spot_img
Latest Phone

Google Pixel Watch 4, Dukung Koneksi Satelit dan Baterai Lebih Besar

Telko.id - Google secara resmi meluncurkan Pixel Watch 4...

Garmin Index Sleep Monitor Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin secara resmi meluncurkan Index Sleep Monitor,...

Google Photos Hadirkan Fitur Edit AI dengan Perintah Suara di Pixel 10

Telko.id - Google resmi meluncurkan fitur editing berbasis kecerdasan...

Galaxy Watch8 Series Jadi Wellness Coach Pribadi untuk Gaya Hidup Sehat

Telko.id - Samsung Galaxy Watch8 Series hadir sebagai smartwatch...

Garmin Venu X1 Dukung Performa Padel dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin resmi menghadirkan Venu X1, smartwatch premium...
Beranda blog Halaman 1461

Duplikasi Server Pindah ke Indonesia, Facebook-an dengan XL Makin Lancar

0

Telko.id – XL memutuskan untuk memindahkan duplikasi server Facebook dari Singapura ke pusat data XL di dalam negeri. Keputusan yang menjadi bagian dari implementasi kerjasama XL dan Facebook ini diklaim akan mampu meningkatkan kualitas akses bagi pelanggan XL saat mengunjungi social media tersebut.

Perbedaan kualitas akan lebih terasa terutama saat pelanggan mengakses video di Facebook, yang akan menjadi jauh lebih baik. Hal ini tentu saja berguna bagi pelanggan yang senantiasa memanfaatkan fitur video, entah itu untuk mempromosikan bisnisnya atau melakukan edukasi. Disamping kegiatan-kegiatan lainnya yang juga akan lebih mudah dilakukan melalui Facebook.

“Facebook adalah social media yang paling popular dan salah satu yang paling intens diakses oleh pelanggan XL. Dengan mempertimbangkan trend ke depan di mana konten-konten video akan lebih banyak diakses, termasuk melalui Facebook, maka perlu bagi XL untuk meningkatkan kualitas experience pelanggan,” kata Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya melalui keterangan resmi, Senin (28/6).

Yessie menambahkan, proyek bersama Facebook ini adalah yang pertama di Indonesia, dan juga belum banyak dilakukan di seluruh dunia.

Dari sisi teknis, dengan memindahkan duplikasi server ke Indonesia, maka akses ke server menjadi lebih dekat sekaligus lebih cepat. Jika sebelumnya akses ke server Facebook rata-rata yang terjadi delay sekitar 200ms, saat ini delay menjadi kurang dari 8ms.

Dalam hal ini, XL menggunakan Data Center di Jakarta dan Surabaya, dengan total kapasitas 60G yang diperuntukkan khusus hanya untuk Duplikasi Server Facebook tersebut.

Facebook sendiri menjadi salah satu konten digital atau aplikasi yang paling sering diakses oleh pelanggan XL. Trafik akses ke social media pertemanan tersebut mencapai 30% – 40% dari total trafik data. Saat ini, semakin banyak pelanggan yang mengakses video, baik mengunduh atau mengunggah, melalui Facebook, yang tentunya membutuhkan dukungan kualitas akses yang memadai.

“Peningkatan kualitas akses ke Facebook tersebut seiring juga dengan berbagai peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan XL. Proyek ini sekaligus searah dengan terus diperluasnya cakupan layanan 4G LTE ke berbagai daerah layanan,” tambah Yessie lagi.

Selain ke Facebook, XL juga akan melakukan kerjasama yang sama dengan OTT (Over The Top) global lainnya, mengingat ke depan, diperkirakan akses ke OTT akan terus meningkat seiring dengan semakin baiknya infrastruktur jaringan dan akses internet di Indonesia. Tahun lalu, XL juga telah melakukan kerjasama serupa dengan Google, yang ikut meningkatkan kualitas akses pelanggan XL ke OTT terbesar di dunia tersebut.

Tokopedia Sediakan Halaman Khusus untuk Bandung

0

Telko.id – Situs jual beli online Tokopedia resmi menjalin kerja sama dengan pemerintah kota Bandung untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan oleh pemilik merek lokal di Indonesia. Media pemasaran berbasis online yang terintegrasi langsung dengan Tokopedia ini dipanggil Laman Kota.

