spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 1671

Menkominfo: Konsep TKDN 30% Bukan Sekedar Relokasi Manufaktur

0

 

Telko.id – Aturan Tingkat kandungan Dalam Negeri atau TKDN untuk smartphone 4G yang akan diberlakukan pada 1 Januari 2017 adalah 30%. Sayang, aturan itu seperti diterjemahkan dengan memindahkan pabrik ke Indonesia. Padahal, yang diinginkan oleh pemerintah lebih dari itu.

“Kalau TKDN kita konsepnya hanya merelokasi manufaktur maka kita cuma akan jadi blue collar pada 5-10 tahun ke depan. Padahal, kita tidak ingin tenaga kerja kita hanya akan menjadi buruh saja,” ujar Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia menjelaskan.

Untuk itu, konsep dari TKDN ini harus jelas. Harus dilihat dari value nya. Dan, Menkominfo sudah sempat berbicara dengan Kementerian Perindustrian untuk memanfaatkan momen akan diberlakukannya TKDN 30% tersebut di awal 2017 nanti. Sehingga aturan itu tidak sekedar diterjemahkan sebagai relokasi pabrik saja.

Jadi, sangat penting TKDN ini diurai kembali dengan melihat dari proses awal hingga menjadi sebuah ponsel. Dimulai dari aktivitas development yang terdiri dari riset, desain, dan manufaktur. “Manufaktur sendiri ada dua proses, software dan hardware. Kalau TKDN 30% cuma kita jejali hardware manufaktur maka kita cuma akan jadi blue collar,” ujar Rudiantara lebih lanjut.

Rudiantara juga mencontohkan, misalnya tentang desain. Orang lokal yang mendesain. Jadi bukan cuma tenaga saja yang digunakan, tetapi juga pemikiran dan ide lahir dari lokal. Itu pasti akan lebih bermanfaat bagi Indonesia. Terlebih, di Indonesia setiap tahunya ada 1 juta orang yang lulus sarjana. Lulusan inilah yang sejatinya berpotensi untuk dapat diserap oleh vendor global. (Icha)

Ujicoba mmWave, DoCoMo dan Nokia Capai Kecepatan 2 Gbps

0

Telko.id – Prestasi terbaru kembali dicetak operator Jepang, NTT DoCoMo. Kali ini, ditandai dengan keberhasilan perusahaan dalam menguji teknologi gelombang milimeter (mmWave) di lokasi dunia nyata, yang mencapai kecepatan koneksi puncak lebih dari 2 Gbps.

Dilakukan dalam kemitraannya dengan Nokia Networks, pengujian ini berlangsung di kompleks bertingkat tinggi Roppongi Hills di Tokyo, dan dengan menggunakan spektrum di band 70 GHz.

Dilansir dari Total telecom, Rabu (2/12), frekuensi mmWave dipandang sebagai komponen penting dari 5G, tetapi frekuensi ini memberikan tantangan yang signifikan, terutama pada bangunan komersial, di mana kekuatan sinyal dipengaruhi oleh permukaan reflektif dan BTS berada di luar jangkauan perangkat.

“Kali ini, bagaimanapun, percobaan itu berhasil berkat penggunaan dua teknologi baru: beamforming, yang berfokus pada gelombang radio dalam arah tertentu, dan beam tracking untuk mengendalikan arah sinyal menurut lokasi perangkat mobile,” kata DoCoMo, dalam pernyataannya minggu lalu.

Sebelumnya, pada bulan November, DoCoMo dan Samsung melakukan uji coba dimana kecepatan koneksi puncak 2,5 Gbps disampaikan ke kendaraan yang melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam dengan menggunakan spektrum 28 GHz dan banyak antena dalam hubungannya dengan beamforming dan tracking.

“Ke depan, DoCoMo akan terus meneliti dan mengembangkan teknologi jaringan canggih yang ditujukan untuk peluncuran komersial dari sistem komunikasi mobile generasi berikutnya, 5G, pada 2020,” pungkas DoCoMo.

