spot_img
Latest Phone

Google Pixel Watch 4, Dukung Koneksi Satelit dan Baterai Lebih Besar

Telko.id - Google secara resmi meluncurkan Pixel Watch 4...

Garmin Index Sleep Monitor Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin secara resmi meluncurkan Index Sleep Monitor,...

Google Photos Hadirkan Fitur Edit AI dengan Perintah Suara di Pixel 10

Telko.id - Google resmi meluncurkan fitur editing berbasis kecerdasan...

Galaxy Watch8 Series Jadi Wellness Coach Pribadi untuk Gaya Hidup Sehat

Telko.id - Samsung Galaxy Watch8 Series hadir sebagai smartwatch...

Garmin Venu X1 Dukung Performa Padel dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin resmi menghadirkan Venu X1, smartwatch premium...
Beranda blog Halaman 1269

Wow Di HUT ke 51, IM3 Ooredoo Kasih 1 GB Hanya Rp.51

0

Telko.id – Buat menarik perhatian konsumen memang banyak cara. Namun, di era digital ini, paket data yang murah jadi kompenon penting dalam promosi dan menggaet konsumen sebanyak-banyak nya. Seperti yang dilakukan oleh Indosat Ooredoo. Lewat IM3 Ooredoo,  operator ini menawarkan paket Sensa51 1GB Rp51.

Setelah pamor nya beberapa waktu ini turun, operator ini pun memanfaatkan perayaan ulang tahun nya untuk memberikan promo yang gila-gilaan. Belum ada operator lain yang punya paket internet seperti ini. Bayangkan saja, 1 GB bisa diperoleh hanya Rp51 saja. Memang ada batas waktu nya. Hanya 51 jam terhitung dari 9 November 2018, jam 09.00 sampai tanggal 21 November 2018, pukul 13.00.

Tentu, agresifitas Indosat ini nantinya bakal direspon juga oleh operator lain. Pasalnya, tidak ada operator yang rela pelanggannya berpindah ke lain hati. Apalagi, saat ini Telkomsel sebagai operator terbesar di Indonesia paling murah sudah menawarkan paket data 30GB seharga Rp.120 ribu dan berlaku selama 30 hari. Pembeliannya hanya berlaku 1 hari saja. Artinya, sehari Rp.4 ribu untuk 1 GB. Masih lebih mahal ketimbang paket yang diberikan oleh Indosat. Sedangkan XL menawarkan paket 220Mb seharga Rp.5000 dan berlaku 1 hari.

Indosat Ooredoo memang seperti buka front ‘perang tarif’ di industri.

Memang sampai saat ini tidak ada peraturan yang mengatur tarif data di Indonesia. Memang, pemerintah atau regulator tidak akan mengatur tariff data, hanya saja, akan mengeluarkan Peraturan Menteri Komunikasi dalam bentuk formula nya saja.

“Tarif data nanti akan diatur dalam peraturan menteri yang terkait tarif jasa telekomunikasi secara keseluruhan. Jadi ada voice, SMS, dan data. Saat ini, kami masih melakukan pembahasan intensif terhadap draf peraturannya,” kata I Ketut Prihadi Kresna, Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) diawal tahun.

Namun, pemerintah tidak akan menetapkan tarif dasar untuk pelayanan data. Pemerintah hanya merumuskan formula bagi operator telekomunikasi dalam menetapkan besaran tarif seperti yang dilakukan oleh PLN terhadap formula tarif dasar listrik.

“Besaran tarif tidak akan kami atur, yang diatur adalah formulanya,” tambah Ketut.

Formula tersebut meliputi biaya elemen jaringan, biaya untuk penggunaan jaringan pita lebar internasional, biaya aktivitas pelayanan ritel, dan margin keuntungan.

Ketut mengatakan dengan menggunakan formula itu dapat diketahui komponen-komponen yang membentuk tarif data operator telekomunikasi.

Dengan begitu, fungsi regulator dapat dioptimalkan dalam menjalankan fungsi pengaturan, pengawasan, dan pengendalian termasuk untuk pengawasan kompetisi antar operator.

Hal tersebut juga pernah disampaikan oleh Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika beberapa waktu lalu.

“Yang jelas, saya tidak menetapkan floor price tetapi membuat formula tarif data yang memungkinkan operator masih mendapat ruang untuk bermanuver dalam berkompetisi,” katanya.

Bagi konsumen, siapa pun operator nya yang membuat program, akan senang saja. Toh, konsumen juga yang akan mendapatkan keuntunga. Hanya saja, jika punya program bagus tapi tidak didukung oleh jaringan yang mumpuni, tentu hal ini akan menjadi boomerang bagi operator. Dan, konsumen pun akan kapok menggunakan layanannya.

Seperti yang dilakukan oleh Indosat Ooredoo, operator ini harus memberikan layanan yang optimal juga bagi pelanggannya. Jangan hanya buat program yang murah dan menarik perhatian pelanggan, tetapi ternyata paket data yang ada tidak dapat digunakan karena banyak bengong.

Indosat sih berjanji bahwa hal itu tidak akan terjadi karena sudah melakukan penambahan, perluasa dan peningkatan jaringan yang sudah dilakukan satu tahun belakangan ini.

Seperti yang disampaikan oleh Hendri Mulya Syam, Chief Sales & Distribution Officer menjelaskan.

“Kualitas layanan yang kami hadirkan juga didukung jaringan data yang unggul dengan terus membangun infrastruktur jaringan secara agresif berbasis teknologi 4G yang saat ini sudah tersedia di 1.929 kecamatan di seluruh Indonesia dan akan terus berkembang dan semakin diperluas ke depan,” ujar Hendri.

Hingga pertengahan tahun 2018 ini, Indosat Ooredoo mencatat adanya peningkatan traffic data sebesar 79,1% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2017. Menyadari hal tersebut, saat ini Indosat Ooredoo telah melakukan perluasan jaringan 4G baik di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa dan targetnya akan membangun sekitar 4.300 BTS di tahun depan untuk mendukung tren kebutuhan masyarakat digital saat ini. (Icha)

Potensi dan Pernak-pernik IoT di Indonesia

0

Telko.id – Internet of Things atau IoT, memang digadang-gadang bakal banyak yang menggunakan. Apalagi dalam industry 4.0. Di mana, IoT ini menjadi salah satu teknologi digital yang akan banyak dipakai.

Bagaimana dengan potensi pasar IoT di Indonesia? Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan, pangsa pasar Internet of Things (IoT) di Indonesia diperkirakan berkembang pesat dan nilainya bakal mencapai Rp 444 triliun pada tahun 2022. Dari total potensi infrastruktur digital di Indonesia yang akan menciptakan peluang bisnis baru hingga USD150-200 miliar pada tahun 2025-2030 (McKinsey & Company).

Nilai tersebut disumbang dari konten dan aplikasi sebesar Rp 192,1 triliun, disusul platform Rp 156,8 triliun, perangkat IoT Rp 56 triliun, serta network dan gateway Rp 39,1 triliun.

Menperin menjelaskan, terdapat lima teknologi digital sebagai fundamental dalam penerapan revolusi industri 4.0 di Indonesia, yaitu IoT, artificial intelligence, wearables (augmented reality dan virtual reality), advanced robotics, dan 3D printing. “Jadi, hari ini kita fokus pada internet of everythings. Ini yang harus dikuasai oleh generasi muda kita,” ujarnya.

