spot_img
Latest Phone

Garmin quatix 8, Smartwatch Maritim dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan quatix 8, smartwatch...

Moto g86 Power 5G: Spek Lengkap dengan Harga Terjangkau

Telko.id - Smartphone terbaru dari Motorola akan segera diluncurkan....

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...
Beranda blog Halaman 215

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

0

Telko.id – XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara 4 April 2024 – 14 April 2024.

Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar 16% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Lonjakan trafik data XL Axiata tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.

“Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini. Kami sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan. Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial kemarin agar bisa segera bergerak jika ada problem,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata.

Baca juga : Sambut Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut

Seperti yang sudah XL prediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data XL Axiata yang cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan.

Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16%. Selain itu, kami juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis.

Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59%, disusul oleh web browsing sebesar 18% dan social media 15%. 

Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135%, YouTube naik 17%, TikTok 14%, Netflix naik 42%, dan Spotify naik 23%.

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25% dan Meta (Facebook) 15%.

Sementara itu web browsing naik 20% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650%. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154% dibanding hari normal.

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di :

  1. Provinsi Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 32%
  2. Provinsi Nusa Tenggara Barat, 21%
  3. Provinsi Lampung, 19%
  4. Provinsi Sumatera Barat, 17%
  5. Provinsi Naggroe Aceh Darussalam, 16%
  6. Provinsi Jawa Timur, 15%
  7. Provinsi Sumatera Utara, 14%
  8. Provinsi Sumatera Selatan, 13%
  9. Provinsi Jawa Barat, 13%
  10. Provinsi Kalimantan Selatan, 7%

 Di tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia, kenaikan trafik tertinggi terjadi di:

  1. Kab. Kebumen,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 68%
  2. Kab. Cilacap,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 58%
  3. Kab. Pemalang,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 53%
  4. Kab. Tasikmalaya,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 52%
  5. Kab. Brebes,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 50%
  6. Kab. Tegal,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 48%
  7. Kab. Pandeglang,  Provinsi Banten, naik sebesar 47%
  8. Kab. Indramayu,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 39%
  9. Kab. Sukabumi,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 37%
  10. Kab. Garut,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 36%

Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan terlihat mengalami penurunan pada saat Lebaran dibanding hari biasa, yaitu turun hingga sebesar 7%. Penurunan trafik di Jabodetabek ini sesuai dengan tingginya tingkat perpindahan lokasi pelanggan selama periode Lebaran.

Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 30%.

Selama periode libur Lebaran tersebut, trafik layanan konvergensi XL Satu juga relative stabil dibandingkan hari biasa karena masih ada pelanggan yang tidak mudik. Sedangkan untuk layanan yang paling banyak diakses oleh pelanggan XL SATU adalah:

  1. Layanan Instagram, meningkat sebesar 24%
  2. Layanan Netflix, meningkat sebesar 18%
  3. Layanan Tiktok, meningkat sebesar 10%
  4. Layanan Vidio, meningkat sebesar 8%
  5. Layanan Youtube, meningkat sebesar 7%

Saat ini total jumlah pelanggan XL SATU mencapai lebih dari 235 ribu home connect.

Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali dibandingkan hari normal. 

Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk dengan mengerahan 94 mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)

Yuk Bedah 4 Fitur Unik Kamera vivo V30 Series

0

Telko.id – Di tengah gempuran konten menarik di media sosial, kehadiran smartphone dengan kemampuan fotografi terdepan diperlukan untuk menyalurkan kreativitas dan mengekspresikan diri dalam bentuk potret maupun video.

Tidak melulu mengenai resolusi kamera saja, tetapi fitur-fitur lainnya menjadi penting untuk menunjang berbagai kebutuhan fotografi. Melalui vivo V30 Series, vivo menetapkan standar baru di dunia smartphone photography kelas menengah (mid-range) melalui kolaborasinya dengan ZEISS, perusahaan optik terkemuka asal Jerman, lewat vivo V30 Pro.

Lebih dari itu, vivo V30 Series disempurnakan oleh deretan fitur unik yang siap memberikan pengalaman berbeda saat mengabadikan momen-momen yang konten-able setiap harinya.

Kenali 4 fitur unik milik vivo V30 Series yang siap memudahkan pengguna meraih “Ultimate Portraits” berikut ini:

Baca juga : vivo V30,  Hadirkan Terobosan Baru All-New Aura Light Portrait

#1 Hasil Jepretan dengan ZEISS Professional Portrait

Berkolaborasi dengan ZEISS, vivo menawarkan kesempatan untuk menjadi fotografer profesional dengan menggenggam vivo V30 Pro.

Pengguna bisa dengan mudah mendapatkan hasil foto portrait yang lebih nyata dan berkualitas tinggi dengan memanfaatkan tiga fitur utama dari ZEISS Professional Portrait.

Mulai dari ZEISS Triple Main Camera, ZEISS Style Portrait, dan ZEISS Border Watermark. vivo V30 Pro dilengkapi oleh tiga kamera belakang, yakni 50MP VCS True Color Main Camera dengan sensor Sony IMX920, 50MP AF Super Wide-Angle, dan lensa inovatif 50MP Professional Portrait Camera dengan Sony IMX816.

Ketiga kamera belakang milik vivo V30 Pro telah memenuhi standar kualitas dan kinerja pencitraan terbaik yang telah ditetapkan oleh ZEISS. Terinspirasi dari lensa klasik ZEISS, ZEISS Triple Main Camera dijamin akan menghasilkan potret berkualitas profesional dengan tampilan yang lebih hidup.

Untuk membuat objek foto terlihat fokus dan semakin stand out, kamu bisa menggunakan enam jenis lensa potret dari fitur ZEISS Style Portrait, yakni Biotar, Distagon, Sonnar, Planar, Cinematic, dan Cine-flare.

Keenam jenis lensa potret ini akan menambahkan sentuhan artistik dari efek bokeh dan bokeh flare yang membuat gambar menjadi lebih hidup. Fitur ini sangat cocok untuk kamu yang gemar fotografi dengan konsep human interest atau candid.

Efek bokeh akan membuat ekspresi subjek foto semakin menonjol, menambah kesan dramatis dan memberi cerita pada hasil potret.

