spot_img
Latest Phone

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...

Oppo Reno 14 Series: Harga Bersaing, Spesifikasi Diatas Pesaing

Telko.id – Oppo resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yaitu Oppo...

OpenAI Siapkan Browser dengan AI, Saingan Google Chrome

Telko.id - OpenAI sebagai induk perusahaan dari ChatGPT sedang...

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...
Beranda blog Halaman 1472

Vodafone Inggris Bebaskan Biaya Roaming di 40 Negara

0

Telko.id – Vodafone UK telah menjadi operator selular terbaru di Eropa yang memungkinkan pelanggan untuk bepergian ke luar negeri tanpa membayar biaya roaming.

Langkah ini diambil menyusul rencana Komisi Eropa untuk menghapuskan biaya roaming. Vodafone mengatakan kini perusahaan akan menawarkan roaming inklusif di 40 destinasi, termasuk Turki, enam pulau Karibia dan Swiss.

Menurut Vodafone, tawaran itu berlaku untuk bundel 12 bulan dan 24 bulan Vodafone Red dan Red Value, dan termasuk panggilan telepon tak terbatas, teks dan pesan gambar, dan tunjangan data bulanan hingga 4 GB. Harga mulai dari £18 atau sekitar Rp350 ribu untuk 500 MB roaming inklusif dari total data keseluruhan 2 GB, sementara paket dengan data roaming 4 GB dan total data 12 GB adalah £32 atau Rp600 ribu.

Isu roaming telah menjadi masalah yang mendesak di Eropa dan harus diselesaikan oleh operator selulernya, karena mereka perlu memastikan loyalitas pengguna dengan memberikan penawaran menarik menjelang penghapusan biaya roaming di Uni Eropa pertengahan Juni 2017 mendatang.

Di Inggris, selain Vodafone UK, ada juga Tesco Mobile, yang juga akan menghapus biaya roaming tambahan musim panas ini, dan 3 UK.

3 UK telah menawarkan layanan Feel Like Home untuk layanan roamingnya beberapa waktu lalu, dan memberikan data maksimum 12 GB untuk penggunaan roaming. Roaming inklusif juga disediakan oleh operator seperti Free Mobile di Perancis dan A1 Telekom Austria, dan banyak lagi.

Vodafone UK mengklaim beberapa keunggulan dari penawarannya jika dibandingkan dengan para pesaing, seperti fakta bahwa ini menawarkan roaming 4G di 32 destinasi di Eropa dan 93 di seluruh dunia. Dikatakan pula, layanan ini tidak menguras kecepatan data saat roaming. Demikian dilaporkan Total Telecom, Senin (9/5).

Perusahaan menambahkan, penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 80% semua kunjungan ke luar negeri yang dilakukan oleh pelanggan bulanannya berada dalam zona roaming inklusif baru.

Gandeng Red Hat, Telefonica Perkuat Aplikasi Mobile

Telko.id – Perusahaan telco multinasional Telefonica telah menandatangani perjanjian global dengan vendor perangkat lunak enterprise open source Red Hat untuk menggunakan Mobile Application Platform sebagai platform referensi untuk Telefónica Business Solutions.

Dilaporkan Telecoms (9/5), Red Hat Mobile Application Platform resmi diluncurkan tahun lalu, menggabungkan teknologi dari akuisisi sebelumnya FeedHenry, namun Telefonica telah bekerjasama dengan Red Hat pada perusahaan Group Enterprise Manage Mobility proposisi sejak 2012.

Sekadar informasi, kemitraan ini dirancang untuk mengimprovisasi kemampuan Telefonica guna membantu pelanggan enterprise dengan transformasi digital mereka dan aplikasi khusus perusahaan.

