spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 1508

Ini yang Dilakukan eCommerce Tanah Air Jelang HarBolNas

0

Telko.id – Hanya tinggal hitungan jam menuju gelaran akbar bertajuk Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas). Dalam gelaran yang akan berlangsung pada 12 Desember mendatang itu, tak kurang 100 lebih pemain di industri e-commerce tanah air akan turut ambil bagian. Untuk itu, persiapan matang pun dilakukan para e-commerce guna menanggulangi membludaknya pesanan. Lazada Indonesia, dalam hal ini adalah salah satunya.

Selain telah mempersiapkan lebih dari 8.000 penjual yang tergabung di platform marketplace sejak enam bulan yang lalu, Lazada juga mempersiapkan infrastruktur teknologinya dengan baik. Pun demikian dengan operasional dan logistik.

Untuk mengedukasi para penjual mengenai Hari Belanja Online Nasional, Lazada juga menyelenggarakan serangkaian workshop, dengan menitikberatkan pada beberapa hal yang dianggap penting untuk disiapkan para penjual, meliputi ketersediaan tenaga kerja, dimana para penjual diharapkan untuk mempersiapkan tenaga kerja tambahan untuk memastikan proses pemenuhan order dapat terus berjalan secara efisien; pengemasan dan alat tulis, yang meskipun terlihat sederhana, namun apabila tidak diperhatikan akan memperlambat proses pemenuhan order; ketersediaan stok dan harga, dimana untuk memastikan penjualan yang maksimal, para penjual harus memperbarui informasi mengenai stok dan harga khusus selama promo melalui platform Seller Center; dan infrastruktur teknologi, dimana penjual juga harus memastikan mereka memiliki koneksi internet yang stabil, dilengkapi dengan printer yang siap sedia untuk mencetak bukti pengiriman yang akan dilampirkan pada paket yang akan dikirim.

Dalam hal infrastruktur teknologi, dengan perkiraan lonjakan jumlah kunjungan sekitar 5-10 kali lipat dibanding jumlah kunjungan rata-rata harian, tim teknologi di Lazada Indonesia juga sudah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan baik website maupun aplikasi mobile dapat diakses dengan lancar oleh konsumen. Hal ini juga didukung oleh dua data center yang dimiliki Lazada Indonesia, yang terletak di Jakarta dan Makassar.

Sementara untuk urusan operasional dan logistik, lebih dari 1.000 orang tim operasional yang bekerja di pusat distribusi Lazada Indonesia yang terletak di Cakung (Jakarta Timur) dan Surabaya akan bekerja selama 24 jam dengan tiga shift kerja. Secara total, akan ada 70 station di warehouse yang akan mempersiapkan Lazada Indonesia juga bekerja sama dengan tiga mitra kerja sama logistik baru, yang menghasilkan total sebanyak 20 mitra kerja sama logistik untuk memastikan proses pengiriman produk lebih efektif.

Untuk membantu para penjual marketplace, Lazada Indonesia juga sudah mempersiapkan tim khusus yang akan mendatangi rumah atau kantor para penjual untuk membantu melakukan pengepakan langsung di tempat.

Ramai-ramai tawarkan diskon heboh

Selain Lazada Indonesia, online marketplace Indonesia yang bergerak di bidang jual beli daring, Tokopedia, juga tak kalah siap dalam menyambut Hari Belanja Online Nasional. Bahkan, mall online milik William Tanuwijaya ini menghadirkan Promo Heboh selama dua hari berturut-turut, yakni pada 11-12 Desember 2015.

Vice President Tokopedia, Melissa Siska Juminto mengatakan, “Toppers (pengguna Tokopedia, red.) berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp 300 ribu jika bertransaksi dari hari ini sampai 12/12.”

Melissa menjelaskan, ada alasan mengapa Tokopedia tidak memberikan diskon selangit seperti layaknya e-commerce lain yang juga akan ikut ambil bagian dalam ajang ini. “Kami memberikan kebebasan kepada para merchant untuk menentukan harga karena pada dasarnya Tokopedia menganut sistem user generated content dan selama ini pun penjual-penjual online yang ada di platform kami telah memberikan harga terbaik,” katanya.

Ia menambahkan, peran Tokopedia di sini adalah memberikan nilai lebih kepada para pengguna agar mendapatkan harga terbaik dari yang terbaik, salah satunya melalui pemberian cashback.