Airlangga menuturkan, IoT merujuk pada jaringan perangkat fisik, kendaraan, peralatan rumah tangga, dan barang-barang lainnya yang ditanami perangkat elektronik, perangkat lunak, sensor, aktuator, dan konektivitas.

“Semuanya memungkinkan untuk terhubung dengan jaringan internet maupun mengumpulkan dan bertukar data,” ujarnya di Jakarta.

Pada periode yang sama, berdasarkan data Indonesia IoT Forum, kemungkinan ada sekitar 400 juta perangkat sensor yang terpasang, sebesar 16 persen di antaranya terdapat pada industri manufaktur, 15% persen di sektor kesehatan, 11% asuransi, 10% perbankan dan sekuritas, serta sektor ritel, gosir, perbaikan komputer masing-masing 8%.

Selanjutnya, sekitar 7% di pemerintahan, 6% transportasi, 5% utilities, serta real estate and business services and agriculture masing-masing 4%, dan sisanya 3% untuk perumahan dan lain sebagainya.

Dilihat dari potensi nya memang sangat besar IoT di Indonesia ini. Sayang, masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan terkait regulasi agar ekosistem teknologi ini pun dapat terbentuk, berkembang dan tumbuh.

Regulasi Yang mengatur Spektrum Frekuensi dan Standar IoT Belum Keluar Juga

Regulasi untuk spectrum frekuensi dan standarisasi IoT sudah cukup lama digodok oleh pemeritah. Setidaknya, 2 tahun belakang, kerap dilakukan diskusi sebagai bahan refernsi pemerintah dalam melakukan penggodokan.

Pemerintah sendiri berjanji, tidak akan lama lagi, aturan tentang spectrum frekuensi dan standar IoT di Indonesia akan dikeluarkan. Setidaknya, tahun ini sudah keluar dalam bentuk Peraturan Menteri.

Menurut Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Mochamad Hadiyana mengatakan beleid tersebut ditargetkan bisa dirilis pada tahun ini karena proses pembahasan telah selesai.

Sebagai gambaran, dari sisi spektrum frekuensi terdapat dua kategori yakni berizin dan tak berizin.

Untuk kategori berizin, Band 1 yakni di 2.100 MHz, Band 3 yaitu 1.800 MHz, Band 5 dengan 800 MHz, Band 8 dengan 900 MHz juga Band 31 di 450 MHz dan Band 40 di 2.300 MHz.

Sementara itu, untuk kategori tak berizin terdapat 2,4 GHz, 5,8 GHz dan di rentang  919—925 MHz yang masih dalam kajian karena dikhawatirkan mengganggu operasi di jaringan seluler.

“Kami segera mengeluarkan frekuensinya. Untuk perangkat LPWA (low power wide area) kami bagi dua, ada yang di-support jaringan seluler. Kalau untuk perangkat non-3GPP bisa menggunakan frekuensi yang tidak berizin. Tahun ini, Insyaallah kami ingin menyelesaikan sesegera mungkin,” ujar Hadiyana beberapa waktu lalu.

Menurutnya, frekuensi berizin adalah merupakan frekuensi eksis sehingga operator seluler bisa menggunakan frekuensi yang dimiliki. Adapun, pengaturan spektrum frekuensi tersebut diatur mengikuti dengan peranti IoT yang beredar di pasar.

Untuk peranti yang menggunakan jarak jauh terdapat standar 3GPP dan non-3GPP. Peranti dengan standar 3GPP di antaranya adalah LTE Advanced, LTE M, dan NB IoT. Sementara itu, untuk kategori non-3GPP, Lora dan Sigfox.

Khusus frekuensi tak berizin, dia menyebut akan dilakukan uji coba dalam waktu dekat untuk penggunaan spektrum frekuensi 919 MHz hingga 925 MHz. Jika ternyata terdapat gangguan, maka pihaknya harus mengubah menjadi 919 MHz hingga 924 MHz atau 919 MHz hingga 923 MHz.

Palapa Ring Jadi Backbone Tumbuhnya IoT dan Industri Nasional

Tidak lama lagi, proyek Palapa Ring yang digarap pemerintah akan selesai. Untuk Palapa Ring Barat sudah selesai tinggal digunakna. Sedangkan Palapa Ring Tengah dan Timur tahun depan siap digunakan.

Proyek Palapa Ring atau sebuah proyek serat optik sepanjang 36 ribu kilometer di 440 kota di Indonesia. Menurut Airlangga, ini dilakukan demi mendukung tercapainya akses internet berkecepatan tinggi yang merata di tahun 2019.

Dengan selesainya Palapa Ring di 2019, diharapkan permasalahan konektivitas di Indonesia bisa terselesaikan. Dengan begitu, tidak akan ada permasalahan dalam konektivitas IoT baik dengan konektivitas langsung dari end device ke server/cloud atau dari gateway ke server atau cloud.

Airlangga mengatakan, teknologi IoT memang menjadi solusi. Bahkan, pengelola kawasan industri sudah memikirkan untuk segera mengembangkan teknologi ini sebagai pilot plant. “Dan, tentunya ini akan menjadi backbone untuk industri nasional ke depan,” katanya.

IoT, Perlu SDM Seperti Apa?

Pemerintah dalam mendorong bertumbuhnya IoT ini juga melihat kebutuhan akan SDMnya. Itu sebabnya, pemerintah terus berupaya memfasilitasi dan mengakselerasi peningkatan kualitas SDM guna menyesuaikan dengan dinamika IoT.

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika menjelaskan, pemerintah membutuhkan keterlibatan dan kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk dari dunia usaha, akademisi dan masyarakat. Sebab, tantangan yang dihadapi beberapa tahun mendatang terkait IoT sangat beragam.

“IoT ini membutuhkan kualitas sumber daya manusia yang mumpuni dan keahlian baru secara berkelanjutan,” ujarnya.

Lalu, sebenarnya SDM seperti apa yang dibutuhkan? Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asia IoT Business Platform, menunjukkan 70% perusahaan besar dan perusahaan organisasi lokal bedang mengekplorasi penerapa IoT. Artinya, SDM yang memiliki kemampuan berkaitan dengen sistem atar teknologi IoT akan banyak dibutuhkan. Namun, kemampuan seperti apa yang dibutuhkan untuk berkolaborasi dalam IoT?

IoT terdiri dari berbagai disiplin ilmu. Mulai dari hardware, jaringan, aplikasi dan software. Hardware merupakan komponen penting dalam IoT. Kemampuan untuk mengoperasikan hardware menjadi kemampuan yang penting. Kemampuan tersebut termasuk sensor, mikrokontroler, sistem embedded, dan sistem operasi.

Dalam sistem IoT ini nantinya akan banyak sekali menggunakan sensor. Bahkan, dalam satu sistem akan menggunakan lebih dari satu buah sensor yang akan dikendalikan oleh mikrokontroler.

Jadi, tenaga kerja dengan kemampuan menggunakan dan mendesain sistem operasi juga diperlukan karena pengguna akan banyak berhadapan dengan handphone.

Bagaimana komponen berkomunikasi dan bertukar data merupakan proses yang penting pula. Dalam proses komunikasi data diperlukan orang-orang yang ahli dalam hal jaringan dan penyimpanan data.

