spot_img
Latest Phone

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...

Lenovo Yoga Slim 9i: Laptop Premium Pertama dengan Kamera di Bawah Layar

Telko.id - Bayangkan sebuah laptop yang tidak hanya memukau...
Beranda blog Halaman 25

Telkomsel Gelar Ilmupedia Tryout UTBK 2025 di 30 Kota, Diikuti 16.000 Siswa

0

Telko.id – Menjelang UTBK-SNBT 2025 yang akan berlangsung pada 23 April – 3 Mei 2025, Telkomsel melalui Ilmupedia kembali menggelar Tryout UTBK 2025 sebagai bagian dari komitmen dalam mendukung akses pendidikan berkualitas bagi pelajar di seluruh Indonesia.

Berkolaborasi dengan Kuncie, kegiatan ini sukses diselenggarakan pada 1 Februari hingga 14 Maret 2025 dengan partisipasi lebih dari 16.000 siswa SMA dari 30 kota di seluruh Indonesia.

Ilmupedia Tryout UTBK 2025 diselenggarakan dalam format hybrid, baik secara online melalui platform ilmupedia.co.id, maupun offline di berbagai lokasi terpilih.

Platform ini dirancang untuk memberikan pengalaman latihan soal yang menyerupai ujian sesungguhnya, mulai dari Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), hingga UTBK resmi.

Baca juga : Telkomsel Bagikan THR Lebaran Miliaran Rupiah Lewat Program Digosok Hepi

Sebagai bagian dari inisiatif keberlanjutan Telkomsel Jaga Cita, program ini juga mempertegas komitmen Telkomsel dalam menghadirkan pendidikan yang adaptif, inklusif, dan merata di Indonesia.

Delapan peserta dengan skor tertinggi di tingkat nasional akan mendapatkan dana bantuan pendidikan senilai ratusan juta rupiah, dengan syarat minimal passing grade 600 dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Tahun ini, Ilmupedia menghadirkan berbagai inovasi terbaru melalui Platform Ilmupedia Tryout untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan persiapan UTBK bagi para siswa.

Ragam keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh para siswa, di antaranya:

  • Simulasi UTBK Seperti Aslinya

Peserta dapat mengerjakan tryout selama 196 menit dengan 155 soal dari 7 subtes yang dirancang menyerupai UTBK-SNBT sesungguhnya. 

  • Penilaian Berbasis Item Response Theory (IRT)

Skor hasil tryout dihitung menggunakan sistem IRT, metode yang juga digunakan dalam UTBK resmi, sehingga hasil yang diperoleh lebih akurat dan mencerminkan kemampuan peserta secara objektif.

  • Fitur Pembahasan Soal Lengkap

Tidak hanya menyediakan kunci jawaban, platform ini juga memberikan pembahasan mendalam agar peserta dapat memahami konsep dari setiap soal dengan lebih baik.

  • Fitur Prediksi Peluang Lolos Kampus

Berdasarkan skor yang didapatkan, peserta dapat memperkirakan peluang mereka lolos ke PTN pilihan, membantu dalam strategi pemilihan jurusan.

  • Akses Tryout Unlimited

Peserta dapat mengakses dan mengulang simulasi UTBK kapan saja selama masa aktif paket, memberikan fleksibilitas dalam berlatih dan meningkatkan kesiapan mereka.

“Ilmupedia Tryout UTBK 2025 bukan hanya sekadar latihan ujian, tetapi juga bagian dari upaya Telkomsel dalam memberdayakan generasi muda dengan solusi digital yang inovatif,” kata Adhi Putranto, Vice President Prepaid Consumer Marketing Telkomsel.

Adhi menambahkan bahwa melalui fitur tambahan Ilmupedia Tryout, para siswa tidak hanya dapat melakukan latihan soal untuk UTBK, melainkan juga latihan soal ketika ujian Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS).

“Hal ini menjadi salah satu bukti nyata dari Telkomsel  dalam melakukan pemerataan mutu pendidikan yang menjadi titik penting dalam meningkatkan sumber daya manusia untuk Indonesia Emas 2045,” u ujar Adhi menambahkan.

CEO Kuncie, Kemas M. Fadhli, menambahkan, “Dengan hadirnya Platform Ilmupedia Tryout, kami ingin memastikan bahwa para peserta memiliki akses latihan soal berkualitas yang bisa meningkatkan pemahaman mereka. Kami optimistis bahwa platform ini dapat membantu lebih banyak siswa meraih peluang terbaik untuk lolos ke PTN impian mereka.”

Kedepannya, dengan semangat untuk buka semua peluang dan inovasi teknologi, Telkomsel terus berkomitmen dalam memberikan solusi digital terbaik bagi pendidikan di Indonesia.

Terlaksananya Ilmupedia Tryout UTBK 2025 dan hadirnya platform Ilmupedia Tryout menjadi bukti nyata bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk menciptakan peluang yang lebih luas bagi generasi muda dalam mengejar impian mereka. (Icha)

Telkomsel Bagikan THR Lebaran Miliaran Rupiah Lewat Program Digosok Hepi

0

Telko.id – Telkomsel mengumumkan 10 pelanggan Telkomsel PraBayar sebagai pemenang Grand PrizeTHR Lebaran program Digosok Hepi dengan total hadiah senilai Rp1 miliar di Telkomsel Smart Office Jakarta pada 20 Maret 2025.