Lain Tokopedia, lain lagi Shopee. Aplikasi mobile marketplace bagi konsumen ke konsumen (C2C) ini bahkan telah memulai rangkaian kegiatannya sejak kemarin, guna menyambut HarBolNas, dengan cara menawarkan diskon hingga 90 persen untuk berbagai produk pilihan Shopee, top spender competition, dan penawaran pre-loved favorit serta merchandise milik 12 selebriti Indonesia papan atas melalui toko online mereka di aplikasi Shopee.

12 selebriti yang akan berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Giring Ganesha, Raisa, Tulus, Marcello Tahitoe, Endah n Rhesa, Ayushita, Saykoji, Teddy Aditya, Eva Celia, Midnight Quickie, Maliq & D’Essentials, dan Lala Karmela.

Bedakan Diri dari yang Lain, Shopee Usung Skema C2C

0

Telko.id – Pesatnya perkembangan e-commerce di tanah air dimanfaatkan sejumlah ‘pemain’ untuk kian menancapkan taringnya di ranah jual beli online. Termasuk di sini adalah Shopee. Berbeda dengan beberapa marketplace di luar sana, mobile e-commerce ini menghadirkan solusi C2C (Consumen to Consumen).

Di Shopee, selain membeli barang konsumen juga dapat menjual barang mereka tanpa harus memiliki account seller terlebih dahulu. Metode ini layaknya ajang jualan yang sering ditemui di berbagai akun Instagram.

Hadirnya Shopee juga sekaligus menegaskan bahwa era berbelanja online yang tadinya banyak tersedia pada Desktop kini semakin beralih ke arah mobile atau dengan menggunakan smartphone.

Rainal Lu, Regional Managing Director Shopee Indonesia mengungkapkan dalam acara jumpa pers yang berlangsung di Jakarta hari ini, Kamis (11/12), bahwa sudah lebih dari 5 juta pengguna di regional yang mengunduh shopee.

“Untuk Indonesia sudah 1.5 juta pengguna dan lebih dari 70 persen adalah pengguna aktif,” ungkapnya.

Sama seperti marketplace sejenis di luar sana, pengguna juga dapat melakukan chatting langsung dengan fitur instan build in chat. Konsumen bisa langsung berkomunikasi dengan para penjual agar bisa semakin meyakinkan konsumen untuk membeli produk secara real-time. Melalui fitur ini, pembeli juga dapat melakukan tawar menawar dengan para penjual.

Fitur Shopee Guaranty juga dihadirkan oleh Shopee untuk melindungi pengguna dari penipuan dengan menjamin uang kembali apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan yang dimaksud serta barang tersebut oem atau replika.

So, tunggu apalagi? Silahkan unduh dan registrasi di shopee, karena pengguna akan mendapatkan voucher sebesar 20% untuk registrasi pertama. Tak hanya itu, sehubungan dengan HarBolNas (Hari belanja Online Nasional), Shopee juga siap menggelar serangkaian acara pada hari Sabtu, 12 Desember 2015 yang diawali dengan kegiatan dari 12 selebriti Indonesia papan atas yang juga memiliki toko atau merk pribadi mereka sendiri. [ak/if]

Ini Alasan China Perketat Internet di Negaranya

0

Telko.id – Keputusan Pemerintah China untuk memperketat internet di negaranya mendapat dukungan penuh dari kepala Internet China, Lu Wei. Dalam sebuah posting web yang dimuat Rabu lalu, Lu Wei mengatakan bahwa penyensoran konten Beijing yang dianggap ilegal diperlukan untuk melindungi kebebasan online.

Komentar ini datang seminggu sebelum negara tersebut mengadakan “Konferensi Internet Dunia” keduanya, sebuah acara yang versi 1.0-nya tahun lalu disambut dengan cemoohan oleh banyak orang yang mempertanyakan motif China.

Konferensi ini merupakan bagian dari dorongan China untuk menjual gagasan “kedaulatan internet,” sebuah konsep yang berdiri bertentangan dengan visi internet sebagai hal global yang bebas dan terbuka.

Dilansir dari Phys.org, Kamis, (10/12), China menyensor konten online yang dianggap sensitif secara politis, sementara memblokir beberapa situs media Barat dan jasa raksasa Internet termasuk Facebook, Twitter dan Google.

