spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 1310

Line Ajak Para Developer Berkreasi

0

Telko.id – Indonesia memang membutuhkan banyak generasi muda yang kreatif agar tidak hanya menjadi konsumen saja. Itu sebabnya, banyak perusahaan yang bergerak dibidang IT menggelar kompetisi agar dunia digital Indonesia juga semakin marak dengan produksi anak bangsa. Salah satunya Line yang menggelar Line Dev Challenge. Sebuah Kompetisi Line Bot Pertama di Indonesia yang mengajak para developer untuk berkreasi.

Kompetisi ini merupakan kerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding yang terbuka bagi para developer tanah air baik individu, pelajar, maupun kelompok untuk mengembangkan Bot pada platform Line menggunakan Line@ Messaging API (Line ChatBot).

“Langkah ini merupakan salah satu upaya kami untuk menjadi pemimpin di inovasi chat bot dan mendekatkan jarak dengan para developer Indonesia,” kata Ongki Kurniawan, Managing Director Line Indonesia menjelaskan dalam rilis tertulisnya.

Ongki juga menambahkan bahwa “Kami percaya para developer Indonesia bisa menciptakan inovasi yang luar biasa dan membantu mewujudkan impian kami. Lewat Line Developer Challenge, kami mengajak dan memberi saluran untuk talenta lokal agar dapat mengeksplorasi, mengembangkan potensi, serta berkontribusi untuk pembangunan ekosistem digital kreatif Indonesia”.

Dalam kompetisi ini ada dua kategori ini. Yakni Kategori Utilitas dimana para developer ditantang untuk membuat bot yang bisa membantu tugas sehari-hari lebih mudah dan menjadikan hidup semakin bermanfaat. Sedangkan kategori Game dimana para developer dapat menciptakan game bot yang interaktif dan dapat menciptakan kedekatan antar pengguna.

“Karena kompetisi ini berskala Nasional, bersama dengan partner kami Bekraf dan Dicoding, kami akan mengadakan rangkaian roadshow berupa workshop mengenai Line ChatBot,” lanjut Ongki Kurniawan.

Roadshow yang akan dilaksanakan selama bulan Februari akan berlangsung di beberapa kota di Indonesia, seperti Bandung (6&7 Februari 2017), Jakarta (8 Februari 2017), Yogyakarta (8 Februari 2017), Bali (9 Februari 2017), Surabaya (10 Februari 2017), Depok (16 Februari 2017), dan Tangerang (20 Februari 2017). Selain Bekraf dan Dicoding, LINE juga bekerja sama dengan IBM, Microsoft sebagai Infrastructure Partners, East Ventures dan Kejora sebagai Investment Partners,Kata.ai sebagai API Partner, dan beberapa komunitas lainnya untuk mensukseskan kompetisi ini.

“Bagi para developer tanah air yang tertarik untuk dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasinya, jangan ragu untuk memulainya dengan Line lewat Line Developer Challenge. Selain dapat berinovasi, dapatkan juga total hadiah sejumlah Rp 800,000,000 dan kesempatan bekerja dengan Line,” tutup Ongki Kurniawan. (Icha)

Blaupunkt Siapkan 3 Produk Untuk Ramaikan Pasar di 2017

0

Telko.id – Di tahun 2017 ini, Blaupunkt sebagai brand legendaris asal Jerman yang telah lama dikenal sebagai produsen produk elektronik berbasis suara kelas dunia, saat ini kembali berinovasi dengan meluncurkan beberapa seri produk terbarunya untuk bersaing kembali di pasar Indonesia. Setelah berhasil memasarkan 2 produk smartphone mulai dari tahun 2015 yang lalu, kini Blaupunkt tengah siap untuk mengeluarkan 3 produk di awal tahun ini.

“Kami percaya bahwa produk-produk terbaru ini akan bisa menjadi ponsel android yang sangat diminati dan menjadi andalan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, seluruh produk baru ini akan hadir dengan teknologi kelas dunia dengan harga dibawah tiga juta rupiah”, ujar Ferdinand Kosen, Direktur Blaupunkt Communication Indonesia menjelaskan.

Yang akan hadir sesaat lagi adalah Blaupunkt Soundphone seri S dan seri J. Produk-produk terbaru tersebut semuanya mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon dengan software android terbaru yang dapat selalu diperbaharui (upgradable).

