spot_img
Latest Phone

Google Photos Hadirkan Fitur Edit AI dengan Perintah Suara di Pixel 10

Telko.id - Google resmi meluncurkan fitur editing berbasis kecerdasan...

Galaxy Watch8 Series Jadi Wellness Coach Pribadi untuk Gaya Hidup Sehat

Telko.id - Samsung Galaxy Watch8 Series hadir sebagai smartwatch...

Garmin Venu X1 Dukung Performa Padel dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin resmi menghadirkan Venu X1, smartwatch premium...

Garmin quatix 8, Smartwatch Maritim dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan quatix 8, smartwatch...

Moto g86 Power 5G: Spek Lengkap dengan Harga Terjangkau

Telko.id - Smartphone terbaru dari Motorola akan segera diluncurkan....
Beranda blog Halaman 1472

Belgia Bebaskan Spektrum untuk Uji Coba 5G

0

Telko.id – Lampu hijau telah diberikan Pemerintah Belgia kepada regulator telekomunikasi di negara tersebut, untuk membuka spektrum high-bandwidth bagi perusahaan yang ingin melakukan uji coba teknologi mobile 5G.

Selain itu, pemerintah juga menginstruksikan regulator untuk menyediakan lisensi sementara bagi para peneliti 5G.

Alexander De Croo, menteri telekomunikasi dan agenda digital Belgia mengkonfirmasi kabar ini kepada koran Belgia L’Echo, mengatakan bahwa negara menginstruksikan Belgian Institute for Postal services and Telecommunications (BIPT) untuk menemukan spektrum yang untuk sementara bisa dialokasikan untuk pusat bisnis dan penelitian untuk melakukan uji coba 5G.

BIPT sudah bekerja dengan Ericsson untuk menganalisa pita frekuensi terbaik untuk 5G, berkonsentrasi terutama pada pita spektrum yang tinggi, lapor Totaltelecom, Senin (6/6).

Negara juga telah menetapkan sejumlah ketentuan yang mengatur izin sementara, termasuk mengharuskan peneliti Belgia atau start-up terlibat dalam setiap proyek.

Belum ada ketetapan mengenai bagaimana investasi di 5G akan dilakukan, tetapi metode ada guna menghindari seluruh beban jatuh pada operator.

5G sendiri, sebagai teknologi terbaru dalam teknologi mobile direncanakan akan meluncur secara komersial sebelum 2020. Dengan beberapa negara seperti Rysia dan Korea Selatan mengklaim akan menjadi yang pertama menggelarnya.
b

Rampungkan Survey, Advan Siap Hadirkan Smartphone Unggulan

0

Telko.id – Advan yang belum lama ini melakukan riset bersama dengan lembaga riset MARS telah merampungkan riset mereka terkait pilihan smartphone unggulan yang diinginkan oleh masyarakat Indonesia.

Hasnul Suhaimi, selaku kepala project dari riset tersebut menjelaskan, “saat ini masyarakat lebih melihat kualitas, kalau kualitas bagus, maka Brand akan ikut menyusul. Tantangan kita adalah dengan permintaan yang tinggi ini sanggupkah kita menyediakan handset dengan harga yang cocok,” ujarnya pada saat jumpa media di Jakarta (6/5).

Bekerjasa dengan Samsung dan Mediatek, Advan nampaknya akan menggunakan kualitas kamera serta prosesor yang mumpuni besutan dua vendor raksasa ini.

Pada kesempatan yang sama, MARS selaku lembaga riset yang dipilih oleh Advan untuk project ini memaparkan bahwa hasil riset yang meliputi 209 responden di Jakarta dan sekitarnya ini menghadirkan beberapa hasil seperti, daya tahan baterai yang mumpuni, kapasitas RAM dan memori internal yang lega, kamera yang mendukung serta kemampuan prosesor yang mumpuni dan tambahan fitur fast charging.

Riset tersebut juga menjelaskan, sekitar 31% responden mencari smartphone untuk mendapatkan sesuatu yang baru, dan 80% pengguna mengganti smartphone mereka dalam kurun waktu dua tahun.

Lebih dalam, sekitar 86% responden lebih menginginkan OS Android, dengan 50% responden menginginkan RAM sebesar 2 GB. Sementara untuk kecepatan prosesor, sekitar 50 persen pengguna lebih menyukai smartphone dengan kecepatan 2GHz. Hasil mengejutkan terjadi pada sisi konektivitas, dengan konektivitas 4G tidak terlalu diinginkan oleh responden dan hanya 1 persen saja dari responden yang menginginkan hadirnya konektivitas 4G. Meskipun konektivitas 4G hanya 1 persen saja, namun Advan tetap akan menghadirkan layanan 4G pada smartphone terbaru mereka.