Kebijakan ini merupakan salah satu aspek dari batasan ketat Beijing pada kebebasan berekspresi, dimana kelompok hak asasi mengatakan bahwa alasan keamanan negara merupakan kepura-puraan untuk menindak perbedaan pendapat politik.

Menurut Lu Wei, melalui kontrol Internet, China berupaya untuk mengelola dengan baik hubungan antara kebebasan dan ketertiban.

“Kebebasan adalah tujuan kami dan ketertiban adalah cara kami,” katanya. “Kebebasan tanpa perintah tidak ada.”

Lu menambahkan, ide ini merupakah hal yang telah dipelajari China dari “negara-negara maju di Barat.” Bahwa “tidak ada negara di seluruh dunia di mana konten internet tidak dikelola.

Lu adalah sosok yang kuat, baik di dalam maupun luar negeri, di mana ia telah membuat perusahaan teknologi global ingin memasuki pasar China.

Dalam sebuah laporan Freedom House yang dibuat Oktober lalu, ditemukan bahwa China memiliki kebijakan internet yang paling ketat dari 65 negara yang diteliti, di bawah Iran dan Suriah.

Namun perusahaan seperti LinkedIn telah sepakat untuk menyensor konten mereka untuk bisa masuk ke negara itu, sementara Facebook dan perusahaan lain yang dilarang telah berbaris untuk menawarkan ‘persahabatan’ kepada para pemimpin besar China.

Ketika Presiden Xi Jinping mengunjungi AS pada bulan September, Lu muncul bersama dengan kepala negara di barisan depan “foto keluarga” dari raksasa teknologi Amerika, termasuk Jeff Bezos dari Amazon dan Mark Zuckerber sebagai punggawa Facebook.

Kenapa batasan di berlakukan?
Lebih jauh terkait keputusan pemerintah China untuk memperluas kekuatannya dalam mengontrol masalah sensitif secara online, Lu mengatakan bahwa itu juga berguna untuk mengontrol kejahatan, pornografi, dan “rumor” – sebuah eufemisme yang dapat diterapkan untuk segala sesuatu dari informasi yang keliru hingga pidato politik.

Pembatasan ini, diakui Lu adalah untuk melindungi hak dan kepentingan hukum pengguna internet.

“Anda tidak bisa mengatakan bahwa apa yang dikelola, tidak bebas,” katanya. “Kebebasan tidak dapat dibangun di atas penderitaan orang lain, atau dibangun di atas kurangnya kebebasan orang lain.”

Konferensi Internet Dunia tahun ini akan dihadiri oleh segelintir politisi kelas atas dari negara-negara yang telah dikritik karena catatan mereka terhadap kebebasan berbicara, termasuk Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif dan perdana menteri Rusia, Dmitry Medvedev.

 

Indosat Ooredoo Business Targetkan Pendapatan 50% dari Total Revenue

0

Telko.id – Ke depan, bisnis telekomunikasi tidak hanya bisa mengandalkan pear to pear communication saja. Tetapi sudah mengarah pada M2M dan big data atau sering disebut dengan Internet of Things. Di mana, hampir semua bisnis tersambung dengan jaringan yang dimiliki oleh operator ke para pelanggannya. Hal itu sudah disadari oleh Indosat Ooredoo. Untuk itu, perusahaan yang baru rebranding ini melakukan berbagai langkah mengarah ke bisnis IoT tersebut.

Sebenarnya, langkah tersebut sudah dilakukan beberapa tahun belakangan. Hanya saja, masih banyak peluang-peluang lain yang dapat digarap. Ditambah dengan adanya rebranding perusahaan yang menuju perusahaan terdepan di dunia digital, maka menjadi pas untuk melakukan sosialisasi tentang kemampuan dan kapabilitas nya untuk membantu perusahaan masuk ke dunia digital.

“Kami melakukan pendekatan yang berbeda jika menghadapi pelanggan korporate. Bukan sekedar menawarkan produk tetapi juga solusi. Solusi itu tidak bisa langsung jadi. Perlu ada berbagai diskusi sehingga Indosat Ooredoo akhirnya mampu memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggan koporatenya,” ujar Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo menjelaskan.

kekuatan dari Indosat Ooredoo ini adalah memiliki jaringan yang mampu melayani 70 juta pelanggan. Dan saat ini sudah ada 2000 pelanggan korporate yang menggunakan layanannya. Dengan jaringan yang ada, sudah mampu mendukung berbagai macam jenis dan skala usaha. Dengan demikian, bagi pelanggan korporat yang menggunakan layanan Indosat dapat mengubah cara berbisnisnya kearah digital, mampu melakukan cost effisiensi dan mampu meningkatkan daya jangkau sehingga memerluas pasar.

