spot_img
Latest Phone

Garmin quatix 8, Smartwatch Maritim dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan quatix 8, smartwatch...

Moto g86 Power 5G: Spek Lengkap dengan Harga Terjangkau

Telko.id - Smartphone terbaru dari Motorola akan segera diluncurkan....

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...
Beranda blog Halaman 1494

Verizon Ingin Hadirkan 5G Lebih Cepat

0

Telko.id – Konsep ‘kecepatan’ saat ini banyak dibicarakan tentang unsur jaringan 5G masa depan, tetapi operator seluler asal Amerika Serikat, Verizon, memiliki fokus yang sedikit berbeda pada kecepatan 5G sekarang, karena tampaknya mereka lebih bertekad untuk mendrive perkembangan teknologi yang pesat daripada menggembar-gemborkan bandwith besar serta kecepatan tinggi untuk download.

Berbicara dalam keynote di Brooklyn 5G Summit pagi ini,  VP of networks dari Verizon Wireless Adam Koeppe berulang kali menekankan keinginan operator untuk memindahkan semua hal secara bersamaan dan jauh lebih cepat daripada apa yang sering mereka lakukan di industri.

Seperti diletahui, Verizon merupakan operator Amerika Serikat pertama yang mengungkapkan keinginan untuk menghadirkan 5G, dengan pengumuman pada September lalu bahwa mereka akan terus melakukan uji coba lapangan terkait 5G di tahun 2016.

Dilansir dari MobileWorldLive (25/4), Verizon sempat mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Alcatel-Lucent (sekarang Nokia), Cisco, Ericsson, Qualcomm dan Samsung sebagai bagian dari 5G Teknologi Forum Verizon. Bahkan, pada bulan Februari di ajang Mobile World Congress (MWC) mereka mengatakan bahwa 5G akan hadir dalam bentuk pra-komersial dan pengujian pada akhir tahun ini. Terlebih, di ajang yang sama, mereka juga menjalin kerjasama dengan operator Asia NTT DoCoMo, KT dan SK Telecom, yang disebut juga sebagai ‘5G Open Trial Specification Alliance’ untuk pengembangan dan percobaan jaringan 5G.

“Hal terbesar dalam kelompok ini adalah gairah,” ujar Koeppe. “Kami duduk setiap beberapa bulan dan pergi melalui apa yang akan kita lakukan bersama untuk mempercepat hadirnya 5G,”

Ia menambahkan bahwa aliansi ini merupakan sekelompok operator yang kompeten untuk mempercepat hadirnya teknologi jaringan generasi kelima tersebut. Koeppe juga mengatakan Verizon berkomitmen penuh untuk proses standarisasi 5G, tetapi mereka ingin membuatnya lebih cepat.

Koeppe mengatakan Verizon sudah memiliki “banyak” dari uji coba lapangan terjadi sekarang, seperti Lingkungan dunia nyata di untuk fixed dan nirkabel.

Koeppe menekankan dalam keynotenya,  bahwa pembangunan 5G akan mendapat manfaat dari dukungan yang lebih luas. “Kami ingin menciptakan banyak kegembiraan dalam ekosistem. Itu sebabnya kita berbicara tentang apa yang kita lakukan sekarang dan nanti. Kami ingin menciptakan buzz. Itu cara kunci untuk kemajuan teknologi dan Kami perlu tindakan,”

Koeppe juga yakin bahwa siklus pengembangan 5G akan jauh lebih pendek dari yang biasanya digunakan oleh industri. Meskipun pendekatan ‘bullish’ ini, konsensus industri menunjukkan 5G tidak akan memiliki standar resmi untuk setidaknya satu atau dua tahun, dengan pertama jaringan komersial sepenuhnya diluncurkan pada tahun 2020. Apakah Verizon akan segera menghadirkan 5G di tahun ini? Wajib kita tunggu.

Inilah Laporan Q1 Verizon

0

Telko.id – Verizon membukukan pendapatan sebesar USD32,17 miliar pada kuartal pertama tahun ini, hasil ini tentunya mengalami peningkatan kecil sebesar 0,6% dari periode tahun lalu.