“Keputusan Telefonica untuk mendirikan Red Hat Mobile Application Platform sebagai platform referensi untuk pengembangan mobile sejalan dengan strategi kami untuk menyebarkan multitenant, solusi multi-operator yang didasarkan pada standar terbuka,” kata Juan Manuel Moreno, Direktur Telefonica Bisnis Solutions’Cloud. Ia menambahkan, Tujuan mereka adalah untuk membantu memperluas ekosistem dalam pengembang aplikasi, untuk menggunakan kembali kode dan mendorong kerja sama yang lebih besar antara operator Telefonica di seluruh dunia.

“Mobile semakin menemukan tempatnya sebagai katalis untuk transformasi digital dalam perusahaan, sebagai organisasi kami berusaha untuk kembali membayangkan dan menghidupkan proses bisnis mereka untuk lebih efektif melibatkan karyawan dan pelanggan mereka,” ujar Cathal McGloin, VP Platform Mobile di Red Hat. Ia menambahkan, “Telefonica terus memimpin jalan sebagai operator seluler di pasar ini dan kami sangat gembira untuk menjadi bagian dari perjalanan mereka.”

Seperti diketahui, Telefonica sangat kuat di Amerika Latin di mana peluang B2B untuk operator mungkin lebih besar daripada di Eropa. Bermitra dengan Red Hat bisa menjadi cara yang efisien untuk memanfaatkan kesempatan tersebut.

CBN Jadi Operator Keempat China?

Telko.id – CBN bisa bersaing dengan China Mobile, China Telecom dan China Unicom setelah pemerintah China menghadiahi mereka lisensi telekomunikasi untuk penyiaran di China.

China Broadcasting Network (CBN) menjadi operator telekomunikasi keempat di negeri Tirai Bambu setelah memenangkan lisensi dari pemerintah pada minggu ini.

Dilaporkan TotalTelecom (9/5), Ministry of Industry and Information Technology (MIIT) mengatakan pada situs web-nya bahwa mereka telah memberikan lisensi layanan telekomunikasi dasar ke penyiaran milik negara untuk mempromosikan apa yang China.org digambarkan sebagai “konvergensi tiga jaringan”, dengan China menganjurkan proyek yang bertujuan untuk penggabungan telekomunikasi, televisi dan layanan internet menjadi satu jaringan.

MIIT mengungkapkan beberapa rincian lainnya, seperti berkomentar bahwa CBN hanya berwenang untuk memberikan layanan infrastruktur transmisi data internet dan telekomunikasi dalam negeri saja.

Sekadae informasi, China Mobile, China Telecom dan China Unicom saat ini mendominasi pasar lokal Cina. China Mobile juga merupakan operator seluler terbesar di dunia, dengan melaporkan basis pelanggan seluler mereka  pada angka 833.850.000 pada akhir Maret lalu.

China Telecom sendiri melaporkan basis pelanggan keseluruhan sebanyak 202.640.000 pengguna ponsel pada akhir Maret tahun ini. Sementara China Unicom telah berjuang untuk mempertahankan pertumbuhan pelanggan, namun sebelumnya mengatakan, pihaknya akan menambah 6,61 juta pelanggan seluler di Q1, membalikkan kerugian pelanggan kuartalan itu yang diposting pada tahun lalu. Perusahaan telko ini kembali ke pertumbuhan basis pelanggan seluler bulanan pada bulan Januari dan pada akhir Februari, dengan memiliki 257.800.000 pelanggan.

Sayangnya, Analis tidak melihat bahwa CBN memiliki dampak besar pada bisnis tiga pesaingnya, setidaknya dalam waktu dekat. Pasalnya, tiga raksasa telko China tersebut telah memiliki basis kekuatan yang begitu besar dan dominan.

“Kami tidak berpikir CBN akan menjadi ancaman besar bagi operator telekomunikasi yang ada dalam waktu dekat, kecuali CBN dapat mengatasi kemacetan keuangan sendiri dan menyelesaikan proses televisi nasional dan konsolidasi jaringan penyiaran,” tulis analis Nomura Leping Huang dalam sebuah catatan penelitian, seperti tertulis pada reuters.

