spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 22

LG Luncurkan Dua Inovasi Information Display untuk Produktivitas Bisnis

0

Telko.id – PT LG Electronics Indonesia secara resmi meluncurkan dua inovasi terbaru dari lini B2B Information Display untuk mendukung produktivitas bisnis.

Produk yang diluncurkan berasal dari kategori Commercial TV dan CreateBoard, menandai komitmen LG dalam memperkuat portofolio solusi teknologi bagi sektor usaha di Indonesia.

Agustian Yusetia, Business Head of Information Display LG Electronics Indonesia, menyatakan bahwa kehadiran teknologi terdepan pada seri terbaru ini akan mendorong pemanfaatan media penampil yang lebih luas.

“Dengan membawa teknologi terdepan pada seri terbaru dua kategori utama ini, akan mendorong pemanfaatan lebih luas media penampil bagi masing-masing kategori pasar yang menjadi target penggunanya,” ujarnya dalam peluncuran yang digelar di Jakarta, 21 November 2025.

Inovasi ini sejalan dengan strategi LG dalam memperkuat bisnis B2B melalui pendekatan menyeluruh terhadap kebutuhan pasar.

Commercial TV dengan Teknologi Visual Mutakhir

Seri Commercial TV terbaru LG menghadirkan dua model andalan: UK760H dan UK767H. Model UK760H menjadi TV Hotel pertama LG di Indonesia yang mengintegrasikan teknologi NanoCell dengan resolusi 4K UHD, menawarkan visual dengan warna yang kaya dan kecerahan alami.

Sementara tipe UK767H mengusung teknologi QNED untuk menghasilkan warna akurat dengan kontras tinggi.

Kedua seri ini dilengkapi platform smart TV dengan dukungan Google Cast dan AirPlay sebagai fitur unggulan. Pengguna dapat mengakses layanan streaming seperti Netflix, Disney+, Vidio.com, dan Vision+ tanpa mengkhawatirkan aspek keamanan. Kemudahan akses konten digital ini sejalan dengan perkembangan kolaborasi platform streaming di Indonesia.

Content image for article: LG Luncurkan Dua Inovasi Information Display untuk Produktivitas Bisnis

Untuk mendukung produktivitas pemilik usaha, LG menyematkan sistem manajemen konten Pro:Centric. Sistem ini memungkinkan manajemen konten secara terpusat bahkan dengan kontrol berbasis jaringan IP. Fitur ini sangat relevan bagi hotel yang membutuhkan pengelolaan konten yang efisien across multiple devices.

Perhatian terhadap lingkungan operasional juga ditunjukkan melalui lapisan anti karat yang memberikan perlindungan tambahan dari risiko korosi, terutama untuk hotel yang berlokasi di area pantai. Commercial TV terbaru LG ini tersedia dalam empat variasi ukuran layar: 43″, 50″, 55″, dan 65″.

CreateBoard: Solusi Digital untuk Pendidikan dan Bisnis

LG CreateBoard menghadirkan teknologi layar interaktif canggih yang dirancang khusus untuk sektor pendidikan dan korporasi. Produk ini bukan sekadar papan tulis digital, melainkan paket solusi pintar yang mendukung transformasi digital.

Content image for article: LG Luncurkan Dua Inovasi Information Display untuk Produktivitas Bisnis

Fitur Genuine Touch & Writing Experience menghadirkan sensasi menulis dan menggambar secara natural dengan respons layar yang cepat dan akurat. “Adanya fitur ini menghadirkan proses belajar mengajar maupun presentasi terasa lebih intuitif,” jelas Agustian Yusetia.

Fitur Easy Connection & Sharing memungkinkan pengguna menghubungkan berbagai perangkat dan berbagi konten secara instan, mendukung kolaborasi yang lebih efisien.

Dari sisi keamanan, fitur Security & Compatibility menjamin perlindungan data sekaligus mendukung berbagai sistem operasi dan perangkat.

Antarmuka yang simpel dan mudah digunakan membuat CreateBoard dapat dioperasikan oleh semua kalangan, baik guru, siswa, maupun profesional bisnis.

LG juga menyediakan Remote-Control Services yang memungkinkan pengelolaan perangkat dari jarak jauh untuk meningkatkan efisiensi operasional.

“Dengan kombinasi fitur-fitur ini, LG CreateBoard bukan sekadar layar interaktif. Namun sebuah paket solusi pintar yang mendukung transformasi digital di sektor pendidikan, korporasi, dan pemerintahan,” tegas Agustian.

“Inovasi ini menciptakan ruang belajar maupun bekerja yang lebih produktif, aman, dan kolaboratif,” ujar Agustian menambahkan.

Peluncuran produk ini memperkuat posisi LG di Indonesia yang telah berkomitmen selama 35 tahun dalam menghadirkan teknologi berkualitas global. Kedua produk telah tersedia secara luas di Indonesia. (Icha)

Google Luncurkan Antigravity, Platform Coding AI Mandiri

Telko.id – Google telah meluncurkan sebuah platform yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman coding generasi terkini, yaitu Google Antigravity.

Mulai 19 November 2025, Google Antigravity sudah tersedia dalam versi public preview gratis untuk pengguna Windows, macOS, dan Linux. Platform berbasis Gemini 3 ini memungkinkan agen AI bekerja secara mandiri untuk menulis kode, menjalankan perintah, mengoperasikan browser, hingga memberikan bukti transparan dari setiap langkah kerja yang dilakukan.

Baca juga:

Mengutip dari Kumparan, Google Antigravity adalah sebuah platform yang merupakan lingkungan development atau development environment berbasis AI yang dapat memberi akses langsung kepada agen untuk masuk ke editor, terminal, dan browser pengguna.

The Verge mengungkapkan, Antigravity mampu menjalankan tugas kompleks dari awal sampai akhir secara mandiri, berbeda dari tool coding tradisional yang hanya memberi saran dalam bentuk teks.

Konsep tersebut dikenal sebagai autonomous workflow execution, dimana AI bekerja dengan menjawab instruksi, sekaligus menyelesaikan pekerjaan seperti layanya developer.