Dalam langkah strategis ini, Lintas Arta sebagai anak perusahaan Indosat Ooredoo pun akan dilibatkan. Di karena kan saat ini, Lintas Arta sudah terbukti memiliki pengalaman yang handal untuk mendukung perusahaan financial.

Bagi Indosat sendiri, divisi korporate ini akan digarap secara serius karena memang akan menjadi kantong-kantong baru yang akan menambah revenue. Memang saat ini masih belum besar. Pelanggan pun masih 2000. Untuk revenue, saat ini masih menyumbahkan 20% dari total revenue. “Ke depan, kami berharap revenue dari Indosaat Ooredoo Business ini akan menyumbangkan 50% dari total pendapatan kami,” ujar Alexander Rusli menjelaskan. Sedangkan pertumbuhan setiap tahunnya akan sekitar 12 – 13%. (Icha)

4 Aspek Penting Dalam Keamanan IoT

0

Telko.id – Internet of Thing memang membawa angin segar dihampir semua aspek. Terutama aspek bisnis. Di mana jumlah perangkat yang akan saling terhubung akan meningkat sangat signifikan jika IoT ini mulai tumbuh.

Berdasarkan riset yang dilakukan Gartner, akan ada 26 miliar perangkat yang akan saling terkoneksi di tahun 2020. Meningkat sangat tajam dibandingkan dengan tahun ini yang diperkirakan hanya 4.9 miliar perangkat saja. Seiring dengan pertumbuhan yang fenomenal itu maka paling sedikit ada 26 miliar jalan juga untuk hacker menyusup dan jaringan pun akan lebih rapuh. Sayang nya, masalah keamanan ini tidak dibangun dari awal sehingga semakin membuka peluang bagi para hacker untuk mengeksploitasi. Padahal, dalam mengembangan IoT artinya juga mengamankan sejumlah data yang diterima maupun dikirim. Bukan sekedar menciptakan sensor dan menghubungkan beberapa sistem saja.

Kenali Lawan Sebelum Perang, perumpaan Sun Tzu art of war memang dapat diterapkan dalam menghadapai IoT ini. Dan ini menjadi tahap awal sebelum bicara masalah keamanan di IoT. Harus mengenali bagaimana kemungkinan ancaman akan dating dan siapa penyerangnya. Ancaman ini perlu diperhatikan bagi perusahaan. Di mana penyerangan dapat secara pasif terjadi dan mengambil keuntungan dari kelemahan keamanan di perangkat IoT dan jaringan untuk mencuri data rahasia. Serangan seperti itu tidak mudah untuk dideteksi karena banyak jalan dan celah untuk masuk. Namun, perlu diwaspadai juga adalah aktifitas internal.

Ancaman berat lainnya yang mungkin terjadi adalah penyerangan secara aktif yang menjadikan perangkat IoT sebagai sasaran dengan melakukan upaya remote access atau IoT network dengan teknik Sybil atau menyerang DDoS yang akan mengakibarkan kegagalan operasional dan kerusakan.

Serangan seperti ini, konsekuensi nya sangat parah. Misalnya, di rumah sakit dapat menyebabkan peralatan medis tidak beroperasi dengan baik atau bahkan mati. Bagaimana jika sedang ada tindakan di ruang operasi? Saat ini, ada beberapa kasus yang dipublikasikan oleh hacker yang mengeksploitasi kerentanan webcam nirkabel, kamera CCTV dan bahkan monitor bayi untuk memata-matai orang. Ketika eksploitasi ini ditingkatkan dan dilakukan terhadap jaringan perusahaan maka dapat dipastikan resiko gangguan akan sangat besar.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk melawan itu semua?

