spot_img
Latest Phone

Elon Musk Gugat Apple dan OpenAI Soal Integrasi ChatGPT di iPhone

Telko.id - Elon Musk melalui perusahaan xAI dan xAI...

iPhone Lipat Apple Akan Gunakan Touch ID, Bukan Face ID

Telko.id - Apple dikabarkan akan menggunakan teknologi Touch ID,...

Apple Gagal Wujudkan iPhone Lipat Tanpa Lipatan, Rilis 2026?

Telko.id - Apple dikabarkan gagal mewujudkan iPhone lipat dengan...

Google Pixel Watch 4, Dukung Koneksi Satelit dan Baterai Lebih Besar

Telko.id - Google secara resmi meluncurkan Pixel Watch 4...

Garmin Index Sleep Monitor Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin secara resmi meluncurkan Index Sleep Monitor,...
Beranda blog Halaman 1272

Wiko Tommy3 Series Jadi Yang Pertama di Indonesia Gunakan e-SIM

0

Telko.id – Lama tidak terdengar kabarnya, Wiko akhir nya meluncurkan produk terbarunya yakni Tommy 3 Plus dan Tommy 3. Kedua produk ini diklaim sebagai smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan e-SIM atau simcard virtual (tanpa fisik).

Dengan adanya fasilitas e-SIM ini maka pengguna pun tetap dapat terhubung ke intenet tanpa perlu SIMCard dan WiFi.

“Fasilitas ini kami lengkapi dalam Tommy 3 Plus dan Tommy 3 karena konsumen Indonesia senang berselancar di dunia maya. Jadi, dengan menggunakan produk kami konsumen dapat menikmati tampilan yang lebih luas, jaringan internet terbaik,” ungkap Taufik Syahbuddin, CEO Wiko Indonesia menjelaskan.

Saat ini pengguna smartphone tidak mungkin lepas dari koneksi intenet. Tetapi bila jaringan 4G atau WiFi tidak stabil pasti akan menjadi kendala tersendiri. Untuk memastikan jaringan internet yang terbaik dan stabil Wiko mengusung teknologi Virtual SIM Card pertama di Indonesia dengan mengandeng Skyroam SIMO,  sebagai perusahaan solusi akses internet.

Dengan teknologi ini memungkinkan Tommy3 series terhubung ke intenet tanpa perlu SIMCard dan WiFi. Skyroam SIMO akan secara otomatis mencari jaringan 4G paling stabil dan terbaik dimanapun lokasi pengguna berada  bahkan hingga 130 negara di dunia.

Sebagai value added untuk konsumen, pengguna Tommy3 series  akan mendapatkan kuota data GRATIS dari Skyroam SIMO hingga  6 GB, dengan data plan 1 GB/bulan selama 6 bulan.

Wiko Tommy3 ini hadir dengan layar Full View 5.45” dengan rasio 18:9 ini memiliki keunggulan dimensi smartphone tetap kompak meskipun layarnya semakin lega, selain itu informasi yang ditampilkan juga menjadi lebih luas seperti saat browsing, membaca e-book, menonton video, bermain games, menggunakan navigasi, hingga saat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan atau Split Screen akan menjadi lebih nyaman.

Dari sektor kamera Tommy3 Plus juga mampu menghasilkan foto yang tajam dan detail. Didukung kamera utama 13 MP lengkap dengan fitur Auto-Scene Detection serta Live Potrait Blur. Sedangkan Wiko Tommy3 didukung kamera belakang 8MP dengan LED Flash, serta selfie 5MP lengkap dengan LED Flash.

Untuk performance, Tommy3 Plus menggunakan RAM 2GB dan prosesor Quad Core 1.3GHz. Rasakan streaming, tweeting, dan posting, lebih mulus dengan kecepatan 4G TDD/FDD dan menggunakan AndroidTM 8.1 Oreo. Sedangkan Tommy3  didukung prosesor Quad Core 1.3GHz dan sudah menggunakan Android Oreo Go.

Wiko Tommy3 Plus dan Wiko Tommy3 dapat diperoleh dengan harga Rp. 1,499,000, sedangkan Tommy3 dijual dengan harga Rp. 999.000. Khusus tanggal 01-03 November 2018, Tommy3 Plus bisa didapatkan eksklusif di Tokopedia dengan harga Rp. 1.299.000. (Icha)

Telkomsel Bantu G4S ‘Kawal’ Uang Tunai Pakai IoT

0

Telko.id – Mesin ATM bank tidak akan terlalu bermanfaat jika tidak ada uang tunai nya. Nah, salah satu perusahaan yang mengelola nya ada uang tunai di ATM itu adalah G4S. Tentu, perusahaan seperti ini perlu ‘pengawalan’ uang tunai yang dikelola dengan baik. Salah satunya adalah dengan teknologi berbasis Internet of Things. Itu sebabnya, G4S pun menggunakan layanan dari Telkomsel.