Pengumuman pemenang melalui undian tersebut sekaligus menjadi puncak acara dari program yang telah berlangsung sejak 9 Desember 2024 hingga 15 Maret 2025, dan telah diikuti lebih dari 12 juta pelanggan. 

Sejak program dimulai, Telkomsel juga telah membagikan hadiah mingguan dengan total hadiah mencapai Rp 2,55 miliar kepada lebih dari 21.000 pelanggan secara rutin.

Nominal uang tunai yang dibagikan setiap minggu bervariasi, yaitu Rp500.000, Rp250.000, atau Rp100.000 untuk masing-masing pemenang.

Baca juga : Prestige SkyEase, Apresiasi Telkomsel Bagi Pelanggan di Bandara

Di akhir periode, seluruh peserta program, termasuk para pemenang  hadiah mingguan, kembali diundi untuk memenangkan hadiah utama Grand Prize total 10 miliar.

“Program Digosok Hepi merupakan bentuk apresiasi Telkomsel kepada pelanggan setianya, kami ucapkan selamat kepada seluruh pemenang yang mendapat rezeki uang THR Lebaran serta pengalaman bermakna melalui program ini,” kata Adhi Putranto, Vice President Prepaid Consumer Marketing Telkomsel.

Menurut Adhi, melalui penyediaan berbagai bentuk voucher, baik voucher fisik maupun e-voucher yang digunakan sebagai syarat partisipasi program Digosok Hepi, Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan berbagai solusi yang membantu pelanggan memperoleh pengalaman broadband terdepan dengan cara yang mudah, cepat, dan terjangkau.

Program Digosok Hepi yang digelar menjelang dan selama Ramadan 2025 merupakan program loyalitas untuk pelanggan Telkomsel PraBayar yang mengajak mereka melakukan keseruan berupa menggosok serta menukarkan kode voucher internet atau e-voucher menjadi kuota internet.

Setelah pengumuman hasil undian diunggah di telkomsel.com/promo/digosokhepi, pemenang akan dihubungi secara resmi oleh Call Center Telkomsel 188 untuk proses validasi data.

Kemudian, hadiah akan diserahkan di GraPARI terdekat sesuai domisili pelanggan. Telkomsel menanggung seluruh pajak dan biaya pengiriman hadiah, sehingga pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Untuk memastikan integritas dan transparansi, proses pengundian turut disaksikan oleh perwakilan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, Dinas Sosial, dan Notaris. (Icha)

OPPO Find N5 Lolos TKDN dan Membuka Pendaftaran Minat

0

Telko.id – OPPO Indonesia akan segera mengguncang pasar smartphone foldable Indonesia dengan inovasi terbarunya dalam perangkat Find N5.

Smartphone foldable flagship OPPO terbaru dengan kode produk CPH2671 telah resmi mendapatkan nilai TKDN sebesar 46,44% serta sudah terdaftar di Postel dan di situs P3DN milik Kementerian Perindustrian.

Hal ini menegaskan kesiapan perangkat Find N5 untuk segera dipasarkan dan dinikmati oleh konsumen di tanah air.

Mengikuti jejak kesuksesan pendahulunya, OPPO Find N3, yang berhasil menetapkan standar baru dalam dunia foldable dengan ketahanan engsel, baterai terbesar di kelasnya, hingga kualitas kamera level pro yang mumpuni, kini OPPO Find N5 hadir dengan inovasi yang lebih segar.

Baca juga : Tanpa Khawatir Jatuh atau Basah, OPPO A5 Pro Pas Jadi Partner Andalan!

Dengan mengusung desain yang jauh lebih ramping dan fitur-fitur canggih, Find N5 akan memberikan pengalaman produktivitas dan hiburan yang tak tertandingi.

OPPO juga telah membuka pendaftaran minat melalui situs resminya (https://www.oppo.co.id/roi-oppofindn5). Konsumen yang berminat dapat mendaftarkan data diri seperti nama, nomor telepon, dan alamat email, serta memilih fitur unggulan yang paling mereka butuhkan di smartphone foldable.

Pendaftaran ini memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mendapatkan penawaran dan informasi eksklusif seputar pembelian OPPO Find N5 saat resmi hadir di Indonesia.

Sebelumnya, OPPO Find N5 telah meluncur secara global pada 20 Februari lalu di Singapura dengan mengusung slogan “Slim. Yet Powerful”.

Peluncuran global ini menandai hadirnya smartphone foldable dengan ketipisan luar biasa yang setara dengan 1 pensil atau 2 kartu ATM yang ditumpuk.

Tidak hanya itu, smartphone foldable flagship ini juga menawarkan berbagai terobosan terbaru pada desain, layar, dan baterai untuk memberikan pengalaman baru dalam produktivitas maupun hiburan.

Inovasi-inovasi tersebut semakin menegaskan posisi Find N5 sebagai perangkat yang mendefinisikan ulang standar smartphone foldable di kancah global.

Dengan segudang inovasi dan teknologi terdepan, Find N5 siap membawa pengalaman baru bagi para pengguna di tanah air. (Icha)

Jenius Perkenalkan Inovasi ‘Cash Cow’ dan ‘Bayar & Nabung’. Ini Keuntungannya!

