spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 1362

Telstra Siapkan Rp23 Miliar untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

0

Telko.id – Operator Australia, Telstra, baru-baru ini mengungkap rencananya untuk menginvestasikan hingga A$2.3 miliar atau sekitar Rp 23 miliar selama beberapa tahun ke depan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan menyusul gelombang pemadaman jaringan belum lama ini.

Telstra mengungkap rencananya untuk meningkatkan belanja modal hingga rasio penjualan menjadi 18%, tertinggi sejak operator membangun jaringan 3G di tahun keuangan 2008-09.

CEO Telstra Andrew Penn mengatakan investasi termasuk rencana untuk pengguna konsumer, UKM, perusahaan domestik dan internasional, pemerintah dan pelanggan grosir, baik jaringan tetap maupun bergerak.

Tindakan jangka pendek untuk mengatasi keluhan pelanggan yang sering terjadi akan diikuti oleh investasi jangka panjang yang lebih signifikan yang ditujukan untuk digitalisasi guna meningkatkan pengalaman pelanggan dan mengurangi biaya.

“Ada sejumlah tindakan segera yang kami percaya akan meningkatkan pengalaman pelanggan. Kami akan menyederhanakan produk dan platform – kami perlu meninggalkan teknologi lama dan sistem yang memperlambat dan mempersulit pelayanan pelanggan,” kata Penn seperti diberitakan TelecomAsia, Kamis (11/8).

Dia menambahkan, investasi akan ditujukan untuk mengembangkan jaringan dengan teknologi baru termasuk virtualisasi dan peningkatan otomatisasi. Perusahaan bertujuan untuk mengembangkan arsitektur SDN (software-defined network) yang fleksibel.

Langkah itu diambil guna memenangkan kembali hati pelanggan setelah serangkaian kejadian yang melibatkan perangkat keras berujung padam putusnya jaringan.

Telstra telah menyiapkan A$ 50 juta atau setara Rp 500 juta untuk memasang peralatan pemantauan baru dan meningkatkan kapasitas jaringan seluler untuk menangani volume registrasi ulang simultan yang besar.

Telkomsel Siapkan BTS 4G Indoor di Terminal 3 Ultimate Soetta

0

Telko.id – Sejak 9 Agustus 2016, Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi. Artinya, sudah mulai beberapa perusahaan penerbangan melayani penumpangnya do terminal baru ibu. Tentu telekomunikasi menjadi sangat dibutuhkan. Itu sebabnya, Telkomsel sudah menyiapkan jaringan untuk melayani para pelanggannya dan memastikan kenyamanan penumpang untuk berkomunikasi tetap terjaga selama berada di lingungan Terminal 3 Ultimate.

Guna memastikan ketersediaan jaringan mobile broadband terdepan, layanan jaringan broadband 3G dan 4G LTE Telkomsel telah beroperasi sejak bulan Juni 2016 dan siap melayani kebutuhan pelanggan di dalam lingkungan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-hatta Tangerang.

“Jaringan 4G LTE Telkomsel di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta telah kami persiapkan sejak perencanaan pembangunan fasilitas infrastruktur Terminal tersebut dan beroperasi sejak awal bulan Juni 2016. Sehingga, ketika Terminal baru tersebut beroperasi sejak tanggal 9 Agustus 2016 lalu, layanan mobile broadband dengan teknologi terdepan melalui jaringan 4G LTE Telkomsel akan memberikan pengalaman digital lifestyle yang berbeda bagi pelanggan,” kata Mas’ud Khamid, Direktur Sales Telkomsel menjelaskan.

Layanan jaringan BTS 4G indoor Telkomsel ini menjangkau seluruh area indoor Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta Tangerang yang luasnya mencapai 331 ribu m2. Tak hanya itu, untuk jaringan outdoor di sekitar Terminal 3 Ultimate, terutama di area parkir, Telkomsel telah mengantisipasi dengan melakukan optimasi kapasitas jaringan BTS Outdoor Makro yang sudah menjangkau seluruh area Bandara Soekarno Hatta.