Jaringan yang tersedia juga harus bisa menghubungkan banyak perangkat ke Internet. Jaringan yang handal harus dapat mendesain sistem yang bebas dari kemacetan, kehilangan data, dan dengan kualitas pengiriman yang baik. Keahlian dalam big data, database, dan clouding pun dibutuhkan. Dan, tenaga ahli dibidang keamanan data pun menjadi faktor penting.

Software dan aplikasi atau interface dengan pengguna juga merupakan komponen penting. Kedua hal ini mencakup computer science dan web design ntuk membuat interface yang user friendly dan mudah digunakan oleh pengguna. Diperlukan orang-orang yang berpotensi dalam bidang tersebut.

Di samping kemampuan hardskill, tentu dibutuhkan kemampuan softskill. Kemampuan softskill seperti apakah yang dibutuhkan?

Pertama dibutuhkan kemampuan kerja sama dalam tim. Karena IoT terdiri dari beberapa disiplin ilmu, dibutuhkan sebuah tim untuk mengembangkan IoT. Akan ada bermacam-macam orang dari latar belakang disiplin ilmu yang berbeda dalam sebuah tim. Toleransi, saling memahami, saling menghargai, dan empati dibutuhkan untuk membentuk sebuah tim yang baik.

Kemampuan komunikasi yang baik juga diperlukan. Kemampuan tersebut termasuk di dalamnya komunikasi antar individu dalam satu tim dan public speaking. Ide yang bagus perlu dituangkan dan disampaikan dengan baik agar maksud dan tujuan dari ide tersebut dapat diterima dan dimengerti dengan baik pula, baik dengan tulisan maupun lisan.

Terlebih, IoT merupakan teknologi yang membutuhkan berbagai disiplin ilmu. Dibutuhkan pula kemampuan yang bermacam-macam, baik hardskill maupun softskill. Dengan menguasai kemampuan tersebut, sumber daya manusia Indonesia dapat bersaing dalam mengembangkan IoT.

7 Tantangan IoT di Indonesia

Ada beberapa tantangan yang mungkin akan dihadapi ketika sebuah industri akan terjun pada produk berbasis IoT. Apa saja?

  1. Saat ini, pemahaman mengenai faktor keamanan dan privasi sangat rendah, padahal IoT ini memungkinkan setiap perangkat saling terhubung dan menjadi titik masuk yang rentan untuk berbagai serangan. Misalnya perangkat-perangkat yang harganya lebih murah bisa dipastikan lebih sensitif terhadap penyadapan yang melanggar aspek keamanan dan privasi.
  2. Integrasi yang sulit, dikarenakan keberagaman perangkat, platform, protokol yang berbeda-beda, dan ketiadaan standar untuk interkonektivitas.
  3. Kesulitan mengembangkan model bisnis atau solusi-solusi berbasis IoT yang menarik konsumen dan menguntungkan bagi pemain IoT.
  4. Ketersediaan infrastruktur jaringan yang berkualitas dan terjangkau yang jarang terdapat di Indonesia sangat membatasi penerapan IoT.
  5. Perangkat-perangkat IoT juga rawan dicuri di Indonesia, sehingga membutuhkan pengamanan ekstra, atau peletakan di tempat-tempat yang keamanannya tinggi.
  6. Ketersediaan catu daya yang handal juga membatasi pemanfaatan IoT, alternatifnya adalah dengan menambahkan baterai dan sel surya.
  7. Kebutuhan analisis data-data IoT yang berkapasitas besar, hal ini bisa jadi kendala besar, namun sekarang sudah ada solusi cloud yang mampu melakukan pemrosesan dan analisis data-data IoT.

(Icha)

Indosat Siap Bantu Pebisnis Lakukan Transformasi Digital

0

Telko.id – Transformasi digital memang sebuah keharusan. Tapi bukan persoalan mudah untuk melakukannya jika tidak memiliki kemampuan. Indosat Ooredoo Business menyadari hal itu. Dan, operator ini pun menggambil peran sebagai trusted digital partner yang akan membantu para perusahaan untuk melakukan transformasi digital.

Peran ini dimainkan oleh Indosat karena memiliki basis sebagai perusahaan infrastruktur telekomunikasi. Dan Indosat Ooredoo Business sebagai trusted digital partner  yang mempertemukan dengan partner-partner lainnya sehingga dapat memberikan berbagai macam inovasi produk dan layanan ICT bagi pelanggan enterprise maupun institusi pemerintah.

“Indosat Ooredoo Business percaya bahwa teknologi digital, khususnya ICT, saat ini menjadi faktor pendorong untuk melakukan inovasi dan peningkatan produktivitas dalam berbagai aspek. Seiring hal tersebut, Indosat Ooredoo juga tengah bertransformasi menjadi leading digital telco yang tidak hanya berfokus pada layanan jaringan tetapi juga menguatkan sektor solusi ICT yang dapat mendukung perkembangan ekonomi dan pembangunan nasional,” ujar Arief Musta’in, Direktur Indosat Ooredoo.

Indosat Ooreodo Business menjadi mitra bagi perusahaan dan institusi dalam melakukan transformasi digital dengan memanfaatkan solusi ICT. Pembangunan solusi ICT ini akan memberikan value dalam menciptakan berbagai peluang bisnis, inovasi dan relevansi terhadap perkembangan pasar.

Indosat Ooredoo Business telah dipercaya menjadi mitra solusi ICT di beberapa proyek strategis. Seperti halnya di sektor transportasi, Indosat Ooredoo telah mewujudkan Airport Management System pada projek pembangunan Bandara Internasional Kertajati – Jawa Barat.

Begitu juga di sektor institusi pemerintah, Indosat Ooredoo telah membangun solusi smart city yang terdiri dari infrasruktur telekomunikasi, command center dan aplikasi-aplikasi pendukung yang berjalan secara terintegrasi.

Pemerintah sudah mempunyai visi pada tahun 2020 untuk menjadikan Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan memfokuskan pengembangan ekonomi digital berbasis lokal yakni UMKM dan bisnis rintisan. Visi itu diwujudkan dalam target terciptanya 1.000 digital start-up dengan valuasi bisnis US$ 10 miliar, pertumbuhan e-commerce 50% per tahun dan transaksi US$ 130 miliar.

“Indosat Ooredoo Business menyediakan ekosistem solusi digital yang lengkap mulai dari layer device, connectivity, platform, hingga vertical apps. Indosat Ooredoo menjadi perusahaan telko digital yang menyediakan jasa ICT terlengkap di Indonesia,” tutup Arief. (Icha)

XL Axiata Resmikan X-CAMP, Laboratorium IoT Di Indonesia

0

Telko.id – Internet of things atau IoT di gadang-gadang bakal menjadi jalur pemasukan baru bagi operator. Namun, untuk menjadi sebuah bisnis yang besar, diperlukan ekosistem yang menunjang. Dan, tentu saja, dibutuhkan berbagai cara untuk membentuknya. Salah satu yang dilakukan oleh XL Axiata adalah dengan membangun Laboratorium IoT. Bahkan operator ini mengklaim bahwa laboratorium ini merupakan yang terlengkap di Indonesia.

Peresmian X-CAMP ini dilakukan oleh Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini, Menkominfo, Rudiantara dan Menperin,  Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (13/11).

Secara teknologi, IoT memiliki kemampuan suatu konsep dimana objek tertentu punya kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa memerlukan adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer. Dengan adanya IoT ini menjadi salah satu solusi digital yang memiliki potensi besar di masa mendatang karena dapat mempermudah berbagai aktifitas individu dan industri.