0

Telko.id – Jenius, solusi life finance dari SMBC Indonesia, kembali meluncurkan dua inovasi terbarunya, yaitu Cash Cow dan Bayar & Nabung bersamaan dengan program #JagainRamadan bareng Jenius.

Melalui peluncuran ini, Jenius ingin menjawab kebutuhan masyarakat digital savvy yang semakin dinamis, cerdas, dan terintegrasi antara kebutuhan transaksi harian dan menumbuhkan dana tabungan.

Tren Perilaku Keuangan Masyarakat Digital Savvy
Dalam beberapa tahun terakhir, perilaku keuangan masyarakat Indonesia mengalami perubahan.

Didorong oleh adopsi teknologi serta perubahan gaya hidup yang semakin praktis dan serba digital, pertumbuhan transaksi digital juga meningkat pesat. Selain itu, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menabung dan perencanaan keuangan.

Baca juga : Usai Jadi SMBC Indonesia, Jenius Janjikan Pengalaman Unthinkable

“Melalui proses kokreasi dengan digital savvy, Jenius menemukan bahwa menabung belum menjadi kebiasaan di kalangan masyarakat tertentu. Ditambah lagi, biasanya bunga tabungan yang optimal hanya diberikan secara terbatas. Untuk itu, Jenius menghadirkan inovasi terbaru, yaitu Cash Cow dan kapabilitas Bayar & Nabung,” kata Febri Rusli, Digital Banking Product & Innovation Head SMBC Indonesia.

Lebih lanjut, Febri menyampaikan bahwa inovasi ini turut memperkuat fitur tabungan yang sudah ada di Jenius sebelumnya. “Dengan inovasi ini, Jenius mendorong masyarakat digital savvy untuk membangun kebiasaan menabung, sekaligus mengakselerasi keuangan mereka dengan bunga tabungan yang lebih optimal,” tambahnya.

Jenius Hadirkan Produk “Cash Cow”
Cash Cow merupakan sebuah tabungan dengan bunga kompetitif sebesar 6% p.a. yang saat ini dapat diisi melalui cashback yang didapatkan dari promo merchant favorit, dan juga kapabilitas Bayar & Nabung.

Selain itu, Cash Cow juga memungkinkan Teman Jenius untuk melacak dan mengelola dana di dalam Cash Cow secara otomatis dan transparan. Sebagai program spesial, Jenius menawarkan bunga tabungan Cash Cow 9% p.a. yang berlaku mulai 19 Maret hingga 31 Agustus 2025.

Cara Mengisi Tabungan di Cash Cow
Untuk mengumpulkan tabungan di Cash Cow, pengguna bisa memanfaatkan program cashback saat melakukan transaksi di beragam merchant favorit, serta program cashback fitur di aplikasi Jenius.

Antara lain melalui transaksi top up e-Wallet atau cashback biaya bulanan s-Card. Kini, PT Bank SMBC Indonesia Tbk berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan merupakan peserta penjaminan LPS.

Jenius menghadirkan cara baru bagi pengguna untuk semakin mengoptimalkan tabungan di Cash Cow melalui kapabilitas Bayar & Nabung.

Kapabilitas “Bayar & Nabung” Untuk Mengisi Tabungan Cash Cow
Bayar & Nabung adalah sebuah kapabilitas baru yang memungkinkan pengguna untuk langsung menyisihkan sesuai nominal transaksi ke Cash Cow setiap kali menggunakan QRIS atau membayar tagihan dengan sumber dana dari Saldo Aktif, dengan batas maksimal Rp250.000 per transaksi.

Misalnya, saat pengguna melakukan pembayaran tagihan atau pembelian barang, mereka dapat menyisihkan sejumlah uang yang langsung masuk ke dalam Cash Cow.

Ini memudahkan pengguna untuk menabung secara konsisten dengan penawaran bunga yang optimal tanpa minimum setoran atau tenor.

#JagainRamadan bareng Jenius


Untuk membuat Ramadan lebih bermakna, Jenius meluncurkan program #JagainRamadan bareng Jenius. Program ini mengajak pengguna untuk lebih bijak mengelola keuangan selama Ramadan melalui berbagai fitur, program, dan inovasi baru Jenius.

“Semua nya akan memudahkan pengguna menyeimbangkan pengeluaran dan menabung, sehingga tetap bisa menikmati Ramadan sambil mencapai tujuan finansial,” tambah Febri.

Mulai dari tawaran promo menarik untuk buka puasa di Sushi Tei hingga Katsukita; belanja kebutuhan Ramadan dan persiapan Idulfitri di AEON Supermarket dan GrandLucky Superstore hingga beli tiket untuk mudik dan liburan di Tiket.com, Traveloka, hingga AVIATOUR.

Pengguna Jenius bisa menikmati cashback atau potongan harga hingga 50% berdasarkan level Green Club.

Khusus pada momen Ramadan ini, Jenius berkolaborasi dengan Rumah Zakat, BAZNAS, dan Dompet Dhuafa melalui program ‘Ekstra Donasi’. Setiap donasi yang diberikan oleh pengguna Jenius minimal Rp150.000, Jenius akan menambahkan ekstra donasi sebesar Rp25.000.

Program ini berlaku selama periode 5 Maret-30 April 2025, khusus untuk metode pembayaran menggunakan Jenius Pay pada website Rumah Zakat, BAZNAS, dan Dompet Dhuafa dan aplikasi Rumah Zakat ataupun melalui menu Bayar Tagihan di aplikasi Jenius.

