spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 1428

Beli Perdana XL di Indomaret Dapat Banyak Gratisannya!

0

Telko.id – Demi menggaet lebih banyak lagi pelanggan baru, XL Axiata terus melakukan inovasi dalam menghadirkan layanan yang memberikan nilai tambah sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Memanfaatkan momentum perayaan ulang tahun ke-21 di bulan Oktober ini, XL Axiata menggandeng Indomaret meluncurkan kartu perdana baru yang memiliki berbagai manfaat lebih berupa masa aktif isi pulsa 2 kali lebih panjang, yaitu kartu “Xtra Fun”.

Peluncuran kartu perdana ini diresmikan oleh Chief Marketing Officer XL Axiata, David Arcelus Oses dan Marketing Communication Executive Director Indomarco Prismatama, Gondo Sudjoni pada Kamis (19/10) di Indomaret Point Juanda, Jakarta. Kartu Perdana Xtra Fun tersedia di seluruh Indomaret mulai 19 Oktober 2017.

“Semakin banyaknya jalur penjualan kartu seluler dan paket internet, tentunya akan semakin memudahkan bagi masyarakat dan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi. Karena itulah kami bermitra dengan Indomaret yang memiliki jaringan ritel terluas di Indonesia,” kata David Arcelus Oses menjelaskan.

David juga mengkalim bahwa Kartu XtraFun ini merupakan inovasi  pertama dari Telco Provider yang tersedia di Indomaret seluruh penjuru Indonesia. Tentunya program ini bisa menjadi alternatif yang baik bagi pelanggan dan masyarakat dalam mendapatkan produk layanan XL.

Xtra Fun ini menurut David merupakan program yang menjawab harapan pelanggan dan masyarakat untuk mendapatkan kartu perdana dengan harga yang menarik dan juga tempat penjualan yang mudah dijangkau.

Kartu perdana khusus “Xtra FUN” memberikan manfaat lebih berupa masa aktif isi pulsa 2 kali lebih panjang daripada kartu perdana lainnya. Dengan kartu perdana Xtra FUN, setiap mengisi pulsa di Indomaret mulai dari nominal Rp 15.000 sampai dengan Rp 500.000, pelanggan akan mendapatkan gratis nonton film di aplikasi SuperNonton, YouTube serta gratis akses ke aplikasi “KlikIndomaret”. Bonus menelpon dan kirim SMS unlimited ke semua pelanggan XL Axiata. Selain itu pelanggan juga mendapatkan gratis melakukan panggilan menggunakan fasilitas voice dan video tanpa batas melalui aplikasi WhatsApp dan LINE.

Masyarakat dapat memperoleh kartu perdana Xtra FUN tersebut secara khusus hanya di gerai Indomaret. Lebih dari 14 ribu gerai Indomaret  menyediakan kartu perdana ini. Harganya sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 16.000 (sudah termasuk pulsa Rp. 15.000).

“Manfaat yang besar dari program ini, serta ditunjang  dengan jaringan Indomaret  yang luas dan berbagai informasi promosi di toko, kami optimis target penjualan 350.000 kartu akan tercapai  pada akhir Desember 2017. Selain itu mekanisme transaksi di toko pun simple, sehingga memudahkan pelanggan,” kata Gondo Sudjoni.

Kerja sama  XL Axiata dengan Indomaret sudah terjalin lama. Kedua pihak pun telah berkolaborasi beberapa kali dalam meluncurkan program bersama yang bersifat memberikan nilai tambah layanan kepada pelanggan kedua belah pihak. Banyak pelanggan XL Axiata juga merupakan pelanggan Indomaret. Apalagi, Indomaret rata-rata berada di tengah pemukiman masyarakat sehingga mudah dijangkau oleh pelanggan XL Axiata dalam mendapatkan program-program terbaru.

Pelanggan XL Axiata per Juni 2017 mencapai sekitar 50,5 juta pelanggan, dengan dukungan lebih dari 93 ribu BTS, termasuk lebih dari 42 ribu BTS 3G dan lebih dari 14 ribu BTS 4G di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk kenyamanan pelanggan, XL Axiata juga telah menyediakan layanan Internet cepat 4G LTE di lebih kurang 388 kota/kabupaten di berbagai provinsi Indonesia, dan kedepan tentunya akan terus bertambah seiring dengan pengembangan infrastruktur jaringan  yang terus dilakukan oleh XL Axiata. (Icha)

 

 

Telkomsel Perkuat Basis Pelanggan Korporate Dengan Gandeng Lima Perusahaan

0

Telko.id – Melanjutkan penetrasi layanan berbasis solusi bisnis korporasi, Telkomsel melalui unit bisnis Regional Account Management Regional Western Jabotabek, yang menaungi wilayah operasional di Banten dan Jakarta Barat, berhasil menggandeng sejumlah perusahaan dari berbagi sektor industri. Kesepakatan sinergi ini dilaksanakan dengan penandatangan kerja sama pemanfaatan layanan berbasis solusi bisnis korporasi antara Telkomsel dengan lima perusahaan, yaitu Doulton, Jala Niaga Elok (JNE), Cyber Smart Network Asia, Wiz Indonesia Nirwana, dan Dalnet System, (19/10).