Dipilihnya Bandung sebagai kota pertama dalam rangkaian kerjasama Tokopedia dengan Pemerintah Kota ini bukannya tanpa alasan. Diakui CEO William Tanuwijaya, hal ini dikarenakan Bandung memiliki segudang pemilik merek lokal, yang sayang jika diabaikan.

Sepanjang bulan Juni ini, lewat platform Tokopedia, masyarakat Bandung sudah berhasil menjual sebanyak 910.163 produk ke seluruh Indonesia dan membeli sebanyak 599.239 produk dari berbagai pelosok Indonesia. Itu artinya, Bandung telah membantu terciptanya 1.509.402 (data per 25/06/2016 pukul 09.55 WIB) kepercayaan dan peluang di Indonesia sepanjang bulan Juni ini.

“Jutaan kepercayaan memang telah tercipta, namun belum sebanding dengan potensinya yang masih sangat besar, maka dibutuhkan sebuah katalisator dalam hal ini Laman Kota untuk lebih mendorong pertumbuhan bisnis para pemilik merek lokal lewat sebuah platform dimana seluruh stakeholder termasuk pemerintah kota setempat bisa bertemu,” kata William melalui keterangan resmi.

Program Laman Kota ini sendiri merupakan satu dari sekian inisiatif dari Tim Inovasi dan Bisnis Inklusif, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, untuk memperbaiki sistem mata rantai produk-produk strategis di Indonesia. Dimana untuk memperkuat konektivitas ekonomi dari desa, kota dan pasar global, diperlukan sistem logistik yang lebih efisien untuk produk-produk UKM lokal.

“Hal ini dapat dicapai dengan kehadiran bisnis e-commerce dan teknologi aplikasi,” tambah Ketua Pengarah Tim Inovasi dan Bisnis Inklusif, Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Edy Putra Irawady.

Kerja sama antar pemerintah dan swasta ini direncanakan akan dikembangkan oleh Tim Inovasi dan Bisnis Inklusif dalam skala nasional dalam sebuah gerakan UKM lokal berbasis digital.

Sementara itu, Ridwan Kamil selaku Walikota Bandung menyambut baik peluncuran Laman Kota Bandung ini. Menurutnya, masa depan ekonomi Bandung terletak pada ekonomi kreatif, mengingat Bandung tidak memiliki sumber daya alam.

“Lewat laman khusus Kota Bandung di Tokopedia, para pemilik merek lokal asal Bandung bisa menemukan cara untuk membuka dan mengembangkan bisnis online mereka secara gratis, akses ke modal kerja lewat KUR atau model pinjaman lainnya hingga Rp 8 miliar dari para Mitra Toppers, hingga inspirasi dan kisah sukses dari para pemilik merek lokal yang sudah berhasil goes online,” kata William Tanuwijaya lagi.

Selain menguntungkan penjual, Laman Kota Bandung juga bermanfaat untuk para pembeli yang ingin secara spesifik mengetahui produk-produk asal Bandung yang sedang menjadi tren. Pengunjung Laman Kota Bandung secara umum juga dapat mencari berbagai informasi mengenai event-event di Bandung yang berhubungan dengan kewirausahaan.

IPO, Vodafone India Ingin Kumpulkan US$ 2,5 Miliar

0

Telko.id – Sebuah laporan yang beredar baru-baru ini menunjukkan bahwa Vodafone India sedang mempersiapkan diri untuk melakukan IPO pada kuartal keempat. Melalui IPO ini, perusahaan ingin mengumpulkan setidaknya US$ 2,5 miliar.

TelecomAsia melaporkan, Vodafone diharapkan akan mengajukan draft prospektus untuk IPO pada bulan Agustus mendatang.

Sejumlah institusi, seperti Bank of America, Kotak Investment banking dan UBS AG dilaporkan telah dilibatkan oleh Vodafone, dan akan bertindak sebagai koordinator global untuk IPO. Proses seleksi bank dimulai pada bulan April lalu.

Dengan nilai potensi hingga US$ 2,5 miliar, IPO ini akan menjadi listing terbesar di India sejak tahun 2010. Laporan sebelumnya menunjukkan bahwa nilai tawaran bisa jauh lebih besar, hingga IPO ini berpotensi menjadi yang terbesar yang pernah ada di India.