“Dengan menghadirkan inovasi terbaru seperti Cash Cow dan Bayar & Nabung, Jenius berharap dapat membantu pengguna Jenius untuk tetap konsisten menabung dari setiap transaksi pembayaran, bahkan saat memenuhi kebutuhan Ramadan,” ungkap Febri.

Ia pun menambahkan bahwa program ini dapat menjaga keseimbangan antara berbagi kebaikan dan merencanakan keuangan yang lebih bijak selama bulan suci. (Icha)

Telkom Solution Hadirkan Solusi Digital Inovatif, Ini Targetnya!

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Telkom Solution, terus memperkuat perannya sebagai penyedia solusi digital terdepan untuk market B2B di Indonesia.

Kehadirannya, menjadi langkah strategis bagi Telkom untuk mendominasi pasar B2B yang potensinya masih terbuka lebar, seperti segmen perusahaan swasta (private sector), BUMN dan pemerintahan.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Venusiana menjelaskan, saat ini, Telkom Solution fokus pada tiga solusi unggulan dengan layanan yang lebih inovatif dan terintegrasi, meliputi Connectivity+, Cyber Security, dan Artificial Intelligence (AI).

“Telkom Solution merupakan bentuk komitmen kami dalam menyediakan layanan digital yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Kami ingin memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan solusi terbaik untuk mendukung transformasi digital mereka,” ujar Venusiana.

Baca juga : Telkom Solution, Strategi Layanan Telkom Garap Segmen B2B

OVP Enterprise Marketing & Regional Management, Reni Yustiani melanjutkan, potensi market enterprise business di Indonesia masih terbuka lebar.

Reni mengurai, di segmen market perusahaan swasta, termasuk di dalamnya terdapat 136 grup usaha swasta atau konglomerasi bisnis yang memiliki jaringan lebih dari 4.800 entitas perusahaan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Selain menggarap market konglomerasi perusahaan swasta, Telkom Solution juga akan mendorong digitalisasi di seluruh BUMN Group yang tersebar di 12 klaster BUMN dan juga mendukung akselerasi digitalisasi pemerintahan di 48 kementerian, 120 lembaga pemerintahan dan 553 pemerintahan daerah,” jelas Reni saat buka puasa bersama awak media di Jakarta.

Menyambung penjelasan Reni, OVP Enterprise Product Development, Tanto Suratno menyampaikan, ada tiga solusi unggulan yang siap dihadirkan untuk potensial market di segmen enterprise business Telkom Solution.

“Ketiga solusi unggulan yang Telkom Solution hadirkan antara lain: Connectivity+ (Advanced Connectivity), Cyber Security dan Artificial Intelligence (AI),” jelas Tanto.

Tanto melanjutkan, Connectivity+ adalah layanan konektivitas end-to-end yang mencakup SD-WAN, Cloud, Data Center, dan IT Services untuk mendukung operasional bisnis yang lebih efisien. Kedua layanan Cyber Security.

Menurut Tanto, Telkom bersama beberapa global giant tech company siap menghadirkan layanan keamanan digital operasional pelanggan dengan pengamanan digital multi-layered untuk melindungi data dan operasional bisnis pelanggan.

Dan yang terakhir adalah layanan Artificial Intelligence (AI) berbasis use case yang dapat memberikan insight mendalam guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis pelanggan.

Reni menambahkan, kehadiran Telkom Solution semakin memperkuat posisi Telkom sebagai pemimpin dalam penyediaan solusi digital di berbagai sektor bisnis, serta mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia.

“Segmen B2B Telkom dibagi menjadi dua. Untuk segmen market small medium enterprise (SME) menggunakan brand Indibiz,” ujar Reni.

Sedangkan untuk market enterprise business seperti pemerintahan, BUMN, dan perusahaan swasta yang membutuhkan solusi digital yang lebih advance, menurut Reni akan menggunakan brand Telkom Solution. (Icha)

Kunjungan Komisi VI DPR RI ke Hyperscale Data Center Telkom di Cikarang

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menerima kunjungan dari Komisi VI DPR RI ke Hyperscale Data Center (HDC) Cikarang milik NeutraDC, anak usaha Telkom yang bergerak di industri data center pada Kamis (6/3).

Kunjungan bertujuan untuk melihat langsung ekosistem data center yang menjadi bagian dari strategi nasional dalam memperkuat ekosistem digital Indonesia.

Kunjungan dilakukan oleh Ketua Komisi VI DPR RI Anggia Ermarini beserta anggota Komisi VI DPR RI lainnya dan disambut langsung oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir, Direktur Wholesale and International Service Telkom Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya, serta CEO NeutraDC Andreuw Th.A.F.

Dalam kesempatan ini, rombongan Komisi VI DPR RI meninjau infrastruktur HDC Cikarang yang memiliki standar keamanan dan keandalan tinggi, serta didukung oleh teknologi terkini.

Baca juga : Dukung FWA Jelang Idulfitri, TelkomGroup Naikkan Kapasitas Jaringan Jadi 58,4 Tbps

Sebagai salah satu data center terbesar di Indonesia, HDC Cikarang berperan penting dalam mendukung kebutuhan digitalisasi berbagai sektor industri di Indonesia.

