spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 1294

Snapdragon Ini Dukungan Dual-Camera Canggih dan LTE Lebih Cepat

0

Telko.id – Pada Mobile World Congress Shanghai 2017, Qualcomm Technologies, Inc., anak perusahaan dari Qualcomm Incorporated (NASDAQ: QCOM), memperkenalkan Qualcomm® Snapdragon™ 450 Mobile Platform yang merupakan rangkaian terbaru dari seri Snapdragon 400 Mobile Platform.

Chipset baru ini diperuntukkan bagi telepon pintar dan tablet kelas menengah dan menjadi seri 400 pertama yang menggunakan proses 14nm FinFET. Produk ini didesain untuk memberikan perbaikan yang signifikan dalam segi ketahanan baterai, performa grafis dan komputasi, imaging dan konektivitas LTE dari pendahulunya, Snapdragon 435 Mobile Platform.

Snapdragon 450 Mobile Platform fokus pada perbaikan empat kategori fitur dibandingkan dengan pedahulunya, antara lain: CPU dan GPU yang disempurnakan, dimana chipset ini sudah menggunakan CPU octa-core ARM Cortex A53 yang berkinerja lebih tinggi hingga menghasilkan 25 persen peningkatan kinerja komputasi dibandingkan pendahulunya.

Selain itu, sudah menggunakan GPU Qualcomm® Adreno™ 506 yang terintegrasi memberikan peningkatan performa grafis sebesar 25 persen dibandingkan Snapdragon 435.

Daya Tahan Baterai pun ditingkatkan sehingga mampu mengelola daya yang menghasilkan penambahan waktu pemakaian hingga empat jam dibandingkan Snapdragon 435, serta 30 persen pengurangan daya ketika bermain game, membantu pengguna untuk tetap terhubung dan produktif untuk waktu yang lebih lama. Snapdragon 450 juga hadir dengan dukungan Qualcomm® Quick Charge™ 3.0, yang dapat mengisi ulang daya telepon pintar dari nol hingga 80 persen dalam waktu sekitar 35 menit.

Snapdragon 450 ini juga menjadi produk pertama dari seri 400 yang mendukung efek Bokeh secara real-time (Live Bokeh). Platform Mobile ini juga didesain menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya dengan menambahkan dukungan untuk dual camera yang disempurnakan pada 13+13 MP, atau dukungan kamera tunggal hingga 21 MP; hybrid autofocus; dan perekaman dan pemutaraan video 1080p 60fps, yang memungkinkan perekaman slow motion.

Snapdragon 450 ini juga menambahkan dukungan untuk tampilan Full HD 1920×1200 dan Qualcomm® Hexagon™ DSP, yang memungkinkan pemrosesan multimedia, kamera, dan sensor dengan kinerja yang lebih baik dan daya yang lebih rendah dari generasi sebelumnya.

Untuk masalah konektivitas dan USB, chipset ini mampu memberikan konektivitas LTE yang cepat dengan modem LTE Snapdragon X9 yang menggunakan carrier aggregation 2×20 MHz sehingga mampu menghasilkan kecepatan maksimum 300Mbps downlink dan 150Mbps uplink, dukungan untuk beragam jaringan selular dengan Snapdragon All Mode, dan 802.11ac dengan dukungan MU-MIMO. Snapdragon 450 juga mendukung USB 3.0, yang pertama dalam kelasnya untuk mendukung transfer data dengan USB secara cepat.

“Kami telah melakukan banyak perubahan terbaru pada Snapdragon Mobile Platform sebagai bagian dari visi kami untuk memberikan fungsionalitas mobile terbaru dengan nilai terbaik, dan Snapdragon 450 Mobile Platform merupakan perwujudan dari visi tersebut,” ujar Kedar Kondap, wakil presiden, manajemen produk, Qualcomm Technologies, Inc.

Kedar juga menambahkan bahwa “Dengan Snapdragon 450, pengguna akan melihat peningkatan dramatis dari level performa, konektivitas, daya baterai dan kinerja imaging”.