ATSI: Vendor Harus Patuhi Aturan Tenaga Kerja di Indonesia

0

Telko.id – Beberapa hari lalu, terjadi penggerebekan di kantor Huawei Services yang berlokasi di Menara Prudential Lantai 6-8, Jakarta Selatan. Ada 12 orang yang tak bisa menunjukkan paspor dan dipanggil ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan.

Beberapa vendor telekomunikasi memang banyak yang menggunakan tenaga asing. Jika memang sesuai dengan aturan ketenagakerjaan Indonesia tidak masalah. Yang menjadi masalah adalah ketika tidak sesuai. Inillah persoalan yang menimpa Huawei beberapa hari lalu.

Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Alexander Rusli meminta masalah tentang ketenagakerjaan itu diperhatikan dan diselesaikan dengan secepatnya. Maklum saja, hampir semua operator di Indonesia banyak yang menggunakan layanan dari vendor tersebut. Dengan adanya persoalan ini, jika tidak cepat diselesaikan ditakutkan akan menghambat pembangunan jaringan maupun layanan manage service yang diberikan oleh vendor tersebut ke operator.

“Sebagai Ketua ATSI, saya meminta vendor untuk mematuhi aturan yang ada di Indonesia,” ujar Alexander Rusli, yang juga President Director & CEO Indosat menjelaskan.

Masalah ketenagakerjaan, diakui Alex, merupakan isu yang sangat sensitif. Itu sebabnya, kata dia, di ATSI sampai ada kelompok kerja (pokja) khusus yang menangani soal tenaga kerja. Apalagi di operator telekomunikasi banyak pegawai ekspatriat.

Di lapangan sendiri, masalah tenaga asing ini menjadi persoalan tersendiri. Berbeda dengan industri lain, yang biasanya tenaga asing hanya di level top management. Untuk industri telekomunikasi, tenaga asing, khususnya tenaga asing dari Cina diperkerjakan bukan hanya level executive saja, tetapi sudah menyentuh level staf. Tentu, kondisi ini meresahkan bagi tenaga kerja Indonesia. (Icha)

Alasan Huawei Pekerjakan Tenaga Asing Asal China

Telko.id – Perkembangan teknologi dan tumbuhnya kebutuhan akan berbagai layanan seolah memaksa operator seluler untuk terus meremajakan infrastruktur jaringannya. Inilah mengapa vendor jaringan seperti Huawei, ZTE atau bahkan Ericsson seolah tak pernah sepi order.

Khusus untuk vendor asal China seperti Huawei dan ZTE, mereka adalah primadona bagi para operator seluler di Indonesia. Sebagai contoh, pada saat proses refarming di frekuensi 1800 Mhz saja, kedua Vendor asal Tiongkok ini menjadi vendor yang mendominasi proyek tersebut.

Salah satu alasan mengapa para operator lebih memilih vendor asal China ketimbang Vendor Eropa disinyalir karena hal efisiensi dan juga waktu pengerjaan.

Sebagai informasi, dalam setiap tender yang digelar oleh tiap operator, setidaknya terdapat tiga poin penting yakni, ‘Cost, Time and Quality’.

Vendor Eropa seperti Ericsson dan NSN menawarkan kualitas yang sangat baik namun untuk Cost dan juga waktu pengerjaan akan jauh melambung.

Sementara vendor asal Tiongkok menyediakan harga yang rendah serta waktu pengerjaan yang relatif lebih singkat dari vendor asal Eropa. Lalu, bagaimana dengan kualitas? Well, tergantung siapa yang menjawabnya, tapi logikanya kualitas cenderung inline dengan harga.

Sebuah pertanyaan kembali terselip, bagaimana para vendor asal China bisa melakukan pekerjaan dalam sekejap dan biaya yang lebih murah?

Salah seorang tenaga profesional yang bekerja di Huawei menuturkan kepada tim Telko.id bahwa banyaknya karyawan Huawei asal China menjadikan mereka bisa mengerjakan proyek dengan lebih cepat.

Hal ini juga sekaligus menjawab pertanyaan mengapa Huawei sangat menyukai para pekerja asal China dengan atau tanpa memperdulikan persyaratan ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia.

