spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 1424

Kini, Sedekah pun Bisa Dengan Cara Digital

0

Telko.id – Sedekah kini tidak melulu harus menggunakan uang tunai. Telkomsel bekerja sama dengan Yayasan Rumah Amal Salman Institut Teknologi Bandung menghadirkan layanan berbasis digital untuk mempermudah akses bersedekah menggunakan kotak amal atau kencleng digital menggunakan layanan TCASH Telkomsel. Hal ini dilakukan untuk memperluas pemanfaatan layanan seluler berbasis digital, terutama dalam utilisasi mobile financial service dalam keseharian masyarakat.

Layanan ini menggunakan teknologi fitur snap/scan QR Code ini akan dipasang di seluruh kotak amal yang tersebar di masjid dan mitra Yayasan Rumah Amal Salman ITB yang ada wilayah kota Bandung dan sekitarnya.

“Telkomsel ingin terus menghadirkan pengalaman digital secara langsung kepada masyarakat dengan kemudahan dalam gengaman, salah satunya dengan memanfaatkan keunggulanlayanan digital mobile financial service TCASH melalui kerja sama dengan Yayasan Rumah Amal Salman ITB, yang kini sudah dapat digunakan di beberapa Masjid yang tersebar di wilayah kota Bandung,” kata Agustiyono, General Sales Regional Jabar Telkomsel.

Dengan memanfaatkan layanan TCASH, pelanggan setia Telkomsel yang sudah mengupload aplikasi T-Wallet dapat langsung melakukan snap QR Code yang tersedia di tiap kencleng digital dan dana yang disedekahkan dapat langsung masuk ke rekening Masjid atau mitra Yayasan Rumah Amal Salman ITB yang telah bekerja sama. Sehingga, kini pelanggan tidak perlu merasa khawatir lagi jika tidak membawa uang tunai saat ingin bersedekah secara langsung.

Kedepannya sebanyak 505 unit Kencleng Digital Yayasan Rumah Amal Salman ITB akan dipasang QR Code TCASH. Program ini juga menjadi bentuk dukungan cashless society di Indonesia, sekaligus sebagai bentuk penetrasi Telkomsel di layanan mobile financial service tak terbatas pada transaksi belanja ataupun aktivitas penunjang gaya hidup lainnya, namun kini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan berbagi dengan sesama.

Sebelumnya, Telkomsel juga telah menghadirkan layanan donasi sejenis menggunakan TCASH berbasis UMB melalui akses *800*7*8# yang juga dapat dimanfaatkan seluruh pelanggan Telkomsel. Melalui layanan tersebut, pelanggan bisa memilih penyaluran donasi melalui lembaga seperti BAZIS, LAZIS NU, Dompet Peduli Umat Daarut Tauhiid hingga Rumah Zakat secara digital menggunakan saldo TCASH.

“Telkomsel berharap dengan semakin luasnya penetrasi layanan TCASH di segala lini dapat mendorong penguatan adopsiekosistem keuangan digital yang lebih matang dan terintegrasi sehingga semakin memudahkan pelanggan. Di wilayah Provinsi Jawa Barat sendiri, 50% transaksi TCASH di dominasi oleh pelanggan yang berada di kota Bandung dan sekitarnya” pungkas Agustiyono. (Icha)

 

 

 

Trafik Layanana Data Indosat Ooredoo Saat Natal Naik 14,24%

0

Telko.id – Jaringan Indosat Ooredoo telah berhasil melayani kebutuhan komunikasi pelanggan dengan baik selama masa-masa perayaan Natal dan liburan akhir tahun 2017. Pelanggan dapat berkomunikasi dengan nyaman dan lancar dimanapun mereka berada, berkat kesiapan kapasitas jaringan yang telah ditingkatkan serta monitoring yang intensif untuk mengantisipasi kenaikan traffic baik itu Data, voice, maupun SMS akibat tingginya aktivitas masyarakat selama periode tersebut.

”Indosat Ooredoo selalu berkomitmen untuk menjaga kenyamanan dan kelancaran komunikasi pelanggan terutama di saat-saat meningkatnya kebutuhan layanan komunikasi pada Hari Raya  Natal yang juga bertepatan dengan libur akhir tahun 2017. Adanya kenaikan traffic baik itu Data, voice, maupun SMS telah kami antisipasi dengan meningkatkan kapasitas jaringan serta mengaktifkan monitoring jaringan nasional secara intensif melalui INOC. Kami berharap upaya kami dalam menjaga layanan komunikasi dapat mendukung aktivitas pelanggan untuk menikmati libur akhir tahun,” kata Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo dalam rilis tertulisnya.