Selain optimasi dari sisi kualitas jaringan, Telkomsel juga telah mengoperasikan fasilitas layanan retensi untuk pelanggan dengan menghadirkan Executive Lounge Telkomsel yang disediakan khusus untuk pelanggan setia KartuHALO. Dengan menggunakan mekanisme redeem Telkomsel POIN, pelanggan KartuHALO dapat menikmati sejumlah fasiltas gratis seperti makanan dan minuman yang tersedia di Executive Lounge Telkomsel.

Fasilitas layanan gratis yang ada di Executive Lounge Telkomsel Terminal 3 Utimate Bandara Soekarno Hatta Tangerang ini dapat dinikmati cukup dengan mengakses UMB *700*31# untuk pelanggan umum, dan *700*33# untuk pelanggan dari segmen korporasi. Setelah itu pelanggan cukup menunjukkan SMS verifikasi kepada petugas dan melakukan registrasi menggunakan aplikasi Lounge Telkomsel yang tersedia di sana.

Untuk pelanggan KartuHALO kategori Priority dapat langsung menikmati layanan di lounge, sedangkan untuk kategori GOLD akan diredeem 250 Telkomsel POIN dan RED sebesar 500 Telkomsel POIN. Executive Lounge Telkomsel di Terminal 3 Ultimate ini melengkapi fasilitas layanan Executive Lounge Telkomsel di Bandara Soekarno Hatta Tangerang yang sudah ada sebelumnya di Terminal 2 serta 3 Executive Lounge lainnya yang ada di Bandara.

“Beroperasinya Terminal 3 Ultimate ini menjadi salah satu kebanggaan bagi bangsa Indonesia karena berada di area Bandara Soekarno Hatta yang merupakan salah satu pintu gerbang utama masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, Telkomsel memastikan kehadiran layanan yang berkualitas melalui jaringan mobile broadband terdepan dengan 4G LTE, serta fasilitas layanan retensi untuk pelanggan setia Telkomsel melalui Executive Lounge Telkomsel yang dapat dinikmati secara gratis oleh pelanggan selama menunggu jadwal keberangkatan pesawat” tutup Mas’ud. (Icha)

Dengan 1.200 Hotspot, Mumbai Siap Jadi Kota Wi-FI

0

Telko.id – Pemerintah negara bagian Mumbai berencana untuk memenuhi wilayahnya dengan sekitar 1.200 hotspot Wi-Fi pada tahun 2017. Langkah ini ditempuh sebagai bagian dari transformasi Mumbai menjadi Kota Pintar, demikian diungkapkan Ketua Menteri Devendra Fadnavis.

Sebelumnya, proyek CCTV juga telah lebih dulu diterapkan di negara bagian ini sebagai upaya menjadikan Mumbai sebagai kota pintar.

“Kami akan membuat Mumbai menjadi kota Wi-Fi pada Mei 2017 dengan 1.200 hotspot di tempat-tempat penting,” kata Fadnavis.

Dari total 1.200 hotspot, 500 akan dioperasikan pada tahap pertama pada bulan November 2016

Jaringan Wi-Fi akan digunakan untuk parkir cerdas dan transportasi cerdas, dengan memberikan update realtime pada rute dan kapasitas yang tersedia dari berbagai moda transportasi umum di kota. Hot spot akan didirikan di lokasi yang menonjol – Gateway of India dan Chowpatty, seluruh kota pulau dan pinggiran kota.

Fadnavis mengatakan, seperti dilansir dari Indianexpress, Kamis (11/8), sebuah sistem transportasi yang terintegrasi akan memberikan informasi real-time untuk komuter pada ponsel mereka melalui sebuah aplikasi, bersama dengan jumlah yang tepat dari kursi yang tersedia di bus BEST atau di Metros.