Secara bisnis, IoT memiliki potensi yang besar dan memungkinkan untuk dikembangkan lebih luas di Indonesia di mana kebutuhan atas layanan data dan solusi-solusi digital terus meningkat, baik oleh individu maupun korporasi.

Semua itu yang membuat XL Axiata membangun suatu laboratorium yang akan menjadi tempat bertemunya semua pemangku kepentingan (stakeholders) untuk bersama-sama mengembangkan  ekosistem IoT di Indonesia mulai dari idea generation hingga implementasi bisnis.

“Salah satu alasan kami mendirikan IoT Lab ini adalah karena kami melihat business scenario IoT yang unik sehingga diperlukan adanya product customization. Keunikan tersebut disebabkan oleh kebutuhan akan solusi dari use caseyang berbeda antara satu industri dengan industri lainnya,” ujar Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata menjelaskan dalam sambutannya.

Dian menambahkan, ”Nantinya use case atau kebutuhan atas solusi berbasis IoT tersebut dapat dikembangkan oleh para developer yang tergabung di dalam X-Camp, yang selanjutnya bisa direalisasikan menjadi produk atau solusi IoT sesuai dengan kebutuhan penggunanya”.

Menurut Dian, dengan konsep IoT Open Lab dan fasilitas yang dimiliki saat ini, X-Camp merupakan IoT Innovation Lab terlengkap yang dimiliki oleh operator telekomunikasi di Indonesia. X-Camp juga menjadi satu-satunya Lab IoT yang tergabung di GSMA Lab Alliance di Kawasan Asia Tenggara.

X-Camp akan turut aktif mengembangkan potensi sumber daya lokal, termasuk dari kalangan perguruan tinggi. Bahkan, saat ini X-Camp telah menjalin kerjasama dengan sejumlah kampus terkemuka di Indonesia, termasuk diantaranya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan menyusul beberapa universitas lainnya sebagai bagian program X-Camp Lab Alliance untuk bersama-sama membangun ekosistem IoT secara berkesinambungan.

Dia melanjutkan, XL Axiata berharap besar X-Camp dapat berperan serta secara aktif dalam mengembangkan teknologi dan ekosistem IoT serta menjadi salah satu pendorong dalam mendukung pemerintah mewujudkan inisiatif Making Indonesia 4.0 sejalan dengan trend industry 4.0. Dengan adanya X-Camp juga, XL Axiata dapat menjadi lebih pro-aktif terhadap ide-ide yang muncul serta dapat merealisasikannya menjadi sebuah produk maupun IoT solution. Dibandingkan jika tidak ada fasilitas IoT Lab, maka posisi XL Axiata akan cenderung menjadi pasif dan hanya menunggu use case yang datang dari user.

Beberapa hal yang akan dilakukan oleh X-Camp di antaranya adalah menciptakan produk maupun solusi IoT untuk ide-ide yang datang dari internal XL Axiata sendiri dan untuk use case yang datang dari calon pelanggan. Laboratorium ini bisa menyelenggarakan pelatihan yang berkaitan dengan teknologi IoT yang bertujuan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia.

Kegiatan ini akan bernaung di bawah IoT Academy. Tidak hanya sampai sampai di situ, X-Camp juga bisa turut mengembangkan produk atau solusi berbasi IoT yang potensial yang merupakan para juara dari hasil event kompetisi (seperti Hackaton, Ideation) sehingga menjadi produk IoT yang siap untuk dipasarkan.

Selaras dengan berkembangnya perusahaan-perusahaan rintisan atau startup saat ini, laboratorium ini juga bisa membantu mengembangkan startup berbasis teknologi IoT dengan menggandeng venture capital dan incubator. Bahkan, X-Camp juga bisa menjadi tempat mempertemukan kalangan bisnis/enterprise yang memiliki kebutuhan akan solusi IoT dengan para IoT Makers maupun sebaliknya.

Dengan demikian, X-Camp akan bisa menghasilkan produk dan jasa yang bersifat inovasi berupa ide solusi baru, prototype, dan wujud IoT solution. Selanjutnya, produk yang bersifat edukasi, yang akan menghasilkan terutama sumberdaya manusia yang memiliki keahlian mumpuni di bidang IoT. Dalam hal ini, X-Camp juga akan bisa berperan sebagai lembaga sertifikasi IoT. Ketiga, jasa bersifat pemberdayaan di mana X-Camp akan bisa memberikan konsultasi dan fasilitas komersialisasi solusi IoT, hingga tumbuhnya start-up baru.

Laboratorium yang akan mulai efektif beroperasi di pertengahan November 2018 ini memiliki sejumlah fasilitas. Beberapa di antaranya adalah ruang kerja yang dapat digunakan oleh para maker atau developer untuk membuat dan mengembangkan prototype produk IoT hingga versi small scale production. Lalu ada juga ruangan dan alat-alat untuk pengetesan user experience. Tidak ketinggalan fasilitas untuk menampilkan produk-produk dan solusi IoT yang dihasilkan X-Camp dan juga ruangan untuk bertemunya para stakeholder.

IoT dalam berbagai bentuknya sebenarnya telah digunakan sejak lama terutama untuk aplikasi-aplikasi Machine to Machine (M2M) baik dengan menggunakan koneksi selular existing yang ada seperti jaringan GSM/GPRS maupun dengan bentuk konektifitas lainnya. Seiring dengan berkembangnya berbagai use case yang membutuhkan teknologi radio berbasis Low Power Wide Area (LPWA) untuk aplikasi-aplikasi IoT di masa depan, jaringan XL Axiata saat ini sudah mendukung teknologi Narrow Band IoT (NB-IoT) yang merupakan teknologi berstandarisasi 3GPP.

Teknologi NB-IoT sendiri saat ini sudah didukung oleh mayoritas penyedia perangkat jaringan, pembuat chipset dan module IoT ini nantinya diharapkan memberi dukungan bagi banyak perusahaan di berbagai industri untuk terus menggunakan solusi-solusi berbasis IoT. (Icha)

 

Karyawan Indosat Ooreodo Yang Tidak Bisa ‘Sprint’ Terancam Di PHK

0

Telko.id – Tidak dapat dipungkiri, perusahaan selalu membutuhkan karyawan yang cepat tanggap dan mampu beradaptasi dengan perubahan. Apalagi di era digital yang dinamas seperti sekarang ini. Karyawan harus gesit dan mampu lari berkecepatan tinggi atau Sprint jika ingin masih dipakai. Hal ini juga akan terjadi di Indosat Ooredoo ketika harus melakukan Transformasi People.

Memang, tidak serta merta aka nada pemutusan hubungan kerja. Tetapi akan diawali dulu dengan menerapkan berbagai program HRD didalam perusahaan ini yang baru saja mendapatkan CEO baru, Chris Kanter.

Penilaian terhadap karyawan tidak akan lagi terhadap Key Performance Indicators atau KPI secara bisnis saja, tetapi kini akan fokus pada people atau orang didalamnya.  Diharapkan akan dapat menyeleksi karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Program ini dicanangkan oleh Indosat Ooredoo dengan tim manajemen barunya sebuah program transformasi perusahaan dengan fokus pada People, Process dan Business, bertepatan dengan HUT perusahaan ke-51. Transformasi People menjadi perhatian pertama dan utama manajemen baru, karena SDM merupakan aset terpenting perusahaan dan menjadi motor penggerak utama bisnis. Tanpa SDM yang berkualitas, bisnis tidak akan dapat berjalan ke depan.