Dalam kesepakatan kerja sama dengan lima perusahaan tersebut, sejumlah layanan solusi bisnis korporasi Telkomsel dipercaya untuk menghadirkan kemudahan dan kenyamanan akses komunikasi dan koordinasi perusahaan-perusahaan tersebut, seperti paket khusus bundling smartphone dengan layanan Close User Group (CUG) yang mengadirkan kemudahan layanan nelpon dan SMS antar karyawan dengan paket harga terjangkau dan dilengkapi paket kuota data sesuai kebutuhan.

“Saat ini, dalam pengembangan kerja sama layanan solusi bisnis korporasi, Telkomsel selalu berupaya menghadirkan ragam bentuk solusi layanan lengkap yang akan menguatkan adopsi layanan gaya hidup digital, terutama oleh pelanggan dari segmen korporasi,” kata Nyoman Adiyasa, General Manager Account Management Jabotabek Jabar Telkomsel.

Nyoman menambahkan “Kami berharap melalui kerja sama dengan kelima perusahaan tersebut dapat memberikan nilai lebih serta pengalaman ragam layanan solusi bisnis korporasi yang terintegrasi bagi tiap perusahaan, dengan dukungan fasilitas dan kualitas teknologi telekomunikasi terdepan.”

Untuk kerja sama bundling smartphone dengan paket CUG, sejumlah perusahaan juga memanfaatkan layanan Mobile Device Management (MDM) merupakan solusi Telkomsel MyBusiness bekerja sama dengan partner, yaitu Samsung Knox, yang bermanfaat untuk memantau, mengelola, dan melindungi perangkat mobile dan aplikasi yang ada di dalamnya. Solusi ini mendukung program Bring Your Own Device (BYOD) dan meningkatkan produktifitas karyawan tanpa melanggar kebijakan IT yang ditetapkan perusahaan.

Selain itu, layanan solusi bisnis korporasi Telkomsel juga dipercaya untuk memperkuat model bisnis Business to Business to Customer (B2B2C) beberapa perusahaan, yang salah satu konsepnya adalah pelanggan korporasi tersebut bisa mendapatkan “hadiah” berupa paket data atas pembelian suatu produk tertentu. Dalam kerja sama kali ini, layanan Smart Voice Connection Telkomsel juga dimanfaatkan salah satu perusahaan untuk meningkatkan pengelolaan sistem kerja layanan Call Center perusahaan tersebut.

“Dipercaya lebih dari 8900 perusahaan di wilayah operasional Area Jabotabek Jabar dan dimanfaatkan sekitar 1 juta pelanggan segmen korporasi, Telkomsel yakin penguatan adopsi layanan berbasis gaya hidupdigitall akan terus berkembang seiring dengan semakin kuatnya kebutuhan akan layanan solusi bisnis korporasi yang cepat, tepat dan terintegrasi dalam mendukung model bisnis perusahaaan masa kini” pungkas Nyoman. (Icha)

Telkomsel Menangkan Lelang Frekuensi 2300 Mhz Dengan Penawaran Rp.1 Triliun

0

Telko.id – Berdasarkan hasil seleksi untuk pita frekuensi Radio 2.3 GHz, Telekomunikasi Selular atau Telkomsel menjadi pemenang lelang dengan harga penawaran Rp1.007.483.000.000,00, seperti yang disampaikan dalam keterangan tertulis dari Noor Iza, PLT Kepala Humas Kominfo.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2.3 GHz ini diikuti diikuti oleh 5 (lima) Peserta yakni Telekomunikasi Selular, Hutchison 3 Indonesia, Indosat, XL Axiata dan Smart Telecom.

Menurut info, kemenangan Telkomsel ini diperoleh pada ronde ke 37, di mana tidak ada lagi peserta lelang yang ikut. Angka yang ditawarkan oleh operator ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga penawaran yang dibuka oleh kominfo yakni Rp 366,720 miliar dengan bid bond sebesar Rp 146,688 miliar.

Di mana, dalam proses lelang ini, peserta yang duluan ‘angkat tangan’ dan berhenti melakukan penawaran adalah Smart Telecom pada bit ke 6 dengan harga penawaran Rp.468 Miliar. Kemudian diikuti oleh Hutchinson 3 Indonesia pada bit ke 11 dengan harga penawaran Rp.597 Miliar dan XL yang berhenti memberikan penawaran pada bit ke 16 degan posisi Rp.691 Miliar. Yang terakhir menyerah adalah Indosat yang berhenti melakukan penawaran pada bit ke 36 dengan posisi penawaran akhirnya diangka Rp.992 Miliar.