Memorandum of Understanding (MoU) Telkomsel dengan G4S Indonesia baru saja ditandatangani di GraPARI Telkom Group, Jakarta. Melalui kerjasama ini, Telkomsel akan menyediakan berbagai solusi digital kepada salah satu perusahaan jasa keamanan terbesar tersebut yang meliputi layanan IoT (internet of things) Control Center, FleetSight dan Compack Enterprise.

”Sebagai operator yang pertama menghadirkan layanan IoT di Indonesia, kami gembira bahwa solusi-solusi bisnis berbasis IoT telah dipercaya dan semakin relevan dengan inisiatif transformasi digital bagi bisnis di berbagai sector,” kata Sukardi Silalahi, Direktur Sales Telkomsel.

“Kami harap solusi yang kami berikan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan G4S Indonesia kepada kliennya sekaligus memperkuat kepemimpinan G4S Indonesia di bidang usaha security and public safety,” ungkap Sukardi.

G4S sendiri merupakan perusahaan global penyedia jasa keamananan terintegrasi ternama dengan lini bisnis utama yang terdiri dari pengelolaan uang tunai, jasa petugas keamanan, stasiun pusat pemantauan, layanan ATM terintegrasi, serta sistem dan teknologi keamanan. G4S saat ini memiliki 13.000 karyawan yang tersebar di 52 kota di Indonesia untuk layanan pengelolaan uang tunai, sedangkan untuk jasa petugas keamanan tersebar dari daerah paling barat Sumatera hingga paling timur Papua.

President Director G4S Indonesia, David Batubara mengatakan “Penggunaan dan penerapan teknologi merupakan salah satu prioritas dan strategi G4S ke depannya untuk diterapkan dalam seluruh proses bisnis dan operasional kami, untuk meningkatkan layanan kepada seluruh pengguna jasa layanan G4S Indonesia di seluruh lini bisnis kami di Indonesia, baik dalam Secure Solution maupun di lini usaha Cash Solution. Dan dengan jaringan dan inovasi dari Telkomsel, sejalan dengan kebutuhan kami ke depan“

Solusi digital yang disediakan Telkomsel bagi G4S Indonesia meliputi layanan Control Center, FleetSight dan Compack Enterprise.  Solusi IoT Control Center akan membantu otomatisasi pengelolaan layanan seluler perangkat yang terhubung dengan Internet untuk mengoptimalkan penggunaan dengan biaya operasi yang efisien. Layanan ini akan menjadi solusi konektvitas aplikasi internal untuk laporan keamanan G4S Indonesia.

Solusi FleetSight akan membantu perusahaan untuk mengendalikan armada sekaligus melakukan efisiensi dalam pemeliharaan asset bergerak tersebut. Kegiatan operasional seluruh armada G4S Indonesia yang terdiri dari sekitar 500 mobil dan 200 motor akan didukung layanan Telkomsel FleetSight.

Sedangkan sekitar 2.000 karyawan dan 10.000 mitra G4S Indonesia akan dilengkapi oleh layanan Compack Enterprise,  sebuah layanan komunikasi yang memberikan paket komunikasi istimewa dengan dukungan jaminan keamanan data perusahaan dan kehandalan jaringan internet 4G LTE Telkomsel yang hadir hingga ke daerah pelosok Indonesia.

“Berbagai solusi layanan digital Telkomsel ini akan mendukung integrasi dan digitalisasi sistem operasi, sekaligus meningkatkan SLA (service level agreement), meningkatkan efisiensi biaya operasional dan pemeliharaan serta mendukung kelancaran kegiatan komunikasi G4S Indonesia”, ungkap Sukardi.

“Sebagai operator yang berkomitmen untuk mendigitalisasi Indonesia melalui penerapan teknologi, Telkomsel telah menyiapkan layanan maupun solusi bisnis berbasis teknologi masa depan sehingga dapat mendukung terwujudnya kesiapan para pelaku bisnis di Indonesia. Hal ini sejalan dengan roadmap pemerintah Making Indonesia 4.0 menuuju Revolusi Industri 4.0,” pungkas Sukardi. (Icha)

Palapa Ring Paket Barat Sudah Selesai, Ini Tarif Layanannya

0

Telko.id – Setelah resmi beroperasi sejak Maret 2018, pemerintah dalam hal ini BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi pun sudah menentukan dua jenis tarif penggunaan Palapa Ring Paket Barat, yaitu tarif penyediaan kapasitas pita lebar atau bandwidth; dan tarif penyediaan kabel serat optik pasif atau dark fibre.