Hingga kini, ada lebih dari 1900 desain yang menggunakan berbagai seri Snapdragon 400 Mobile Platform, baik yang telah diluncurkan atau masih berada dalam tahap perencanaan. Snapdragon 450 diharapkan untuk memulai percontohan komersil untuk pelanggan pada Q3 2017 dan diharapkan untuk tersedia pada perangkat konsumen pada akhir tahun. (Icha)

Hati-hati Dunia Sedang Diserangan Virus PETYA

Telko.id – Saat ini, secara global sedang terjadi serangan virus ransomware PETYA. Cara kerjanya mirip dengan ransomware WANNACRY yang menyerang sekala global pada 13 Mei yang lalu.

Serangan virus ransom PETYA mulai terjadi pada Selasa, 27 Juni 2017 kemarin. Virus ini bekerja dengan alat hacking Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat (AS) yang dikenal sebagai EternalBlue.

Kelompok di balik serangan ini belum diketahui. Pusat Keamanan Cyber Nasional Inggris (NCSC), sebuah cabang dari badan intelijen GCHQ, mengaku sudah tahu perihal serangan cyber global ini.

Sistem komputer di Rusia, Inggris, Spanyol, Ukraina, Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara lain sudah diserang.

Di Ukraina, Petya ransomware telah menyerang sistem komputer kapal selam hingga supermarket yang menyebabkan kekacauan. Sama seperti serangan virus ransom WannaCry, pelaku serangan virus ransom Petya juga meminta uang tebusan terhadap korban.

Untuk itu, pemerintah akan terus memantau dan memitigasi pergerakan dari penyebaran virus PETYA ini di Indonesia.

Notifikasi pun telah dikeluarkan oleh id-SIRTI, organisasi yang berada dibawah naungan Kemkominfo antara lain untuk menangani insiden seperti serangan siber, kepada mitra yang bekerjasama seperti penyelenggara layanan internet, NAP maupun Kementrian atau Lembaga.

Kepada masyarakat luas, sebelum mengaktifkan komputernya, diminta untuk melakukan antisipasi terkena serangan PETYA dengan cara:
1. Backup data sekarang
2. Pengelola TI menonaktifkan dan memencabut jaringan LAN atau lokal sementara sampai dipastikan semua aman
3. Backup data ke storage yang terpisah

Pemerintah juga menghimbau pada masyarakat agar:
1. Selalu backup data
2. Selalu gunakan operating system original dan secara berkala melakukan upgrade
3. Install antivirus dan update secara berkala
4. Gunakan pasword yang aman dan ganti berkala.
(Icha)

 

Trafik Data XL Axiata Naik 218%

0

Telko.Id – Sesuai prediksi, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat kenaikan trafik layanan Data di hari Lebaran Idul Fitri 2017. Dalam periode 20-27 Juni 2017 atau H-5 hingga H+2 Lebaran, tercatat terjadi kenaikan trafik layanan Data hingga 15% dibandingkan hari-hari biasa, serta meningkat 218% dibandingkan trafik di periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan ini didorong oleh terutama meningkatnya aktivitas akses ke layanan Data oleh pelanggan dibandingkan hari-hari biasa, serta sebagai dampak positif dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia. Meski terjadi kenaikan trafik, jaringan XL Axiata sukses melayani pelanggan, tanpa hambatan yang berarti.

“Sampai saat ini kami terus secara maksimal bersiaga menjaga performa jaringan guna melayani kebutuhan pelanggan selama libur Lebaran. Hingga saat ini hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik Data, SMS, juga voice, meski terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan. Semua persiapan kami telah berjalan sesuai dengan rencana, termasuk mengenai penambahan kapasitas jaringan hingga 2x lipat,” kata Yessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata.

Layanan Data kembali mendominasi kenaikan trafik, di mana pelanggan secara lebih aktif mengkases berbagai jenis layanan Data, terutama media sosial (medsos) berbagai platform. Kenaikan trafik Data di periode Lebaran juga terjadi sesuai dengan trend pemakaian layanan Data untuk berkomunikasi dan berkirim pesan, baik dalam format text, voice, video call, maupun multimedia. Karena itu tidak mengherankan jika kenaikan trafik Data sangat dominan, menggantikan layanan-layanan telekomunikasi tradisional. Trafik Data selama periode H-5 hingga H+2 tercatat total lebih dari 4020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB.