Fitur Utama Google Antigravity

Antigravity membawa sejumlah teknologi baru yang membuatnya lebih unggul dibandingkan alat coding berbasis AI lainnya. Google menekankan bahwa platform ini bisa membantu developer menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan akurat.

Berikut beberapa fitur yang ditawarkan oleh Google Antigravity:

  • Desain Berbasis Agen (Agent-First)

    Antigravity memposisikan agen AI sebagai pekerja utama, bukan sekedar sistem. Agen mampu merencanakan tugas, berkoodinasi satu sama lain, menulis kode, menjalankan operasi browser, dan menghasilkan laporan kerja.

    Pendekatan ini mengubah cara developer bekerja dengan AI, karena sebagian besar tugas bisa diselesaikan tanpa campur tangan manual.

    • Sistem Bukti Kerja yang Transparan

    Fitur paling signifikan dari Antigravity adalah Artifacts, yaitu Kumpulan bukti terstruktur untuk setiap tindakan yang dilakukan agen. Keberadaan Artifacts membuat proses auditing lebih mudah, karena developer dapat melihat bukti visual dan data asli dari setiap langkah kerja.

    Artifacts mencakup berbagai elemen seperti rencana kerja, ringkasan reasoning, perubahan kode, hasil pengujian, screengshot, hingga rekaman aktivitas di browser. Artifacts menawarkan bukti yang lebih mudah dipahami, tidak seperti log model biasa yang panjang dan sulit diverifikasi.

    • Editor View dan Manager View

    Antigravity menawarkan fleksibilitas kerja dengan dua mode tampilan berbeda. Editor View digunakan untuk pengalaman coding klasik dengan bantuan AI di samping layar.

    Kemudian ada Manager View, ditujukan bagi pengguna tingkat lanjut yang ingin mengatur beberapa agen bekerja parallel dalam satu waktu. Mode ini sangat berguna untuk proyek besar yang memerlukan manajemen multi-agen.

    • Kolaborasi dan Feedback Lebih Mudah Dipahami

    Pengguna dapat memberikan komentar langsung pada Artifacts. Artinya, feedback bisa diberikan tanpa menghentikan alur kerja agen.

    Agen akan memproses komentar tersebut dan menyesuaikan tindakan lanjut secara otomatis berdasarkan masukan pengguna.

    • Agen Bisa Belajar dari Pekerjaan Sebelumnya

    Salah satu keunggulan Antigravity adalah kemampuan agen untuk menyimpan pola kerja, prosedur repetitive, hingga cuplikan kode yang sering dipakai.

    Dengan demikian, performa agen meningkat dari waktu ke waktu, layaknya memori jangka panjang khusus untuk proses pengembangan.

    Microsoft Ingatkan Ancaman Keamanan Baru di Agentic OS

    Telko.id – Sistem operasi Windows 11 sudah berganti menjad Agentic OS dimana sistem operasi ini berbasiskan Artificial Intelligence (AI) yang memang saat ini terus didorong oleh Microsoft, namun sayangnya dibalik ambisi tersebut, perusahaan asal Amerika itu mengeluarkan sebuah peringatan serius terkait potensi risiko keamanan yang bisa muncul dari fitur tersebut.

    Selama beberapa bulan terakhir, Microsoft memang telah mengumumkan rencana untuk menjadikan Windows 11 sebagai sistem operasi yang mampu memahami maksud dari pengguna dan bukan hanya terbatas pada instruksi literasi.

    Fitur baru ini akan memungkinkan Windows untuk menciptakan sebuah akun lokal khusus untuk AI Agent yang mana akan tetap beroperasi dalam agentic workspace, sebuah desktop environment terpisah namun tetap memiliki akses ke aplikasi dan file pengguna seperti Dekstop, Downloads dan lain-lain jika diaktifkan.

    Aktivasi fitur ini hanya dapat dilakukan oleh administrator, dan begitu aktif akan berlaku untuk semua pengguna di perangkat tersebut.

    Mengutip dari Winpoin, disisi lain, Microsoft menyebutkan dalam halaman pengumumannya mengingatkan bahwa agentic capabilities tidak bebas dari ancaman, dimana menurut mereka salah satu risiko yang juga disorot adalah cross-prompt injection (XPIA), teknik serangan dimana konten berbahaya yang disisipkan pada elemen UI atau dokumen dapat mengubah instruksi agent.

    Baca juga:

    Dampak dari hal ini juga bisa fatal, mulai dari pencurian data, hingga instalasi malware yang kelas akan merugikan pengguna. Dalam halaman pengumuman tersebut, Microsoft menjadikan kasus XPIA malware sebagai kasus nyata bagaimana sistem AI-driven dapat dieksploitasi oleh penyerang.

    Pihak Microsoft telah menetapkan sejumlah prinsip desain guna meningkatkan keamanan, mulai dari setiap aktivitas Agent harus transparan, keputusan agent AI tidak boleh otomatis tanpa verifikasi pengguna, dan sistem operasi Windows harus mampu memverifikasi tindakan agent melalui log yang tahan terhadap perubahan,

    Dengan prinsip ini, Microsoft berharap bahwa pengalaman agentic bisa tetap aman, namun juga tetap produktif dalam waktu yang bersamaan.

    Transformasi Windows 11 ke Agentic OS ini sendiri memang mendapatkan banyak tantangan dari para pengguna, namun bagaimanapun  Microsoft tampaknya sudah benar-benar fix untuk menjadikan Windows 11 sebagai Agentic OS.

    OPPO Curi Perhatian di JGTC 2025 dengan Find X9 dan Reno14 Series

    0

    Telko.id – OPPO memperkuat posisinya sebagai brand teknologi yang dekat dengan generasi muda melalui kehadirannya di The 48th Jazz Goes to Campus (JGTC).

    Konser musik mahasiswa paling ditunggu ini diselenggarakan di Universitas Indonesia pada 21 November 2025. Kolaborasi ini menghadirkan rangkaian aktivitas kreatif dan interaktif yang dirancang untuk mendorong eksplorasi, ekspresi diri, serta memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung.