Dengan beroperasinya Palapa Paket Barat ini dipercaya dapat menekan pengeluaran operator seluler. Pasalnya pemerintah bukan hanya menyediakan infrastruktur, namun juga menjanjikan potongan harga bagi operator yang ingin memakai kabel fiber optik ini.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara beberapa waktu lalu, pemanfaatan selanjutnya dari proyek Palapa Ring Paket Barat ini bergantung sepenuhnya pada operator, termasuk apakah mereka akan membangun BTS sendiri, atau menumpang ke BTS lain yang sudah dibangun.

Namun seharusnya, dengan adanya fasilitas Palapa Ring, operator mau berlomba-lomba untuk segera memperluas jaringan seluler mereka di wilayah 3T.

“Pemanfaatnya selanjutnya Palapa Ring ini oleh operator. Mereka tidak mau membangun daerah ini karena dianggap mahal. Salah satu yang bikin mahal, adalah backbone,” ungkap Rudiantara.

Dalam penetapan tarif penyediaan kapasitas pita lebar atau bandwidth ini dilakukan berdasarkan beberapa variable. Seperti nilai investasi, harga pasar, dan jumlah pengguna jasa. Setiap pengguna jasa penyediaan kapasitas pita lebar atau bandwidth ini pun nanti nya akan dibatasi. Hanya dapat menggunakan kapasitas pita lebar atau bandwidth maksimal sebesar 10 Gbps.

Adapun tarif penyediaan kabel serat optik pasif atau dark ditetapkan berdasar pertimbangan biaya per unit layanan dengan memerhatikan nilai investasi, panjang dan lokasi kabel, dan  harga pasar.

Yang menggunakan fasilitas ini, dapat juga memberikan harga promo. Hanya saja, untuk kebutuhan promosi dan uji coba pemanfaatan layanan, BAKTI dapat menetapkan tarif layanan sampai dengan Rp 0,00 (nol rupiah) dengan jangka waktu tertentu.

Sebagai  proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia, Palapa Ring terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya

Pita Lebar atau Bandwidth adalah nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit per second (bps), dalam waktu tertentu.

Sementara Dark Fiber adalah kabel serat optik pasif, dipakai untuk merujuk pada core fiber optik single mode yang sudah terpasang tetapi ujung-ujungnya belum terhubung ke perangkat apapun.

Adapun tarif layanan penyedia jaringan serat optik Palapa Ring Paket Barat adalah:

Sumber : Kominfo.go.id

Sebagai informasi, Palapa Ring Paket Barat ini dibangun dengan panjang 2.275 Km yang menjangkau wilayah Propinsi Riau dan Kepulauan Riau. Untuk menjangkau keseluruh daerah ini, dibentangkan kabel serat optik sepanjang 1.980 km untuk 5 kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga  dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dengan Palapa Ring Barat, provinsi Sumatera dan Kalimantan akan mempunyai kota-kota penghubung yaitu Dumai, Bengkalis, Siak, Tebing Tinggi, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Bembam, Tarempa, Ranai, Singkawang, Kuala Tungkal dan Daik Lingga.

Selain lima kabupaten tersebut, Palapa Ring Barat juga menjangkau 6 kabupaten/kota yang merupakan titik interkoneksi dengan jaringan tulang punggung serat optik yang telah dibangun oleh operator telekomunikasi. Salah satunya adalah kota Singkawang yang terletak di Propinsi Kalimantan Barat. (Icha)

Perpanjangan SIM dan SKCK pun Kini Bisa Bayar #PakeTCASH

Telko.id – Untuk gaya hidup life style memang harus ada pihak yang agresif. Masyarakat pun akan menggunakannya asal, memang lebih mudah dan tidak ribet. Salah satu yang cukup agresif adalah Telkomsel. Yang secara konsisten perkuat adopsi gaya hidup digital masyakakat dengan mengembangkan layanan mobile financial services yang bisa digunakan untuk fasilitas pembayaran layanan.

Kali ini, Telkomsel bekerjasama dengan Polres Metro Bekasi untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran pembuatan atau perpanjangan SIM & SKCK dengan menggunakan TCASH.