Spesialnya lagi, beberapa produk diantaranya juga akan hadir dengan teknologi 4G voLTE. VoLTE atau Voice Over LTE adalah teknologi yang memungkinkan jalur internet 4G LTE untuk dimanfaatkan saat menelepon, sehingga kualitas suara dalam berkomunikasi dengan teknologi 4G akan terdukung secara lebih maksimal serta tidak dikenakan biaya pulsa telepon. Kapasitas baterai yang dihadirkan juga sangat besar, yaitu 4000 mAh dan sudah OTG support.

“Blaupunkt Soundphone seri S dan seri J ini memungkinkan ponsel Blaupunkt ini dapat difungsikan sebagai powerbank dan bisa terhubung ke eksternal drive,” ujar Charles Sigarlaki, COO Blaupunkt Communication Indonesia menambahkan.

Selain itu, beberapa produk juga akan Blaupunkt sematkan bonus berupa Headphone Premium yang menjadi andalan setiap produk Blaupunkt Soundphone. Headphone premium ini menyajikan suara dentuman bass yang dasyat yang sesuai dengan karakteristik para penggemar musik di Indonesia. (Icha)

 

XL Gunakan Tara Basro Sebagai ‘Magnet’ Untuk Menarik Pelanggan Baru

0

Telko.id – Jaringan sudah siap. Kini saat nya bagi XL untuk ‘giat’ mencari pelanggan baru agar jaringan yang sudah dibangun tidak sia-sia. Itu sebabnya, XL menggandeng Tara Basro, sebagai brand ambassador.

Kehadiran Tara Basro diharapkan akan mampu mewakili kepribadian XL yang dinamis, modern dan berani. Selain itu, wanita yang dikenal luas sebagai model dan pemain film pemenang piala Citra, juga dianggap mewakili target pasar XL yaitu para pekerja yang memiliki banyak kesibukan untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Sebagai brand ambassador, Tara akan secara aktif ikut mengedukasi masyarakat dan pelanggan XL mengenai berbagai manfaat layanan XL yang bisa dihadirkan melalui jaringan yang luas, cepat, dan kuat. Wajah Tara Basro telah tampil dalam berbagai jenis materi komunikasi pemasaran XL sejak Januari 2017.

“Kehadiran Tara Basro diharapkan akan mampu mewakili kepribadian XL yang dinamis, modern dan berani,” kataYessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL.

Selain itu, wanita yang dikenal luas sebagai model dan pemain film pemenang piala Citra, juga dianggap mewakili target pasar XL yaitu para pekerja yang memiliki banyak kesibukan untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Sebagai brand ambassador, Tara akan secara aktif ikut mengedukasi masyarakat dan pelanggan XL mengenai berbagai manfaat layanan XL yang bisa dihadirkan melalui jaringan yang luas, cepat, dan kuat. Wajah Tara Basro telah tampil dalam berbagai jenis materi komunikasi pemasaran XL sejak Januari 2017. (Icha)

 

80% Capex XL Akan Digunakan Untuk Tingkatkan Layanan Data

0

 

 

Telko.id – XL mempersiapkan capital expenditure atau Capex untuk tahun 2017 ini sebesar Rp.7 Trilun. Sekitar 80% nya akan digunakan untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kapasitas. Semua itu akan dikhususkan untuk meningkatkan layanan data yang trend nya terus meningkat setiap waktu. Setidaknya, dari 80% Capex XL tersebut, 25% akan digunakan untuk memperkuat transmisi.

“Peningkatan kualitas jaringan merupakan salah satu bagian penting dari upaya XL meningkatkan kualitas layanan secara menyeluruh. Semakin baik kualitas jaringan akan menopang semua aspek kualitas layanan. Upaya tersebut meliputi dua hal, yaitu peningkatan kapasitas dan ekspansi jaringan. Peningkatan kapasitas antara lain dilakukan dengan memperbesar alokasi jaringan hingga 3x lipat. Sementara itu untuk ekspansi meliputi wilayah Jawa dan luar Jawa. Untuk Jawa, dikhususkan di daerah yang selama ini belum ter-cover layanan 3G secara memadai,” kata Yessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL menjelaskan.