    Sebagai bagian dari kolaborasi ini, OPPO menghadirkan beragam aktivasi seru mulai dari spot foto estetik, kuis interaktif berhadiah, doorprize eksklusif, hingga experience zone. Di zona ini, para mahasiswa dapat mencoba langsung inovasi terbaru OPPO, terutama teknologi kamera dan performa dari OPPO Find X9 Series dan Reno14 Series.

    OPPO memberikan kesempatan bagi seluruh pengunjung untuk menangkap momen konser dengan kualitas tinggi menggunakan kedua seri smartphone tersebut.

    Sensor ultra jernih dan kemampuan zoom yang impresif memungkinkan anak muda mengabadikan suasana panggung secara detail, bahkan dalam kondisi pencahayaan konser yang dinamis.

    Melalui OPPO Hasselblad Teleconverter, pengguna bahkan bisa mendapatkan foto jarak jauh dengan kejernihan luar biasa, mulai dari ekspresi musisi hingga suasana crowd yang seru.

    Teknologi ini semakin mengukuhkan posisi OPPO Find X9 Series sebagai perangkat fotografi profesional dalam genggaman.

    Content image for article: OPPO Curi Perhatian di JGTC 2025 dengan Find X9 dan Reno14 Series

    Pengalaman tersebut juga dirasakan langsung oleh para pengunjung. Dylan Ferdinand, salah satu mahasiswa UI, mengungkapkan kekagumannya terhadap Find X9 Pro.

    “Find X9 Pro desainnya enak buat digenggam sama enak buat bikin konten dengan kameranya. Kualitas kamera buat aku itu penting banget, karena aku mau banget mengabadikan momen konser yang bagus. Dengan HP OPPO, bebas panik, really enjoyed, dan ini recommend banget,” ujar Dylan.

    Komentar serupa juga datang dari pengunjung lainnya yang memuji stabilitas kamera dan daya tahan baterai Reno14 Series.

    Kayla Nuha, Mahasiswi UI, menjelaskan pengalamannya: “HP ini bisa nangkep momen cepat, jadi walaupun aku gerak-gerak, masih tetap stabil hasil fotonya. Pokoknya Reno14 Series the best deh, karena dia nemenin aku terus dari pagi sampai malam, baterainya ngga habis-habis, kameranya juga bagus banget.”

    Content image for article: OPPO Curi Perhatian di JGTC 2025 dengan Find X9 dan Reno14 Series
    Content image for article: OPPO Curi Perhatian di JGTC 2025 dengan Find X9 dan Reno14 Series

    OPPO Find X9 Series hadir menetapkan standar baru untuk performa dan fotografi pro dalam genggaman anak muda. Ditenagai prosesor MediaTek Dimensity 9500 dan baterai jumbo 7.500 mAh yang mendukung penggunaan sepanjang hari, Find X9 Pro juga dilengkapi dengan kamera 200MP Hasselblad Telephoto yang mampu melakukan 120x Super Zoom serta stabilitas tinggi. Spesifikasi ini menjadikannya ideal untuk mengabadikan momen konser dan hang-out.

    Sementara OPPO Reno14 Series tampil sebagai pilihan tepat bagi para mahasiswa yang mencari keseimbangan antara gaya, kemampuan kamera, dan daya tahan.

    Dengan tampilan yang stylish dengan desain “Iridescent Mermaid Glow”, Reno14 juga dibekali fitur AI Flash Photography dan AI Editor 2.0 yang memungkinkan pengguna mengabadikan momen malam atau di kondisi cahaya rendah dengan hasil tajam dan siap dibagi ke media sosial.

    Kehadiran OPPO di event musik mahasiswa ini merupakan langkah strategis untuk semakin dekat dengan generasi muda. Selain program OPPO Campus Ambassador yang berfokus pada pengembangan skill mahasiswa, OPPO juga hadir pada event-event seru seperti musik festival yang menjadi sarana ideal untuk membangun kedekatan dengan anak muda lewat OPPO Campus Community.

    Musik dan teknologi adalah dua elemen yang lekat dengan gaya hidup kampus, membuat kehadiran OPPO di JGTC menjadi momen yang tepat untuk menemani keseruan dan kebersamaan para anak muda.

    Tingginya antusiasme mahasiswa dalam mencoba berbagai aktivitas dan fitur OPPO menciptakan pengalaman positif yang mendalam, sekaligus menjadi “core memory” bagi mereka dalam momen kebersamaan tersebut.

    OPPO Stage dan OPPO Experience Zone menjadi spot favorit anak muda selama acara berlangsung. Melalui rangkaian acara dan pengalaman langsung, OPPO berhasil memperkuat posisinya sebagai partner yang memahami kebutuhan dan ritme hidup generasi muda, mulai dari kebutuhan dokumentasi momen, mobilitas tinggi, hingga daya tahan perangkat sepanjang hari.

    Kesuksesan OPPO Find X9 Series di pasar Indonesia sebelumnya telah menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap inovasi teknologi kamera yang ditawarkan.

    Kini, melalui pendekatan langsung di komunitas kampus, OPPO semakin mengukuhkan komitmennya dalam memahami kebutuhan pengguna muda. (Icha)

    Xiaomi Perkuat Layanan Purna Jual dengan Berbagai Fasilitas Unggulan

    0

    Telko.id – Xiaomi Indonesia memperkuat komitmennya dalam memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna melalui layanan purnajual yang komprehensif.

    Langkah ini diumumkan langsung oleh perusahaan pada 20 November 2025, menyusul pertumbuhan pasar teknologi yang pesat di Indonesia.

    Marketing Director Xiaomi Indonesia, Andi Renreng, menegaskan bahwa inovasi tidak hanya berbicara tentang teknologi, tetapi juga tentang kemudahan hidup pengguna.

    “Kami selalu berupaya melakukan extra miles mulai dari edukasi penggunaan, perawatan perangkat, hingga layanan purnajual yang semakin nyaman. Bahkan melalui WhatsApp, pengguna kini bisa membuat janji kunjungan ke service center dengan cepat dan praktis,” ujar Renreng dalam pernyataan resminya.

