spot_img
Latest Phone

Google Pixel Watch 4, Dukung Koneksi Satelit dan Baterai Lebih Besar

Telko.id - Google secara resmi meluncurkan Pixel Watch 4...

Garmin Index Sleep Monitor Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin secara resmi meluncurkan Index Sleep Monitor,...

Google Photos Hadirkan Fitur Edit AI dengan Perintah Suara di Pixel 10

Telko.id - Google resmi meluncurkan fitur editing berbasis kecerdasan...

Galaxy Watch8 Series Jadi Wellness Coach Pribadi untuk Gaya Hidup Sehat

Telko.id - Samsung Galaxy Watch8 Series hadir sebagai smartwatch...

Garmin Venu X1 Dukung Performa Padel dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin resmi menghadirkan Venu X1, smartwatch premium...
Beranda blog Halaman 1460

Smartfren Telecom Terbitkan 910 Juta Saham Baru

0

Telko.id – Dalam keterbukaan informasi yang dipublikasikan Smartfren Telecom pada Rabu (29/6/2016), dijelaskan bahwa untuk memenuhi kewajiban Perseroan kepada WIN, maka Perseroan berencana untuk melakukan PMTHMETD sebesar 910.000.000 saham baru dengan harga pelaksanaan Rp100 per saham yang merupakan harga nominal saham seri C perseroan dengan total nilai nominal sebesar Rp91 miliar untuk menggantikan 1 miliar saham WIN yang telah diserahkan kepada BTEL.

Adapun, saham baru tersebut merupakan 0,89% dari jumlah saham yang beredar pada saat ini. PMTHMETD ini akan dilakukan sekaligus dalam jangka waktu 90 hari terhitung sejak disetujui oleh RUPS Perseroan yang dilaksanakan Rabu (29/6/2016).

Aksi korporasi ini dilakukan untuk mengganti saham FREN yang dimiliki Wahana Inti Nusantara (WIN) setelah penggabungan usaha dengan Bakrie Telecom (BTEL). Dimana jaringan Bakrie Telecom akan digabungkan dengan jaringan milik Smartfren. Wahana Inti Nusantara merupakan salah satu pemegang saham FREN.
Sebagai informasi, pada Desember 2014 lalu, Wahana menyerahkan 1 miliar saham FREN miliknya kepada BTEL sebagai setoran saat terjadi penggabungan usaha jaringan telekomunikasi antara FREN dan BTEL.

Dengan adanya penerbitan saham baru ini maka jumlah saham yang dikeluarkan oleh Smartfren menjadi lebih banyak. Oleh karena itu, setelah penambahan Modal Ditempatkan dan Disetor Perseroan dalam kerangka pelaksanaan PMTHMETD ini efektif, para pemegang saham Smartfren akan mengalami dilusi (penurunan) sebesar 0,89 persen terhadap persentase kepemilikan saham masing-masing. Walaupun, jumlah saham yang dimiliki oleh masing-masing pemegang saham sebelum dan sesudah penerbitan saham baru tidak mengalami perubahan.

Dalam RUPS Smartfren Telecom ini juga disetujui adanya perubahan susunan Dewan Komisaris

dan Direksi yang akan efektif per 29 Juni 2016. Adapun susunan Dewan Komisaris yang baru adalah Gandi Sulistiyanto Soeherman sebagai Presiden Komisaris, Deddy Saleh, Sarwono Kusumaatmadja dan Reynold Manahan Batubara sebagai Komisaris Independen.

Sedangkan yang duduk dalam deretan direksi adalah Merza Fachys yang menjabat sebagi Presiden Direktur dan yang menjadi direktur adalah Antony Susilo, Marco Paul Iwan Sumampouw dan Christian Daigneault. Selanjutnya, yang menjabat sebagai Direktur Independen adalah Andre Rompis. (Icha)

Bolt! ‘PeDe’ Bersaing Dengan Opertor 4G Lain

0

Telko.id – Bolt! Boleh berbangga karena menjadi operator 4G pertama di Indonesia. Namun, perjalanan masih panjang dan tidak akan semakin mudah karena operator lainnya pun begitu giat mempromosikan layanan 4G nya. Persaingan yang demikian ketat dari para pesaingnya membuat Bolt! Harus memiliki pembeda agar dapat dijadikan pilihan oleh masyarakat Indonesia khususnya di Jabodetabek yang menjadi area layanannya.