Ia juga membeberkan, para pekerja dari RRC tidak kenal waktu, untuk weekday saja mereka bisa bekerja hingga 10-11 jam perhari. Selain itu, mereka juga bekerja pada akhir pekan.

Sementara untuk para pekerja lokal, akhir pekan biasanya digunakan untuk istirahat dan berkumpul dengan keluarga atau teman. Sementara pekerja asal RRC memiliki teman yang bekerja di perusahaan yang sama yang tentunya membuat para pekerja asal Negeri Tirai Bambu ini seakan tidak memerlukan waktu libur. Dengan demikian, pihak management akan lebih untung jika banyak karyawan asal China bekerja di Perusahaan mereka karena akan menambah waktu pengerjaan dengan biaya yang sama.

Hal ini yang tidak bisa dimiliki oleh vendor asal Eropa. Para vendor asal Eropa sejatinya lebih bersahabat dan menghargai budaya Indonesia yang memiliki sanak family yang cukup banyak.

Namun, sangat disayangkan karena pihak operator seluler sebagai pengguna jasa vendor asal China ini seakan tutup mata terhadap formula yang dilakukan oleh Huawei, terutama dalam hal ketenagakerjaan.

Operator cenderung tidak memperhatikan mengenai waktu pengerjaan yang cepat dan harga murah yang dideliver oleh Huawei sejatinya tidak menghormati peraturan ketenagakerjaan di Indonesia dan cenderung mengabaikan budaya Tanah Air yang memiliki ‘extended family’.

Di sisi lain, pola bisnis yang dilakukan Vendor jaringan asal China sejatinya berimbas ke industri turunannya. Misal sub kontraktor dan pekerjanya. Tuntutan untuk mengerjakan projek secara cepat dengan harga yang cenderung terus menurun, seolah menggiring industri telko ke sistem perbudakan.

Yup, sekarang seperti sudah jadi hal lazim jika seorang pekerja telko yang tengah berjuang membangun jaringan, di pelosok-pelosok negri, justru belum mendapatkan gajinya hingga berbulan bulan. Belum lagi masalah standar gaji kecil untuk pekerja lapangan, atau beragam jenis penalty yang siap membebani jika projek tidak selesai pada waktunya.

Ini adalah persoalan tersendiri di industri telekomunikasi, tapi sama seperti masalah work permit, perlu ada kesungguhan dari seluruh stake holder telekomunikasi untuk menciptakan ekosistem yang nyaman untuk pekerja. Tidak hanya perkeja lokal tapi juga pekerja asing.

 

XL Lebih Pilih RCS Ketimbang Volte

0

Telko.id – PT XL Axiata selaku operator seluler 4G LTE mengaku lebih memilih RCS ketimbang volte untuk layanan voice di 4G mereka.

Seperti diketahui, teknologi 4G yang semakin merata di semua wilayah Indonesia membuat para penyedia layanan ini bersiap menyongsong sebuah ekosistem  baru untuk memanfaatkan jaringan internet super cepat ini. Teknologi tersebut adalah sebuah fitur panggilan baru yang menyerupai OTT pada umumnya dan tentunya juga akan mengkonsumsi kuota data pengguna bukan pulsa.

RCS (Rich Communication Suite) adalah sebuah OTT yang menyerupai Whatsapp dan Line, nantinya akan digunakan oleh beberapa operator penyedia 4G untuk melakukan panggilan melalui jalur data.

Sementara itu, di Indonesia juga mengenal sebuah teknologi yang nyaris sama yaitu volte. Volte sendiri rencananya akan diaplikasikan oleh Operator Smartfren pada kuartal pertama di awal tahun 2016 mendatang.

Sama halnya dengan Smartfren, Telkomsel juga telah melakukan trial untuk volte pada beberapa waktu yang lalu.

Bagaimana dengan XL? Seperti dibahas diawal, Operator seluler 4G ini cenderung lebih memilih menggunakan RCS ketimbang volte.