Perusahaan akan mencari berbagai cara untuk meningkatkan keamanan system yang dimilikinya. Untuk itu, diperlukan kerangka kerja keamanan baru yang dapat menjangkau seluruh kemungkinan hacker bermain. Dimulai dari otentikasi level device, application security dan perlindungan bank data yang sangat kuat. Memang untuk setiap perusahaan kebutuhannya akan berbeda-beda. Tergantung level keamanan yang dibutuhkan dan besaran skala perusahaan itu sendiri. Jadi, tidak ada yang satu ukuran yang sama untuk membuat aturan IoT security. Tetapi paling tidak ada beberapa aspek kunci yang perlu diperhatikan. Menurut Sukamal Banerjee, EVP, engineering and R&D services dari HCL Technologies ada 4 kunci penting dalam keamanan IoT ini.

Secure development

Pada perangkat Io Tada beberapa fungsi yang tidak aman. Termasuk juga program yang berada di dalamnya. Semua itu menciptakan link yang melemahkan rantai keamanan. Untuk itu tim pengembangan IT di perusahaan harus meninjau ulang kode dalam aplikasi IOT mereka agar dapat mengidentifikasi ketidakamanan. Dengan demikian dapat menambal tempat-tempat yang ditemukan sebagai sumber kerentanan jaringan. Termasuk juga dengan laptop dan smartphone.

Data encryption

Kebanyakan wireless communications dan protocols di IoT itu terbuka dan sumber daya yang terbatas untuk mengamankan sensor dan perangkat yang lebih kecil dengan algoritma enkripsi yang kuat untuk transmisi data. Hal itu lah yang menimbulkan kerentanan terhadap serangan. Konsep pendekatan secara hati-hati akan sangat diperlukan untuk keamanan IoT itu sendiri. Berdasarkan laporan terbaru, 70 persen dari perangkat internet menggunakan layanan jaringan tidak terenkripsi. Itu sebabnya, data sensitif harus dienkripsi terlebih dahulu sebelum digunakan oleh siapa saja yang akan melewati jaringan.

Privacy protection

Beberapa orang cukup perhatian dengan data-data pribadi yang mungkin sedang diserang oleh mesin atau perangkat pengumpul data. Baik yang merupakan kegiatan maupun data-data lainnya. Untuk itu perlu dipastikan bahwa perangkat yang ada mampu menahan dari invasi tersebut. Salah satu pendekatan yang terbaik adalah de-identify semua data yang tertangkap sebagai suspect untuk di remove dan menghilangkan PII yang tidak perlu sehingga secara individual juga lebih terjaga privasinya.

Access management

Ketika sebuah device IOt dan sensor deprogram secara over the air maka perangkat tersebut menjadi suspect untuk dijebol keamanannya. Itu sebabnya, sebuah organisasi atau perusahaan perlu membangun mekanisme identifikasi yang optimal, menggunakan tanda pengenal digital yang memastikan hanya yang berkepentingan dan dengan code khusus sebagai tanda diterimanya akses oleh IoT device dan sensor. Hal ini akan mengurangi resiko ancaman insider dari karyawan, mitra dan pemasuk yang mengakses perangkat dan sensor diluar kewenangannya.

Dengan ke empat aspek diatas maka sangat jelas bahwa dibutuhkan solusi yang inovasi karena standar keamanan jaringan yang ada belum tentu cukup kuat diaplikasikan ke semua perangkat. Supaya lebih efektis yang optimal, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak karena tidak mungkin entitas tunggal dapat memecahkan masalah keamanan sendiri. Itu sebabnya, Instansi pemerintah, akademisi dan perusahaan global harus berkolaborasi dan menanggapi dengan cepat untuk membangun keamanan yang kuat, termasuk infrastrukturnya.

Keamanan adalah salah satu tantangan yang harus cepat dipenuhi dan difokuskan agar potensi IoT pun dapat direalisasikan. Apalagi, potensi manfaat IoT ini sangat besar. (Icha)

Lenovo Akan Siapkan Device yang Support Carier Agregation

0

Telko.id – Lenovo Indonesia menjadi vendor smartphone 4G teratas di Indonesia selama tiga kuartal terakhir di tahun ini. Hal tersebut berdasarkan laporan dari IDC. Inovasi, Harga, serta Fitur menarik menjadi salah satu kunci sukses dari perusahaan smartphone asal Tiongkok ini di Indonesia.

Untuk memperkuat eksistensi mereka tersebut, Lenovo juga tengah mengembangkan sebuah smartphone yang juga mendukung teknologi Carier Agregation 4G. seperti diketahui, produk smartphone yang mendukung teknologi carier agregation hanya tersedia beberapa saja saat ini.

