spot_img
Latest Phone

Google Pixel Watch 4, Dukung Koneksi Satelit dan Baterai Lebih Besar

Telko.id - Google secara resmi meluncurkan Pixel Watch 4...

Garmin Index Sleep Monitor Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin secara resmi meluncurkan Index Sleep Monitor,...

Google Photos Hadirkan Fitur Edit AI dengan Perintah Suara di Pixel 10

Telko.id - Google resmi meluncurkan fitur editing berbasis kecerdasan...

Galaxy Watch8 Series Jadi Wellness Coach Pribadi untuk Gaya Hidup Sehat

Telko.id - Samsung Galaxy Watch8 Series hadir sebagai smartwatch...

Garmin Venu X1 Dukung Performa Padel dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin resmi menghadirkan Venu X1, smartwatch premium...
Beranda blog Halaman 1263

Telkomsel Siapkan Bandwith 4,2 Tbps Demi Pelanggan Nyaman Berlibur

0

Telko.id – Akhir tahun banyak dihabiskan masyarakat Indonesia untuk berlibur. Tentu saja, selama liburan, smartphone tetap tidak akan lepas dari tangan. Tetapi wilayah mengakses layanan akan bergeser ke tempat wisata. Itu sebabnya, Telkomsel sudah mempersiapkan lonjakan tersebut. Setidaknya, operator ini sudah menyiapkan bandwith 4,2 Tbps dan Bangun 776 BTS Baru.

Selain itu juga memperkuat nya dengan menempatkan 88 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS dikerahkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan komunikasi.

Optimalisasi jaringan juga dilakukan di 628 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru, seperti alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan. Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur baru seperti jalur tol dan bandara yang sudah beroperasi.

Dari seluruh titik tersebut, 13 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan adalah Lapangan Merdeka (Medan), Engku Putri (Batam), Benteng Kuto Besak (Palembang), Ancol (Jakarta), Summarecon Mall (Serpong), Kebun Raya Bogor, Pangandaran (Ciamis), Malioboro (Yogyakarta), Wisata Pemandian Gumul (Kediri), Pantai Kuta Bali, Lapangan Merdeka (Balikpapan), Megamas Mall (Manado), Lapangan Merdeka (Ambon). Khusus mall dan pusat perbelanjaan, Telkomsel telah mengoptimalkan jaringan 4G untuk mengantisipasi lonjakan trafik data di 49 titik.

“Momen Natal dan Tahun Baru yang selalu dibarengi dengan masa liburan merupakan momen bagi masyarakat Indonesia menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabatnya. Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati waktu liburannya, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun,” ujar Bob Apriawan, Direktur Network Telkomsel.

“Kami secara rutin terjadwal melakukan uji jaringan, khusus untuk wilayah yang diprediksi menjadi pusat keramaian kami juga telah melakukan optimalisasi jaringan. Sehingga penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video pada aktivitas pergantian tahun kami jamin kelancarannya,” lanjut Bob.

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 20% dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafik layanan data ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31%.

Di samping itu pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, serta bermain online games.

Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 0,5% pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 1,4% dibandingkan hari biasa.

Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel telah menyiagakan 592 Mobile GraPARI (MoGi) dan 3.779 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital. Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 428 GraPARI Siaga di seluruh wilayah Indonesia.

Secara keseluruhan, untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 184.000 BTS di seluruh Indonesia hingga penjuru Nusantara.  Lebih dari 51.000 eNode B (BTS 4G) di lebih dari 500 kota kabupaten juga disiagakan untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.  (Icha)

 

 

Indosat Ooredoo Semangat Ikut Bangun 100 Smart City 

0

Telko.id – Indosat Ooredoo melihat bahwa Smart City dapat menjadi variable penting dalam mengakselerasi divis Indosat Ooredoo Business nya untuk menjadi lebih baik lagi. Itu sebabnya, operator ini pun semangat mensukseskan program gerakan Menuju 100 Smart City yang dicanangkan pemerintah.

Dengan infrastruktur telekomunikasi nya yang lengkap, Indosat yakin bahwa akan mampu menjadi trusted digital partner bagi perusahan maupun pemerintah kota dan kabupaten untuk mengakselerasi mesin pertumbuhan yang baru.

Dalam Gerakan 100 Kota Cerdas tahap II 2018 ini, Indosat Ooredoo Business berkontribusi dalam proses penyusunan master plan smart city di 16 kota/kabupaten sebagai technology advisor.

kembali menegaskan komitmennya untuk mensukseskan program Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas 2018. Dalam Gerakan 100 Kota Cerdas tahap II 2018 ini, Indosat Ooredoo Business berkontribusi dalam proses penyusunan master plan smart city di 16 kota/kabupaten sebagai technology advisor.

“Jika sampai bisa membangun 100 smart city saja, seperti program dari pemerintah itu, sudah sangat bagus sekali untuk Indosat,” ujar Intan Abdams Katoppo, Chief Business Officer Indosat Ooredoo.

Apalagi, saat ini, Intan melihat bahwa untuk membangun smart city ini tidak sesulit beberapa tahun lalu. Pasalnya, dorongan masyarakat terhadap layanan yang lebih digital dan terinterasi membuat pemerintah daerah pun merasa masih kurang jika belum membuat kota nya menjadi smart city.

“Jadi pemerintah daerah yang satu dengan yang lain sekarang saling lirik untuk menjadi kota nya menjadi lebin cerdas dalam malayani masyarakatnya. Seperti berlomba-lomba tidak mau kalah,” ujar Intan.