Berdasarkan laporan Q1 dari operator Asal Amerika Serikat ini menunjukkan bahwa terjadi penurunan sekitar 1,4% pada pendapatan layanan diangka USD$ 28,22 miliar, sementara berbeda dengan pertumbuhan pendapatan sebesar 17,2% yang diraih dari lini peralatan nirkabel. Untuk wireline dan wireless divisi membukukan juga penurunan pendapatan usaha.

Namun, dalam sebuah pernyataan yang menyertai hasil pengumuman, CEO Verizon Lowell McAdam menyoroti kontribusi yang tumbuh dari sumber-sumber pendapatan baru.

“Hasil kuat pada kuartal pertama Verizon menunjukkan kemampuan kita untuk bersaing secara efektif, selagi melaksanakan rencana kami untuk jadi pemimpin jaringan lanjutan dan penyemaian pasar pertumbuhan baru di mobile video dan Internet of Things,” katanya seperti dilansir dari TotalTelecom(24/4).

Sekadar informasi, pada kuartal pertama ini, Verizon menghasilkan pendapatan sekitar USD 195.000.000 dari ranah IOT, atau meningkat sebesar 25% secara year-on-year.

Raksasa telko tersebut melaporkan pendapatan bersih di angka USD 4,43 miliar di Q1, atau meningkat sebesar 2,1% pada kuartal tahun lalu. Sementara laba per pendapatan saham tumbuh sebesar 2,9% menjadi USD 1,09.

Verizon juga mengungkapkan, bahwa basis pelanggan ritel mobile mereka naik sebesar 3,7% menjadi 112.570.000 pengguna, yang mana sebagian besar pelanggannya berasal dari pasca bayar. Berbicara mengenai layanan ini, Verizon mengungkapkan pengguna dari layanan pasca bayar bersih bertambah menjadi 640.000 pada kuartal tersebut, Verizon tidak menentukan apa proporsi mereka adalah pelanggan smartphone. Ini memiliki total 35.720.000 rekening nasabah pasca bayar, dengan rata-rata tiga koneksi per account, naik dari 2,89 tahun sebelumnya.

Verizon menambahkan 180 juta pelanggan, termasuk suara, broadband dan pelanggan video untuk layanan wireline FiOS, secara signifikan lebih sedikit dari penambahan sebesar 282.000 pada kuartal tahun lalu. Total pengguna FiOS berada di angka 17,8 juta, naik 3,8%, sedangkan pendapatan meningkat sebesar 5% menjadi $ 3,52 miliar.

Ridesharing Tak Boleh Tentukan Tarif, Siapa yang Bakal Dirugikan?

0

Telko.id – Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan mengeluarkan Peraturan Menteri (PM) no 32 tahun 2016, dimana salah satu isinya mengatur transportasi berbasis aplikasi online. Pada salah satu pasalnya disebutkan, perusahaan ridesharing seperti Uber, Grab dan lainnya tidak boleh menentukan tarif sendiri.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto menjelaskan bahwa pelayanan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek terdiri atas angkutan taksi, angkutan pariwisata, angkutan kawasan tertentu, dan angkutan dengan tujuan tertentu yang memiliki lima jenis pelayanan, yaitu angkutan antarjemput, angkutan permukiman, angkutan karyawan, angkutan carter, dan angkutan sewa.

Pudji menambahkan, untuk menyelenggarakan angkutan umum tidak dalam trayek seperti yang dilakukan Uber dan Grab, perusahaan wajib mempunyai izin yang dikenakan PNBP, dan juga harus berbentuk badan hukum Indonesia.

“Untuk memperoleh izin, memiliki minimal lima kendaraan yang dibuktikan dengan STNK atas nama perusahaan, memiliki pool, memiliki fasilitas perawatan kendaraan yang dibuktikan dengan dokumen kepemilikan atau perjanjian kerja sama dengan pihak lain,” ujarnya dalam jumpa pers di Kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (22/4).

Perusahaan juga harus mempekerjakan pengemudi dengan SIM umum sesuai golongan kendaraan serta persyaratan administrasi lainnya berupa akta pendirian, bukti pengesahan sebagai badan hukum, TDP, SITU, surat pernyataan kesanggupan sebagai pemegang izin, dan pernyataan kesanggupan menyediakan fasilitas pemeliharaan kendaraan.