Rencana IPO Vodafone India sendiri sebenarnya telah dipertimbaangkan selama beberapa tahun, tetapi proses yang rumit, dalam hal ini terkait pajak dan penggabungan bisnis operasi, kerap menghalangi.
nilai

Sambut Lebaran, Blibli.com Hadirkan Same Day Delivery

0

Telko.id – Hari raya Idul Fitri hanya tinggal menghitung hari saja, hal ini nyatanya dimanfaatkan betul oleh situs belanja online blibli.com dengan menghadirkan layanan Same Day Delivery.

Layanan ini merupakan sebuah bentuk apresiasi yang dilakukan oleh pihak blibli.com kepada para pelanggan mereka yang hendak menyambut hari raya Idul Fitri. Seperti diketahui, tradisi mudik lebaran tentunya akan sangat menyita banyak perhatian para masyarakat.

Dengan begitu banyaknya konsentrasi tercurah pada aktivitas tersebut, tidak menutup kemungkinan mereka melupakan hal sepele namun penting seperti membeli sembako, serta keperluan mendesak lainnya. Mengatasi hal tersebut, Same Day Delievery dari blibli.com ini menawarkan sistem pengantaran barang ke pengguna di hari yang sama ketika mereka bertransaksi.

Namun, Layanan Same Day Delivery ini hanya dikhususkan untuk pelanggan di kawasan Jakarta yang berlaku antara 25-30 Juni 2016.

Lebih lanjut, layanan Same Day Delivery untuk pembelian produk yang ada di Katalog Same Day Delivery dan pembayaran diterima Blibli.com sebelum pukul 10.00 wib setiap harinya.

“Persiapan menyambut Lebaran lebih banyak menarik konsumen dibandingkan hari biasa. Mulai dari kebutuhan akan produk kuliner, busana muslim hingga gadget,” ucap Senior Marketing Communication Manager Blibli.com Lani Rahayu pada keterangan pers yang diterima tim Telko.id (28/6).

Lani menambahkan, transaksi di bulan puasa meningkat sebesar 50% dibandingkan hari biasa yang kebanyakan berupa barang-barang yang dibutuhkan untuk menyambut hari raya Idul Fitri. Sehingga mereka memberikan referensi dalam bentuk katalog yang dapat dibeli dan diantar pada hari yang sama atau Same Day Delivery.

Layanan ini berlaku untuk pembayaran menggunakan kartu kredit dan Internet Banking (BCA Klikpay, CIMB Clicks, dan Klik BCA) dan pembelian maksimal sebanyak 2 jenis produk per hari.
Apabila pesanan barang diterima setelah jam 10.00 wib, maka barang diantar secara reguler.

Sekadar informasi, blibli.com sendiri menghadirkan berbagai macam promo pada bulan suci Ramadhan kali ini. Seperti,

Program #BelanjaKebaikan
Dimana selama periode 1-30 Juni 2016 pembelanja yang melakukan transkasi belanja minimal Rp500 ribu bisa melakukan donasi di Indonesia Mengajar.

Ekstra Diskon 20%
Pada kesempatan program Ramadhan ini memberikan kesempatan khusus bagi nasabah kartu kredit Standard Chartered Bank Visa Platinum, BNI berlogo Visa, Citibank, ANZ untuk mendapatkan ekstra diskon sebanyak 20% (maksimal diskon Rp500 ribu) untuk maksimal 1 kali belanja setiap hari.

Ngabuburit Deals 
Blibli.com juga menemani Blibli Shopper menunggu berbuka puasa (ngabuburit) melalui program Ngabuburit Deals setiap Senin-Jumat antara 16.00-19.00 wib ada tawaran lima pilihan produk terbaik hasil seleksi tim internal Blibli.com. Produk-produk tersebut diharapkan bisa menjadi referensi menyiapkan bulan ramadan dan menyambut Idul Fitri dari multi-category mulai dari Fashion Wanita, Kuliner, suplemen kesehatan & kecantikan, hingga persiapan mudik.

#MobilBaru10Ribu
Program seru lainnya di bulan Ramadan, Blibli.com memberikan kesempatan belanja sekaligus berkesempatan membeli mobil baru hanya senilai Rp10 ribu di dalam program belanja #MobilBaru10Ribu yang berlangsung selama periode 6 Juni-5 Juli 2016.

Ini Tanggapan Bos Mataharimall.com Soal Smartphone Ilegal

Telko.id – Semenjak hadirnya peraturan TKDN yang mengharuskan setiap vendor smartphone untuk menghadirkan kandungan dalam negeri di dalam smartphone mereka, cukup banyak menghadirkan berbagai macam polemik. Salah-satu polemik yang saat ini ramai adalah hadirnya smartphone tanpa sertifikat resmi yang senantiasa ‘mejeng’ di berbagai situs belanja online.