Apa pembeda yang akan diusung oleh Bolt!? “Yang pertama, kami akan mengusung teknologi terbaru. Dan karena kami hanya maintenace 4G saja, maka Bolt! Akan jauh lebih fokus dibandingkan dengan operator lain yang masih harus mengurus jaringan 2G, 3G dan 4G nya. Selanjutnya, kami akan memberikan layanan video karena video merupakan ke depan, layanan ini akan semakin diminati oleh pelanggan. Saat ini saja, 40% dari pelanggan kami mengakses YouTube,” ujar Dicky Moechtar (Presiden Direktur BOLT!)

Itu sebabnya, Bolt juga menjawab permintaan yang besar terhadap layanan video streaming dengan meluncurkan paket Super Streaming. Pelanggan akan mendapatkan kuota utama mulai dari 3GB yang bisa digunakan 24 jam selama satu bulan ditambah bonus kuota 1GB setiap harinya selama 30 hari, dengan total 33GB per bulan yang bisa digunakan untuk video streaming di Youtube, Netflix, Klikfilm.net, dan First Media X.

Walaupun tidak mudah, Bolt! Mampu juga merangkul 2 juta pelanggan hanya dalam kurun waktu 2 tahun saja. Hal ini sekaligus mengindikasikan besarnya minat konsumen terhadap layanan 4G LTE Bolt! yang menawarkan kualitas terbaik dalam hal kecepatan, jangkauan dan value. Ditengah kondisi persaingan 4G yang semakin tajam, BOLT! memperkuat posisinya dengan menyediakan pengalaman mobile internet berkecepatan tinggi dan stabil secara konsisten bagi pelanggan dengan Ultra Benefits.

Apa yang diperoleh Bolt! saat ini baru permulaannya saja. Dengan semakin banyaknya Smartphone 4G yang tersedia di pasar saat ini dan pertumbuhan jumlah pengguna mobile internet yang cepat, kami melihat peluang yang besar untuk pertumbuhan layanan kami. Tahun ini, kami fokus dalam menyediakan layanan dan produk yang inovatif, serta memberikan akses mobile internet yang lebih cepat lagi demi kepuasan pelanggan,” ungkap Billy Abe, Chief Product Officer Bolt!.

Sebagai bagian dari inovasi tersebut, Bolt! baru saja meluncurkan tiga layanan baru, yaitu Ultra Starterpack yang merupakan Staterpack terbaru Bolt! dengan bonus kuota 14GB. Sebelumnya, layanan Bolt! hanya bisa digunakan di beberapa top Smartphone brands, namun sejalan perkembangannya dengan semakin banyaknya pilihan Smartphone 4G tersedia di pasar, Bolt! meluncurkan Ultra Staterpack yang memungkinkan layanan Bolt! bisa dinikmati di hampir semua Smartphone 4G.

Kami sangat percaya bahwa konsumen potensial akan sangat menyukai layanan Bolt! 4G Ultra LTE ketika mereka mencobanya. Bolt! merupakan satu-satunya operator yang hanya menghadirkan layanan 4G yang berarti bahwa pelanggan bisa menikmati layanan full 4G kapanpun, dimanapun dan melalui perangkat apapun. Kami pastikan bahwa pelanggan yang telah merasakan benefit dari layanan BOLT! tidak akan beralih ke layanan mobile internet lainnya,” tambah Billy.

Inovasi layanan yang kedua adalah Bolt! secara resmi meluncurkan paket internet Ultra Unlimited tanpa batasan kuota pada bulan Mei lalu. Respon pasar terhadap layanan ini ternyata luar biasa, dan banyak dari pelanggan yang meminta untuk penambahan kecepatan, untuk itu Bolt! menghadirkan paket Ultra Unlimited baru dengan kecepatan hingga 50 Mbps dan promo biaya berlangganan Rp499 ribu/bulan, selain dari paket Unlimited yang sudah ada sebelumnya yaitu dengan kecepatan hingga 20 Mbps dengan harga promo Rp249 ribu/bulan.

Selain inovasi tersebut, bersamaan dengan momen Ramadan, Bolt! mengadakan acara buka puasa bersama bertema Enjoy Extra Ordinary Month with Extra Ordinary Internet di Bekaresto Jakarta, sambil meluncurkan program THR (Tawaran Heboh Ramadan) dan Lebaran sebagai bentuk layanan hati guna menjawab kebutuhan pelanggan akan layanan internet cepat.

Program THR (Tawaran Heboh Ramadan) ditujukan kepada para pelanggan postpaid yang ingin menikmati paket Unlimited super cepat dengan benefit gratis 2 bulan berlangganan. Paket ini ditujukan bagi pelanggan yang menggunakan kartu kredit Mandiri. Bolt! juga menyiapkan promo Program untuk Lebaran khusus bagi pelanggan postpaid regular yang ingin merasakan ‘internet ngebut’ dengan paket Unlimited 9 Days seharga Rp99 ribu yang bisa didapatkan mulai 1 sampai 3 Juli 2016.

