jaringan telekomunikasi generasi kelima ini juga menjadi wujud nyata komitmen Telkomsel dan PT Angkasa Pura II dalam mendukung persiapan sejumlah kegiatan berskala internasional, seperti G20 di yang akan berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia.

Melalui kolaborasi ini, Telkomsel berupaya untuk membuka kesempatan bagi seluruh delegasi dari peserta G20 maupun para penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk merasakan langsung the best 5G experience, yang dapat meningkatkan pengalaman aktivitas digital selama berada di area Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Penerapan jaringan Telkomsel 5G akan dilakukan secara bertahap di sejumlah area utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pada tahap awal, beberapa kolaborasi berbasis teknologi 5G yang akan dikembangkan antara lain layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner dan 5G Solution dari unit bisnis Telkomsel Enterprise untuk mendukung operasional PT Angkasa Pura II.

Telkomsel juga akan menghadirkan pengalaman akses layanan 5G yang setara bagi seluruh penumpang dengan menghadirkan showcase Telkomsel Orbit 5G di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dengan mengakses Telkomsel Orbit 5G, para penumpang yang belum memiliki device maupun kartu yang mendukung jaringan 5G akan tetap bisa merasakan kecepatan konektivitas Telkomsel 5G dengan maksimal. Sejak diluncurkan pada Mei 2021 lalu, layanan 5G Telkomsel juga telah beroperasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, terutama di area GraPARI Telkomsel yang ada di kawasan bandara.

“Sebagai bagian dari perusahaan BUMN terkemuka, TelkomGroup, Telkomsel juga berharap kolaborasi PT Angkasa Pura II dapat memperkuat sinergi BUMN yang sudah terjalin selama ini, terutama dalam memastikan roadmap digitalisasi layanan BUMN yang berkelanjutan dalam mendukung transformasi layanan publik secara digital melalui pemanfataan teknologi terdepan, sekaligus mendorong pertumbuhan ekosistem layanan 5G yang inklusif dan merata di hingga pelosok negeri,” pungkas Sigit.

Oh iya, penerapan infrastruktur teknologi jaringan 5G di lingkungan Bandara International Bandara Soekarno-Hatta juga telah mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, terutama dalam pemanfaatan frekuensi jaringan telekomunikasi yang memenuhi standar keamanan dan keselamatan untuk operasional bandara dan penerbangan. (Icha)

Smart Workspace, Solusi Digitalisasi Bisnis Terpadu Dari Smartfren

0

Telko.id – Smart Workspace merupakan satu solusi terpadu yang dapat membantu meningkatkan kinerja perusahaan atau UMKM. Solusi terpadu ini memberikan akses terhadap layanan internet terbaik, ruang kerja digital, serta sistem komunikasi virtual.

Diharapkan dengan hadirnya solusi Smartfren Business Smart Workspace terbaru ini, perusahaan dan UMKM bisa dengan mudah mendapatkan manfaat terbaik dari era digital sehingga dapat terus meningkatkan kinerjanya.

“Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbaik di Indonesia, Smartfren Business berkomitmen membawakan inovasi teknologi digital terbaik untuk perusahaan maupun UMKM di tanah air. Internet, ruang kerja virtual, dan sistem komunikasi virtual merupakan tiga elemen penting yang dapat memaksimalkan kinerja serta fleksibilitas operasional di era digital, dan kini seluruh elemen tersebut dapat diperoleh dalam satu solusi Smartfren Business Smart Workspace,” kata Rangarajan Kalyanasundaram, CEO Smartfren Business.

Dengan menggunakan Smartfren Business Smart Workspace, pelanggan akan mendapatkan akses internet Smartfren Business Fiber in the Air. Layanan ini merupakan teknologi akses radio wireless last mile yang menyediakan konektivitas bagi perusahaan dengan teknologi yang sangat andal (auto everything) dan carrier grade radio equipment.

Selanjutnya, sebagai sebuah ruang kerja digital terintegrasi, Google Workspace menyatukan aplikasi produktivitas, komunikasi, dan kolaborasi aplikasi seperti Gmail, Chat, Calendar, Drive, Docs, Sheets, Meet, dan lainnya. Layanan ini adalah versi premium yang memberikan kelebihan berupa kebebasan untuk custom alamat email serta memiliki kapasitas cloud storage yang jauh lebih besar.

Pelanggan juga mendapatkan produk sistem komunikasi virtual CloudTalk yang merupakan produk atau layanan telepon berbasis cloud yang mengintegrasikan telepon IP ke perangkat seluler sehingga biaya investasinya lebih terjangkau.


Saat ini, lebih dari tiga miliar orang di seluruh dunia telah menggunakan Google Workspace untuk belajar, bekerja, dan saling berhubungan dengan orang-orang terdekat mereka.