#2 All-New Aura Light Portrait

Masalah pencahayaan kerap kali menjadi hambatan untuk memperoleh hasil foto atau video yang jelas dan detail. Kini, tak perlu lagi terganggu oleh noise yang seringkali muncul akibat kondisi cahaya yang tidak optimal, pengguna dapat dengan percaya diri menangkap setiap momen dengan kejernihan yang memukau.

vivo V30 Series dibekali All-New Aura Light Portrait yang membawa pembaruan dari generasi Aura Light sebelumnya. Tidak hanya terbatas pada foto saja, kali ini All-New Aura Light Portrait juga bisa digunakan ketika merekam video dengan Aura Light Portrait Video + Ultra Stable Video.

Gunakan fitur ini saat menikmati indahnya gemerlap lampu kota atau ketika menghadiri pertunjukan orkestra. Kamu bisa menggunakan fitur mengatur intensitas cahaya yang diinginkan sesuai dengan suasana yang ingin ditampilkan dalam hasil foto atau video.

Dengan begitu, suasana yang diabadikan akan tetap mempertahankan keasliannya dan semakin fenomenal.

#3 Dual 50MP Wide-Angle Camera

Lebih leluasa untuk menentukan sudut pandang dan komposisi dengan dukungan Dual 50MP Wide-Angle Camera yang disematkan pada vivo V30 Series.

Kamu tidak perlu khawatir hasil foto atau video kehilangan estetika karena salah satu objek tidak bisa disertakan dalam satu frame yang sama. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk memotret atau merekam lanskap perkotaan secara menyeluruh dengan detail menarik.

Dengan sudut pandang yang luas, kamera ini memungkinkan pengguna untuk menangkap panorama kesibukan kota dengan bangunan pencakar langit yang megah, jalan-jalan yang ramai, serta aktivitas harian yang berlangsung.

Kamu juga bisa memanfaatkan 50MP Telephoto Camera yang dimiliki vivo V30 Pro agar tetap bisa mendapatkan kualitas gambar maupun video terbaik walaupun objek berada jauh darimu.

Selain itu, Dual 50MP Wide-Angle Camera juga bisa untuk mengambil wefie dengan teman-teman saat kegiatan kumpul bersama, dengan fitur 50MP AF Group Photo pada kamera depan.

Tidak hanya itu, kamu tidak perlu dempet-dempetan hanya untuk memastikan semua temanmu bisa ikut terpotret dengan menggunakan 50MP AF Super Wide-Angle Camera pada kamera belakang, yang dapat memuat hingga 30 orang dalam satu frame.

#4 Kemampuan Zoom Hingga 20x

Sektor fotografi vivo V30 Series semakin lengkap dengan modul kamera belakang yang memiliki fitur zoom hingga 20x. Kamu tetap bisa meraih hasil foto atau video dengan detail yang luar biasa bahkan dari jarak yang jauh sekalipun.

Kemampuan ini menjadikan vivo V30 Series bisa diandalkan untuk menemanimu menghadiri konser musisi favoritmu. Rekam atau potret aksi musisi dari kerumunan penonton tanpa mengganggu pengalaman menonton konser.

Dengan teknologi zoom yang canggih, kamu dapat dengan mudah menangkap ekspresi dan gerakan mereka dengan jelas, seolah-olah kamu berada di depan panggung sendiri. Ini memungkinkanmu untuk membuat kenangan yang tak terlupakan dan berbagi momen spesial tersebut dengan teman-teman atau keluargamu tanpa kehilangan sedikit pun dari intensitas dan kegembiraan acara tersebut.

“Kami menyadari, kepraktisan dalam membuat konten dengan kamera smartphone kini semakin dicari oleh banyak konsumen kami. Untuk itu kami pun menyematkan teknologi unggul sekelas ZEISS Professional Portrait pada vivo V30 Pro dan fitur-fitur mumpuni lain di vivo V30 Series,” kata Fendy Tanjaya, Product Manager vivo Indonesia.

Fendy pun menambahkan bahwa semua itu merupakan bukti komitmen vivo untuk menyuguhkan pengalaman fotografi smartphone yang luar biasa kepada konsumennya.

Dengan vivo V30 Series, pengguna dapat mengambil foto terbaik dalam berbagai skenario pencahayaan dan mengoptimalkan kreativitas melalui berbagai mode dan fitur tambahan yang tersedia. (Icha)

Ramadan Dan Lebaran, Trafik Internet Telkomsel Naik 12.87 Persen

0

Telko.id – Momen libur Ramadan dan Lebaran tahun ini, trafik internet Telkomsel meningkat hingga 12.87 Persen dibandingkan hari biasa atau 15.08 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Beragam upaya yang telah dilakukan oleh Telkomsel ini sejalan dengan komitmen sebagai digital telco service provider terdepan di Indonesia dalam memberdayakan Masyarakat dengan menghadirkan inovasi teknologi jaringan serta layanan terdepan.

“Kami bersyukur dapat mengawal dan melayani pelanggan setia tanpa gangguan yang berarti pada momen Ramadan dan Idul fitri 1445 H,” kata Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel.

Selama periode RAFI 2024, lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital.

Baca juga : Telkomsel Siaga RAFI 2024, Berangkatkan 1.100 Pemudik

Seperti mobile gaming melonjak 78.51 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) naik 28.52 persen, video streaming tumbuh 15.94 persen, akses e-commerce naik 15.77 persen, akses media sosial naik 14.07 persen, dan akses browsing tumbuh 9.74 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti WhatsApp (naik 40.09 persen), Instagram (naik 24.51 persen), TikTok (naik 17.82 persen), YouTube (naik 15.28 persen), dan Facebook (naik 11.17 persen).

Kemudian untuk trafik layanan SMS tercatat turun 10.40 persen dan layanan suara turun sekira 18.52 persen dibandingkan hari biasa.

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi pada pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen RAFI 2024 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.

Data Telkomsel menunjukkan 5 wilayah kota/kabupaten di Indonesia yang memiliki pertumbuhan trafik penggunaan data tertinggi, yakni Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) tercatat mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 57.42 persen.

Diikuti Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) naik sekira 55.25 persen, Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) naik 54.48 persen, Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) naik 47.11 persen, dan Kabupaten Cirebon (Provinsi Jawa Barat) naik 34.49 persen.