Spektrum yang dimenangkan Telkomsel ini adalah pada frekuensi 2,3 GHz adalah blok selebar 30 MHz. Dalam Permen tersebut pemerintah menetapkan time division duplexing (TDD) sebagai teknologi yang digunakan dalam frekuensi 2,3 GHz.

TDD adalah sistem pemanfaatan frekuensi radio dengan proses uplink dan downlink berpasangan pada dimensi waktu. Artinya, kedua proses memanfaatkan frekuensi yang sama.

Dengan demikian, sesuai Permen Kominfo No. 20/2017, Telkomsel selaku pemenang lelang frekuensi 2.300 MHz tidak dapat mengikuti lelang frekuensi 2.100 MHz. ‎

Kemkominfo sendiri baru akan menyelenggarakan lelang frekuensi 2.100 MHz pada tahap penyerahan dokumen permohonan untuk mengikuti lelang tersebut selama 5 hari kerja setelah diumumkan hasil seleksi untuk pita frekuensi 2.300 MHz.

Pita Frekuensi 2,1 GHz ini sendiri yang akan dilelang oleh pemerintah sebanyak dua blok dengan lebar pita frekuensi masing-masing 5MHz. Dan, dalam aturan lelang, untuk frekuensi 2,1 GHz Kominfo menetapkan harga dasar Rp296,742 miliar. (Icha)

Qualcomm Snapdragon 636 Mobile Platform Diluncurkan Demi Puaskan Para Gamer

0

Telko.id – Tidak dapat dipungkiri, para mobile gamer terus meningkat. Tentu ekspektasi terhadap smartphohe gaming juga menjadi lebih tinggi. Itu sebabnya, Qualcomm memperkenalkan mobile platform baru yang khusus diperuntukan bagi para penyuka game.

Produk tersebut adalah Qualcomm Snapdragon 636, yang dirancang untuk memberikan peningkatan pada kinerja perangkat, teknologi gaming dan display yang lebih maju dibandingkan dengan Snapdragon 630 Mobile Platform. Snapdragon 636 menambah portfolio bagi mobile platform Snapdragon berkinerja tinggi dari Qualcomm Technologies yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna akan perangkat berkualitas tinggi dengan fitur tingkat atas dan harga rendah.

Snapdragon 636 mengusung CPU Qualcomm Kyro 260, yang memberikan 40% peningkatan kinerja perangkat dibandingkan dengan Snapdragon 630. Snapdragon 636 juga hadir dengan dukungan layar modern ultra-wide FHD+ dan Assertive Display, yang mengoptimasikan visibilitas layar di segala kondisi pencahayaan. Fitur Qualcomm TruPalette dan Qualcomm EcoPix yang terintegarsi dengan Adreno Visual Processing Subsystem untuk menyokong pengalaman tampilan layar ponsel yang superior. Terakhir, GPU Qualcomm Adreno 509 yang terintegrasi juga dirancang untuk mendorong performa gaming dan browsing sebesar 10 persen dibandingkan generasi sebelumnya, menunjang pengalaman gaming yang belum pernah ada sebelumnya dengan visual yang serupa dengan kenyataan dan secara efisien menghasilkan grafik 3D yang canggih.

Snapdragon 636 Mobile Platform menggunakan proses 14nm FinFet dan memiliki peranti lunak dan soket elektronik yang kompatibel dengan Snapdragon 660 dan 630 Mobile Platform, memungkinkan pembuat ponsel (OEM) yang sudah menggunakan kedua platform tersebut agar dapat dengan mudah mengimplementasi Snapdragon 636 di perangkat mereka selanjutnya secara cepat dan efisien.

Snapdragon 636 Mobil Platform juga didukung dengan modem Snapdragon X12 LTE yang canggih dan sudah teruji secara global, dengan kecepatan unduh tertinggi secepat 600 Mbps sehingga operator dapat menyediakan kecepatan unduh super cepat kepada konsumen; Qualcomm Spectra ISP 160 14-bit, yang mendukung kamera hingga 24 megapiksel dengan zero shutter lag dan menunjang smooth zoom, autofocus cepat, dan warna-warna objek seperti aslinya untuk kualitas foto yang luar biasa; dan Qualcomm Aqstic audio codec yang mendukung Hi-Fi audio on the go, dengan dukungan hingga 192kHz/24 bit dan kemampuan untuk melakukan playback lossless file audio dengan distorsi rendah dan high dynamic range.

“Diperkenalkannya Snapdragon 636 Mobile Platform membuat OEM dapat menikmati transisi mulus dari Snapdragon 660 dan 630 Mobile Platforms sembari menunjang diberikannya fungsionalitas dan kinerja superior kepada para pengguna,” ujar Kedar Kondap, wakil presiden, manajemen produk, Qualcomm Technologies, Inc.