Tren penggunaan media sosial dan pengiriman pesan melalui aplikasi chatting memberi pengaruh pada traffic secara umum. Traffic Data nasional di hari Natal (25/12) meningkat menjadi 3.917,46 TeraBytes atau naik 14,24% dibandingkan traffic data reguler pada hari biasa. Sementara itu traffic voice nasional mengalami penurunan menjadi sekitar 235,51 juta menit, atau turun sekitar 18,4% dibandingkan dengan traffic voice reguler hari biasa. Traffic SMS pun menurun menjadi sekitar 194 juta SMS, atau turun 26,39% dibandingkan traffic SMS reguler hari biasa dengan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai sekitar 97,5%.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan jaringannya untuk mengantisipasi kenaikan traffic telekomunikasi yang diprediksi akan terjadi saat libur akhir tahun ini, dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringannya. Perusahaan telah meningkatkan semua kapasitas layanan yang meliputi suara, SMS dan Data. Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 8.262 Terabyte/hari.

Kesiapan ini juga didukung oleh kegiatan monitoring jaringan secara intensif melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center), fasilitas monitoring & pengendalian jaringan secara terpadu baik untuk layanan seluler (mobile) maupun layanan Enterprise Corporate (Fixed MIDI), Indosat Ooredoo Business, termasuk yang disediakan oleh anak perusahaan Indosat seperti  Lintasarta dan IM2. i-NOC juga berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional. (Icha)

 

 

 

Pelanggan XL Axiata Banyak Akses Video Saat Natal

0

Telko.id – Pada saat hari raya Natal, sudah dapat diproyeksikan trafik data para operator akan naik. Seperti yang terjadi pada jaringan XL Axiata. Di mana pada jaringan operator ini terjadi peningkatan trafik data melebihi hari biasa.

Selama tiga hari sebelum Natal, 25 Desember 2017, hingga 2 hari setelahnya atau selama 5 hari tersebut, trafik data secara rata-rata meningkat lebih dari 5% dari hari-hari biasa dan paling tinggi kenaikannya adalah di tanggal 25 Desember 2017 dengan kenaikan yaitu 9%. Sementara dibandingkan dengan periode Natal tahun lalu, trafik layanan data meningkat sebesar 146%. Akses ke layanan data dan video streaming menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut.

“Dari pemantauan kami, puncak kenaikan trafik data terjadi sejak malam Natal dan sehari setelahnya. Pelanggan terlihat melakukan akses ke media sosial secara lebih intens. Mungkin pada mengucapkan Selamat Natal, selain secara verbal tertulis, juga dengan melakukan video call. Layanan video call memang saat ini memungkinkan dilakukan dengan kualitasyang lebih baik di lebih banyak daerah karena semakin luas jaringan internet cepat 4G LTE XL Axiata,” kata Yessie D Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata.

Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital. Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform naik sebesar 15%. Dari ragam media sosial itu, mereka juga mengakses informasi berita yang disediakan media, menyampaikan pesan pribadi, chatting, bahkan juga melakukan belanja. Sementara itu, kaum muda banyak mengakses layanan video di Youtube. Selain itu, akses ke video atau film juga banyak dilakukan di website atau aplikasi penyedia video on demand antara lain iflix.

Sementara itu terkait area dengan kenaikan trafik tertinggi, wilayah Yogyakarta menyumbang kenaikan tertinggi dengan 24%. Untuk wilayah dengan komunitas pemeluk Nasrani lebih banyak seperti Sumatera Utara dan Sulawesi, kenaikan masing-masing mencapai 19% dan 7%. (Icha)

Tips Liburan Aman dan Nyaman Dengan Samsung Smartphone

0

Telko.id – Dari segi waktu, mengambil liburan di saat ini memang tepat karena rentangnya yang cukup panjang dan menjadi momen yang tepat untuk menutup kegiatan selama setahun terakhir. Selain menyiapkan semua keperluan menjelang liburan, mulai dari tiket perjalanan hingga akomodasi, satu hal yang penting untuk dibawa adalah smartphone.

Di samping fungsi utamanya sebagai alat komunikasi, kini smartphone juga berguna untuk mengambil foto dan video lalu membagikannya di media sosial. Untuk membuat liburan jadi semakin menyenangkan dan aman, ada beberapa tips dari Samsung Customer Service yang bisa kamu ikuti supaya smartphone jadi teman yang tepat selama perjalanan:

  1. Optimalkan Baterai

Baterai habis, buyarlah segala rencana perjalanan yang ada. Kamu tidak bisa browsing tempat-tempat seru dan juga mengambil foto-foto yang Instagrammable selama liburan. Namun, jangan berkecil hati karena baterai smartphone bisa kamu atur agar lebih awet. Caranya:

  • Kurangi tingkat keterangan layar (brightness level) dan gunakan mode power saving.
  • Hindari penggunaan aplikasi yang dapat menyedot daya baterai dengan cepat.
  • Pastikan untuk menggunakan kabel data dan charger original.
  • Pastikan pengisian ulang baterai kamu lakukan di tempat-tempat dengan kondisi listrik yang stabil. Ketidakstabilan listrik dapat mempengaruhi performa baterai dan memperpendek umur baterai.
  • Gunakan fitur Device Maintenance di smartphone Samsung kamu untuk mengoptimalkan kinerja baterai dan juga performa smartphone. Kamu dapat mengakses fitur ini di bagian Settings.
  • Pastikan perangkat fast charging dibawa saat liburan.
  1. Jaga Kapasitas Memori