Selain dua inisiatif di atas, inisiatif lain yang ditempuh pemerintah untuk menjadikan Mumbai sebagai kota pintar adalah membebaskan lahan untuk pembangunan rumah terjangkau senilai 10 lakh dan menurunkan harga tanah.

2018, Kabel Bawah Laut Penghubung Australia – AS Dijadwalkan Rampung

0

Telko.id – Hawaiki Cable dan penyedia kabel bawah laut TE SubCom telah meluncurkan survei rute laut untuk kabel yang direncanakan akan menghubungkan Australia dan Selandia Baru dengan Hawaii dan daratan AS.

Pembangunan sistem kabel sepanjang 14,000km ini dijadwalkan selesai pada pertengahan 2018. Sama halnya dengan jalur utama, sistem ini akan memiliki pilihan untuk memperluas ke beberapa pulau di Pasifik Selatan.

Menurut laporan TelecomAsia, Kamis (11/8), Hawaiki Cable akan memberikan kapasitas lebih dari 30Tbps setelah proyek selesai, menjadikannya link kapasitas cross-sectional tertinggi antara AS dan Australia/Selandia Baru.

Saat ini, Hawaiki telah menandatangani kesepakatan dengan sejumlah perusahaan, sebuat saja AWS, Vodafone, REANZ dan American Samoa Telecom sebagai pelanggan jangkar untuk sistem kabel carrier-netral baru ini.

“Setiap tahapan dari proyek terobosan ini penting, tapi setelah merencanakan rute trans-Pasifik kami dengan hati-hati dan melakukan survei ekstensif ke setiap lokasi peletakkan, kami sangat senang untuk meluncurkan survei rute laut, yang akan memberi kami data yang diperlukan untuk secara aman dan benar menyebarkan sistem ini dalam beberapa bulan mendatang,” kata CEO Hawaiki Remi Galasso.

Ia menambahkan, timnya melakukan pekerjaan yang hebat, dimana mereka telah berhasil untuk menyelesaikannya sesuai waktu dan bujet yang dianggarkan.

“Kami yakin bahwa dengan pemasok kami yang terpercaya, TE SubCom, kabel kami akan bisa digelar sesuai rencana pada pertengahan 2018, kurang dari dua tahun dari sekarang,” pungkas Galasso.

Menkominfo Ajak Google Lindungi Obyek Vital Nasional

0

Telko.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menerima kunjungan manajemen Google di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (10/08/2016) siang. Dalam pertemuan itu, Rudiantara mengajak Google untuk ikut melindungi obyek vital nasional (obvitnas) dengan tidak menampilkan sarana prasarana militer dan beberapa kawasan dan gedung pemerintah agar tidak dijadikan lokasi dan sasaran permainan dari game yang memanfaatkan fitur maps dari Google.

“Kementerian Kominfo juga akan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga lain untuk mengidentifikasi obyek vital nasional tersebut,” kata Rudiantara.

Menanggapi hal itu, pihak Google menyampaikan mereka selalu siap bekerja sama dengan Kementerian Kominfo. “Google akan terus menjaga komunikasi dengan Kemkominfo untuk membahas isu-isu penting yang membutuhkan penanganan dan perhatian khusus seperti kebutuhan dalam penanganan aplikasi berbasis maps tersebut,” kata Hugh Williams, VP Engineering on Maps dari Google.

Hugh Williams yang didampingi oleh Product Management Director, Ben Galbraith dan Director of GEO NBU Lead, Suren Ruhela menyatakan akan melakukan pendekatan kepada para penyedia game berbasis maps untuk memperhatikan permintaan dari Kementerian Kominfo tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Rudiantara menyampaikan fokus pemerintah Indonesia dalam bidang TIK saat ini, yaitu percepatan pembangunan jaringan broadband yang menyeluruh, baik dalam hal backbone maupun akses, serta peningkatan efisiensi industri ICT Nasional.

“Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah untuk mempercepat broadband tersebut adalah dengan proyek Palapa Ring dan peningkatan akses 4G,” kata Rudiantara.

Menteri Rudiantara menyampaikan bahwa yang juga tak kalah pentingnya adalah bagaimana agar aplikasi dan konten-konten Google, maupun penyedia aplikasi lain yang difasilitasi Google, untuk menjaga konten-konten negatif seperti pornografi tidak masuk dan tersebar di Indonesia. “Oleh karena itu, kerjasama dengan Google perlu semakin ditingkatkan,” tegas Rudiantara. (Icha)

Pasar Small Cell Meningkat, Bagaimana Dengan RAN?

Telko.id – Nilai pasar small cell indoor akan menjadi USD 1,8 miliar pada tahun 2021, kata sebuah laporan dari ABI Research. Sementara itu, penggerak pertumbuhan untuk pasar small cell indoor tidak lain adalah operator jaringan telekomunikasi yang mendukung teknologi spektrum unlicensed, termasuk LTE-LAA dan Wi-Fi.

Dilaporkan Telecomlead (11/8), operator jaringan telekomunikasi membuat investasi dalam teknologi spektrum unlicensed karena mereka sedang berjuang untuk mempertahankan operasi biaya-efektif dalam menghadapi permintaan data yang tumbuh secara eksponensial.

“LTE unlicensed memiliki awal yang berat, bertemu dengan kemungkinan konflik atas reaksi negatif dengan operasi Wi-Fi di 5 GHz band, akan tetapi, saat ini tengah berlangsung standardisasi dan koeksistensi upaya meningkatkan dukungan dalam ekosistem teknologi ini,” ujar Ahmed Ali, analis senior di ABI Research.

Seperti diketahui, 3GPP mengadopsi mekanisme akses saluran ‘Listen-Before-Talk’ pada standar LAA untuk berbagi spektrum. Analisis telekomunikasi mencatat bahwa IEEE dan Wi-Fi Alliance sedang mengembangkan sebuah proses pengujian untuk membantu memberikan harmonisasi, lingkungan multi-teknologi dalam spektrum unlicensed.

Selaras dengan adopsi solusi LTE Unlicensed, Wi-Fi tetap menjadi elemen mapan untuk konektivitas dalam ruangan. Ketersediaan beberapa teknologi akses sejalan dengan baik dengan kebutuhan perusahaan yang berbeda dan akan mendorong konvergensi lebih lanjut antara teknologi ini di tahun-tahun mendatang, kata ABI Research.

ABI Research mengatakan dukungan untuk fitur multi-operasi seperti 3G / 4G dan akses / LAA Wi-Fi diperlukan untuk pasar perusahaan.

Dukungan untuk LTE-based dan teknologi spektrum Wi-Fi unlicensed dalam peralatan small cell akan tumbuh terdiri 51 persen dari total pengiriman tahunan pada 2021 dengan CAGR sebesar 47 persen, kata perusahaan riset tersebut.

Sementara itu, Dell’Oro Group mengatakan pasar infrastruktur mobile mulai 2016 akan mengalami kemerosotan dengan 4G turun dari beberapa tahun kebelakang di H1 2016 dan 3G juga mengalami penurunan. Total pasar RAN akan menurun 8 persen pada 2016 dan 2 sampai 3 persen di H1 2017.

Dengan pengecualian dari Nokia, posisi bagian pendapatan yang relatif stabil pada semester pertama 2016. Huawei, Ericsson, dan Nokia merupakan tiga vendor, yang terhitung lebih dari 80 persen dari pasar.

Fitur Baru Facebook Mampu Atasi Adblock

0

Telko.id – Facebook telah memperkenalkan cara baru bagi pengguna untuk mengontrol iklan yang mereka lihat pada platform media sosial dan memberikan update tentang bagaimana perusahaan melakukan pendekatan terhadap adblocking di Facebook.

