spot_img
Latest Phone

Bocoran Samsung Galaxy Watch8: Desain Baru, Tapi Kecepatan Isi Daya Masih Sama?

Telko.id - Bocoran resmi dari sertifikasi 3C di China...

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...
Beranda blog Halaman 120

Senhasegura tawarkan Solusi Lawan Serangan Siber Berteknologi AI

Telko.id – Senhasegura, yang juga merupakan salah satu pemimpin Privileged Access Management menawarkan solusi untuk lawan serangan siber berteknologi Artificial Intelligence (AI).

Menurut Marcus Scharra, sebagai orang yang sudah berpengalaman di bidang Cyber Security dan Artificial Intelligence (AI) selama lebih dari 20 tahun, Marcus yang saat ini menjadi Founder dan CEO Senhasegura. Sejak mendirikan Senhasegura pada tahun 2013, Marcus memimpin perusahaan ini dan menjadi salah satu key person di industri keamanan siber global. Ia percaya bahwa cyber security harus berada di garis depan strategi digital setiap organisasi.

“Dengan memanfaatkan Artificial Intelligence, kami pun yakin dapat secara proaktif mendeteksi dan mencegah serangan sebelum terjadi kerusakan yang signifikan,” ungkap Marcus.

Seperti diketahui, Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia, dengan lebih dari 202 juta pengguna aktif pada tahun 2023. Sayangnya, seiring dengan peningkatan penggunaan internet, risiko serangan siber juga meningkat secara signifikan.

Baca juga : Cybersecurity Center of Excellence, Dibentuk Demi Jaga Ekonomi Digital Indonesia

Data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) juga menunjukkan bahwa lebih dari 888 juta serangan siber terjadi di Indonesia selama tahun 2022 yang mencakup berbagai bentuk serangan seperti phishing, malware, dan ransomware.

Senhasegura yang juga telah diakui sebagai salah satu pemimpin dalam Privileged Access Management (PAM) yang merupakan komponen krusial dalam melindungi infrastruktur Informasi Teknologi.

Berdasarkan laporan dari Gartner, pasar PAM global diproyeksikan akan mencapai $3,5 miliar pada tahun 2025 nanti, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 19,8%.

Senhasegura merupakan produk PAM yang memiliki support terbaik dan tingkat customer satisfaction tertinggi di industri.

Senhasegura telah diakui Gartner sebagai “Peer Insights Customer’s choice untuk Privileged Access Management (PAM) tahun 2024.

Inovasi Senhasegura secara efektif mencegah privilege attacks, menjadikannya solusi paling komprehensif  untuk melindungi identitas manusia maupun mesin.

Perusahaan akan mendapatkan solusi keamanan lengkap dengan menggunakan 360 Privilege Platform dari Senhasegura, yang meliputi privileged remote access, personal secret, endpoint protection, DevOps secret manager, multi-cloud protection, certificate lifecycle.

Bagi perusahaan perbankan dan asuransi, yang kini mengelola data pelanggan yang sangat sensitif, teknologi yang ditawarkan oleh Senhasegura adalah investasi yang sangat diperlukan.

Dengan menggunakan teknologi PAM berbasis AI, perusahaan dapat memastikan bahwa hanya individu yang berwenang yang memiliki akses ke dalam sistem, serta melacak dan mengaudit setiap aktivitas untuk kepatuhan terhadap regulasi OJK.

Regulasi terbaru dari OJK, termasuk POJK No. 11/POJK.03/2022, menuntut lembaga keuangan untuk menerapkan manajemen risiko yang lebih ketat, termasuk dalam hal perlindungan data dan mitigasi risiko siber.

Kemudian, belakangan ini semua orang jadi akrab dengan Artificial Intelligence ketika banyak produk AI dikeluarkan sejak tahun lalu dan langsung jadi menarik perhatian banyak orang. Sejalan dengan tren, risiko serangan siber pun terus meningkat. Khususnya di industri yang memproses data sensitif seperti di perbankan, asuransi, dan sektor keuangan lainnya.

Untuk menghadapi ancaman tersebut, Senhasegura di bawah kepemimpinan Marcus Scharra, berkomitmen untuk menyediakan solusi keamanan siber yang inovatif melalui teknologi Artificial Intelligence.

Di Indonesia, PT Optima Solusindo Informatika telah dipercaya sebagai distributor tunggal untuk produk-produk Senhasegura dengan track record yang selalu memberikan support dan after sales service kepada para customer. Optima berperan penting dalam mendistribusikan solusi keamanan ini ke berbagai sektor industri, terutama perbankan dan asuransi.

“Kolaborasi kami dengan Optima adalah langkah strategis untuk memperluas jangkauan teknologi kami di Indonesia. Dengan keahlian lokal yang mereka miliki, serta kemampuan untuk memberikan after sales service, kami yakin Optima dapat memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan regulasi yang berlaku,” ujar Marcus.