Merekam momen adalah salah satu aktivitas utama dalam liburan untuk dibagikan langsung dengan keluarga dan kerabat terdekat. Oleh karena itu, penting pula untuk mengatur kapasitas memori dengan:

  • Mengatur manual kualitas pixel foto menjadi lebih rendah agar lebih banyak kapasitas penyimpanan yang tersisa.
  • Memastikan semua foto dan video disimpan di dalam memory card.
  • Aktifkan fitur cloud storage, seperti Samsung Cloud.
  1. Lindungi Data Pribadi

Bayangkan betapa mengesalkan jika kita kehilangan smartphone saat liburan. Selain kegiatan terganggu, semua data mulai dari nomor telepon, email, foto, hingga data-data penting lainnya jadi rentan disalahgunakan oleh pihak lain. Kamu bisa meminimalkan resiko ini dengan:

  • Memberi password di aplikasi dan data yang penting
  • Mengaktifkan fitur di smartphone Samsung: Find My Mobile untuk mendeteksi dan melindungi smartphone kamu dari pencurian data. Dengan fungsi Find My Mobile, kamu dapat meminimalkan kemungkinan bocornya informasi pribadi dengan menggunakan fungsi ‘Kunci Perangkat Saya’ dan ‘Kosongkan Perangkat Saya’ jika smartphone kamu hilang. Selain itu, kamu dapat menemukan perangkat yang hilang menggunakan fungsi ‘Temukan Perangkat Saya’.

 

Jika masih bingung untuk mengaktifkan fitur-fitur di atas, kunjungi saja Samsung Experience Store yang menyediakan In Shop Smart Service, yang hadir di berbagai pusat perbelanjaan di 40 kota di Indonesia. Anda dapat berkonsultasi mengenai smartphone bersama dengan Galaxy Consultant yang siap melayani pertanyaan dari para konsumen, termasuk membagikan dan menjelaskan tips-tips mengenai baterai, memori, atau perlindungan data, agar smartphone kamu benar-benar prima saat liburan nanti.

Tidak sempat mengecek smartphone sebelum berangkat liburan? Tidak perlu risau rencana perjalanan akan terhambat karena khawatir akan kondisi smartphone. Cukup mengunduh aplikasi MySamsung. Melalui aplikasi MySamsung, Anda dapat menghubungi Samsung 24 jam sehari, 7 hari seminggu, baik melalui call center, bantuan online seperti live chat dan email, serta mendapat bantuan terpadu jarak jauh (remote service). Bepergian ke manapun akan tetap mudah dan nyaman karena kita akan selalu dapat terhubung dengan layanan-layanan tersebut dan mendapatkan solusi tanpa perlu meninggalkan tempat liburan.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, niscaya liburanmu akan aman dan nyaman tanpa khawatir smartphone kamu mengalami kendala. Selamat berlibur! (Icha)

 

Telkomsel Siagakan 24 Mobile BTS Khusus di Jabodetabek Jabar Untuk Kawal Libur Natal dan Tahun Baru 2018

0

Telko.id – Memasuki periode akhir tahun yang akan dibarengi dengan momen libur Hari Raya Natal dan pergantian tahun, Telkomsel wilayah operasional Area Jabotabek Jabar sejak awal beberapa bulan terakhir telah melakukan sejumlah persiapan dan menyiapkan langkah antisipasi menghadapi lonjakan trafik komunikasi yang kini di dominasi dengan semakin tingginya utilisasi akses layanan seluler berbasis broadband, terutama di beberapa kota dengan jumlah pengguna layanan data yang cukup besar, seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Bandung.

Langkah antisipasi awal yang dipersiapkan Telkomsel Area Jabotabek Jabar antara lain dengan melakukan identifikasi sekitar 142 lokasi yang diprediksi setiap tahunnya selalu menjadi titik pusat keramaian masyarakat dalam memanfaatkan momen libur Natal dan Tahun Baru, seperti tempat beribadah, pusat perbelanjaan baik modern maupun pasar tradisional, alun-alun kota, destinasi wisata dan hiburan, hingga titik transit massa seperti pelabuhan, stasiun kereta, terminal dan bandar udara.
“Telkomsel secara konsisten selalu melakukan antisipasi dalam menghadapi sejumlah momen yang diprediksi akan mendorong peningkatan trafik layanan komunikasi seluler, seperti jelang hari raya keagamaan dan liburan akhir tahun. Setelah sukses mengawal periode Hari Raya Idul Fitri beberapa waktu lalu, kini Telkomsel juga memastikan kesiapan jaringan di sejumlah titik keramaian, terutama menjamin kenyamanan pengalaman akses layanan broadband para pelanggan dalam mengabadikan momen libur Natal dan pergantian tahun,” kata Juanita Erawati, Vice President ICT & Network Management Area Jabotabek Jabar Telkomsel, dalam pernyataan tertulisnya.