Berbicara mengenai Brand, lebih dari 50% responden menyukai brand asal Indonesia, dengan branding dan desain yang lebih Indonesia. Responden juga menginginkan aplikasi lokal sudah tertanam pada smartphone.

Secara keseluruhan, beberapa aspek yang perlu diperhatikan seperti daya tahan baterai, Operating System (OS), resolusi kamera (8 MP untuk belakang dan 5 MP untuk depan), sensitivitas layar serta kapasitas memori menjadi fokus dari pengembangan ini dengan diharapkan beberapa aspek tadi bisa hadir dengan spesifikasi mumpuni namun tetap memiliki harga yang bersahabat.

Andi Gusena, Brand Director Advan mengaku bahwa mereka juga melakukan riset secara internal mengenai smartphone unggulan yang harus dihadirkan oleh Advan.

“Selain riset dari MARS, kami juga sudah melakukan internal research, dengan mencoba melihat fitur-fitur yang tidak terlalu diperlukan oleh pengguna untuk tidak dibenamkan kedalam smartphone Advan agar bisa memotong cost, Advan juga akan berfokus pada kualitas dan user experience dari para pengguna,”

Andi juga tidak tanggung-tanggung untuk memperkenalkan nama dari smartphone yang digadang-gadang akan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia ini dan nama Smartphone ini adalah Advan Gold 1(G1).

Andi menuturkan, nantinya Advan G1 akan menggunakan Megapiksel kamera yang tidak terlalu besar namun optimal layaknya Iphone serta kemudahan untuk selfie, berbahan metal, full Unibody, finger print, speaker berbahan metal agar menghasilkan suara yang berkualitas, Advan juga akan menggunakan desain yang lebih Indonesia pada User Interface mereka.

Disinggung mengenai harga dan ketersediaan, Andi mengungkapkan bahwa smartphone ini rencananya akan dibanderol dengan harga 2 juta rupiah. Namun, untuk ketersediaan di market, Andi belum bisa memastikan kapan smartphone anyar ini akan selesai dibuat. Pasalnya, mereka harus menunggu kesiapan dari MediaTek sekaligus Samsung sebagai pemasok komponen.

Pajak Komponen Berpotensi Jadi Kendala

Peraturan TKDN yang diberlakukan oleh pemerintah memang cukup menjadi kendala dari setiap vendor smartphone untuk bermanuver di pasar Indonesia. Aturan TKDN juga memaksa para vendor smartphone khususnya 4G untuk setidaknya merakit smartphone mereka di Indonesia, sedangkan komponen-komponen inti masih belum tersedia disini. Selain harus impor, komponen tersebut nyatanya juga dibebankan pajak komponen. Sedangkan, untuk vendor yang mengimpor langsung produk smartphone tanpa perlu merakit disini tidak dikenakan pajak. Hal inilah yang tentu cukup menyulitkan para vendor yang ingin menaati peraturan TKDN.

Mengenai hal ini, Hasnul mengungkapkan bahwa itu merupakan sebuah tantangan lain bagi Advan. Ia mengunkapkan, “salah satu strategi untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghadirkan smartphone yang dari segi spek tidak terlalu maksimum, tapi cukup optimal sehingga bisa menekan jumlah tax yang timbul,” ujar Hasnul pada sesi doorstep.

Dengan vendor smartphone yang dituntut untuk memenuhi TKDN, akan lebih baik jika pajak komponen ikut dihapuskan, karena pajak ini akan menyulitkan para vendor untuk memenuhi TKDN, minimal untuk merakit smartphone di Indonesia.

Revenue 4G Lampaui 3G di 2016, Koneksi Capai 1.9 Miliar

Telko.id – Menurut laporan terbaru dari Strategy Analytics, pendapatan yang dihasilkan oleh langganan 4G akan melampaui apa yang dihasilkan 3G untuk pertama kalinya pada tahun 2016.

Diperkirakan juga, total pendapatan layanan nirkabel (tidak termasuk M2M) akan mencapai puncaknya pada tahun 2019 dengan US$ 882 miliar dan setelah itu mulai menurun. Pertumbuhan ini sudah cukup datar, dengan angka di 2019 yang hanya 3% naik dibanding 2015 dengan tekanan persaingan dan peraturan membatasi peluang pertumbuhan.

Jumlah koneksi 4G global diperkirakan akan meningkat dari 1.1 miliar menjadi 1.9 miliar selama tahun ini dan mencapai 5,6 miliar pada akhir 2022.

Di saat yang bersamaan, GSA juga secara kebetulan mengumumkan hasil penelitiannya hari ini mengatakan bahwa jumlah total jaringan 4G global telah mencapai 500 lebih.

“Pasar maju seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan akan melihat sebagian besar pendapatan mereka berasal dari layanan LTE 4G tahun ini, meskipun China juga akan memberikan kontribusi yang signifikan,” kata analis SA, Phil Kendall seperti dilansir Telecoms, Senin (6/6).