Untuk mempermudah pembelian paket dan top up bagi pelanggan, Bolt! bekerjasama dengan gerai modern seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress, dan Lawson. Pelanggan yang melalukan pembelian paket dan top up di gerai modern tersebut akan mendapatkan bonus kuota hingga 8GB yang bisa dilakukan hingga 15 Juli 2016. (Icha)

Sanggupkah Advan G1 Jadi ‘Pengganti’ iPhone?

0

Telko.id – Niat Advan untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, patut diacungkan jempol. Pasalnya, Advan kali ini tidak sekedar membuat produk berdasarkan perkiraan diatas kertas saja, tapi melakukan survei pada konsumen.

Tentu langkah tersebut membutuhkan investasi yang besar. “Investasinya miliaran rupiah,” ujar Tjandra Lianto, Marketing Director Advan.

Hasilnya, Advan G1 yang akan diluncurkan pada 17 Agustus mendatang. Secara keseluruhan, spesifikasi dari produk ini masih belum diinformasikan secara terbuka. Hanya saja yang jadi acuan adalah iPhone dengan harga Rp2 jutaan. Artinya, Advan akan memakai hardware yang premium.

“Sebagai bocoran awal, Advan G1 menggunakan cover dan body metal yang diproses dengan menggunakan teknologi CNC atau Computer Numerically Controlled yang melewati 125 kali proses,” kata Tjandra menambahkan.

Sebagai informasi, sistem pengoperasian CNC adalah menggunakan program yang dikontrol langsung oleh computer. Secara umum kontruksi mesin perkakas CNC dan system kerjanya adalah sinkronisasi antara computer dan mekaniknya. Jika di bandingkan dengan mesin perkakas konvensional yang sejenis, mesin perkakas CNC lebih baik dari segi ketelitiannya, ketepatan, fleksibilitas dan kapasitas produksi.

Secara garis besar pengertian mesin CNC adalah suatu mesin yang di control oleh computer dengan menggunakan bahasa numeric (perintah gerakan yang menggunakan angka dan huruf). Mesin CNC yang digunakan dalam memproses pembuatan body dan cover Advan G1 ini sudah masuk dalam mesin generasi CNC three Axis atau yang lebih di kenal dengan mesin frais (milling machine).

Dengan teknologi tersebut, cover dan body Advan G1 benar-benar akan menghasilkan desain yang ergonomis dan presisi.

Proses pembuatan memang sedikit rumit, lempengan metal utuh selanjutnya diporoses dengan Diamond Cutter yang menghasilan potongan serta lempengan body/cover. Kemudian proses tersebut menghasilkan potongan yang halus dan rapi dengan finishing 45° Bevel. Selanjutnya dilakukan proses Anodizing, yaitu proses pelapisan alumunium dengan zat warna. Proses dengan teknologi Anodizing ini menghasilkan warna sempurna yang tidak akan luntur pada body dan cover smartphone.

Sementara itu, Tjandra Lianto, Marketing Director Advan mengatakan bahwa dengan proses yang rumit dan pemilihan bahan metal berkualitas, Advan G1 diharapkan akan mampu bersaing dengan smartphone premium dalam hal kualitas. (Icha)
 

Telkomsel Siagakan 76 Combat Demi Kenyamanan Pemudik

0

Telko.id – Tidak sampai seminggu lagi, lebaran akan datang. Masyarakat Indonesia pun sudah mulai melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman. Dengan adanya kondisi ini maka terjadi pula migrasi pelanggan secara besar-besaran dari ibu kota ke kota-kota lain hampir ke semua penjuru Indonesia. Hal ini tentu harus disikapi dengan baik oleh operator agar masyarakat Indonesia yang juga menjadi pelanggan nya tetap nyaman melakukan komunikasi. Baik komunikasi suara maupun data.

Telkomsel yang memiliki 156 juta pelanggan pun harus memastikan tidak ada masalah pada saat yang berbahagi tersebut. Untuk itu, operator ini sudah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama periode mudik Lebaran. Optimalisasi jaringan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Untuk menghadapi mudik Lebaran, Telkomsel telah mengidentifikasi sebanyak 809 hotspot atau POI (Point of Interest) yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal, di mana lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi di masa Ramadhan dan Lebaran. Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel menyiagakan sebanyak 76 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data.

Di samping mengerahkan Combat, berbagai upaya yang dilakukan Telkomsel untuk mengoptimalkan kualitas jaringan menghadapi periode mudik Lebaran di antaranya membangun 623 base transceiver station (BTS) baru dan memodernisasi 486 BTS. Selain itu, Telkomsel juga meng-upgrade 1.052 BTS serta 75 base station controller (BSC) dan radio network controller (RNC).