Tri Wahyuningsih, selaku GM Corporate Communication XL menyebutkan, “Kalau kita menggunakan volte maka harus ada device yang mendukung juga dan saat ini ketersediaannya sangat terbatas makanya kita lebih pilih RCS karena sudah support dengan semua device,” sebutnya kepada tim Telko.id

Wanita yang akrab disapa Ayu ini menambahkan bahwa pihak XL belum terlalu berkonsentrasi kearah sana, namun mereka sudah melakukan ujicoba pada saat Juli lalu.

Yang membedakan antara RCS dan dan OTT lain seperti Whatsapp adalah RCS bisa melakukan panggilan ke nomor lain yang tidak menggunakan RCS. Sebagai contoh, seseorang yang menggunakan RCS bisa melakukan panggilan ke telepon rumah dengan membebankan pada tarif data.

Pihak XL juga belum memutuskan bagaimana skema tarif yang hendak mereka gunakan untuk ‘billing’ RCS ini.

“Karena saat ini belum ada regulasi yang mengatur mengenai tarif RCS, jadi kami belum bisa memutuskan menggunakan formula apa dalam perhitungan tarif dari RCS ini,” tutupnya.

AT&T Akan Naikan Tarif Data Unlimited

0

Telko.id – Salah satu operator raksasa Dunia yakni AT&T dikabarkan akan menaikan tarif untuk paket internet 4G LTE unlimited bulanan mereka.

Jumlah kenaikan tersebut sekitar $5 dari semula hanya $35 dan akan menjadi $40 untuk paket bulanan internet unlimited mereka.

Dilansir dari bgr.com, kenaikan tarif tersebut akan mulai diberlakukan pada bulan Februari tahun depan dan pelanggan mereka diharapkan untuk bersiap menghadapi kenaikan tersebut.

Namun, banyak diantara pelanggan AT&T tidak menginginkan adanya kenaikan tarif tersebut, pasalnya salah satu alasan mereka memilih AT&T adalah karena tarif internet 4G LTE unlimited mereka yang masih terjangkau.

Sejatinya, beberapa pesaing AT&T juga melakukan hal yang sama. Sebagai contoh, T-Mobile yang juga ingin menaikan tarif internet unlimited mereka menjadi $45 perbulan, kemudian Verizon yang juga menaikkan tarif paket internet bulanan mereka menjadi $50 per bulan.

Pihak AT&T telah mengkonfirmasi kebenaran dari berita tersebut, mereka mengatakan akan mulai memberlakukan tarif baru ini pada bulan Februari tahun 2016 mendatang.

Sebagai informasi, hal ini menjadi yang pertama kalinya AT&T menaikkan tarif internet mereka dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir. Hal tersebut disinyalir karena mereka harus membayar data mobile yang tinggi serta biaya pelayanan serta perawatan infrastruktur 4G yang tidak kalah besar. (ak/Icha)

Dark Web, ‘Lapak’ Jual Beli Data Curian

Telko.id – Jika dianalogikan, dunia Internet layaknya Gunung Kratau yang berada di Selat Sunda. Kita hanya bisa melihat ukuran gunung bagian atas nya saja yang terlihat kecil, namun ternyata memiliki permukaan yang sangat besar di dalam laut.

Sama halnya seperti Internet, sebagian besar pengunjung hanya berselancar pada surface web saja, namun mereka tidak mengetahui bahkan tidak mampu masuk ke dalam deep web serta dark web.

Sebagian besar orang mengasosiasikan Dark Web adalah sebuah lokasi di dunia maya di mana para pengunjungnya dapat dengan mudah membeli atau menjual berbagai macam barang ilegal. Seperti halnya obat-obatan, paspor palsu serta dark web juga menjadi pasar transaksi bagi si pencuri data korban di surface web.

Berbagai data yang dicuri seperti informasi perbankan untuk kredensial online streaming, dilihat juga dari sejauh mana data pribadi yang tersedia serta data keuangan lainnya dan hal tersebut biasanya ditujukan untuk para ‘broker’ di dark web.