Terlebih kompetisi industri telekomunikasi semakin dinamis seiring dengan era layanan sms dan suara terus menurun digantikan dengan kompetisi di layanan data karena tren digital yang masuk ke seluruh aspek aktifitas manusia. Operator telekomunikasi dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan persaingan pasar ini sehingga tetap bisa eksis memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

Di sisi lain, setiap operator juga memiliki berbagai problem internal yang mempengaruhi kinerja mereka dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Kualitas jaringan dan juga strategi marketing menjadi faktor penting yang mempengaruhi hal ini. Tidak hanya itu, semua tantangan tersebut juga harus didukung dengan keberadaan SDM yang berkualitas untuk mendukung kinerja perusahaan ke depan.

Apalagi, Indosat berencana untuk mengucurkan CAPEX yang tidak sedikit ditahun depan. Jadi, karyawan yang handal adalah yang dibutuhkan perusahaan.

“Kami menyadari bahwa SDM adalah aset terpenting perusahaan yang harus mendapat perhatian pertama dan utama. Untuk itu, Transformasi People yang kami canangkan akan diimplementasikan dalam beberapa program utama yang meliputi pembentukan Employee Value Proposition melalui People Development dan Leadership Development yang kuat untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang dinamis, dan didukung dengan Reward Strategy dan Employee Relations yang tepat untuk me-retain, engage dan develop talenta masa depan,” demikian disampaikan Irsyad Sahroni, Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo.

Irsyad Sahroni menambahkan, “Indosat Ooredoo selama ini dikenal sebagai Talent Producer bagi industri telekomunikasi Indonesia, dan melalui afiliasi kami dengan Ooredoo Group, kami ingin menghasilkan talenta internasional yang mampu memenangkan persaingan bisnis yang semakin dinamis. Ini semua hanya bisa tercapai bila pembangunan SDM dilakukan secara employee-centered.”

Program Transformasi People ini diharapkan akan menjadi pendukung dan motor penggerak perusahaan yang lebih cepat dalam mengeksekusi berbagai rencana strategis dan target perusahaan ke depan. Didukung dengan tim baru manajemen, komitmen investasi lebih massive ke depan, serta dukungan berbagai mitra strategis perusahaan, Indosat Ooredoo optimis akan dapat memenangkan persaingan ke depan, memberikan layanan yang semakin baik kepada pelanggan, serta memberikan hasil terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) perusahaan.

Namun jangan salah, di Indosat Ooredoo ini masih banyak karyawan lama yang nota bene masih mengakar budaya kerja lama. Yang artinya, karyawan lama ini belum tentu bisa mengikuti gerakan gesit perusahaan dalam bekerja. Dan, hal ini tidak disangkal oleh Irsyad, bahwa karyawan yang tergolong bukan generasi millenial ini masih 70% dari total karyawan di Indosat.

Hanya saja, Irsyad menyatakan bahwa pemutusan hubungan kerja karyawan disebuah perusahaan adalah hal biasa. Di Indosat sendiri angka churn off karyawan mencapai 8%. Sedangkan untuk Tallent churn off nya sangat tinggi. Bisa mencapai 10%. Hal ini yang akan coba juga diubah oleh indosat. Tallent churn off diharapkan tidak lebih dari 8%. Sedangkan churn off karyawan sampai 10% masih bisa ditolerir.

Artinya, karyawan yang memang memiliki talent atau potensi dan dibutuhkan oleh perusahaan diharapkan tidak keluar saat terjadi transformasi SDM ini.

Setidaknya, hasil dari gerakan transformasi SDM yang dicanangkan oleh Indosat ini akan terlihat dalam kuartal empat tahun ini. Terutama akan dirasakan oleh internal perusahaan. Yang buntut nya, diharapkan akan memberikan dampak positif bagi pelayanan pada pelanggan Indosat.  (Icha)

Poin Telkomsel Kini Bisa Ditukar Saldo TCASH Buat Jajan

0

Telko.id – Bagi pelanggan Telkomsel yang loyal, tentu memiliki banyak poin yang terkumpul. Selain bisa digunakan untuk belanja di MyTelkomsel, poin ini kini bisa ditukarkan menjadi saldo bonus TCash lewat aplikasi yang sama. Program ini namanya POIN Jajan TCASH.

“Kami mengapresiasi kesetiaan seluruh pelanggan setia Telkomsel yang telah mendampingi perjalanan bisnis TCASH hingga saat ini. POIN Jajan TCASH menjadi salah satu program unggulan di 2018, yang kami harapkan akan semakin memanjakan pelanggan Telkomsel untuk bertransaksi non-tunai dengan TCASH dalam kehidupan sehari-hari di lebih dari 75.000 merchant partner kita di seluruh Indonesia,” ujar Jason Tan, Head of Postpaid Marketing Telkomsel.

Jason menambahkan bahwa “Melalui program ini, TCASH juga berkomitmen untuk terus memasyarakatkan gaya hidup non-tunai dan mendorong terealisasinya less-cash society di Indonesia”.

Untuk dapat menukarkan Telkomsel POIN, pelanggan cukup mengakses aplikasi MyTelkomsel dan memilih menu Telkomsel POIN pada sidebar. Setelahnya, pelanggan dapat mengakses banner “Tukar Jadi TCASH” dan mengkonfirmasi jumlah POIN yang akan ditukarkan.

Pelanggan dapat menukarkan 200 poin nutuk mendapatkan 20.000 TCASH, 100 poin nutuk 10.000 TCASH dan 50 poin untuk 5000 TCASH.

Saat transaksi sukses, pelanggan akan secara otomatis menerima pesan notifikasi. Informasi saldo bonus POIN Jajan TCASH bisa ditemukan secara langsung di aplikasi TCASH Wallet, pada fitur “saldo bonus”. Selain melalui aplikasi MyTelkomsel, pelanggan pun juga dapat menukarkan POIN mereka melalui Kode Akses USSD *700*800#.

POIN Jajan TCASH ini dapat digunakan pelanggan untuk memanfaatkan beragam jenis layanan non-tunai dengan TCASH, seperti pembayaran di seluruh merchant outlets menggunakan TCASH Tap dan Snap QR Code; pembayaran tagihan (PLN, PDAM, internet, dan sebagainya); serta pembelian voucher game online.

Saat ini, di tingkat nasional, TCASH telah digunakan oleh lebih dari 25 Juta pelanggan di 34 provinsi. TCASH menghadirkan lebih dari 15 jenis layanan, serta menjadi satu-satunya uang elektronik yang secara menyeluruh hadir dan bekerja sama dengan beragam toko ritel ternama di Indonesia, yaitu Alfamart, Alfamidi, Circle K, Family Mart, dan Indomaret sebagai titik pengisian saldo. Informasi terbaru mengenai TCASH, bisa ditemukan di tcash.id. (Icha)

 

 

 

Ponsel BM, Bak Duri Dalam Daging Di Industri Telekomunikasi

0

Telko.id – Ponsel BM atau black market yang hadir di Indonesia secara ilegal sudah lama beredar. Mungkin dari awal ponsel masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000. Isue ini tidak pernah hilang, terus muncul. Sampai saat ini. Keberadaanya masih tetap ada. Padahal, sudah berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk menutup ‘jalur’ masuknya. Jadi, bak duri dalam daging di Industri telekomunikasi.