Seperti diketahui, e-commerce merupakan salah satu sarana bagi vendor smartphone atau pedagang nakal untuk menjual berbagai macam produk yang tidak bersertifikasi ke pasaran Indonesia.

Tidak terkecuali Mataharimall.com, situs belanja online ini kerap disusupi oleh beberapa produk smartphone yang tidak memenuhi aturan TKDN yang berlaku di Indonesia. Padahal, Pemerintah sangat jelas mengharuskan para vendor smartphone khususnya 4G untuk menyematkan kandungan lokal jika masih ingin berjualan di Tanah Air.

Terkait hal tersebut, CEO Mataharimall.com, Hadi Wenas menyebutkan jikalau memang ketahuan ada pedagang yang memasarkan produk ilegal maka akan langsung diturunkan.

“Kalau memang ada laporan kita langsung turunkan kok, jadi kadang-kadang memang mereka (merchant) pada nakal-nakal,” ujarnya saat ditemui tim Telko.id di ajang Buka Puasa Bersama dengan Yayasan Bina Anak Pertiwi (27/6).

Ia juga menjelaskan, ketika pada saat penandatanganan kontrak kerjasama dengan para merchant, disitu tertulis bahwa mereka tidak boleh menjual barang KW serta ilegal.

“Tapi kan memang kita ada ratusan ribu merchant, jadi ngeceknya itu secara manual tapi begitu dilaporkan kita langsung turunkan,” tambah Wenas.

Berbicara mengenai upaya lain untuk meredam bahkan menghilangkan barang ilegal tadi, Wenas berujar tengah meningkatkan dari sisi teknologi, yakni akan mengimplementasi master SKU sehingga mempermudah melakukan kontrol terhadap barang yang dijual.

Sementara mengenai sanksi, Wenas menjawab akan menurunkan barang, serta memberikan sanksi tertulis kepada para merchant.

“Ya, kita turunkan kemudian kita kasih surat peringatan hingga tiga kali SP baru kita ambil tindakan yang lebih keras. Karena jika langsung mem blacklist, kita mesti lihat kontraknya dulu,” ujar Pria asal Surabaya ini.

Sejatinya, pihak Mataharimall.com telah melakukan proses pengecekan barang sebelum barang tersebut ‘dipajang’ di situs mereka. Namun, karena banyak juga merchant yang masih nakal, sehingga mereka agak kesulitan untuk menanggulangi penjualan barang Ilegal, khususnya smartphone.

“Ya, kalau mereka nakal kita kasih teguran melalui jalur hukum yang berlaku. Masalahnya kan mereka itu lebih fleksibel untuk nakal, mungkin karena sizenya kecil, tinggal tutup dan bikin perusahaan lagi. Itu menjadi PR buat kita, kita harus ngeceknya lebih rajin sebelum kita membiarkan mereka untuk berdagang, terus untuk pengecekan moderasinya lebih rajin lagi. Tapi untuk sekarang sih, ketika ada report, kita langsung follow up dan turunkan,” tukas Wenas.

Sebelumnya, tim Telko.id juga sempat melakukan pengecekan di situs mataharimall.com dan kami masih menemukan smartphone yang belum lolos TKDN dan belum mengantongi surat izin Postel di situs e-commerce Mataharimall.com.

Semoga pihak mataharimall.com cepat membersihkan produk ilegal ini, karena tentunya sangat merugikan negara serta para end user yang membeli produk tersebut.

Setelah iPhone Kini Foxconn Produksi Smartphone Luna

0

Telko.id – Sebagai pemimpin di sektor manufaktur oursourcing untuk pasar 3C (Computer, Communication, and Consumer-electronics), Foxconn dikenal membuat berbagai produk berkualitas tinggi. Salah satu yang paling menonjol adalah dipercaya oleh Apple untuk memproduksi smartphone iPhone dan tablet iPad yang dijual ke seluruh dunia.

Foxconn juga tengah mengembangkan smartphone branded dengan merek Luna yang telah menuai sukses di Korea Selatan. Smartphone terbaru ini mengusung desain logam yang ramping dengan material dan kualitas sekelas iPhone. Fiturnya kompetitif dengan harga yang terjangkau, sekitar setengahnya dari kebanyakan ponsel premium, sehingga memiliki kekuatan yang menonjol di pasar.