Untuk tahun 2017, XL akan meneruskan upaya peningkatan kualitas dan perluasan jaringan dengan menganggarkan lebih dari 80% dari belanja modal (capex). Beberapa rencana yang akan dilakukan terkait hal ini antara lain adalah melanjutkan perluasan wilayah cakupan layanan dengan memanfaatkan layanan 3G melalui frekuensi 900MHz ke wilayah-wilayah baru yang belum tersedia layanan Data. Selain itu, XL juga terus meningkatkan kualitas layanan data melalui perluasan layanan 4G LTE di wilayah-wilayah yang memiliki kebutuhan data tinggi di Indonesia. Untuk itu, pembangunan jaringan fiber optic juga akan terus digelar, terutama di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Layanan data ini menjadi focus XL karena saat ini telah terjadi penggunaan layanan tradisional voice dan SMS ke aplikasi-aplikasi digital yang bisa menggantikan keduanya telah mendorong trafik layanan Data. Peningkatan konsumsi layanan Data juga terus meningkat dari pelanggan XL yang berada di berbagai pelosok daerah yang sebelumnya masih mengutamakan voice dan SMS untuk berkomunikasi. Hal ini menunjukkan bahwa semakin luas pelanggan XL dan masyarakat Indonesia yang telah merasakan  manfaat positif dari layanan Data digital, termasuk dalam format video. Total trafik jaringan dari seluruh layanan  meningkat 162% menjadi sekitar 500 Petabytes  per akhir 2016.

Selanjutnya, Yessie menambahkan bahwa “Hingga akhir tahun 2016 lalu, sebanyak lebih dari 350 kota/kabupaten telah terjangkau dengan layanan 3G, dan hampir 100 kota/area terlayani dengan 4G LTE. Ini artinya 91% populasi Indonesia telah terlayani oleh layanan 3G yang berkualitas dari XL. Untuk jaringan 4G LTE telah menjangkau 53% populasi. Semantara itu, total jaringan 2G menjangkau 93% populasi. Dengan demikian, layanan XL telah membuka kesempatan kepada pelanggan untuk menimba manfaat yang lebih maksimal dari teknologi digital untuk membangun kehidupan dan masa depan yang lebih baik”.

Itu sebabnya, XL akan menggunakan Capex nya tersebut untuk melakukan inovasi dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan 4G LTE dengan implementasi BTS 4.5G ready yang akan mendukung teknologi-teknologi 4.5G tanpa perlu upgrade BTS.

Kemudian menggunakan juga teknologi 4×4 MIMO dengan menggandakan jumlah cabang antena BTS dari 2×2 menjadi 4×4 telah diimplentasikan di Jabotabek, Bandung, kota-kota di Jawa Tengah, DIY, Surabaya dan Denpasar dan memberikan manfaat kenaikan kecepatan data, kekuatan penetrasi sinyal dan kestabilan akses data.

BTS 4.5G ready ini juga sudah mendukung teknologi high modulation 256 QAM yang akan menaikkan kecepatan layanan data 30% diatas jaringan 4G. BTS 4G LTE XL juga sudah siap untuk implementasi penggabungan frekuensi LTE 1800 MHz dengan LTE  2100 MHz (Carrier Aggregation) dan akan mulai diimplementasikan bila teknologi netral di 2100 MHz sudah di berikan ijin oleh pemerintah guna memberikan kapasitas yang lebih lebar pada layanan data yang dari tahun ke tahun meningkat secara tajam.

Peningkatan kualitas akses internet dan Data di berbagai pelosok wilayah Tanah Air ini juga diharapkan akan mampu berkontribusi bagi percepatan pembangunan di daerah. Apalagi, dewasa ini semakin banyak anggota masyarakat pengguna aktif layanan jejaring media digital atau netizen yang secara sukarela ikut mempromosikan potensi daerah, terutama di bidang wisata. Akses yang mudah dan berkualitas hingga pelosok daerah akan menjadi sarana penunjang untuk pemerintah daerah dan elemen warga masyarakat lokal untuk menginformasikan potensi ekonomi daerahnya. (Icha)

Kini Sisa Kuota Data Pelanggan Indosat Tidak Akan Hangus

0

Telko.id – Indosat kembali memberikan kenyamanan pada pelanggannya terutama pelanggan IM3. Ada sebuah fitur produk terbaru yaitu Data Rollover yang ditujukan kepada seluruh pelanggan paket internet bulanan.