“Perusahaan angkutan umum dapat menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi baik yang dilakukan secara mandiri atau bekerjasama dengan perusahaan penyedia jasa aplikasi yang berbadan hukum Indonesia,” ujarnya.

Ia menegaskan, perusahaan penyedia jasa aplikasi teknologi informasi yang memberikan layanan reservasi angkutan umum harus bekerjasama dengan perusahaan angkutan yang telah memiliki izin penyelenggara angkutan.

Sementara terkait tarif, Pudji mengatakan bahwa perusahaan transportasi dilarang bertindak sebagai penyelenggara angkutan umum seperti menetapkan tarif dan memungut bayaran, merekrut pengemudi, dan menentukan besaran penghasilan pengemudi.

Bahkan, Dalam Bab IV soal Penyelenggaraan Angkutan Umum dengan Aplikasi Berbasis Teknologi Informasi, pasal 40 disebutkan bahwa perusahaan angkutan umum boleh atau dapat menggunakan aplikasi berbasis TI.

Sementara di poin 3 dituliskan bahwa perusahaan angkutan umum dapat bekerjasama dengan perusahaan aplikasi dan harus taat terhadap ketentuan di bidang informasi dan transaksi elektronik.

Hal ini diperkuat oleh pasal 41 ayat 4 yang menegaskan bahwa perusahaan aplikasi transportasi harus melaporkan identitas perusahaan, akses monitoring operasional pelayanan data kendaraan dan pengemudi ke Direktur Jendral Kemenhub.

Sehingga dari penjelasan di atas bisa dimaksudkan bahwa Uber, Grab dan bahkan mungkin Go-Car (layanan milik Gojek), harus bekerjasama dengan perusahaan angkutan umum dan tidak boleh lagi merekrut secara langsung atau menentukan tarif perjalanan mereka.

Padahal, tarif yang cenderung lebih murah dan juga stabil menjadi salah satu alasan bagi pengguna untuk memilih ridesharing.

Keluhan Pelanggan Terhadap Perusahaan Telko Masih Tinggi

Telko.id – Telecommunications Industry Ombudsman (TIO) telah mengungkapkan bahwa keluhan terhadap perusahaan telekomunikasi di Australia meningkat 29 persen pada Januari hingga Maret tahun ini, tapi turun 13,8 persen dari waktu yang sama tahun lalu.

Dalam laporan Telecommunications Complaints In Context – sebuah laporan kuartalan yang diterbitkan bersama-sama oleh TIO dan Communications Alliance – diketahui bahwa keluhan meningkat pada periode Januari hingga Maret, dengan “faktor musiman” berkontribusi terhadap peningkatan tersebut, termasuk event musim panas yang dapat mengganggu layanan fixed line.

Dilaporkan Gizmodo, Jumat (22/4), keluhan per 10.000 SIO (Services In Operation) meningkat untuk Telstra, Optus, Vodafone dan amaysim selama kuartal Januari. Sementara Pivotel tetap stabil.

Siapa yang menerima paling banyak keluhan? Jika Anda berpikir bahwa Telstra akan menempati posisi teratas, Anda salah. Pasalnya, meskipun keluhan terhadap operator ini meningkat dari 4,9 menjadi 6,4 keluhan per 10.000 SIO, namun jumlah ini masih dibawah apa yang diterima Optus. Perusahaan telekomunikasi ini memimpin dengan peningkatan angka dari 5,9 menjadi 7,9 keluhan per 10.000 SIO.

Vodafone hanya meningkat sedikit menjadi 3,7 dari 5,5, dan Pivotel mempertahankan tren penurunan dengan menjadi yang terendah dalam hal keluhan, dengan 0,8 per 10.000.

Total keluhan per 10.000 SIO untuk semua penyedia layanan yang berpartisipasi adalah 6,2, mewakili 13,8 persen penurunan pada waktu yang sama tahun lalu (turun dari 7,2). Angka 6,2 pada Januari sampai Maret 2016 merupakan peningkatan dari 29,2 persen dari bulan Oktober sampai Desember 2015.

Selama kuartal yang sama tahun lalu ada peningkatan 7,4 persen keluhan di semua perusahaan telekomunikasi sebagai proporsi SIO perusahaan telekomunikasi, dari 6,7 menjadi 7,2.