Reuters menambahkan bahwa Huang mengharapkan perusahaan untuk menghabiskan CNY20 miliar atau setara dengan € 2,7 miliar di telekomunikasi tahun ini, yang setara dengan 5% dari total pengeluaran China di sektor ini.

Hadirnya CBN manjadi operator keempat China, sejatinya akan memberikan sebuah persaingan. Meskipun tidak cukup berpengaruh besar, namun akan memberikan banyak pilihan bagi masyarakat dalam menggunakan layanan dan solusi yang mereka butuhkan, akankah ada promosi tarif? Kita tunggu saja.

Ericsson Pimpin Pasar Telecom Outsourcing Services

0

Telko.id – IHS Technology mengatakan bahwa Ericsson terus memimpin pasar layanan telekomunikasi global outsourcing pada tahun 2015.

Dilaporkan TelecomLead (8/5), pasar layanan telekomunikasi Outsourcing naik 3 persen menjadi USD 69 miliar pada 2015, menurut Stephane Teral, direktur riset senior, infrastruktur dan operator ekonomi seluler, IHS Teknologi.

Ericsson tetap memimpin di ranah telekomunikasi Outsourcing untuk pendapatan pangsa pasar pada tahun 2015, diikuti oleh Huawei, HPE, IBM dan Nokia Networks.

Ericsson dan Huawei melaporkan pertumbuhan pendapatan dua digit dalam managed services pada tahun 2015, sementara IBM dan HPE melihat pendapatan menurun.

Ericsson mengatakan, mereka menyediakan layanan yang dikelola untuk jaringan yang melayani lebih dari 1 miliar pelanggan.

Ericsson telah menghasilkan pendapatan SEK 81,7 miliar dari Professional Services, SEK 31,8 miliar dari Managed Services dan SEK 26,3 miliar dari bisnis Jaringan Rollout pada tahun 2015.

Pembuat jaringan telekomunikasi asal Stockholm ini mencatatkan bahwa pertumbuhan penjualan di segmen Global Services terutama didorong oleh pertumbuhan dalam Sistem Integrasi dan Managed Services sedangkan penjualan Jaringan menurun.

Ericsson sendiri memiliki 66.000 layanan profesional pada 31 Desember 2015, dibandingkan dengan pada 30 September 2015 mereka hanya memiliki 65.000 layanan. Jumlah karyawan Ericsson sendiri adalah 116.281 karyawan pada tanggal 31 Desember 2015.

Sementara itu, telecom network maintenance, membangun jaringan, perencanaan dan desain berhasil mempengaruhi sekitar 52 persen dari pendapatan operator outsourcing dalam 2015.

Layanan pendapatan termasuk keberhasilan operasi, pemeliharaan jaringan dan perencanaan jaringan serta desain-diperkirakan akan tumbuh pada CAGR sebesar 3 persen di tahun 2015 hingga 2020, didorong oleh kolaborasi antara operation outsourcing and radio access network (RAN) sharing.

Laporan IHS melacak pendapatan vendor  berasal dari layanan yang mereka berikan kepada pelanggan operator telekomunikasi mereka. Laporan ini merupakan trek kedua pasar outsourcing jaringan secara keseluruhan serta segmen layanan yang dikelola.

Sedangkan, pasar telekomunikasi jasa outsourcing diproyeksikan akan mencapai USD 76 miliar pada tahun 2020, tumbuh pada compound annual growth rate (CAGR) sebesar 2 persen.

Pertumbuhan pasar jasa outsourcing telekomunikasi akan didorong oleh penawaran outsourcing jaringan selular di berbagai operator seluler yang mencoba untuk menjaga Opex mereka di bawah kontrol dengan menghapus tugas non-inti dan fokus pada teknologi informasi dan komunikasi bisnis (ICT) pengalaman pelanggan, serta transformasi jaringan yang memerlukan penggabungan IT dan tim jaringan telekomunikasi.

Di APAC, Industri OTT Akan Meningkat Dalam 3 Tahun Kedepan, Benarkah?