Data Rollover ini memungkinkan pelanggan yang tidak menggunakan kuota utama sampai habis di bulan tersebut untuk dapat menggunakan sisa kuota yang ada di bulan berikutnya. Pelanggan dapat mengakumulasi sisa kuota ini selama satu tahun.

“Kami menciptakan terobosan dan memberikan keadilan bagi para pelanggan. Pada intinya, merupakan sebuah kesalahan besar untuk mengambil kembali apa yang telah dibeli oleh pelanggan. Data Rollover merupakan sebuah pilihan tepat,” ujar Alexander Rusli, President Director & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo.

Data Rollover dapat dinikmati oleh semua orang, baik pelanggan setia maupun pelanggan baru IM3 Ooredoo, tanpa dikenakan biaya tambahan.

Pelanggan hanya perlu memastikan pulsa yang ada cukup sewaktu perpanjangan paket, selain itu bisa juga melakukan pembelian ulang paket internet bulanan dengan harga yang sama atau lebih besar.

Fitur ini merupakan jawaban bagi pelanggan yang mengeluhkan terkait hilangnya kuota internet yang telah mereka beli. Kuota yang telah dibayar oleh pelanggan sepenuhnya merupakan hak pelanggan.

Pasalnya, seringkali pelanggan membayar penuh paket internet dan diakhir periode sisa kuota internet yang tidak terpakai hilang begitu saja di bulan berikutnya. Banyak pelanggan yang masih memiliki sisa kuota internet tidak terpakai dan tidak dapat menggunakannya secara penuh.

Ada juga pelanggan yang menggunakan seluruh kuota internetnya namun mereka takut untuk melangkah ke paket yang lebih besar atau membeli kuota lebih besar karena khawatir akan kuota yang nantinya tidak terpakai habis.

Dengan menggunakan Data Rollover, baik pelanggan yang memiliki kuota dalam jumlah besar, maupun pelanggan yang tidak menyisakan kuota sama sekali, mereka tidak perlu khawatir lagi tentang perhitungan penggunaan kuota internet secara tepat. Data Rollover memastikan pelanggan untuk dapat menyimpan kuota yang tidak mereka pergunakan, sehingga tidak ada uang atau kuota internet yang terbuang sia-sia.

“Sisa kuota bisa diakumulasikan hingga setahun. Kalau belum habis dalam setahun ya kebangetan juga,” canda Alex. (Icha)

XL Mencatat Laba Rp 376 miliar Pada Tahun 2016

0

Telko.id – Tahun 2016, XL fokus untuk meningkatkan infrastruktur layanan data yang didukung dengan jaringan yang lebih luas, lebih kuat serta lebih baik, serta dibarengi dengan pengelolaan biaya yang lebih baik dan juga restrukturisasi neraca keuangan, telah menjadikan fundamental XL lebih kuat untuk bisa lebih kompetitif dan meraih kinerja yang lebih baik lagi di tahun 2017.

“Pada tahun 2016 juga kami menyelesaikan berbagai inisiatif pengelolaan neraca keungan (Balance Sheet Management) dan tercapainya berbagai efisiensi biaya yang dilakukan, kami telah membangun fondasi untuk bisa meraih kinerja yang lebih baik di tahun 2017,” kata Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL salam pernyataan tertulis nya.

XL mengklaim bahwa telah berhasil merealisasikan dua tujuan dari agenda pengelolaan neraca keuangan (Balance Sheet Management) yakni mengurangi beban hutang dan meminimalkan dampak dari fluktuasi Forex. Selanjutnya, dengan selesainya agenda Rights Issue serta penjualan dan penyewaan kembali menara tahap kedua di semester pertama 2016.

Hasilnya, XL berhasil meningkatkan fundamental keuangannya pada level yang sama dengan pada waktu menyelesaikan akuisisi Axis pada awal tahun 2014. Hal ini telah menguatkan dan menjadikan neraca keuangan XL lebih kokoh dan fleksibel sehingga XL bisa lebih fokus untuk melakukan pembangunan dan peningkatan jaringan.

Langkah tersebut mampu memberikan peningkatan yang paling besar terlihar pada laba bersih. Di mana XL mencatat laba sebesar Rp 376 miliar pada tahun 2016 dibandingkan dengan rugi sebesar Rp 25 miliar di 2015. Keuntungan tersebut diperoleh dari dampak positif atas penguatan Rupiah terhadap USD, serta hasil dari penjualan menara di periode tersebut.