Hanya saja, memang setiap kota itu berbeda-beda kebutuhannya. Itu sebabnya, dibutuhkan BIMTEK atau bimbingan teknis untuk menyusun masterplan smart city sehingga dapat memaksimalkan inovasi, inklusifitas, serta pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, kesejahteraan maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Pada tahap ke II yang pada tahun ini terpilih 50 kota/kabupaten untuk ikut serta dalam program BIMTEK (bimbingan teknis). Kota/kabupaten tersebut berhasil memenuhi penilaian aspek-aspek yang dipandang penting dalam suksesnya implementasi smart city berbasis teknologi informasi. Gerakan ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan Republik Indonesia.

Sampai dengan 2018, Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas telah menghasilkan 75 master planimplementasi smart city pada kota/kabupaten.

Indosat Ooredoo Business sendiri sudah membangun ekosistem smart city antara lain infrastruktur telekomunikasi dan ICT, platform smart city, dan aplikasi-aplikasi yang berjalan di atasnya secara terintegrasi dan berkesinambungan.

“Indosat Ooredoo juga menampilkan beragam solusi ICT sebagai enabler Smart city berbasis TIK di antaranya smart plate & face recognition solution, command center, smart light PJU, e-tax, e-retribusi, smart bike sharing, dan digital library. Ke depan kami akan terus berinovasi menghadirkan solusi yang dibutuhkan pelanggan dalam era 4.0 saat ini” tutup Intan. (Icha)

Telkom Gelar Turnamen PUBG Antar Karyawan BUMN Agar Lebih Solid

0

Telko.id – Telkom menggelar event Spirit of Millennials Games Day 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/9). Yang bertanding bukan hanya pemain profesional, tetapi juga karyawan BUMN, bahkan Menteri BUMN RI Rini Soemarno ikut main.

Kenapa karyawan milenial BUMN juga diajak main PUBG? Bukannya nanti malah akan menurunkan kinerja BUMN?

Inisiatif Spirit of Millennials Games Day ini bertujuan agar jajaran manajemen di BUMN dapat terus membina karyawan mudanya agar bisa menjadi pegawai yang berkualitas, inovatif, dan kreatif.

“Harapannya, nantinya bisa membawa BUMN menghadapi berbagai perubahan di era globalisasi ini. Kami berharap BUMN dapat senantiasa eksis sebagai salah satu instrumen penting yang pendorong perekonomian bangsa,” ujar Rini yang sempati ikut turun main PUBG.

Selain itu, seperti juga dengan tema dari event ini, Spirit of Millennials Games Day 2018, Telkom ingin, karyawan BUMN juga yang milenial saling kenal dan solid.

“Dalam menghadapi era perubahan menuju digitalisasi ini, bukan tidak mungkin antar BUMN nanti nya akan ada kerjasama yang lebih dibandingkan sekarang ini. Jika sudah pernah bertemu, maka akan jauh lebih enak untuk melakukan kerjasamanya,” ujar Aulia Ersyah Marinto, VP Marketing Management at Directorate of Consumer Telkom menjelaskan.

Aulia menjelaskan bahwa sebelumnya para perusahaan BUMN ini memiliki program masing-masing yang berhubungan dengan konteks milenial. Namun, khusus saat ini program tersebut disatukan melalui ajang Spirit of Millennials Games Day 2018.

“Program ini dimulai IndiHome eSport League sejak 2017, kemudian tahun ini dicanangkan untuk di-sharing ke kementerian yang sesama perusahaan BUMN,” ucapnya.

“PUBG ini kita pilih karena berdasarkan riset karena masuk ke dalam game top five terpopuler, makanya kita bawa untuk dikompetisikan,” ujar Aulia.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan bahwa Spirit of Millennial Games Day 2018 ini ditujukan dalam rangka mengembangkan inovasi games digital, yang diharapkan dapat mendorong perkembangan industri games di Indonesia, sehingga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Alex berpesan agar generasi milenial mampu bersinergi mengembangkan ekosistem industri games nasional.

“Para milenial diharapkan dapat menciptakan value-added dalam setiap permainan, sehingga yang ditawarkan tidak hanya sekedar permainan yang menyenangkan, tetapi permainan yang mampu mempertajam cara berpikir, menggali kreativitas dan sportivitas, serta edukatif, sehingga games dapat digunakan sebagai media untuk menanamkan nilai-nilai sosial dan memperkenalkan berbagai kebudayaan lokal atau internasional. Dengan begitu, ekosistem industri games nasional akan semakin berkembang pesat dan daya saing developer games Indonesia pun akan meningkat,” ujar Alex.

Spirit of Millennials Games Day 2018 merupakan festival permainan digital yang terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya Turnamen PUBG Millennial BUMN, Turnamen Millennial Pro Mobile bagi komunitas yang didukung jaringan Telkomsel, BOD Games Exhibition yang mengikutsertakan jajaran direksi BUMN untuk bertanding dengan pemain profesional, dan Turnamen Millennial Pro yang diikuti oleh 16 finalis pertandingan IndiHome E-Sport League 2018 yang merupakan pemain profesional. 16 Finalis ini telah tersaring dari 3000 peserta yang 75% diantaranya merupakan pelanggan IndiHome.

Dalam festival games ini, terdapat juga talk show dan coaching clinic dengan tema “Peran Millennials dalam Membangun Industri Games Indonesia di Masa Depan” dengan narasumber yang telah berkarya di industri games Indonesia.

Spirit of Millenials Games Day 2018 menyediakan hadiah dengan total ratusan juta rupiah dan dimeriahkan oleh berbagai pengisi acara dan rangkaian acara menarik lainnya seperti kompetisi cosplay, kompetisi logo tim, kompetisi publikasi media sosial, serta hiburan permainan lainnya seperti archery, can toss, dan dart balloon. (Icha)

Layanan MBanking Telkomsel Masih SMS Based dan USSD, Kenapa?