Saat melakukan kunjungan, Ketua Komisi VI DPR RI Anggia Ermarini mengapresiasi langkah strategis Telkom dalam memperkuat ekosistem data center di Indonesia. Ia menyampaikan bahwa pusat data yang dimiliki Telkom tidak hanya digunakan oleh pelanggan di Indonesia, tetapi juga oleh konsumen dari luar negeri.

Menurutnya, hal ini merupakan terobosan luar biasa yang perlu ditingkatkan, terutama di era digital saat ini, di mana seluruh data itu penting. Ia juga menegaskan bahwa Komisi VI DPR RI memberikan perhatian khusus untuk mendukung Telkom dalam memperluas cakupan layanan dan kapasitas penyimpanan data.

Dalam pengelolaan infrastruktur data center, TelkomGroup berkomitmen terhadap dekarbonisasi dengan mengutamakan penggunaan energi hijau.

Pembangunan Hyperscale Data Center (HDC) dirancang untuk memanfaatkan energi terbarukan (renewable energy) yang ramah lingkungan guna mendukung operasional yang lebih berkelanjutan.

Komisi VI DPR RI turut menyoroti perihal aspek keberlanjutan dan dampaknya terhadap lingkungan. Anggia menambahkan, Telkom telah mulai menerapkannya, seperti penggunaan solar panel, serta telah memiliki perhitungan dampaknya.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menyampaikan bahwa TelkomGroup siap berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah untuk semakin memperkuat infrastruktur data center.

“Kami terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas data center TelkomGroup dengan membuka peluang kolaborasi bersama berbagai mitra strategis, baik di tingkat nasional maupun global,” ujar Ririek.

Langkah ini, lanjut nya,  tidak hanya bertujuan untuk mendukung transformasi digital melalui layanan data center yang andal dan berdaya saing, tetapi juga tetap berfokus pada keberlanjutan dengan mengadopsi teknologi ramah lingkungan serta penggunaan energi terbarukan.

Kunjungan Komisi VI DPR RI ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara Telkom dan para pemangku kepentingan dalam membangun ekosistem data center yang semakin kompetitif dan berdaya saing.

Sebagai bagian dari strategi utama Five Bold Moves, Telkom senantiasa menghadirkan solusi dan infrastruktur digital guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. (Icha)

Telkom Solution, Strategi Layanan Telkom Garap Segmen B2B

0

Telko.id – TelkomGroup melalui Telkom Solution, ditahun ini akan semakin gencar menggarap segmen business to business dalam semua lini bisnis di Indonesia.

Hal ini dilakukan karena sebagai katalisator transformasi digital di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus menunjukkan perannya dalam menghadirkan solusi dan layanan digital inovatif yang mendukung berbagai sektor bisnis di Indonesia.

Melalui ekosistem digital yang terintegrasi, Telkom berupaya mendorong efisiensi, produktivitas, serta daya saing bisnis.

Direktur utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan bahwa ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Baca juga : Prestige SkyEase, Apresiasi Telkomsel Bagi Pelanggan di Bandara

“Kontribusi ekonomi digital terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan mencapai delapan kali lipat,” jelas Ririek pada acara silaturahmi bersama beberapa pemimpin redaksi media di Jakarta (7/3).

Telkom turut memegang peranan penting dalam memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital nasional melalui percepatan transformasi digital di berbagai sektor industri.

Telkom memperkuat langkah strategisnya dengan menghadirkan Telkom Solution sebagai brand utama dalam penyediaan solusi digital terintegrasi bagi pasar Business-to-Business (B2B).

Telkom Solution mendukung berbagai sektor, mencakup instansi pemerintah, BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta dalam memanfaatkan teknologi digital secara lebih efektif dan terintegrasi guna meningkatkan daya saing dan performansi bisnis.

Selaras, Direktur Enterprise and Business Service Telkom FM Venusiana menegaskan bahwa Telkom Solution hadir untuk mengakselerasi transformasi digital di berbagai sektor bisnis dengan mengintegrasikan solusi digital connectivity, digital platform, dan digital services.

Menurut Venusiana, perannya adalah sebagai mitra strategis yang membantu perusahaan untuk mengoptimalkan performansi, menciptakan nilai tambah, dan meningkatkan pengalaman pelanggan terbaik.

“Sebagai bagian dari komitmen Telkom dalam menyediakan solusi digital yang inovatif, Telkom Solution saat ini berfokus pada tiga solusi unggulan, yaitu Connectivity++, Cyber Security, serta Artificial Intelligence (AI) untuk segmen enterprise business,” ujar Venusiana.

Bisnis B2B Telkom akan berfokus untuk mendominasi pasar di perusahaan-perusahaan swasta, dikarenakan potensi yang masih terbuka lebar, antara lain pada segmen konglomerasi, perbankan, retailer, dan manufaktur.

Lebih lanjut, Venusiana menjelaskan bahwa Telkom Solution memiliki positioning yang berbeda dengan Indibiz. Indibiz difokuskan untuk melayani sektor usaha kecil menengah (UKM) melalui paket solusi yang terstandarisasi.

Sementara Telkom Solution hadir untuk melayani segmen enterprise business melalui solusi horizontal dan vertikal yang terintegrasi.