5G dan Beberapa Kemajuan yang Dibawanya

0

Penerapan 5G hampir setara dengan mewujudkan mimpi. Teknologi ini terintegrasi dengan fitur-fitur luar bisa yang bila dibandingkan dengan teknologi sebelumnya, jauh lebih meningkat.

advancement (1)Berikut ini adalah beberapa fitur yang dimaksud:

  • Sangat mungkin untuk memanfaatkan kecepatan super, yakni 1 sampai 10 Gbps.
  • Latensi akan mencapai 1milidetik (end-to-end round trip)
  • 1000x bandwidth per unit area.
  • Kelayakan untuk menghubungkan 10 hingga 100 perangkat.
  • Cakupan yang sangat luas.
  • Pengurangan sekitar 90 persen pada penggunaan energi jaringan.
  • Daya tahan baterai akan lebih tahan lama.
  • Seluruh dunia akan berada dalam zona WiFi.

5G dan Aplikasinya

0

Teknologi 5G dihiasi dengan beragam fitur, yang dapat digunakan untuk banyak hal untuk berbagai macam orang terlepas dari tujuan mereka (seperti yang ditunjukkan pada gambar mweb).

applications

Aplikasi dari 5G

Beberapa aplikasi 5G yang signifikan adalah…

  • Ini akan membuat standar global terpadu untuk semua perangkat.
  • Ketersediaan jaringan akan di mana-mana dan akan memfasilitasi orang untuk menggunakan komputer mereka dan beragam jenis perangkat mobile di mana saja kapan saja.
  • Karena teknologi IPv6, visiting care alamat IP mobile akan ditugaskan per jaringan yang terhubung dan posisi geografis.
  • Aplikasinya akan membuat dunia nyata zona Wi Fi.
  • Teknologi radio kognitifnya akan memfasilitasi versi teknologi radio yang berbeda untuk berbagi spektrum yang sama secara efisien.
  • Penerapannya akan memudahkan orang untuk memanfaatkan sinyal radio pada ketinggian yang lebih tinggi juga.

Jalur Terjal Hutchison Untuk Konsolidasi O2

0

Telko.id – CK Hutchison yang merupakan sebuah Holding dari operator Hutchison 3 Indonesia, merasa tidak siap untuk menawarkan konsesi lebih lanjut untuk mengamankan persetujuan dari  European Commission’s (EC) dalam hal proses merger yang direncanakan untuk O2 di Inggris.

Mengutip TotalTelecom(22/4) yang melaporkan bahwa perusahaan yang berbasis di Hong Kong ini merass bahwa penawaran sebelumnya sudah cukup besar dan masih berharap untuk meyakinkan EC untuk mendukung proses merger ini.

Sementara itu, perusahaan siap untuk menantang setiap putusan yang merugikan di pengadilan, berdasarkan laporan Bloomberg.

Sekadar informasi, dalam beberapa pekan terakhir Hutchison telah ditengahi serangkaian penawaran. Hal ini terlihat dengan akan dijualnya sekitar 40% dari kapasitas jaringan Inggris untuk Sky, Virgin, Tesco Mobile dan UK Broadband, asalkan mereka mendapat lampu hijau untuk menggabungkan bisnis 3UK dengan Telefonica O2 UK. Jika berhasil menggabungkan bisnis, Mereka juga berjanji untuk membekukan harga dan berinvestasi besar dalam mobile operation di Inggris.

Namun, mereka masih dihadapkan oleh oposisi yang kuat dengan kesepakatan tersebut. Pekan lalu Competition and Markets Authority (CMA) Inggris mengungkapkan dengan jelas bahwa mereka sama sekali tidak mendukung proses konsolidasi antara 3UK / O2 ini. Mereka menyebutkan bahwa peringatan kerusakan jangka panjang untuk pasar berasal dari kurangnya kompetisi. Dalam sebuah surat kepada kompetisi Eropa komisaris Margrethe Vestager, CMA berpendapat bahwa Inggris memerlukan operator jaringan seluler keempat agar tetap kompetitif dan untuk memastikan konsumen tidak terkena dampak atas kenaikan harga.