0

Telko.id – Telkomsel baru saja meluncurkan mBanking. Satu aplikasi ini bisa digunakan untuk beberapa rekening nasabah di beberapa bank. Setidaknya ada 22 bank yang dapat dipilih oleh nasabah. Tapi, kecanggihan mBanking telkomsel ini tidak mengubah teknologi dibalik nya. Operator ini tetap memilih SMS based dan USSD untuk melayani pelanggannya. Kenapa?

Menurut Harris Wijaya, Vice President Digital Advertising and Banking Telkomsel, di sela peluncuran aplikasi mBanking Telkomsel, di Jakarta, Rabu (12/12), SMS based dan USSD ini memiliki keamanan yang lebih baik ketimbang menggunakan berbasis internet. Itu sebabnya, Telkomsel masih mempertahankannya.

mBanking Telkomsel hanya menggunakan internet ketika melakukan download aplikasi awal saja. Selebih nya akan berbasis SMS Banking.

Lucunya, meskipun aplikasi mobile banking sudah dihadirkan oleh banyak bank, layanan berbasis SMS atau SMS banking ternyata masih diminati oleh pelanggan Telkomsel melalui menu akses *141#.

Harris menyampaikan, hingga awal Desember 2018, transaksi layanan SMS banking di jaringan Telkomsel meningkat 11 persen dibandingkan tahun lalu. Telkomsel sendiri saat ini melayani sekitar 10 juta pengguna SMS banking setiap bulannya.

“Awalnya, ketika banyak bank membuat aplikasi mobile banking, kita memang sempat memperkirakan akan terjadi penurunan transaksi SMS banking. Namun, ternyata layanan ini masih banyak peminatnya. Kita masih bisa maintain pertumbuhannya hingga double digit seperti pencapaian tahun lalu,” kata Harris.

Kelebihan dari SMS Banking adalah layanan dapat digunakan melalui tipe ponsel apa pun, baik smartphone maupun feature phone, serta tidak perlu menggunakan akses layanan data.

Karenanya, layanan ini tetap akan dihadirkan, meskipun Telkomsel sudah meluncurkan aplikasi mBanking yang menyatukan layanan dari banyak bank.

“SMS banking akan tetap kita hadirkan untuk mengakomodir kebutuhan orang-orang yang masih pakai feature phone,” ujar Harris.

 

Cukup Satu Aplikasi Mobile Banking Bisa Untuk 22 Bank

0

Telko.id – Anda punya rekening di banyak bank? Pasti malas untuk punya aplikasi semua bank tersebut. Kini tidak perlu repot, cukup download mBanking Telkomsel saja. Semua rekening Anda bisa diakses melalui ponsel.

Sebenarnya, mBanking Telkomsel ini sudah ada lama. Hanya saja, saat ini diupgrade lagi sehingga dapat melayani nasabah dari banyak bank. Saat ini, memang baru 22 bank saja, tapi nanti akan diterus ditambah lagi.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui smartphone sistem Android dan menyusul di sistem iOS pada akhir Desember 2018. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pelanggan diharapkan sudah memiliki layanan SMS Banking. Bagi pelanggan yang belum aktif layanan SMS Banking, pelanggan dapat mendaftarkan nomor handphone Telkomsel di kantor cabang Bank terdekat.

“Melalui peluncuran aplikasi mBanking Telkomsel ini, kami terus mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia dengan menghadirkan terobosan baru untuk membangun Indonesia Digital. Layanan Mobile Banking kami terus berkembang dan telah membantu banyak lembaga keuangan di lebih dari 80 institusi baik nasional maupun lokal. Komitmen kami, layanan mobile banking ini akan memberikan masyarakat Indonesia akses yang lebih luas terhadap transaksi keuangan, serta membantu pemerintah mewujudkan cashless society,” ujar Harris Wijaya, Vice President Digital Advertising and Banking Telkomsel.

Adapun beberapa bank yang sudah kerjasama adalah Mandiri, CIMB Niaga, BCA, BRI, BNI, MayBank, Bukopin, Bank Mega, BPRKS, Mayapada, Bank NTT, BTN, Bank Jatim, Bank Sumut, Bank Nagari, OCBC NISP, Bank Sulteng, Bank BJB, BPD DIY, Bank Danamon, Sumsel Babel dan Bank Kalteng.

Untuk setiap bank akan berbeda-beda fitur yang dimilikinya. Tergantung dari bank nya masing-masing. “Hal ini bisa terjadi karena data-data nasabah adalah milik bank yang bersangkutan,” ujar Harris menjelaskan.

Fitur di mBanking Telkomsel sendiri memiliki fitur menari. Seperti transaksi perbankan, transaksi merchant, promo program, sinkronasi data, dan pencari ATM terdekat. Transaksi perbankan pun menjadi mudah dengan mBanking Telkomsel, pelanggan cukup memilih menu yang ada pada aplikasi, kemudian akan di arahkan untuk bertransaksi.

Untuk mengaksesnya pelanggan Telkomsel sudah harus memiliki layanan SMS banking. Sehingga, bagi pelanggan yang belum aktif layanan SMS Banking-nya, mereka harus mendaftarkan nomor handphone Telkomsel terlebih dahulu di kantor cabang Bank terdekat. Hingga akhir 2019, Telkomsel menargetkan aplikasi ini bisa diunduh oleh sekitar 10 persen dari pengguna SMS banking Telkomsel.

Aplikasi mBanking Telkomsel juga memfasilitasi pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran dan pembelian produk-produk pada merchant yang sudah bekerja sama dengan Bank seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik, dan sebagainya.

Selain itu, pelanggan akan selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai promo-promo menarik dari merchant, Bank, dan Telkomsel sekaligus memfasilitasi pengiklan untuk dapat beriklan pada aplikasi ini dengan target pelanggan Banking.