Dengan kehadiran Telkom Solution dan Indibiz diharapkan semakin memperkuat posisi Telkom sebagai pemimpin dalam penyediaan solusi digital di berbagai sektor bisnis, serta mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia. (Icha)

Samsung Umumkan Peluncuran Resmi One UI 7 Mulai 7 April

Telko.id – Samsung Electronics Co., Ltd. hari ini mengumumkan bahwa peluncuran resmi One UI 7 akan dimulai pada 7 April, menghadirkan desain baru yang berani untuk memberikan personalisasi dan kontrol lebih dalam pengalaman pengguna.

Samsung One UI 7 ini memperkenalkan interface baru yang dirancang untuk AI, membantu pengguna berinteraksi dengan perangkat Galaxy mereka dengan cara yang lebih mudah dan intuitif daripada sebelumnya.

Pembaruan ini akan tersedia mulai dari seri Galaxy S24, Galaxy Z Fold6, dan Z Flip6, dan akan diluncurkan secara bertahap ke lebih banyak smartphone dan tablet Galaxy.

Desain Baru untuk Personalisasi Lebih Baik 

One UI 7 hadir dengan desain yang sederhana, berdampak, dan emosional, memberikan pengalaman yang lebih rapi dan mudah digunakan bagi pengguna Galaxy.

Baca juga : Samsung One UI 7 Hadir, Ini Bedaannya Dengan One UI 6



Homepage yang disederhanakan, widget One UI dan lock screen yang didesain ulang, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan perangkat mereka dengan cara yang lebih intuitif dan mudah.

Untuk kenyamanan lebih, Now Bar memberikan informasi penting secara langsung di lock screen. Jadi, saat berlari di pagi hari, pengguna bisa dengan mudah melihat progress lari dan lagu yang sedang diputar di Galaxy Buds mereka – semuanya bisa dilakukan dengan sekali swipe, tanpa perlu membuka kunci perangkat.

Fitur AI yang Lebih Cerdas untuk Pengalaman yang Lebih Intuitif

One UI 7 memperkenalkan pengalaman berbasis AI yang lebih mulus, membantu pengguna tetap produktif dan mengeksplorasi kreativitas mereka.

Dengan Galaxy AI, pengguna dapat menyederhanakan tugas sehari-hari, mengurangi kebutuhan untuk beralih antar aplikasi. AI Select dengan cerdas memberikan rekomendasi berdasarkan konteks pada layar.

Misalnya, pengguna cukup swipe Edge Panel dan klik ikon ‘AI Select’ saat menonton video untuk menyimpannya sebagai file GIF. Writing Assist memudahkan pengguna untuk merangkum atau memformat konten secara otomatis dari teks yang dapat dipilih.

One UI 7 juga memungkinkan pengeditan sederhana yang memberi pengguna kontrol dan kebebasan kreatif lebih. Drawing Assist membantu mewujudkan ide dengan lebih dari satu input, termasuk kombinasi teks, gambar, atau sketsa.

Audio Eraser membuat pengeditan lanjutan lebih mudah diakses, dengan memisahkan kategori suara dan menghilangkan kebisingan yang tidak diinginkan dalam video.

Dengan integrasi Google Gemini yang lebih komprehensif, mengatur perangkat menjadi semudah berbicara dengan teman. Tekan lama tombol samping dan katakan, “Find Italian, pet-friendly restaurants with outdoor seating nearby.” Gemini langsung menampilkan rekomendasi dalam satu interaksi yang mulus.

Pencarian menggunakan bahasa sehari-hari juga diperluas ke Settings, membuatnya lebih mudah untuk menyesuaikan preferensi.

Jika mata terasa lelah menatap layar dalam jangka waktu lama, Pengguna cukup masuk ke Settings dan mengatakan, “My eyes are feeling tired.” Dalam sekejap akan muncul opsi yang direkomendasikan, seperti menyesuaikan kecerahan atau mengaktifkan Eye Comfort Shield.

Ketersediaan 

One UI 7 akan mulai diluncurkan pada 7 April dan akan diperluas ke lebih banyak smartphone dan tablet Galaxy dalam beberapa minggu berikutnya, termasuk seri Galaxy S24, Galaxy S24 FE, seri Galaxy S23, Galaxy S23 FE, Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5, seri Galaxy Tab S10, dan seri Galaxy Tab S9. (Icha)

MLBB x OPPO Smooth Legend Grand Finals Gelar di Jakarta Dimeriahkan Tim Legendaris

0

Telko.id – Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) sebagai salah satu game Multiplayer Online Battle Arena terpopuler di dunia, bekerja sama dengan OPPO yang menjadi brand smartphone global untuk menyelenggarakan MLBB x OPPO Smooth Legend Cup APAC Grand Finals!

Acara ini yang menjadi ajang pertempuran esports yang mendebarkan akan berlangsung mulai dari tanggal 27 hingga 29 Maret 2025 di Gandaria City Mall, Jakarta.

Para penggemar dapat menantikan penampilan dari tim legendaris dan juara komunitas dari Malaysia, Indonesia, Kamboja, Filipina, Singapura, dan Thailand, yang akan bersaing memperebutkan kemenangan dan total hadiah sebesar USD 76.500!

Semua pertandingan turnamen akan dimainkan menggunakan OPPO Reno13 5G, yang dirancang khusus untuk para gamer kompetitif. Dengan performa tinggi yang mulus dan gameplay tanpa lag, para pemain dapat bertanding dengan optimal tanpa khawatir!