0

Telko.id – Meskipun menjadi sebuah tantangan, namun pasar premium OTT di kawasan Asia Pasifik berada di jalur yang tepat untuk mencatat pertumbuhan yang cepat pada 2019, menurut sebuah studi baru dari Vindicia dan Ooyala.

Dilaporkan TelecomAsia (9/5), Temuan menunjukkan bahwa pertumbuhan akan berada di sekitar angka USD 85 juta dari tahun 2015 menjadi USD 230 juta di Australia pada tahun 2019 mendatang. Sementara untuk di Indonesia, pertumbuhan terjadi mulai dari USD 7 juta menjadi USD 40 juta dan dari USD 8 juta menjadi USD 45 juta di Thailand pada periode tahun yang sama.

Penyedia layanan lokal akan memiliki porsi yang signifikan dari pasar dan akan mendominasi pasar di Indonesia dan Thailand, sementara Netflix akan menjadi pemain dominan di Australia.

Dilakukan penelitian dan strategi konsultasi MTM, yang juga studi tertutup lebih dari 80 responden dari tiga pasar, termasuk berbagai profesional industri senior, tersedia perspektif mereka tentang tren pasar saat ini dan masa depan serta perkembangannya.

Penelitian ini menyoroti tiga tantangan utama untuk ekspansi pasar premium OTT. Pertama pada infrastruktur broadband, mengenai tantangan infrastruktur broadband dan akses terbatas ke layanan fixed-line yanh terjangkau menjadi hambatan yang signifikan untuk pertumbuhan.

Di Australia, kecepatan koneksi internet rata-rata berada di angka 8.2Mbps, atau sekitar setengahnya dari Inggris dan Amerika Serikat. Thailand sendiri memiliki rata-rata yang sama, sekitar 9.2Mbps, tetapi hanya 9% dari konsumen berlangganan. Bagaimana dengan Indonesia? Menurut penelitian ini, di Tanah Air, hanya ada 1% penetrasi broadband dengan kecepatan rata-rata 3.9Mbps. Peserta melihat kawasan APAC sebagai pasar untuk mobile broadband.

Kedua, pada lokalisasi konten. Meskipun daya tarik konten internasional, responden percaya pemrograman bahasa lokal adalah penting untuk proliferasi layanan OTT premium di Indonesia dan Thailand. Mereka mengharapkan persaingan yang ketat antara penyedia TV berbayar lokal lebih memiliki lisensi dari perpustakaan konten lokal yang ada.

Dan ketiga, faktor Netflix. Sementara kehadiran Netflix akan mendorong perluasan pasar OTT pada umumnya, konsumen akan berjuang dengan Netflix, satu kualitas layanan diharapkan akan cocok untuk semua kalangan. Karena itu, akan ada masa ketidakpastian sebagai konsumen memilih antara Netflixmandiri dan persembahan lain dari penyedia konten lokal, yang multi-platform dan paket bundling yang pada akhirnya dapat membuktikan bahwa layanan mereka lebih menarik.

“Dari 12 sampai 24 bulan ke depan kurang berfungsi sebagai ujian apakah premium OTT akan lepas landas, tetapi lebih sebagai ukuran bagaimana hal itu akan menembus selera populer,” kata Bryta Schulz, SVP Vindicia tentang pemasaran dari layanan OTT ini.

Airtel Akan Jual Banyak Tower di Afrika

0

Telko.id – Airtel akhirnya menggunakan strategi penjualan menara  di kawasan Afrika untuk mengurangi utang dan memotong belanja modal mereka.

Bharti Airtel telah setuju untuk menjual 950 menara telekomunikasi di Republik Demokratik Kongo (DRC) untuk perusahaan menara independen yakni Helios Towers Afrika, penjualan ini termasuk menara yang sedang dalam konstruksi.