Fitur sinkronisasi memfasilitasi pelanggan untuk dapat mencadangkan dan memulihkan data (back up data) yang pelanggan miliki di dalam aplikasi ini ke server Telkomsel sehingga akan memudahkan pelanggan bila pelanggan memiliki data favorit dan kemudian berganti ponsel.

Dengan menggunakan aplikasi ini, aktivitas penarikan tunai juga dipermudah dengan adanya fitur pencarian ATM terdekat yang terintergrasi dengan GPS smartphone.

Bagi pelanggan Telkomsel yang mengunduh dan melakukan transaksi akan langsung mendapatkan paket data Telkomsel sebesar 2GB untuk 100.000 orang pertama. Seluruh pelanggan KartuHalo, simPATI, Kartu As, dan LOOP berkesempatan mendapatkan hadiah langsung ini selama periode 12 Desember 2018 sampai 31 Januari 2019.

“Saat ini pelanggan Mobile Banking Telkomsel sekitar 10 juta, dan untuk aplikasi mBanking Telkomsel dalam tahun pertama kami targetkan diunduh oleh sekitar 20% pengguna aktif mbanking yang menggunakan smartphone. Harapan kami, akan lebih banyak lagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air dapat memanfaatkan transaksi keuangan lebih nyaman, aman dan mudah dengan aplikasi mBanking Telkomsel,” tutup Harris. (Icha)

ITU: Separuh Penduduk Dunia Sudah Menggunakan Internet

0

Telko.id – ITU, badan khusus PBB untuk teknologi informasi dan komunikasi (TIK), memperkirakan bahwa pada akhir 2018, 51,2 persen dari populasi global, atau 3,9 miliar orang, akan menggunakan Internet.

“ITU memperkirakan, secara global dan regional di tahun 2018 ini menunjukan langkah besar yang sedang dibuat dunia untuk membangun masyarakat informasi global yang lebih inklusif,” kata Houlin Zhao, Sekretaris Jenderal ITU.

Zhao menambahkan bahwa “Pada akhir 2018, kami akan melampaui 50 / 50 tonggak untuk penggunaan Internet Ini mewakili langkah penting menuju masyarakat informasi global yang lebih inklusif, namun terlalu banyak orang di seluruh dunia yang masih menunggu untuk menuai manfaat ekonomi digital, Kita harus mendorong lebih banyak investasi dari publik dan swasta. sektor dan menciptakan lingkungan yang baik untuk menarik investasi, dan mendukung teknologi dan inovasi bisnis sehingga revolusi digital tidak meninggalkan satu pun secara offline.”

“Perkiraan baru tahun 2018 mengungkapkan bahwa terus ada kecenderungan umum dalam akses dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi,” kata Brahima Sanou, Direktur Biro Pengembangan Telekomunikasi ITU.

Menurut Brahima, akses ke jaringan telekomunikasi terus meningkat, di khususnya dalam koneksi seluler. Namun, keterjangkauan akan terus berada urutan pertama prioritas ITU, terutama agar ekonomi digital menjadi kenyataan bagi semua orang.

Pengguna Internet Dunia

Menurut ITU, di negara-negara maju, pertumbuhan yang lambat dan stabil meningkatkan persentase penduduk yang menggunakan Internet, dari 51,3 persen pada tahun 2005 menjadi 80,9 persen pada tahun 2018.

Di negara-negara berkembang, pertumbuhan telah jauh lebih tinggi peningkatannya, dari 7,7 persen di 2005 menjadi 45,3 persen pada akhir 2018. Dari semua wilayah ITU, pertumbuhan terkuat dilaporkan di Afrika, di mana persentase orang yang menggunakan Internet meningkat dari 2,1 persen pada 2005 menjadi 24,4 persen pada 2018.

Menurut perkiraan, wilayah dengan tingkat pertumbuhan terendah adalah Eropa, dengan 79,6 persen, dan Amerika, dengan 69,6 persen penduduk menggunakan Internet. Sedangkan di wilayah Commonwealth of Independent States (CIS), 71,3 persen akan menggunakan Internet; 54,7 persen di Negara-negara Arab dan 47 persen di kawasan Asia-Pasifik.

Akses Seluler Dunia

Akses seluler kini semakin dominan dibandingkan dengan layanan telekomunikasi dasar. Sementara langganan telepon tetap terus menurun dengan tingkat penetrasi 12,4 persen pada tahun 2018. Sedangkan jumlah langganan telepon seluler terus meningkat bahkan lebih besar dibandingkan dengan populasi global.

Pertumbuhan dalam langganan seluler dalam lima tahun terakhir didorong oleh negara-negara di kawasan Asia-Pasifik dan Afrika. Pertumbuhan kecil di Amerika dan wilayah CIS sementara penurunan diamati di Eropa dan Negara-negara Arab.

Pelanggan Fixed dan Mobile Broadband

Akses broadband terus menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan. Langganan fixed-broadband terus meningkat. Melanjutkan tren yang dilaporkan pada tahun 2017, ada lebih banyak koneksi fixed-broadband, 1,1 miliar pada tahun 2018 dibandingkan sambungan telepon tetap (942 juta).

Pertumbuhan dalam langganan mobile-broadband aktif telah jauh lebih kuat, dengan tingkat penetrasi meningkat dari 4,0 langganan per 100 penduduk pada tahun 2007 menjadi 69,3 pada tahun 2018.

Jumlah langganan seluler-broadband yang aktif pun terus meningkat.  Dari 268 juta pada tahun 2007 menjadi 5,3 miliar pada tahun 2018. Negara berkembang mencatat pertumbuhan yang jauh lebih cepat dalam langganan broadband seluler dibandingkan dengan negara-negara maju.