“Ketika ada perubahan mendasar di tempat dan cara kami bekerja, kami berkolaborasi dengan Smartfren Business untuk membantu bisnis memberdayakan karyawan dengan produk inovatif dan fleksibel yang mereka butuhkan untuk tetap terhubung, berkreasi, dan berkolaborasi dengan aman di perangkat apa pun – baik untuk bekerja di kantor, bekerja dari rumah, atau memberikan pelayanan pada pelanggan,” ujar Megawaty Khie, Country Director, Google Cloud, Indonesia.

Ketiga produk yang terintegrasi dalam Smartfren Business Smart Workspace sudah bisa diperoleh melalui https://www.smartfren.com/business. Perusahaan maupun UMKM dapat menggunakannya untuk menunjang kebutuhan kerja agar lebih praktis dan fleksibel, kapanpun dan dimanapun. (Icha)

Lummo Semesta Hadir Dorong Digitalisasi 10 Ribu UMKM

0

Telko.id – Lummo Semesta, program dari startup lokal Lummo yang terintegrasi dengan LummoSHOP. Kali ini hadir di Semarang, Solo, dan Yogyakarta dengan memberikan pendampingan, mentorship, dan pelatihan kepada pelaku usaha agar dapat beradaptasi dan bergerak lebih cepat dalam mengembangkan usaha onlinenya.

Peluncuran Lummo Semesta ini diselenggarakan secara serempak di Semarang dan Solo pada tanggal 12 Maret yang dihadiri oleh Margaritha Mita Dewi Sopa, Kepala Bagian Perekonomian Kota Semarang,  M. David R. Wijaya Direktur Eksekutif KADIN Surakarta, Fandy Silalahi VP Community and Merchant Success LummoSHOP, dan Tri Sukma Anreianno VP Growth Lummo. Di Yogyakarta, Peluncuran Lummo Semesta rencananya akan diresmikan pada 13 Maret 2022.

LummoSHOP yang merupakan produk unggulan dari Lummo, membantu pelaku usaha membuat situs web resmi tokonya melalui www.lummoshop.co.id sehingga mereka dapat mengelola operasional bisnisnya dengan lebih efektif,  membangun relasi dan menjual langsung ke pelanggannya, serta membangun merek dan identitas unik bisnis onlinenya.

Melalui LummoSHOP, pelaku usaha dan pemilik merek (brand) dapat memanfaatkan solusi teknologi seperti mengakses riwayat pembelian, pengelolaan basis pelanggan, sehingga memungkinkan mereka untuk menganalisa dan menargetkan kembali pelanggan untuk melakukan pembelian.

Fitur lainnya yang membantu optimalisasi bisnis pelaku usaha diantaranya fitur chat commerce untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan, integrasi katalog, serta membuat situs web khusus melalui fitur custom domain.

Istimewanya, LummoSHOP memiliki fitur manajemen multi-platform, dimana pelaku usaha dan pemilik merek (brand) dapat menggunakan solusi perangkat lunak ini sebagai pusat operasional bisnis online yang memungkinkan mereka mengelola semua pesanan pelanggan dari berbagai platform belanja.

“Kami memahami bahwa pelaku usaha membutuhkan lebih dari sekedar solusi teknologi untuk mengembangkan bisnisnya, namun pendampingan dan pelatihan usaha yang terintegrasi justru menjadi elemen penting untuk mempercepat onboarding pelaku usaha ke ekosistem digital seiring dengan pertumbuhan transaksi masyarakat secara daring,” kata Tri Sukma Anreianno, VP Growth Lummo.

Ia juga menyatakan siap untuk bekerja sama dengan Dinas Koperasi di tingkat provinsi dan kota di Jawa Tengah untuk mengembangkan mendorong kompetensi UMKM Jawa Tengah.

Saat ini, Lummo Semesta telah bekerja sama dengan beberapa lembaga dan dinas pemerintahan seperti Disperindag, KADIN, BPOM, MUI, Dinas Koperasi dan UMKM untuk mendukung daya saing pelaku usaha.

Dengan bergabung di Lummo Semesta, para pelaku usaha dapat mengikuti berbagai kegiatan pelatihan pengembangan usaha seperti webinar dan kopdar yang diadakan rutin, pendampingan untuk memperoleh kemudahan di berbagai aspek usaha seperti perizinan usaha, pengembangan akses pasar, sertifikasi halal dari MUI, sertifikasi dari BPOM, dll. 

Pendampingan ini mendapatkan sambutan dan kepercayaan yang baik oleh para pelaku usaha karena membantu mereka mengatasi tantangan usaha untuk meningkatkan skala bisnis mereka.

“Sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia, UMKM harus adaptif dan lebih siap menghadapi berbagai krisis maupun perubahan lingkungan di masa mendatang. Tahun 2022 ini, Indonesia sudah memasuki tahap pemulihan ekonomi yang transformatif, sehingga UMKM harus mampu memanfaatkan berbagai peluang untuk mengembangkan usahanya,” ujar Margaritha Mita Dewi Sopa, Kepala Bagian Perekonomian Kota Semarang.

Disamping terus memperkuat daya saingnya, UMKM juga harus mampu memahami keunggulan produk dan mempertahankan loyalitas konsumennya. Pendampingan seperti yang dilakukan Lummo Semesta ini diharapkan dapat mendukung UMKM terus adaptif dan terus berperan dalam pemulihan ekonomi nasional dan daerah.

“Semoga UMKM Jawa Tengah dapat terus mendapatkan manfaat dari teknologi LummoSHOP untuk terus mengembangkan bisnisnya,” kata Margaritha berharap.

Disamping memudahkan pelaku usaha untuk mengoptimalkan LummoSHOP untuk mendorong bisnis mereka bertumbuh, Lummo Semesta melakukan berbagai program pendampingan diantaranya Lummo Webinar yaitu program lokakarya daring dengan berbagai topik terkait pengembangan bisnis.

Kemudian ada Lummo Support Partners yaitu program pendampingan usaha bersama para praktisi berpengalaman, agensi marketing untuk membantu merancang dan menjalankan campaign digital untuk mengembangkan brand, serta dinas dan lembaga pemerintahan untuk mengurus sertifikasi dan perijinan demi meningkatkan kualitas produk dan usaha.

Serta komunitas online LummoNation yaitu wadah untuk mengembangkan kapasitas diri dan  memperkuat jaringan dengan para pebisnis lainnya.

Fandy Silalahi, VP of Community and Merchant Success LummoSHOP menyampaikan bahwa sejalan dengan semangat memperkuat kompetensi UMKM daerah, Lummo menargetkan mendorong kemajuan lebih dari 10.000 UMKM lokal dan pebisnis yang berdaya saing dan fokus jualan online bergabung di Lummo Semesta, serta mengoptimalkan LummoSHOP untuk mendukung operasional usahanya agar lebih efisien. 

Sebelumnya, Lummo Semesta telah mendapatkan antusiasme yang sangat baik di Bandung dan Surabaya, dan telah berhasil menjaring lebih dari 51.000 UMKM sejak diluncurkan akhir 2021 lalu. Peluncuran Lummo Semesta ini diharapkan dapat mereplikasi kesuksesan ini pada UMKM di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta agar dapat melahirkan semakin banyak UMKM berkualitas dan berdaya saing tinggi. (Icha)

LinkAja Perkuat Elektronifikasi Keuangan di Belitung Timur

0

Telko.id – Link Aja perkuat Elektronifikasi Transaksi Penerimaan Daerah (ETPD) di Belitung Timur dengan menggandeng pemerintah daerah. Kerja sama strategis ini menghadirkan kemudahan layanan transaksi serta inovasi keuangan digital.

Warga Belitung Timur saat ini dapat menikmati kemudahan pembayaran dalam berbagai sektor khususnya untuk transaksi layanan keuangan yang meliputi Elektronifikasi Transaksi Penerimaan Daerah (ETPD) maupun layanan lain yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, digitalisasi pembayaran di sektor pelayanan publik seperti kesehatan, pendidikan dan pariwisata.

“Kolaborasi ini merupakan upaya nyata dan berkelanjutan LinkAja dalam memperluas akses penggunaan layanannya kepada masyarakat Indonesia. Kami berharap kehadiran LinkAja dalam ekosistem pelayanan publik yang ada di Kabupaten Belitung Timur memudahkan masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi serta transaksi sehari-hari,” jelas Widjayanto, Direktur Operasi LinkAja.

Hal ini merupakan wujud komitmen LinkAja untuk membangun ekosistem dan platform layanan keuangan digital yang bukan hanya berpusat di pulau Jawa saja untuk terus mengakselerasi inklusi keuangan digital di Indonesia.

Burhanudin, Bupati Belitung Timur menyambut antusias kerja sama ini, “Kehadiran LinkAja dalam ekosistem pelayanan publik di Belitung Timur merupakan inovasi yang juga selaras dengan visi Belitung Timur Bangkit Berdaya”.

Selain itu, kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah serta dapat meningkatkan pelayanan publik di berbagai sektor, seperti pada sektor pendidikan, kesehatan, pengembangan ekonomi kerakyatan atau UMKM dan lain sebagainya.

“Kami juga berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat secara menyeluruh terutama bagi masyarakat Belitung Timur,” ujar Burhanudin.