Ia menambahkan, dengan menyalip Amerika Serikat untuk menjadi pasar 4G terbesar di dunia pada Q3 2015, China akan membuat iri pasar berkembang lainnya dengan lebih dari setengah dari pendapatan 2016-nya diproyeksikan berasal dari 4G LTE.

“Layanan 5G komersial akan dimulai di beberapa pasar pada tahun 2020, terutama di Amerika Serikat dan pasar Asia yang maju,” kata Susan Welsh de Grimaldo dari SA.

Ia memperkirakan pengguna yang terkoneksi dengan 5G akan tumbuh dari 2 juta pada tahun 2020 menjadi 116 juta pada tahun 2022, dengan modem dan router mendorong adopsi awal.

Lewat grafik yang dibuatnya, SA juga menunjukkan bahwa butuh waktu dua tahun bagi 4G untuk berjalan dan kemudian lebih lanjut empat tahun untuk menjadi generator pendapatan utama. SA menilai proses yang sama juga akan terulang pada 5G, mulai dari tahun 2020.

SA-service-revenue-chart

Nokia dan FiberStar Kerjasama Hubungkan Jawa dan Bali

0

Telko.id – Nokia dan FiberStar bekerjasama untuk menyediakan kapasitas backbone baru di wilayah-wilayah ‘greenfield’ di Jawa dan Bali. Nokia akan menggelar teknologi DWDM terbarunya, yang memungkinkan kecepatan hingga 100G per wavelength untuk mendukung FiberStar dalam menyediakan jaringan quad play dengan layanan telekomunikasi triple-play yang canggih.

Pemilihan pulau Jawa dan Bali oleh kedua perusahaan juga bukannya tanpa sebab. Pulau Jawa dipilih lantaran berkembang dengan cepat sebagai pusat kegiatan ekonomi di Indonesia, sementara Bali merupakan tujuan wisata yang terdepan.

Menurut FiberStar, menghubungkan kedua pulau tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam memperluas cakupan fiber optik di lebih banyak kota di Indonesia sampai 2019.

“Dengan penggelaran fiber optik ini kami ingin membantu konsumen dan mempercepat adopsi ICT untuk meningkatkan perekonomian di berbagai daerah di Indonesia,” kata Thomas Dragono, Commercial Director, FiberStar, melalui keterangan resmi, Senin (6/6).

Ia menambahkan, dengan pemahaman pasar yang komprehensif dan keahlian yang dikombinasikan dengan teknologi Nokia yang telah terbukti, FiberStar akan dapat menawarkan solusi terbaik untuk mengatasi kebutuhan telekomunikasi saat ini, khususnya di seluruh wilayah Jawa dan Bali.

Teknologi Nokia akan membantu FiberStar dalam mengoptimalkan jaringan untuk kapasitas tertinggi dengan biaya terendah per bit. Proyek ini juga mencakup kontrak pemeliharaan layanan selama lima tahun untuk menjamin kinerja jaringan terbaik.

“Eksistensi kuat kami di Indonesia dan rekam jejak produk yang bagus memberikan FiberStar sarana untuk memberikan bandwith tertinggi dan mempercepat penyediaan layanan baru. FiberStar dapat menggunakan penggunaan ini sebagai titik awal dengan teknologi 100G yang dapat ditingkatkan kedepannya menjadi 400G dan seterusnya,” tambah Robert Cattanach, head of Indonesia, Nokia.

Nokia sendiri hadir pertama kali di pasar dengan single carrier koheren 100G komersial pada tahun 2010; dan antarmuka 100G/200G pertama yang bisa diprogram pada tahun 2013.

Berhasil, Right Issue XL Direspon Positif Para Investor

0

Telko.id – Operator XL Axiata mengumumkan keberhasilannya dalam menerbitkan saham baru senilai USD500 juta yang didukung penuh oleh pemegang saham dan diminati oleh investor yang terlihat dari kelebihan pemesanan (oversubscription) saham tambahan yang diajukan sebelum penjatahan terakhir.

Terkait dukungan ini, Presiden Direktur dan CEO XL, Dian Siswarini mengurai rasa terima kasihnya. Inisiatif strategis ini diakuinya sejalan dengan strategi balance sheet management, dimana perusahaan senantiasa berupaya untuk memperkuat posisi keuangan XL dan meminimalisir eksposur valuta asing.

“Dana bersih yang diperoleh dari penawaran umum terbatas II ini akan digunakan untuk pembayaran kembali atas seluruh hutang kepada pemegang saham senilai USD500 juta yang diberikan Axiata Group Berhad,” kata Dian melalui keterangan tertulis, Senin (6/6).

Setelah dilaksanakannya penawaran umum terbatas II dan pembayaran kembali atas seluruh hutang kepada pemegang saham senilai USD500 juta, XL akan melakukan lindung nilai atas seluruh sisa hutang XL dalam denominasi dolar Amerika Serikat sampai dengan tanggal jatuh tempo.