Di negara berkembang, tingkat penetrasi telah mencapai 61 per 100 penduduk pada tahun 2018, dengan lebih banyak ruang untuk pertumbuhan lebih lanjut di tahun-tahun mendatang. Di LDC, tingkat penetrasi naik dari nol pada tahun 2007 menjadi 28,4 langganan per 100 pada tahun 2018. Pertumbuhan terkuat dalam langganan broadband seluler telah diamati di Asia-Pasifik, Negara-negara Arab dan Afrika.

Coverage Jaringan Seluler

Hampir seluruh penduduk dunia, atau 96 persen, sekarang tinggal dalam jangkauan jaringan seluler. Selain itu, 90 persen populasi global dapat mengakses Internet melalui jaringan berkecepatan 3G atau lebih tinggi.

Komputer Dalam Rumah Tangga

ITU memperkirakan bahwa, secara global pada tahun 2018, hampir separuh dari semua rumah tangga memiliki setidaknya satu komputer, naik dari hanya di atas seperempat pada tahun 2005. Di negara-negara maju, 83,2 persen rumah tangga memiliki komputer pada tahun 2018, dibandingkan dengan 36,3 persen pada negara berkembang.

LDC menunjukkan pertumbuhan terkuat selama periode 2005-2018. Pada 2018, kurang dari 10 persen rumah tangga di LDC memiliki komputer. Tingkat pertumbuhan terkuat diamati di Negara-negara Arab dan wilayah CIS. Di Afrika, proporsi rumah tangga dengan akses ke komputer meningkat dari 3,6 persen pada tahun 2005 menjadi 9,2 persen pada 2018.

Akses Internet Dalam Rumah Tangga

Akses internet di rumah mendapatkan daya tarik. ITU memperkirakan bahwa hampir 60 persen rumah tangga memiliki akses internet di rumah pada tahun 2018, naik dari kurang dari 20 persen pada tahun 2005. Di negara berkembang, hampir separuh dari semua rumah tangga memiliki akses Internet di rumah, peningkatan yang cukup besar dibandingkan dengan 8,4 persen pada tahun 2005. Perkembangan daerah secara luas mengikuti tren yang diamati untuk rumah tangga dengan komputer. (Icha)

XL Axiata Sosialisasikan Aplikasi ‘Laut Nusantara’ di Jawa Timur

0

Telko.id – Pontesi kelautan Indonesia begitu besar. Dengan sentuhan teknologi, diharapkan setiap potensi yang ada dapat digali sebaik mungkin. Termasuk juga dengan penggunaan aplikasi ‘Laut Nusantara’ XL Axiata.

Kali ini sosialisasi aplikasi ‘Laut Nusantara’ ini dilakukan oleh XL Axiata sebagai inisiator ke wilayah Jawa Timur. Ada tiga kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Situbondo.

Pada sosialisasi ini, masyarakat nelayan di masing-masing daerah mendapatkan semacam pelatihan pemanfaatan aplikasi digital Laut Nusantara untuk meningkatkan produktivitas sekaligus keamanan mereka dalam bekerja.

“Setelah beberapa waktu yang lalu diluncurkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti, XL Axiata mengenalkannya kepada masyarakat nelayan di berbagai daerah. Tujuan kami tidak hanya membuat saja, tetapi bisa benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan pada akhirnya akan membantu memperbaiki kualitas hidup mereka. Karena itu, kami juga memiliki program sosialisasi langsung kepada masyatakat nelayan di berbagai daerah, termasuk di Jawa Timur yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten,” ujar Mochamad Imam Mualim, Group Head XL Axiata East Region.

Imam Mualim melanjutkan, pada program sosialisasi ini tim dari XL Axiata mengajarkan langsung penggunaan aplikasi Laut Nusantara kepada para nelayan. Tidak lupa, kepada mereka juga diberikan pemahaman mengenai manfaat dari pemanfaatan teknologi digital untuk membantu meningkatkan hasil tangkapan ikan di laut, sekaligus memastikan keamanan mereka dalam bekerja.

Salah satu fitur yang mereka butuhkan adalah petunjuk lokasi tempat ikan berada, yang selama ini tidak bisa mereka perkirakan. Teknologi digital yang didukung data satelit mampu memberikan data-data ini.

Pelatihan diikuti oleh sedikitnya 100 orang nelayan di masing-masing kabupaten. Kepada mereka, XL Axiata dan Kementerian Kelautan dan Perikanan berharap pengetahuan dan materi edukasi yang sudah diberikan selanjutnya bisa diteruskan kepada warga nelayan lainnya.

Dengan demikian, aplikasi Laut Nusantara bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang lebih luas. Bersamaan dengan pelatihan tersebut, XL Axiata juga menyerahkan donasi perangkat smartphone yang sudah dilengkapi dengan aplikasi Laut Nusantara dan paket data selama 1 bulan.

Sosialisasi aplikasi Laut Nusantara ini juga melibatkan tim dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya. Mereka memberikan dukungan dalam bentuk penyediaan data nelayan yang berhak mendapatkan donasi di dua Kabupaten yaitu Malang dan Trenggalek.

Didukung data lengkap dari Kementerian Kelautan dan Perikanan

Aplikasi “Laut Nusantara” yang dibangun selama kurang lebih 5 bulan ini didukung basis informasi yang lengkap dan real time. Serta sumber data sepenuhnya dari Balai Riset dan Observasi Laut (BROL). Sebagai lembaga riset dan observasi kelautan di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan, BROL memiliki data kelautan yang sangat lengkap dan sangat berguna untuk pengembangan di bidang kelautan, termasuk manfaat praktis bagi nelayan kecil.

Data-data dari BROL juga up to date dan berdasarkan riset dan observasi laut di seluruh wilayah nusantara. Semua informasi kelautan yang terdapat dalam Aplikasi Laut Nusantara ini didapat secara langsung dari stasiun bumi Balai Riset dan Observasi Laut, sehingga tidak diragukan keakuratannya.