Selain memaksimalkan BTS yang sudah menjangkau 142 titik pusat keramaian, Telkomsel Area Jabotabek Jabar juga telah menyiagakan tambahan 24 Compact Mobile BTS (COMBAT) yang difokuskan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi seluler, baik secara kualitas maupun kapasitas layanan. Seluruh COMBAT yang telah beroperasi sejak awal bulan Desember 2017 ini pun juga sudah dilengkapi fasilitas layanan broadband berkecepatan tinggi berteknologi 4G LTE.

Juanita lebih lanjut menambahkan, Telkomsel Area Jabotabek Jabar juga  telah memprioritaskan pengamanan jaringan dengan melakukan optimalisasi jaringan 3G dan 4G di sejumlah lokasi destinasi wisata yang diprediksi akan mengalami lonjakan kunjungan massa saat momen pergantian tahun, antara lain Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta), Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Botani Square (Bogor), dan Pantai Pangandaran (Kab. Pangandaran), serta kawasan pusat perbelanjaan modern seperti Bundaran Kelapa Gading Jakarta, Depok Town Square, Mall Living World Alam Sutera, Paskal 23 Bandung.

Sementara itu, Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan menjelaskan, “Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati liburan Natal dan Tahun Baru, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun. Kami juga secara rutin melakukan uji jaringan, baik dalam kondisi bergerak maupun tidak bergerak, untuk menjamin kelancaran penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video aktivitas pergantian tahun melalui perangkatnya.”

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload di wilayah operasional Area Jabotabek Jabar diperkirakan meningkat 32% dibandingkan hari biasa. Umumnya pada periode ini layanan data digunakan pelanggan untuk menyaksikan video dan mendengarkan musik secara streaming, bermain online games, maupun berinteraksi di aplikasi pesan instan dan media sosial. Berbanding terbalik dengan layanan data yang semakin tumbuh, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun seiring dengan tingginya adopsi pelanggan terhadap layanan berbasis broadband dan digital di wilayah Telkomsel Area Jabotabek Jabar.

Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel telah menyiagakan 63 Mobile GraPARI (MoGi) dan  yang akan membantu memenuhi kebutuhan pembelian kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, aktivasi berbagai layanan broadband dan digital. Selain itu, sekitar 39 Telkomsel Distribution Center (TDC) yang dikelola oleh Mitra Authorized Dealer (AD) Telkomsel juga akan tetap beroperasi secara normal untuk memastikan ketersediaan produk Telkomsel tetap bisa terdistribusi untuk outlet reseller di wilayah operasional Telkomsel Area Jabotabek Jabar.

Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 88 GraPARI Siaga di seluruh wilayah operasional Area Jabotabek Jabar, termasuk dua GraPARI yang tetap beroperasi 24 jam di Wisma Alia (Jakarta Pusat) dan Dago (Bandung). Bagi pelanggan yang terbiasa menggunakan layanan pesan instan, layanan self-service GraPARI Virtual siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab berbagai permintaan informasi seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7 x 24 jam yang dapat diakses melalui LINE, Facebook Messenger, dan Telegram.

Secara keseluruhan, untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 33.000 BTS dengan sekitar 8.300 eNode B (BTS 4G) di lebih dari 100 kota kabupaten juga disiagakan di wilayah operasional Area Jabotabek Jabar untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data. (Icha)

 

 

Indosat Ooredoo Siap Layani Pelanggan di Libur Akhir Tahun, Natal & Tahun Baru 

0

Telko.id – Indosat Ooredoo menyatakan kesiapan jaringan dan layanannya untuk mendukung aktifitas berkomunikasi masyarakat selama masa-masa libur akhir tahun,  perayaan Natal dan Tahun Baru 2018. Prediksi peningkatan trafik telekomunikasi pada masa-masa seperti ini diantisipasi Indosat Ooredoo melalui peningkatan kapasitas jaringan, kualitas layanan serta kesiapan layanan pelanggan yang siap membantu selama 24 jam penuh.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, peningkatan aktifitas masyarakat di akhir dan awal tahun selalu diikuti dengan peningkatan berkomunikasi yang juga berimbas pada peningkatan trafik telekomunikasi, apalagi dengan tren penggunaan sosial media atau media digital yang semakin meningkat di masa-masa festive seperti liburan, Natal dan Tahun Baru,” kata Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo dalam pernyataan tertulisnya.

Deva juga menambahkan “Kami berupaya untuk tetap menjaga kenyamanan dan kelancaran masyarakat dalam menggunakan seluruh layanan Indosat Ooredoo, dimanapun dan dalam kondisi apapun, seperti pada akhir dan awal tahun saat ini, dengan menyiapkan kapasitas jaringan serta kualitas layanan yang tetap prima”.