Pelunasan hutang tersebut akan mengurangi rasio hutang terhadap ekuitas XL dari 1,8x pada tanggal 31 Maret 2016 menjadi 0,9x, berdasarkan laporan proforma setelah penawaran umum terbatas II.

TCASH TAP Jadi Pelengkap Bandung Smart City

0

Telko.id – Telkomsel TCASH TAP merupakan cara bayar baru dengan teknologi Near Field Communication (NFC) yang bisa digunakan untuk semua pelanggan Telkomsel dan semua jenis handphone. Ekspansi layanan TCASH TAP dilakukan ke kota Bandung dengan menggandeng banyak merchant, serta mendapat dukungan penuh dari Bank Indonesia dan pemerintah setempat. Peluncuran TCASH TAP di Bandung juga disaksikan langsung oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Edward Ying mengatakan, “TCASH memberikan banyak kemudahan dan pengalaman unik kepada pelanggan dalam melakukan transaksi non tunai. Dengan hadirnya layanan TCASH TAP di Bandung, diharapkan layanan keuangan digital semakin diadopsi untuk mendukung gaya hidup masyarakat dalam bertransaksi secara non tunai dan dalam rangka pemberdayaan masyarakat dengan layanan keuangan inklusif.”

Edward lebih lanjut menjelaskan bahwa hadirnya layanan TCASH TAP di Bandung ini selain merupakan upaya Telkomsel dalam mendukung terciptanya less-cash society di Bandung, namun juga untuk berkembangnya UKM lokal, melalui layanan pembayaran elektronik. Pada kesempatan ini, Telkomsel juga menyelenggarakan event TAP Market yang seru di Trans Studio Mall, dengan menggandeng 40 pengusaha kuliner muda.

Telkomsel juga bekerja sama dengan komunitas Daarut Tauhiid dalam mengembangkan cash-less ecosystem di lingkungan pesantren/sekolah. Sebelumnya telah dilakukan uji coba berupa pembayaran honor santri karya dan belanja para santri di lingkungan Daruut Tauhiid melalui TCASH. Ke depannya, layanan ini berpotensi untuk dikembangkan di 3.000 pesantren di Indonesia. Selain itu Telkomsel juga menjajaki kerja sama lanjutan dengan pemerintah kota Bandung untuk bersama-sama mengembangkan cash-less dan innovative transactions di Bandung.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, “Kami berterima kasih atas upaya Telkomsel untuk mendigitalisasi bisnis dan wirausahawan UKM yang ada di Bandung melalui layanan keuangan digital. Kami berharap semakin banyak masyarakat Bandung yang menggunakan layanan digital untuk aktivitas sehari-hari, dan dimudahkan dalam membayar layanan-layanan publik dengan uang elektronik pada pengembangan selanjutnya. Tentunya hal ini sejalan dengan upaya kami dalam membangun Bandung Smart City.”

Aplikasi Pembayaran Berbasis NFC Pertama di Indonesia

Bertepatan dengan peluncuran ini, Telkomsel memperkenalkan pertama kali di Indonesia, aplikasi pembayaran berbasis NFC di T-Wallet untuk smartphone android yang memiliki fitur NFC. Pengguna cukup mengunduh T-Wallet dari application store dan mengaktifkan fitur NFC TCASH TAP.

Adapun TCASH TCAP dengan NFC, pertama kali diluncurkan Telkomsel di area Jabodetabek pada bulan Oktober 2015, dan saat ini telah digunakan oleh lebih dari 500.000 pengguna. Penggunaan layanan ini amat mudah, cukup dengan mengaktifkan dan menempelkan sticker NFC TCASH ke ponsel, pelanggan dapat melakukan ‘TAP’ di mesin EDC NFC yang tersebar di outlet merchant. Transaksi TCASH pun sangat aman karena menggunakan PIN.

Saat ini, TCASH TAP dapat digunakan di lebih dari 80 merchant ternama dengan lebih dari 6,000 outlet di antaranya adalah McDonald’s, Coffee Bean, Baskin Robbins, Wendy’s, 7Eleven, Bakmi GM, Indomaret, Coldstone, Krispy Kreme, Urban Kitchen, Amazon, dan Cinema XXI. Di Bandung, Telkomsel mendukung berkembangannya bisnis lokal dengan bekerja sama dengan beberapa merchant lokal Bandung dan memberikan banyaknya manfaat dari sistem pembayaran elektronik menggunakan TCASH.

TCASH juga bekerja sama dengan pemerintah pada pra uji-coba pemanfaatan TCASH sebagai alternatif solusi mekanisme penyaluran bantuan sosial non-tunai bersama Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) untuk studi kelayakan penggunaan uang elektronik TCASH untuk distribusi dana bantuan pemerintah. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan distribusi bantuan sosial secara non-tunai menjadi lebih tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat administrasi.