Namun, secara keseluruhan pada tahun 2016 lalu pendapatan XL menurun sebagai dampak dari pergeseran atas layanan legacy (voice dan SMS) ke Data.

Namun, tren di semester kedua 2016 menunjukkan hasil yang lebih positif bagi XL. Per Q4 2016, pendapatan Data mampu menyumbang 50% dari total pendapatan XL, atau lebih baik dari pencapaian tahun sebelumnya sebesar 31%. Sehingga, pada Q4 2016, Gross Revenue tumbuh didorong oleh pertumbuhan pendapatan data.

Saat ini, XL sudah mampu melayani 4G hampir 100 kota di berbagai daerah, dengan lebih dari 8.200 BTS 4G.Pembangunan jaringan 4G LTE tersebut, juga diimbangi dengan penggelaran jaringan 3G di frekuensi 900 MHz (U900), yang telah berhasil meningkatkan kualitas layanan 3G khususnya di luar Jawa secara signifikan.

Dengan investasi jaringan yang signifikan tersebut, XL kini memiliki kapasitas yang lebih dari cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat dan pelanggan atas layanan internet berkecepatan tinggi meskipun trafik layanan data juga terus meningkat pesat. XL kini memiliki posisi yang lebih kuat untuk dapat meraih peluang bisnis layanan Data kedepannya.

Sementara itu, di balik upaya penguatan jaringan dan penawaran berbagai layanan Data yang menarik, XL juga telah berhasil meraih pelanggan yang tepat. Hal itu ditunjukkan dengan peningkatan penetrasi smartphone sebesar 21% menjadi 63% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Berarti pula semakin banyak pelanggan Data memilih jaringan XL. Dengan demikian, per akhir tahun 2016 XL memiliki 29 juta pelanggan yang telah menggunakan smartphone dan meningkat 64% dari periode yang sama tahun lalu.
Pertumbuhan jumlah pelanggan smartphone tersebut sangat berarti seiring dengan meningkatnya rata-rata penggunaan layanan data secara signifikan, lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pencapaian tersebut juga meningkatkan penggunaan jaringan XL 4G LTE, di mana trafik layanan meningkat hampir 30x sejak layanan 4G diluncurkan secara komersial pada November 2015.

Total trafik di seluruh jaringan XL telah meningkat hingga 162% YOY di tahun 2016, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, terutama didorong oleh pertumbuhan trafik Data.

Dian menambahkan, “Kami sangat senang dengan pencapaian pertumbuhan pelanggan Data. Hal ini bisa kita lihat secara jelas dari pertumbuhan penetrasi smartphone dan peningkatan trafik Data, bahwa kami telah mendapatkan pelanggan yang tepat. Kami akan terus bekerja keras untuk meningkatkan kinerja 2017 yang lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya.”

Pada tahun 2016 lalu, XL juga menjalankan penghematan di seluruh aktivitas bisnis, terutama pada perpanjangan sewa menara.

Hasilnya, XL telah mampu mendorong peningkatan profil biaya dan profitabilitas bisnis yang lebih baik secara keseluruhan. Dengan demikian, margin EBITDA XL meningkat 1,0% menjadi 37,6% pada tahun 2016 dibandingkan dengan 36,6% pada tahun 2015.

Pelanggan XL juga terus tumbuh dengan penambahan 1,5 juta pelanggan pada kuartal ini. Jadi, total pelanggan XL kini menjadi 46,5 juta, atau 11% lebih tinggi dari total jumlah pelanggan tahun sebelumnya.

Sementara itu, ARPU keseluruhan meningkat menjadi Rp 35.000 pada tahun 2016, 3% lebih tinggi dari Rp 34.000 dari periode yang sama tahun sebelumnya. (Icha)

Tidak Lama Lagi Standar Internasional 5G dari ITU Bakal Keluar

0

Telko.id – Sudah sejak Maret silam ITU mengadopsi pilot project teknologi 5G dari operator telekomunikasi Korea, KT. Tidak lama lagi draft untuk standar internasional akan disah kan oleh International Telecommunication Union (ITU).

KT mengatakan teknologi jaringan yang diadopsi tersebut sudah diperkenalkan Maret lalu di ITU-T IMT2020. Di mana versi rancangan itu akan melalui lima putaran dalam kelompok fokus untuk persetujuan. Sejak itu, draft standar internasional 5G ini telah mengalami revisi dan perbaikan untuk mencapai bentuk yang sekarang.