Anvid Erdian, 4P Lead Lenovo Indonesia mengungkapkan akan meluncurkan smartphone yang mendukung Carier Agregation namun masih menunggu kesiapan dari para operator untuk pengagregasian ini.

Ia mengungkapkan, “Saat ini Carier Agregation dari pihak operator belum menyatakan secara resmi untuk meluncurkannya, jadi kami masih menunggu dari kesiapan dari operator dan tunggu aja,” tuturnya saat ditemui di salah satu Mall di Jakarta.

Teknologi Carier Agregation sendiri merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kecepatan jaringan internet 4G atau sering disebut juga dengan LTE Advanced. Carrier Aggregation memungkinkan carriers untuk mengkombinasi dua spektrum yang terpisah untuk meminimalisir latency dan meningkatkan kecepatan data. Dengan men-double jumlah spectral bandwidth, teknologi ini juga akan men­-double kecepatan data.

JIka melihat dari kesiapan Operator, praktis baru Smartfren yang sangat siap untuk mengaplikasikan teknologi ini. Bahkan, mereka juga mengklaim telah sangat siap meluncurkan teknologi ini.

Namun, harga device yang masih tergolong mahal juga menjadi salah satu faktor penghambat dari pengimplementasian Carier Agregation di Indonesia. Sebagai salah satu vendor smartphone yang bisa dibilang ‘cukup bersahabat’ dari segi harga, Lenovo diharapkan dapat menghadirkan smartphone 4G yang mendukung Carier Agregation dengan harga yang masih terjangkau. Seperti kata Anvid, Tunggu Saja.

Dukung Penetrasi 4G, Lenovo Siapkan Handset 4G Low to High

0

Telko.id – Sebagai salah satu vendor smartphone yang cukup diminati di Indonesia, Lenovo benar-benar mendukung penetrasi dari jaringan super cepat 4G di Indonesia dengan menghadirkan berbagai pilihan handset berteknologi 4G.

Lenovo sendiri membagi deretan device mereka tersebut menjadi tiga segmen, yakni segmen Low End, Mid dan High End. Dari kesemuanya itu tercatat ada 11 Device 4G mereka yang sudah hadir di Indonesia saat ini.

Perusahaan yang baru membangun pabrikasi di Indonesia ini juga menjadi salah satu pesaing utama dari Samsung di salah satu ecommerce Indonesia untuk kategori smartphone 4G.

Miranda Vania Warka, MBG Marketing Lead at Lenovo Indonesia menyebutkan, “Saat ini pangsa pasar trennya bergeser dari 3G menjadi 4G, konten streaming juga menjadi salah satu konten yang banyak dilihat oleh para konsumen dan kami menyediakan banyak perangkat 4G mulai dari yang Low End hingga High End seperti A2010 dan A6010 yang dirakit di Indonesia,” ucapnya.

Sebagai informasi, dua produk yang disebutkan sebelumnya dirakit di salah satu pabrik di kawasan Cikarang dan memiliki harga yang cukup terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Untuk Low End, selain dua nama di atas mereka juga memiliki smartphone A7000 Spesial Edition, A7000 dan A6000. Sementara untuk pasar Middle-End  sendiri mereka meiliki P1m, Lenovo S60, Lenovo P70 dan Lenovo P90.

Terlebih, Miranda juga mengungkapkan pentingnya pasar 4G LTE di Indonesia karena Industri Telekomunikasi sudah mulai menerapkan teknologi ini dan Lenovo menanggapi dengan serius tren ini dengan bergerak cepat untuk penuhi aturan TKDN dari Pemerintah.

Berbicara mengenai produk Flagship 4G mereka, sejatinya Lenovo telah memiliki seri Vibe S1, Vibe Shot dan Vibe X2 yang tentunya memiliki spesifikasi yang mumpuni sebagai penantang serius dari Brand Raksasa lain seperti Samsung, LG bahkan Sony Xperia.

Terakhir, Lenovo masih menjadi market leader di Indonesia selama tiga kuartal berturut-turut jika berkaca dari riset IDC.

Indosat Ooredoo Bantu Perusahaan Hadapi Persaingan Dunia Digital

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Business saat ini menghadirkan beberapa solusi baru untuk menunjang bisnis digital bagi setiap korporasi selaku konsumen mereka.