Indosat Ooredoo telah menyiapkan semua kapasitas jaringannya baik untuk layanan data, suara dan SMS. Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 8.262 Terabyte/hari.

Masing-masing kapasitas tersebut disiapkan beberapa kali lipat dari prediksi kenaikan trafik yang kemungkinan terjadi dan cukup untuk mengantisipasi kenaikan trafik tersebut. Semua kenaikan kapasitas tersebut juga didukung oleh 60.247 BTS secara nasional, sehingga diharapkan mampu melayani 97 juta pelanggan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia.

Untuk memastikan semua layanan Indosat Ooredoo dapat melayani masyarakat dan pelanggan dengan baik selama libur akhir tahun, Natal dan Tahun Baru, kegiatan monitoring jaringan akan dilakukan secara intensif melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center), fasilitas monitoring & pengendalian jaringan secara terpadu baik untuk layanan seluler (mobile) maupun layanan Enterprise Corporate (Fixed MIDI),

Indosat Ooredoo Business, termasuk yang disediakan oleh anak perusahaan Indosat seperti  Lintasarta dan IM2. i-NOC juga berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.

Sementara itu, pelanggan juga bisa menikmati paket internet terbaru dari IM3 Ooredoo yaitu Paket Yellow, paket internet dengan harga terbaik di Indonesia. 1GB hanya mulai dari Rp1.000 per hari. Paket Yellow adalah paket internet dengan 100% kuota utama tanpa ribet, tanpa paket-paket tambahan yang tidak dibutuhkan pelanggan.

Paket internet yang gampang dan mudah digunakan, pelanggan dapat menggunakan kuota utama internet sesuka mereka. Untuk Paket Yellow terdapat juga 2 paket 1GB dengan masa aktif 3 hari dan 10 hari, semua dengan harga terjangkau. Kuota internet Yellow berlaku selama 24 jam tanpa batasan, dan dapat digunakan di semua jaringan, baik 2G, 3G, maupun 4G. Pelanggan setia IM3 Ooredoo dapat langsung membeli Paket Yellow ini dengan cara tekan *123*111#,dan bagi pelanggan baru yang ingin menikmati paket ini dapat membeli Kartu PerdanaYellow yang tersedia di semua gerai dan outlet, setelah registrasi, pelanggan dapat berlangganan paket Yellow melalui *123*111# dari smartphone mereka. (Icha)

 

 

 

Program Loyalitas XTravaganza ini Mampu Sumbang 10% Ke Revenue

0

Telko.id – Pelanggan adalah raja. Jadi wajar operator sebagai penyedia layanan telekomunikasi pun kerap mengadakan program untuk memang loyalitas pelanggan nya.

Seperti yang dilakukan oleh XL. Operator ini kembali menggelar program Extravaganza dan Fantaxis. Serebenarnya, program ini sudah pernah dilakukan sebelumnya. Namun, karena mampu menyumbangkan 10% ke revenue perusahaan, program ini kembali dilanjutkan ke periode 4.

Periode ke 4 Xtravanganza dan Fantaxis ini akan diselenggarakan Ladas medio November lalu hingga 31 Januari 2017,” kata Frinzy Zulkarnain, Grup Head Customer and Brand Experience XL Axiata.

Untuk periode ke tiga baru saja selesai. Program tersebut berlangsung selama 90 hari sejak 5 Agustus – 2 November 2017 ini menyediakan berbagai hadiah hingga ratusan juta rupiah. Melalui pengundian hadiah utama yang disaksikan oleh perwakilan dari Kementerian Sosial, Dinas Sosial DKI Jakarta, Notaris, dan Kepolisian pada hari Selasa, 7 November 2017 di Jakarta, XL Axiata telah mendapatkan para pemenangnya.

Salah satunya adalah seorang siswa SMP berasal dari Cirebon, Jawa Barat, yang memenangi hadiah utama berupa uang tunai senilai Rp 400 juta. Direktur/Chief Commercial Officer XL Axiata, Allan Bonke menyerahkan hadiah lainnya di Jakarta, 20 Desember 2017.

“Program loyalitas ini telah berlangsung hingga memasuki periode ketiga. Kami melihat bahwa respon pelanggan terhadap program apresiasi ini sangat tinggi, karena itulah kami terus berupaya untuk meningkatkan hadiahnya. Untuk pengundian kali ini, kami memilih 6 pemenang Grand Prize dan pemenang M-Learning, lebih banyak dari jumlah pemenang di periode sebelumnya. Ini merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan setia yang berkotribusi besar terhadap kemajuan perusahaan ini,” kata Allan Bonke, Direktur Komersial XL Axiata.