Updating data dilakukan setiap tiga hari berdasarkan data dari satelit khusus. Sementara itu, data yang bersifat prakiraan berdasarkan analisa data selama 20 tahun ke belakang. Tim XL Axiata dan BROL sebelumnya sudah melakukan penelitian dan survey ke sejumlah komunitas nelayan di berbagai daerah untuk mengetahui kebutuhan mereka terkait informasi seputar aktivitas penangkapan ikan.

Masyarakat nelayan di seluruh Indonesia bisa mengunduh aplikasi Laut Nusantara di Play Store secara gratis melalui smartphone Android dengan menggunakan operator layanan data. Aplikasi ini bisa dipergunakan oleh nelayan saat melaut sejauh smartphone mereka masih bisa menangkap sinyal data dari operator.

Berdasarkan ujicoba di sejumlah daerah, aplikasi masih bisa dibuka hingga jarak 10 mil dari pantai. Jarak ini masih sangat relevan mengingat nelayan kecil, dengan perahu berjungkung dan bentuk perahu tradisional berukuran kecil lainnya memiliki daya jangkau rata-rata kurang dari 20 mil laut.

Selain informasi berbasis data untuk meningkatkan produktivitas kerja, aplikasi Laut Nusantara juga menyajikan informasi yang bersifat edukasi mengenai potensi dan isu kelautan lainnya. Informasi dan data tersebut antara lain mencakup keberadaan terumbu karang, pelestarian biota laut, hingga ancaman pencemaran. XL Axiata dan BROL akan terus mengembangkan aplikasi ini sehingga manfaatnya bisa menjadi lebih luas lagi. (Icha)

 

 

 

Solusi IoT Telkomsel Merambah Ke Industri Akuakultur

0

Telko.id – Internet of Things tidak akan tumbuh berkembang jika belum terbentuk ekosistemnya. Dengan menggandeng eFishery dan Japfa melalui anak perusahaannya Suri Tani Pemuka (STP), Telkomsel membentuk ekosistem di industri akuakultur dengan menghadirkan Kampung Perikanan Digital untuk mewujudkan digital innovation village di Indonesia.

Pengembangan ekosistem IoT ini diwujudkan melalui penerapan teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things) dengan pemanfaatan mesin automatic fish feeder di kolam-kolam ikan untuk meningkatkan efisiensi pakan serta mempercepat siklus panen ikan.

“IoT menjadi salah satu elemen penting untuk mendukung roadmap pemerintah Indonesia “Making Indonesia 4.0”. Telkomsel secara konsisten terus meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan untuk menghadapi tren IoT yang sedang berkembang secara global. Melalui kolaborasi antara Telkomsel, eFishery dan Japfa membuktikan bahwa teknologi IoT kini sudah memasuki seluruh sendi-sendi kehidupan tidak hanya di industri besar tetapi juga dapat diterapkan ke semua sektor industri termasuk sektor perikanan,” ujar Andi Kristianto, Vice President Corporate Planning Telkomsel.

Harapannya adalah meningkatkan produktivitas dan efisiensi budidaya ikan melalui penerapan teknologi NB-IoT.

NB-IoT sendiri merupakan teknologi telekomunikasi terbaru yang dirancang secara khusus agar komunikasi antar mesin yang semakin masif dengan coveragejaringan telekomunikasi yang semakin luas dapat dilakukan secara efisien, serta penggunaan daya pada perangkat pengguna semakin hemat.

Teknologi radio akses NB-IoT, yang merupakan salah satu jenis teknologi jaringan Low Power Wide Area (LPWA), memungkinkan perangkat beroperasi hingga bertahun-tahun tanpa pengisian daya ulang baterai sehingga sangat menghemat biaya. Teknologi ini juga mampu menghasilkan kapasitas koneksi yang masif untuk solusi dan aplikasi berbasis IoT.

Dengan adanya penerapan teknologi NB-IoT dalam mesin automatic fish feeder akan menghasilkan simplifikasi proses pemberian makan ikan di kolam yang luas sekalipun. Teknologi ini dapat mengatur pemberian pakan otomatis, sehingga memudahkan petani untuk memantau dan menjadwalkan pemberian pakan menggunakan aplikasi smartphone.

Selain itu juga akan membantu petani meningkatkan efisiensi pakan serta mempercepat siklus panen ikan. Dalam kolaborasi ini, STP juga turut menghadirkan pakan-pakan ikan berkualitas untuk kolam-kolam ikan di Kampung Perikanan Digital ini.

Program Kampung Perikanan Digital ini juga mendapat apresiasi langsung dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat karena telah mendukung program Desa Digital Jabar. Dalam program Desa Digital Jabar ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat ingin mengimplementasikan inovasi digital di 10 desa dari 5 kota yang berada di Jawa Barat melalui adopsi layanan IoT yang digelar Telkomsel khususnya dalam budidaya ikan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Desa Digital adalah bagian dari skenario Jawa Barat yang siap dalam mewujudkan revolusi industri 4.0. Menurutnya, lewat program itu masyarakat desa bisa memanfaatkan aplikasi digital untuk meningkatkan pendapatan serta mengembangkan potensinya.

Ridwan Kamil juga menjelaskan dengan hadirnya program Desa Digital masyakat desa bisa menjadi lebih produktif. “Tak hanya urusan wifi-wifi tapi mengubah cara berdagang, mengubah cara berkomunikasi, memetakan potensi, mempromosikan wisata desanya melalui sebuah digital ekosistem,” ujarnya.

Gibran Huzaifah sebagai founder eFishery mengatakan “Perikanan merupakan industri yang besar, dan petani-pembudidaya Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Karenanya kenapa tidak Indonesia benar-benar jadi pionir dalam praktek budidaya yang mengedepankan teknologi”.