“TCASH dapat menjadi media yang efektif, terutama karena jaringan pelanggan, jaringan distribusi, dan jangkauan network yang dimiliki Telkomsel. Dengan jumlah pengguna yang mencapai 153 juta pelanggan dan jaringan distribusi yang tersebar di lebih dari 400,000 jaringan, hal ini diharapkan dapat mewujudkan percepatan inklusi layanan keuangan digital untuk semua masyarakat Indonesia”, jelas Edward.

Melihat masih tingginya angka populasi masyarakat yang belum terjangkau layanan perbankan (unbanked), Telkomsel juga bekerjasama dengan BTPN menghadirkan layanan keuangan terbaru berupa layanan ketersambungan antara uang elektronik TCASH dengan tabungan BTPN Wow! Layanan ini hadir untuk memberikan kemudahan bertransaksi dan menabung melalui ponsel. (Icha)

Keamanan Harus Menjadi Dasar dari Digital Distruption

Telko.id – Perusahaan telekomunikasi telah melihat digital distruption lebih sebagai peluang bisnis ketimbang sebuah ancaman bagi mata pencaharian mereka, namun mereka sejatinya mengambil keuntungan dari sebuah kesempatan yang memerlukan sebuah keamanan sebagai landasan dari transformasi digital mereka.

Itu adalah tema kunci yang muncul dari panel paripurna di CommunicAsia 2016 Summit Kamis tentang digital distruption. Ketika panel ditanya bagaimana untuk membawa tren digital ke dalam inti atau bisnis mereka, jawaban dari panel adalah fitur keamanan.

“Hal utama adalah keamanan. Anda tidak dapat melakukan dialog bisnis yang kredibel tanpa itu, “kata Robert Le Busque, MD strategy and planning for APAC, EMEA and LATAM at Verizon Enterprise, seperti dilaporkan TelecomAsia (6/6).

Lebih lanjut, Ia menambahkan bahwa security merupakan sebuah dialog yang harus terjadi, karena lanskap ancaman sangat terfragmentasi, dengan motivasi yang kompleks.

“Ketika kita berbicara tentang lanskap IOT dalam lima atau sepuluh tahun, kita tidak bisa membayangkan apa yang akan terlihat, tapi itu adalah kesempatan besar bagi para aktor yang buruk untuk memanfaatkan hal tersebut dan merugikan kita,” tambah Le Busque. “Ini adalah area yang sulit untuk membuka, tapi itu percakapan pertama saya dengan pelanggan.”

Sementara itu, Wing K Lee, CEO dari YTL Communications, mengatakan bahwa itu adalah masalah kepercayaan.

“Setelah kepercayaan telah dilanggar, Anda tidak bisa kembali, dan memiliki efek yang berpengaruh untuk seluruh ekosistem. Sebagai contoh, video terbaru di YouTube dari orang-orang yang meretas connected cars dan menutupnya ketika sedang berada di jalan? video tersebut menjadi sebuah viral dan saat ini semua orang takut mengendarai Connected Car, ” ujar Lee.

Lee menambahkan bahwa hal ini menciptakan sebuah kesempatan bagi perusahaan telekomunikasi. “karena kita tahu bagaimana cara untuk menjalankan jaringan yang aman, dan kami memiliki tingkat kepercayaan dengan pelanggan kami. Tapi kita harus selalu ingat bahwa kita membutuhkan sebuah landasan yang aman,”

Selain itu, Fermin Fautsch, VP global enterprise, Telekom Malaysia, mengungkapkan hal senada, namun mencatat bahwa perusahaan telekomunikasi bukan satu-satunya dalam ekosistem yang membutuhkan pendekatan dasar untuk keamanan.

“Keamanan merupakan masalah besar, tapi kami memberitahu pelanggan kami bahwa Anda harus menerapkannya juga. Kami melihat cerita dari bank hacked dan menyalahkan penyedia pembayaran. Setiap orang harus menganggap mereka akan diserang, bahkan jika mereka bukan menjadi target utama,” tukasnya.

Ini Strategi Operator Tanah Air Untuk Songsong Ramadhan

0

Telko.id – Bulan suci Ramadan yang berlanjut dengan Lebaran selalu ditunggu oleh umat Muslim di seluruh penjuru Tanah Air. Bukan hanya itu, para operator juga seakan berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik mereka kepada pelanggan di bulan Ramadhan. Tidak hanya memberikan pelayanan makaimal, beberapa paket unggulan juga disinyalir sebagai salah satu senjata untuk menjaring pelanggan baru di bulan Suci tersebut.

Semua operator seluler seperti Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Hutchison 3 Indonesia serta Smartren berlomba-lomba menghadirkan layanan serta paket dan promo Ramadhan yang sayang untuk dilewatkan.