Sejalan dengan prediksi pemerintah yang mengatakan terjadi peningkatan arus mudik hingga 56% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, data Telkomsel juga menunjukkan bahwa Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Cilacap menjadi 5 wilayah destinasi tujuan mudik yang mengalami pergerakan pelanggan Telkomsel paling signifikan.

Saki lebih lanjut menambahkan bahwa peningkatan signifikan trafik internet Telkomsel merupakan bukti nyata dari kepercayaan pelanggan dalam menggunakan layanan Telkomsel, sekaligus menunjukkan keberhasilan strategi optimalisasi kualitas, kapasitas.

Serta pemutakhiran teknologi jaringan terdepan yang difokuskan pada 444 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia, memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan yang berfokus pada pelanggan, menghadirkan berbagai program promo produk layanan digital, hingga program loyalitas bagi setiap orang, setiap rumah, dan setiap bisnis.

“Telkomsel mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan menggunakan produk dan layanan dari Telkomsel. Kami terus berkomitmen untuk memastikan kesiapan jaringan di momen-momen besar keagamaan seperti Hari Raya, dan momentum penting lainnya yang membutuhkan keandalan layanan internet,” tutup Saki. (Icha)

realme 12 5G, Anak Muda pun Kembali Produktif Usai Libur Panjang

Telko.id – Produktif usia libur panjang, duh pastinya suasana hati belum normal, tapi dengan realme 12 5G yang menghadirkan rangkaian fitur terbaik dan terlengkap serta performa yang lancar di segmennya, rutinitas harian pun akan lebih asyik.

Ya, kombinasi kamera, performa, hingga fitur yang kaya mampu memberikan pengalaman pengguna terbaik khususnya bagi para pengguna saat harus kembali ke rutinitas harian.

realme 12 5G juga menghadirkan inovasi pertama pada smartphone Android di segmennya, yakni Dynamic Button yang menjadi salah satu daya tarik utama untuk kemudahan dan kenyamanan pengoperasian pada smartphone ini.

“Kembali ke rutinitas setelah menghabiskan waktu liburan memang menjadi sebuah tantangan khususnya bagi para anak muda. Oleh sebab itu, realme ingin mengambil bagian untuk mendukung para anak muda kembali ke mode produktif dengan menghadirkan smartphone dengan rangkaian fitur terbaik dan terlengkap serta performa terdepan melalui realme 12 5G,” ujar Ellen Zhou – Marketing Director realme Indonesia.

Baca juga : 4 Hal Yang Buat realme 12 5G Pilihan Tepat untuk Ramadan

Apalagi, smartphone ini didukung dengan realme UI 5.0 yang kaya fitur, anak muda akan merasakan kemudahan untuk kembali produktif dengan berbagai fungsi yang ditawarkan oleh smartphone in.

Berikut beberapa fitur unggulan pada realme 12 5G yang dapat membantu anak muda kembali produktif:

Multitasking Lancar

Prosesor menjadi salah satu kunci utama dalam rahasia kelancaran kinerja smartphone. realme 12 5G hadir dengan Chipset MediaTek Dimensity 6100+ 5G yang bertenaga, dengan menghadirkan kinerja tinggi melalui konfigurasi 8 inti dalam menjalankan tugas yang berat dan ringan.

Chipset ini secara cerdas mengatur pemrosesan dalam mengelola tugas sesuai dengan tingkat intensitas, sehingga berkontribusi pada efisiensi energi dan daya tahan baterai yang lebih lama, cocok untuk menangani tugas-tugas berat seperti multitasking, gaming, edit foto dan video, serta memastikan kinerja yang efisien daya

Adanya dukungan fitur RAM dinamis hingga 16GB turut membantu keandalan performa realme 12 5G. Anak muda juga bisa mengatur besaran RAM dinamis ini sesuai kebutuhan dan ketersediaan memori yang ada.

Teknologi RAM dinamis ini dapat mengubah memori penyimpanan menjadi RAM dengan varian RAM 8GB yang mendukung ekspansi 4GB, 6GB, dan 8GB. Menggunakan teknologi ekspansi RAM dinamis DRE, realme 12 5G menghadirkan performa multitasking yang lancar dan terbaik di segmennya. Jalankan segala aplikasi dan lakukan beragam aktivitas produktif dengan mulus dan bebas lag.

Penyimpanan Besar 256GB

Kunci lain dalam kelancaran melakukan tugas produktif terletak pada ketersediaan memori pada smartphone untuk menyimpan berbagai data ataupun file yang dibutuhkan.

realme 12 5G datang dengan kapasitas penyimpanan yang besar di kelasnya yaitu 256GB. Dengan kapasitas penyimpanan besar, anak muda memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan semua dokumen atau multimedia foto dan video bebas dari rasa khawatir.

Sebagai gambaran, memori besar ini mampu menyimpan sekitar 1.000 episode film seri, 60.000 lagu, dan 60.000 foto (dengan rata-rata 250MB per episode dan 4MB per lagu atau foto).

Pengalaman Multitasking dengan realme UI 5.0

realme 12 5G dengan realme UI 5.0 didesain khusus untuk pengalaman multitasking terbaik, yang dapat dimiliki oleh anak muda di segmen ini.

realme 12 5G yang hadir dengan realme UI 5.0 menghadirkan rangkaian fitur unggulan yang dapat membantu anak muda dalam melakukan rutinitas harian dengan lebih cepat dan menyenangkan.

realme UI 5.0 pada perangkat ini menghadirkan fitur File Dock yang memungkinkan anak muda dapat melakukan transfer lintas aplikasi hanya dengan gerakan drag and drop pada berbagai jenis file dan konten dengan mudah dan cepat.

Smartphone ini juga mendukung fitur Phonelink yang memungkinkan integrasi dengan laptop atau komputer yang mulus dengan kemampuan Microsoft LTW (Link to Windows).

Melalui fitur ini pengguna dapat mengakses berbagai fungsi pada smartphone seperti melakukan panggilan, mengirim pesan, dan mengakses berbagai aplikasi, hingga melakukan transfer data yang cepat melalui laptop maupun komputer.