Draft standar international ini sudah menjalani proses selama enam-bulan dimana 193 negara anggota ITU masing-masing akan meninjau standar tersebut. Rencananya, pengumuman resmi dan final akan berlangsung pada 2017.

“Teknologi 5G yang kami kembangkan secara independen telah selesai sehingga menjadi acuan standar internasional. Hal ini menjadikan KT menjadi yang terdepan untuk teknologi 5G di pasar global. Ke depan kami akan melakukan upaya untuk membuat teknologi 5G KT ini sukses menjadi sebuah standar internasional, “kata Lee Dong-myun, Integration Technology Director, seperti dilansir dari RCR Wireless.

Berdasarkan laporan dari beberapa pers Korea, ada lima layanan berbasis 5G yang diadopsi oleh ITU sebagai rancangan untuk standardisasi internasional. Kelima layanan tersebut adalah Sync View, 360 derajat Live VR, Omni-View, Performance-Hologram dan Hologram Live.

Sync View adalah siaran olahraga dari pemain ‘point-of-view, yang memungkinkan para penonton untuk merasa menjadi bagian dari permainan yang sedang berlangsung.

360 derajat Live VR adalah layanan berbasis teknologi virtual reality hidup dan memungkinkan penonton untuk mengalami permainan dalam lingkungan virtual reality.

Omni View adalah live broadcast service dari multi-objective views pilihan yang menyediakan data biometrik para pemain di layar dan memungkinkan kita untuk memilih sudut siaran tertentu.
KT juga bekerja sama dengan pengembangan yang ahli pertunjukan hologram dan sedang mengembangkan teknologi video call menggunakan hologram 3-D.

KT sendiri dalam pengembangan teknologi 5G ini dengan melakukan berkolaborasi bersama beberapa vendor termasuk ZTE dan Ericsson. Telco Asia saat ini menawarkan layanan LTE menggunakan spektrum di 900 MHz, 1800 MHz dan 2,1 GHz band, memiliki layanan LTE pertama kali diluncurkan pada Januari 2012.

Rencananya, pemerintah Korea akan mengalokasikan spektrum tambahan untuk 5G jasa tahun depan.

Dalam berita terkait, pemerintah Korea Selatan mengumumkan rencana untuk memperluas bandwidth yang dialokasikan untuk layanan mobile 5G pada 2018.

Menteri Science, ICT dan Future Planning Korea mengatakan bahwa sedang merencanakan share bandwidth di 1.3GHz band untuk tiga operator di negara itu yakni KT, SK Telecom dan LG Uplus. (Icha)

2 Minggu Lagi Satelit Telkom-3S Siap Menjelajahi Angkasa

0

Telko.id – Dalam hitungan mundur, 14 hari lagi, Telkom akan meluncurkan satelit Telkom-3S. Tepat pada 15 Februari 2017 pukul 04.39 WIB di Guiana Space Center, Kourou, Guyana Perancis.

“Hingga saat ini semua persiapan on schedule. Kami harapkan agar persiapan selanjutnya, peluncuran satelit hingga tiba di orbit dapat berjalan lancar tanpa kendala. kami juga memohon doa restu dari seluruh rakyat Indonesia agar kami dapat memberikan karya terbaik sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh rakyat dan bangsa Indonesia,” kata Abdus Somad Arief, Direktur Network and IT Solutions Telkom.

Sebagai informasi, Telkom-3S adalah satelit komunikasi geostasioner milik Indonesia. Satelit ini merupakan pengganti satelit Telkom-3 yang gagal mencapai orbit di 118° bujur timur pada pertengahan tahun 2012. Sekaligus sebagai satelit keempat milik Telkom setelah Telkom-1, Telkom-2, dan Telkom-3 serta menjadi satelit ketujuh milik Indonesia setelah Indosat-2, Palapa D, Palapa C2, Telkom-1, Telkom-2, dan Garuda-1.

Satelit Telkom-3S ini dibangun atas kerjasama Telkom Indonesia dengan Thales Alenia Space. Kontrak pengadaan satelit yang dilakukan antara Telkom dan Thales Alenia Space bernilai $ 199,7 juta yang ditandatangani pada Juli 2014.