Di Korea Selatan, smartphone ini dipasarkan bekerjasama dengan operator terkemuka SK Telecom. Di negeri K-Pop tersebut, smartphone Luna dibanderol dengan harga 449.900 won ($380) atau sekitar Rp. 5 jutaan, yang menawarkan spesifikasi high-end di level harga mid-range.

“Di Korea Selatan, Luna sangat populer di kalangan pengguna smartphone muda. Karena konsumen muda lebih memprioritaskan desain, fungsionalitas dan harga,” kata Terry Gou, CEO Foxconn.

Bukti dari besarnya minat tersebut, Terry Gou, CEO Foxconn, mengungkapkan bahwa smartphone Luna ludes terjual 36 ribu unit hanya dalam waktu 3 minggu sejak peluncuran pertama.

Smartphone ini terjual habis beberapa kali di toko online resmi SK Telecom, dan banyak distributor mengalami kekurangan stok karena permintaan yang lebih tinggi dari perkiraan. Ini menunjukkan respon yang sangat bagus di negeri gingseng tersebut.

Dalam waktu singkat, Luna meloncat menjadi merek ponsel papan atas. Walaupun masih baru, namun langsung menduduki posisi nomor dua smartphone kelas menengah (mid-range) dengan menguasai market share 28,4% di Korea Selatan pada tahun 2015. (Sumber Korea Mobile Communication Industry & SK Telecom published data).

Selain fungsi yang kompetitif, body dengan material logam (metal) yang tipis seperti yang ditemukan di iPhone besutan Apple menarik minat bagi konsumen muda. Terlebih jika dibandingkan dengan kompetitor di harga yang sama, ponsel budget biasanya memiliki material yang terbuat dari plastik.

Luna adalah smartphone yang telah mendukung konektivitas 4G LTE dengan diperkuat prosesor high-end Qualcomm Snapdragon 801. Ponsel pintar 5,5 inchi ini dibekali dengan dua kamera 13 MP AF (F/2.0) dan 8 MP FF wide-angle (F/1.8) yang sanggup merekam momen indah. (Icha)

Seru Mana, Mike Tyson vs Evander Holyfield atau Indosat vs Telkomsel?

0

Telko.id – Perseteruan antara operator seluler Indosat Ooredoo dan Telkomsel terus berlanjut. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pekan lalu, tepatnya Selasa (21/6), CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli bahkan secara terang-terangan mengajak keempat operator lain untuk ‘mengkudeta’ Telkomsel.

Sontak, ajakan ini mendapat kritikan dari mereka yang bergelut di industri.

Mantan anggota komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) yang saat ini menjabat Ketua Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi (LPPMI), Kamilov Sagala menyebut cara Alex Rusli untuk mengajak operator lain memerangi Telkomsel tidak tepat karena malah akan merusak tatanan industri yang sudah mulai baik.

“Sangat tidak educated untuk menyelesaikan kondisi saat ini,” katanya seperti dikutip dari detikINET.

Sementara itu, dalam sebuah postingan di media sosial, alih-alih mengkritisi, mantan Direksi Telkomsel, Indosat dan Telkom Garuda Sugardo justru menilai cara Indosat ini sebagai langkah yang cukup cerdas, khususnya menyangkut promosi. Mengingatkan pada apa yang dilakukan promotor pertandingan tinju antara Mike Tyson dan Evander Holyfield 19 tahun silam.

“Ini siasat promosi yang cerdas sekali ketimbang harus pasang iklan di koran, billboard, atau televisi. Masalah hasilnya efektif atau kontra produktif, itu urusan belakang,” tulisnya dalam postingan tersebut.

Sebaliknya, PPTSI (Perkumpulan Profesi Telekomunikasi Seluler Indonesia) mencoba lebih bersikap netral. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan perkumpulan hari ini, PPTSI mengimbau kepada seluruh korporasi yang bergerak di bidang telekomunikasi (tidak hanya operator seluler) baik pemegang saham mayoritas, entitas luar negeri atau dalam negeri untuk berbisnis dengan mentaati seluruh aturan perundang- undangan yang berlaku, menjunjung tinggi etika bisnis yang sehat serta menghormati kearifan lokal Indonesia.

Selain itu, kepada mereka yang bergelut di industri ini PPTSI juga meminta dapat menahan diri dan tidak terpancing melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan keperntingan pribadi, perusahaan maupun kepentingan umum.