Jika dulu beredar di pusat-pusat penjualan ponsel atau retail, kini di e-commerce banyak ditemukan ponsel BM. Seolah – olah ponsel BM bebas diperjualbelikan tanpa tersentuh aparat penegak hukum.

Kehadiran ponsel BM ini tentu sangat merugikan sejumlah pihak, mulai dari pemerintah, pengguna smartphone dan vendor smartphone itu sendiri. Banyak masyarakat merasa dirugikan akibat membeli ponsel BM. Karena ponsel BM tidak ada garansi jika mengalami kerusakan atau kehilangan.

Bagi pemerintah, kondisi ini sangat merugikan negara. Pasalnya, karena masuk melalui jalur illegal maka pemerintah tidak akan mendapatkan masukan dari pajak nya. Coba saja bayangkan, setiap tahun itu, ponsel baru yang masuk ke Indonesia berkisar diangka 24 juta unit.

Dalam satu kesempatan, Menperin Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa, total kerugian negara akibat peredaran ponsel BM bisa mencapai Rp1 triliun per tahun. Besarnya pasar ponsel ilegal jelas membuat vendor resmi tak kompetitif dalam memasarkan produk. Bukan hanya dengan brand lain, namun juga brand yang sama karena umumnya harga ponsel BM jauh lebih murah. Termasuk juga brand local, terkena imbas nya.

Dua tahun lalu, untuk mengurangi masuknya ponsel illegal itu, pemerintah mengeluarkan regulasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri. Hasil kerjasama tiga kementerian. Kementerian Pergadangan, Kementrian Perindutrian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Target nya, jika ada ponsel masuk ke Indonesia, setidaknya 30% adalah memiliki unsur komponen lokal. Terutama yang ponsel 4G. Namun, tetap saja, banyak yang mencari celah untuk memenuhi aturan itu dan ponsel illegal pun masih tetap banyak.

Saat ini, ada dua brand besar seperti Xiaomi dan iPhone yang mendominasi beredarnya ponsel BM di Indonesia. Dalam kasus Xiaomi, berkat membanjirnya produk BM, membuat vendor asal China itu mampu menyodok ke posisi dua di pasar ponsel Indonesia (survey Canalys Q2-2018).

Kasus Xiaomi ini seperti ‘menampar’ industri telekomunikasi. Pasalnya, biarpun brand ini kerap ‘mengganggu’ pasar dengan spesifikasi yang mumpuni tapi dibandrol dengan harga murah, tidak ada yang menyangka jika jumlah yang beredar di Indonesia cukup besar, sampai market share brand ini muncul di sebuah survey.

Data IDC menyebutkan market share Xiaomi sebesar 25% selama kuartal kedua (Q2) 2018. Angka ini cukup mengejutkan, karena di tahun sebelumnya di 2017, market share Xiaomi hanya 3%.

Kemudian melesat tajam di Q2 2018 ini. Pertumbuhan dari tahun-ke-tahun (year-on-year) sebesar 838,8%.

Ketua Asosiasi Pengusaha Ponsel Indonesia, Hasan Aula menilai bahwa tidak semua ponsel Xiaomi adalah illegal. Menurut Hasan, “Semua ponsel sudah harus memenuhi local content TKDN sebesar 30% dan karena tidak bisa import finish good yang smartphone lagi dan local content TKDN di tunjuk oleh Xiaomi ke erajaya sebagai partner dan produk yang di jual adalah bergaransi Xiaomi Indonesia dengan logo TAM. Jadi selain di luar itu tidak di produksi di Indonesia”.

Dengan banyaknya barang BM beredar maka akan membinggungkan konsumen. Jadi bagi masyarakat yang membeli ponsel Xiaomi perlu memperhatikan. “Selama bukan barang dari TAM dan bergaransi Xiaomi Indonesia, jangan dibeli”, ujar Hasan.

Hasan pun menambahkan, dari APSI tentunya mengharapkan bahwa pemerintah terus menerus melakukan penindakan akan barang BM ini, karena barang black market tidak sesuai dengan peraturan pemerintah untuk mendorong lokal investasi dan juga pendapatan pajak negara juga akan hilang.

Sebenarnya, keberadaan ponsel BM ini sudah menjadi perhatian khusus dari Pemerintah Indonesia, brand smartphone dan pihak terkait untuk meredam peredarannya. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI), DPR dan MPR serta lembaga lainnya segera menetapkan regulasi untuk menekan peredaran ponsel BM di tanah air.

“Gadget sudah bukan masalah regulasi melainkan masalah penegakan hukum. Kasus ponsel BM ini masuk dalam kasus pemalsuan sesuai dengan Undang-Undang. Jika terbukti melakukan pemalsuan, maka kita akan meminta aparat penegak hukum untuk  mengenakan sanksi pidana. Jika terkait dengan KUHP, ini masuk dalam tindakan kriminal ekonomi,” jelas Anggota Komisi III DPR RI, Taufikul Hadi di gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Menurut Taufik ponsel BM beredar di pasaran sebagian besar ulah penjual.

Hal senada juga disampaikan oleh  Anggota Komisi XI DPR RI, Eva Kusuma Sundari.

“Kami meminta sejumlah pihak termasuk aparat penegak hukum untuk mengawasi peredaran ponsel BM. Kami juga mendukung Kominfo dalam mengimplemantasikan regulasi IMEI agar industri ponsel tanah air menjadi sehat,” jelas Eva.

Aturan IMEI

Peredaran ponsel ilegal (Black Market/BM) seakan tidak bisa diredam. Baik di toko retail dan e-commerce masih saja ditemukan ponsel BM.

“Ponsel BM di pasar Indonesia jumlahnya 20%. Setiap tahunnya ponsel BM terus meningkat di Indonesia,” ujar Ali Soebroto, Ketua AIPTI (Asosiasi Industri Perangkat Telematika Indonesia) saat acara diskusi publik Meredam Ponsel BM di gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (6/11/2016).

Peredaran ponsel BM tentu memerlukan perhatian khusus dari Pemerintah Indonesia, brand smartphone dan pihak terkait.

“Bukan hanya gadget, pasar gelap terjadi di industri lain. Salah satu cara yang harus kita lakukan untuk meredam ponsel BM adalah menerapkan aturan dan sistem yang dapat mendeteksi IMEI (International Mobile Equipment Identity) ponsel. Perlu ada kontrol IMEI dari sejumlah pihak untuk menekan peredaran ponsel BM. Kita akan membantu Kominfo membuat regulasi tentang IMEI tersebut untuk menekan peredaran ponse BM,” ujar Anggota Komisi XI DPR RI, Eva Kusuma Sundari.

Seperti anggota komisi DPR, Kominfo juga terus memerangi ponsel BM.

“Kami akan terbitkan sertifikat resmi untuk ponsel. Banyak perangkat sekarang yang tidak resmi terutama di online shop. Kami memliki tim yang menangani kasus ini. Sesuai dengan UU komunikasi dikenakan sanksi pidana berupa kurungan dan denda,” papar Mochamad Hadiyana, Direktur Standardisasi Perangkat dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dikatakan Hadyana, Kominfo tengah menggodok regulasi IMEI untuk mengurangi ponsel BM.