    Visi perusahaan “Make friends with users and be the coolest company in the users’ hearts” menjadi landasan berbagai inisiatif layanan purnajual ini.

    Komitmen tersebut sejalan dengan strategi Xiaomi menguasai pasar smartphone Indonesia yang terus menunjukkan perkembangan positif.

    Xiaomi menyediakan beragam saluran komunikasi untuk memudahkan pelanggan mendapatkan bantuan. Layanan Hotline tersedia di nomor 001-803-006-50029 dengan jam operasional 08:00-20:00 WIB.

    Untuk konsultasi lebih lanjut, pengguna dapat mengakses Live Chat melalui www.mi.co.id/id/support yang beroperasi pukul 09:00-18:00 WIB.

    Content image for article: Xiaomi Perkuat Layanan Purna Jual dengan Berbagai Fasilitas Unggulan

    Saluran email service.id@support.mi.com juga tersedia pada jam yang sama dengan Live Chat. Yang terbaru, Xiaomi menghadirkan layanan WhatsApp di nomor +62 821-1723-6765 yang dapat diakses hingga pukul 24:00 WIB, memberikan fleksibilitas bagi pengguna yang membutuhkan bantuan di luar jam kerja biasa.

    Layanan purnajual Xiaomi mencakup fasilitas jemput unit gratis yang memudahkan pengguna tanpa harus mendatangi pusat layanan.

    Kebijakan garansi ganti baru juga diterapkan jika perbaikan memakan waktu lebih dari 10 hari kerja, selama perangkat masih dalam periode garansi.

    Jaringan layanan Xiaomi di Indonesia telah mencakup lebih dari 300 titik layanan resmi di seluruh tanah air.

    Untuk produk tertentu seperti Xiaomi TV dan perangkat rumah tangga lainnya, perusahaan menyediakan layanan perbaikan on-site yang memungkinkan teknisi datang langsung ke lokasi pengguna.

    Kebijakan garansi produk menunjukkan komitmen serius Xiaomi terhadap kualitas. Produk flagship seperti Xiaomi 15 Ultra mendapatkan garansi hingga 24 bulan, sementara panel layar TV dilindungi hingga 36 bulan.

    Untuk cacat produksi yang terdeteksi dalam 15 hari pertama pembelian, unit akan langsung diganti baru tanpa melalui proses perbaikan.

    Xiaomi juga memberikan panduan perawatan perangkat untuk memastikan performa optimal. Perusahaan menekankan pentingnya menggunakan charger dan kabel resmi yang telah disesuaikan dengan standar keamanan.

    Penggunaan aksesori dengan voltase atau output daya tidak sesuai berisiko menurunkan performa pengisian dan merusak komponen internal.

    Perawatan fisik dan kebersihan perangkat menjadi aspek penting lainnya. Pengguna disarankan membersihkan lubang pengisian daya dan speaker secara rutin menggunakan kuas halus atau cotton bud kering.

    Perangkat juga harus dijauhkan dari kontak langsung dengan cairan, kelembaban tinggi, atau suhu ekstrem.

    Xiaomi meminta pengguna tidak membongkar atau memodifikasi perangkat di luar Pusat Layanan resmi.

    Hal ini penting untuk memastikan perbaikan dilakukan oleh teknisi profesional menggunakan suku cadang asli, yang sejalan dengan strategi retail comprehensive yang diterapkan mitra bisnis teknologi di Indonesia.

    Pendekatan proaktif Xiaomi dalam layanan purnajual ini merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk memastikan setiap pengguna merasa aman dan didukung penuh.

    Dari pemakaian sehari-hari hingga kebutuhan perbaikan, Xiaomi berkomitmen memberikan pengalaman yang terintegrasi dan menyeluruh.

    Dukungan layanan yang mengedepankan kenyamanan pengguna ini menjadi faktor penting dalam membangun loyalitas pelanggan.

    Seperti perkembangan di industri teknologi lainnya, termasuk kebijakan layanan yang diterapkan berbagai brand global, kualitas layanan purnajual menjadi penentu utama kepuasan konsumen.

    Xiaomi Corporation, yang didirikan pada April 2010 dan terdaftar di Bursa Efek Hong Kong, terus memperkuat posisinya sebagai salah satu perusahaan smartphone terkemuka dunia.

    Hingga Maret 2025, jumlah Pengguna Aktif Bulanan Xiaomi secara global mencapai sekitar 718,8 juta, termasuk smartphone dan tablet.

    Platform AIoT konsumen Xiaomi juga mencatatkan sekitar 943,7 juta perangkat pintar yang terhubung hingga 31 Maret 2025. Strategi “Human × Car × Home” yang diperbarui pada Oktober 2023 semakin mengintegrasikan perangkat pribadi, produk rumah pintar, dan mobil secara seamless.

    Keberhasilan Xiaomi dalam membangun ekosistem teknologi yang terhubung didukung oleh layanan purnajual yang andal.

    Dengan produk yang telah hadir di lebih dari 100 negara dan masuk dalam Fortune Global 500 selama enam tahun berturut-turut, Xiaomi terus memenuhi kebutuhan pengguna melalui inovasi berkelanjutan. (Icha)

    NeutraDC dan AMD, Sepakat Perkuat Infrastruktur AI di Asia Tenggara

    0

    Telko.id – NeutraDC Singapore Pte. Ltd., anak usaha PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) yang merupakan bagian dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), mengumumkan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan AMD.

    Kesepakatan ini menandai langkah penting dalam mempercepat integrasi teknologi AI canggih di kawasan Asia Tenggara.

    Penandatanganan yang berlangsung pada ajang Tech Week Singapore beberapa waktu lalu ini memperkuat kolaborasi kedua perusahaan untuk mengeksplorasi implementasi proof-of-concept menggunakan AMD Instinct™ accelerators serta berbagai inisiatif integrasi AI lainnya.

    Kolaborasi yang dilaksanakan pada Oktober lalu ini mencakup ruang lingkup dari konsultasi teknis hingga potensi penerapan komersial.