Indosat Ooredoo Business juga menghadirkan tidak hanya layanan internet 4G dan mobile data, namun mereka juga mengembangkan aplikasi digital dan Big Data untuk membantu dunia usaha dalam utilisasi dan analisa data dan aset.

Bertepatan dengan acara Indosat Ooredoo ICT Conference 2015, mereka mengajak para peserta pameran dari sektor korporasi untuk mengeksplorasi berbagai macam solusi Indosat, mulai dari Networking hingga solusi pembayaran online.

CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli mengungkapkan, “Seiring dengan perjalanan kami menuju perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia,” ucapnya.

Ia juga menambahkan mereka juga hadir untuk mendukung para pelaku usaha nasional dalam mengadopsi berbagai perkembangan terkini dari industri ICT.

Terlebih, ia mengungkapkan bahwa setiap Indosat Ooredoo go to marker, kami akan bicara mengenai solusi dan bukan lagi Networking, ucapnya.

Sebagai informasi, Industri ICT di dunia bisnis telah terbukti mampu meningkatkan efisiensi, profitabilitas, serta pendapatan bagi perusahaan.

Beberapa solusi dari Indosat Ooredoo untuk sektor B2B diantaranya adalah Connectivity, Mobile Solution, IT Services dan Fix Phone.

Solusi tersebut tentunya akan menyesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen mereka.

Fokus dari Indosat Ooredoo Business saat ini adalah untuk menumbuhkan revenue baru, efisiensi dsri segi cost, serta meningkatkan customer experience bagi pelanggan korporat.

Bukan hanya para perusahaan korporat yang besar, Indosat Ooredoo juga menyasar sektor UKM sebagai salah satu penggerak perekonomian negara. Mengenai UKM.

Wisata Tumbuh, Operator Myanmar Tawarkan Paket SIM untuk Turis

0

Telko.id – Melonjaknya popularitas Myanmar sebagai salah satu tujuan wisata dunia tak disia-siakan oleh perusahaan telekomunikasi asal negeri tersebut. Setelah Myanma Posts and Telecommunications (MPT), kini giliran Telenor Myanmar yang hadir dengan penawaran berupa kartu SIM yang ditujukan untuk turis.

Diluncurkan di Bandara Internasional Yangon belum lama ini, paket SIM Turis Telenor akan tersedia di counter Telenor Myanmar di Mandalay, dan Bandara Nay Pyi Taw. Sebelum akhirnya tersedia pula pengecer resmi seperti toko, hotel, dan agen perjalanan.

Paket SIM Turis ini menawarkan Smart Internet 1GB dan kredit MMK 5.000 untuk panggilan telepon dan penggunaan data, penggunaan Facebook tak terbatas, serta panggilan masuk dan SMS gratis. SIM akan berlaku selama 14 hari setelah aktivasi oleh panggilan pertama. Paket ini akan dijual dengan harga MMK 12.000 atau setara Rp 128 ribu.

Dilansir dari Telecompaper, Selasa (8/12), panggilan lokal ke semua operator dibebankan biaya MMK 25 (Rp 260) per menit, dan SMS akan dikenakan biaya MMK 15 (Rp 160) per pesan. Tarif panggilan internasional mulai dari MMK 100 (Rp 1000) per menit ke Kanada, dan MMK 200 (2000) ke Thailand, Cina, Malaysia dan Singapura.

Menurut Chief Marketing Officer Telenor Myanmar, Joslin E Myrthong, sebagaimana diwartakan mmtimes, perusahaan memiliki jaringan 3G sepenuhnya yang berjalan di lebih dari 3.800 situs, yang memungkinkannya dapat menawarkan pengalaman data yang kuat di sebagian besar negara.

Ia menambahkan, skses internet sangat penting untuk mereka yang bepergian ke Myanmar.

Selain Telenor Myanmar, sebelumnya Myanma Posts and Telecommunications (MPT) juga telah lebih dulu menawarkan paket sejenis, dengan Pre-loaded kredit MMK5000 dan gratis data 1,5 GB, yang keduanya akan berakhir setelah 10 hari. Tak seperti kartu SIM dari Telenor yang mengharuskan Anda menunjukkan paspor ketika akan membelinya, MPT tidak mengharuskan itu. Plus, harga yang ditawarkan pun lebih murah, yakni MMK10.000 atau sekitar Rp 100 ribuan.