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, “Kualitas jaringan merupakan prioritas utama Telkomsel dalam menghadirkan layanan bagi para pelanggan, terutama pada periode mudik Lebaran yang menjadi momen spesial bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, sejak jauh hari kami ingin memastikan seluruh layanan berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan di berbagai jalur dan lokasi yang akan dipadati pemudik maupun wisatawan.”

Trafik layanan data atau payload pada puncak Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini diproyeksi sebesar 2.709 terabyte atau naik 79% dibandingkan puncak RAFI tahun lalu. Sementara itu, trafik layanan suara pada puncak Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini diproyeksi sebesar 1,57 miliar menit atau naik 11,1% dibandingkan periode yang sama tahun 2015. Sedangkan trafik SMS diperkirakan hanya menembus 927 juta SMS perhari pada puncak RAFI kali ini atau turun 3,3% dibandingkan tahun lalu.

Di sisi pelayanan, Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga. Selain itu seluruh channel pelayanan existing Telkomsel juga diharapkan dapat berfungsi maksimal selama Ramadhan dan Lebaran, di antaranya 412 GraPARI, 392 Mobile GraPARI, 40 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 464 Branch Office (Telkomsel Distribution Center). Pada saat yang bersamaan, mitra distributor Telkomsel juga turut siaga menjaga ketersediaan produk.

Selain kesiapan jaringan dan layanan, pada bulan Ramadhan ini Telkomsel juga mengadakan serangkaian kegiatan sosial, yakni buka puasa bersama 9.000 anak yatim dan edukasi internet baik di enam wilayah di Indonesia, serta bantuan penyediaan dan perbaikan sarana dan prasarana ibadah bagi 40 masjid dan yayasan di berbagai wilayah di indonesia. Telkomsel juga berbagi takjil Ramadhan berupa 21 ton kurma kepada 12 masjid di 12 wilayah yang mewakili daerah dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. (Icha)

IPO, Line Tawarkan Harga US$ 26,50 Per Saham

0

Telko.id – Aplikasi peroesanan asal Jepang, Line, dikabarkan telah menetapkan kisaran harga untuk penawaran umum perdananya (IPO) di Tokyo dan New York bulan depan, yakni sebesar JPY 2,700-3,200 atau setara Rp 347,68-412,07 per saham.

Menurut WSJ, IPO ini bisa menghasilkan hingga JPY 112 miliar, sehingga menjadikannya listing teknologi terbesar sepanjang tahun ini.

Line menawarkan 13 juta saham baru kepada publik di Jepang pada 15 Juli dan tambahan 22 juta saham baru di New York pada 14 Juli, dengan greenshoe 5,25 juta saham lagi. Greenshoe sendiri adalah penambahan jumlah penawaran saham oleh penjamin emisi ketika melakukan penawaran saham. Tujuannya biasanya untuk mengurangi volatilitas (gejolak) harga saham setelah pencatatan saham di bursa.

Di harga tertinggi dari kisaran harga, penawaran bisa dihargai hingga JPY 129 miliar, jika semua saham tambahan dijual. Kisaran ini memberikan Line valuasi 20-24 kali harga terhadap laba, ungkap sebuah sumber.

Harga akhir akan ditetapkan pada tanggal 11 Juli mendatang. Line sebelumnya telah menetapkan indikasi harga JPY 2.800 untuk sahamnya.

Rencana IPO Line sendiri sebenarnya telah diatur akan dilakukan dua tahun setelah perusahaan pertama mengajukan permohonan untuk terdaftar di Bursa Efek Tokyo, sebagai bagian dari penawaran yang diprediksi mencapai lebih dari USD 10 miliar. Namun, Line menunda itu dan kemudian membatalkan rencana untuk listing di tahun 2015. Demikian dilaporkan Telecompaper, Rabu (29/6).

Belanja di Tokopedia Kini Bisa Bayar di Alfamart

0

Telko.id – Tokopedia menambah panjang daftar metode pembayaran instannya. Kali ini, marketplace besutan William Tanuwijaya itu menggandeng Alfamart sebagai tempat pembayaran.

Dijelaskan Vice President Tokopedia Melissa Siska Juminto, melalui keterangan resmi, kini pengguna Tokopedia bisa membayar pesanannya melalui gerai Alfamart terdekat. Tanpa harus memiliki rekening tabungan.

“Siapa saja dapat semakin mudah berbelanja di Tokopedia,” katanya.