    CEO NeutraDC Singapore Sendang Praptomo menekankan pentingnya kemitraan tersebut. “Berkolaborasi dengan AMD sebagai pemimpin global di bidang komputasi berkinerja tinggi dan adaptive computing ini memberi kami peluang untuk memperluas akses layanan GPU dan talenta AI di kawasan,” ujar Sendang Praptomo.

    Ia menambahkan, “Didukung kekuatan cloud-connect dan jaringan data center kami, kami dapat menghadirkan solusi AI lebih dekat kepada pengguna dan mempercepat adopsi AI yang membawa perubahan nyata bagi masyarakat.”

    Senior Vice President Global AI Markets AMD Keith Strier menyampaikan kolaborasi ini menjadi komitmen dalam memperluas infrastruktur AI.

    “Perjanjian ini memperkuat komitmen AMD untuk memperluas akses infrastruktur AI berkinerja tinggi di Asia Tenggara,” ucap Keith Strier.

    Ia menjelaskan, “Bersama NeutraDC, kami akan menghadirkan kemampuan komputasi dan keahlian yang dibutuhkan organisasi untuk mengakselerasi strategi AI mereka dengan lebih percaya diri.”

    Kesepakatan ini juga mencakup program riset dan pelatihan AI bersama untuk mengembangkan talenta AI dan mendorong lahirnya inovasi produk berbasis AI.

    Seiring pesatnya adopsi AI di berbagai industri, kolaborasi ini diharapkan mampu membuka peluang inovasi yang lebih besar, meningkatkan kapabilitas bisnis, dan memperkuat daya saing regional.

    Sebagai bagian dari Telkom Indonesia melalui PT Telkom Data Ekosistem, NeutraDC mengoperasikan Digital Ecosystem Hub yang menghubungkan perusahaan global dengan ekosistem digital Indonesia yang berkembang pesat.

    Melalui jaringan 29 data center mulai dari hyperscale, enterprise, hingga edge di Indonesia dan Singapura, NeutraDC menghadirkan konektivitas global yang mulus.

    NeutraDC memberdayakan bisnis untuk menjangkau lebih dari 171 juta pengguna digital melalui solusi yang skalabel dan berbasis wawasan pasar lokal. Perusahaan ini menawarkan layanan komprehensif yang mencakup colocation, interkoneksi data center, dan service management.

    Platform Neutra Connect yang dimiliki NeutraDC mengorkestrasi data center, multi-cloud, aplikasi, perangkat, dan mitra bisnis.

    Sementara Neutra Compute menyediakan akses GPU berkinerja tinggi untuk mempercepat inisiatif AI perusahaan. Dengan ini, NeutraDC menjadi ekosistem terintegrasi penuh yang mendukung perusahaan untuk bertumbuh, berinovasi, dan mendorong transformasi melalui solusi berbasis AI.

    Kolaborasi NeutraDC dan AMD ini sejalan dengan perkembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia yang terus mengalami peningkatan.

    Dukungan infrastruktur yang kuat menjadi kunci dalam menghadapi tantangan digitalisasi dan adopsi teknologi AI yang semakin masif.

    Selama lebih dari 55 tahun, AMD telah memimpin inovasi di bidang komputasi berkinerja tinggi, grafis, dan teknologi visualisasi.

    Teknologi AMD digunakan miliaran orang, perusahaan Fortune 500, hingga lembaga riset ilmiah terkemuka di seluruh dunia untuk meningkatkan cara mereka hidup, bekerja, dan berkreasi.

    AMD terus menghadirkan solusi adaptif dan berkinerja tinggi yang mendorong batas kemungkinan teknologi.

    Kemitraan dengan NeutraDC ini menunjukkan komitmen kedua perusahaan dalam mendukung perkembangan peran AI dan infrastruktur jaringan di kawasan Asia Tenggara.

    Penguatan infrastruktur digital melalui kolaborasi strategis seperti ini juga tercermin dalam berbagai inisiatif TelkomGroup dalam menyiapkan infrastruktur untuk mendukung berbagai acara dan kegiatan strategis di tingkat regional maupun internasional.

    Dengan dukungan infrastruktur komputasi yang kuat, keragaman model AI, dan pengembangan use case AI yang relevan, kolaborasi NeutraDC dan AMD diharapkan mampu menjawab tantangan nyata bisnis di era digital yang terus berkembang pesat. (Icha)

    Samsung Galaxy Z Fold7 Dongkrak Produktivitas Remote Worker

    0

    Telko.id – Samsung Electronics Indonesia secara resmi memperkenalkan Galaxy Z Fold7 sebagai perangkat utama untuk mendukung produktivitas pekerja remote.

    Diluncurkan dengan dukungan penuh Gemini AI, perangkat ini dirancang khusus untuk menjawab tantangan fleksibilitas, multitasking, dan efisiensi kerja dari mana saja.

    Menurut Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, tren remote working yang semakin tinggi membutuhkan perangkat fleksibel yang mampu mendukung multi-tasking.

    “Samsung hadir dengan perangkat yang tidak hanya kuat secara performa, tetapi juga fleksibel untuk mendukung mobilitas dan ritme kerja yang dinamis,” ujarnya.

    Galaxy Z Fold7 menghadirkan tiga fitur utama yang secara khusus dirancang untuk kebutuhan pekerja remote. Fitur Multi-Window memungkinkan pengguna membuka hingga tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar besar, cocok untuk multitasking seperti meeting, cek presentasi, dan mencatat poin penting secara bersamaan.

    Multi-Window untuk Workflow Seamless

    Fitur Multi-Window di Galaxy Z Fold7 memaksimalkan keunggulan layar besar untuk menunjang situasi kerja yang serba cepat. Pengguna dapat membuka aplikasi meeting, deck presentasi, dan notes secara bersamaan dalam satu tampilan, layaknya membawa laptop portable.

    Content image for article: Samsung Galaxy Z Fold7 Dongkrak Produktivitas Remote WorkerMulti-Window di Galaxy Z Fold7 memungkinkan kamu membuka meeting, presentasi, dan catatan sekaligus dalam satu layar besar membuat kerja cepat dari mana saja tetap nyaman dan produktif.