“Kami mengimbau pemerintah melalui Kementerian Kominfo, BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) sebagai regulator telekomunikasi Indonesia dan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) untuk mencarikan jalan keluar terhadap polemik yang berkembang, dengan menegakkan peraturan secara adil demi persaingan bisnis yang sehat, agar tercapai fundamen/dasar ekonomi nasional yang kuat dalam menghadapi persaingan ekonomi regional maupun global,” bunyi pernyataan yang diterima tim Telko.id tersebut, (Senin (27/6).

Saat ini, kisruh Indosat vs Telkomsel telah sampai ke Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). BRTI menyebut, sanksi administratif akan dikenakan pada oerator yang melanggar, jika memang ada pelanggaran.

Riset: Pasar Smart City Amerika Latin Tumbuh 19% Pada 2020

Telko.id – Pasar smart city di Amerika Latin akan melonjak hampir 20% dalam empat tahun ke depan, didorong oleh urbanisasi dan investasi besar-besaran di sektor infrastruktur, demikian dilaporkan Markets & Market, seperti dikutip situs BNamericas.

Lembaga riset ini memperkirakan pasar tahunan smart city akan tumbuh 19,4% pada tahun 2020, mencapai total US$ 758 miliar.

Salah satu faktor pendorong pertumbuhan smart city, menurut direktur Telefónica Alfredo Martín, adalah terus masuknya warga ke kota-kota Amerika Latin. Dia memprediksi bahwa pada tahun 2050, 85% dari populasi Amerika Latin akan tinggal di pusat-pusat kota. Pergeseran demografis besar-besaran ini mau tak mau memaksa pemerintah untuk bergerak di luar pendekatan perencanaan kota tradisional dan merangkul inovasi infrastruktur berbasi teknologi.

Pendorong lainnya adalah besarnya investasi regional untuk infrastruktur cerdas, yang saat ini sekitar US$ 100 miliar per tahun.

Penelitian Navigant melihat pengelolaan air sebagai salah satu segmen pertumbuhan smart city terbesar di tahun-tahun mendatang. Misalnya, Peru saat ini hanya menghancurkan 30% dari limbahnya, tetapi harus secara signifikan meningkatkan jumlah ini jika kotanya harus menangani ledakan penduduk.

Dari sektor telekomunikasi, analis juga memprediksi bahwa pertumbuhan smart city yang signifikan akan terjadi. Hal ini sebagian besar didorong oleh inisiatif broadband yang dapat diakses, seperti Plan Vive Digital 2014-2018 milik Kolombia atau Rede Cidade Digital milik Brazil yang menargetkan 300 kota.

Beberapa negara juga memprioritaskan investasi smart city yang berfokus pada efisiensi energi dan keberlanjutan. Mexico, Brazil, Kolombia dan Peru,misalnya, memiliki semua investasi yang dialokasikan untuk proyek-proyek infrastruktur yang ditujukan untuk meningkatkan efiesiensi manajemen gedung, transportasi dan keamanan.

Secara khusus, seperti dilaporkan Readwrite, Senin (27/6), Kolombia telah menginvestasikan lebih dari US$ 111 miliar melalui berbagai kementrian di pemerintahan sejauh ini, mengingat negara berusaha untuk mengembangkan infrastruktur pintar di dalam dan di antara kota-kotanya.

Sementara itu, Chile juga menempatkan proyek smart city di barisan depan, dengan proyek-proyek yang sedang berlangsung di Guayaquil dan Arequipa untuk mendigitalkan pelayanan publik.

IoT akan Dongkrak Lalu Lintas Data di Selandia Baru

Telko.id – Internet of Things diperkirakan akan mendorong pertumbuhan trafik data di Selandia Baru. Menurut laporan terbaru dari Cisco Visual Networking, lalu lintas data di negara tersebut akan berlipat ganda pada tahun 2020 mencapai 50 Gigabytes per kapita, yang menggambarkan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 15%.

Laporan ini mencakup lalu lintas yang meliputi data Internet dan jaringan yang dikelola seperti layanan video-on-demand.

“Transformasi Digital terjadi dengan cepat, dan memiliki potensi untuk memperbaiki cara Selandia Baru hidup dan bekerja,” kata Kepala Digital Transformasi Cisco Selandia Baru, Glen Bearman.