Allan menambahkan, jumlah pelanggan yang mengikuti program Xtravaganza dan FantAXIS periode ini tidak kurang dari 6,5 juta peserta. Hadiah bagi para pemenang dilakukan dengan pengundian setiap pekan yang juga selalu di hadapan petugas dari Kementrian Sosial, Dinas Sosial, dan Kepolisian. Pengundian dilakukan dengan sistem komputer yang terhubung dengan database peserta. XL Axiata telah melakukan pengundian sebanyak 13 kali dengan total 90 orang pemenang, yang terdiri dari pemenang mingguan babak gratis dan 24 pemenang mingguan babak eksklusif. Selain itu juga telah didapatkan 6 pemenang Grand Prize dan pemenang M-Learning di akhir periode.

Program “XTRAVAGANZA & FANTAXIS” merupakan program kompetisi dan layanan berlangganan berbasis SMS berhadiah ratusan juta rupiah yang bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan serta memperat ikatan antara XL dan pelanggan.

Hadiah bagi pemenang pada Xtravaganza & FantAXIS periode ketiga ini berupa masing-masing uang tunai Rp 2 Juta untuk hadiah mingguan babak gratis, Rp 10 Juta untuk hadiah mingguan babak eksklusif. Hadiah grand prize untuk babak gratis  berupa uang tunai Rp 60 juta, Rp 50 Juta dan 30 Juta. Hadiah grand prize babak eksklusif uang tunai Rp 400 juta, emas 500gram dan 250 gram.

Untuk kategori Babak Eksklusif pelanggan dari Cirebon, Jawa Barat, berhasil meraih hadiah utama berupa uang Rp 400 Juta. Pelanggan dari Subang, Jawa Barat, meraih hadiah emas 500 gram, dan pelanggan asal Yogyakarta, Jawa Tengah berhasil meraih emas 250 gram.

Sementara itu untuk Babak Gratis, pelanggan dari Lombok, NTB memenangi  uang tunai Rp 60 Juta dan pelanggan dari Pamekasan, Madura, Jawa Timur memenangi uang tunai Rp 50 juta. (Icha)
 

Masa Depan Ekonomi Indonesia dalam Genggaman Ekonomi Digital

0

Telko.id – Tren digitalisasi ekonomi sedang terjadi di dunia. Perkembangan teknologi informasi telah mengubah perilaku konsumen dan juga cara berbisnis. Gejala yang tak terhindarkan telah terjadi di tiap lini ekonomi. Di Indonesia, pemerintah bahkan telah mencanangkan target menjadi “The Digital Energy of Asia” pada 2020.

Ekonomi digital sepenuhnya mengacu kepada aktivitas ekonomi yang berbasis teknologi informasi. Saat ini, setengah dari populasi dunia sudah  terhubung dalam jaringan internet. Sepertiga di antaranya memiliki akses media sosial yang terdiri dari berbagai usia. Internet seolah-olah telah menjadi bagian integral dalam keseharian masyarakat.

Terkait dengan kegiatan bisnis, penerapan teknologi digital setidaknya  sudah terjadi di sektor transportasi, retail, hingga perbankan.  Menurut The Economist, dalam lima tahun terakhir pertumbuhan bisnis dalam ekosistem ekonomi digital sudah mencapai 30 persen. Tingkat pertumbuhan yang signifikan, melebihi tren pertumbuhan ekonomi konvensional. Diperkirakan pangsa ekonomi digital global telah mencapai US$ 3 triliun.

Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekonomi digital. Ini terlihat dari aktivitas digital penduduk Indonesia cukup tinggi terutama dalam belanja online.  Menurut data We are social, penetrasi e-commerce di Indonesia sebesar 9 persen dari total populasi, dengan pangsa pasar mencapai US$ 5,6 miliar atau sekitar Rp 76 triliun pada 2016.

Nilainya memang masih rendah. Namun, dengan kecenderungan pengguna internet yang terus meningkat, Indonesia dapat menjadi pasar potensial bagi ekonomi digital. Lebih lanjut, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang mencapai 262 juta jiwa, 51 persen di antaranya adalah pengguna internet. Mayoritas mengakses internet dari telepon seluler (ponsel).

Smartphone  memiliki peran fundamental dalam keseharian penduduk Indonesia. Rata-rata empat jam setiap hari waktu yang dihabiskan untuk berselancar di dunia maya melalui ponsel, terutama terkoneksi dengan media sosial. Mereka kebanyakan adalah penduduk berusia muda.

Millenials Penggerak Ekonomi Digital

Anak muda telah menjadi konsumen utama ekonomi digital. Saat ini, mereka yang lahir pasca-1980 atau yang sering disebut sebagai generasi milenial, yang menentukan arah pasar ke depan. Lembaga konsultan Solidiance memprediksi jumlah generasi milenial Indonesia akan mencapai 50 persen dari total  populasi  pada 2027.

Sebagai  digital native, generasi milenial menginginkan kemudahan dalam melakukan transaksi.  Perangkat  mobile dan media sosial akan berperan penting dalam aktivitas keseharian.  Tak terhindarkan  permintaan akan layanan berbasis teknologi digital akan meningkat drastis.

