Oppo Indonesia Siap Pindah ke Pabrik Baru di Bayur

Telko.id – Oppo Indonesia siap pindah pabrik baru di kawasan Bayur, Tanggerang. Ya, brand ini merupakan vendor smartphone pertama yang membangun pabriknya pertama kalinya diluar Tiongkok yakni pada tahun 2014. Bahkan tepat satu tahun setelah itu, Oppo masuk secara resmi ke pasar Indonesia.

Kala itu, pemerintah Indonesia sedang mengupayakan peningkatan nilai Tingkat Kandungan Dalam Negri (TKDN) yang rencananya akan ditetapkan pada tahun 2016. Namun, nyatanya Oppo sudah melakukan topping off pabrik pertamanya di luar Tiongkok pada Desember 2014, kemudian beroperasi penuh untuk memulai produksi smartphone pada Mei 2015.

Kini, di tahun 2022 Oppo sedang melakukan berbagai persiapan untuk memindahkan produksi ke pabrik barunya.

“Saat ini kami dalam masa persiapan pengoperasian pabrik baru yang berlokasi di Bayur, Tangerang. Kami sedang mengatur berbagai perpindahan dari pabrik lama baik pekerja, peralatan produksi dan juga mengurus berbagai aspek legalitas. Hingga saat ini, Oppo belum melakukan perekrutan karyawan di pabrik baru kami” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia.

Terkait dengan pindah pabrik barunya, sampai saat ini Oppo belum melakukan penerimaan karyawan baru untuk mengisi pabrik yang berlokasi di Bayur.

Banyak hal penting yang harus dilakukan untuk memastikan pabrik baru Oppo ini dapat beroperasi dan berjalan dengan mulus.

Yang pertama dilakukan adalah pemindahan berbagai macam peralatan produksi. Berbagai peralatan ini tidak hanya dipindahkan secara fisik namun harus dilakukan pengaturan ulang dan berbagai kalibrasi agar dapat berporduksi dan memberikan hasil yang maksimal.

Selain peralatan, Oppo juga akan memindahkan bertahap para pekerja yang sebelumnya berada di pabrik lama. Ternyata urusan pindah pabrik ini, terutama pemindahan pekerja ini ternyata tidaklah mudah, para pekerja harus melakukan berbagai penyesuaian terhadap lingkungan baru.

Selain itu, ada beberapa persyaratan legalitas yang masih perlu diurus ke pemerintah sehingga pabrik ini diperkirakan belum dapat beroperasi penuh dalam waktu dekat.

“Kami mohon dukungan dari berbagai pihak di tanah air agar pabrik baru OPPO yang terletak di Bayur dapat segera beroperasi. Pendirian pabrik baru ini membuktikan komitmen OPPO untuk mendukung eksosistem Industri yang lebih baik dan juga mendukung pemulihan ekonomi di Indonesia,” ujar Aryo.

Sebelumnya, pabrik Oppo Indonesia berada di kawasan Mauk, Tanggerang. Dengan luas lahan 2,7 hektar. Setidaknya, pada tahun 2015 itu, vendor ini menggelontorkan US$ 30 juta untuk membangun pabriknya.

Pabrik tersebut mampu memproduksi 1 juta unit handphone per bulan dengan jumlah pekerja hingga 2.000 orang. (Icha)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

TELKO TV

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0