Untuk mendukung anak muda lebih produktif, perangkat ini juga menghadirkan fitur Split Screen (dua aplikasi dibuka di layar secara bersamaan), Flexible Window (membuka aplikasi dalam jendela kecil interaktif, dan dapat membuka sejumlah aplikasi pada satu waktu) dan Smart Sidebar (pilih aplikasi dan tool pilihan sehingga dapat meluncurkannya dengan menarik bilah dari tepi samping). Smart Sidebar ini juga menyimpan semua jenis file ke File Dock dan mengaksesnya kapan saja.

Hasil foto detail dan tajam

realme 12 5G dibekali dengan 108MP 3x Zoom Portrait Camera yang menghadirkan hasil foto detail dan tajam. Dokumentasi pekerjaan atau tugas menjadi mudah dengan hasil foto mengesankan dari kamera utama 108MP dan teknologi 3x In-Sensor Zoom, dengan sensor besar berukuran 1/1.67″.

Melalui kombinasi hardware dan software terbaik, realme 12 5G cocok untuk mendokumentasikan pekerjaan atau tugas dalam kualitas tinggi. Keberadaan fitur In-Sensor Zoom di realme 12 5G turut mempertahankan kualitas gambar yang lebih baik dan memberikan hasil yang lebih jelas serta detail lebih tajam dibandingkan dengan zoom digital yang umumnya masih diusung oleh smartphone lain di segmennya.

realme 12 5G (8GB+8GB|256GB) tampil stylish dengan Trendy Watch Design dan tersedia dalam dua pilihan warna, Twilight Purple dan Woodland Green.

Smartphone ini telah tersedia dengan harga Rp3.699.000 melalui kanal penjualan resmi realme baik secara online maupun offline seperti di realme Brand Store dan toko mitra resmi di seluruh Indonesia.

realme Portrait Master Academy

Batas waktu pengumpulan karya Shot on realme Photography Contest sebagai bagian dari  realme Portrait Master Academy akan berakhir di Bulan April ini.

realme mengajak para anak muda dan seluruh pengguna smartphone untuk tidak melewatkan kesempatan untuk berpartisipasi dan memenangkan hadiah total senilai Rp30 juta, serta berbagai hadiah menarik lainnya.

Sebanyak 20 karya foto yang nantinya akan dipilih oleh para juri, yakni Narendra Kameshwara (@nareend), Anggey Anggraini (@her_journeys), Dane (@danesauruss), dan Muhammad Shidiq (@backpackerkurus), serta Marketing Director realme Indonesia Ellen Zhou (@ellenzhou.qy).

Untuk 20 orang pemenang yang akan diumumkan pada Bulan Mei mendatang, akan diundang untuk berpartisipasi dalam community gathering trip dengan mengundang tamu spesial untuk berbagi ilmu serta tips dan trik seputar mobile photography. Bagi 3 foto terbaik juga akan turut dipamerkan karya fotonya di Digital Out-of-Home (DOOH) terkemuka di Indonesia. (Icha)

 

Sambut Lebaran, TelkomGroup Siapkan Infrastruktur Berkapasitas Hingga 51 Tbps

0

Telko.id – Demi memastikan kualitas infratruktur dan layanan prima menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah telah melakukan serangkaian kesiapan.

Mulai dari penguatan kapasitas dan optimasi jaringan, penyiapan personel, dan membentuk khusus Posko TelkomGroup SIAGA RAFI 2024.

Posko tersebut di antaranya terdiri dari Posko Nasional, Regional, Divisi Fungsi, Posko Infrastruktur, dan Posko Anak Perusahaan, serta titik-titik lokasi dengan trafik tinggi.

Momentum lebaran tahun ini diprediksi akan meningkatkan trafik komunikasi hingga 6% dibanding trafik pada hari biasanya maupun lebaran tahun lalu.

Baca juga : TelkomGroup Berangkatkan Lebih Dari 2.000 Pemudik

Untuk itu TelkomGroup sudah mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik dan mengamankan kualitas layanan dengan menyiapkan ketersediaan kapasitas internet hingga 51,8 Tbps.

TelkomGroup juga melakukan penguatan kapasitas dan cakupan jaringan melalui ekspansi kapasitas infrastruktur kabel laut sebesar 1,7 Tbps sejak Januari 2024.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan bahwa hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, lonjakan trafik telekomunikasi diprediksikan akan terjadi pada akhir Ramadan dan jelang Idulfitri tahun 2024.

“Lonjakan trafik tersebut sudah diperhitungkan dan dimitigasi dengan penambahan kapasitas yang sudah di persiapkan dari awal tahun di seluruh area jaringan TelkomGroup. Kami memastikan keseluruhan infrastruktur dan layanan ready dalam kondisi terbaik untuk mendukung segala aktivitas komunikasi masyarakat selama momen lebaran,” jelas Ririek.

TelkomGroup juga siaga untuk mengamankan konektivitas sektor-sektor krusial yang juga mengalami peningkatan jelang lebaran ini, seperti perbankan dan area POI (Point Of Interest), seperti bandara, pelabuhan, terminal, area wisata, dan keramaian.

Tahun ini, Posko TelkomGroup SIAGA RAFI 2024 mengusung semangat “Rajut Kebersamaan, Raih Kemenangan”, dengan empat program utama, yaitu Excellence CX guna memastikan layanan terbaik di Area Trafik Tinggi.

Lalu, Special Service Project for Customer untuk memberikan solusi terbaik melalui program-program khusus bagi pelanggan, Digital Experience yang menghadirkan produk dan layanan digital dengan kualitas terbaik.

Serta program Charity for Indonesia sebagai wujud kepedulian Telkom kepada masyarakat Indonesia khususnya yang membutuhkan melalui program bantuan dan santunan.

Di program tahun ini, Telkom menyediakan 91 posko yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan 19.503 ribu personel yang akan memastikan keandalan jaringan telekomunikasi dan layanan pelanggan sama masa libur lebaran 24×7.