Baca juga : MLBB x Oppo Smooth Legend Cup Siap Masuk Babak Puncak

Saksikan Kembalinya Para Pemain Legend

Legendary Team APAC Grand Finals akan mempertemukan mantan pemain profesional MLBB yang akan bersaing memperebutkan hadiah sebesar USD 52.500.

Setiap negara akan diwakili oleh tim legendaris yang terdiri dari mantan pemain profesional ternama. Menariknya, penggemar lama esports MLBB dapat menyaksikan reuni IDONOTSLEEP, juara perdana Mobile Legends: Southeast Asia Cup (yang kini dikenal sebagai MLBB Mid Season Cup).

NegaraAnggota Tim
ThailandFramezy (Kapten), May, Ampzy, Izy, dan Azy
MalaysiaOmbong (Kapten), 2ez4Jepv, Obot, Saiful, dan Rush
SingapuraOhDeerBambi (Kapten), Aeon, Pokemon, Potato, dan Remaniscent
  FilipinaRafflesia (Kapten), Jeffqt4ever, Dysania, Killuash, dan kambs
Benthings (Kapten), Yakou, Scyte, Fuzaken, dan Eyon
  IndonesiaLuminaire (Kapten), Wann, Caramel, Pica, dan Rexxy
Clayyy (Kapten), Tuturu, Liam, AyamJAGO, dan Banana
KambojaCatGod (Kapten), LEEXIN, ATM, ATEV, dan HENGLOL

Turnamen Komunitas Terbesar MLBB

Grassroots Team APAC Grand Finals diikuti oleh enam negara dan menjadi turnamen komunitas terbesar MLBB.

Kualifikasi lokal mempertemukan hampir 300 tim komunitas dari Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Indonesia, dan Kamboja, yang bertanding di toko-toko ritel OPPO untuk mendapatkan kesempatan menjadi juara lokal dan mewakili negara mereka.

Dengan bakat gaming komunitas yang luar biasa, tim-tim juara ini akan bertarung memperebutkan juara dan bagian terbesar dari hadiah sebesar USD 24.000. Penghargaan juga akan diberikan untuk tim legendaris dan komunitas, merayakan keunggulan di setiap level!

Eric Wu, Senior Partnerships Manager, Esports Ecosystem di MOONTON Games, mengatakan: “MLBB x OPPO Smooth Legend Grand Finals adalah perayaan bakat esports yang sedang berkembang di seluruh Asia Tenggara. Acara komunitas terbesar ini menyoroti pentingnya mendukung tim dan ekosistem komunitas”.

Eric menambahkan bahwa dengan mendukung bintang-bintang yang sedang naik daun dan menghadirkan kembali mantan pemain profesional legendaris, MOONTON Games tidak hanya merayakan sejarah esports MLBB tetapi juga membuka jalan bagi generasi berikutnya untuk berkembang dan membuat jejak mereka di panggung global.

Saksikan Grand Finals dan dapatkan 5.000 Diamond MLBB!

Penonton yang menghadiri MLBB x OPPO Smooth Legend Grand Finals di Gandaria City Mall juga dapat mengikuti aktivitas interaktif dan hadiah eksklusif seperti kesempatan untuk memenangkan 5.000 Diamond MLBB dan membawa pulang OPPO x MLBB Limited-edition Gift Boxes.

Setiap kotak hadiah berisi OPPO x MLBB Co-Branded Mystic Sea Ollie, Kartu Penukaran Skin Baru MLBB dengan kesempatan mendapatkan skin hero Special atau Zenith MLBB, dan Stand Smartphone Resmi MLBB.

Selain itu, penonton dapat memperoleh skin MLBB dan tournament chest (senilai hingga 899 Diamond), dan masih banyak lagi yang juga akan dibagikan setiap hari di arena pertandingan! OPPO dan MLBB mengundang semua orang yang tertarik dengan e-sports untuk menyaksikan pertandingan secara langsung!

Tidak dapat hadir secara langsung? Penggemar dapat menyaksikan siaran langsung pertandingan di akun sosial media resmi OPPO Indonesia. Penonton siaran langsung juga dapat berkesempatan untuk memenangkan hadiah dalam game MLBB (tournament chest)! (Icha)

Dukung FWA Jelang Idulfitri, TelkomGroup Naikkan Kapasitas Jaringan Jadi 58,4 Tbps

0

Telko.id – TelkomGroup melakukan berbagai inisiatif strategis mulai dari penguatan infrastruktur dan layanan digital, penyiapan dan optimalisasi sumber daya, hingga berbagi kebahagiaan melalui berbagai kegiatan sosial.

Apalagi ada imbauan working from anywhere (WFA) dan perpanjangan libur lebaran membuat kebutuhan internet akan semakin meningkat.

Untuk itu, kami berkomitmen penuh untuk menjaga kualitas layanan prima dengan memastikan jaringan yang optimal, kapasitas yang memadai, serta menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat menjalani momen istimewa ini dengan lancar dan nyaman, ” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom, saat Konferensi Pers Kesiapan TelkomGroup dalam rangka Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2025/1446H di Kementerian BUMN RI, pada Selasa (18/3),

Kenyamanan pelanggan, baik untuk pelanggan retail (Business-to-Consumer/B2C), maupun segmen korporasi (Business-to-Business/B2B) selama periode RAFI 2025 senantiasa menjadi prioritas dan fokus utama bagi perusahaan.