Selain memungkinkan pembeli membayar pesanannya melalui Alfamart, kerjasama ini juga tidak mengharuskan pembeli melakukan konfirmasi pembayaran karena proses verifikasi akan terjadi secara otomatis.

“Penjual di Tokopedia akan langsung mendapatkan notifikasi pesanan setelah pembeli melakukan pembayaran di Alfamart. Jadi, pemrosesan order lebih cepat dilakukan. Hal ini tentu meningkatkan reputasi toko online penjual yang bersangkutan,” terang Melissa.

Metode pembayaran melalui Alfamart ini dipercaya tidak hanya menguntungkan para pembeli, tetapi juga penjual yang bergabung bersama Tokopedia.

Hingga akhir Juli 2016, pembeli yang melakukan transaksi di Tokopedia melalui Alfamart akan mendapatkan satu botol Nu Greentea 450 ml secara gratis.

Alfamart menambah panjang deretan metode pembayaran instan Tokopedia. Sebelumnya, perusahaan internet Indonesia yang bergerak di bidang jual beli online ini juga telah menggandeng Indomaret, 7-Eleven, memberlakukan cicilan dan berbagai metode lain untuk mendukung pembayaran secara instan.

“Pada akhirnya, hal ini diharapkan lebih mempermudah Toppers dalam bertransaksi,” pungkas Melissa.

Serangan Melonjak 30%, Ransomware Intai Generasi ‘Sharing’

Telko.id – Sebuah penelitian yang dilakukan Kaspersky Lab terhadap anak muda usia 16 sampai 24 tahun di Amerika Utara – yang memiliki implikasi kuat terhadap anak muda di Indonesia, karena menjalani gaya hidup digital yang sangat mirip – menunjukkan bahwa hanya satu dari sepuluh responden yang merasa khawatir tentang ransomware. Meskipun lebih dari sepertiga responden mengerti apa itu ransomware dan kerusakan yang bisa ditimbulkan olehnya.

Ransomware sendiri merupakan jenis malware yang mengunci atau mengenkripsi data yang tersimpan pada perangkat dan kemudian menuntut uang tebusan untuk dapat membukanya. Saat ini, ransomware menjadi ancaman global yang terus berkembang.

Dalam tiga bulan pertama tahun 2016, Kaspersky Lab memblokir 372.602 serangan ransomware di seluruh dunia, 30% lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Sekitar 17% dari korban ransomware ini berada di sektor korporasi. Sementara jumlah dan jangkauan serangan menunjukkan peningkatan yang cukup mengkhawatirkan begitu juga dengan konsumen yang menjadi targetnya.

Meskipun banyak konsumen yang masih kurang memahami bahaya yang ditimbulkan ancaman ini, lebih dari sepertiga anak muda usia 16 sampai 24 tahun yang di survei untuk penelitian Kaspersky Lab consumer secara akurat dapat mendefinisikan apa itu ransomware (36,6 persen) dan paham bahwa sebuah serangan bisa membuat mereka mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mereka bisa membuka dokumen (34,3 persen) atau foto (32,7 persen) pribadi. Sayangnya, hanya satu hanya dari sepuluh (9,5 persen) responden yang merasa khawatir apabila mereka terkena serangan ransomware.

Ada beberapa penjelasan sederhana mengapa hal ini terjadi, salah satunya karena saat ini banyak anak muda yang membagikan (sharing) sebagian besar hidup mereka secara online, sehingga mereka merasa percaya diri bisa medapatkan salinan data atau foto dari tempat lain, seperti akun media sosial atau teman mereka. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa sekitar setengah (47,3 persen) responden usia 16 sampai 24 tahun yang disurvei menganggap e-mail yang berisi dokumen dan foto merupakan sebuah bentuk proses back-up data.

Pemikiran seperti ini kemungkinan besar diakibatkan oleh banyaknya peringatan yang mereka terima perihal ‘Internet tidak pernah lupa’ (jadi posting dengan hati-hati, dll), meninggalkan kesan bahwa informasi digital mereka akan selalu berada di luar sana di suatu tempat, oleh karena itu mereka merasa bisa mendapatkannya kembali.

Seperti yang ditunjukkan pada penelitian ini, bahwa anak-anak muda ini, tampaknya merasa tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan apabila file atau foto mereka terenkripsi oleh ransomware.

Saat ini ransomware yang menargetkan perangkat mobile terus meningkat, namun cara-cara yang dilakukan anak-anak muda untuk melindungi diri mereka sendiri sering kali membingungkan. Hanya sekitar setengah responden yang memiliki solusi keamanan Internet terinstal pada smartphone, walaupun faktanya smartphone tersebut menjadi perangkat yang paling mungkin mereka gunakan sebagai kamera dan tempat menyimpan foto.