Akses ke sejumlah media sosial popular memang meningkat dibandingkan trafik akses pada hari biasa. Trafik akses ke Facebook tertinggi meningkat lebih dari 50%, Instagram lebih dari 20%, serta YouTube lebih dari 17%. Kenaikan dipicu oleh kebutuhan pelanggan untuk berbagi informasi dan pengalaman menjalani aktivitas seputar merayakan Lebaran.

Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135%. Kenaikan akses ke kedua layanan tersebut seiring dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek.

Kemajuan teknologi digital juga semakin memberikan layanan yang berkualitas untuk akses ke layanan instant messaging, voice, video, dan video call seiring dengan semakin meningkatnya kualitas jaringan Data yang tersedia di tengah pelanggan. Kecenderungan tersebut terlihat dari meningkatnya akses ke layanan social media messaging (WhatsApp, FB Messenger, LINE) lebih dari 46,5%, sekaligus menunjukkan perubahan behavior pelanggan yang sebelumnya banyak menggunakan layanan tradisional SMS. Kenaikan yang tinggi ini juga terdorong oleh kebutuhan pelanggan untuk menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri.

Hal yang sama juga terjadi pada akses ke layanan berbasis VoIP Call (WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, Skype) hingga sekitar 9%, sebagai sarana baru untuk menggantikan layanan voice tradisional atau telepon biasa.

Kualitas akses Data melalui jaringan 4G LTE terbukti telah meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan Data, termasuk konten Data berukuran besar seperti video/film dan foto-foto beresolusi tinggi. Peningkatan trafik akses lainnya terjadi pada konten video, termasuk download atau upload sekitar 6%, serta pada akses video call (via BBM, Viber, LINE, WhatsApp, Facebook VoIP, Skype) meningkat sekitar 9%. Kenaikan trafik semua jenis layanan Data tersebut juga terdorong oleh dampak positif perluasan jaringan 4G LTE di berbagai daerah di luar Jawa, baik di Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi.

XL Axiata juga mencatat terjadinya pergerakan pelanggan di mana jumlah pelanggan di wilayah Jabodetabek menurun, sedangkan trafik di wilayah Jawa Tengah, Di Yogyakarta, dan Jawa Timur meningkat. Hal ini sesuai dengan pergerakan warga Jabodetabek yang melakukan perjalanan pulang kampung.

Saat hari H Lebaran (25 Juni 2017), jumlah pelanggan di Jabodetabek menurun sebesar 23%. Sebaliknya di beberapa wilayah yang menjadi tujuan mudik utama mengalami peningkatan jumlah pelanggan, seperti di Jawa Barat meningkat 13,5%, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta 22%, serta Jawa Timur 10,5%. Jumlah pelanggan yang ada di suatu wilayah akan mempengaruhi kenaikan trafik di wilayah yang bersangkutan.

Kenyamanan pelanggan atas layanan XL Axiata di hari Lebaran juga tercermin dari menurunnya tingkat keluhan pelanggan yang masuk melalui customer service dibandingkan rata-rata keluhan yang masuk di hari biasa. Penurunan yang terjadi cukup signifikan, yaitu mencapai sekitar 22%, bahkan juga lebih rendah dibandingkan keluhan yang masuk di hari Lebaran tahun sebelumnya, yaitu sekitar 3% lebih rendah.

Tim XL Axiata akan terus bersiaga hingga kondisi normal kembali pasca Lebaran sekitar akhir pekan depan ketika warga Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya mulai kembali dari kampung halaman atau tempat mereka berlibur. (Icha)

 

Trafik Data Telkomsel Naik Lebih dari 136% di Hari Lebaran

0

Telko.id – Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran. Para pelanggan Telkomsel menggunakan layanan data lebih dari 136% menembus angka lebih dari 6.000 TB (Terabyte) di hari Lebaran, dimana angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama di tahun 2016.

Jika dibandingkan dengan hari normal selama 2017, layanan ini juga mengalami kenaikan lebih dari 27%. Penggunaan layanan data ini paling banyak dimanfaatkan oleh pelanggan untuk mengakses media sosial (36%), disusul layanan video streaming (29%).

Peningkatan trafik layanan data terlihat paling tinggi terjadi di daerah-daerah tujuan mudik. Wilayah Sumatera mengalami peningkatan penggunaan layanan data hingga lebih dari 36%, sementara wilayah Jawa Bali (diantaranya meliputi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur) mencapai lebih dari 32% jika dibandingkan dengan hari normal 2017.