Tim Telko.id telah merangkum, ‘sepak terjang’ para operatir seluler tersebut untuk memberikan pelayanan dan kualitas jaringan bagi para pelanggan mereka di bulan suci Ramadhan tahun ini.

Telkomsel

Operator BUMN ini menghadirkan beberapa offering yang akan memanjakan para pengguna mereka. Mulai dari voice, SMS, VAS, broadband, voucher merchant partner Telkomsel dan online shopping. Pelanggan dapat menukar Telkomsel Poin yang mereka miliki ke berbagai pilihan produk diatas.

Para pelanggan juga bisa mendapatkan potongan harga ketika berbelanja di situs e-commerce seperti lazada, mataharimall, blibli, shopback dan masih banyak lagi. untuk info selanjutnya, silahkan kunjungi http://www.telkomsel.com/siaga

XL Axiata

Operator ini memberikan layanan dan paket ramadhan yang dibagi menjadi beberapa sub kategori, seperti Xtra Kuota, Xtra Device, Xtra Festival, Xtra Seru, Xtra Cepat, Xtra Berbagi dan Xtra Mudik.

Baca Juga : Ini Senjata XL Untuk Manjakan Pelanggan Dikala Ramadhan

Paket Combo Xtra ditawarkan mulai dari yang paling murah Rp 39 ribu, dan mendapatkan kuota 800MB, 30 menit gratis menelepon ke semua operator. Paket tertinggi seharga Rp 239 ribu, mendapatkan kuota 16GB, bonus tambahan 40GB di 4G, unlimited menelepon ke sesama XL, dan 150 menit ke operator lain. Pelanggan XL bisa mendapatkan paket ini dengan membeli Kartu Perdana Combo Xtra atau mengaktifkan Paket Combo Xtra melalui UMB *123# atau aplikasi MyXL.

Paket Combo Xtra ini sekaligus merupakan penawaran terbaik dari XL kepada pelanggan dan masyarakat yang telah menggunakan layanan internet cepat 4G LTE. Pihak XL berharap paket baru ini akan lebih mempermudah pelanggan dan masyarakat yang hendak memanfaatkan layanan 4G LTE.

Indosat Ooredoo

Dalam menyambut bulan suci ramadhan 2016 ini, Indosat kembali menawarkan program promo paket internet murah unlimited tanpa batasan kuota atau Fup “Freedom Minis”. Tak hanya paket internet saja, Indosat juga sajikan promo lain seperti paket SMS dan Telpon Unlimited dengan harga murah.

Daftar Harga Paket 1 Hari

  1. SMS Unlimited – Rp. 1000,- /hari
  2. Telpon Unlimited – Rp. 3000,- /hari
  3. Internet Unlimited -Rp. 3000,- /hari
  4. * – 50 Menit Nelpon ke sesama – Rp. 2000,- /hari
  5. * – 100 SMS ke sesama – Rp. 500,- /hari

Daftar Harga Paket 3 Hari

  1. Paket Komplit Unlimited Internet, Nelpon, SMS – Rp. 7500,- /3 hari

Daftar Harga Paket 7 Hari

  1. Paket Komplit Unlimited Internet, Nelpon, SMS – Rp. 10000,- /7 hari

 

Untuk paket Nelpon dan SMS semua paket di atas hanya berlaku untuk ke sesama Indosat saja. Untuk melakukan Nelpon dan SMS ke Operator lain tetap di kenakan tarif standar Indosat. Paket ini bisa anda daftarkan selama bulan ramadhan 2016.

Paket IM3 Ooredoo Freedom Combo

Paket Freedom Combo adalah paket baru Indosat Ooredoo yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan layanan akses internetan cepat di jaringan data terkuat, nelpon & SMS sepuasnya dalam satu paket. Nikmati internetan cepat di jaringan data terkuat, BEBAS nelpon & SMS sepuasnya dengan paket FREEDOM COMBO.

Paket Harga Kuota Keterangan Bonus 4G
Freedom Combo M Rp 59.000 2 GB 1GB + 1GB (4G) 10 GB
Freedom Combo L Rp 99.000 4 GB 2GB + 2GB (4G) 20 GB
Freedom Combo XL Rp 149.000 8 GB 4GB + 4GB (4G) 30 GB
Freedom Combo XXL Rp 199.000 12 GB 6GB + 6GB (4G) Unlimited

 

Hutchison 3 Indonesia

Operator Multinasional ini juga ikut menghadirkan beberapa program Ramadhan untuk para pengguna, mulai dari paket komunikasi berbasis telepon/sms serta data internet hingga paket streaming video.