Gandeng PT Pos Indonesia, MatahariMall Kukuhkah Layanan O2O

0

Telko.id – Salah satu fitur unggulan dari situs belanja online terkemuka MatahariMall.com (“MatahariMall”) adalah O2O (Online-to-Offline) yang memungkinkan pelanggan untuk mengambil, mengembalikan, bahkan membayar barang yang sudah dipesan secara online di lokasi offline, lokasi Pickup&PayCOD atau eLocker. Kali ini MatahariMall mempertajam sekaligus memperluas jaringan layanan Pickup&PayCOD dan eLocker melalui penandatanganan nota kesepakatan dengan PT Pos Indonesia di Jakarta.

Kerjasama pertama dijalin antara MatahariMall dan Pos Indonesia terkait penambahan titik Pickup&PayCOD dimulai dari kantor pos – kantor pos pilihan di 199 kota atau kabupaten dan penempatan eLocker dimulai dari 10 lokasi strategis di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bandung.

Dalam menyajikan pengalaman berbelanja tak terlupakan bagi para pelanggan, MatahariMall tidak akan berhenti untuk menghadirkan serangkaian terobosan. Salah satu terobosan tersebut adalah penambahan titik Pickup&PayCOD dimulai dari 199 kota atau kabupaten, terbesar di Indonesia, dan penempatan eLocker MatahariMall dimulai dari 10 lokasi Pos Indonesia. Layanan baru ini secara bertahap akan dioperasikan mulai esok hari, 8 Desember 2015,” ungkap Emirsyah Satar, Chairman MatahariMall.com dalam keterangan resminya, (8/12).

Pengaplikasian teknologi di dalam eCommerce serta fitur pendukung seperti eLocker yang secara efektif memicu kegiatan perdagangan di Indonesia juga menjadi salah satu fokus dari pemerintah saat ini.

eCommerce memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, kami akan terus berupaya untuk melakukan percepatan pembangunan infrastruktur teknologi yang dapat memaksimalkan pertumbuhan ekosistem eCommerce di Indonesia,” kata Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara.

Ia menambahkan, eLocker merupakan sebuah langkah cerdas dalam memanfaatkan infrastruktur teknologi guna memudahkan kebutuhan masyarakat Indonesia dalam berbelanja online. Pemerintah sepenuhnya mendukung langkah yang diambil MatahariMall dan Pos Indonesia dalam menjalin kerjasama ini.

Sementara itu, Hadi Wenas, selaku CEO MatahariMall.com mengungkapkan bahwa enandatanganan nota kesepakatan ini merupakan wujud keseriusan MatahariMall dalam menyajikan pengalaman berbelanja yang unik, berbeda dengan negara-negara lain, bagi para pelanggan di berbagai daerah di Indonesia.

Sesaat lagi, para MMall-goers (sebutan untuk konsumen MatahariMall.com) bisa melakukan pembayaran di 4.500 titik kantor Pos Indonesia, pengambilan dan pembayaran di 199 kota atau kabupaten, serta pengambilan otomatis eLocker di 10 kantor pos di Jabodetabek dan Bandung,” katanya.

Kerjasama ini membuat belanja online lebih terjangkau, lebih aman dan nyaman bagi rakyat Indonesia di 100 persen kota atau kabupaten, hampir 100 persen kecamatan, 42 persen kelurahan atau desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Kerjasama antara MatahariMall dan Pos Indonesia ini secara tidak langsung mengukuhkan layanan O2O terbesar di Asia Tenggara.

MatahariMall memberikan dua solusi O2O, di kota-kota besar kita akan menyediakan eLocker yang didukung oleh PopBox Asia, sedangkan di kota atau kabupaten lainnya MatahariMall.com memberikan jasa Pickup&PayCOD. Selain itu, MatahariMall juga menjalin kerjasama dengan Pos Indonesia terkait jasa pengiriman barang ke seluruh Indonesia.

Pos Indonesia senantiasa berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia. Jumlah masyarakat Indonesia yang berbelanja online pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini mendorong kami untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam berbelanja online dengan cepat dan nyaman melalui penempatan eLocker MatahariMall di seluruh kantor cabang Pos Indonesia,” kata Gilarsi WS, Direktur Utama PT Pos Indonesia.