Namun secara nominal, trafik layanan data tertinggi berada di wilayah Jabotabek Jabar menembus angka lebih dari 1.700 TB (Terabyte), disusul dengan area Jawa Bali yang mengkonsumsi lebih dari 1.645 TB (Terabyte).

Penggunaan layanan data pada di momen Lebaran juga tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik seperti Bandara Soekarno Hatta, Bandara Kuala Namu, Pelabuhan Merak, exit tol Kaliangsa, Rest Area km 9 Cibubur, dan Pelabuhan Ferry Kolaka (Sulawesi Tenggara). Peningkatan juga terpantau naik di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, seperti Batu Karas (Pangandaran), Ancol, Pantai Kuta, dan Kota Bunga (Puncak).

Berbeda dengan layanan data yang semakin diminati oleh banyak pelanggan sebagai pilihan utama untuk berkomunikasi di hari lebaran, layanan suara dan SMS tidak mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan trafik di hari normal. Trafik layanan suara turun 6% menjadi 1,3 miliar menit, sementara SMS cenderung stagnan di angka 740 juta SMS.

“Alhamdulillah jaringan kami berfungsi dengan baik untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan di momen Lebaran. Jauh-jauh hari sebelumnya Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggan yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran. Kami berharap jaringan kami dapat membantu pelanggan untuk tetap lancar berkomunikasi, sehingga momen yang bahagia ini, dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk mendorong terjalinnya tali silaturahmi,” kata Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, Telkomsel melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik di Pulau Jawa dan Sumatera telah disediakan kelonggaran sebesar 35% – 60%, seperti Jawa Barat sebesar 38%, Jawa Tengah sebesar 48%, dan Jawa Timur sebesar 57% dan Sumatera Selatan sebesar 58%.

Selain itu Telkomsel juga melakukan uji coba jaringan di jalur-jalur mudik yang menempuh jarak sejauh kurang lebih 11.000 km di berbagai lokasi di Indonesia.

Sementara itu, untuk wilayah operasional Area Jabotabek dan Jabar, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel menambahkan “Selama periode mudik jelang momen Lebaran, lokasi yang menjadi jalur favorit darat pemudik mengalami lonjakan penggunaan layanan data yang cukup siginifikan, terutama di lokasi Rest Area, seperti di KM 19Tol Cikampek yang meningkat mencapai 266% dan KM 164-166 Tol Cipali hingga 1130% dibanding hari biasa. Untuk itu, kami telah menyiagakan Posko Siaga Telkomsel di 17 lokasi Rest Area di sepanjang jalur mudik menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatera, yang siap melayani kebutuhan pelanggan untuk produk Telkomsel, terutama layanan berbasis data.”

Sementara itu untuk menjamin kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan komunikasi sepanjang periode mudik Lebaran, Telkomsel telah menyiagakan jaringan berkualitas, terutama di 838 hotspot atau POI (Point of Interest) yang merupakan titik keramaian aktivitas mudik dan wisata yang diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi.

Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel menyiagakan sebanyak 89 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi menggunakan layanan data.

Di sisi pelayanan, Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga. Selain itu seluruh channel pelayanan existing Telkomsel juga diharapkan dapat berfungsi maksimal selama libur Lebaran, diantaranya 84 GraPARI Telkomsel Siaga dan 346 GraPARI Mitra Siaga, 487 Mobile GraPARI, 81 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 359 Branch Office Mitra Distributor (TDC).

Pada saat yang bersamaan, mitra distributor Telkomsel juga turut siaga menjaga ketersediaan produk kartu perdana dan voucher isi ulang (mkios) melalui 3.779 Outlet Siaga. (Icha)

Indosat Ooredoo Tegaskan Jaringannya Siap Sambut Lebaran

0

Telko.id – Indosat Ooredoo menyatakan kesiapan jaringannya dalam melayani pelanggan selama masa mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah. Hal ini ditegaskan kembali saat acara kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ke Indosat Ooredoo untuk memeriksa kesiapan jaringan dalam melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama menuju Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, baik untuk layanan voice, data, maupun SMS.