Satu dari enam responden percaya bahwa mereka dapat menemukan jalan keluar dari serangan ransomware dengan sekedar memutuskan jaringan internet atau mematikan perangkat mobile mereka untuk menghentikan proses serangan tersebut. Padahal untuk memukul mundur serangan ransomware adalah pekerjaan yang sulit bagi smartphone yang tidak memiliki perlindungan.

“Anak muda yang hyper-connected, dan berpedoman pada peringatan konstan yang mereka terima tentang bagaimana ‘Internet tidak pernah bisa lupa’, berisiko meremehkan dampak ransomware yang semakin ganas dan cerdik dalam menyamar, serta membuat asumsi sesat bahwa informasi dan foto paling berharga mereka akan selalu dapat dipulihkan, ujar Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager, Kaspersky SEA – Indonesia.

Ia menambahkan, tidak ada jaminan seperti itu. Oleh karenanya sangat penting bagi seseorang untuk dapat mengendalikan kehidupan digitalnya, memahami risiko yang dihadapi dan menjaga informasi dan perangkat terhadap ransomware.

Beberapa cara pun diurai Kaspersky Lab agar para pengguna internet dapat melindungi dirinya dari ransomware, mulai dari memastikan untuk selalu menggunakan versi terbaru dari perangkat lunak, menginstal solusi keamanan Internetu, melakukan backup data-data pribadi secara rutin, dan berhati-hati saat membuka e-mail dari pengirim yang tidak dikenal.

Genjot Pelaku Startup Dengan Program Tiket.Codes

0

Telko.id – Tiket.com selaku situs pemesanan tiket online mecoba mendukung program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital dengan menggelar kegiatan tiket.Codes.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima tim telko.id, Tiket.com berbagi pengetahuan tentang apa itu API (Application Programming Interface) dan bagaimana memanfaatkan API sehingga menjadi ladang bisnis baru bagi para web developer teknologi di Indonesia.

“Di Indonesia belum banyak developer yang memanfaatkan API dari Tiket.com untuk membuat sebuah inovasi bisnis. Dari sini kami berharap akan tumbuh entrepreneur-entrepreneur baru yang bisa menghadirkan terobosan inovasi di Indonesia bersama Tiket.com” ujar Natali  Ardianto selaku CTO Tiket.com.

Natali berujar, mengatakan acara ini bertujuan untuk membuka wawasan para developer dan sharing session bagaimana mengembangkan produk bisnis menggunakan API Tiket.com.

Sejatinya, Tiket.Codes sendiri berkonsep mini talkshow yang menghadirkan pembicara-pembicara yang telah memilki pengalaman langsung mengenai pengembangan bisnis melalui afiliasi API. Selanjutnya dilanjutkan dengan sharing session oleh Marcella Einsteins dari Indonesia Flight, sebuah layanan aplikasi pemesanan tiket pesawat yang juga menggunakan system partner afiliasi melalui API Tiket.com dan sudah menghasilkan omzet ratusan milyar.

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini sekaligus untuk membangun hubungan baik antar sesama web developer independen ataupun pelaku industri IT startup, sehingga pada akhirnya dapat bersinergi dalam membangun Indonesia yang lebih baik melalui inovasi-inovasi baru melalui internet.

Sampai batas akhir waktu pendaftaran, jumlah pendaftar sudah melebihi target peserta, karena terbatasnya tempat, maka panitia akhirnya memilih 50 orang peserta terpilih untuk bisa mendapatkan undangan menghadiri gathering Tiket.Codes.

Berkaca dari animo peserta yang tinggi, Tiket.Codes akan menjadi kegiatan rutin yang akan dilakukan oleh Tiket.com. Tidak hanya di Jakarta, Tiket.com juga akan menggelar acara serupa di beberapa kota di Indonesia.

“Kami juga ingin merangkul calon-calon developer luar kota untuk bisa mengenal API lebih dalam dan bisa memanfaatkan API yang ada di Tiket.com. Acara ini juga merupakan wujud dari Tiket.com untuk mendukung program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menginisiasi Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital pada tahun 2020 yang diharapkan dapat turut memajukan perekonomian Indonesia melalui bisnis digital kreatif,” tukas Natali.

Smartfren Gandeng Evercoss Untuk Maksimalkan Mudik Pengguna

0

Telko.id – Salah satu operator 4G LTE Smartfren menggandeng salah satu brand lokal Evercoss dalam program bundling dengan handset Winner T. Kerja sama komersial antara Smartfren dengan Evercoss ini ditujukan untuk memberikan pilihan perangkat komunikasi terjangkau bagi masyarakat.
Sekadar informasi, Evercoss Winner T 4G merupakan smartphone OMH merek lokal pertama yang sudah native VoLTE dengan harga cukup terjangkau yakni sebesar Rp 838.000,-.