    Dalam praktiknya, fitur ini memungkinkan pekerja remote join meeting sambil mengecek materi presentasi dan mencatat poin penting tanpa harus bolak-balik aplikasi.

    Cukup dengan drag aplikasi yang dibutuhkan, pengguna bisa mengikuti meeting dengan tenang dan tetap produktif di mana pun berada, termasuk saat menunggu boarding di bandara.

    Baca Juga:

    Transcript Assist membantu kamu otomatis mentranskrip dan merangkum hasil meeting, sehingga tetap on track meski harus bekerja mobile sepanjang hari.

    Transcript Assist Hemat Waktu

    Untuk mengatasi tantangan mobilitas tinggi, Galaxy Z Fold7 dilengkapi dengan Transcript Assist yang membantu mengubah rekaman meeting menjadi transkrip dan rangkuman otomatis. Fitur ini dapat menghemat waktu dan memastikan pengguna tetap on-track meski sedang berpindah lokasi.

    Dengan Transcript Assist, rekaman meeting bisa langsung ditranskrip dan diringkas, memudahkan pembuatan key takeaway, action plan, hingga timeline. Setelah meeting, pengguna tidak perlu membuang waktu untuk mengetik ulang atau mendengarkan rekaman berulang kali. Cukup merapikan rangkuman yang sudah tersedia, lalu mengirim ke tim atau langsung mengubahnya menjadi task list.

    Fitur ini semakin mengukuhkan posisi Galaxy Z Fold7 sebagai perangkat yang mampu mewujudkan semangat pahlawan masa kini dengan kemudahan teknologi terkini.

    Gemini Canvas untuk Visualisasi Data

    Gemini Canvas hadir sebagai solusi AI yang memudahkan visualisasi data tanpa aplikasi rumit. Fitur ini cocok untuk membuat infografik atau diagram langsung dari perangkat mobile.

    Pengguna dapat membuat outline pitch deck, moodboard, sketch konsep, hingga layout presentasi langsung di layar besar Galaxy Z Fold7.

    Cara penggunaan Gemini Canvas sangat mudah. Contohnya, setelah mendapatkan key takeaway dari hasil meeting melalui Transcript Assist, pengguna bisa menyajikan data dengan lebih praktis.

    Cukup dengan prompt seperti “Saya sedang membuat presentasi tentang perilaku konsumen. Ubah data survei ini menjadi infografik yang menarik dan mudah dipahami”, Gemini Canvas akan membuat visual yang rapi dan relevan dalam sekejap.

    Content image for article: Samsung Galaxy Z Fold7 Dongkrak Produktivitas Remote Worker
    Deep Research dan Gemini Canvas di Galaxy Z Fold7 memudahkan kamu mengubah ide menjadi visual siap pakai langsung dari satu perangkat, tanpa perlu buka laptop.

    Kemampuan visualisasi data ini sejalan dengan fungsi Galaxy Z Fold7 dalam mengubah eksplorasi menjadi karya visual yang impactful.

    Galaxy Z Fold7 tersedia dalam tiga varian konfigurasi: 16GB/1TB seharga Rp34.999.000, 12GB/512GB seharga Rp31.499.000, dan 12GB/256GB seharga Rp28.499.000. Perangkat ini hadir dalam pilihan warna Blue Shadow, Silver Shadow, dan Jet Black, dengan warna Mint yang eksklusif tersedia melalui website resmi Samsung.

    Untuk periode promosi 14 November hingga 10 Desember 2025, pembeli Galaxy Z Fold7 bisa mendapatkan total benefit hingga Rp5,7 juta, termasuk akses gratis Google AI Pro selama enam bulan. Konsumen juga dapat memanfaatkan program trade-in dan memiliki Galaxy Z Fold7 mulai dari Rp1.000.000 per bulan dengan cicilan 0% hingga 24 bulan.

    Kehadiran Galaxy Z Fold7 semakin memperkuat komitmen Samsung dalam mendukung kreativitas anak muda Indonesia melalui teknologi terkini. (Icha)

    Indosat Ooredoo Hutchison Rayakan 58 Tahun, Perkuat Komitmen AI Inklusif

    0

    Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) merayakan perjalanan 58 tahun dengan menegaskan transformasi perusahaan menuju AI TechCo yang berperan mendorong percepatan digitalisasi nasional.

    Mengusung tema “5triving 8eyond”, Indosat menempatkan teknologi kecerdasan artifisial (AI) sebagai fondasi utama dalam menghadirkan pengalaman digital yang lebih cerdas, personal, dan berdampak bagi seluruh masyarakat Indonesia.

    Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyampaikan bahwa tahun ke-58 menjadi refleksi perjalanan panjang Indosat sekaligus momentum menatap masa depan.

    “Ini adalah bukti bahwa Indosat terus melampaui batas sebagai AI TechCo, melalui inovasi dan solusi yang dibangun bersama ekosistem kolaboratif. Kami ingin memastikan setiap kemajuan teknologi membawa manfaat nyata bagi masyarakat, pelanggan, dan masa depan digital Indonesia,” ujarnya.

    Transformasi menuju AI TechCo diwujudkan melalui berbagai inisiatif strategis, salah satunya kampanye “AI untuk Kita Semua” yang memastikan teknologi AI dapat dirasakan secara inklusif oleh seluruh lapisan masyarakat.

    Salah satu implementasi terdekatnya adalah fitur Anti-Spam dan Anti-Scam berbasis AI. Dalam tiga bulan sejak peluncuran, solusi ini telah memblokir lebih dari 200 juta panggilan berisiko, memberikan peringatan untuk lebih dari 90 juta pesan mencurigakan, serta melindungi rata-rata 11,5 juta pelanggan setiap bulan dari potensi penipuan digital.

    Indosat juga memperluas pemanfaatan AI ke tingkat jaringan. Baru-baru ini, Indosat meluncurkan AI-RAN Research Center di Surabaya, pusat inovasi AI Radio Access Network (AI-RAN) berbasis AI pertama di Asia yang dibangun bersama Nokia dan NVIDIA.