“Mudah-mudahan Aturan IMEI tersebut akan segera dirampungkan paling lambat akhir Desember 2018. Implementasinya baru akan dilaksanakan tahun 2019 mendatang,” tutup Hadyana. (Icha)

 

Dalam Setahun Trafik Layanan Data XL Di Jateng Naik 75%

0

Telko.id – Dengan terus meningkatkan kualitas layanan data di Jawa Tengah akhirnya, XL pun mendapat dampak yang positif. Ya, trafik layanan data XL di wilayah ini pun meningkat cukup menggembirakan.

Dalam setahun terakhir terjadi peningkatan hingga 75%. Sementara itu jumlah pelanggan yang menggunakan layanan data mencapai kurang lebih 4,7 juta, atau sekitar 64% dari total pelanggan di Jawa Tengah.

Provinsi Jawa Tengah ini memang menjadi salah satu wilayah yang diprioritaskan dalam peningkatan kualitas layanan data XL. Caranya, dengan terus menambah jumlah BTS 4G LTE di sejumlah kota dan kabupaten untuk  memperkuat infrastruktur layanan datanya.

“Jawa Tengah menjadi wilayah yang paling dinamis dan mengalami peningkatan trafik data paling tinggi. Jadi, kami akan terus menjaga performa di wilayah ini,” ujar Rahmadi Mulyohartono, Group Head Commercial Go To Market XL Axiata.

Peningkatan trafik terjadi hampir di semua kota/kabupaten di Jawa Tengah. Trafik tertinggi antara lain terjadi di kota/kabupaten seperti Kabupaten Rembang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Grobogan dengan peningkatan mencapai 182% pada periode Januari-September 2018.

Di Jawa Tengah ini, XL sudah memiliki 8.410 BTS 3G dan 4G. Dari total 116.134 BTS, dengan 50.476 unit di antaranya merupakan BTS 3G dan lebih dari 28.028 unit merupakan BTS 4G yang tercata hingga akhir September 2018.

Jaringan 4G LTE milik XL Axiata kini telah menjangkau 387 kota/kabupaten di berbagai penjuru wilayah di Indonesia. Pembangunan infrastruktur BTS 4G akan terus dilakukan selaras dengan fokus XL Axiata untuk menjadi perusahaan penyedia layanan koneksi data pilihan di Indonesia.

Tapi bukan hanya infrastruktur saja. Faktor pendorong peningkatan pelanggan dan trafik data lainnya adalah diluncurkannya sejumlah program yang menarik, yang mampu memberikan benefit lebih bagi pelanggan.

Ada program khusus yang digelar. Program yang dimaksud adalah “Xtra Combo Lite” dan “YouTube Paket”. Ada tiga area yang mendapatkan kedua program khusus tersebut, yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Rembang. Di ketiga kabupaten yang saling berdekatan tersebut, jaringan data XL Axiata didukung oleh lebih dari 320 BTS 3G dan sekitar 200 BTS 4G.

Untuk sosialisasi, XL Axiata menyelenggarakan acara “Panggung Xtra” di Purwodadi, Kab Grobogan, pada Sabtu (3/11). Di acara yang berlangsung di pelataran Stadion Purwodadi tersebut antara lain sisajikan acara “Bagi-bagi Ratusan Hape Xtream” yang memberikan kesempatan kepada masyarakat setempat untuk mendapatkan Xtream Smartphone 4G dengan benefit Gratis Youtube 24 Jam, 1 Tahun.

Untuk bisa mengikutinya, pelanggan cukup  mengikuti games “Nelfon Non Stop” yang diberikan atau cukup membeli paket Xtra Combo Lite di area event.

Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti, yang juga membawahi wilayah layanan Jawa Tengah, mengatakan bahwa guna meningkatkan pemahaman masyarakat di beberapa kota/kabupaten mengenai manfaat layanan data berkualitas dari XL Axiata, maka XL Axiata menggelar beberapa program secara khusus.

Program yang dimaksud adalah “Xtra Combo Lite” dan “YouTube Paket”. Ada tiga area yang mendapatkan kedua program khusus tersebut, yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Rembang. Di ketiga kabupaten yang saling berdekatan tersebut, jaringan data XL Axiata didukung oleh lebih dari 320 BTS 3G dan sekitar 200 BTS 4G.

Selain itu, ketiga wilayah itu juga dapat menikmati benefit tambahan berupa “Double Lokal Kuota”. Tapi ketika nomor pelanggan dipakai di luar wilayah kota/kabupaten tersebut, maka tambahan kuota tidak berlaku.

Sementara itu, program “YouTube Paket” adalah produk khusus untuk pelanggan di area tertentu yang memberikan benefit 15GB untuk akses YouTube dan iFlix hanya dengan Rp 1000/30hari. Khusus wilayah Jawa Tengah, kota-kota yang dapat menikmati benefit ini yaitu Kab. Blora, Kab. Grobogan, Kab. Rembang,. Paket ini hanya tersedia di UMB *123# bagi pelanggan di tujuh kota tersebut. (Icha)

Waspada! Ini 5 Taktik ‘Social Engineering’ Yang Sering Digunakan Para Penipu

Telko.id – Anda pernah di telepon dari nomor yang tidak dikenal? Biasanya, orang itu akan mengatasnamakan operator selular dan kalau didengarkan lagi, cara bicara nya sangat mirip dengan orang yang menawarkan kartu kredit atau KTA (Kredit Tanpa Anggunan). Sangat berbeda dengan cara menyapa para costumer care nya operator.  Lalu, orang itu akan mengatakan baru saja mengirimkan SMS dan meminta Anda menyebutkan password atau PIN yang ada didalam pesan itu. Ingat! Jangan sampai Anda menyebutkan password atau PIN itu. Itu Sudan termasuk taktik Social Engineering.

Pasalnya, lembaga apapun itu, baik lembaga keuangan maupun operator tidak akan pernah meminta nomor PIN atau password pada pelanggannya. Jadi, sudah dapat dipastikan, itu adalah telepon dari hacker atau penipu.

Hal itulah yang disebut dengan taktik Social Engineering. Sebuah teknik untuk mendapatkan informasi atau akses dengan cara memanipulasi korban secara halus, tanpa korban sadari.

Manipulasi psikologis ini dilakukan di berbagai media dengan tujuan mempengaruhi pikiran korban, misalnya lewat suara, gambar erotis, atau tulisan yang persuasif dan meyakinkan.

Sebenarnya, teknik ini tidak hanya dilakukan oleh penjahat atau kriminal tapi polisi dan penegak hukum pun menggunakannya untuk memata-matai target operasi dan mendapatkan informasi tentang targetnya. Sebagai salah satu tekni intergogasi.

Supaya kita tidak termakan tipuan di era digital ini, perlu juga mengetahui beberapa teknik social engineering yang sering dilakukan oleh para penipu atau hacker. Berikut adalah lima teknik social enggineering yang paling popular:

  1. Phishing

Teknik phishing ini merupakan taktik penipuan yang paling sering digunakan sekarang ini. Beberapa penipuan Phishing digunakan untuk mendapatkan informasi personal seseorang seperti nama, alamat dan nomor keamanan sosial.

Kalau di Indonesia, nomor KTP, Kartu Keluarga kini pun jadi rawan karena sudah terintegrasinya data-data tersebut. Jadi, kalau bisa dan tidak terlalu penting, jangan memberikan nomor-nomor tersebut.

Selain itu, bisa juga dengan cara mengatasnamakan situs resmi seperti PayPal, Facebook atau situs lain yang mengharuskan seseorang untuk memasukkan email dan password, padahal sebenarnya situs tersebut adalah buatan si hacker.