“Mewakili jajaran Board of Executive TelkomGroup, saya mengucapkan selamat Idulfitri 1445 Hijriah. Semoga segala usaha yang kita lakukan bisa mendapatkan hasil maksimal dan menjadi pahala untuk kita semua,” tutup Ririek. (Icha)

Sambut Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut

0

Telko.id – PT XL Axiata Tbk telah memastikan kesiapan jaringannya guna melayani dan memudahkan arus mudik Lebaran tahun ini di semua lokasi yang akan dijangkau oleh Masyarakat, termasuk jalur transportasi darat dan laut.

Khusus untuk transportasi laut, XL Axiata bahkan telah melakukan penguatan jaringan #jadilebihbaik di tiga jalur penyeberangan ramai, yaitu Merak – Bakauheni, Ketapang – Gilimanuk, dan Padang Bai – Lembar.

“Untuk keperluan ini, XL Axiata menambahkan kapasitas baru, upgrade teknologi dan newsite. Jadi selama berada di kapal penyeberangan, pelanggan XL Axiata akan bisa mendapatkan sinyal 4G yang kuat sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas akses data,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata.

“Semoga fasilitas yang kami kami sediakan ini bisa mendukung penyediaan layanan telekomunikasi dan data yang berkualitas bagi para pemudik, juga tentunya dalam jangka panjang mampu mendukung program-program pemerataan akses internet cepat hingga ke area terpencil, terutama juga support untuk pariwisata,”ujar Gede menambahkan.

Baca juga : Libur Lebaran, XL Axiata Proyeksikan Terjadi Lonjakan 10-20%

Menurut Gede, secara teknis, dengan adanya penguatan jaringan yang mampu menjangkau area jalur penyeberangan laut ini, sinyal 4G bisa meningkat secara signifikan.

Akhirnya masyarakat dan pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan data selama melakukan perjalanan diatas kapan ferry akan semakin nyaman termasuk melakukan streaming video, mengakses gaming, aktifitas browsing dan sebagainya.

Saat di laut, akses internet bisa menjangkau hingga 95 Mbps. Sebelum ada penguatan, pelanggan cenderung mengalami kesulitan akses internet saat kapal sudah di tengah laut karena semakin jauh dari BTS yang melayani. Selain kecepatan, fasilitas ini juga memungkinkan layanan bagi penumpang dalam jumlah yang lebih besar.

Sepanjang tahun, jutaan penumpang menyeberangi masing-masing dari ketiga jalur penyeberangan yang ramai tersebut. Merak – Bakauheni sepanjang 16 mil laut dengan waktu tempuh sekitar 2 jam yang menghubungkan Jawa dengan Sumatera.

Serta Ketapang – Gilimanuk sejauh sekitar 3 mil laut dengan waktu tempuh sekira 1 jam yang menghubungkan Jawa dengan Bali.

Sementara itu, jalur Padang Bai – Lembar sejauh 38 mil laut dengan waktu tempuh sekira 4,5 jam menghubungkan Bali dengan Lombok.

Penguatan akses internet di jalur penyeberangan laut ini sekaligus melengkapi kesiapan jaringan XL Axiata dalam menghadapi momen libur panjang Lebaran yang sudah mulai bergulir akhir pekan ini.

Penguatan jaringan telekomunikasi perlu dilakukan sebagai antisipasi potensi lonjakan trafik penggunaan data di saat libur panjang Lebaran.

Untuk itu, XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera.

Manajemen XL Axiata memprediksi, sepanjang libur Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10% – 20% dibandingkan hari biasa.

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. Untuk tujuan itu pula, sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik dan wisata akan menjadi perhatian khusus.

XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan.

Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 94 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik.

Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC). (Icha)

Indibiz Berangkatkan Peserta Mudik Asik Bersama BUMN 2024

0

Telko.id – Partisipasi Telkom Group dalam program Mudik Asik Bersama BUMN 2024 mendapat antusias yang positif dari masyarakat dan pelanggan Telkom Group. Di tahun ini juga, Indibiz yang menjadi ekosistem solusi digital untuk UKM dari Telkom Indonesia, turut hadir memberikan fasilitas armada gratis untuk pemudik di pulau jawa.

Vice President Enterprise Business Orchestration, Iwan Rusdarmono, menjelaskan Telkom Group terus berpartisipasi di setiap kegiatan mudik gratis dari Kementerian BUMN yang mendatangkan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi pelanggan Indibiz dan Telkom Group.

“Mudik sudah menjadi tradisi yang melekat bagi warga Indonesia. Setiap tahunnya, program ini selalu ditunggu oleh masyarakat dan pelanggan Telkom Group. Harapan kami, dengan mengikuti mudik gratis ini, pemudik dapat menikmati perjalanan pulang kampung dengan nyaman dan aman,” jelas Iwan Rusdarmono.

Keberangkatan pemudik yang difasilitasi oleh Telkom Group ini dibagi dua tempat terpisah. Di Museum Satria Mandala dan di Silang Monas Jakarta. Flag off pelepasan pemudik di Museum Satria Mandala dimulai pada pukul 9.30 WIB. Hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Enterprise and Business Service Telkom.

Baca juga : Mudik Bareng, Indibiz Berikan Fasilitas Terbaik

Selain itu, hadir juga FM Venusiana R. OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani. VP Corporate Communication Telkom, Andri Herawan Sasoko. EVP Telkom Regional 2, E. Kurniawan. AVP External Communication Telkom Sabri Rasyid, OSM Regional Business Marketing, Afifudin dan jajaran senior leader Telkom Group.

Sebelum pelepasan pemudik, Venusiana dan beberapa senior leader Telkom, melakukan sesi visit ke beberapa armada bus peserta mudik. Mereka mendengarkan langsung kesan dan tanggapan dari pemudik atas dukungan Indibiz dalam program Mudik Asik Bersama BUMN 2024 ini.

Sebelum flag off, Venusiana berharap perjalanan ke kampung halaman berlangsung aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. Ia juga berpesan untuk menjaga kesehatan, saling menjaga keamanan satu sama lain.

“Sampai rumah, sampaikan salam kami untuk keluarga dan doakan juga untuk Indibiz dan Telkom Group agar terus maju dan memberikan manfaat yang luas untuk Indonesia,” jelas Venusiana, saat memberikan sambutan di depan peserta mudik di Museum Satria Mandala di Jakarta (5/4/2024).