Dua hal, yakni Internet of Things dan transformasi digital akan menjadi faktor terkuat pendorong pertumbuhan lalu lintas data. Demikian dilaporkan Readwrite, Senin (27/6).

Jumlah perangkat yang terhubung di Selandia Baru juga diperkirakan akan tumbuh dari 20 juta di 2015 menjadi 37 juta pada tahun 2020, yang secara signifikan akan meningkatkan beban data pada IP networks negara.

Sementara di antara aplikasi yang diharapkan akan berkembang biak dan mendorong lalu lintas adalah perangkat seperti monitor kesehatan digital, video surveillance dan smart meter. Disamping koneksi mesin-ke-mesin yang akan semakin banyak, tumbuh menjadi 70% dari total koneksi IP negara. Cisco memprediksi pertumbuhan ini mencapai 7,7 perangkat/koneksi per capita.

Selain itu, peningkatan imigrasi ke Selandia Baru juga disebut-sebut akan mendorong pertumbuhan data IP dengan online-nya 500.000 warga baru.

Bearman juga menyebut kecepatan broadband yang lebih baik akan mengakseleraserasi pertumbuhan lalu lintas IP.

“Kecepatan yang lebih tinggi berarti konsumsi media yang kaya akan terus meningkat, dengan video menjadi aplikasi dominan di seluruh dunia,” katanya.

Gandeng Mister Aladin, XL Tawarkan Hotel Murah Pada Pelanggan

0

Telko.id – Dalam rangka menyambut Idul Fitri, Mister Aladin dan PT XL Axiata Tbk (XL) menggelar joint promo promo bertajuk “Triple Combo”. Promo yang akan berlangsung mulai 1 Juli 2016 ini tak hanya akan memungkinkan pelanggan XL mendapatkan diskon menginap 15% di hotel mana saja di MisterAladin.com, tetapi juga memperoleh Paket XL Combo Xtra M secara gratis dengan melakukan transaksi mencapai Rp400.000.

Mister Aladin sendiri merupakan situs pemesanan hotel online yang berbasis di Indonesia.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap bisa memberikan keuntungan ekstra bagi pelanggan XL sekaligus menjadi situs booking hotel online terdepan di pasar Indonesia yang kompetitif. Apalagi, sekarang ini semakin banyak orang yang membutuhkan paket data internet untuk berkomunikasi, terutama untuk update media sosial dan mengabadikan momen berharga saat traveling,” kata Teddy Pun, CEO Mister Aladin melalui keterangan resmi.

Program promo Triple Combo ini memberikan berbagai manfaat bagi pelanggan XL, diantaranya gratis paket Combo XTRA M dengan kuota 2GB + Xtra kuota 4G sebesar 10GB, XTRA nelpon selama 50 menit ke semua operator, serta diskon pemesanan hotel melalui Mister Aladin sebesar 15% (atau maksimum Rp. 200 ribu).

Chief Strategic Partneship Officer XL, Johnson Chan menyebut kerjasama XL dengan Mister Aladin ini sebagai bagian dari inovasi layanan guna memberikan kenyamanan dan manfaat lebih bagi masyarakat khususnya pelanggan XL. “Kami berharap melalui program promo bersama ini akan semakin mempermudah masyarakat untuk dapat menikmati layanan 4G,” katanya.

Sementara itu, Mister Aladin yang dikenal dengan fitur khasnya, yaitu “Choose Your Mood” , selalu ingin memudahkan travelers dalam memilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan mereka. Sesuai tagline yang dimiliki, yaitu “Pesan Hotel Gaya Kamu”, Mister Aladin menyediakan berbagai pilihan “mood” hotel, mulai dari hotel-hotel dengan harga terjangkau hingga hotel yang cocok untuk liburan keluarga.

Tujuan utama promo kerja sama ini adalah mengakomodasi kebutuhan para pelanggan XL selama traveling, termasuk bagi mereka yang akan menikmati masa libur Lebaran nanti. Penawaran Triple Combo ini tentunya akan membuat momen liburan Idulfitri menjadi lebih hemat.

“Saya harap para pelanggan XL dapat memanfaatkan promo ini untuk dapat bersilaturahmi dengan teman dan keluarga pada saat libur Lebaran nanti,” tambah Nitha Sudewo, Direktur Online Services Mister Aladin.

Ia menambahkan, harga hotel yang lebih murah di MisterAladin.com juga akan menguntungkan para keluarga yang ingin menikmati liburan di hotel dengan pelayanan berkualitas.