Kondap juga menambahkan bahwa “Produsen dapat menggunakan modem dan arsitektur kamera yang sama untuk memungkinkan uji coba dan kalibrasi yang cepat dan efisien, memangkas secara signifikan sumber daya dan waktu normal yang dibutuhkan untuk mengembangkan produk dengan platform baru.”

Snapdragon 636 Mobile Platform diperkirakan akan sampai kepada para pelanggan pada bulan November 2017. (Icha)

 

 

Telkomsel Lindungi Keluarga Indonesia Via Aplikasi Family Protect

0

Telko.id – Untuk mendukung pemanfaatan Internet yang positif, Telkomsel bekerjasama dengan Family Zone, perusahaan asal Australia yang bergerak dalam bidang keamanan internet (internet safety), menghadirkan layanan Family Protect. Berbasis aplikasi mobile, Family Protect memungkinkan orang tua untuk memonitor sekaligus mengontrol aktivitas di perangkat seluler anak, sehingga anak terlindung dari dampak kurang baik ketika berinternet seperti cyber-bullying, mengakses situs web terlarang, dan waktu pemakaian Internet yang berlebih.

“Sebagai penyedia layanan seluler di Indonesia, kami mendorong penggunaan Internet yang bermanfaat dan positif. Untuk meminimalisir penggunaan Internet yang memberikan dampak kurang baik pada anak, kami berusaha untuk memberikan solusi lewat layanan inovatif parental control Family Protect dengan fitur lengkap, yang dapat disesuaikan sesuai kebiasaan dan kebutuhan masing-masing keluarga,” kata Crispin Tristram, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel.

Crispin kemudian menambahkan bahwa layanan Family Protect juga melengkapi bukti komitmen  Telkomsel dalam kampanye cyber wellness  #internetBAIK Telkomsel dalam rangka menciptakan ekosistem digital yang konstruktif, yang sudah lama berjalan dalam bentuk sosialisasi dan edukasi penggunaan internet secara BAIK (Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif) yang ditujukan bagi segmen anak-anak, serta para orang tua dan guru di sekolah.

Layanan Family Protect memiliki fitur lengkap untuk memonitor dan mengontrol aktivitas internet di perangkat seluler yang dimiliki oleh anak, yaitu Safe Content yang berfungsi untuk mengeliminasi konten negatif ataupun konten dewasa, blokir situs, dan pembatasan pencarian dari situs Google, Bing dan YouTube berdasarkan kata kunci tertentu.

Selain itu, terdapat fitur Manage Apps  yang berguna untuk memblok pengunduhan dan mematikan fungsi pembelian aplikasi (apps purchase), serta Manage Screen Time untuk mengatur waktu aktivitas online anak dalam beberapa kondisi seperti waktu belajar, sekolah, dan istirahat. Sementara itu, fitur Device Feature Manager juga dapat dimanfaatkan orang tua untuk mengatur akses fitur di perangkat seluler anak, misalnya kamera, dan lain-lain.

Kolaborasi Telkomsel dan Family Zone untuk layanan ini juga memberikan pengalaman parental control yang berbeda dari layanan sejenis, seperti penggunaan aplikasi di perangkat orang tua dan anak yang terhubung melalui activation key, akses terhadap cyber expert untuk konsultasi terkait keamanan internet, peringatan atas akses situs terlarang atau pelanggaran lainnya, kontrol jarak jauh untuk mematikan layanan Internet anak, dasbor aktivitas browsing dan penggunaan aplikasi di perangkat anak, dan lain-lain.

Layanan ini memproteksi dan mengontrol akses Internet keluarga melalui aplikasi Family Protect yang terpasang di perangkat milik orang tua dan perangkat yang digunakan oleh anak. Seluruh pelanggan Telkomsel dapat menggunakan layanan parental control ini dengan mengakses *500*56# dengan pilihan tarif berlangganan sebesar Rp. 13.200 per bulan untuk dua perangkat terproteksi atau Rp. 8.800 per bulan untuk satu device terproteksi. Setelah memilih tarif berlangganan, pelanggan kemudian akan mendapatkan SMS yang berisi tautan untuk mengunduh aplikasi Family Protect di Google Playstore,  beserta kode aktivasinya.