“Bersama Polres Metro Bekasi Telkomsel ingin memperkuat ekosistem digital melalui layanan mobile financial services TCASH. Telkomsel sangat mendukung penguatan Cashless Society dimana Teknologi digital emoney seperti TCASH telah banyak diterapkan untuk mempermudah transaksi atau pembayaran,” kata Kurnia Hadhi, General Manager Digital Product Expansion Jabotabek Jabar Telkomsel.

Dengan menggunakan layanan TCASH, masyarakat yang ingin membayar pembuatan atau perpanjangan SIM dan SKCK di Polres Metro Bekasi cukup dengan men-scan QR Code yang ada di loket pembayaran saja. Tidak hanya QR Code, masyakat juga bisa mengunakan layanan UMB di *800*110# untuk melakukan pembayaran tersebut.

Scan ini dapat dilakukan menggunakan aplikasi TCash Wallet yang dapat diunduh melalui Play Store (Android) dan App Store (IOS). Bagi pelanggan yang melakukan pembayaran menggunakan TCASH di Polres Metro Bekasi juga akan mendapatkan Cashback hingga 10 ribu rupiah.

“Dengan adanya layanan TCASH Polres Metropolitan Bekasi, Telkomsel ingin memberikan experience pembayaran digital yang lebih praktis dan mudah untuk masyarakat. Kedepannya Telkomsel juga akan terus mengembangkan beragam layanan dan teknologi digital seperti IoT (Internet of Things) untuk mendukung roadmap Making Indonesia 4.0.” Pungkas Kurnia Hadhi. (Icha)

 

 

IDC : Pengiriman Smartphone Global Turun 6% di Q3 2018

Telko.id – Berdasarkan survey dari IDC Worldwide Mobile Device Trackers, pengiriman smartphone secara global selama kuartal ketiga 2018 (3Q18) turun 6% atau hanya 355,2 juta unit saja. Hal ini bukan yang pertama. Sudah empat kuartal (Year on Year), kondisi ini terjadi terus menerus. Hal ini menjadi pertanyaan, akankah pasar smartphone masih prospektif? Walau demikian, IDC masih optimis bahwa pasar smartphone globa di 2019 mendatang akan tetap tumbuh.

Top 5 Smartphone Companies, Worldwide Shipments, Market Share, and Year-Over-Year Growth, Q3 2018 (shipments in millions of units)
Company 3Q18 Shipment Volumes 3Q18 Market Share 3Q17 Shipment Volumes 3Q17 Market Share 3Q18/3Q17 Change
Samsung 72.02.00 20.3% 83.03.00 22.1% -13.4%
Huawei 52.00.00 14.6% 39.01.00 10.4% 32.9%
Apple 46.09.00 13.2% 46.07.00 12.4% 0.5%
Xiaomi 34.03.00 9.7% 28.03.00 7.5% 21.2%
OPPO 29.09.00 8.4% 30.06.00 8.1% -2.1%
Others 119.09.00 33.8% 149.08.00 39.6% -19.9%
Total 355.02.00 100.0% 377.08.00 100.0% -6.0%
Source: IDC Quarterly Mobile Phone Tracker, November 1, 2018

 

Berdasarkan pengamatan IDC, ada dua hal yang menonjol sebagai factor utama dalam penurunan pengiriman di kuartal tiga ini. Pertama, Samsung sebagai vendor smartphone terbesar dalam hal pangsa pasar, terhitung 20,3% dari pengiriman di 3Q18, turun 13,4% dari tahun ke tahun di kuartal ini. Faktor kedua adalah China, yang merupakan pasar negara terbesar untuk konsumsi ponsel cerdas, terhitung sekitar sepertiga dari pengiriman global, juga turun selama enam kuartal berturut-turut.

Bagi Samsung pasti sangat berat. Pasalnya, pada kuartal tiga ini, pengiriman turun 13,4% menjadi 72,2 juta unit. Tekanan terhadap produsen asal Korea ini hampir dari segala penjuru. Terutama dari Huawei yang semakin dekat ke atas setelah kuartal kedua berturut-turut sebagai vendor nomor dua. Selain itu, pertumbuhan pasar seperti India dan Indonesia, di mana Samsung telah memegang posisi terkemuka selama bertahun-tahun, sedang diubah oleh pertumbuhan cepat merek-merek Cina seperti Xiaomi, OPPO, dan vivo.

Sementara itu, pasar domestik China, yang mewakili sekitar sepertiga dari semua ponsel cerdas yang dikonsumsi, telah mengalami penurunan sejak kuartal kedua 2017, dan 3Q18 merupakan kuartal keenam berturut-turut di mana pasar berkontraksi. China turun 11% pada semester pertama 2018 (1H18), dan tantangan berlanjut ke 3Q18. Secara keseluruhan IDC memperkirakan penurunan ini melambat dengan pasar kembali ke pertumbuhan datar di 2019.