Dilansir dari TelecomPaper (11/8), Perusahaan mencatatkan sebuah studi di mana para pengguna mengatakan bahwa mereka mulai menggunakan software adblock untuk menghentikan iklan “menjengkelkan, dan iklan mengganggu”. Kontrol baru ini sejatinya dapat menangkal software adblock yang kerap dipasang oleh para pengguna.

Dengan kontrol baru ini, Facebook mengatakan juga akan mulai menampilkan iklan di desktop Facebook untuk orang-orang yang saat ini menggunakan software blocking iklan.

Namun, Perusahaan percaya bahwa iklan dapat berguna ketika iklan tersebut relevan dan dibuat dengan baik dan software adblock sejatinya dapat membatasi pilihan dan keterbukaan, ujar Andrew Bosworth, VP Ads & Business Platform.

Berkaca dari hal tersebut, perusahaan telah memperkenalkan alat-alat baru yang membuat Preferensi Iklan agar lebih mudah untuk digunakan dan dapat memblokir iklan berdasarkan jenis, subjek atau perusahaan. Pengguna dapat menghapus “kepentingan” tertentu dari preferensi iklan mereka dan iklan blok dari bisnis tertentu atau organisasi yang telah menambahkan pengguna ke daftar pelanggan mereka.

Fitur baru ini sejatinya juga dimaksudkan untuk melawan tren dengan beberapa perusahaan yang memblokir iklan dan mendapatkan pundi-pundi uang ketika mereka menampilkan iklan yang sebelumnya telah mereka blokir.

Facebook sendiri menjadi salah satu media sosial dengan iklan terbanyak. Bahkan, Iklan juga memberikan kontribusi terbesar facebook dalam hal pendapatan, disamping dua anak perusahaan mereka yakni Whatsapp dan Instagram.

Iklan juga meyumbang porsi besar dalam pemasukan Facebook sehari-hari. Bahkan, pemasukan Facebook dari iklan mampu mencapai 80 persen dari total pemasukan mereka.

Vivo Ikat Kerjasama Lisensi Dengan Qualcomm

0

Telko.id – Qualcomm telah menandatangani kesepakatan lisensi dengan Vivo Communication Technology yang akan memungkinkan pembuat smartphone terbesar ketiga di China ini menggunakan teknologi Qualcomm di smartphone 3G dan 4G mereka.

Kesepakatan itu datang seminggu setelah Qualcomm menjalin  kesepakatan serupa dengan OPPO, yang juga dimiliki oleh Guangdong produsen elektronik konsumen yang berbasis di China.

Menurut ketentuan perjanjian, Qualcomm telah memberikan Vivo lisensi paten royalti bantalan untuk mengembangkan, memproduksi dan menjual perangkat 3G W-CDMA dan CDMA2000 dan 4G LTE (termasuk “3-mode” GSM, TD-SCDMA dan LTE-TDD) lengkap untuk digunakan di Cina.

Dilansir TelecomAsia (10/8), yang harus dibayar oleh Vivo adalah royalti sesuai dengan ketentuan rencana perbaikan yang disampaikan oleh Qualcomm untuk National Development and Reform Commission China (NDRC) pada tahun 2015.

Sementara itu, Wakil Presiden Vivo Shi Yujian mengatakan perjanjian lisensi akan memungkinkan Vivo untuk memiliki akses ke teknologi terbaru dari Qualcomm dan akan memungkinkan perusahaan untuk terus menciptakan perangkat inovatif berkualitas tinggi dan untuk pelanggan.

Sekadar informasi, Vivo merupakan perusahaan teknologi yang didirikan pada tahun 2009 di Guangdong sebagai sub-brand dari BBK Electronics.

Pada tahun 2012 Vivo merilis X1, smartphone yang diklaim sebagai  tertipis di dunia pada saat itu, X1 merupakan ponsel Vivo pertama yang menggunakan chip Hi-Fi, dikembangkan oleh Cirrus Logic sebuah perusahaan semikonduktor yang berbasis di AS.