“Layanan Family Protect merupakan jawaban dari kekhawatiran para keluarga atas penggunaan Internet selama ini. Dengan meminimalisir aktivitas internet yang kurang bermanfaat, kami harap para orang tua dapat lebih tenang dan dapat memaksimalkan pemanfaatan Internet yang positif demi perkembangan anak”, tutup Crispin. (Icha)

 

 

 

Google Gandeng ESET Basmi Software Berbahaya di Internet

0

Telko.id – Setiap hari jutaan pengguna internet, tanpa mereka sadari, seringkali menjadi korban perangkat lunak yang memodifikasi hasil pencarian mereka untuk mengalihkannya ke laman lain atau memasukkan iklan tambahan ke laman yang mereka kunjungi. Lebih parah, pengguna diarahkan ke situs yang tidak diinginkan yang penuh dengan iklan, ke depan hal ini bisa lebih buruk lagi, pengguna akan terus menerus terperangkap di situs yang sama secara terus-menerus.

Chrome sudah memiliki alat untuk membantu pengguna menghindari unwanted software atau perangkat lunak yang tidak diinginkan semacam ini. Misalnya, penggunaan Safe Browsing mencegah banyak infeksi terjadi dengan memperingatkan jutaan pengguna. Tapi terkadang ini saja belum cukup untuk menghentikannya.

Untuk itu, Chrome menggandeng ESET yang merupakan salah satu perusahaan keamanan siber global terkemuka dengan meluncurkan Chrome Cleanup, sebuah pemindai dan pembersih baru untuk Google Chrome yang dirancang untuk membantu pengguna menjelajahi web dengan aman dan tanpa gangguan. Pembersih Chrome akan tersedia untuk semua pengguna Google Chrome yang berjalan di Windows.

Pembersih Chrome akan mengingatkan pengguna Google Chrome akan ancaman potensial saat mendeteksi perangkat lunak yang tidak diinginkan. Google Chrome kemudian akan memberi pengguna pilihan untuk menghapus perangkat lunak. Pembersih Chrome beroperasi dari balik layar tanpa terlihat atau mengganggu pengguna. Ia akan menghapus perangkat lunak dan memberitahukan pengguna setelah pembersihan berhasil diselesaikan.

Menanggapi kerjasama ini, Technical Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh mengatakan: “Ini bukan yang pertama kali ESET melakukan kerjasama secara global dalam menghadapi kejahatan siber, upaya Google menggandeng ESET tentu saja disambut dengan tangan terbuka, karena sejak awal berdiri, ESET ingin memberikan keamanan dan kenyamanan pada seluruh pengguna internet di dunia. Semoga ke depan kerjasama semacam ini terus terjalin dengan semua pihak yang terkait demi menciptakan lingkungan siber yang aman bagi kita semua.”

Untuk melengkapi sistem keamanan Google, ESET meluncurkan tiga perubahan guna membantu Chrome untuk Windows pulih dari infeksi perangkat lunak tidak diinginkan yakni Hijacked settings detection, Chrome Cleanup yang Lebih Simpel dan Mesin Cleanup yang lebih bertenaga. (Icha)

Chipset Modem Qualcomm Berhasil Melakukan Koneksi 5G Yang Pertama di Dunia

0

Telko.id – Seperti diumumkan tahun lalu, Qualcomm Technologies yang merupakan anak perusahaan dari Qualcomm Incorporated mengeluarkan chipset Modem Qualcomm. Dengan menggunakan pita frekuensi radio 28GHz mmWave produk ini berhasil mencapai kecepatan gigabite dan koneksi data. Hal ini diklaim sebagai yang pertama di dunia.

Dengan kehadiran produk Qualcomm ini memberikan pencerahan baru bagi teknologi 5G yang saat ini masih belum ditentukan juga oleh ITU standar yang akan digunakan. Namun, perusahaan asal Amerika ini cukup yakin bahwa uji coba nya ini menjadi acuan bagi industri.

“Perangkat mobile. Chipset modem 5G Qualcomm Snapdragon memberikan kecepatan gigabita dan koneksi data pada pita frekuensi radio 28GHz mmWave ini menghadirkan generasi baru teknologi seluler seraya mempercepat kehadiran perangkat yang mendukung 5G NR kepada konsumen. Selain itu, Qualcomm Technologies juga memberikan preview dari acuan desain smartphone 5G pertamanya untuk pengujian dan optimasi teknologi 5G di dalam batasan-batasan daya dan bentuk smartphone,” kata Cristiano Amon, Wakil Presiden Eksekutif Qualcomm Technologies, Inc. dan Presiden, QCT.

Amon menambahkan bahwa  “Pencapaian koneksi data 5G pertama kali di dunia dengan chip modem 5G Snapdragon X50 5G pada spektrum 28GHz mmWave ini merupakan bukti dari kepemimpinan Qualcomm Technologies di bidang 5G dan keahlian di konektivitas mobile. Sekaligus juga sebagai loncatan besar dan acuan desain smartphone 5G”.

“Langkah Qualcomm ini juga untuk mendorong 5G NR pada perangkat mobile untuk meningkatkan pengalaman mobile broadband untuk pengguna di seluruh dunia,” kata Amon menambahkan.