Hal ini sejatinya Ini jatuh ke lengan European Commission’s untuk membuat keputusan akhir dalam kasus ini, tapi mulai terlihat seolah-olah Hutch menghadapi perjuangan yang berat. Bahkan, rumor mengatakan bahwa Komisi akan memerintah untuk melawan dalam beberapa minggu mendatang, menjelang tenggat waktu terakhir pada 19 Mei mendatang.

Sementara itu, Telefonica tengah mempertimbangkan opsinya, jika kesepakatan dengan Hutchison gagal. Dalam laporan terpisah pada hari Rabu, Bloomberg mengatakan raksasa telko asal Spanyol ini sedang mempertimbangkan ulang proses penjualan, mulai dari cableco Liberty global dan perusahaan ekuitas swasta yang mungkin menjadi pembeli. Namun, hal ini belum mendapat komentar resmi dari Telefonica atau dari CK Hutchison.

Swisscom Hadirkan Kecepatan 1 Gbps Untuk Mobile

0

Telko.id – Swisscom pada minggu ini mengumumkan telah berhasil menguji LTE-Advanced Pro, yang mencapai kecepatan koneksi puncak hingga 1 Gbps.

LTE-Advanced Pro sendiri adalah sebutan resmi diberikan kepada Rilis LTE 3GPP, yang mencakup beberapa perangkat tambahan untuk carrier aggregation (CA), dan dukungan untuk akses LTE-Unlicensed (LTE-U) dan licence assisted access (LAA).

Dilaporkan TotalTelecom (22/4), Swisscom sendiri menyatakan telah melakukan tes pada jaringan seluler hidup bersama dengan  mitra mereka yakni Ericsson.

“Pada awal pekan ini, kami mampu merayakan sebuah kemajuan pertama untuk Eropa dengan mencapai transfer rate sebesar 1 Gbps, berkat kerjasama erat kami dengan Ericsson. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa Swisscom tengah berada di jalan yang benar untuk inovasi,” kata Heinz Herren, CTO dan CIO dari Swisscom, dalam sebuah pernyataan.

Sekadar informasi, jaringan LTE-A milik Swisscom sendiri saat ini mampu mendukung kecepatan koneksi puncak 300 Mbps di lebih dari 100 lokasi. Hal ini juga menjadi salah satu rencana dari operator ‘incumben’ asal Swiss untuk mulai meluncurkan LTE-Advanced jaringan Pro pada awal 2017.

Martin Burki, CEO Ericsson Swiss mengatakan bahwa Swisscom adalah salah satu operator seluler paling inovatif di seluruh dunia.

Ia menyebut, “Dengan kecepatan transfer 1Gbps dari LTE-Advanced Pro yang juga pertama di Eropa melalui jaringan mobile broadband Swisscom ini, kita menyoroti kekuatan inovatif kolaborasi yang sangat dekat antara kami dengan Swisscom.” Tukas Burki.

Q4, Pendapatan Redhat Naik 14%

0

Telko.id – Salah satu penyedia solusi open source, Redhat. Mengumumkan peningkatan pada pendapatan total mereka di Q4 pada tahun anggaran mereka yang berakhir pada bulan februari tahun ini.

Secara keseluruhan, jumlah pendapatan mereka naik sebesar 17% secara year-on-year atau setara dengan USD 544 juta.

Adalah Jim Whitehurst, Presiden dan Chief Executive Officer Red Hat yang mengungkapkan bahwa kenaikan pendapatan mereka di sebabkan oleh banyaknya perusahaan saat ini yang telah mengadopsi sistem Cloud Hybrid dan open source pada bisnis mereka.

“Perusahaan-perusahaan yang semakin banyak mengadopsi infrastruktur cloud hibrid dan teknologi open source mendorong hasil finansial kami yang kuat. Kuartal keempat menandai peningkatan pendapatan kami selama 56 kuartal berturut-turut, yang berkontribusi terhadap tahun anggaran Red Hat perdana yang melampaui dua miliar dolar dalam total pendapatan,” ujar Whitehurst.

Selain itu, Ia juga mengungkapkan kecenderungan pelanggan yang semakin menginginkan teknologi yang memodernisasi manajemen pengembangan, penyebaran dan life-cycle aplikasi di seluruh lingkungan cloud hibrid. “Banyak pelanggan yang bergantung pada Red Hat dalam menyediakan baik infrastruktur maupun platform pengembangan aplikasi untuk menjalankan aplikasi perusahaan mereka secara konsisten dan handal di seluruh lingkungan cloud fisik, virtual, private dan cloud publik.” tuturnya.