Satelit yang menghabiskan dana berkisar US$ 200-250 juta untuk pemesan dan peluncurkan itu dilengkapi dengan 24 transponder C-band, 8 sambungan transponder C-band, dan 10 transponder Ku-band. Transponder C-band akan mencakup wilayah Indonesia dan Asia Tenggara, transponder sambungan C-band akan mencakup Indonesia dan Malaysia. Sedangkan muatan Ku-band dikhususkan hanya untuk cakupan wilayah Indonesia.
Telkom-3S ini memiliki berat sekitar 3.500 kilogram dan memiliki masa aktif selama 15 tahun. Pembuatan satelit Telkom-3S dikhuskan untuk melayani siaran televisi kualitas tinggi (High-Definition Television) dan layanan komunikasi GSM dan Internet.

Direktur Network and IT Solutions Telkom Abdus Somad Arif menambahkan bahwa, “Satelit Telkom 3S merupakan satelit fix satelite services (FSS) yang memiliki 49 transponder.

Kehadirannya akan berfungsi untuk menghubungkan komunikasi melalui sistem yang berperan sebagai tulang punggung (backbone) bagi operator telekomunikasi. Termasuk untuk memenuhi kebutuhan berfungsi untuk end user, seperti kebutuhan untuk anjungan tunai mandiri (ATM) di daerah-daerah jauh dan di pelosok (remote).

Sebelumnya, ketika Telkom-3 gagal diorbitkan karena hilang dan gagal mencapai orbit pada Agustus 2012 karena ada masalah di roket porton Rusia. Di mana, Telkom-3 merupakan satelit yang dibangun oleh ISS-Reshetnev Rusia dengan perangkat komunikasi yang dibuat oleh Thales Alenia Space. Satelit Telkom-3, diplot memiliki 42 transponder. Akhirnya, Telkom menggantinya dengan menyewa transponder dari GE Sat (Amerika Serikat), APstar (Hong Kong), dan JCSat milik Jepang. (Icha)

Xiaomi Mi 5c

0

Telko.id – Spesifikasi Xiaomi Mi 5c bertumpu pada Xiaomi Surge S1, 3 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 12 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2017, February ini dibekali sistem operasi Android 7.1 (Nougat), MIUI 8 dan layar berukuran 5.15″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Xiaomi memang belum secara resmi merilis harga Xiaomi Mi 5c. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black, Gold, Rose Gold) dan memiliki body berdimensi 144.4 x 69.7 x 7.1 mm (5.69 x 2.74 x 0.28 in) dengan berat 135 g (4.76 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, aluminum back, aluminum frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Xiaomi Mi 5c

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Xiaomi Surge S1 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A53 & 4×1.4 GHz Cortex-A53) dan prosesor grafis / GPU Mali-T860MP4. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 3 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 64GB storage, no card slot dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 2860 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 5.15″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×1920 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Xiaomi Mi 5c sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE. Selain itu ada juga konektifitas USB Type-C 1.0 reversible connector, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.1, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Xiaomi Mi 5c

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Xiaomi Mi 5c :

  • 12 MP, f/2.2, 27mm (wide), 1.25µm, PDAF.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 12 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, f/2.0, 27mm (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Xiaomi Redmi Note 4X

3

Telko.id – Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4X bertumpu pada Snapdragon 625, 3/4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2017, February ini dibekali sistem operasi Android 6.0 (Marshmallow), upgradable to 7.0 (Nougat), MIUI 10 dan layar berukuran 5.5″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Xiaomi memang belum secara resmi merilis harga Xiaomi Redmi Note 4X. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Platinum Silver, Champagne Gold, Matte Black, Hatsune Miku, Sakura Powder) dan memiliki body berdimensi 151 x 76 x 8.5 mm (5.94 x 2.99 x 0.33 in) dengan berat 165 g (5.82 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, aluminum back, aluminum frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Hybrid Dual SIM (Micro-SIM/Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4X

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 625 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan prosesor grafis / GPU Adreno 506. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 3/4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 16GB/32GB/64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4100 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 5.5″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×1920 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Xiaomi Redmi Note 4X sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / CDMA / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat6 300/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Xiaomi Redmi Note 4X

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Xiaomi Redmi Note 4X :

  • 13 MP, f/2.0, 1/3.1″, 1.12µm, PDAF.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 5 MP, f/2.0 yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.