Baca juga : TelkomGroup Dukung Program Mudik Gratis BUMN 2025, Ini Cara Daftarnya!

Saat ini, TelkomGroup memiliki 158,4juta pelanggan Telkomsel, 9,69j uta pelanggan IndiHome, 590 ribu pelanggan UMKM, 2.300 pelanggan korporasi, dan 700 pelanggan pemerintahan.

TelkomGroup telah melakukan penyiapan infrastruktur dan IT Tools yang optimal, di antaranya kesiapan jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado dengan 14 infrastruktur kabel laut Telkom yang beroperasi secara redundant.

Pada periode RAFI tahun ini, diproyeksikan terjadi lonjakan trafik broadband menjadi sebesar 20,35 Tbps atau meningkat 28% dari periode sebelumnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal tersebut, TelkomGroup melakukan peningkatan kapasitas jaringan menjadi sebesar 58,4 Tbps atau naik 11% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama Telkomsel Nugroho mengatakan, “Sebagai bagian dari TelkomGroup, Telkomsel siap mendukung penuh kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital selama Ramadan dan Idulfitri”.

Menurut Nugroho, dengan peningkatan kapasitas jaringan yang lebih andal disertai dengan kemudahan layanan dan promo terbaik bagi pelanggan mobile maupun fixed broadband, Telkomsel berupaya memastikan kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan digital terbaik di setiap momen Ramadan dan Idulfitri.

“Kami bersama TelkomGroup dan Kementerian BUMN RI berkomitmen menghadirkan solusi konektivitas yang tidak hanya andal, tetapi juga menjadikan momen penuh berkah yang terbaik bagi masyarakat,” ungkap Nugroho menambahakan.

Demi meningkatkan pengalaman terbaik pelanggan, TelkomGroup telah memetakan serta melakukan pengamanan infrastruktur dan layanan telekomunikasi.

Setidaknya ada 476 PoI (Point of Interest) atau titik keramaian yang mencakup kawasan wisata dan pusat perbelanjaan, transportasi publik meliputi bandara, pelabuhan, dan stasiun, jalur mudik termasuk rest area dan SPBU, perumahan, serta fasilitas rumah ibadah yang jadi perhatian.

Selain itu, TelkomGroup melakukan penguatan lebih dari 234ribu BTS 4G dan 5G Telkomsel. Pada periode RAFI 2025, pelanggan TelkomGroup dapat menikmati layanan 5G di 56 kota seluruh Indonesia.

Trafik data diperkirakan meningkat hingga 16% dibandingkan periode RAFI sebelumnya atau 13.16% dibandingkan hari normal, dengan total payload mencapai 69.14 PetaBytes(PB) pada puncak RAFI 2025.

Demi memastikan keandalan seluruh infrastruktur dan layanan digitalnya, TelkomGroup telah melakukan pengujian melalui rehearsal network dan drive test di lebih dari 17ribu km jalan utama, jalan tol, jalur kereta, serta jalur penyeberangan kapal.

TelkomGroup juga telah melakukan uji ketahanan (stress test), pengujian ketersediaan jaringan (availability), pemantauan stabilitas koneksi, serta peningkatan cyber-security pada seluruh sistem.

Selain itu, keandalan infrastruktur dan layanan digital TelkomGroup dijaga melalui monitoring secara berkala yang dilakukan di 57 Posko RAFI, meliputi posko nasional, regional, daerah, divisi fungsi, hingga anak perusahaan.

Sebanyak 480 personel posko bertugas 24/7 mulai 26 Maret sampai dengan 8 April 2025 dan melibatkan 9.000 teknisi lapangan yang merupakan kolaborasi terintegrasi TelkomGroup di seluruh Indonesia. Monitoring layanan dilakukan dengan dukungan berbagai aplikasi dan perangkat, serta mekanisme laporan rutin secara harian ke posko nasional.

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan di momen penuh kebahagiaan, TelkomGroup menghadirkan beragam penawaran menarik yang dirancang khusus bagi pelanggan.

Seperti  Paket Serba Lima Ribu Sahur, Smartphone Baru Ramadan Ceria (Halo Device Bold Spesial Ramadan), Open Channel IndiHomeTV #SelaluMenemani Ramadan, Paket Dynamic Telkomsel One, Paket Hemat Mudik, Surprise Deal Ramadan, Promo Langganan IndiHome, Promo Paket Youtube Premium, serta berbagai penawaran lainnya.

Tidak hanya berfokus pada kesiapan dan infrastruktur digital, TelkomGroup juga memaknai momentum RAFI 2025 untuk berbagi dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Hal ini diwujudkan melalui berbagai inisiatif kegiatan sosial, di antaranya pemberian santunan kepada 1.000 anak yatim piatu, bantuan 100 komputer dan akses internet yang diberikan kepada sekolah, madrasah, dan pesantren sebagai upaya mendukung pemerataan akses pendidikan digital, serta pemberian santunan kepada 1.000 dhuafa dan disabilitas.

Inisiatif ini sejalan dengan komitmen TelkomGroup dalam mendukung pembangunan sosial dan memperkuat nilai kebersamaan, khususnya di momen penuh berkah ini. (Icha)