Demonstrasi koneksi data 5G tersebut berlangsung di laboratorium Qualcomm Technologies di San Diego. Demonstrasi tersebut berhasil mencapai kecepatan unduh gigabita dengan memanfaatkan beberapa carrier 5G 100 MHz, yang berjalan pada spektrum 28GHz milimeter wave (mmWave). 5G NR mmWave adalah area baru di dunia mobile, yang telah dimungkinkan oleh standar 5G NR, dan diperkirakan akan mengantarkan konsumen ke pengalaman pengguna di era baru dan meningkatkan kapasitas jaringan secara signifikan.

Selain chipset modem 5G Snapdragon X50, demonstrasi tersebut juga menggunakan SDR051 mmWave RF transceiver integrated circuit (IC). Demonstrasi tersebut turut menggunakan 5G Protocol R&D Toolset baru dari Keysight Technologies dan UXM 5G Wireless Test Platform.

Qualcomm Technologies merupakan perusahaan pertama yang mengumumkan chipset modem 5G pada tahun lalu. Kemampuannya untuk berkembang dari tahap pengumuman produk hingga mencapai tahap silikon fungsional hanya dalam jangka waktu dua belas bulan menunjukkan kepemimpinan Qualcomm Technologies di teknologi selular – yang saat ini merambah ke 5G.

Qualcomm Technologies merupakan salah satu perusahaan yang sangat mendorong penggunaan 5G NR sehingga dapat dijadikan sebagai standar oleh ITU pada tahun 2019 mendatang. Tak Heran, upaya perusahaan asal Amerika ini juga begitu intensif. Mulai dari penelitian dan penemuan dasar, penentuan standar 3GPP, perancangan sub-6 GHz dan sistem prototipe mmWave 5G NR, uji coba interoperabilitas dan over-the-air dengan operator global utama dan penyedia infrastruktur, serta mengembangkan produk sirkuit terintegrasi untuk perangkat mobile.

Qualcomm pun berharap, keluarga modem Snapdragon X50 5G NR diharapkan akan menunjang peluncuran komersial smartphone dan jaringan 5G pada paruh pertama tahun 2019. (Icha)

 

Pasar Perangkat 4G Global Bakal Tumbuh 8.7% Sampai 2021

Telko.id – Research and Markets, baru saja mengeluarkan riset terbarunya tentang pasar perangkat 4G secara global. Diproyeksikan hingga tahun 2021 nanti akan terjadi pertumbuhan perangkat yang dapat bekerja di jaringan 4G tumbuh hingga 8.7%.

Berdasarkan laporan tersebut, perusahaan yang akan menjadi pemain kunci di pasar perangkat 4G secara global adalah Apple, Huawei Technologies, Lenovo, LG, Netgear, Novatel Wireless, OPPO, Samsung, Sony, Vivo Communication Technology, Xiaomi, dan ZTE.

Mengomentari laporan tersebut, seorang analis dari tim peneliti mengatakan “Tren terbaru yang mendapatkan momentum di pasar adalah distribusi perangkat secara online. Fenomena yang sangat populer yang muncul 2-4 tahun yang lalu adalah distribusi online eksklusif perangkat komputasi mobile seperti smartphone.

Alasannya adalah bahwa generasi muda, yang merupakan kelompok sasaran utama untuk smartphone, menghabiskan banyak waktu di Internet melalui PC, laptop, tablet, dan smartphone. Dengan menambah kenyamanan pengiriman doorstep dan mendapatkan detail mendalam tentang smartphone, orang ingin membeli produk dengan penawaran eksklusif yang tersedia secara online seperti cash back on purchasing. Ini mendorong generasi muda untuk membeli produk melalui saluran online. ”

Selain itu, yang menjadi pendorong utama dari pertumbuhan perangkat 4G ini adalah penggunaan Internet. Di mana, Internet telah mengalami pertumbuhan yang sangat besar sejak tahun 2000. Dengan meningkatnya komunikasi digital, media sosial, dan e-commerce, penetrasi Internet diperkirakan akan semakin meningkat. Meskipun tingkat penetrasi Internet terendah di wilayah ini, APAC memiliki jumlah pengguna Internet tertinggi, yang mewakili lebih dari 50% keseluruhan Internet yang menggunakan populasi.

Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di seluruh dunia, akan ada penyebaran jaringan 4G yang lebih tinggi untuk mengakses jaringan berkecepatan tinggi dan transfer data yang lebih cepat. Ini akan mendorong permintaan perangkat 4G.