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh McAfee Labs bertajuk ‘The Hidden Data Economy’ memaparkan jumlah harga yang biasanya menjadi standar untuk membeli berbagai data di dark web dengan beragam pilihan harga serta data yang diperoleh.

Laporan tersebut merujuk pada tarif untuk login perbankan dan berikut adalah rinciannya:

Diperkirakan, harga rata-rata untuk data kartu kredit dan debit yang berhasil dicuri berkisar antara $5 sampai $30 di Amerika Serikat, $20 sampai dengan 35 $ di Inggris, $20 sampai $40 di Kanada, $21 sampai $40 di Australia dan $25 sampai dengan $45 untuk kawasan Uni Eropa.

Untuk Bank Login kredensial dengan saldo sekitar $2.200 dihargai pada kisaran $190.

Untuk Bank Login kredensial plus dana siluman dari berbagai rekening di Amerika Serikat dihargai $500 untuk sald balance $6000 dan $1200 untuk saldo balance $20000.

Sementara untuk Bank Login kredensial plus dana siluman dari berbagai rekening di Inggris, berkisar dari $ 700 untuk saldo rekening $ 10.000 dan $ 900 untuk saldo rekening $ 16.000.

Sedangkan untuk Login kredensial layanan online paymen, dihargai antara $20 hingga $50 untuk akun balance $400 hingga $1000, sementara untuk saldo $5000 hingga $8000 dibanderol pada kisaran $200 hingga $300.

Yang menarik adalah bagaimana harga dari kartu kredit yang dicuri akan meningkat setiap tambahan mengenai informasi kartu yang disediakan.

Beberapa informasi diantaranya nama lengkap pemilik, alamat penagihan, tanggal kadaluarsa, nomor pin, nomor jaminan sosial, nama ibu kandung dan tanggal lahir.

Dilansir dari bgr.com, laporan ini juga menyoroti bahwa dark web menjadi pasar di mana pengunjung dapat menikmati layanan streaming Netflix, termasuk juga layanan premium dan saluran olah raga secara real time.

Namun, yang paling membahayakan dari data ya h dicuri di dark web adalah pencurian identitas secara penuh.(ak/Icha)

Huawei Tak Kapok Langgar Aturan Keimigrasian

0

Telko.id – Pada tanggal 27 November lalu, terjadi pengggerebekan pada kantor Huawei di  Prudential Tower Lantai 6, Jakarta. Penggerebekan tersebut dilakukan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) Kementrian Hukum dan Ham terkait adanya karyawan Ilegal.

Dalam Pengerebekan tersebut, terdapat 12 orang tenaga kerja asing yang tidak memiliki dokumen lengkap seperti paspor dan semacamnya. Ke 12 orang tersbut masing-masing berasal dari beberapa negara, yakni 9 orang berasal dari China, 1 orang warga negara Hong Kong, 1 warga negara Malaysia, dan 1 orang warga negara Filipina. Ke-12 imigran ini melanggar pasal 116 UU no.6 tahun 2011 tentang keimigrasian.

Terkait penggerbekan ini, pihak Huawei masih bungkam dan belum mau memberikan konfirmasi secara lanjut. Dilihat dari Track record sebelumnya, Huawei cukup ‘bandel’ dalam urusan keimigrasian ini.

Raksasa Infrastruktur asal China, Huawei ternyata sudah sejak tahun lalu mempekerjakan karyawan asing secara Ilegal. Hal tersebut terkuak dari demo yang berlangsung pada beberapa tahun lalu di kantor Huawei di Jakarta.

Menurut serikat pekerja Huawei, terdapat sekitar 1.000 Tenaga Asing yang tidak memiliki izin resmi yang bekerja di perusahaan asal Tiongkok tersebut. Tercatat, dari total 1.300 karyawan asing Huawei, sekitar 1.000 pekerja yang tidak memiliki izin resmi dan kesemuanya berasal dari China.

Menurut salah seorang dari Serikat Pekerja Huawei, para karyawan asing ilegal ini hanya memiliki KITAS dan visa turis. Kedua dokumen tersebut dimanipulasi untuk terkesan legal agar bisa bekerja di Indonesia. Mereka juga mengatakan, memiliki barang bukti berupa dokumen yang menguatkan pernyataan tersebut.