Baca Juga : Ini Persiapan Tri Untuk Songsong Ramadhan

Paket bebas bicara

Tri menyediakan paket bagi pengguna yang hendak melakukan silaturahmi melalui telepon ke semua operator di Indonesia. Seperti
Kuota 15 menit untuk 1 hari seharga Rp. 2.500,-
Kuota 40 menit untuk 7 hari seharga Rp.5000,-
Kuota 120 menit untuk 30 hari, Rp. 15.000,-
Kuota 250 menit untuk 30 hari, Rp. 30.000,-

Produk MovieMax.

Paket akses streaming sepuasnya dari 00.00-06.00 untuk semua aplikasi streaming film dengan harga Rp.10.000,-

Smartfren

Smartfren juga akan menghadirkan promo menarik, seperti paket “Double Quota, Double Pleasure”, yang memungkinkan pelanggan mendapatkan tambahan ekstra kuota data sebesar kuota yang mereka beli. Selain itu, ada juga bonus menelepon ke sesama Smartfren selama 1000 menit, bonus melepon ke operator lain selama 10 menit, dan bonus 100 SMS.

Baca Juga : Kampanye #4GinAja Jadi Senjata Smartfren Hadapi Ramadhan

Smartfren juga menghadirkan paket “Sahur plan” yang dipersiapkan untuk mengisi waktu menunggu sahur. Lewat paket ini, pelanggan akan mendapatkan kuota sebesar 3GB yang dapat digunakan untuk streaming video di Youtube, Daily Motion, atau Clip on You pada jam 01.00 – 07.00 WIB. Sementara untuk menunggu waktu berbuka (07.00 – 19.00 WIB), Smartfren menawarkan paket “Puasa Plan” yang memiliki manfaat sama dengan paket “Sahur Plan.”

Demikian beberapa paket pilihan dari beberapa operator seluler untuk menyambut bulan sui Ramadhan tahun ini.

Ini Persiapan Tri Untuk Songsong Ramadhan

0

Telko.id – Seperti biasa, guna menyambut bulan suci Ramadhan semua operator Telekomunikasi berlomba-lomba untuk menghadirkan layanan baik itu melalui kualitas jaringan, produk serta berbagai promo menarik bagi pengguna mereka di Indonesia.

Berkaca dari hal tersebut, salah satu operator 4G di Indonesia yakni Hutchison 3 Indonesia menghadirkan beberapa layanan yang pastinya akan memanjakan para pengguna mereka di bulan Ramadhan tahun ini.

Adalah Danny Buldansyah, VP Director Hutchison 3 Indonesia yang mengakui bahwa jaringan mereka telah siap untuk menghadapi lonjakan traffik baik itu data maupun voice dan SMS.

“Jaringan sudah kita siapkan, ada drive test yang dibuka oleh menteri kominfo. Traffik, kira -kira untuk data rata-rata sebesar 1500 TB per hari, pada saat hari raya, ada pertumbuhan sekitar 20% dari trafik biasanya. Voice diharapkan ada peningkatan sekitar 20%, sementara SMS juga diharapkan ada pertumbuhan sebesar 10%,” ujarnya pada saat Jumpa Media di ajang Indonesia Cellular Show 2016, di Jakarta (4/6).

Ia menambahkan, dengan melihat tren pada tahun sebelumnya, jumlah kapasitas network mereka di periode Ramadhan kali ini sudah ditingkatkan hingga mencapai 40 sampai 50% dari biasanya.

Hutchison 3 Indonesia juga telah menyediakan ekstra genset untuk menyuplai BTS mereka. Mobile BTS juga akan ditempatkan di jalur-jalur mudik yang diprediksi bakal memiliki traffik yang tinggi.

Sekadar informasi, sampai dengan saat ini jumlah BTS mereka sudah menyentuh angka 40 ribu BTS di Indonesia yang terdiri dari 2G dan 3G serta 4G yang baru diluncurkan di 6 kota yakni, Jakarta, Bandung, Bali, Batam, Pontianak, Makassar. Sebesar 18.169 BTS mereka merupakan BTS 3G dan 4G sementara sisanya masih 2G. Namun semua BTS 2G mereka sejatinya ready untuk 3G atau 4G, hanya tinggal menunggu demand saja di wilayah tersebut.

Lebih lanjut, Mereka memaparkan sebesar 20% dari total pelanggan mereka menggunakan sms/nelpon dalam satu harinya sementara sisanya yakni sekitar 80% sudah menggunakan data. Sementara untuk pengguna smartphone, Tri menyebut sekitar 80% dari total 55.5 juta pengguna mereka di Indonesia telah menggunakan smartphone.

“Ada beberapa lokasi yang hanya 2G, tapi kita akan melakukan ekspansi jika ada permintaan 3G atau 4G di wilayah tersebut,” tambah Danny.