“Pasar domestik Cina terus ditantang karena belanja konsumen secara keseluruhan untuk smartphone telah turun,” kata Ryan Reith, wakil presiden program dengan IDC Worldwide Mobile Device Trackers.

“Tingkat penetrasi yang tinggi, dicampur dengan kondisi ekonomi yang menantang, telah memperlambat pasar smartphone terbesar di dunia. Meskipun demikian, kami yakin pasar ini akan mulai pulih pada 2019 dan seterusnya, didorong dalam jangka pendek oleh siklus penyegaran besar yang terbangun di seluruh semua segmen, dan di tahun-tahun luar prakiraan didukung oleh migrasi 5G,” ujar Ryan menambahkan.

“Perlombaan di puncak pasar terus menjadi yang memanas karena Huawei sekali lagi menyelinap melewati Apple ke posisi kedua,” kata Anthony Scarsella, manajer riset dengan IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.

Anthony menambahkan, “Meskipun Huawei mungkin telah mengalahkan Apple di Q3, Q4 yang menjadi kuartal liburan memungkinkan untuk Apple kembali menjadi pemimpin pasar berkat peluncuran tiga perangkat tanpa bingkai baru. Tidak peduli siapa yang memimpin di pasar secara keseluruhan, kuartal liburan harus menjadi satu yang menarik dengan berbagai pilihan perangkat flagship baru yang tersedia. Dengan iPhone baru, Mate 20, Pixel 3, V40, Note 9, dan OnePlus 6T, kita dapat mengharapkan konsumen akan memiliki banyak pilihan ketika meningkatkan pendekatan waktu. handset yang harganya harus memindahkan ASP ke arah yang positif datang pada kuartal berikutnya”.

Samsung

Bagi Samsung, pada kuartal kali ini memang sangat menantang dengan pengiriman smartphone turun 13,4% dari 3Q17, dengan volume keseluruhan 72,2 juta. Meskipun ini masih cukup untuk mempertahankan posisi pangsa pasar teratas. Tapi tetap saja membuat perusahaan harus kehilangan pangsa pasar nya.

Peluncuran Galaxy Note 9 boleh dibilang berhasil dan pengiriman perangkat ini pun terus dilakukan. Namun, IDC melihat bahwa tantangan terbesar Samsung adalah dikelas di mid-range dan low-end.

Beberapa pengumuman dari Samsung terkait pembenahan portofolio produk demi menghadirkan fitur dan penentuan baru untuk model non-unggulan mungkin dapat membantu untuk bangkit. Di mana, Samsung kemungkinan besar akan mencari perangkat Seri A baru untuk mengisi kekosongan yang tersisa di mid-tier di banyak pasar.

Huawei

Produsen asal China ini cukup memberi perhatian. Pasalnya, selama dua kuartal berturut-turu mampu berada di posisi nomor dua. Walaupun, secara market share sedikit turun dari 15,9% kuartal terakhir, secara keseluruhan perusahaan harus puas dengan pengiriman 52,0 juta handset dan meraih 14,6% dari keseluruhan pasar.

Dari perspektif produk, P-series dan pembaruan terkini untuk Mate-series membuatnya tetap kompetitif seperti sebelumnya di puncak pasar. Dan merek Honor-nya, yang terutama dipasarkan untuk audiens yang lebih muda dan penjualan online, terus berkembang dengan baik di banyak pasar.

iPhone

Produk terbaru Apple membantu mendorong pengiriman kuartal ketiga menjadi 46,9 juta unit, naik 0,5% dari 46,7 juta unit dibandingkan tahun lalu. Apple sekali lagi meluncurkan tiga perangkat baru pada acara Musim Gugurnya, di mana iPhone 6,5 inci XS Max dan XS iPhone 5,8 inci digabungkan dalam iPhone XR yang lebih terjangkau di line-up Apple.

Seri iPhone XS Max dan XS baru pun dapat melanjutkan kesuksesan dari iPhone X tahun lalu, tetapi menghadirkan opsi ukuran layar baru dengan lebih banyak daya dan peningkatan kinerja ke meja. Dan Apple sekali lagi meningkatkan kamera, meningkatkan penyimpanan, dan menambahkan prosesor baru yang lebih cepat melalui chip A12 Bionic, yang merupakan chip 7-nanometer pertama untuk Apple.