Di sektor retail dan transportasi, pola interaksi pemberi layanan dengan konsumen sudah mengalami perubahan dan menciptakan efek domino  ke bisnis konvensional. Kemunculan startup berbasis aplikasi digital seperti Gojek, Uber, Traveloka, Tokopedia, hingga Bukalapak telah mempengaruhi kinerja bisnis  retail  dan transportasi konvensional.

Geliat Perkembangan Financial Technogy

Sektor perbankan pun tidak luput dari transformasi digital yang mulai terjadi. Seperti disebutkan dalam laporan McKinsey Global Banking 2017, bahwa  pergerakan digital yang terjadi di berbagai bidang, menciptakan peluang sekaligus tantangan bagi industri perbankan. Bank mesti mengikuti pergerakan ekosistem ekonomi dunia yang dimotori digital dan data (Kompas, 25 Oktober 2017).

Setelah  terhantam  krisis finansial global, kali ini ancaman terhadap bank datang dari fintech. Perkembangan fintech,  hingga  perubahan tren permintaan pasar dan regulasi membuat bank konvensional harus memilih antara beradaptasi atau kehilangan pangsa pasar. Adaptasi terutama diperlukan dalam penerapan teknologi pintar yang berbasis digital.

Menjawab hal tersebut, bank konvensional dituntut untuk memodifikasi model bisnis dengan mengedepankan penerapan teknologi digital. Ini tentunya merupakan hasil kolaborasi dengan bisnis model yang diterapkan fintech yang cenderung lincah dan inovatif.

Hal ini telah dilakukan Bank DBS Indonesia yang meluncurkan layanan perbankan berbasis ponsel pintar pada Agustus lalu. Layanan yang disebut “digibank” tersebut, DBS ingin lebih mendekatkan diri dengan pengalaman konsumen yang semakin dinamis. Seiring pertumbuhan internet dan ponsel pintar, digibank menawarkan keleluasaan transaksi perbankan kapan dan dari mana saja.

“Kami menyaksikan perubahan perilaku konsumen dan masyarakat menginginkan cara bertransaksi di bank yang mudah, cepat dan praktis,” kata Presiden Direktur Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna.

Melalui  fitur andalan, yaitu kecerdasan buatan dan machine learning, target utama DBS adalah generasi milenial yang mengedepankan kebebasan dan keamanan. Inovasi ini berada di jalur yang tepat, karena sejalan dengan visi pemerintah Indonesia untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital yang kuat di masa depan. (Icha)

Indosat Luncurkan Paket Internet ‘Murat Meriah’ Buat Kelas Menengah

0

Telko.id – Sebagian masyarakat sudah membutuhkan paket data sebagai kebutuhan pokok. Mulai untuk kesenangan sampai untuk mengerjakan tugas maupun kewajiban lainnya. Namun, di sisi lain, masyarakat Indonesia pangsa pasarnya memang berada di level menengah. Itu sebabnya, untuk meningkatkan pendapatan dari data serta mencoba mengerti pangsa pasar yang disasar, IM3 Ooredoo meluncurkan Seri Paket Unlimited.

IM3 Ooredoo paket bulanan Unlimited ini dirancang khusus bagi pelanggan yang menginginkan internetan tanpa rasa khawatir, bahkan kebebasan nelpon ke semua operator dengan satu harga pasti.

Pasalnya, Indosat sebagai pemilik dari IM3 Ooredoo ini  memahami banyak pelanggan yang tidak puas karena terpaksa membayar mahal untuk aktivitas internetan sehari-hari seperti chatting, beraktivitas di media sosial, transportasi, mengirim pesan hingga streaming. Sejumlah aktivitas yang sering dilakukan pelanggan ini bisa menghabiskan kuota utama dengan sangat cepat dan membuat mereka harus membayar lebih dengan biaya tambahan yang mahal.

Dengan manfaat Unlimited Apps,  pelanggan dapat melakukan lebih banyak hal untuk menikmati aplikasi harian secara terus menerus, tanpa batasan, sepanjang hari. Ini adalah Unlimited yang sebenarnya. Unlimited Apps mencakup semua aplikasi populer seperti Facebook, Whatsapp, LINE, Path, Facebook Messenger, BBM, Spotify, dan iflix. Manfaat terbaik dari semuanya? Perkenalkan Unlimited YouTube! Dapatkan akses YouTube sepuasnya tanpa menghabiskan kuota

internet utama Anda, manfaat tambahan yang ada di dalam paket Unlimited  7GB ke atas. Pelanggan hanya perlu membayar dengan satu harga dan tidak lebih.

Paket Unlimited  hadir dalam berbagai pilihan dengan kuota utama yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Harga mulai dari yang termurah Rp35.000 untuk Paket 2GB, Rp70.000 untuk 7GB, hingga Rp165.000 untuk Unlimited  Jumbo. Paket Unlimited  Jumbo ini bahkan hadir dengan manfaat kebebasan nelpon dan SMS tanpa batas ke semua operator, seharian. Ini baru keuntungan yang sesungguhnya.