Sementara itu, Telkom Group juga malaksanakan seremonial flag off pelepasan pemudik di Lingkar Monas yang juga mendapat antusias dan respon yang positif dari para peserta Mudik Asik BUMN 2024 yang didukung oleh Telkom Group. (icha)

TelkomGroup Berangkatkan Lebih Dari 2.000 Pemudik

0

Telko.id – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1446 H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menyelenggarakan program Mudik Gratis, yang terdiri dari Mudik Gratis Bersama BUMN dan Mudik Hepi Telkomsel Poin, untuk pelanggan, UMKM, sales force, dan masyarakat umum.

Mudik Gratis Bersama BUMN yang diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tahun ini mengusung tema “Mudik Asyik Bersama BUMN”, di mana seremoni pelepasan keberangkatan bagi para peserta mudik dilakukan di Simpang Monas, Jakarta pada Jumat (5/4).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan PJ Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono, serta pejabat perusahaan BUMN.

Pada saat bersamaan, TelkomGroup juga melaksanakan pelepasan keberangkatan peserta Mudik Gratis Bersama BUMN dan Mudik Hepi Telkomsel Poin di Museum Satria Mandala, Jakarta.

Baca juga : Telkomsel Siaga RAFI 2024, Berangkatkan 1.100 Pemudik

TelkomGroup memberangkatkan total 2.187 pemudik melalui 35 bus (20 bus IndiHome oleh Telkomsel, 10 bus Telkomsel Poin, 5 bus Indibiz) dan 3 kapal laut dengan berbagai tujuan di antaranya, Cirebon, Semarang, Tasikmalaya, Yogya, Surabaya, dan Madiun, melalui jalur utara maupun jalur selatan Pulau Jawa, serta di sisi barat menuju Lampung hingga Palembang.

Program ini merupakan wujud dukungan Telkom untuk membantu masyarakat merayakan Idul Fitri bersama keluarga dengan aman. Mudik gratis juga merupakan upaya untuk mengalihkan penggunaan sepeda motor ke moda bus dan kapal untuk meminimalkan risiko kecelakaan.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, “Sebanyak 88 BUMN menyelenggarakan mudik yang aman dan nyaman untuk meminimalisasi kecelakaan, dengan lebih dari 90 ribu pemudik kami berangkatkan”.

Erick juga berharap semoga program yang telah berjalan selama 5 tahun ini dapat terus berlanjut, karena ini menjadi bentuk kepedulian BUMN untuk meringankan beban masyarakat terutama di momen-momen seperti ini.

“Program Mudik Gratis TelkomGroup menjadi wujud komitmen TelkomGroup dalam memberikan kontribusi positif bagi masyakat, terutama bagi mereka yang akan pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445H,” kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom.

Selain moda transportasi, Ririek juga menyebutkan bahwa TelkomGroup memberikan bantuan sekaligus memastikan para pemudik dapat pulang dengan aman dan nyaman.

Tak hanya mengadakan mudik gratis, TelkomGroup juga membagikan bantuan kepada para pemudik dengan total sebesar bantuan lebih dari Rp500 juta.

Lebih lanjut Ririek menambahkan bahwa animo masyarakat untuk mengikuti program Mudik Bersama BUMN ini sangat tinggi, di mana kuota sudah terpenuhi dalam kurun waktu kurang dari 24 jam.

Bahkan total pendaftar mencapai 5.626 orang dalam rentang 24 jam itu, lima kali lipat melebihi kuota yang ditetapkan sehingga membuat TelkomGroup harus memvalidasi calon pemudik dengan baik dan tepat sasaran.

Sementara itu, program Mudik Hepi Telkomsel Poin memberangkatkan pemudik dengan dua moda transportasi, yakni darat dan laut.

Sebanyak 10 bus diberangkatkan ke beberapa kota tujuan akhir, seperti Lampung, Palembang, Tasikmalaya, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Sedangkan moda kapal laut terdiri dari rute Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, dan Batam ke Tanjung Priok.

Melalui program Mudik Hepi Telkomsel Poin, Telkomsel memfasilitasi para pelanggan setianya untuk berpartisipasi dalam berbagi kegiatan kebaikan dan berkolaborasi dengan platform Benih Baik, yang mengumpulkan dan menyalurkan hasil donasi kepada 1.100 pemudik untuk pulang ke kampung halaman merayakan lebaran bersama keluarga.

Demi memastikan kualitas layanan telekomunikasi tetap prima jelang libur lebaran, TelkomGroup telah melakukan persiapan mulai dari optimalisasi jaringan dan ketersediaan kapasitas internet yang mumpuni dalam mengantisipasi lonjakan trafik.

Selain itu juga ada berbagai paket layanan menarik untuk pelanggan, serta personel yang bertugas selama 24×7. TelkomGroup telah menyiapkan Posko TelkomGroup SIAGA RAFI sebagai upaya untuk mengamankan infrastruktur dan layanan bagi semua segmen pelanggan di seluruh Indonesia. (Icha)

Telkomsel Siaga RAFI 2024, Berangkatkan 1.100 Pemudik

0

Telko.id – Dalam rangkaian Telkomsel Siaga RAFI 2024, operator ini menghadirkan program Mudik Hepi Telkomsel Poin.

Program ini yang mengajak para pelanggan setia Telkomsel dan IndiHome untuk berpartisipasi aktif dalam program social movement berbagi kebaikan kepada sesama melalui penukarkan Telkomsel Poin yang dimiliki untuk dijadikan tiket mudik gratis bagi masyarakat yang membutuhkan, khususnya para pekerja di sektor informal.

Melalui program tersebut, sebanyak 1.100 pemudik diberangkatkan ke kota-kota tujuan mudiknya, sehingga mereka dapat merasakan pengalaman pulang kampung dan merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halamannya.

“Kami sangat mengapresiasi para pelanggan setia Telkomsel dan IndiHome yang telah berpartisipasi mendonasikan Telkomsel Poin yang dimiliki, sehingga masyarakat yang menerima manfaat ini dapat merasakan pengalaman pulang kampung dan merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1444 H dengan penuh makna dan sukacita di kampung halamannya,: kata Derrick Heng, Direktur Marketing Telkomsel.