Menurut penelitian terbaru dari Strategy Analytics, pengiriman smartphone China naik 4% per tahun yakni sebesar 109 juta unit di Q2 2016.

Huawei memegang posisi pertama dan berhasil mendapatkan 18% pangsa pasar smartphone di China, diikuti oleh OPPO yang tumbuh cepat di tempat kedua. Vivo sendiri menyusul hingga posisi ketiga untuk pertama kalinya dengan 12% pangsa pasar smartphone di China selama Q2 2016.

“Keberhasilan Vivo terletak pada desain hardware yang baik, kualitas produk yang kuat, penetrasi pengecer yang kuat, dan meningkatnya kesadaran merek di kalangan konsumen pasar secara massal,” kata perusahaan riset.

Nokia Bantu Vodafone India Modernisasi HLR Database

0

Telko.id – Vendor jaringan telekomunikasi dan perangkat lunak Nokia India hari ini (10/8) mengumumkan modernisasi Home Location Register (HLR) database untuk Vodafone India SuperNet.

Dilaporkan TelecomLead (10/8), Nokia mengklaim bahwa ini adalah proyek terbesar di dunia untuk modernisasi Home Location Register (HLR) database.

Seperti diketahui, modernisasi mensyaratkan konsolidasi database pelanggan di 17 lingkaran yang mencakup lebih dari 200 juta entri. Jumlah database hosting node juga berkurang 46-12, dan meningkatkan efisiensi, meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan biaya.

Nokia menerapkan solusi Subscriber Data Management (SDM), yang menampilkan Nokia One-NDS (Network Directory Server), untuk mengkonsolidasikan data pelanggan terkait jaringan ke unified platform tunggal untuk dibagikan di beberapa aplikasi.

Tim Sistem Integrasi Layanan Nokia melakukan migrasi database HLR tanpa mengalami gangguan jaringan milik Vodafone India dan 200 juta pelanggan.

Sementara itu, Fitur geo-redundansi yang adda pada teknologi SDM Nokia ini memastikan bahwa database pelanggan dari satu lokasi diback-up di HLR lain untuk mengantisipasi terjadinya insiden seperti upgrade jaringan atau bencana alam – memberikan pengalaman jaringan yang mulus dan memastikan kelangsungan bisnis untuk Vodafone SuperNet.

“Kami percaya kami telah melakukan migrasi database pelanggan tercepat dan terbesar di dunia tanpa jaringan atau layanan gangguan. Pelanggan kami akan mendapatkan keuntungan yang lebih cepat, serta penyediaan lebih efisien. Peningkatan ketahanan jaringan akan membantu kita cepat ‘sembuh’ dalam kasus bencana alam, “kata Vishant Vora, direktur – Teknologi, Vodafone India.

Sementara itu, Vodafone India pada Selasa ini juga mengumumkan kerjasama 5-tahun untuk banyak layanan TI dengan IBM.

Sanjay Malik, kepala India Market, Nokia, mengatakan, “Sebagai operator telekomunikasi yang berfokus pada membuat jaringan mereka lebih lincah dan consumer-sentris, kami menyediakan pelanggan kami dengan solusi untuk memberikan pengalaman yang unggul.”

Di Malang pun Kini Ada Taksi Online Buatan Anak Negeri

0

Telko.id – Kehadiran bisnis transportasi digital berbasis internet merupakan salah satu jenis bisnis yang saat ini  menjadi bisnis baru yang mengubah pola pasar operasi transportasi khususnya transportasi taksi. Penyedia jasa atau operator taksi harus mampu bersaing dan memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggannya, mulai dari saat pemesanan dengan pelayanan yang ramah, memberikan biaya yang murah, aman, nyaman dan menjamin keselamatan.

Untuk meningkatkan daya saing, Citra Malang Taxi