Dalam kunjungan ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyaksikan secara langsung pemantauan jaringan telekomunikasi secara nasional melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC), Command Center serta Digital Engagement Center (DEC).

”Mudik dan Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang selalu ditunggu oleh masyarakat Indonesia yang merayakannya, dimana pada saat itu aktifitas berkomunikasi meningkat dari biasanya. Mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi ini, kami telah menyiapkan jaringan kami melalui peningkatan kapasitas baik untuk data, voice, maupun SMS serta pemantauan kualitas jaringan yang intensif melalui i-NOC dan DEC, agar pelanggan dan masyarakat mendapatkan pengalaman terbaik dalam berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan kerabat dan keluarga secara nyaman dan lancar,” kata Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat Ooredoo saat menerima kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Indosat Ooredoo.

Menghadapi masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi selama Ramadhan dan Lebaran 2017, kapasitas jaringan Indosat Ooredoo telah ditingkatkan antara lain untuk kapasitas layanan data menjadi 7344 Terabyte/hari, kapasitas layanan suara disiapkan menjadi 37,5 juta Erlang/hari, dan untuk kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,9 Miliar SMS/hari. Peningkatan kapasitas ini disiapkan untuk 95,6 juta pelanggan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia.

Indosat Ooredoo memprediksi kenaikan trafik telekomunikasi selama Ramadhan dan Lebaran 2017, dimana untuk layanan data akan meningkat 69% dibandingkan trafik reguler harian seiring dengan meningkatnya tren penggunaan media sosial. Layanan voice juga diprediksi masih mengalami peningkatan saat puncak trafik di Lebaran tahun ini.

Indosat Ooredoo juga memastikan jaringan selama Ramadhan dan Mudik Lebaran dalam performansi prima yang dipantau dan dikendalikan dari Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai Command Centre. Command Center akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin.

Satu lagi fasilitas yang akan dioptimalkan yaitu Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) untuk memantau kualitas layanan aplikasi yang biasa digunakan pelanggan seperti Youtube, Instagram, Whatsapp, Facebook, Spotify, Iflix, dan lain sebagainya. Melalui fasilitas ini, Indosat Ooredoo akan memastikan bahwa tidak hanya kestabilan jaringan namun juga kualitas dari masing-masing aplikasi berada dalam kondisi yang baik untuk mendukung aktivitas mudik dan liburan pelanggan. (Icha)

 

Para Retailer Diapresiasi Dengan Mudik Gratis oleh XL

0

Telko.id – Ratusan keluarga penjual produk layanan XL Axiata mengikuti program “Mudik Bareng XL”. Program tahunan ini akan membawa mereka menuju kampung halaman di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak kurang dari 10 bus dan 42 minibus Kijang Inova disiapkan untuk mudik bareng ini. Chief Commerce Officer XL Axiata, Allan Bonke, melepas keberangkatan rombongan mudik dari kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (21/6).

Allan Bonke mengatakan, “Kami sangat senang tiap kali melepas keberangkatan program mudik rekan-rekan retailer ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran. Mereka adalah barisan terdepan kami dalam mendistribusikan produk layanan kepada pelanggan dan masyarakat. Sangat penting bagi kami untuk memperkuat kerjasama dengan rekan-rekan di jalur distribusi dan program ini adalah salah satu bentuk dari apresiasi kepada para partner kerja kami.”

Para peserta mudik sebelumnya telah melalui seleksi berdasarkan kinerjanya masing-masing. Jadi, mereka adalah mata rantai di jalur distribusi produk XL Axiata yang memang selama setahun terakhir telah menunjukkan kontribusi yang maksimal di area pemasaran masing-masing di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Banten.  Mereka adalah para pemenang dalam program “Hot 151”, yaitu program bagi para retailer untuk memacu penjualan paket layanan Data pada periode 1 April – 30 Juni 2017.

Melalui program Hot 151, setiap penjualan paket Data XL yang menggunakan Dompul lewat menu *151# akan mendapatkan poin. Poin yang terkumpul bisa ditukarkan dengan beraneka hadiah. Jika selama periode program suatu retail outlet mampu mencapai poin penjualan tertinggi, maka mereka bisa mendapatkan tambahan hadiah Liburan gratis. Mudik bareng gratis ini juga merupakan apresiasi untuk para pemenang program “Hot 151” untuk wilayah Jabodetabek dan Banten.