Baca juga : Telkomsel Proyeksikan Lonjakan Trafik Hingga 15,22% Saat RAFI 2024

Ia juga berharap semoga program ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi bangsa, sekaligus memperkuat solidaritas antar sesama umat manusia di momen suci dan penuh berkah ini.

Pelanggan Telkomsel dan IndiHome yang mengikuti program Mudik Hepi Telkomsel Poin dapat menukarkan 5 Telkomsel Poin yang setara dengan donasi 500 rupiah melalui aplikasi MyTelkomsel.

Poin yang telah ditukarkan pelanggan akan dikumpulkan menjadi donasi satu tiket mudik gratis bagi para pekerja sektor informal yang membutuhkan dengan menggunakan moda transportasi bus dan kapal laut.

Telkomsel juga bekerja sama dengan BenihBaik sebagai platform crowdfunding asal Indonesia dan menjadi platform untuk menerima serta menyalurkan donasi yang dikirimkan para pelanggan setia Telkomsel dan IndiHome kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pada program Mudik Hepi Telkomsel Poin 2024, terdapat enam kota tujuan mudik dengan pemberangkatan menggunakan moda transportasi bus, yakni Lampung, Palembang, Tasikmalaya, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Sedangkan, untuk perjalanan menggunakan kapal laut terdapat tiga kota tujuan, yakni keberangkatan dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, dan Batam ke Tanjung Priok.

Total pemudik yang diberangkatkan pada tahun ini sebanyak 1.100 orang, di mana penerima manfaat tersebut merupakan masyarakat dari pekerja sektor informal seperti pedagang pasar, pengemudi ojek online, office boy, security, dan masyarakat lain yang membutuhkan.

Seluruh pemudik yang menggunakan bus diberangkatkan serentak dari Jakarta ke kota tujuan mudiknya pada 5 April 2024, sementara pemudik yang menggunakan kapal laut akan diberangkatkan sesuai dengan jadwal Kapal Pelni.

Selain itu, bersamaan dengan pemberangkatkan 1.100 pemudik program Mudik Hepi Telkomsel Poin 2024, Telkomsel yang merupakan bagian dari TelkomGroup juga mendukung program ‘Mudik Asyik Bersama BUMN’ yang memfasilitasi lebih banyak Masyarakat untuk pulang kampung dan merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1444 H dengan penuh makna dan sukacita di kampung halamannya.

Di mana pada program tersebut TelkomGroup memberangkatkan 1.000 pemudik menggunakan 25 Bus dengan tujuan akhir Madiun, Surabaya, dan Malang yang berhenti di beberapa kota yang dilewatinya.

Selama periode RAFI 2024, Telkomsel juga telah melakukan serangkaian aktivitas optimalisasi infrastruktur jaringan broadband terdepan serta memastikan ketersediaan ragam produk dan layanan digital unggulan guna memberikan nilai tambah, memastikan kelancaran, serta kenyamanan pelanggan beraktivitas dan beribadah di bulan suci yang penuh kebaikan.

Telkomsel juga menghadirkan Telkomsel Siaga RAFI 2024 serta menggelar rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) ‘Telkomsel Sambungkan Senyuman’ melalui distribusi donasi sejumlah bantuan yang diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Diantaranya terdiri dari bantuan penyediaan air bersih di 5 lokasi, 150 bantuan renovasi mushola/pesantren/tempat ibadah, 200 bantuan perbaikan sarana usaha UMKM, 1.000 bantuan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan bagi masyarakat prasejahtera.

Selain itu juga memberikan 1.000 paket pemeriksaan gizi, makanan, dan vitamin bagi bayi/balita, 1.000 paket makanan sahur dan berbuka puasa, serta 1.800 paket sembako bagi masyarakat dhuafa. (Icha)

Mudik Pakai Mobil Listrik, Ini 5 Hal Yang Harus Diketahui

Telko.id – Jelang lebaran 2024, sebagian masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di perkotaan, tengah disibukkan dengan persiapan mudik.

Selain memanfaatkan moda transportasi umum, tidak sedikit dari para pemudik yang memilih kendaraan pribadi. Bahkan, beberapa diantaranya sudah berani untuk menggunakan mobil listrik (EV) sebagai sarana transportasi menuju kampung halaman. Tentunya diperlukan persiapan yang matang agar perjalanan mudik terasa lebih aman dan nyaman. 

Menyambut antusias masyarakat di periode mudik tahun ini, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah merangkum beberapa hal yang perlu diperhatikan khususnya jika mudik menggunakan mobil listrik.

#1 Lakukan pengecekan ke bengkel resmi.

Pengecekan ke bengkel resmi sebelum mudik wajib dilakukan oleh para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, baik itu menggunakan kendaraan konvensional maupun mobil listrik.

Baca juga : Beli Mobil Baru Buat Mudik Lebaran, Hyundai Punya Program Spesial!

Pengecekan penting dilakukan untuk memastikan seluruh bagian kendaraan dalam kondisi baik sehingga kendaraan dalam kondisi prima dan siap untuk menempuh perjalanan jauh.

#2 Tentukan rute perjalanan

Penting juga untuk memperhatikan bahwa kita telah melakukan travel management yang efektif. Adapun travel management mencakup berbagai aspek, mulai dari persiapan fisik hingga penentuan rute perjalanan.

Penting bagi pengguna EV, sebelum mudik, untuk memperhatikan kapasitas baterai mobil listrik dan memperkirakan jarak yang bisa ditempuh. Adapun, lini mobil listrik Hyundai memiliki jarak tempuh yang jauh sehingga memiliki kapasitas yang mumpuni untuk melakukan perjalanan mudik, seperti IONIQ 5 Standard Range (Prime & Signature), memiliki jarak tempuh hingga 384 km.

IONIQ 5 Long Range (Prime) memiliki jarak tempuh hingga 481 km dan IONIQ 5 Long Range (Signature) memiliki jarak tempuh hingga 451 km. Sementara, IONIQ 6 bisa menempuh jarak yang lebih jauh hingga 519 km per pengisian daya.

#3 Ketahui lokasi charging station Hyundai

Pengguna mobil listrik juga sebaiknya mengetahui lokasi charging station yang akan dilalui sepanjang rute perjalanan ke tempat tujuan, termasuk charging station di luar rest area untuk menghindari antrian yang padat.