Merza fachys, Presiden Direktur Smartfren mengatakan, “Smartfren sudah mempersiapkan jalur mudik selama pantura dan sudah di bereskan. Hari ini kita berbagi informasi mengenai kerjasama bundling yg menurut kita sudah terkenal,  evercoss, karena brand lokal. Hasil yang akan kita bundling selaras dengan teknologi VoLTE kita,” ujarnya pada Jumpa Media di Jakarta (28/6).

Merza menambahkan, Smartfren juga telah melakukan kesiapan networking selama Ramadhan dan Lebaran. Serta mengungkapkan dukungan mereka terhadap komunitas dan UKM.
“kita support komunitas dengan Bisnis berbasis komunitas yang menggunakan VoLTE dan jaringan 4G Smartfren,”

Seperti yang dijelaskan diatas, Evercoss Winner T 4G ini sudah mendukung 4G untuk TDD dan FDD. Sementara untuk paket bundling Evercoss Winner T 4G sendiri telah dilengkapi dengan kartu perdana Smartfren dan juga paket Smartplan Universal. Hanya dengan Rp 50.000,-/bulan, dalam 3 bulan pertama sejak aktivasi atau maksimal isi ulang 3 kali pelanggan dapat mengaktifkan paket Smartplan Universal yang mencakup 16GB kuota data dengan perhitungan :2GB kuota utama, 2GB bonus data, 12GB kuota malam. Pengguna juga akan mendapatkan 1.000 menit panggilan telepon/video ke sesama Smartfren, 10 menit panggilan telepon ke operator lain, dan 100 SMS ke semua operator.

Smartfren juga memanjakan pengguna dengan memberikan bonus aktivasi berupa 300MB data internet dan 100 menit panggilan telepon/video ke sesama pengguna Smartfren yang berlaku selama 7 hari sejak kartu mulai diaktifkan.

Diharapkan, Melalui kerja sama ini Smartfren dapat memberikan lebih banyak pilihan bagi kelas entry-level agar dapat menikmati pengalaman baru dalam berkomunikasi melaui jaringan Smartfren 4G LTE Advanced.

Nina R. Wardhani, Chief Marketing Officer – Marcomm Director, Evercoss menjelaskan, “Kami berharap dengan hadirnya produk hasil kolaborasi dua perusahaan asli Indonesia ini dapat memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat luas, terutama dalam mendukung penyerapan teknologi 4G LTE Advanced. Dengan produk yang mumpuni dan harga terjangkau kami yakin produk ini dapat diterima oleh konsumen,” tukasnya pada saat peresmian produk tersebut.

Sekilas mengenai spesifikasi, selain sudah VoLTE native, Evercoss Winner T 4G yang diperuntukkan bagi pengguna entry-level ini, memiliki layar WVGA sebesar 4 inci dan kamera utama beresolusi 5MP dengan LED Flash serta kamera depan beresolusi 2MP.

Telko.id
Ujicoba VoLTE menggunakan Evercoss Winner T 4G

Tidak hanya dilengkapi dengan dapur pacu Quad Core 1.5 GHz dengan 8GB ROM dan RAM sebesar 1GB, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur Gesture Smart Access. Selain mengusung Operating System (OS) Android 5.1 dan baterai 1650 mAh, Evercoss Winner T 4G juga mendukung dua slot SIM Card yang dapat digunakan pada jaringan 4G LTE serta GSM.

Kesiapan network

Diwaktu yang bersamaan, Smartfren melalui Munir S.P selaku VP Technology Relation & Special Project PT. Smartfren Telecom mejelaskan bahwa sampai dengan saat ini Sudah ada 264 BTS yang diaktifkan dan hanya tinggal satu BTS lagi di kawasan Jawa Tengah. Sedangkan Posko Smartfren juga telah tersedia di 22 tempat dengan mayoritas berada di daerah utara, pengguna juga berkesempatan untuk mendapatkan gratis mifi.

Sementara untuk Merak- Bakauheni juga cukup stabil. Hal tersebut juga terjadi di kawasan Pekalongan dengan rata-rata kecepatan di angka 12 Mbps.

“Mobil BTS telah tersedia sepanjang Cipali, Cikampek – Palimanan, Jawa timur juga dipasang mobile BTS karena banyak pengguna yang hendak menyebrang ke Bali melalui jalur darat dan laut,” papar Munir.

Sekadar informasi, di Jawa Tengah sendiri Smartfren telah memiliki lebih dari 1717 BTS 4G dengan 75 persen kecamatan di Jawa Tengah telah tersedia layanan LTE Advanced milik Smartfren.