Meskipun ukuran kesepakatan itu tidak diungkapkan, Helios mencatat bahwa hal itu akan meningkatkan jumlah menara di Afrika menjadi lebih dari 6.500 tower. Sementara itu, hal ini juga membantu Airtel untuk mengurangi utang dan belanja modal di Afrika. Dilaporkan TotalTelecom(7/5), Airtel akan memiliki akses penuh ke menara di bawah kontrak sewa jangka panjang.

Christian De Faria, ketua eksekutif dari Bharti Airtel Internasional Belanda, mengatakan bahwa kesepakatan tersebut sejalan dengan strategi divestasi infrastruktur pasif dan mempromosikan berbagi menara.

“Airtel tetap berkomitmen untuk DRC dan akan terus berinvestasi dalam operasinya dan melayani pelanggan dengan layanan kelas dunia,” katanya.

Sekadar informasi, Bharti Airtel beroperasi pada bisnis seluler di 17 pasar di seluruh Afrika, meskipun telah setuju untuk menjual unit di Burkina Faso dan Sierra Leone ke Orange. Menurut Economic Times of India, operasi perusahaan di Afrika tidak pernah membukukan laba sejak memasuki tahun 2010. Unit Afrika membukukan rugi bersih sebesar USD 59 juta dalam tiga bulan sampai akhir Maret, hal ini sejatinya sebuah penurunan, karena sebelumnya mereka menderita kerugian sebesar USD183 juta di tahun lalu.

Perusahaan ini sebelumnya memiliki 15.000 menara di Afrika, namun secara bertahap mereka telah menjual mereka melalui penawaran dengan perusahaan tower. Pada bulan Maret misalnya, American Tower setuju untuk membeli 1.350 menara Airtel di Tanzania.

Pada bulan Juli 2015, perusahaan telko ini mendapatkan USD 1,3 miliar dari penjualan menara di lima pasar. Pengumuman itu terjadi beberapa hari setelah Bharti menyelesaikan penjualan 4.700 menara di Nigeria kepada American Tower.

Dengan menjual menara, Airtel nampaknya telah mengikuti tren global. Pasalnya, sebagian besar operator seluler menjual menara untuk mengurangi utang dan memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada bisnis layanan inti mereka.

Pada bulan April lalu, sebuah studi oleh TowerXchange meramalkan bahwa perusahaan tower independen akan memiliki 48% dari menara seluler di Eropa pada tahun 2020.

Q1 2016, Laba Bersih Deutsche Telekom Naik Empat Kali Lipat

0

utTelko.id – Deutsche Telekom melaporkan peningkatan empat kali lipat pada laba bersih perusahaan untuk kuartal ini, menjadi EUR 3.125 miliar dari EUR 787 juta tahun lalu. Hal ini salah satunya dipicu keuntungan yang diperoleh perusahaan dari penjualan sahamnya di EE, sebesar EUR 2,5 miliar.

Sementara itu, EBITDA yang disesuaikan di operator Jerman ini naik 12,9 persen menjadi EUR 5,2 miliar, diikuti pendapatan yang juga naik 4,7 persen menjadi EUR 17,6 miliar, yang dipimpin oleh kinerja yang kuat dari T-Mobile AS.

Dilaporkan Telecompaper, Jumat (6/5), pendapatan di AS naik 13,2 persen menjadi EUR 7.816 miliar, sementara penjualan di Jerman turun 2,5 persen menjadi EUR 5.452 miliar – disebabkan oleh penjualan handset yang menurun – dan di seluruh Eropa turun 2,4 persen menjadi EUR 3,080 miliar, dipengaruhi oleh efek forex. T-Systems diuntungkan dari kontrak besar di Belgia dan melihat kenaikan pendapatan 6,1 persen menjadi EUR 2.045 miliar.

DT meningkatkan belanja modal (tidak termasuk spektrum) 11,9 persen tahun-ke-tahun menjadi EUR 2.831 miliar. Depresiasi yang lebih tinggi dan amortisasi yang dihasilkan berarti laba bersih yang disesuaikan, tidak termasuk keuntungan EE, naik hanya 1,1 persen. Peningkatan dalam kas capex mengakibatkan penurunan moderat dalam free cash flow dari 5 persen menjadi EUR 822 miliar.