Potongan harga untuk IPhone lawas, seperti 6S, 7, dan 8, di akhir kuartal, mampu menyeimbangkan portofolio iPhone di semua tingkatan harga untuk kuartal liburan. iPhone SE dan iPhone X yang lebih tua dari tahun lalu telah diturunkan dari jajaran Apple. Kuartal keempat akan mencakup pengiriman untuk iPhone XR yang sangat populer, yang belum dihitung dalam angka Q3 IDC.

Xiaomi

Produsen ini, sekali lagi mampu meningkatkan pangsa ke perusahaan baru dengan menangkap 9,7% dari semua smartphone yang dikirim ke seluruh dunia pada 3Q18. Xiaomi melanjutkan ekspansi globalnya dengan peningkatan pangsa pasar di negara-negara di mana ia telah mengembangkannya, termasuk India dan Indonesia, dan membuat kemajuan ke pasar Eropa seperti Spanyol di mana merek ini terus menjadi gangguan para brand global.

Redmi 5A, Redmi 5 Plus, dan Redmi Note 5 terus berjalan dengan baik, dengan penerus Redmi 6 / A / Pro yang lebih baru semakin cepat.

Oppo

Kejayaan Oppo terganggu. Seperti juga Samsung yang mengalami pengiriman yang terus menurun dari tahun ke tahun, Oppo demikian juga walaupun dengan skala yang jauh lebih kecil. Meskipun demikian, Oppo tetap menjadi vendor nomor 5 dalam hal pangsa pasar dengan 29,9 juta pengiriman di 3Q18, turun 2,1% dari tahun lalu.

Seperti beberapa pesaingnya yang terus menaiki tangga smartphone, OPPO mulai mendapatkan perhatian global untuk beberapa perangkat andalan terbarunya yang datang dengan acara peluncuran yang sangat dipasarkan. Desain pada produk Find X dan R17 meningkatkan standar untuk OPPO, dan sebagai imbalannya mereka terus melihat peningkatan ASP pengguna mereka. (Icha)

Demi Dekat Dengan Millennials, Telkomsel Gelar I LOOP RUN Di 8 Kota

0

Telko.id – kalau mau dekat dengan millennials ya harus berkegiatan sesuai dengan kesukaan generasi itu agar bisa diterima. Dan, saat ini generasi millennials lagi banyak yang hobi lari, itu sebabnya Telkomsel pun gelar I Loop Run di 8 kota.

Kegiatan ini merupakan pengulangan dari program tahun lalu, di mana acara ini boleh dibilang sukses. Jadi, tahun ini dilakukan lagi dan digelar di 8 kota di idnonesia.

Pada acara ini, para peserta akan lari bersama sejauh 5 Km dan 10 Km dengan perpaduan konsep fun dalam kompetisi. Berbeda dari tahun sebelumnya yang bertemakan Foam Run, I LOOP Run tahun ini bertema Cosplay Run yaitu para peserta berlari mengenakan kostum cosplay.

Acara ini mulai diadakan pada 4 November 2018 di Makassar; 18 November di Cimahi; 25 November di Bekasi, Pekanbaru, Samarinda; 2 Desember di Medan; 9 Desember di Surabaya dan terakhir di Pekalongan pada 6 Januari 2019, dengan target total peserta sejumlah 16.000 pelari.

“LOOP berkomitmen turut mendukung berbagai aktivitas anak muda atau millennials Indonesia yang dinamis salah satunya dengan berolahraga. Kami mengajak anak muda dan masyarakat di 8 kota untuk membumikan gaya hidup sehat dengan berlari bersama I LOOP Run. Berkolaborasi dengan Mobile Legend, I LOOP run tahun ini jadi lebih seru karena peserta dapat memilih jersey cosplay nya sesuai karakter favorit mereka di Mobile Legend,” kata Riny Novitriyanti, Vice President Prepaid Marketing Telkomsel.

Para peserta sudah dapat melakukan pendaftaran secara online di https://loop.co.id/ilooprun mulai 20 September 2018 dan terbatas untuk 2.000 peserta di setiap kotanya, serta khusus untuk peserta pelajar mendapatkan diskon sebesar 50%.

Setiap peserta akan mendapatkan race pack berupa paket data Telkomsel, jersey Mobile Legend sesuai karakter favorit yang dipilih ketika mendaftar, BIB Number, race bag, dan juga medali bagi para finisher.

Seluruh peserta berkesempatan memenangkan beragam hadiah undian senilai total 500 Juta Rupiah. Di antaranya adalah 8 unit Sepeda Motor, 8 paket Liburan ke Korea bareng VIU, 8 Taplus Muda BNI senilai 20 Juta Rupiah, 8 buah Smartphone, saldo TCASH  dan pulsa Telkomsel dengan total Ratusan Juta Rupiah.