    Fasilitas ini menegaskan posisi Indonesia sebagai pelopor dalam pengembangan jaringan cerdas berbasis AI, sekaligus mendukung komitmen pemerintah untuk memperkuat kedaulatan digital nasional menuju visi Indonesia Emas 2045.

    Content image for article: Indosat Ooredoo Hutchison Rayakan 58 Tahun, Perkuat Komitmen AI Inklusif

    Selain itu, Indosat juga kembali meluncurkan Empowering Indonesia Report 2025 bertema “Building Bridges of Tomorrow”, yang menegaskan pentingnya AI berdaulat sebagai fondasi utama pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

    Laporan ini mendorong kolaborasi lintas sektor untuk bersama menciptakan ekosistem AI yang mandiri, dengan memperkuat infrastruktur digital, mengembangkan talenta masa depan, dan menerapkan tata kelola AI yang beretika.

    Dalam rangka merayakan 58 tahun Indosat, berbagai penawaran spesial dihadirkan untuk pelanggan dari seluruh brand layanan Indosat, mulai dari Tri, IM3, hingga Indosat HiFi. Untuk pelanggan Tri, tersedia promo paket data menarik, seperti isi ulang Happy 30GB 30 hari hanya Rp50.000 yang dapat dibeli di berbagai minimarket terdekat.

    Pembelian paket isi ulang Happy pelanggan sudah terlindungi dari ancaman spam/scam calls dengan TRI AI: Anti Spam/Scam dari Tri.

    Content image for article: Indosat Ooredoo Hutchison Rayakan 58 Tahun, Perkuat Komitmen AI Inklusif

    Tak hanya itu, untuk pelanggan setia Tri, juga dapat mendapatkan berbagai reward voucher belanja dan gaming dengan menukarkan point BonsTri di aplikasi bima+.

    Sementara bagi pelanggan IM3 Platinum, Indosat menghadirkan kuota add-on 25GB untuk 7 hari hanya Rp25.000, yang disertai perlindungan ekstra SATSPAM berteknologi AIvolusi5G, yang membantu melindungi pelanggan dari potensi kejahatan digital, semuanya tanpa biaya tambahan.

    Apresiasi khusus juga diberikan bagi pelanggan Indosat HiFi. Pelanggan dapat menikmati paket hemat 12 bulan cukup bayar 8 bulan, serta penawaran upgrade kecepatan dua kali lipat, dari 50Mbps menjadi 100Mbps selama 3 bulan.

    Tidak hanya itu, tersedia juga promo Indosat HiFi Air yang sudah termasuk starter quota hingga 200GB. Pada tanggal 20 November, pelanggan yang melakukan pembayaran melalui Indosat HiFi Official WhatsApp 08159001515 juga berkesempatan mendapatkan voucher belanja untuk 58 pelanggan pertama.

    Transformasi digital Indosat Ooredoo Hutchison ini sejalan dengan berbagai pencapaian perusahaan sebelumnya, termasuk pembagian dividen senilai Rp2,7 triliun dan penerbitan obligasi dan sukuk ijarah yang memperkuat posisi keuangan perusahaan.

    Komitmen terhadap pengembangan ekosistem digital juga tercermin dari penyelenggaraan Connex Webinar ketiga yang fokus pada kolaborasi industri.

    Perayaan 58 tahun Indosat Ooredoo Hutchison ini menandai babak baru dalam perjalanan perusahaan telekomunikasi yang telah mengabdi selama lebih dari setengah abad.

    Dengan fokus pada pengembangan AI yang inklusif dan berkelanjutan, Indosat memperkuat posisinya sebagai mitra strategis dalam mewujudkan transformasi digital Indonesia menuju visi Indonesia Emas 2045. (Icha)

    Telkomsel Lanjutkan Akselerasi UKM dengan AI di Program DCE ke-5

    0

    Telko.id – Telkomsel secara resmi meluncurkan program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) edisi kelima, yang kembali fokus pada pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui kurikulum berbasis Artificial Intelligence (AI).

    Pendaftaran bagi pelaku UKM lokal di bidang Fashion, F&B, Personal Care, dan Craft dibuka hingga 24 Desember 2025.

    Program CSR unggulan Telkomsel ini mengusung tema “AI-Enabled SMEs Growth – How Locals Go Global”.

    Langkah ini diambil menyusul data yang menunjukkan sekitar 64,2 juta UMKM di Indonesia menyerap lebih dari 123 juta tenaga kerja pada 2025, namun jumlah usaha yang telah bertransformasi digital masih jauh dari target nasional.

    Abdullah Fahmi, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, menegaskan komitmen perusahaan dalam mendorong adopsi teknologi.

    “Sebagai wadah pembinaan, solusi, dan inkubasi, selama empat tahun terakhir DCE berfokus pada pemberdayaan dan transformasi digital UKM Indonesia. Tahun ini, DCE hadir dengan semangat baru untuk memaksimalkan peran teknologi dan kecerdasan buatan dalam mengembangkan bisnis,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (20/11/2025).

    Penguatan kurikulum DCE ke-5 dirancang agar manfaat AI dapat terukur dan terimplementasi dalam aktivitas bisnis harian UKM lokal.

    Rangkaian program ini mencakup Business Diagnostic untuk mengevaluasi Business Health Score, Growth-Focused Mentoring untuk meningkatkan efisiensi dan jangkauan pasar, AI Tools Training untuk praktik pemanfaatan AI dalam riset tren dan perencanaan konten, serta Curated Local Showcase yang memamerkan brand lokal unggulan di setiap kota penyelenggaraan.

    Implementasi program DCE ke-5 akan berlangsung melalui serangkaian tahapan terstruktur. Dimulai dengan Kick-Off di Jakarta pada 20 November 2025, program akan melanjutkan roadshow ke Makassar (27 November), Medan (4 Desember), dan Surabaya (11 Desember).

    Selanjutnya, 500 UKM akan dikenalkan ke ekosistem digital Telkomsel dan solusi akselerasi bisnis melalui tahap Onboarding.