Lebih lanjut, Munir memaparkan program Smartfren untuk menjaga kualitas jaringan 4G mereka, khususnya di sepanjang jalur mudik di Pulau Jawa dan Sumatera, seperti :

Memastikan kecukupan kapasitas untuk peningkatan pengguna pada bulan Ramadhan dan Sepanjang area jalur mudik di Jawa dan Sumatra.

Meminimalisasi Gangguan Jaringan dengan intensive monitoring dan penanganan gangguan 24X7 pada H-14 dan H+14.

Persiapan back-up systems di masing-masing area yang di prediksi high load traffic untuk menghindari terjadinya traffic congestions.

Meminimalisasi blank spot dan weak coverage dengan optimasi di seluruh area route dan tujuan mudik.

Smartfren juga telah memprediksi bahwa untuk tahun ini akan terjadi lonjakan trafik sekitar 15-25% dibanding hari biasanya, dengan menambah kapasitas hingga 40%.

Dengan peningkatan pelayanan serta kerjasam bundling ini, diharapkan pula akan banyak pengguna yang menggunakan layanan VoLTE milik Smartfren di Mudik Lebaran kali ini.

Sekadar informasi, di awal tahun 2016, Smartfren menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia yang menyediakan layanan Voice over LTE (VoLTE) secara komersial. Serta menjadi perusahaan komunikasi yang memiliki jaringan 4G LTE Advanced terluas di Indonesia.

Voice over Long Term Evolution (Voice over LTE/VoLTE) adalah fitur teknologi yang menggunakan standar dan prosedur untuk komunikasi suara dan data berbasis jaringan 4G LTE. Teknologi ini merupakan satu metode untuk menciptakan, menyiapkan dan mengatur suara berkecepatan tinggi, video dan layanan pesan melalui jaringan nirkabel 4G dan  perangkat yang mudah dibawa.

Ericsson Akan Pamerkan Operasi Jarak Jauh Dengan 5G

0

Telko.id – Vendor jaringan raksasa asal Swedia yakni Ericsson akan bermitra dengan King College London untuk menunjukkan 5G tactile bedah robotik di acara pembukaan 5G World 2016.

Ericsson dan King mengumumkan kolaborasi 5G mereka setelah Mobile World Congress tahun ini. Ini dirancang untuk membawa industri dan akademisi bersama-sama untuk mengeksplorasi cara-cara cerdas menggunakan semua kemampuan yang dihaparapkan akan hadir pada  teknologi nirkabel 5G.

Dilansir dari Telecoms (29/6), Di antara kelebihan 5G yang ping dinanti adalah latency,  yaitu delay atau jarak waktu yang dibutuhkan antara mengirim sinyal dan menerima. Untuk hal-hal seperti virtual reality dan remote control jarak jauh, latency rendah dianggap penting, karena penundaan benar-benar dapat merusak proses. Untuk hal-hal seperti operasi jarak jauh ini sangat penting, bukan hanya untuk pertaruhan yang tinggi, tetapi untuk memungkinkan hal-hal seperti feedback haptic untuk meniru rasa sentuhan.

‘Remote Control and Intervention’ penggunaan 5G untuk kasus medical menunjukkan ‘probe’ sebagai representasi robot dari jari biologis yang memberikan para ahli bedah indera peraba dalam bedah invasif minimal, dan mampu mengirim lokalisasi akurat secara real time dari hard nodul di jaringan lunak . Probe, atau jari robot, mampu mengidentifikasi jaringan kanker dan mengirim informasi kembali ke dokter bedah sebagai umpan balik haptic.

“Melalui demonstrasi 5G simulasi ini kita dapat menunjukkan bagaimana latency adalah bagian penting dan dari apa yang diberikan oleh 5G, membawa kedua indera peraba dan real-time video feed penting untuk operasi jarak jauh,” Valter D’Avino, Head Ericsson Western & Central Eropa.

“Dengan 5G akan memungkinkan peningkatan koneksi pembedahan invasif minimal, jumlah aplikasi meningkat dan keuntungan tidak lagi geografis lokal. Hal ini memungkinkan bimbingan di seluruh dunia dan skalabilitas dari diagnosis dan intervensi, ” ujar Profesor Mischa Dohler, Kepala Pusat Telekomunikasi Research di Jurusan Teknik Informatika di King College London.

Dengan Nokia dan Ericsson yang akan memamerkan teknologi 5G dan kegunaanya, mungkin dalam satu atau dua tahun kedepan kita akan melihat contoh nyata dari implementasi generasi kelima ini.