Dengan cara ini hacker mendapatkan semua data yang diperlukan untuk mengambil alih akun seseorang.

  1. Pretexting

Taktik pretexting ini adalah teknik yang digunakan hacker dengan cara berbicara layaknya para ahli. Hacker yang kita ketahui sangat mahir dalam hal teknis, tapi ketika hacker menggunakan social engineering, maka hacker bisa berbicara sangat lancar seperti seorang ahli.

Gaya bicaranya seperti tele marketing yang sering melakukan penjualan via telepon. Tapi, yang ini memiliki niat tidak baik. Jadi, Anda harus lebih hati-hati lagi ketika bicara. Atau bisa juga menggunakan gaya lain yang disesuaikan dengan keinginan si hacker melakukan penipuan dan sangat menyakinkan sekali cara bicara nya.

  1. Baiting

Baiting adalah teknik yang hampir sama seperti Phishing, yaitu memberikan pancingan berupa hadiah barang atau hal-hal yang menarik korban untuk membuka situs yang dibuat hacker.

Baiting kebanyakan menawarkan korbannya musik gratis atau unduhan film, termasuk film porno, dengan kecepatan yang lebih cepat. Setelah mengklik situs tersebut, korban harus memasukkan email dan password mereka.

  1. Quid Pro Quo

Secara harfiah, Quid Pro Quo berarti ‘sesuatu untuk sesuatu’. Konsep ini menjanjikan korban keuntungan yang sama yang akan mereka dapatkan dari informasi yang mereka berikan.

Taktik ini paling umum dilakukan oleh hacker yang berpura-pura menjadi orang layanan IT dan menelpon sebanyak-banyaknya orang dari perusahaan yang dapat mereka temukan.

Hacker ini akan menawarkan bantuan kepada korbannya dengan menjanjikan perbaikan sistem IT yang lebih cepat dengan catatan perusahaan harus menonaktifkan program AV mereka untuk melakukan perbaikan tersebut.

Lebih parahnya, hacker dengan taktik ini bisa jadi memiliki kemampuan yang lebih baik daripada orang layanan IT sungguhan.

  1. Tailgating

Beberapa orang mengenal istilah Tailgating ini dengan Piggyback. Taktik ini dilakukan dengan cara menguntit seseorang yang memiliki otentikasi, seperti karyawan perusahaan untuk masuk ke area yang tidak bisa diakses orang asing.

Biasanya, pelaku tailgating, akan meniru kurir pengirim barang dan menunggu di luar gedung. Ketika seorang karyawan yang memiliki akses untuk masuk ke dalam area tersebut membuka pintu masuk, pelaku akan mengikutinya dengan menahan pintu itu lalu masuk ke dalam gedung.

Cara Pencegahan

Taktik social engineering ini bisa dengan mudah dilakukan oleh hacker, dan tidak sulit juga bagi kita yang mungkin jadi korban mencegah penipuan tersebut.

Berikut adalah beberapa cara agar kita bisa mencegah serangan social engineering.

  1. Jangan membuka email berisi tautan dari sumber yang tidak terpercaya.
  2. Jangan menerima tawaran dari orang yang tidak di kenal, apapun keuntungan yang akan diterima.
  3. Kunci laptop, kapanpun ketika akan meninggalkan laptop walaupun hanya sebentar.
  4. Gunakan software anti-virus (AV). Meskipun AV tidak bisa mengamankanmu dari segala serangan, tapi setidaknya AV bisa menambal beberapa celah.
  5. Selalu update software dengan versi terbaru.
  6. Jangan Share Password atau PIN pada siapa pun.
  7. Buat password atau PIN yang tidak mudah ditebak orang.
  8. Kurangi penggunaan Public WiFi.

(Icha)

Ternyata Registrasi Prabayar Belum Menurunkan Angka Penipuan Di Telkomsel

0

Telko.id – Salah satu niat pemerintah memberlakukan registrasi Prabayar adalah untuk mengurangi jumlah kasus penipuan. Ternyata, di Telkomsel, angka tersebut masih belum banyak bergerak dari sebelum program itu diberlakukan. Hal ini disampaikan oleh Andri Wibawanto, Vice President Customer Care Management Telkomsel saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (6/11).

“Program registrasi prabayar sangat bagus. Tapi di Telkomsel, jumlah penipuan yang dilaporkan masih belum bergerak banyak. Dari Januari 2018 sampai saat ini, ada 13 ribu pelanggan yang melaporkan dengan berbagai jenis kasus penipuan. Sebelum registrasi prabayar pun, angka nya tidak jauh berbeda,” ujar Andri menjelaskan.

Jenis penipuan yang dilaporkan ada berbagai macam modus. Yang sering muncul seperti meminta informasi kode verifikasi atau One-Time Password (OTP) di aplikasi MyTelkomsel yang dikirimkan melalui SMS.

Kondisi itu membuat Telkomsel lebih serius lagi menangani kasus penipuan ini. Tapi, hal ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh operator ini. Seluruh pelanggan juga harus selalu waspada terhadap beragam bentuk penipuan itu sendiri.

“Yang perlu diingat, Telkomsel tidak pernah meminta data diri, password atau kode verifikasi kepada pelanggan untuk alasan apapun. Data diri, password atau kode tersebut harus selalu dijaga kerahasiaannya seperti halnya PIN ATM atau bank,” ujar Tuty R Afriza, Vice President Digital Experience & Business Insight Telkomsel menjelaskan.

Andri mengingatkan juga, kalau pelanggan merasa tidak melakukan aktivitas yang disebutkan dalam SMS, pelanggan tidak perlu menanggapi SMS tersebut dan tidak menginformasikan kode verifikasi tersebut apabila diminta oleh pihak tidak dikenal. Dengan memberikan password atau kode verifikasi kepada orang lain sama saja dengan memberikan akses kepada orang lain untuk melakukan transaksi apapun melalui aplikasi MyTelkomsel.

Ada juga kasus, selain meminta password atau kode verifikasi aplikasi MyTelkomsel, selanjutnya modus penipuan akan meminta pelanggan untuk memberikan kode verifikasi atas pembelian layanan Telkomsel yang terkirim melalui SMS. Jangan sampai diberikan kode verifikasi itu!

Jika ada yang seperti itu, cepat lagikan logout dari MayTelkomsel dengan menghubungi *323*20#. Pelanggan akan mendapatkan notifikasi melalui SMS dan secara otomatis ter-logout atau keluar dari semua akses aplikasi MyTelkomsel. Terutama bagi pelanggan yang merasa telah login aplikasi MyTelkomsel di beberapa device atau perangkat.

Andri juga menambahkan dalam menyampaikan segala informasi untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk, ataupun promosi berhadiah, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau di Call Center Telkomsel, serta situs resmi perusahaan di www.telkomsel.com.

Jika terjadi penipuan, pelanggan dapat menghubungi layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188, mengiirmkan SMS pengaduan yang dikirimkan ke 1166 secara gratis dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN, menghubungi melalui chatting dengan asisten virtual di LINE, Telegram, dan Facebook Messenger Telkomsel, email cs@telkomsel.co.id, atau melalui facebook.com/telkomsel dan Twitter @telkomsel. Informasi lebih lanjut mengenai penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel dapat dilihat di https://www.telkomsel.com/support/waspada-penipuan.  (Icha)