Selanjutnya, laporan tersebut menyatakan bahwa salah satu faktor utama yang menghambat pertumbuhan pasar ini adalah rencana tarif tinggi. Koneksi modem broadband mobile lebih mahal daripada koneksi digital subscriber line (DSL) atau pemasangan kabel. Misalnya, koneksi broadband kabel AT & T menyediakan data 250 GB dan harganya sekitar $ 30, sedangkan koneksi hotspot lebih mahal dan harganya sekitar $ 149.99 untuk data bulanan sebesar 5 GB. Koneksi broadband kabel AT & T juga menyediakan tambahan isi ulang 1 GB seharga $ 10.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kombinasi tujuan informasi primer dan sekunder termasuk masukan dari peserta kunci dalam industri ini. Laporan tersebut berisi lanskap pasar dan vendor yang komprehensif, di samping analisis SWOT dari vendor utama. (Icha)

Pas HUT ke 16, Tasikmalaya Dapat Hadiah Broadband 4G LTE Dari Telkomsel

0

Telko.id – Telkomsel kembali membagun sinergi bersama pemerintah kota Tasikmalaya dengan menyelenggarakan event jalan sehat bersama masyarakat dalam rangka menyambut hari jadi kota Tasikmalaya yang ke 16, gelaran event ini juga sekaligus diharapkan menjadi salah satu upaya penguatan ekosistem digital Telkomsel di seluruh wilayah Tasikmalaya sekaligus upaya penguatan layanan broadband 4G LTE untuk menunjang kebutuhan gaya hidup digital pelanggan Telkomsel.

Event jalan sehat yang di selenggarakan di balai kota Tasikmalaya mengambil tema Dari Tasikmalaya untuk Semua hal ini diharapkan mampu menyedot animo masyrakat Tasik untuk merasakan secara langsung Digital Experience dari produk dan layanan broadband terdepan milik Telkomsel dengan berbagai keunggulan dan kualitas harga yang terjangkau bagi masyarakat Tasikmalaya.

Dalam rangkaian acara menyambut HUT Tasikmalaya ini juga Telkomsel bersama Pemerintah Kota Tasikmalaya meluncurkan kartu PEMDA Tasikmalaya yang diperuntukan mempermudah komunikasi dan kordinasi antar instansi pemrintahan Tasik melalui kartu komunitas yang bisa digunakan secara gratis untuk melakukan panggilan telepon dan sms serta paket data sebesar 6 GB dengan cara aktivasi ke *363#.

General Manager Sales Regional Jawa Barat Telkomsel Agustiyono menyampaikan “Melalui kegiatan Jalan Sehat Bersama Warga Tasikmalaya menjadi salah satu bentuk dukungan sekaligus apresiasi Telkomsel atas loyalitas pelanggan Telkomsel di wilayah Tasikmalaya yang menggunakan produk dan layanan Telkomsel sebagai pilihan utama.“

Telkomsel juga menghadirkan Paket Broadband Khusus 30 GB bagi para peserta yang ingin mendapatkan kesempatan memenangkan Doorprize seperti Motor, Kulkas hingga TV LED hingga Grandprize Paket Umroh yang bisa diaktifkan di *363*9# , selain itu para pelanggan juga bisa merasakan produk dan layanan Telkomsel secara langsung di gerai layanan seperti upgrade uSIM 4G LTE gratis, trade in smartphone 4G LTE dengan diskon hingga 50%, serta pengalaman mencoba transaksi layanan digital money Telkomsel TCASH di Fesitival Kuliner,Telkomsel juga menghadirkan penampilan artis dan penyanyi dangdut Aty Selayar untuk menambah keseruan dan kemeriahan acara jalan sehat bersama masyarakat Tasikmalaya.

Selain itu lebih dari 490 BTS teknologi broadband terdepan 4G LTE sudah mencover lebih dari 4 juta pelanggan di wilayah Tasikmalaya menjadikan Telkomsel optimis masyarakat mampu mengadopsi layanan broadband dan digital Telkomsel yang sudah menjangkau luas di setiap populasi melalui pemanfaatan yang efektif dan efisien. Hal ini juga terlihat dari besarnya pelanggan pengguna data di Tasikmalaya yang mencapai 1,7 juta.

Guna mengoptimalkan layanan dan jaringan selama penyelengaraan event Jalan Sehat berlangsung Telkomsel juga sudah mengoperasikan 1 unit compact Mobile BTS (Combat) Arrow yang mampu mencover kepadatan jaringan di wilayah Balaikota Tasikmalaya dengan kekuatan jaringan 3G dan 4G, disisi lain untuk menjaga jaringan tetap stabil pada saat Jalan Sehat berlangsung Telkomsel juga memaksimalkan BTS yang berada disepanjang Rute Jalan Sehat.