Dengan adanya peranan Telkomsel sebagai penyedia layanan digital terbesar, serta STP sebagai penyedia produk perikanan terbesar, dan digabungkan dengan Pemprov yang memiliki visi yang luar biasa untuk membangun wilayah pedesaan, kolaborasi ini akan membantu petani Indonesia agar semakin besar.

“Dan kami bahagia inisiatif dan produk kami dapat memfasilitasi kolaborasi tersebut. Ini sesuai dengan visi kami yaitu bring the future of aquaculture,” ujar Gibran.

Kerjasama ini juga menurut President Director Suri Tani Pemuka JAPFA Group, Ardi Budiono membuktikan keseriusan Suri Tani Pemuka dalam mengembangkan industri budidaya perikanan yang berkelanjutan khususnya di Desa Losarang, Indramayu. Sinergi dengan Efishery dan Telkomsel juga menandakan bahwa dalam memajukan industri budidaya perikanan di Indonesia pun sudah mengikuti perkembangan teknologi.

Keseriusan Telkomsel dalam pengembangan teknologi IoT akan menjadikan layanan yang tepat bagi Enterprise Customers yang menghubungkan perangkat, mesin dan objek yang berisi teknologi internet dengan tujuan membantu mengembangkan perusahaan bisnis serta memajukan kehidupan masyarakat di semua bidang.

Mulai dari Automotive & Transportation (Fleet Management 2W & 4W, Order Management, Workforce Management), agriculture, environment monitoring,utility smart metering (water, gas and electricity), smart cities (parking and waste management), sampai smart building (alarm systems and access control). (Icha)

 

 

Instagram Luncurkan Fitur Baru ‘Anti Bullying’

0

Telko.id – Perundungan (bullying), ujaran kebencian, pelecehan seksual, dan komentar spam semakin banyak di media sosial. Itu sebabnya, Instagram mengumumkan perluasan fitur penyaring komentar dalam Bahasa Indonesia sebagai salah satu upaya untuk menjaga Instagram sebagai tempat yang aman dan positif untuk berekspresi dan membagikan minat pengguna di Indonesia.

Fitur ini dibuat dengan teknologi mesin pembelajaran (machine learning) yang secara otomatis akan menyaring komentar yang dapat membuat pengguna merasa tidak nyaman seperti perundungan (bullying), ujaran kebencian, pelecehan seksual, dan komentar spam. Dengan teknologi ini, komentar-komentar yang mengganggu akan secara otomatis disaring dan disembunyikan, sehingga orang tidak dapat melihat atau menyadari keberadaan komentar tersebut.

Kategori pertama yang disaring oleh fitur ini adalah komentar bersifat perundungan atau bullying. Pedoman Komunitas Instagram melarang keberadaan konten perundungan di Instagram dan filter ini akan menyaring tingkah laku yang dapat membuat orang merasa tidak nyaman dan bersifat agresif terhadap pengguna lain.

Fitur ini juga dapat memberikan notifikasi kepada Instagram apabila sebuah akun memposting konten agresif berulang kali, sehingga Instagram dapat segera mengambil tindakan untuk menghapus keberadaan akun tersebut.

Selain itu, fitur ini juga akan menyaring komentar yang berkaitan dengan ujaran kebencian atau hate speech, terutama komentar yang mengancam kelompok agama atau etnik tertentu. Dua kategori komentar lainnya yang disaring adalah komentar yang menggunakan bahasa seksual yang ditujukan untuk melecehkan orang lain, serta komentar tidak otentik yang dikenal sebagai spam.

Fitur penyaring komentar merupakan fitur yang tersedia secara otomatis di Instagram. Anda dapat mengaktifkan atau menon-aktifkan fitur dengan mengakses profil Anda, pilih Pengaturan, dan Kontrol Komentar. Untuk menon-aktifkan fitur ini, matikan pilihan ‘Sembunyikan Komentar Ofensif’ pada pengaturan Kontrol Komentar.

Instagram mengembangkan fitur ini untuk secara otomatis menemukan dan menyembunyikan komentar yang tidak pantas, fitur ini memungkinkan Instagram untuk melakukan proses peninjauan dan penghapusan komentar maupun konten yang melanggar Pedoman Komunitas dengan lebih efektif.

Aplikasi ini juga mengklaim bahwa tingkat akurasi fitur penyaring komentar di Instagram telah mencapai 95% dengan pemeriksaan berkelanjutan oleh tim Instagram.

Saat ini, ada ratusan juta komentar yang diposting di Instagram setiap harinya, dan tim Instagram secara manual mengevaluasi komentar tersebut sebelum melakukan input ke dalam model pembelajaran komputer. Setiap komentar ditinjau oleh tim Instagram setidaknya dua kali sebelum diinput ke dalam model pembelajaran untuk menjamin akurasi.

Fitur penyaring komentar secara otomatis ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Oktober 2016 untuk menyaring komentar dalam bahasa Inggris di Feed. Pada bulan Juni 2017, fitur ini diperluas ke dalam 8 bahasa lainnya, yaitu Spanyol, Portugis, Arab, Perancis, Jerman, Rusia, Jepang, dan Mandarin. Pada bulan Oktober 2018, fitur ini kembali dikembangkan untuk dapat menyaring komentar di Feed, Profil, dan Instagram Live.

Kini fitur filter komentar kembali dikembangkan dan tersedia dalam bahasa Indonesia. Ke depannya, Instagram akan terus memperluas keberadaan filter ini di bagian fitur Instagram lainnya.