“Bagi kami, Unlimited  berarti tanpa batasan, tanpa limit, dan tanpa hambatan. Hanya ada keseruan untuk internetan. Jadi Anda dapat menikmati aplikasi populer sehari-hari, aplikasi streaming seperti Spotify & iflix sepuasnya. Bahkan YouTube-an benar-benar tak terbatas. Ini merupakan cara terbaik untuk menikmati video streaming tanpa rasa khawatir,” kata Andreas Gregori, Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo.

“Dengan Unlimited ini, masyarakat tidak akan merasakan penurunan kecepatan. Namun, akan memperoleh pengalaman yang berbeda dan memberikan kebebasan lebih banyak, tidak seperti operator lainnya. Untuk internetan tanpa rasa khawatir, Unlimited  adalah pilihan cerdas,”pungkas Andreas. (Icha)

 

Adira Finance Melakukan Tranformasi Digital Lewat Momobil.id

0

Telko.id – Tranformasi digital adalah sebuah keharusan. Jika tidak dilakukan maka akan dilibas oleh trend digital yang semakin merajalela. Itu sebabnya, perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, Adira Dinamika Multi Finance atau lebih dikenal dengan Adira Finance, secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air.

momobil.id hadir untuk menjadi platform yang mempertemukan pembeli dengan penjual perorangan (C2C) dan dealers (B2C) otomotif, dan memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia.

momobil.id merupakan bentuk inovasi dari transformasi bisnis dan digital Adira Finance guna menyikapi pesatnya perubahan consumer behaviour atau pola hidup masyarakat Indonesia akibat kemajuan teknologi dan digitalisasi yang dinilai berdampak besar terhadap berbagai segmentasi bisnis, yang kini memasuki era VUCA, yaitu era di mana penuh perubahan yang sangat cepat (Volatile), situasi yang tidak pasti (Uncertainty), situasi yang kompleks (Complexity) dan ambigu (Ambiguity). Pada akhirnya, setiap perusahaan dituntut untuk mampu mengidentifikasi, lalu menyikapi perubahan tersebut.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Kepios dan Statista, penetrasi internet telah meningkat sebesar 50 persen per September 2017 dengan pencapaian jumlah pengguna aktif yaitu lebih dari 104 juta pengguna. Dampaknya, perkembangan tersebut telah mengubah banyak hal dalam kehidupan masyarakat, misalnya dalam Customer Shopping Behavior, pada saat berbelanja kebutuhan, baik itu kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier, dari kebiasaan sebelumnya berbelanja secara konvensional kini mulai beralih ke trend berbelanja online. Begitu pun pada saat konsumen membeli mobil, untuk mendapatkan berbagai informasi seputar mobil yang ingin dibeli, konsumen sudah tidak perlu lagi datang ke show room atau dealer, karena semua informasi tersaji lengkap secara digital.

Melalui momobil.id,  Adira Finance menyadari bahwa menyikapi perubahan perilaku konsumen bukanlah sebuah perkara yang mudah. Hal ini sangat dirasakan terutama dari segi emosional, di mana saat konsumen ingin membeli mobil, terutama mobil bekas. Perlu adanya pertimbangan, perencanaan, dan trust, apalagi hal tersebut berhubungan dengan pengeluaran uang yang relatif besar. Tentunya hal itu menjadi tantangan di era digital ini. Namun, tak hanya itu, dari sisi konsumen yang ingin menjual mobil, juga terdapat tantangan tersendiri. Era digital menuntut penjual mobil untuk merambah ke pasar yang lebih luas agar dapat menjual mobilnya dengan lebih cepat.

“momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi seller dan buyer. Bagi buyer, kami memberikan beragam pilihan mobil berkualitas dan terjamin, tentunya dengan layanan pembiayaan yang terbaik dan terpercaya dari Adira Finance. Bagi seller, baik personal maupun dealer, kami adalah partner yang menyediakan channel penjualan digital yang dapat mempercepat proses penjualan, sehingga dapat memberikan keuntungan bersama,” ujar Errol Franklin Siahaan, Senior Vice President, Head of Digital Business, Adira Finance.

momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik sehingga dapat turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, membantu penjual dalam memperluas pangsa pasar, memberikan pembeli pilihan terbaik, dan berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Tanah Air, dengan menghadirkan layanan digital berkualitas yang memberikan  3 keunggulan yakni Mudah, Aman dan Nyaman.

“Transformasi bisnis dan digital yang dilakukan Adira Finance melalui momobil.id, tentunya bertujuan agar momobil.id menjadi solusi dan #PilhanTerbaik bagi buyer dan seller, khususnya untuk meningkatkan pasar mobil bekas (mobkas), karena geliat penjualan mobkas di Tanah Air masih sangat prospektif. Pada akhirnya Adira Finance ingin terus berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi Bangsa,” tutup Hafid Hadeli, selaku Chief Executive Officer  Adira Finance. (Icha)