Kota-kota yang menjadi tujuan pemudik adalah, di jalur Utara, meliputi Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Solo. Sementara di jalur Selatan, meliputi Banjar, Tasik, Cilacap, Kebumen, Purwokerto, Purworejo, Yogya. Armada minibus yang mengantar peserta hingga ke rumah masing-masing. Sementara armada bus akan mengantar hingga ke kota-kota terdekat dari lokasi tujuan.

Hadiah spesial bagi retailer terbaik

Selain mengantar pulang kampung secara gratis, XL Axiata juga memberikan penghargaan spesial bagi peserta yang sebelumnya telah memenangkan program penjualan paket layanan data tertinggi  “Hot 151”. Penghargaan tersebut berupa pembiayaan untuk acara silaturahmi di kampung halaman bagi para pemenang.

“Dengan hadiah spesial ini maka pemenang bisa melangsungkan semacam acara silaturahmi di kampung atau desanya dengan kerabat dan para tetangganya. Biasanya kan moment Lebaran juga dimanfaatkan untuk menyelenggarakan semacam kumpul keluarga besar yang sudah lama tak bertemu. Nah, hadiah ini kami tujukan untuk acara semacam itu. Semua biaya kami yang menanggungnya. Silahkan para pemenang memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Silahkan jadikan Lebaran di kampung menjadi momen yang membahagiakan,“ kata Allan

Di wilayah Jabodetabek dan Banten, jalur distribusi yang dimiliki XL Axiata setidaknya mencakup total lebih dari 39 ribu retail outlet di 13 wilayah cluster. Dengan demikian berarti juga telah menciptakan lapangan kerja bagi puluhan ribu orang sebagai pegawai. (Icha)

 

Telkomsel Hadirkan 210 Posko Siaga di Wilayah Jabotabek dan Jabar

0

Telko.id – Memasuki minggu terakhir bulan Ramadhan 1438 H kali ini, Telkomsel konsisten melakukan sejumlah langkah antisipasi terjadinya lonjakan trafik komunikasi dan penggunaan layanan data, terutama jelang periode mudik dan libur Hari Raya Idul Fitri. Untuk itu, selain menambah kapasitas jaringan, Telkomsel juga telah mengoperasikan 210 Posko Siaga di sejumlah titik potensial yang akan menjadi pusat konsentrasi berkumpulnya massa, seperti di titik transit pemudik dan kawasan tempat wisata.

Kesiapan Telkomsel dalam mengamankan kelancaran trafik jaringan dan pemenuhan kebutuhan produk dan layanan ini disampaikan Manajemen Telkomsel Area Jabotabek Jabar saat hadir dalam Apel Siaga jajaran Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) di Pusat Pengendali Lalu Lintas Nasional Kepolisian Republik Indonesia/ NTMC Polri, Jakarta, (20/6). Dalam kesempatan ini juga, Telkomsel memberikan dukungan untuk kinerja Korlantas Polri dalam menjalankan Operasi Ramadniya 2017 dengan menyerahkan bantuan kelengkapan lalu lintas, seperti peta jalur mudik, tenda posko, rompi, dan jas hujan.

“Selama momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Telkomsel telah melakukan sejumlah kesiapan guna mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik komunikasi, terutama pengggunaan layanan data. Kini, untuk memudahkan akses pelanggan mendapatkan layanan Telkomsel selama momen mudik dan libur Hari Raya Idul Fitri, sebanyak 210 Posko Telkomsel Siaga telah beroperasi di sejumlah titik yang telah kami prediksi akan menjadi pusat berkumpulnya massa,” kata Yetty Kusumawati, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel disela acara tersebut.

Telkomsel mencatat hingga minggu ketiga Ramadhan 1438H ini telah terjadi pertumbuhan payload penggunaan layanan data Telkomsel oleh pelanggan di wilayah operasional Jabotabek dan Jabar, dengan kenaikan sekitar 17% dibandingkan sejak periode awal Ramadhan 1438 H. Peningkatan ini didukung dengan penggunaan layanan data yang cukup tinggi oleh pelanggan selama Ramadhan yang didominasi akses layanan streaming video sebesar 34% dan akses social media sekitar 32% dari total penggunaan layanan data Telkomsel. Untuk wilayah Jabotabek sendiri, Telkomsel juga mengidentifikasi terjadi pertumbuhan layanan data untuk akses browsing internet yang mencapai 192% dibandingkan hari biasa.

Kehadiran Posko Telkomsel Siaga di wilayah operasional Jabotabek dan Jabar ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dipersiapkan Telkomsel, terutama dalam menyambut momen perayaan tertentu, seperti hari raya keagamaan serta malam pergantian tahun. Posko Telkomsel Siaga ini menyediakan seluruh kebutuhan produk dan layanan Telkomsel mulai dari layanan isi ulang pulsa, penjualan kartu internet, paket layanan digital seperti TCASH, paket Music Max, Video Max, Game Max, vending machine promo M-Coupon Telkomsel serta promo penjualan dan trade in smartphone 4G LTE harga khusus dengan paket bundling kartu kuota data hingga 30GB.

Yetty lebih lanjut menambahkan, Posko Siaga Telkomsel yang hadir di sejumlah titik transit pemudik seperti Rest Area, Stasiun Kereta Api, Pelabuhan dan Terminal Bus, juga akan dilengkapi beragam fasilitas yang akan memanjakan pemudik untuk melepas lelah saat melakukan perjalanan mudik, seperti fasilitas kursi pijat, layanan live streaming karaoke, games online, arena bermain anak, cukur rambut, dan layanan isi ulang batere handhone, yang semuanya dapat dinikmati pelanggan secara gratis.

Guna memudahkan akses informasi lokasi Posko Telkomsel Siaga, pelanggan juga dapat memanfaatkan layanan online berbasis aplikasi yaitu Disconholic Telkomsel yang dapat diunduh secara melalui Google Playstore. Melalui aplikasi Disconholic Telkomsel ini pelanggan dapat mengakses informasi lokasi dan beragam promo retensi Telkomsel yang bekerja sama dengan sejumlah merchant, serta info lokasi Posko Telkomsel Siaga di wilayah Jabotabek dan Jabar dengan sistem berbasis geo tagging, di mana pelanggan akan diinformasikan secara langsung lokasi Posko Telkomsel Siaga terdekat saat itu juga.

“Selain menghadirkan 210 Posko Telkomsel serta tambahan 20 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), selama momen Ramadhan dan Idul Fitri 1438 ini, 95 layanan pelanggan GraPARI termasuk 2 layanan GraPARI 24 jam di Jakarta dan Bandung, 63 Mobile GraPARI (MOGI), 89 Motor Recharge (MORE), tetap beroperasi secara normal di sejumlah titik di wilayah Jabotabek dan Jabar. Ditambah saat ini sinergi yang solid dengan pihak Kepolisian RI terutama jajaran Korlantas RI dalam menghadirkan kenyamanan para pemudik akan memberikan pengalaman yang berbeda dalam menikmati momen mudik dan libur Lebaran nanti” pungkas Yetty. (Icha)

 

 

Mobil Klinik Siap ‘Kawal’ Para Pemudik

0

Telko.id – Mudik menjadi sebuah kegiatan di akhir ramdahan yang ditunggu umat muslim. Fenomena ini dimanfaatkan oleh Indosat Ooredoo untuk partisipasi menyediakan layanan kesehatan gratis melalui mobil klinik. Mulai dari pengobatan gratis untuk layanan tindakan kuratif berupa pemeriksaan kesehatan seperti cek tekanan darah (tensi), pengobatan dan pemberian vitamin bagi para pemudik.

Tidak lupa, Mobil Klinik Indosat Ooredoo juga akan memberikan sosialisasi keselamatan berkendara dan berbagai tips aman berkendara sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran para pengguna jalan untuk selalu berhati-hati. Harapannya, pemudik dapat sampai dengan selamat dan berkumpul dengan keluarga di hari yang fitri.

Pada musim mudik tahun ini ada yang berbeda. Mobil Klinik Indosat Ooredoo memiliki kemampuan untuk melakukan pengobatan hingga operasi kecil, dan didukung pula oleh tenaga medis profesional serta dilengkapi dengan peralatan medis modern.

“Indosat Ooredoo memahami bahwa acara bersilaturahmi seyogyanya berlangsung dengan indah dan menyenangkan. Di lain pihak gangguan kesehatan akibat dehidrasi, sakit kepala, mabuk perjalanan dan kelelahan dalam perjalanan kadang mengurangi keceriaan berkumpul bersama keluarga besar serta berpotensi menimbulkan kecelakaan,” ujar Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

“Oleh karena itu, kami menyediakan Mobil Klinik di tiga titik arus mudik yang paling sibuk yaitu Kendal, Ciamis dan Lampung. Melalui kunjungan rutin dan terjadwal, kami berharap bantuan ini bisa memberikan manfaat bagi para pemudik dan juga orang-orang di sekitar lokasi mobil klinik,” tambahnya.

Tahun ini peran Mobil Klinik Indosat Ooredoo sebagai salah satu program CSR di bidang kesehatan tidak lagi terbatas sebagai pusat layanan kesehatan, namun juga akan menjadi pusat pembelajaran teknologi digital bagi masyarakat kurang mampu.  (Icha)

 

 

Kini Kuota Internet Data Bisa Dipakai Belanja

0

Telko.id – Anda punya kelebihan kuota internet data? Dulu, kuota yang berlimpah jika tidak terpakai bakal hangus begitu saja. Tapi kini, kuota internet data bisa digunakan untuk belanja. Program reward ini dapat dilakukan oleh XL dengan menggandeng Lifestyle Platform Fave (sebelumnya Groupon Indonesia) yang akan menyediakan berbagai penawaran di berbagai merchant bagi pelanggan. XL mengklaim bahwa program ini merupakan yang pertama di dunia.

“Program Xtra Deal ini merupakan inovasi kami untuk meningkatkan nilai manfaat dari apa yang selama ini kita kenal sebagai kuota internet data. Selama ini kita hanya tahu kuota internet data hanya bisa dipakai untuk akses internet data. Nah, dengan program ini, kita bisa memanfaatkannya juga untuk ditukarkan dengan kode diskon yang dapat digunakan di merchant khusus. Dengan demikian akan semakin mudah bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia untuk menikmati kelebihan kuota internet yang dimilikinya,” kata Allan Bonke, Chief Commerce Officer XL Axiata.

Allan menambahkan, menurutnya, kemajuan teknologi digital hadir untuk memudahkan para panggunanya, baik untuk aktivitas sehari-hari, meningkatkan produktivitas ataupun menikmati gaya hidup. XL Axiata sengaja meluncurkan program “Xtra Deal” berbarengan dengan momentum Ramadan dan menjelang Lebaran dengan pertimbangan agar bisa dimanfaatkan oleh pelanggan saat berada di tengah aktivitas Ramadan dan libur Lebaran. XL Axiata berharap dengan program ini akan dapat mendorong loyalitas dan pelanggan bisa merasakan manfaat dari kuota internet datanya.

Program Xtra Deal dihadirkan khusus bagi pelanggan prabayar XL yang memiliki paket internet Xtra Combo. Pelanggan berkesempatan untuk menukarkan kode diskon yang dapat ditukarkan dengan tambahan diskon sampai dengan 15% untuk semua penawaran di Fave. Kode diskon tersebut didapatkan dengan menukarkan kuota utama paket Xtra Combo mereka. Melalui kerja sama ini, para pengguna XL Xtra Combo akan dapat menukarkan 500MB kuota internet dengan kode diskon untuk tambahan diskon sebesar 5% (senilai sampai dengan Rp 5.000), 1GB kuota internet dengan kode diskon untuk tambahan diskon 10% (senilai sampai dengan Rp 10.000) dan 1,5GB kuota internet dengan kode diskon untuk tambahan diskon sebesar 15% (senilai sampai dengan Rp 15.000)

Untuk dapat menikmati program ini, pelanggan dapat mengakses melalui aplikasi MyXL. Selanjutnya pelanggan akan diberikan kode diskon yang dapat digunakan pada aplikasi Fave dan website www.myfave.com. Pelanggan bisa memanfaatkan program ini di berbagai kota besar di Indonesia, di mana tersedia merchant yang ada dalam jaringan merchant Fave. Merchant yang tersedia antara lain adalah Cold Stone Creamery, Outback Steakhouse, Haagen-Dazs, Timezone dan masih banyak merchant yang lain nya. (Icha)