Program Ramadhan

Hutchison 3 juga menjelaskan program Ramadhan mereka yang berasal dari kecenderungan pengguna pada saat bulan Ramadhan. Mereka mengungkapkan terdapat tiga versi kecenderungan tersebut yakni, memperbanyak Ibadah, Saling Silaturahmi, dan Peningkatan penggunaan internet.

Berkaca dari hal tersebut, Tri menghadirkan beberapa paket Ramadhan yang sesuai dengan perilaku pengguna mereka diantaranya :

Akses konten islami

Hutchison 3 Indonesia menghadirkan aplikasi Alquran, Tausiah, Jadwal Shalat, Info Ramadhan serta Video panduan menggunakan hijab. Pengguna bisa mengakses *786#

Point rejeki ramadhan & THR (Tebar Hadiah Ramadhan)
Pengguna akan mendapatkan poin ketika melakukan pembelian pulsa atau paket dan berkesempatan mendapatkan hadiah selama Ramadhan.

Paket bebas bicara

Tri menyediakan paket bagi pengguna yang hendak melakukan silaturahmi melalui telepon ke semua operator di Indonesia. Seperti
Kuota 15 menit untuk 1 hari seharga Rp. 2.500,-
Kuota 40 menit untuk 7 hari seharga Rp.5000,-
Kuota 120 menit untuk 30 hari, Rp. 15.000,-
Kuota 250 menit untuk 30 hari, Rp. 30.000,-

IMG_20160604_155509

Produk MovieMax.

Paket akses streaming sepuasnya dari 00.00-06.00 untuk semua aplikasi streaming film dengan harga Rp.10.000,-

Pada kesempatan yang sama, Hutchison Tri indonesia juga mengungkapkan target pertumbuhan subscriber di tahun ini lebih sedikit dibandingkan dengan tahun lalu, namun masih dalam range yang sama.

#TransferKebahagiaan Jadi Cara TrueMoney Sambut Ramadhan

0

Telko.id – Bulan Ramadhan dimanfaatkan sejumlah perusahaan untuk mempekenalkan layanannya, termasuk TrueMoney. Penyedia layanan keuangan ini meluncurkan program Ramadhan bertajuk #TransferKebahagiaan.

Lewat program Transfer Kebahagiaan ini, TrueMoney akan memperkenalkan tiga produk unggulan, yaitu Pengiriman Uang, Pembayaran Merchant, Pembayaran ZIS (Zakat, Infak, dan Sedekah), serta program promo Poin TrueMoney dan Kampung TrueMoney.

“Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dimana umat muslim khususnya, berlomba-lomba untuk berbagi kebahagiaan. Ini merupakan saat yang tepat bagi kami untuk turut serta memberikan fasilitas pembayaran modern untuk masyarakat yang dapat dimanfaatkan pula untuk pembayaran Zakat, Infak, dan Sedekah, serta pengiriman dana dalam negeri melalui mesin EDC TrueMoney,” kata Joedi Wisoeda, CEO TrueMoney saat jumpa pers di Kantor TrueMoney, Jakarta.

Dalam layanan Kirim Uang, TrueMoney menjanjikan pengalaman yang mudah, cepat, dan aman, dimana hanya dengan nomor handphone dan KTP pengiriman uang dapat dinikmati masyarakat luas yang tidak memiliki rekening bank sekalipun.

Pengirim dan penerima dana yang baru pertama kali menggunakan layanan ini akan didaftarkan menjadi Member, yang selanjutnya dapat menggunakan layanan TrueMoney lainnya, seperti transaksi pembelian pulsa dan token PLN, pembayaran PPOB, dan tarik tunai saldo TrueMoney.

TrueMoney juga mempersembahkan promo Poin TrueMoney bagi penggunanya, dimana Agen dan Member akan mendapatkan poin untuk setiap transaksi pembelian dan pembayaran yang dilakukan. Nantinya, dalam periode tertentu, poin yang dikumpulkan dapat ditukar dengan berbagai macam hadiah. Poin yang dikumpulkan ini tidak akan hangus, sehingga meski periode penukaran hadiah berakhir pengguna dapat tetap menukarkan poinnya pada periode berikutnya.

Tak hanya itu, TrueMoney juga bekerjasama dengan Snapcart untuk menyelenggarakan promo pembayaran merchant. Promo ini berupa cashback dari pembelian kebutuhan sehari-hari yang dilakukan di toko-toko retail yang telah bekerjasama dengan Snapcart.

Pada peluncuran layanannya ini, TrueMoney juga memperkenalkan tiga jenis kartu member barunya dengan desain yang lebih dinamis. Dua jenis kartu diperuntukkan bagi pengguna TrueMoney konvensional, dan satu jenis kartu lainnya diperkenalkan sebagai kartu TrueMoney Syariah. Member TrueMoney dapat menggunakan fasilitas yang disediakan di 10.000 mesin EDC TrueMoney sudah tersebar di sembilan provinsi di Indonesia, diantaranya DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Bali, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.