Saat ini, Hyundai telah memiliki jaringan charging station di ratusan titik di seluruh Indonesia, termasuk di dealer-dealer yang siap jaga untuk melayani pemudik,  sehingga pelanggan bisa mengisi daya dengan nyaman. 

Baca juga : Santa Fe Kini Hadir Lengkap Dengan Teknologi Hyundai Bluelink

Untuk rute perjalanan mudik di Pulau Jawa, pemudik bisa menggunakan jaringan charging station Hyundai yang telah tersedia di kota-kota seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya.

Sedangkan untuk rute perjalanan mudik di Pulau Sumatera, pengguna mobil listrik Hyundai bisa menikmati manfaat dari jaringan charging station Hyundai di kota-kota seperti Tangerang, Serang, Lampung, Palembang, Jambi, Padang, Medan, hingga Aceh.

#4 Tetap tenang meski dilanda kemacetan

Perjalanan mudik identik dengan kemacetan karena banyaknya masyarakat yang bermobilisasi pada saat tersebut. Meski begitu pengemudi mobil listrik tetap bisa tenang di tengah kemacetan, pasalnya kondisi mesin idle dan motor penggerak pada mobil listrik tidak bekerja secara maksimal, sehingga konsumsi daya listrik lebih rendah daripada saat mobil berjalan.

Namun, tetap penting bagi pengguna untuk memperhatikan daya baterai di tengah kemacetan. Jika dalam kondisi baterai yang menipis, pengguna bisa segera mencari tempat pengisian daya terdekat.  

#5 Worry-free dalam perjalanan mudikmu

Untuk menyambut momen mudik tahun 2024, HMID menyelenggarakan program Hyundai Jaga perjalanan mudikmu yang siap jaga untuk menemani pemudik dalam melakukan perjalanan pulang kampung dengan aman dan nyaman, termasuk menangani kendala pada mobil listrik jika dibutuhkan.

Hyundai jaga perjalanan mudikmu hadir di beberapa rest area yang bisa dinikmati oleh pelanggan setia melalui layanan Hyundai Before Service yang menyediakan berbagai layanan gratis seperti pengecekan kendaraan, perbaikan darurat, ganti oli dengan 2 liter oli secara gratis, cuci mobil.

Layanan ini tersebar di: 

·         Rest Area Cikampek KM 57 (5–12 April)

·         Rest Area Semarang KM 429A (5–11 April)

·         SPBU Utama Raya Situbondo (6–15 April) 

·         Rest Area Brebes KM 260B (12–15 April)

Seluruh lokasi Hyundai Before Service juga menyediakan AC charging untuk mobil listrik Hyundai dan ruang tunggu serta makanan ringan. Khusus di Rest Area Cikampek (KM 57), turut tersedia layanan pengisian nitrogen, kursi pijat, musala, dan kids area.

Kemudian, dalam kondisi darurat, pelanggan bisa menggunakan Layanan Darurat 24 Jam yang dapat diakses via aplikasi MyHyundai, Call Center resmi Hyundai di 0 800 1 878 878 (bebas pulsa), maupun via Bluelink.

Adapun layanan darurat 24 jam meliputi:

Roadside Assistance

Bagi pemudik yang mengalami kendala pada mobil dan harus membawanya ke bengkel resmi Hyundai terdekat bisa menggunakan layanan Roadside Assistance, layanan towing ini berlaku untuk seluruh model kendaraan Hyundai tanpa batasan tahun dan km (berlaku di Sumatera, Sulawesi, Bali, Jawa, dan Nusa Tenggara Barat).

Hyundai Take Me Home

Hyundai akan mengantarkan pelanggan sampai di tempat tujuan mudik apabila mobil pelanggan terkendala di jalan saat perjalanan mudik dan harus menginap di bengkel resmi. Layanan ini berlaku untuk kendaraan dalam masa garansi.

Hyundai Mobile Service

Apabila pemudik memiliki kendala ringan dijalan, Hyundai Mobile Service memberikan layanan perbaikan darurat di jalan. Layanan ini tersedia di Jabodetabek, Cirebon, Bandung, Nagreg, Tasikmalaya, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Lampung, Medan dan Bali.

Hyundai Mobile Charging

Bagi pelanggan yang menggunakan mobil listrik Hyundai dan mengalami baterai kendaraan yang menipis, Hyundai Jaga perjalanan mudikmu menyediakan layanan Mobile Charging yang menawarkan layanan pengisian daya hingga 10 kWh dengan metode pengisian daya fast charging melalui Vehicle-to-Vehicle (V2V).

Layanan Mobile Charging memanfaatkan unit KONA Electric dan IONIQ 5 yang dilengkapi dengan konverter khusus sebagai mobil penyumbang listrik. Mobile Charging ini tersedia di sejumlah daerah seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dan Bali.

Lebih lanjut sebagai bagian dari Hyundai Jaga perjalanan mudikmu, Hyundai menghadirkan Bengkel Siaga yang akan membantu pemudik menjaga kondisi kendaraan selalu prima selama perjalanan melalui berbagai solusi perawatan dan perbaikan.

Pelanggan juga dapat berkonsultasi dengan layanan bengkel ini.Bengkel resmi Hyundai akan tetap buka selama libur Lebaran tanggal 6–15 April 2024 sesuai jam operasionalmasing-masing.

Khusus pada 10–11 April, bengkel hanya buka pukul 13.00–16.30 waktu setempat. Bengkel Siaga Hyundai akan hadir di beberapa titik berikut:

·         Jabodetabek & Banten (Cilegon, Pluit, BSD City, DI Panjaitan, Simprug, Kalimalang, Cibubur, Sholeh Iskandar)

·         Jawa Barat (Karawang, Cirebon, Leuwipanjang, Ahmad Yani)

·         Jawa Tengah dan Yogyakarta (Tegal, Purwokerto, Puri Anjasmoro, Solo Baru, Mlati)

·         Jawa Timur (Wiyung, Gubeng, Sutoyo, Kediri, Jember)

·         Bali (Sunset Road)

·         Sumatra (SM Raja, Panam, Khatib Sulaiman, Soetta, Jambi)

(Icha)