Sebagai informasi, Huawei saat ini memiliki sekitar 4.000 pekerja untuk menggarap proyek telekomunikasinya di seluruh Indonesia. Namun, dari sekitar 2.500 orang lokal, sekitar 70%-75% di antaranya berasal dari pegawai kontrak dan outsourcing.
Kala itu, mereka juga mengancam untuk melumpuhkan arus telekomunikasi yang telah dibuat oleh Huawei untuk beberapa operator selular seperti Telkomsel, Indosat dan HCPT.

Sementara itu, Ketua Umum ATSI Alexander Rusli mengungkapkan belum mendapatkan laporan langsung terkait berita ini. Namun, Ia menegaskan agar Huawei selaku vendor yang juga melayani Indosat diminta untuk mematuhi segala macam peraturan yang ada  di Indonesia. (ak/Icha)

IM2 Siap Jualan Lagi di Jawa Barat di Januari 2016

0

 

Telko.id – Indosat Ooredoo sudah ambil ancang-ancang untuk menghidupkan kembali IM2. Frekuensi di 2.3 Ghz yang dimilikinya akan dimanfaatkan untuk ikut ambil bagian dalam memberikan pelayanan 4G pada pelanggan Indosat secara terbatas.

“IM2 siap akan mulai berjualan lagi di Januari 2016. Hanya beroperasi di Jawa Barat seperti ijin yang dimiliki IM2,” ujar Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat Ooredoo menjelaskan.

Lisensi spectrum 2.3 GHz yang dimiliki oleh IM2 sebanyak 15 MHz. Dan layanan yang akan diberikan adalah layanan data. Seperti yang saat ini dilakukan oleh Bolt. Namun, paket-paket layanannya masih belum diungkapkan. Jadi tidak akan ada layanan SMS atau Telepon. Layanan dari IM2 ini dapat digunakan dengan modem.

Jika pun Indosat mengadakan paket jualan untuk SMS dan voice, pasti akan dibundling dengan layanan Indosat lainnya. Misalnya, smartphone dengan SIM 1 untuk layanan data yang didukung oleh IM2 dan SIM 2 yang dapat digunakan untuk SMS dan voice akan disupport oleh IM3, Matrix atau Mentari.

IM2 adalah sebuah perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Indosat Ooredoo, penyelenggara jasa telekomunikasi terkemuka di Indonesia, beroperasi secara penuh sejak tahun 2000 untuk membangun dan menerapkan jasa dan produk berbasis IP, internet dan multimedia di Indonesia.

IM2 melayani empat segmen pelanggan: korporasi (besar, menengah, dan kecil), pemerintah, institusi, residensial dan perorangan. Layanan korporasi dan institusi meliputi jaringan Virtual Private Network (VPN), sambungan langsung ke backbone internet internasional, serta penyedia layanan multimedia. (Icha)

Akhirnya Indosat Ooredoo Berikan Juga Layanan 4G

0

 

Telko.id – Indosat Ooredoo, boleh dibilang paling ‘buncit’ keluarkan layanan 4G. Pasalnya, ke dua operator besar lainnya sudah cukup agresif meluncurkan layanan internet berkecepatan tinggi ini.

“Kami sebenarnya sudah siap. Bahkan, ketika modernisasi jaringan yang sudah kami lakukan sejak 2013 selesai, kami tinggal tekan tombol untuk aktifkan 4G. Tapi, karena kami memiliki planning lain, sehingga harus sesuaikan timing nya. Dan sekarang adalah waktu yang tepat,” ujar Alexander Rusli, CEO Indosat Ooredoo menjelaskan.

Terlebih, Alex melanjutkan, bahwa Indosat Ooredoo tidak hanya meluncurkan 4G hanya karena kelebihannya dikecepatan saja, ekosistem untuk menunjang layanan 4G pun di bangun sehingga diharapkan dapat memberikan layanan yang maksimal pada pelanggan dan pelanggan Indosat pun dapat berpindah ke layanan 4G. Itu sebabnya, Indosat Ooredoo menyebutnya dengan layanan 4G Plus.