    Proses seleksi akan berlanjut dengan Pitching Tracks dimana 24 UKM terpilih memaparkan rencana bisnis dan implementasi digital mereka.

    Dari jumlah tersebut, 12 finalis akan mengikuti Academy berupa inkubasi intensif yang mencakup mentoring dan bootcamp. Puncak acara berupa Summit/Awarding dijadwalkan pada Juli 2026, dimana akan ditentukan 5 pemenang DCE ke-5.

    Dukungan terhadap program pemberdayaan UKM ini sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam mendorong transformasi digital, termasuk kesiapan perusahaan dalam mendukung aturan sanksi 1 NIK maksimal 3 nomor HP yang bertujuan menciptakan ekosistem digital yang lebih sehat.

    Pengalaman positif dari alumni program sebelumnya turut menguatkan efektivitas program DCE. Genesia Ng, Co-Founder Rajoet Gawenan (rajoet.id) dan alumni DCE ke-3, membagikan testimoni selama sesi Kick-Off di Jakarta.

    “DCE Telkomsel telah membantu kami memahami pelanggan secara mendalam, memahami gambaran umum profil mereka, dan melihat wawasan kebiasaan konsumen. Pendekatan ini sangat berpengaruh ke pengembangan produk Rajoet sejak dua tahun lalu,” ujarnya.

    Genesia menambahkan, “Dengan semakin relevannya AI, kami pikir DCE ke-5 akan jadi peluang besar bagi UKM untuk memanfaatkan teknologi digital, baik dalam riset, desain, pemasaran, maupun layanan.”

    Relevansi program ini semakin kuat mengingat survei global di 53 negara mengkonfirmasi bahwa 85,2% responden telah merasakan manfaat teknologi seperti AI dalam mendukung operasional dan layanan bisnis.

    Program DCE Telkomsel secara konsisten berperan sebagai “Impact SME Accelerator” dengan tujuan memperkuat kapabilitas, kreativitas, dan daya saing UKM Indonesia.

    Sejak diluncurkan pertama kali pada 2021, DCE telah mencatatkan pencapaian signifikan. Hingga 2025, program ini telah meregistrasi lebih dari 9.930 UKM, melahirkan lebih dari 680 alumni, dan menobatkan 18 UKM terbaik.

    Implementasi program juga melibatkan lebih dari 80 expert, melaksanakan 165 sesi mentoring dan 63 webinar nasional, serta memberikan hibah total ratusan juta Rupiah.

    Pelaku UKM lokal di empat bidang yang ditargetkan dapat mendaftarkan bisnis mereka mulai 20 November hingga 24 Desember 2025 melalui website resmi www.dce.co.id.

    Program DCE ke-4 sebelumnya telah membuktikan keberhasilannya dalam mengajak UKM naik kelas, dan edisi kelima ini diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih besar dengan integrasi pendekatan AI-enabled growth.

    Keberlanjutan program DCE menegaskan posisi Telkomsel sebagai mitra strategis UKM Indonesia dalam menghadapi era digital.

    Dengan jaringan 4G yang menjangkau 97% wilayah populasi dan pionir layanan 5G terdepan di Indonesia, Telkomsel terus memperluas pemanfaatan teknologi AI untuk mengakselerasi kemajuan UKM lokal menuju daya saing global.

    Transisi Kekuasaan: Apple Sudah Siapkan Pemimpin Pengganti

    0

    Telko.id – Apple sedang merencanakan masa transisi kepemimpinan. CEO Apple saat ini, Tim Cook, akan meninggalkan posisinya pada tahun mendatang.

    Kabar tersebut berasal dari laporan Financial Times yang mengungkapkan bahwa dewan direksi dan tim internal Apple telah mulai menjalankan rencana pergantian kepemimpinan di perusahaan tersebut.

    Dalam laporannya, Financial Times menyebut bahwa Tim Cook berpotensi mengundurkan diri dari posisi CEO pada tahun mendatang. Karena itu, jajaran direksi bersama para eksekutif senior ditengarai mulai menyusun kandidat pengganti Cook.

    Sumber Financial Times mengatakan bahwa John Ternus, Senior Vice President of Hardware Engineering, menjadi calon terkuat untuk menduduki posisi CEO. Namun demikian, keputusan final terkait hal ini masih belum mencapai kesepakatan penuh.

    Ternus tercatat telah berkarya di Apple sejak 2001. Ia sempat menangani tim Desain Produk sebelum kemudian memimpin divisi Rekayasa Perangkat Keras, termasuk menjadi figur penting dalam migrasi Apple ke chip rancangan internalnya.

    Baca juga:

    Financial Times juga menyampaikan bahwa Apple tidak akan memperkenalkan CEO baru sebelum laporan pendapatan Januari dirilis.

    Meski begitu, pengumuman pergantian pucuk pimpinan disebut tetap akan dilakukan lebih awal tahun ini agar proses transisi berjalan lancar menjelang rangaian acara tahunan Apple.

    Selain laporan Financial Times, nama John Ternus turut disebut oleh jurnalis teknologi sekaligus pembocor terpercaya, Mark Gurman.

    Menurut Gurman, keputusan Apple menempatkan Ternus dalam posisi besar tersebut merupakan salah satu bentuk strategi tim marketing (pemasaran) perusahaan.

    Gurman mengaku, tidak mengetahui dengan pasti alasan dibalik pemilihan tersebut, tetapi ia yakin bahwa semua hal yang terjadi bukan suatu kebetulan.

    Wartawan teknologi itu juga mengungkapkan Ternus adalah sosok yang ideal untuk menggantikakn Tim Cook di masa depan. Ia memiliki pengetahuan teknis mendalam soal produk dan perangkat Apple.

    Harapannya, ia tidak hanya memasarkan produk Apple di atas panggung, tapi bisa menjelaskan cara kerjanya.

    Kemunculan Ternus belakangan juga mulai terlihat perlahan oleh media. Hal ini dinilai sebagai tanda bahwa Apple mulai mengarahkan perhatian publik ke Ternus.