Deutsche Telekom mengkonfirmasi prospeknya untuk hasil setahun penuh, untuk peningkatan pendapatan dan EBITDA yang disesuaikan naik lebih dari 6 persen.

Bobol Gmail & Yahoo, Hacker Beberkan Jutaan Username dan Password

0

Telko.id – Layanan email termasuk Gmail, Yahoo Mail dan Hotmail telah menjadi korban peretasan, mengekspos jutaan username dan password pengguna.

Menurut Reuters, pembobolan data yang melibatkan sekitar 273.3 juta akun online ini telah dilaporkan oleh ahli keamanan Alex Holden dari Hold Security. Dalam laporannya, disebutkan bahwa ada 57 juta akun dari penyedia email Rusia Mail.ru, yang datanya dilanggar, bersama 40 juta akun Yahoo Mail, 33 juta akun Hotmail dan 24 juta akun Gmail.

Selain itu, pelanggaran ini juga dilaporkan berisi ratusan ribu alamat email Jerman dan Cina serta ribuan username/password combo yang merupakan milik karyawan dari perbanka, manufaktur dan perusahaan ritel AS.

Hold Security sepertinya menerima data ini secara langsung dari sang hacker, yang menjual kumpulan data tersebut dengan harga yang anehnya sangat murah, yakni kurang dari US$1. Namun Holden lebih memilih mengatakan pada sang hacker bahwa ia akan menulis “komentar baik” tentangnya di berbagai forum hacker, dan itu cukup untuk membuat si hacker menyerahkan data yang dicurinya.

Sekitar sepuluh hari yang lalu, Hold Security mulai menginformasikan perusahaan yang terkena dampak dari pelanggaran data; kebijakan perusahaan adalah mengembalikan data yang dicuri ke perusahaan yang terkena dampak. Demikian dilaporkan Engadget, Jumat (6/5).

Perlu dicatat bahwa sementara puluhan juta akun Gmail, Yahoo dan Hotmail terpengaruh, persentase total akun yang dikompromikan dibandingkan dengan total yang beredar relatif kecil. Google misalnya, baru-baru ini mengumumkan bahwa lebih dari satu miliar orang yang menggunakan Gmail. Namun, mengingat kecenderungan orang untuk menggunakan kembali password, pelanggaran ini bisa memiliki efek yang lebih luas jangkauannya.

Bagaimana pun, lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal kemudian, bukan?Seperti bunyi kampanye Kaspersky, your password is like your underwear. Jadi, sudah seharusnya jika Anda menggantinya berulang kali. Agar aman.

Perang Ride Sharing Memanas, Siapa Bakal Menang?

0

Telko.id – Setelah sukses ‘menyabet’ penumpang dari mode transportasi tradisional, ride sharing atau transportasi berbasis aplikasi kini seakan berperang dengan sesamanya.

Hal ini terlihat dari beberapa fitur yang ditambahkan dari beberapa penyedia layanan seperti GoJek, Grab serta tak ketinggalan Uber. Geliat peperangan ini dimulai ketika GoJek, salah satu startup terkenal di negeri ini meluncurkan fitur baru pada layanan mereka, yakni Go Car.

Pada awalnya, GoJek sendiri lebih mengutamakan transportasi berbasis sepeda motor, sebelum akhirnya mulai bermain di beberapa fitur seperti Go-Send, Go-Food, Go-Mart. Go-Box, Go-Busway, Go-Clean, Go-Glam, hingga Go-Massage. Pun, meski kesemua layanan GoJek tersebut masih memanfaatkan sepeda motor sebagai alat transportasi, namun saat ini GoJek seakan ‘keluar dari jalurnya’ dengan memanfaatkan sarana transportasi lain seperti mobil pribadi yang tertuang pada fitur Go-Car.

