FindTukang, OTT Baru Perkuat Ekosistem Smart City

Telko.id – Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia, serta semakin besarnya tren smart city membuat segala aktivitas dan kebutuhan masyarakat mulai mengarah ke ranah digital. Sebagai contoh nyata adalah dari sistem pemesanan ojek berbasis aplikasi, hingga pemesanan mobil pribadi dan layanan antar jemput barang yang juga melalui media yang sama.

Berkaca dari hal tersebut, aplikasi mobile FindTukang juga ikut meramaikan pasar Indonesia. Dengan mengedepankan layanan pemesanan tukang untuk diperumahan, Aplikasi mobile ini hadir di tengah-tengah solusi untuk memanggil tenaga ahli guna memperbaiki perangkat yang rusak.

Diperkenalkan di Tangerang Selatan, FindTukang hadir dengan beberapa kategori jasa, yakni perbaikan AC, perbaikan elektronik, perbaikan komputer, perbaikan ledeng, jasa potong rambut dan cuci mobil.

Nope Lavanda, CEO FindTukang menegaskan bahwa layanan berbasis aplikasi mobile ini hadir untuk memudahkan pengguna mencari tenaga ahli atau tukang yang mampu memperbaiki kerusakan sebuah perangkat.

“FindTukang hadir sebaga solusi untuk menjawab permasalahan sulitnya mencari tukang atau tenaga ahli yang bisa memperbaiki perangkat yang rusak dirumah. Ide ini juga muncul dari sejumlah pengalaman diri saya dan teman-teman di FindTukang,” ujar Nope pada saat peluncuran aplikasi ini di BSD (23/5).

Tidak sendirian, FindTukang juga menggandeng Sinarmas, selaku developer Smart City di kawasan BSD Tanggerang.

“Yang kita bangun adalah suatu ekosistem termasuk juga FindTukang yang bertujuan untuk mendukung Smart Digital City kami,” ujar perwakilan PT. Sinarmas Land yang menyempatkan hadir pada peresmian tersebut.

Ia menambahkan, Citizen di BSD juga sudah sangat siap, karena sebelum mereka membuat proyek ini, para masyarakat sudah di edukasi terlebih dahulu terkait dengan tren smart city seperti konsep pembayaran melalui ATM, dan kesiapan lain dari masyarakat BSD untuk digitalisasi.

Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Konsumen hanya perlu mengisi alamat dan memilih kategori jasa yang dibutuhkan. Selanjutnya, pilihan Tukang dalam radius 10 Km akan muncul beserta rating mereka.

Saat ini, jumlah Tukang yang tergabung pada FindTukang sudah sebanyak 100 orang dan baru beroperasi di daerah Tangerang Selatan. Nope menambahkan, hingga akhir tahun ini akan merekrut sebanyak 500 Tukang dan memperluas wilayahnya hingga Jabodetabek.

“Bukan hanya mendatangkan solusi bagi konsumen, FindTukang berharap bisa membantu pemerintah menyelesaikan masalah pengangguran yang semakin meningkat. Tak hanya itu, solusi ini juga menjadi pintu bagi orang-orang yang memiliki keahlian tertentu tapi tidak memiliki kesempatan,” tambah Nope.

FindTukang sendiri hanya mematok 20% dari biaya pemanggilan tukang yang dibebankan oleh pengguna, adanya tambahan penghasilan lain ketika tukang menjalankan tugasnya, maka sepenuhnya itu milik si tukang tersebut.

Terdapat dua buah jenis biaya pemanggilan dari aplikasi FindTukang. Seperti, Rp. 30.000,- untuk biaya pemanggilan service ac, ledeng, komputer serta fan eketronik. Angka tersebut hanyalah sebuah jasa pemanggilan tukang saja dan belum tbelum termasuk biaya jasa dari si tukang tadi dan jika ada biaya pembelian alat atau sparepart yang dibutuhkan.

Biaya kedua sebesar Rp. 45.000,- untuk pemanggilan tenaga ahli atau tukang cuci mobil dan potong rambut. Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya jasa si tukang tadi. Seperti dijelaskan sebelumnya, FindTukang hanya mengambil 20% dari tarif panggilan.

Untuk sistem pembayaran sendiri, saat ini FindTukang masih mengandalkan pembayaran tunai, namun kedepannya mereka juga akan menggunakan jasa kartu kredit serta payment method lainnya.

Mengenai daerah jangkauan, FindTukang untuk sementara ini baru bisa tersedia di wilayah Tanggerang dan sekitarnya. Namun, sampai dengan akhir tahun ini mereka akan melebarkan ekspansi bisnisnya di wilayah Jakarta Selatan dan Depok, Jawa Barat.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0