Selain itu, Instagram juga mengajak Anda turut mengambil bagian dalam menjadikan Instagram sebagai tempat yang aman untuk berbagi dengan melaporkan postingan atau komentar tidak pantas ke Instagram. Anda dapat menekan simbol tiga titik di bagian kanan atas untuk melaporkan postingan yang tidak pantas atau geser ke kiri pada komentar yang menggangu dan tekan tanda seru untuk melaporkan komentar tersebut. (Icha)

 

Sebelum Wisata Orang Indonesia habiskan Waktu 8 Jam Untuk Online

0

Telko.id – Facebook IQ berkolaborasi dengan Accenture untuk mempelajari perilaku penikmat wisata di Indonesia. Salah satu hasilnya adalah Orang dewasa di Indonesia menghabiskan rata-rata 8 jam untuk online setiap harinya.

Survei dilakukan kepada 947 penikmat wisata di Indonesia, usia 18 tahun ke atas, yang pernah memesan tiket pesawat, akomodasi, ataupun melakukan perjalanan selama 3 bulan terakhir.

Dalam dunia digital seperti sekarang ini banyak pilihan yang membuat para penikmat wisata harus melakukan banyak pencarian informasi sampai akhirnya menemukan yang sesuai. Inilah yang membuat banyak waktu yang digunakan untuk online.

Mulai dari menentukan destinasi wisata untuk berlibur bersama keluarga maupun pasangan, menilai beragam pilihan, melakukan reservasi perjalanan sampai menentukan cara pembelian. Satu hal yang pasti adalah pentingnya pengaruh sosial bagi para penikmat wisata ini.

Jika ditelaah lebih jauh lagi, dari hasil survei ini ditemukan bahwa untuk masalah penerbangan, 81% menemukan produk secara online, 99% dipengaruhi oleh rekomendasi dari teman dan keluarga ketika memilih moda transportasi yang akan dipesan. Lalu 69% akan melakukan diskusi dengan teman mengenai perjalanan menggunakan WhatsApp.

Untuk pembelian tiket pun, 90% akan dilakukan secara online. Setelah itu, 95% para penikmat wisata itu mengharapkan ada interaksi dengan produk atau merek setelah transaksi pembelian.

Hal yang sama juga terlihat dari masalah Akomodasi. Sebanyak 86% penikmat wisata ini menemukan produk secara online. Sebanyak 99% dipengaruhi oleh rekomendasi dari teman dan keluarga ketika memilih moda 
transportasi yang akan dipesan. Usai itu, 71% akan menggunakan WhatsApp untuk berdiskusi dengan teman mengenai perjalanannya.

Para penikmat wisata ini, 90% juga akan membeli tiket perjalanan secara online dan 96% mengharapkan interaksi dengan produk/merek setelah transaksi pembelian.

Demikian juga tentang pengalaman perjalanan.Sebanyak 69% para penikmat wisata ini menemukan produk secara online. Dalam pemilihan moda transportasi yang akan dipesan, sebesar 99% dipengaruhi oleh rekomendasi dari teman dan keluarga. Sebanyak 70% akan berdikusi dengan teman mengenai perjalanan menggunakan WhatsApp. Dan, sebanyak 74% akan membeli tiket perjalanan secara online. Setelah itu, 96% mengharapkan interaksi dengan produk/merek setelah transaksi pembelian.

“Kami juga menemukan bahwa platform media sosial berperan penting bagi penikmat wisata dalam menemukan alternatif baru untuk berlibur. Seluruh produk aplikasi Facebook menjadi saluran online utama untuk menemukan informasi bagi 73% responden,” ujar Sri Widowati, Country Director Facebook di Indonesia, dalam acara Press Circle December 2018: Looking Back at 2018 di Jakarta (11/12).

Sri menambahkan, bahwa di Indonesia, 72% responden yang menggunakan Facebook setiap minggunya menggunakan Facebook Lite, dan ini merupakan informasi yang sangat penting bagi pemasar ketika ingin membangun aspek kreatifitas dalam skala regional ataupun global.

Dalam survei tersebut, Facbook juga menemukan bahwa 84% dari penikmat wisata setuju tentang pentingnya kemudahan akses dalam pemesanan secara online, mungkin inilah alasan 92% dari mereka memilih untuk memesan tiket penerbangan dan 90% memesan akomodasi secara online.

Khusus untuk pengguna perangkat mobile, dalam survei tersebut ditemukan bahwa 67% dari mereka memesan tiket pesawat, 65% memesan akomodasi, dan 50% memesan tempat wisata melalui smartphone atau tablet.

Para penikmat wisata di usia 18-34 tahun, terlihat memiliki kemungkinan 1.25 kali lebih sering memesan via ponsel pintar dibanding mereka yang berumur 35 tahun keatas.

Jadi saat ini, merencanakan liburan tidaklah harus dimulai dengan memesan kepada agen perjalanan atau ke laman penyedia perjalanan wisata.

“Dengan kenyataan bahwa orang dewasa di Indonesia menghabiskan waktu 8 jam untuk online setiap harinya, 81 persen dari mereka menemukan merek dan produk perjalanan wisata baru secara online. Kami juga menemukan platform media sosial berperan penting dalam menemukan pilihan destinasi wisata terbaru. Seluruh produk aplikasi Facebook pun menjadi saluran online utama untuk menemukan destinasi bagi 73% penikmat wisata. Dan ada 72% responden yang menggunakan Facebook tiap minggu, menggunakan aplikasi Facebook Lite,” ujar Sri menambahkan.

Dari survei tersebut juga ditemukan hal menarik. Dimana, para penikmat wisata yang lebih muda memiliki kecenderungan 1.4 kali lebih besar untuk menemukan tujuan wisata melalui perangkat mobile dibanding mereka yang berumur 35 tahun ke atas.

Selain itu, 76% dari mereka memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap industri pariwisata, dengan ketertarikan menggunakan Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR) untuk mengeksplor produk sebelum membelinya. (Icha)