Sementara itu Grab, perusahaan ride sharing asal Malaysia yang memulai kiprahnya di Indonesia dengan menyediakan jasa pemesanan taksi seolah tak mau ketinggalan dari GoJek.

Melihat GoJek yang populer dengan sepeda motornya pada saat itu, perusahaan yang di awal kehadirannya datang dengan nama Grab Taxi kemudian ikut dengan fitur serupa, bernama Grab Bike.

Melalui proses promo tarif yang cukup ketat, akhirnya Grab Bike juga mulai menjadi solusi bagi transportasi masyarakat di kota-kota besar, khususnya Jakarta. Kemudian, ketika muncul sebuah rumor bahwa Uber juga akan hadir di Jakarta, Grab langsung mengambil langkah antisipasi dengan meluncurkan fitur Grab Car. Jika dilihat sejak awal, Grab juga bisa dibilang ‘keluar jalur’ dari yang awalnya hanya menyediakan layanan taksi, berkembang menjadi penyedia layanan mobil pribadi tanpa memiliki armada mobil tersebut.

Lalu bagaimana dengan Uber?

Perusahaan asal Amerika Serikat yang kehadirannya kerap menuai banyak protes di berbagai negara ini akhirnya menginjakkan kakinya di Tanah Air. Masih menggunakan filosofi sebelumnya, yakni menggunakan mobil pribadi sebagai mode transportasi, Uber juga tidak luput dari kecaman di Jakarta.

Mulai dari perizinan yang masih bermasalah dengan pemprov DKI hingga persaingan dengan taksi konvensional yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Namun, seiring dengan berjalannya wakttu Uber mulai bisa diterima dan menjadi solusi transportasi bagi para masyarakat di Ibu Kota yang tidak memiliki mobil pribadi.

Melihat sepak terjang Uber dengan ‘taksi gelap’-nya, lantas membuat dua pesaingnya mengekor dengan menghadirkan fitur serupa. Grab dengan Grab Car-nya dan GoJek dengan Go-Car.

Persaingan pun dimulai, bukan lagi dengan aturan pemerintah dan taksi konvensional, melainkan dengan sesama perusahaan ride sharing. Setelah dua perusahaan ride sharing menghadirkan transportasi mobil pribadi, Uber juga ikut ‘keluar jalur’ dengan menghadirkan UberMotor di Jakarta.

Dan tidak berhenti sampai di situ. Yang terbaru, Grab malah tak mau ketinggalan dan kembali mengekor GoJek dengan menghadirkan layanan serupa, bertajuk GrabFood. Di negara asalnya, Uber bahkan telah lebih dulu unjuk gigi dengan UberEATS.

Melihat persaingan ini, Tim telko.id mencoba mengkomparasi tarif yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia jasa ini. Kami membandingkan tarif pemesanan transportasi menggunakan mobil dari dan menuju lokasi yang sama.

20160502_134528_1

Dari komparasi di atas, terlihat bahwa Uber sedikit lebih unggul dengan tarif yang sedikit lebih murah, yakni Rp4.000 ketimbang dua pesaingnya, Go-Car dan Grab Car. Perang tarif dan kualitas layanan mungkin akan terjadi diantara tiga ride sharing ini.

Lantas, siapakah yang akan lebih diuntungkan dengan ‘peperangan’ ini? Semoga saja kita, para pengguna yang harus senantiasa berperang dengan kemacetan Jakarta. [ak/if]

 

Gandeng SpeedUp, Telkomsel Perkuat Ekosistem 4G

Telko.id – Telkomsel kembali melakukan sebuah gebrakan dengan menyediakan sebuah perangkat yang dapat mendukung koektivitas 4G mereka. Perangkat ini bukanlah sebuah smartphone melainkan sebuah modem wifi atau yang biasa disebut sebagai MiFi.