Sementara itu, Frank Calderoni, Executive Vice President, Operations and Chief Financial Officer Red Hat menyebutkan, “Kuartal keempat merupakan suatu penutupan yang kukuh untuk tahun ini karena hasil kami melampaui pedoman kami.Kami mempertahankan tingkat eksekusi yang tinggi selama tahun anggaran ini, yang berkontribusi terhadap lebih dari 20% peningkatan pendapatan dalam nilai tukar tetap pada setiap kuartalnya. Kinerja ini juga mendorong tercapainya rekor jaminan simpanan sebesar 2,13 miliar dolar, naik 15% year-over-year, dan memberikan kami visibilitas yang berarti akan pendapatan di masa mendatang,”

Calderoni menambahkan, momentum bisnis mereka juga mendorong arus kas tahunan sebesar 716 juta dolar, atau naik sekitar 15% dan menggambarkan margin arus kas operasional sebanyak kira-kira 35% selama lima tahun berturut-turut.

Nampaknya, kecenderungan para pebisnis di semua sektor yang mulai beralih ke cloud dan transformasi digital memberikan sebuah angin segar bagi penyedia solusi seperti Redhat. Digitalisasi yang merupakan sebuah keharusan juga menjadi cambuk bagi para decision maker di perusahaan untuk segera beralih ke tren tersebut. Namun sayangnya, pihak Redhat tidak menyebutkan dari industri mana permintaan cloud hybrid ini di dapatkan.

Oppo Belum Siap Luncurkan Smartphone 4G Murah

0

Telko.id – Dengan adanya program pemerintah untuk menggelar broadband seluruh Indonesia, maka ekosistem pun harus mendukung. Ekosistem ini adalah DNA atau Device, Network dan Aplikasi. Dari sisi device, tentu peran serta dari produsen smartphone menjadi penting. Namun, ternyata untuk bisa menyediakan smartphone berbasis broadband, minimal 3G dan 4G, yang berharga dibawah Rp.1 juta bukan persoalan mudah.

Untuk smartphone 3G dibawah Rp.1 juta sedikit lebih mudah. Bahkan dipasar, sudah mulai banyak beredar. Namun, untuk smartphone 4G menjadi persoalan sendiri. Ditambah ada aturan diawal 2017 nanti harus memenuhi peraturan pemerintah tentang TKDN atau tingkat kandungan dalam negeri menjadi persoalan sendiri.

“Kami akan selalu coba untuk komplai dengan peraturan pemerintah. Namun, untuk saat ini, ekosistem untuk bisa memproduksi smartphone 4G dibawah Rp.1 juta masih sangat sulit karena masih banyak komponen yang belum tersedia di Indonesia, walaupun kami sudah bekerjasama untuk memproduksi produk di dalam negeri,” ujar Aryo Meidianto, Media Engagement, Indonesia Oppo Electronics menjelaskan usai peluncuran terbarunya Oppo F1 Plus.

Aryo juga mengaku bahwa saat ini Oppo baru dapat memenuhi TKDN 20% saja. Untuk lebih dari itu masih sulit. Ditambah lagi, untuk mencari perusahaan yang ahli dibidang software, terutama yang ‘jago’ di operating system Android masih sulit. Kebanyakan, masih bermain di aplikasi. Walau begitu, terus menjajaki berbagai kemungkinan bermitra untuk memperkaya TKDN produknya.

Saat ini, Oppo mengklaim sudah menguasai pangsa pasar Indonesia, khusus untuk smartphone diangka 8.8% pada 2015. Dan akan ditingkatkan pada tahun 2016 ini menjadi dua kali lipatnya. Sedangkan, untuk produksi di dalam negeri, Oppo baru bisa mencapai 150 ribu unit setiap bulannya atau sekitar 1,8 juta unit setahun. Padahal, kapasitas produksi pabrik Oppo, diakui oleh Aryo mencapai 500 ribu unit. Jika pun sudah sampai pada angka produksi 500 ribu unit, Oppo yakin bahwa dapat diserap oleh pasar Indonesia. (Icha)