Hingga saat ini, LinkAja telah digunakan oleh lebih dari 82 juta pengguna terdaftar yang ada di seluruh Indonesia. LinkAja juga telah bekerja sama dengan lebih dari 1.3 juta titik di seluruh Indonesia sebagai titik setor dan pencairan uang (cash in cash out), termasuk di wilayah Belitung Timur ini sendiri, sehingga masyarakat yang belum memiliki rekening bank pun bisa memindahkan uang tunainya ke dalam bentuk saldo LinkAja dengan mudah.

Melalui jaringan besarnya di bank Himbara (Mandiri, BNI, BRI), pengguna juga bisa mengunjungi titik CICO di modern retail seperti Alfa, Indomaret, Pertamina, Pegadaian, Sampoerna Retail Community, DigiPOS, Kantor Pos, serta sejumlah mitra LinkAja lainnya. (Icha)

vivo Y33s 5G

0

Harga dan Spesifikasi – vivo Y33s 5G kali pertama diperkenalkan pada 2022, March 01, hadir dengan sistem operasi Android 12, Origin OS Ocean, konfigurasi memori 128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM, kamera utama beresolusi 13 MP dan chipset Dimensity 700 5G dengan prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G57 MC2 untuk mendukung performa. HP vivo Y33s 5G memiliki varian warna Black, Blue, Gradient dan dilengkapi dengan layar IPS LCD-6.51″ Inch dengan resolusi 720×1600 pixels, baterai berkapasitas 5000 mAh, dan support konektivitas GSM / CDMA / HSPA / CDMA2000 / LTE / 5G untuk wilayah Indonesia.

Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 180 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 164 x 75.9 x 8.3 mm (6.46 x 2.99 x 0.33 in) dengan bobot 185 g (6.53 oz). Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Glass front, plastic frame, plastic back. Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC.

Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi vivo Y33s 5G juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 13 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:

  • Komposisi Kamera Utama : 13 MP, f/2.2, 26mm (wide), AF
    2 MP, f/2.4, (macro)
  • Kamera Selfie : 8 MP, f/1.8, (wide)
  • Video : Kamera Utama (1080p@30fps, gyro-EIS), Kamera Selfie (1080p@30fps)
  • Fitur lainnya : LED flash, HDR, panorama

Ketersediaan

Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Vivo menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP vivo Y33s 5G dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.

Harga vivo Y33s 5G

Setelah diperkenalkan pada 2022, March 01, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Available. Released 2022, March 01. Untuk harga, vivo Y33s 5G dibandrol dengan kisaran harga sekitar 180 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap

Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Vivo ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.

Baca juga update informasi terkait HP Oppo Terbaru, HP Nokia Terbaru, HP Samsung Terbaru, HP Xiaomi Terbaru,  HP Vivo Terbaru, HP Realme Terbaru dan beragam informasi tentang berita teknologi telekomunikasi lainnya.

vivo Y01

0

Harga dan Spesifikasi – vivo Y01 kali pertama diperkenalkan pada 2022, March 09, hadir dengan sistem operasi Android 11 (Go edition), Funtouch 11.1, konfigurasi memori 32GB 2GB RAM, 32GB 3GB RAM, kamera utama beresolusi 13 MP dan chipset Helio P35 dengan prosesor Octa-core (4×2.35 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dan GPU PowerVR GE8320 untuk mendukung performa. HP vivo Y01 memiliki varian warna Sapphire Blue, Elegant Black dan dilengkapi dengan layar IPS LCD-6.51″ Inch dengan resolusi 720×1600 pixels, baterai berkapasitas 5000 mAh, dan support konektivitas GSM / HSPA / LTE untuk wilayah Indonesia.

Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga (harga global) ini, memiliki dimensi 164 x 75.2 x 8.3 mm (6.46 x 2.96 x 0.33 in) dengan bobot 178 g (6.28 oz). Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Glass front, plastic back, plastic frame. Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC (dedicated slot).

Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi vivo Y01 juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 13 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:

  • Komposisi Kamera Utama : 8 MP, f/2.0, AF
    or
    13 MP, f/2.2, AF
  • Kamera Selfie : 5 MP, f/2.2
  • Video : Kamera Utama (1080p@30fps), Kamera Selfie ()
  • Fitur lainnya : LED flash

Ketersediaan

Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Vivo menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP vivo Y01 dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.

Harga vivo Y01

Setelah diperkenalkan pada 2022, March 09, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Coming soon. Exp. release 2022, March. Untuk harga, vivo Y01 dibandrol dengan kisaran harga . Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap

Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Vivo ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.

Baca juga update informasi terkait HP Oppo Terbaru, HP Nokia Terbaru, HP Samsung Terbaru, HP Xiaomi Terbaru,  HP Vivo Terbaru, HP Realme Terbaru dan beragam informasi tentang berita teknologi telekomunikasi lainnya.