“Melalui kegiatan Jalan Sehat bersama Telkomsel diharapkan masyarakat Tasikmalaya bisa mendapatkan pengalaman langsung  produk dan layanan dari Telkomsel.“ tutup Agustiyono. (Icha)

 

 

 

Menkominfo: Player IoT Harus Duduk Bareng Buat Masterplan

0

Telko.id – Era Internet of Things mulai tumbuh bahkan diproyeksikan akan semakin menggila pada tahun 2020 mendatang. Berdasarkan hasil riset beberapa lembaga menyebutkan bahwa IoT akan tumbuh dengan angka yang luar biasa besar. Berdasarkan Gartner sekitar 300 milyar dollar, sedangkan menurut data IDC mencapai 1.7 triliun. Bisnis terbesar akan diperoleh dari bisnis device dan aplikasi. Kedua, didapat dari konektiviti dan platform dan terakhir dari system integrasi.

Pasar yang demikian besar memang mengharuskan Indonesia untuk siap menghadapi ‘serangan’ IoT tersebut. Persiapan yang paling mendasar adalah membuat masterplan IoT Indonesia. Hal ini disebutkan oleh Rudiantara dalam sambutannya pada acara Seminar Nasional ITF yang bertajuk

“Mendorong Terbentuknya Regulasi dan Standarisasi Dalam Menata Ekosistem Internet of Things”, di Jakarta (16/07).

“Player inilah perlu duduk  bersama merumuskan arah atau masterplan IoT di Indonesia. Karena pasar IoT di Indonesia diproyeksikan tertinggi di Asia tenggara sekitar 4000 dollar di tahun 2020,” ungkap Rudiantara.

Selain menghadirkan Rudiantara, seminar ini juga mendatangkan pembicara dari pihak Dirjen SDPPI, Bapak Ismail  dan pihak operator selular, Indosat Ooredoo yang diwakili oleh Budiharto, Group Head Business Product Indosat Ooredoo.  Budiharto memberikan pandangannya mengenai IoT yang akan terus tumbuh membesar di masa depan. “Sejumlah riset menunjukkan memang IoT akan menjadi salah satu layanan yang akan tumbuh secara eksponensial seiring semakin merebaknya machine to machine communication dan artificial intelligence atau kecerdasan buatan serta aplikasi.  Peran perusahaan telekomunikasi sangat penting sebagai enabler Utama dalam ekosistem IoT” kata Budiharto.

Sementara dari sisi regulasi, menurut Agung Harsoyo, komisioner BRTI sekaligus staf pengajar STEI ITB Bandung menjelaskan bahwa pihaknya terus memantau perkembangan IoT saat ini dan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi termasuk dampaknya bagi masyarakat luas. “Kami melakukan antisipasi ke depan sebagai jawaban atas berkembangnya ekosistem IoT di masa depan,” kata Agung. Terlebih, perkembangan IoT sulit dibendung sehingga memang diperlukan perangkat regulasi yang mampu menjawab berbagai tantangan yang ditimbulkan oleh IoT.

Selain menghadirkan pembicara dari kalangan industri, ITF juga menghadirkan Desmond Previn, dari perusahaan IoT Smart Home Indonesia yang sukses memasarkan produknya ke pasar Eropa dan Tiongkok. “IoT punya prospek cerah bagi Indonesia karena banyak hal bisa dikreasikan dengan IoT. Kreativitas dan keunggulan sumber daya manusia Indonesia di bidang pemrograman menyakinkan saya untuk menggeluti bisnis ini,” tambahnya.

Dari sisi industri, ruang lingkup yang luas serta pasarnya yang luar biasa membuat perusahaan sebesar GE (General Electric) pun melirik IoT sebagai salah satu solusi. “Ekosistem IoT harus dibangun secara sinergi di antara pemangku kepentingan termasuk kalangan industri,” kata Muliandy Nasution, Market Development GE Indonesia. Perusahaan besar bidang telekomunikasi dan elektronika memang banyak melirik IoT sebagai peluang besar bisnis di masa mendatang.

Dari sisi teknis, sebagai sebuah perangkat dengan standar tersendiri memang harus diperhatikan bahwa IoT juga menyimpan bom waktu yang harus diantisipasi sejak awal. “Kemungkinan-kemungkinan tersedotnya data pribadi dan sebagainya tetap dimungkinkan dari penerapan IoT,” kata Gunawan Wibisono, pengajar Fakultas Teknik Jurusan Elektro Universitas Indonesia.

Dengan kondisi tersebut, Indonesia Technology Forum (ITF)  mendorong adanya regulasi dan penataan  ekosistem IoT yang sehat dan mampu membawa manfaat tidak hanya bagi masyarakat tetapi juga bagi pemangku kepentingan di sektor telekomunikasi dan informatika serta memajukan keunggulan ekonomi Indonesia

ITF juga berharap, hadirnya IoT bisa mendorong keunggulan kompetitif nasional melalui transformasi dalam era digital dengan memanfaatkan teknologi IoT. Sehingga keberadaan ekosistem IoT bisa mendorong Indonesia menjadi pemain global dan tidak hanya menjadi pangsa pasar melainkan menjadi pemain utama. (Icha)