Selain kompetisi sport melalui lari bertemakan Cosplay Run, terdapat juga kompetisi e-sport Mobile Legend yang berhadiah saldo TCASH puluhan juta rupiah. Selama acara berlangsung para peserta juga dapat mengikuti Instagram Challenge, dimana 10 foto terbaik yang di-upload di instagram dengan tagar #ilooprun akan mendapatkan saldo TCASH yang dapat dibelanjakan di berbagai merchant partner TCASH.

“Melalui brand LOOP, kami berharap keunggulan layanan seluler Telkomsel dapat lebih diterima sesuai dengan karakter dan tren anak muda masa kini. Kami melihat segmen anak muda masih memiliki potensi yang besar dan akan terus berkembang. Kedepannya Telkomsel akan terus menghadiran berbagai ragam pilihan produk dan layanan dengan harga yang terjangkau khususnya untuk anak muda,” tutup Riny. (Icha)

 

XL Axiata Happy Pendapatannya Tumbuh 6% QoQ

0

Telko.id – XL Axiata melaporkan pertumbuhan pendapatan yang positif di kuartal ke-3 tahun ini, tumbuh 6% dibanding kuartal sebelumnya.  Pada saat yang sama juga berhasil meningkatkan daya tarik lebih pada layanan Data. Pertumbuhan ini didorong oleh pendapatan layanan data yang meningkat sebesar 6% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Peningkatan layanan data itu jadi penyumbang terbesar pada total pendapatan layanan XL Axiata saat ini, yaitu sebesar 80%, meningkat dari 71% pada kuartal yang sama tahun lalu. Persentase ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pencapaian secara industri.

Hal ini juga yang membuat XL Axiata mampu mengatasi dampak negatif dari penurunan layanan “legacy” SMS dan percakapan secara lebih baik daripada operator lain. Di kuartal ke-3 ini pula, EBITDA juga mampu meningkat 9% QoQ dengan marjin naik menjadi 37%, didorong oleh peningkatan pada pendapatan dan efisiensi biaya.

“Meskipun semester 1 tahun ini cukup berat, kami tetap mampu meningkatkan pendapatan di kuartal ke-3 ini sebesar 6% dibandingkan kuartal sebelumnya,” kata Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata.

Menurut Dian, sepanjang kuartal ke-3 ini, XL Axiata telah menyesuaikan tarif layanan data secara berhati-hati, antara lain dengan cara mengurangi diskon, komisi, dan beberapa elemen yang mempengaruhi tarif lainnya. Setelah pelaksanaan kewajiban registrasi kartu prabayar dan periode persaingan harga yang ketat di semester pertama tahun ini, terlihat adanya ruang untuk lebih menyehatkan kondisi industri, sehingga memungkinkan XL Axiata untuk menaikkan tarif secara selektif.

Sampai dengan periode 9 bulan di tahun 2018 ini, XL Axiata mencatat total pendapatan sebesar Rp 16,9 triliun. Pencapaian total pendapatan ini relatif sama dengan pencapaian di periode yang sama tahun sebelumnya. Untuk neraca, XL Axiata tetap kuat dengan utang bersih terhadap EBITDA di 1.5x.

Keberhasilan dalam penawaran berbagai produk tersebut tak bisa dilepas dari dukungan kinerja jaringan data yang kuat. Untuk memperkuat jaringan data ini, XL Axiata terus melanjutkan program investasi jaringan guna meningkatkan pengalaman penggunaan layanan data bagi pelanggan.

Hasilnya, jaringan 4G XL Axiata sekarang telah menjangkau 387 kota/kabupaten di berbagai penjuru wilayah di Indonesia dengan lebih dari 28.000 BTS 4G. Jaringan Data juga ditopang oleh lebih dari 50.000 BTS 3G. Jumlah total BTS XL Axiata kini lebih dari 116.000 BTS.

Fokus perluasan jaringan data ini termasuk juga ditujukan ke wilayah luar Pulau Jawa.  Peningkatan investasi di luar Jawa ini terus berlanjut dan kini sudah terasa hasilnya, yaitu terus meningkatnya trafik pemakaian dan juga pertumbuhan pendapatan di wilayah luar Jawa, yang selanjutnya berkontribusi signifikan terhadap kinerja kuat XL Axiata.