Bekerjasama dengan SpeedUp, Telkomsel meluncurkan MiFi yang di beri nama ‘Speed Up MiFi 4G LTE’. MiFi ini sendiri mampu berjalan pada konektivitas 3G, sehingga dapat mengakomodir kebutuhan data pengguna meskipun sedang berada di wilayah yang nihil 4G.

Agus Mulyadi, VP Sales and Marketing Telkomsel Jawa Bali mengatakan, “Kita  dari Telkom Grup sudah sepakat untuk meningkatkan kualitas broadband kita bersama-sama, kita sudah melaunching 4G kita di 104 kota, sehingga kecepatan broadband di masing-masing kota tersebut bisa meningkat. Salah satu caranya adalah dengan hari ini kita launching MiFi Telkomsel untuk bersama-sama mengembangkan dan menggunakan kualitas jaringan Telkomsel. Kami harapkan, kedepannya pengguna 3G juga sudah menggunakan perangkat 4G,” ujarnya di sela pelunncuraan MiFi ini di Jakarta (04/5).

Lebih lanjut, Agus menyebukan bahwa bukan hanya jaringan dan juga perangkat saja, sebagai cara memperkuat eksosistem, Telkomsel juga kini telah mengembangkan berbagai aplikasi dan menjaring banyak startup yang tergabung kedalam indigo incubator.

Sementara itu, Direktur Business DevelopmentSpeedUp, Rahmad Widjaja Sakti, menuturkan, “Kami melihat bahwa masyarakat saat ini cenderung menyukai hal yang simple. Karena itu, SpeedUp MIFI 4G LTE ini dibekali dengan one click button yang sangat memudahkan pengguna dalam mengoperasikan MIFI dengan menggunakan Aplikasi android SpeedUp 4G LTE.” tuturnya.

Ia juga menyebutkan bahwa alasan SpeedUp untuk kembali ke perangkat modem adalah karena saat ini masyarakat sudah mulai ‘aware’ terhadap dunia internet semenjak hadirnya 4G.

Sekilas mengenai modem wifi ini, SpeedUp MIFI 4G LTE dilengkapi dengan layar berbasis OLED yang memudahkan pengguna untuk mengetahui informasi mengenai masa aktif kartu serta kuota internet. MIFI ini mampu mendukung jaringan LTE FDD : B3/8 (900/1800MHz) , 3G WDCMA (2100MHz) serta fitur unggulan seperti Zero setting yang dapat langsung digunakan oleh pengguna.

Disamping itu, pengguna hanya perlu scan QR-code yang tercantum dalam box produk atau dengan mengunduh aplikasi android di google play dengan kata kunci Speedup 4G LTE sehingga memudahkan untuk manage SpeedUpMifi 4G LTE melalui smartphone berbasis Android. SpeedUp MIFI 4G LTE juga mendukung pengecekan pulsa dan masa aktif kartu dengan one-click button yang sangat memudahkan pengguna. MiFi ini memiliki kapasitas baterai sebesar 2050 mAh yang dapat digunakan hingga 8 Jam.

Uniknya, SpeedUp membanderol MiFi ini dengan cuma-cuma alias gratis. Untuk anda yang meginginkan MiFi ini, anda hanya perlu membeli paket internet Telkomsel yakni 12GB per bulan selama 12 Bulan yang dibandrol dengan harga Rp 190.000 per bulan selama 12 bulan dengan pembagian kuota internet 9GB di jaringan 4G, 1GB all network dan 2GB Midnight dari Jam 24.00 hingga 09.00. Paket bundling SpeedUp MIFI 4G LTE simPATi 12-12 ini akan tersedia di GraPARI nasional.

Melalui kerjasama ini, Telkomsel juga menargetkan MiFi ini terjual hingga 100 ribu perangkat sampai dengan akhir tahun ini. Entah sebagai sebuah solusi untuk menguatkan Ekosistem 4G atau hanya sekadar untuk meningkatkan ARPU dari Telkomsel, tinggal anda simpulkan sendiri.