Sejak 2013, Indosat Ooredoo sudah berinvestasi untuk melakukan modernisasi jaringan. Setidaknya, 1.7 miliar US$ sudah dikeluarkan untuk langkah strategis ini. Layanan yang diberikan bukan hanya 3G saja, tetapi juga 4Gplus yang dapat dinikmati pelanggan dengan pengalaman data yang lebih cepat dan lebih baik dengan kecepatan download mencapai 185Mbps.

Saat ini, layanan 4Gplus Indosat Ooredoo telah tersedia di 21 kota di seluruh Indonesia, dan segera disusul oleh 14 kota lainnya sampai dengan akhir 2015. Pada saat diluncurkan, sebanyak 40 juta orang di Indonesia sudah dapat menikmati layanan 4Gplus ini, dan Indosat Ooredoo berkomitmen untuk menjangkau 5 juta orang lagi setiap bulannya selama tahun 2016.

“Kami berharap, para pengguna data Indosat Ooredoo dapat berpindah langsung ke 4Gplus. Bukan lagi ke 3G. Demikian juga dengan pelanggan 2G kami yang masih cukup banyak. Setidaknya, secara industry masih 70% pelanggan yang menggunakan layanan 2G di Indonesia. Angka tersebut juga sama dengan Indosat,” ujar Alexander menjelaskan.

Alexander Rusli, President Director dan CEO Indosat Ooredoo, berkomentar, “Kelebihan layanan 4Gplus Indosat Ooredoo adalah tidak hanya pada kecepatan tinggi dan bandwidth besar. Namun, seiring dengan perkembangan dunia digital di masyarakat, kami ingin layanan-layanan yang kami tawarkan lebih mudah diakses oleh setiap orang di Indonesia. Kami ingin menjawab keluhan dan kekhawatiran para pelanggan serta membantu mereka untuk menikmati dan memperoleh yang terbaik dari apa yang kami tawarkan.”

Alexander Rusli menambahkan, “Kami bekerja ekstra keras untuk para pelanggan dan memastikan layanan-layanan kami selalu mudah untuk diakses, terjangkau, dan simpel sehingga setiap pelanggan dapat memanfaatkannya untuk membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. Kami ingin para pelanggan dapat menikmati live streaming pertandingan sepak bola tanpa buffering, melakukan video call melalui Skype tanpa gangguan, dapat bekerja dengan nyaman dimana saja, browsing, chatting dan mengunggah selfie tanpa penundaan. Inilah yang kami maksudkan dengan pengalaman digital terbaik.”

Satu Harga untuk 3G dan 4G

Salah satu yang menjadi barrier ketika pelanggan akan berpindah ke 4G adalah masalah harga layanan data. Pelanggan tidak terlalu peduli, mereka berada di jaringan 2G, 3G atau 4G. Yang penting ketika akses data berjalan lancar. Untuk itu, polemik harga ini dihilangkan oleh Indosat dengan memberikan harga layanan data yang sama. “Kita akan buat harga yang simple agar pelanggan juga nyaman,”ujar Alex menjelaskan.

Yang menarik dan belum dilakukan oleh operator lain adalah Indosat Ooredoo sudah menyebar 300 Mobile Agents Indosat Ooredoo. Para agent tersebut akan membantu para pelanggan yang belum memiliki USIM 4Gplus dan akan membantu mengupgrade hanya dalam waktu 5 menit. Selain itu, setiap karyawan akan dibekali dengan USIM 4Gplus sehingga ketika bertemu dengan pelanggan Indosat atau masyarakat lain dapat langsung menawarkan pengaktifan USIM 4Gplus Indosat Ooredoo.

Dengan adanya layanan 4Gplus ini, maka Indosat Ooredoo yakin bahwa trafik data 4G akan melewati trafik data 2G selama setahun pada akhir kuartal terakhir di 2015 ini. (Icha)