Dengan dukungan jaringan data yang semakin kuat dan penawaran program-program data yang menarik, penetrasi smartphone XL Axiata telah meningkat 8 poin persentase menjadi 78% pada akhir periode 9 bulan tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Ini berarti, XL Axiata terus berhasil meyakinkan masyarakat untuk menggunakan produk XL Axiata guna mendapatkan layanan data yang benar-benar dibutuhkan.

Saat ini XL Axiata memiliki total 53,9 juta pelanggan, di mana 42 juta pelanggan di antaranya merupakan pengguna smartphone. Jumlah pengguna smartphone ini meningkat 14% dari periode yang sama di tahun lalu. Adapun pelanggan XL Axiata yang aktif menggunakan layanan data saat ini juga telah mencapai 80% dari total pelanggan.

Pada periode 9 bulan ini, EBITDA turun 1% YoY menjadi Rp 6,2 triliun karena adanya pengeluaran yang lebih tinggi untuk biaya proses pendaftaran SIM prabayar. Meskipun demikian, EBITDA kuartal ketiga ini meningkat 9% QoQ seiring membaiknya  kondisi industri. XL Axiata juga mencatat kerugian sebesar Rp 145 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencatat laba sebesar Rp 238 miliar.

XL Axiata juga telah melakukan pembayaran kembali pinjaman bank sebesar Rp 1,5 triliun, pinjaman USD 50 juta, dan Rp 1.040 miliar untuk sukuk melalui kombinasi pendanaan kembali dan dana internal. Per 30 September 2018, semua pinjaman eksternal XL Axiata dalam USD sepenuhnya telah dilindungi (fully hedged) hingga jatuh tempo. (Icha)

Realme U1

0

Telko.id – Spesifikasi Realme U1 bertumpu pada MT6771 Helio P70, 3/4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2018, November ini dibekali sistem operasi Android 8.1 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie), ColorOS 6 dan layar berukuran 6.3″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Realme memang belum secara resmi merilis harga Realme U1. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Realme Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Ambitious Black, Brave Blue, Fiery Gold) dan memiliki body berdimensi 157 x 74 x 8 mm (6.18 x 2.91 x 0.31 in) dengan berat 168 g (5.93 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front (Gorilla Glass 3), plastic back, plastic frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Realme U1

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset MT6771 Helio P70 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.1 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53) dan prosesor grafis / GPU Mali-G72 MP3. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 3/4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 32GB/64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 3500 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.3″ Inch dengan jenis LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×2340 pixels dan telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Realme U1 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A Cat6 300/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass, .

Kamera Realme U1

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Realme U1 :

  • 13 MP, f/2.2, AF
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 25 MP, f/2.0, 1/2.8″, 0.9µm yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Huawei Y Max

0

Telko.id – Spesifikasi Huawei Y Max bertumpu pada Snapdragon 660, 4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 16 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2018, November ini dibekali sistem operasi Android 8.1 (Oreo), EMUI 8.2 dan layar berukuran 7.12″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Huawei memang belum secara resmi merilis harga Huawei Y Max. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Huawei Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Midnight Black, White, Amber Brown) dan memiliki body berdimensi 177.6 x 86.2 x 8.5 mm (6.99 x 3.39 x 0.33 in) dengan berat 210 g (7.41 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Huawei Y Max

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 660 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver) dan prosesor grafis / GPU Adreno 512. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 7.12″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×2244 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Huawei Y Max sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat6 300/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Huawei Y Max

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Huawei Y Max :

  • 16 MP, f/2.0, PDAF
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 16 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, f/2.0 yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Huawei Watch Magic

0

Telko.id – Spesifikasi Huawei Watch Magic bertumpu pada , 16 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2018, November ini dibekali sistem operasi dan layar berukuran 1.2″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Huawei memang belum secara resmi merilis harga Huawei Watch Magic. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Huawei Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Lava Black, Moonlight Silver) dan memiliki body berdimensi 42.8 x 42.8 x 9.8 mm (1.69 x 1.69 x 0.39 in) dengan berat 32.5 g (1.16 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, plastic back, stainless steel 316L frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support No.

Spesifikasi Huawei Watch Magic

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset yang ditopang Central Processing Unit atau CPU dan prosesor grafis / GPU . Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 16 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128MB 16MB RAM storage, no card slot dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 178 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 1.2″ Inch dengan jenis OLED capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 390×390 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Huawei Watch Magic sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi No cellular connectivity yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal No. Selain itu ada juga konektifitas USB No, GPS(Yes, with GLONASS, GALILEO), No, dan bluetooth (4.2, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Accelerometer, gyro, heart rate, barometer, compass, .

Kamera Huawei Watch Magic

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Huawei Watch Magic :

  • No.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal No video recorder. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal .