spot_img
Latest Phone

Deretan Wearables Terbaru Apple, iPhone 17 Bukan Satu-Satunya

Telko.id – Selain iPhone 17 Series, pada perhelatan Apple...

Apple Rilis iPhone 17 Series, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasinya

Telko.id – Apple akhirnya resmi meluncurkan iPhone 17 Series...

Garmin fēnix 8 Pro Resmi Hadirkan Teknologi MicroLED dan inReach

Telko.id - Garmin resmi meluncurkan seri fēnix 8 Pro,...

Garmin Dorong Gaya Hidup Aktif di Hari Olahraga Nasional 2025

Telko.id - Garmin mendorong masyarakat Indonesia untuk menjalani gaya...

Elon Musk Gugat Apple dan OpenAI Soal Integrasi ChatGPT di iPhone

Telko.id - Elon Musk melalui perusahaan xAI dan xAI...
Beranda blog Halaman 125

Galaxy Buds3 Series, Makin Nyaman dengan Galaxy S25 Series

0

Telko.id – Seri Galaxy S25 telah mendefinisikan kembali cara kita berinteraksi dengan handphone dan dunia di sekitar kita, menaikkan kekuatan Galaxy AI ke level yang lebih tinggi.

Pengalaman-pengalaman mobile yang lebih alami, kontektual, dan personal menghadirkan peluang-peluang baru pada ekosistem perangkat Samsung secara keseluruhan, termasuk Galaxy Buds3 series.

Dan sekarang, dengan diluncurkannya One UI 7 pada Galaxy S25 series Anda dapat menikmati pengalaman audio yang paling nyaman dan cerdas dengan Galaxy Buds3 dan Buds3 Pro.

Anda bisa mengubah settingan sound dengan mudah melalui panel Quick settings dan terapkan preferensi Anda pada aplikasi tertentu, yang akan memberikan kenyamanan tersendiri pada Anda.

Baca juga : Galaxy S25 Series Pas Jadi Teman Jalan-jalan, AI dan Kamera nya Canggih!

Selain itu, pengguna dapat mengatur dan mempersonalisasikan pengalaman audio mereka dengan lebih mudah menggunakan fitur Adapt sound.

Mari kita telusuri lebih dalam bagaimana Galaxy Buds3 series dapat meningkatkan dan mengubah pengalaman audio Anda sehari-hari dengan menggunakan Galaxy S25 Series.

Sesuaikan Settingan Sound dengan Lebih Nyaman  

Menyetel audio sebaiknya harus cepat dan mudah agar Anda dapat menikmati apa pun yang sedang Anda dengarkan, kapan saja di mana saja.

Galaxy Buds3 series menyederhanakan proses ini berkat One UI 7, di mana Anda tidak perlu lagi mengakses aplikasi Galaxy Wearable di smartphone secara terpisah setiap kali ingin menyesuaikan pengaturan perangkat Anda.

Sekarang, untuk pertama kalinya, Anda dapat mengatur volume, kontrol kebisingan, dan pengaturan sound langsung dari panel quick settings di perangkat Anda untuk pengalaman mendengarkan anti ribet.

Cara menyesuaikan settingan Buds di panel Quick settings

  1. Buka panel Quick settings di smartphone Anda yang terhubung
  2. Sentuh dan tahan Volume slider di panel
  3. Tap pada settingan yang ingin Anda ubah

Menyesuaikan Pengaturan Sound untuk Aplikasi Tertentu

Preferensi Anda untuk pengaturan sound sering kali berbeda tergantung aplikasi yang Anda gunakan.

Misalnya, saat mendengarkan musik, Anda mungkin lebih menyukai suara bass yang lebih kuat, tetapi saat menonton film, Anda cenderung menyukai pengalaman sound 360 derajat yang lebih imersif.

Dengan fitur App sound settings, Anda tidak perlu lagi menyesuaikan pengaturan sound setiap kali membuka aplikasi.

Cukup atur preferensi sound Anda satu kali saja untuk berbagai aplikasi di panel Quick settings, dan Galaxy Buds3 series akan secara otomatis menerapkan pengaturan tersebut setiap kali aplikasi mulai memutar media.

Sebagai fitur inovatif pertama di kelasnya, kemampuan ini menciptakan pengalaman audio sehari-hari yang lebih seamless, disesuaikan dengan kesukaan Anda.

Cara menggunakan App sound settings

  1. Buka panel Quick settings di smartphone Anda yang terhubung
  2. Sentuh ikon Earbuds di panel media atau sentuh dan tahan Volume slider di atas panel media
  3. Tap pada pengaturan sound yang ingin Anda sesuaikan untuk aplikasi yang sedang dijalankan.

Sound yang Disesuaikan dengan Kebutuhan Pribadimu

One UI 7 meningkatkan kemampuan ambient sound ke level berikutnya berkat fitur Adapt sound yang telah diperbarui.

Melalui pembaruan ini, Anda dapat mengkurasi sendiri pengalaman audio Anda dengan sound yang lebih jernih dan akurat, baik saat melakukan panggilan telepon maupun menonton video tanpa  melewatkan satu dialog pun.

Dengan hearing test tingkat lanjut, Anda dapat membuat sound profile yang unik untuk Anda, atau jika tak punya banyak waktu, Anda dapat memilih dari tiga preset profile berdasarkan kelompok usia Anda.

Cara mengaktifkan Adapt sound 1

  1. Buka aplikasi Galaxy Wearable pada smartphone Anda yang terhubung
  2. Tap pada Earbud settings
  3. Tap pada Accessibility
  4. Tap pada Adapt sound
  5. Pilih di antara tiga preset profile atau lakukan Hearing test

Cara mengaktifkan Adapt sound 2

  1. Buka aplikasi Galaxy Wearable di smartphone yang terhubung
  2. Tap pada Sound quality and effects
  3. Tap pada Adapt sound
  4. Pilih di antara tiga preset profile ataulakukan Hearing test

Pengalaman audio yang cerdas untuk semua

Dengan kekuatan Galaxy AI, Galaxy Buds3 series tidak hanya menawarkan kenyamanan yang lebih baik, tetapi juga mendukung komunikasi yang lebih baik dengan fitur-fitur yang dapat menghilangkan hambatan bahasa dan meningkatkan kualitas sound, terlepas dari cara Anda mengenakan earbud atau seperti apa lingkungan Anda, untuk menciptakan momen-momen terbaik secara lebih cerdas.

Komunikasi Tanpa Hambatan dalam 20 Bahasa

Dengan fitur Interpreter dalam Listening mode, hambatan bahasa tidak lagi menjadi masalah. Baik saat mendengarkan kuliah dalam bahasa asing maupun berbincang dengan seseorang dalam bahasa yang lain.

Interpreter dalam Listening mode akan memungkinkan Anda mendengar terjemahan langsung melalui Galaxy Buds yang terpasang di telinga Anda, tanpa perlu melihat ke smartphone. Sekarang, Anda dapat sepenuhnya fokus pada percakapan dan berinteraksi langsung dengan orang lain.

Cara Menggunakan Interpreter dalam Listening mode

  1. Buka aplikasi Interpreter pada smartphone Anda yang terhubung
  2. Tempatkan earbud di telinga Anda
  3. Tap pada Listening mode di sisi kiri
  4. Pilih bahasa yang Anda inginkan
  5. Tap pada ikon microphone untuk memulai terjemahan
  6. Tap pada ikon mikrofon sekali lagi untuk menghentikan terjemahan
  7. Pause, lanjutkan terjemahan menggunakan pinch control padaBuds

Mengoptimalkan Sound Secara Cerdas, Kapan Saja, di Mana Saja

Terlepas dari cara Anda mengenakan earbud, mikrofon di Galaxy Buds3 series dapat menganalisis sound internal maupun eksternal secara real-time untuk mengoptimalkan sound dan menerapkan Active Noise Cancellation (ANC) melalui Adaptive EQ dan Adaptive ANC bagi setiap pengguna.

Terlebih lagi, Galaxy Buds3 Pro secara cerdas dapat mengoptimalkan sound di lingkungan apa pun.

Anda tetap dapat menikmati musik sepenuhnya saat berjalan di taman, dengan Adaptive Noise Control yang secara konstan menganalisis suara-suara di sekitar dan secara otomatis menyesuaikan level noise yang optimal tanpa perlu melakukan pengaturan manual.

Siren Detect dan Voice Detect secara otomatis mengenali suara sirene darurat atau suara Anda dan menaikkan suara sekitar, sehingga Anda dapat tetap waspada terhadap lingkungan sekitar atau memusatkan perhatian pada percakapan Anda.

Cara mengaktifkan Adaptive Noise Control

1.     Buka aplikasi Galaxy Wearable pada smartphone Anda yang terhubung

2.     Tap pada Adaptive

Cara mengaktifkan Siren Detect

1.     Buka aplikasi Galaxy Wearable pada smartphone Anda yang terhubung

2.     Tap pada Auto switch to ambient sound

3.     Pilih Siren Detect

Cara mengaktifkan Voice Detect

  1. Buka aplikasi Galaxy Wearable pada smartphone Anda yang terhubung
  2. Tap pada Auto switch to ambient sound
  3. Pilih Voice Detect

Inovasi Sound untuk semua orang

Dengan peluncuran Galaxy S25 series, Samsung telah menetapkan standar baru untuk mobile AI, menghadirkan pendamping AI sejati untuk menciptakan interaksi paling alami dan paling mudah antara Anda dan dunia Anda.

Seiring dengan makin luasnya penerapan kemampuan yang intuitif dan cerdas ini di seluruh ekosistem Galaxy, Galaxy Buds series akan tetap menjadi yang terdepan dalam inovasi sound – membuka pengalaman audio yang imersif dan nyaman untuk semua. (Icha)

Majamojo Luncurkan Game E.T.E Chronicle di Indonesia dan Malaysia

0

Telko.id – Majamojo telah resmi mengumumkan bahwa E.T.E Chronicle, sebuah game aksi 3D dengan pertempuran futuristik di darat, laut, dan udara, kini membuka tahap pra-registrasi untuk para pemain di Indonesia dan Malaysia.

Pemain yang melakukan pra-registrasi akan mendapatkan berbagai hadiah eksklusif dalam game saat E.T.E Chronicle resmi dirilis. Game ini akan tersedia di perangkat Android dan iOS.

Potensi Pasar RPG dan Anime di Indonesia

Genre RPG (Role-Playing Game) merupakan salah satu genre game populer di masyarakat, terutama bagi para pecinta Final Fantasy, Ragnarok, Genshin Impact, dan sebagainya.

Berdasarkan riset terbaru, genre RPG memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para gamer rela meluangkan waktu berjam-jam per hari serta tak sedikit yang rela mengeluarkan banyak uang hingga lebih dari 1 juta rupiah per bulan hanya untuk bermain game genre ini. Diperkirakan lebih dari 90 juta RPG games download di Indonesia per-tahun nya.

Baca juga : Telkomsel Hadirkan Internet BAIK Festival (IBFEST) 2025, Ini Targetnya!

Elemen cerita yang mendalam, karakter yang menarik, serta gameplay yang memungkinkan pemain menyesuaikan strategi mereka menjadi faktor utama dalam kesuksesan genre ini. Dengan gaya visual ala anime, E.T.E Chronicle diyakini akan menarik perhatian para pecinta anime di Indonesia.

”Berdasakan riset Sensor Tower, ada sekitar 42 juta active gamers dengan genre RPG di Indonesia. Di satu sisi Indonesia masuk ke dalam top 10 negara pecinta anime atau sekitar 50 juta,” kata Suryanda, Direktur Majamojo.

Dari kedua kelompok tersebut, ada irisan sekitar 15 juta gamers yang menyukai RPG dengan gaya anime. Peluncuran E.T.E Chronicle merupakan upaya Majamojo untuk membangun ekosistem yang lebih luas bagi pecinta anime dan game di Indonesia.

Latar Cerita: Dunia Futuristik yang Penuh Konflik

E.T.E Chronicle berlatar di masa depan di mana kekuasaan politik telah digantikan oleh konglomerat besar, dan peperangan terjadi demi kepentingan pribadi.

Noah Corporation menemukan peninggalan alien dan peralatan mereka di dekat orbit Bumi—dengan kode nama [Urd]. Dengan teknologi baru Dagny, Noah Corporation tumbuh pesat dan menjadi salah satu korporasi terkuat, mengembangkan mecha “Galar”.

Gameplay: Aksi Mecha di Medan Tempur Multi-Dimensi

Pemain akan berperan sebagai Nexecutor, pemimpin yang ditugaskan untuk memandu sekelompok gadis pilot mecha dalam pertempuran melawan ancaman kiamat yang disebabkan oleh dominasi Noah Corporation.

Dengan grafis 3D yang memukau, pemain dapat merasakan pengalaman bertempur yang intens di berbagai medan, mulai dari darat, laut, hingga udara.

Setiap karakter dilengkapi dengan mecha yang memiliki senjata serta keterampilan unik di kelasnya masing-masing (Tanker, Attacker, Support, dan Buff/Debuff) memungkinkan pemain untuk mengeksekusi serangan dan kombo yang menarik serta beragam.

Dukungan Pengisi Suara dari Industri Anime

Selain gameplay yang mendalam, E.T.E Chronicle menampilkan pengisi suara ternama dari industri anime, termasuk Lynn, Sumire Uesaka, dan Hana Kanazawa, yang memberikan kehidupan dan pengalaman lebih menarik pada karakter-karakter dalam game ini. Kolaborasi ini memastikan pengalaman bermain yang lebih seru dan emosional bagi para pemain.

Daftar Sekarang dan Dapatkan Hadiah Eksklusif!

Pra-registrasi untuk E.T.E Chronicle telah dibuka! Daftar sekarang untuk mendapatkan hadiah eksklusif saat game ini resmi dirilis. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi yang pertama merasakan pertempuran futuristik yang seru. (Icha)

Piala by.U 2025 Kembali Digelar, Gerbang ke Futsal Profesional

0

Telko.id – Telkomsel melalui by.U kembali menghadirkan Piala by.U 2025, turnamen futsal terbesar bagi pelajar tingkat SMP dan SMA di Indonesia.

Ajang ini akan berlangsung dari April hingga November 2025 di 27 kota penyelenggaraan, melibatkan lebih dari 1.080 sekolah di 107 kota/kabupaten.

Mengusung semangat “Saatnya Kejar Ambisimu, Menjadi Pemain Futsal Pro”, Piala by.U 2025 membuka kesempatan bagi generasi muda untuk mengembangkan bakatnya di dunia futsal.

Turnamen ini juga menjadi bagian dari komitmen Telkomsel melalui brand by.U untuk mendukung akselerasi perkembangan ekosistem olahraga nasional serta menciptakan panggung bagi talenta futsal muda berbakat yang ingin melangkah ke level profesional.

Baca juga : Telkomsel Salurkan Tas Sekolah Dari Penukaran Telkomsel Poin dan uCoin by.U

Piala by.U 2025 bukan sekadar kompetisi, tetapi batu loncatan bagi para pemain muda berbakat untuk mengejar mimpi menjadi pemain futsal profesional,” kata Riko Ringgoanto, Head of by.U.

Tahun ini, menurut Riko, akan menghadirkan pengembangan dari segi kualitas dan kuantitas, sehingga lebih banyak talenta futsal dari berbagai daerah dapat ikut bersaing di tingkat nasional.

Lebih dari Sekadar Turnamen Futsal

Selain pertandingan futsal tingkat SMP dan SMA, Piala by.U 2025 juga menghadirkan roadshow MASIH Bersama by.U (Momen AkSI Hiburan Bersama by.U) ke berbagai sekolah.

Program ini mencakup Coaching Clinic bersama pelatih profesional, Pep-Talk bersama atlet futsal, dan Sound of Supporter yang mendorong kreativitas para pendukung tim. Tahun ini, juga ada Dance Competition Tingkat SMA yang akan diikuti 10 tim terbaik dari setiap kota.

Tak ketinggalan, maskot “Piyu” beserta jingle resmi Piala by.U akan menyemarakkan suasana pertandingan. Bagi penonton yang hadir di lokasi, tersedia Pop-Up Booth Ustore untuk pembelian kuota dan merchandise eksklusif.

Ada pula Promo Kuota Super Kaget by.U dengan paket data 3 GB seharga Rp10.000 untuk 30 hari, memberikan akses internet terjangkau bagi para peserta dan suporter.

Hadiah Bergengsi & Peluang Berlatih di Klub Profesional

Para juara akan mendapatkan uang pembinaan, sertifikat, dan medali di tingkat kota maupun nasional. Lebih dari itu, Piala by.U 2025 akan memilih 50 pemain futsal terbaik dalam program Talent Scouting futsal terbesar di Indonesia.

Mereka akan mengikuti training camp bersama Cosmo JNE FC Jakarta, Fafage Banua FC Banjarmasin, dan Black Steel FC Papua. by.U juga menggandeng Justinus Lhaksana (Coach Justin) sebagai Sport Director Piala by.U 2025 untuk membimbing dan menilai bakat terbaik.

Jejak Kesuksesan Piala by.U 2024

Pada gelaran sebelumnya, Piala by.U 2024 berhasil melibatkan 912 tim sekolah dengan 10 ribu atlet pelajar, ditonton oleh lebih dari 1 juta penonton online.

Dari program Talent Scouting, 6 pemain berbakat mendapatkan kesempatan berlatih di klub futsal profesional Kuda Laut Nusantara, dan Kofaludin dari SMA IT BBS Bogor kini berkarier sebagai pemain profesional di Tiga Radja United.

Pendaftaran Sudah Dibuka, Siap-Siap Wujudkan Mimpi!

Tim futsal tingkat SMP dan SMA dapat mendaftar melalui situs resmi Piala by.U 2025. Semua Grand Final di setiap kota akan disiarkan langsung oleh MAXstream, YouTube by.U, dan platform lainnya, sehingga penggemar futsal di seluruh Indonesia dapat menyaksikan aksi para talenta muda terbaik.

“Kami berharap Piala by.U 2025 dapat menginspirasi lebih banyak pelajar Indonesia untuk berani bermimpi besar dan menjadikan futsal sebagai jalan meraih prestasi. Semoga ajang ini terus melahirkan bintang baru yang mampu bersinar di bidang profesional,” tambah Riko.

Dengan segala peluang yang ditawarkan, Piala by.U 2025 siap menjadi ajang futsal pelajar paling bergengsi di Indonesia. Ini saatnya anak muda ambil peluang, tunjukkan bakat, dan kejar ambisi! (Icha)

TelkomMetra Jalin Sinergi Dengan Sipajak, Dukung Perpajakan Digital

0

Telko.id – Dalam upaya menghadirkan solusi perpajakan berbasis digital yang efisien dan akurat, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), TelkomMetra melalui Strategic Business Unit (SBU) Digital Tax menjalin sinergi dengan Sipajak, platform layanan perpajakan online yang resmi terdaftar sebagai Mitra Resmi DJP Online.

Sinergi ini terwujud untuk membantu perusahaan-perusahaan dalam menghadapi tantangan administrasi perpajakan serta mendukung transformasi layanan pajak di era digital.

Dengan meningkatnya kebutuhan akan digitalisasi perpajakan, TelkomMetra menghadirkan Digitax, aplikasi inovatif untuk pembubuhan materai elektronik resmi.

Digitax menawarkan berbagai metode pembubuhan materai elektronik yang tidak hanya mempermudah proses digitalisasi dokumen, tetapi juga memastikan kepatuhan hukum (legally compliant).

Baca juga : Telkom Perkuat Ekosistem AI melalui IndigoHub dan IndigoSpace

Sementara itu, Sipajak menghadirkan rangkaian layanan perpajakan digital yang mencakup pembuatan faktur pajak, bukti potong, pelaporan SPT, hingga pembayaran pajak secara terintegrasi.

Dengan dukungan konektivitas ke sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dan perangkat lunak akuntansi, Sipajak membantu perusahaan mengelola kewajiban perpajakannya dengan lebih mudah dan efisien.

Sebagai bagian dari kerja sama ini, TelkomMetra dan Sipajak menawarkan API Reseller, layanan yang memungkinkan integrasi otomatis perpajakan dengan sistem perusahaan.

Layanan ini mendukung validasi pajak masukan, penyampaian SPT secara elektronik, serta fitur lainnya yang mendukung transformasi digital pajak.

Direktur Utama TelkomMetra Pramasaleh Hario Utomo menyambut baik sinergi ini. Ia menegaskan bahwa integrasi antara platform TelkomMetra dan Sipajak telah dilakukan secara teknis tanpa kendala serta dinyatakan kompatibel dengan sistem Coretax.

“Kami yakin kerja sama ini akan menjadi landasan yang kuat dalam membangun ekosistem perpajakan digital yang lebih canggih dan komprehensif di Indonesia,” ujar Pramasaleh.

Direktur Utama Sipajak Rachmad Isdiawan juga mengungkapkan optimismenya terhadap kolaborasi ini. “Kemitraan ini memungkinkan kami menghadirkan solusi perpajakan yang lebih inovatif dan terjangkau bagi pelaku usaha di Indonesia. Dengan dukungan infrastruktur TelkomMetra, kami yakin transformasi digital dalam pengelolaan pajak dapat berjalan lebih cepat dan efisien,” ungkap Isdiawan.

Untuk meresmikan sinergi ini, kedua pihak menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang menjadi dasar hukum pelaksanaan seluruh aspek kerja sama ini.

Dokumen tersebut memuat ruang lingkup kerja sama, hak dan kewajiban masing-masing, serta mekanisme operasional yang memastikan strategi bisnis berjalan optimal dan terukur.

Seluruh pihak berkomitmen untuk mengintegrasikan kapabilitas dan keahlian masing-masing untuk mengoptimalkan pengelolaan, pengembangan, serta pemasaran platform digital.

Melalui sinergi ini diharapkan dapat tercipta solusi inovatif bagi industri perpajakan digital, memperluas jangkauan layanan, serta mempercepat transformasi digital dalam pengelolaan pajak perusahaan di Indonesia. (Icha)

Telkom Perkuat Ekosistem AI melalui IndigoHub dan IndigoSpace

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) membuat inisiatif baru untuk mengembangkan ekosistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di berbagai kota di Indonesia melalui IndigoHub dan IndigoSpace.

Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan pengetahuan masyarakat mengenai AI serta mengakselerasi implementasi penggunaan AI dalam industri domestik.

Sebagai bagian dari upaya ini, Telkom berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pendidikan, pemerintah, pihak swasta, dan komunitas lokal. Kolaborasi ini mencakup berbagai kegiatan, mulai dari seminar dan forum diskusi hingga program-program seperti “AI Goes to School”.

IndigoHub dan IndigoSpace yang tersebar di sembilan kota di Indonesia akan dijadikan sebagai AI Hub Center untuk mendukung inisiatif Telkom dalam meningkatkan literasi dan adopsi teknologi kecerdasan buatan di Indonesia melalui serangkaian kegiatan seminar, workshop, dan pelatihan yang menyasar para talenta lokal.

Baca juga : Lewat Indibiz, Telkom Hadirkan Inovasi AI untuk Bantu Transformasi Digital SME

“Program Indigo merupakan langkah strategis Telkom untuk memperkuat posisi sebagai pemimpin transformasi digital dengan menggandeng berbagai stakeholder, termasuk lembaga pendidikan dan pemerintah daerah,” kata Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business and Technology Telkom.

Komang menambahkan bahwa inisiatif ini membangun ekosistem AI yang inovatif untuk mendorong pertumbuhan industri, memberdayakan masyarakat, dan menyiapkan talenta masa depan agar siap bersaing di era AI.

Telkom melalui IndigoHub dan IndigoSpace terus mendorong perkembangan ekosistem digital di Indonesia dengan berbagai inisiatif, antara lain kolaborasi antara Telkom, yang diwakili oleh Indigo, dengan BIM University di Denpasar pada 11 Februari 2025. Kolaborasi ini berfokus pada perencanaan program “AI Goes to School” yang akan dimulai pada 1 Maret 2025.

Selain itu, pada 13 Februari 2025, Telkom melalui Indigo juga mengadakan Tech Talk di IndigoHub Jogja bekerja sama dengan Qiscus.

Acara ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa dan pelaku usaha digital yang mendapatkan wawasan mengenai teknologi AI bernama Agentic RAG, yang mampu membaca banyak buku dan menjawab pertanyaan secara cerdas layaknya seorang detektif, sehingga dapat memilih jawaban terbaik dari berbagai sumber informasi.

Tidak hanya itu, Telkom juga menghadirkan Malang AI Connect yang berlangsung pada 14 Februari 2025 di IndigoSpace Malang. Acara ini berhasil mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan untuk mendiskusikan potensi serta tantangan dalam pengembangan kecerdasan buatan di daerah tersebut.

Inisiatif lainnya juga dilakukan di Aceh, di mana Telkom melalui IndigoSpace Aceh menyelenggarakan workshop dan diskusi bertema “Pemanfaatan AI pada Startup dan Business Digital” pada 19 Februari 2025.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan pelaku usaha, baik tradisional maupun digital, yang mendapatkan wawasan mengenai bagaimana kecerdasan buatan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam bisnis mereka.

Melalui IndigoHub dan IndigoSpace, Telkom terus mendorong literasi dan adopsi AI di berbagai sektor. Kolaborasi lintas sektor ini mempercepat transformasi digital, membuka peluang baru, dan memastikan teknologi AI berkontribusi pada pertumbuhan industri serta kemajuan ekonomi digital Indonesia.

Ke depan, Telkom akan terus melakukan lebih banyak inisiatif kolaborasi dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang AI dan mempercepat implementasi teknologi ini di berbagai sektor industri. (Icha)

Nubia Gelar Program “Vroom Terus Kebaikanmu”, Bagikan 20 Tiket Mudik Gratis!

0

Telko.id – Ramadan adalah bulan penuh berkah, momen untuk mempererat kebersamaan dan menebar kebaikan di setiap kesempatan.

Untuk merayakan bulan suci ini, nubia Indonesia menghadirkan kampanye “Vroom Terus Kebaikanmu,” sebuah inisiatif yang mengajak masyarakat untuk menyebarkan kebaikan dan merayakan semangat kebersamaan melalui berbagai program inspiratif.

Sebagai merek yang dekat dengan generasi muda, nubia memahami pentingnya tetap terhubung dan merayakan setiap momen berharga bersama orang terkasih.

Melalui kampanye ini, nubia ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat, mendukung para pengguna setia nubia untuk kembali berkumpul dengan keluarga, mengabadikan makna perjalanan Ramadan dengan cara kreatif, serta menebarkan kebaikan melalui musik dan kegiatan amal.

Baca juga : Nubia V70 Series, Smartphone AI untuk Para Pelajar

Dengan semangat “Vroom Terus Kebaikanmu”, nubia meyakini bahwa kebaikan akan semakin berarti saat dibagikan. Mengusung filosofi “Be yourself”, nubia mengajak semua orang untuk mengekspresikan diri dengan cara mereka sendiri untuk menebar kebaikan, mempererat kebersamaan, dan menjadi versi terbaik dari diri mereka.

Di Ramadan ini, menjadi diri sendiri berarti membawa perubahan bagi orang lain, baik dengan membantu keluarga untuk berkumpul kembali, berbagi momen berharga, hingga mendukung aksi sosial.

Melalui kampanye ini, nubia ingin menjadikan Ramadan 2025 lebih istimewa, tidak hanya bagi para pengguna, tetapi juga bagi mereka yang membutuhkan.

Vroom Sampai Kampung: Membawa 20 Pemenang Beruntung Mudik Gratis

Mudik adalah tradisi yang tidak terpisahkan dari Ramadan di Indonesia. Perjalanan pulang kampung bukan sekadar berpindah tempat, tetapi juga momen untuk berkumpul kembali bersama keluarga, mempererat hubungan, dan merayakan Idulfitri bersama. Namun, bagi sebagian orang, perjalanan ini bisa menjadi tantangan secara finansial.

Untuk mewujudkan momen istimewa ini, nubia menghadirkan program “Vroom Sampai Kampung” yang memberikan tiket mudik pulang-pergi gratis bagi 20 pemenang beruntung.

Melalui inisiatif ini, nubia ingin membantu mereka yang mungkin menghadapi kesulitan dalam mudik, sehingga lebih banyak orang dapat merasakan hangatnya kebersamaan keluarga saat Idul Fitri.

Untuk ikut serta dalam “Vroom Sampai Kampung”, peserta cukup membeli smartphone nubia seri apa pun pada periode 5–15 Maret 2025, lalu isi Google Form, ikuti akun Instagram @nubia_indonesia, dan bagikan cerita menyentuh tentang orang yang paling ingin ditemui saat Ramadan di kolom komentar, dengan hashtag #VroomTerusKebaikanmu serta tag tiga teman lainnya.

Pemenang akan dipilih berdasarkan kisah paling inspiratif, menjadikan program ini lebih dari sekadar tiket mudik—tetapi juga ajakan untuk berbagi kisah pribadi tentang arti keluarga dan kebersamaan di bulan suci. Melalui kampanye ini, nubia ingin menyoroti makna sesungguhnya dari bulan Ramadan —cinta, rasa syukur, dan momen reuni yang penuh kehangatan.

Mengabadikan Makna Perjalanan Mudik

Setiap perjalanan mudik memiliki kisah uniknya sendiri—perpisahan yang penuh haru, perjalanan panjang namun berkesan, serta pertemuan keluarga yang penuh kebahagiaan.

Untuk merayakan momen-momen ini, nubia menghadirkan kampanye “Vroom Serunya Mudik,” yang mengajak pengguna untuk berbagi pengalaman mudik dengan cara yang kreatif dan menarik.

Program ini dibuat untuk mengapresiasi pentingnya mudik lebih dari sekadar perjalanan fisik. Namun juga memgangkat aspek emosional dan budaya yang menjadikan mudik sebagai tradisi penuh makna.

Melalui inisiatif ini, nubia ingin menghadirkan wadah bagi masyarakat untuk berbagi kisah inspiratif, mempererat hubungan, dan menjadikan pengalaman Ramadan mereka semakin istimewa.

Program ini akan dimulai pada 16 Maret hingga 11 April 2025, untuk info lebih lanjut langsung cek instagram @nubia_indonesia.

Penawaran Spesial untuk Ramadan yang Lebih Seru!

Melalui Vroom Ramadan Promo, nubia menghadirkan diskon spesial hingga Rp400.000, cicilan 0% selama 3 bulan, dan gratis ongkir untuk membuat Ramadan semakin istimewa.

Baik untuk upgrade smartphone atau mencari penawaran terbaik, nubia siap memberikan pilihan terbaik untuk Anda! Promo eksklusif ini berlangsung mulai 1–31 Maret 2025.

Dengan penawaran menarik ini, nubia memudahkan semua orang untuk menikmati teknologi terbaru sekaligus tetap terhubung dengan orang terkasih di bulan Ramadan. Jangan sampai ketinggalan, dapatkan promo spesial ini sebelum berakhir!

Ramadan Penuh Momen Bermakna bersama nubia

Melalui kampanye “Vroom Terus Kebaikanmu”, nubia mengajak semua orang menjadikan Ramadan sebagai momen untuk berbagi, mempererat kebersamaan, dan menebar kebahagiaan.

Mulai dari membantu mudik, mengabadikan momen perjalanan pulang kampung, mendukung inisiatif sosial, hingga memberikan promo spesial, nubia terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna bagi masyarakat.

Dengan mengedepankan nilai kebersamaan dan kedermawanan, nubia berharap Ramadan 2025 menjadi lebih berkesan, memberkan dampak positif, dan lebih bermakna bagi semua orang. (Icha)

DANA Bawa Inklusi Keuangan Digital Ke Level Global

0

Telko.id – Inklusi keuangan lebih dari sekadar membuka akses terhadap layanan perbankan, tetapi juga bagaimana masyarakat dapat memanfaatkan layanan tersebut secara maksimal sehingga bisa berpartisipasi aktif dalam pergerakan ekonomi digital.

DANA, sebagai pemimpin tekfin di Indonesia, mewujudkannya dengan memusatkan setiap inovasi dan teknologinya kepada pengguna, baik dengan memberikan pelindungan lewat teknologi terbaik, pengalaman transaksi ramah pengguna sesuai kebutuhan saat ini dan nanti, hingga merangkul usaha di berbagai skala.

Dengan teknologi canggih dan ekosistem layanan yang terus berkembang, DANA telah membantu menjangkau segmen masyarakat yang sebelumnya sulit mengakses layanan keuangan formal dengan melakukan inklusi keuangan.

Pencapaian ini kembali mendapatkan pengakuan global yang kali ini datang dari Sensor Tower APAC Awards 2024, sebagai Best Innovative Fintech App.

Baca juga : DANA Masuk Deretan 60 Perusahaan Fortune Fintech Innovators Asia 2024

Inovasi Tepat Guna yang Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

Dalam enam tahun terakhir, fitur yang DANA miliki terus berevolusi mengikuti kebutuhan masyarakat. Tak hanya diandalkan sebagai sistem pembayaran digital untuk kebutuhan harian, DANA kini juga semakin diminati untuk layanan keuangan digitalnya lewat fitur-fitur seperti DANA eMAS, Reksa Dana, dan DANA Siaga.

“Transformasi keuangan digital bukan hanya tentang akses, tetapi juga membangun kepercayaan dan literasi finansial. Peran dompet digital DANA dalam mendorong pertumbuhan inklusi keuangan digital di Indonesia sejalan dengan arah strategis Pemerintah untuk mencapai inklusi keuangan sebesar 93,3% pada tahun 2029,” kata Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA.

Vince menambahkan bahwa sangat penting bagi DANA untuk memastikan tata kelola yang baik dan bisnis yang berkelanjutan, dalam memberikan layanan pengguna yang optimal.

“Dengan berlandaskan keduanya, teknologi DANA yang aman dapat ikut serta mengantarkan Indonesia menuju kesejahteraan finansial yang merata,” sahut Vince menjelaskan.

DANA juga memperkuat perannya dalam meningkatkan literasi keuangan digital melalui kerja sama dengan pemerintah, lembaga keuangan, dan mitra ekosistem lainnya.

Program-program edukasi yang telah dijalankan DANA bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang manfaat dan penggunaan layanan keuangan digital dalam kehidupan sehari-hari.

Validasi Global terhadap Inovasi dan Dampak DANA

Penghargaan Best Innovative Fintech App dari Sensor Tower APAC Awards 2024 diberikan berdasarkan kriteria ketat yang mencakup pertumbuhan pasar, pengalaman pengguna, serta dampak aplikasi terhadap industri tekfin.

Pengakuan ini menegaskan posisi DANA sebagai pionir dalam layanan keuangan digital yang mengutamakan pengalaman pengguna dan keamanan.

Dengan rata-rata rating yang mengesankan sebesar 4,8 bintang dan lebih dari 200 juta unduhan secara global, DANA telah memantapkan diri sebagai pelopor inovasi nontunai.

Dampaknya yang signifikan dalam mendorong pembayaran elektronik di Indonesia didukung oleh beberapa faktor lain seperti populasi besar, peningkatan penggunaan ponsel pintar, dan minat akses keuangan inklusif yang makin tinggi, ikut menciptakan permintaan yang kuat terhadap solusi keuangan digital.

Kedepannya, DANA akan terus mengembangkan fitur-fitur inovatif yang tidak hanya memperluas akses keuangan, tetapi juga meningkatkan kepercayaan pengguna dan memaksimalkan potensi terbaik mereka.

Dengan mengandalkan teknologi yang aman, DANA bertujuan menciptakan layanan keuangan yang lebih inklusif, mudah diakses, dan berdaya guna bagi seluruh masyarakat.

DANA akan terus menjadi jembatan bagi masyarakat untuk merasakan manfaat nyata dari layanan keuangan digital, memastikan setiap individu dan pelaku usaha dapat berkembang dalam ekosistem ekonomi digital yang dinamis. (Icha)

Predator Gaming Indonesia Resmi Gandeng RRQ Valorant

0

Telko.id – Acer melalui Predator Gaming Indonesia, terus menunjukkan komitmen perusaahaan untuk mendukung ekosistem industri game nasional, dan dengan bangga mengumumkan kolaborasi dengan Tim Rex Regum Qeon (RRQ) Valorant.

Kemitraan dengan Tim RRQ yang selalu berada dalam deretan pemain teratas dunia ini, juga merupakan bagian dari upaya perusahaan memperkuat hubungan dengan komunitas esports nasional, serta pasar perangkat gaming dengan produk-produk yang telah dilengkapi dengan teknologi terkini.

“Kami menyambut gembira bergabungnya Tim RRQ Valorant sebagai bagian dari Predator Gaming Indonesia. Predator Gaming ingin terus mendorong pemain gim tanah air  untuk mencapai performa terbaik mereka dan menciptakan raihan prestasi, baik di dalam negeri maupun kancah internasional,” kata Leny Ng, President Director, Acer Indonesia.

“Di beberapa tahun terakhir, pasar gaming Asia Tenggara termasuk Indonesia mengalami perkembangan cukup pesat. Hal ini terjadi seiring semakin populernya berbagai gim esports, meningkatnya jumlah esports player, serta semakin banyak prestasi yang ditorehkan tim esport Indonesia di ajang global”, tambah Leny Ng.

Baca juga : Acer Predator Orion 5000 (PO5-655) Terbaru: Performa Gaming Terbaik Tanpa Kompromi!

Leny Ng juga menambahkan bahwa kolaborasi ini semakin memperkuat komitmen Predator Gaming untuk terus menghadirkan produk-produk terbaik untuk komunitas gamer di Indonesia, dan mengajak mereka untuk berkembang bersama.

Predator Gaming Indonesia sebagai mitra teknologi senantiasa menyediakan rangkaian produk unggulan yang dirancang khusus untuk mendukung pengalaman bermain pro player, seperti tim RRQ Valorant.

Produk-produk seperti PC Predator Orion Series, menawarkan spesifikasi tinggi untuk bermain, streaming, dan editing tanpa hambatan.

Selain itu pro player juga bisa merasakan experience bermain gim lebih optimal dengan Monitor Gaming Nitro XV 242 (540Hz) yang memiliki refresh rate super cepat dan respons 0,1 ms, dan Laptop Predator Helios Series, yang dilengkapi teknologi pendingin canggih, dan memberikan kestabilan dan kenyamanan selama sesi latihan dan pertandingan panjang.

Semua perangkat ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan gamer profesional, memastikan mereka dapat berlatih, bertanding, dan menghasilkan konten dengan performa terbaik.

“Kami bangga menjadi bagian dari keluarga besar Predator Gaming Indonesia. Merupakan sebuah kehormatan bagi tim RRQ Valorant untuk mewakili Predator Gaming Indonesia, yang selama ini dikenal telah menghadirkan berbagai produk dengan inovasi terkini dan kualitas produk terbaik,” kata  Jonathan Hoo,Head of RRQ Valorant.

Ia pun percaya, Predator Gaming Indonesia akan membawa industri esport nasional semakin maju, dan lebih dikenal dunia.

Melalui kolaborasinya dengan  Predator Gaming Indonesia, RRQ Valorant tidak hanya mencatatkan prestasi gemilang di berbagai turnamen internasional, tetapi juga menjadi representasi kuat dari semangat kompetitif Indonesia.

Dalam rangka melanjutkan kiprah mereka, RRQ Valorant siap mewakili Indonesia di Asia Pacific Predator League 2026, sebuah turnamen bergengsi yang akan menjadi ajang pembuktian kemampuan mereka di kancah esports global.

Pada tahun 2025, Tim RRQ mengumumkan skuad untuk divisi Valorant, dan terdiri dari sejumlah pemain profesional yang memiliki peran penting dalam kesuksesan mereka.

Di antaranya, ada David Monangin (Xffero), berasal dari Indonesia dan memiliki talenta dan strategi yang luar biasa dalam setiap pertandingan.

Selain itu skuad juga diisi oleh I Made Adhi Cahya Nugraha (Monyet) dan Bryan Carlos Setiawan (Kushy), yang juga berasal dari Indonesia, dan berperan sebagai pemain kunci dengan skill tinggi yang turut mengangkat performa tim di berbagai turnamen.

Tim ini juga diperkuat oleh Marthinus Jacobus Van Der Walt (Ewok) sebagai pelatih, yang memberikan arahan strategis untuk mengoptimalkan permainan tim, serta Evan Olzem (Warbirds) sebagai analis yang bertugas menganalisis permainan lawan untuk mempersiapkan strategi terbaik.

Dua pemain internasional yang turut memperkuat tim adalah Park Geon (Estrella), berperan penting sebagai in-game-leader, dan Maksim Batarov (Jemkin), yang membawa keahlian mereka untuk memberikan kontribusi signifikan dalam tim.

Sebagai salah satu tim eSports terkemuka di Indonesia maupun dunia, Tim RRQ Valorant juga dikenal sebagai tim pertama dari Indonesia yang berhasil masuk ke dalam Franchise Valorant Champions Tour (VCT), sebuah pencapaian prestisius di dunia eSports global. (Icha)

Kompetisi Golden Month Berhadiah 10.000 Smartphone Terbaru OPPO!

0

Telko.id – Setelah sukses dengan peluncuran Reno13 Series, OPPO melanjutkan kolaborasi strategisnya dengan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) melalui event dalam game besar “Golden Month” dengan membagikan 10.000 smartphone OPPO Reno13 F 5G dan OPPO A5 Pro 5G kepada para pemain MLBB!

Mulai 28 Februari hingga 1 April 2025, pemain MLBB di Filipina, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia dapat berpartisipasi dalam Dazzling Golden Spin Event di aplikasi MLBB untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah menarik, termasuk smartphone OPPO Reno13 F atau OPPO A5 Pro 5G terbaru.

Dengan satu smartphone yangdiberikan setiap menit dari pukul 22:00-02:59 (GMT+8) di setiap malamnya, kampanye OPPO x MLBB Golden Month menawarkan pengalaman dalam game yang mendebarkan dan penuh hadiah!

Menambah antusiasme menjelang giveaway smartphone OPPO, OPPO dan MLBB akan meluncurkan event dalam game eksklusif dari 21 Februari hingga 23 Maret 2025.

Baca juga : MLBB x Oppo Smooth Legend Cup Siap Masuk Babak Puncak

Para pemain dapat langsung mengklaim elemen dalam game edisi terbatas secara gratis, termasuk efek recall khusus OPPO dan emote Ollie, sehingga pemain dapat tampil berbeda di antara para rival dalam pertempuran sengit.

Dengan kesuksesan kemitraan sebelumnya antara OPPO dan MLBB, kolaborasi berkelanjutan ini menegaskan komitmen OPPO untuk mengajak komunitas gamer dengan kampanye dan pengalaman yang mendebarkan.

Dengan menggabungkan teknologi inovatif dengan pengalaman bermain game sehari-hari, OPPO semakin mempererat hubungan dengan para gamer mobile dari berbagai penjuru.

Melalui kampanye Golden Month, para pemain MLBB mendapatkan kesempatan istimewa untuk memenangkan smartphone OPPO serta hadiah eksklusif dalam game.

Sebelumnya, Mobile Legends: Bang Bang dan Oppo juga sukses menggelar MLBB x Oppo Smooth Legend Cup di tujuh kota besar di Indonesia dan kini sudah memasuki babak puncak dengan National Qualifiers Grand Final.

Acara tersebut mempertemukan para juara dari masing-masing kota yang akan bertarung memperebutkan tiket untuk melangkah ke kancah internasional melawan 6 tim juara dari 6 negara Asia Tenggara. (Icha)

Little Rebels Cinema Club, Raih Penghargaan Crystal Bear di Festival Film Berlin 2025

0

Telko.id – Telkomsel melalui MAXStream Studios mencatat sejarah baru bagi industri perfilman Indonesia setelah film pendek “Little Rebels Cinema Club” berhasil meraih penghargaan Crystal Bear dalam kategori Best Short Film – Generation Kplus Children’s Jury di Festival Film Internasional Berlin 2025 (Berlinale).

Prestasi ini menjadikan “Little Rebels Cinema Club” sebagai film pendek Indonesia pertama yang memenangkan penghargaan bergengsi tersebut.

Penghargaan Crystal Bear diberikan oleh juri anak-anak yang terdiri dari tujuh anggota berusia 11-14 tahun dalam kategori Generation Kplus.

Pada gelaran tersebut, dewan juri menyampaikan apresiasi terhadap film “Little Rebels Cinema Club” karena menggambarkan kreativitas dalam sinema yang saling berkaitan satu sama lain.

Baca juga : Secinta Itu Sama Sinema, Cara Telkomsel MAXStream Studios Dukung Sineas Muda

Kisah para protagonis muda yang penuh emosi juga berhasil menyentuh perasaan para penonton. Kekuatan karakter dan ekspresi para tokoh juga telah menarik perhatian, serta memenangkan hati para juri.

Keberhasilan film ini menegaskan komitmen Telkomsel melalui  MAXStream Studios dalam mendukung industri perfilman Indonesia agar semakin diperhitungkan di kancah internasional.

Terlebih, film “Little Rebels Cinema Club” merupakan hasil dari program Secinta Itu Sama Sinema (SISS), sebuah inisiatif dari MAXStream Studios yang bertujuan menciptakan ekosistem perfilman yang inklusif dan berkelanjutan bagi sineas muda. Program ini menjadi salah satu faktor penting dalam terwujudnya pencapaian tersebut.

Selain itu, raihan penghargaan untuk film ini tidak hanya memperkuat posisi film Indonesia di ajang perfilman dunia, tetapi juga membuka jalan bagi lebih banyak sineas muda untuk terus berkarya dan mendapatkan pengakuan di tingkat internasional.

“Kami sangat bangga bahwa film ini mendapat apresiasi di tingkat internasional melalui penghargaan di salah satu festival film paling prestisius di dunia. Penghargaan ini juga merupakan kemenangan bagi seluruh insan perfilman Indonesia,” kata Lesley Simpson, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel & Produser Eksekutif ‘Little Rebels Cinema Club’.

Telkomsel melalui MAXStream Studios pun menurut Simpson akan terus mendukung sineas muda berbakat untuk berkarya dan membawa sinema Indonesia semakin bersinar di kancah internasional.

Sutradara flm pendek ini, Khozy Rizal, mengungkapkan “Kami sampaikan terima kasih kepada MAXstream Studios yang telah mendukung film ‘Little Rebels Cinema Club’ sejak awal hingga berhasil mendapat penghargaan Crystal Bear”.

Menurut Khozy, film ini adalah kisah tentang harapan dan impian, dan kami senang cerita ini bisa diterima dengan baik oleh juri muda Berlinale. Semoga ini menjadi awal dari lebih banyak prestasi bagi perfilman Indonesia di kancah internasional.

film pendek ini adalah sebuah film yang mengisahkan perjalanan seorang bocah 14 tahun bernama Doddy, yang bersama sahabatnya mencoba mereplikasi adegan film zombie menggunakan handycam tua milik kakaknya.

Dengan latar tahun 2008, film ini menangkap dinamika persahabatan, kreativitas anak-anak, dan kompleksitas emosi remaja dalam balutan cerita yang hangat dan penuh makna.

MAXStream Studios sendiri merupakan rumah produksi yang telah melahirkan film dan serial dengan platform penayangan utama pada MAXstream, IndiHomeTV (Channel AllPlay Entertainment, AllPlay Sports, Fun Planet) & MyTelkomsel.

MAXStream Studios telah memproduksi sebanyak 130 judul konten film dan series yang dapat dinikmati di berbagai kanal penayangan, mulai dari bioskop, platform Over-the-Top (OTT), hingga Free-to-Air (FTA). (Icha)