Sementara itu, menurut Managing Director Optima, Refany Iskandar “Dalam lingkungan yang terus berkembang seperti saat ini, kecepatan dan ketepatan adalah kunci. Melalui teknologi PAM ini, memungkinkan kita untuk berada selangkah lebih maju dari penjahat siber.”

Oleh karena itu Optima menyambut baik kerja sama dengan Senhasegura untuk menjadi distributor resmi satu-satunya di Indonesia.  Menurut Refany, kerja sama itu merupakan bentuk komitmen penuh dari Optima untuk memberikan solusi terbaik kepada mitra dan pelanggan, serta mendistribusikan Senhasegura ke seluruh Indonesia.

“Ini tidak hanya membantu mitra kami mengembangkan bisnis mereka, tetapi juga mendorong Indonesia untuk memenuhi standar cyber protection yang lebih modern,” ungkapnya. (Icha)

Samsung Asah Keterampilan AI Para Siswa dan Mahasiswa Indonesia

0

Telko.id – Samsung memfasilitasi generasi muda Indonesia melalui pembekalan pentingnya kemampuan AI bagi kalangan pelajar dan mahasiswa, akan adopsi inovasi dan penggunaan AI yang bermanfaat.

Potensi manfaat ekonomi dari teknologi AI cukup menjanjikan, namun itu bergantung pada keberhasilan mengatasi hambatan terbesar, yaitu kurangnya talenta yang memiliki keterampilan AI.

Survei mendapati 81% profesional IT merasa yakin bahwa mereka dapat mengintegrasikan AI ke dalam pekerjaan. Namun masalahnya, hanya 12% yang memiliki pengalaman yang signifikan bekerja dengan AI.

Studi mendapati sebanyak 90% siswa dan 72% pekerja di Asia Tenggara telah menggunakan AI dan merasakan manfaatnya. Mulai dari efisiensi pekerjaan, peningkatan kualitas kerja, dan inovasi ide baru.

Baca juga : Inovasi Samsung AI Rambah Dunia Kesehatan, Seperti apa?

Namun, ada tiga hambatan utama dalam pengadopsian AI yaitu kurangnya pemahaman tentang teknologi AI, kurangnya talenta AI, dan kekhawatiran akan risiko AI.

World Economic Forum dalam laporannya menyatakan, untuk mempersiapkan talenta AI dan mengatasi kekurangan tenaga kerja AI, maka pengajaran tentang AI harus ditekankan dalam pendidikan sejak dini.

Sistem pendidikan harus beradaptasi untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi ekonomi yang digerakkan oleh teknologi di masa depan dan untuk membantu siswa belajar bersama dengan teknologi AI yang sedang berkembang ini.

“AI menjadi teknologi yang membuat hidup kita menjadi lebih mudah, dan ini bisa mengubah cara kita beraktivitas sehari-hari. Dengan melatih anak-anak muda Indonesia, AI bisa menjadi alat yang memberikan solusi setiap tantangan, memperbaiki kualitas hidup manusia, dan hal-hal yang bermanfaat lainnya,” kata Fikri Arif Wicaksana, Lead Mentor Extra Class AI program SFT 2024.

Di sinilah peran Samsung Solve for Tomorrow sebagai platform yang memberikan pembelajaran sekaligus kompetisi STEM yang menyeluruh. Menurut saya, SFT adalah peluang bagus yang dapat dimaksimalkan bagi anak muda Indonesia untuk mempelajari AI dan meraih kompetensi yang tidak hanya berguna sekarang, tapi juga untuk masa depan yang lebih baik.

Melalui program ini, Samsung berupaya untuk membina generasi pemikir inovatif yang dapat berkontribusi secara positif bagi masyarakat dan pembangunan bangsa.

Tujuan utamanya adalah untuk menginspirasi dan memberdayakan generasi muda untuk menjadi pemecah masalah dan inovator dengan menggunakan teknologi dan pemikiran kreatif.

Lebih dari 600 tim (2.400 peserta) telah mendaftar untuk mengikuti SFT tahun ini, dan sebanyak 537 tim (2.148 peserta) memenuhi syarat untuk melanjutkan keikutsertaan mereka di SFT 2024 di babak penyisihan dan dapat mengikuti Workshop Design Thinking.

Sebanyak 40 tim dari masing-masing kategori peserta di semifinal akan dipilih sebanyak 15 tim dari masing-masing kategori oleh tim juri untuk masuk ke babak final.

Program SFT yang kedua ini sudah memasuki babak semi-final setelah penilaian dari sejumlah kriteria dan concept paper yang disempurnakan berdasarkan pembelajaran Design Thinking.

SFT mengumumkan total 80 tim dengan 273 peserta, yang terdiri dari 40 tim dari kategori SMA, SMK, MA, dan 40 tim dari kategori mahasiswa D3, D4, dan S1, lolos ke babak semifinal, yang akan berlangsung pada 18 Agustus sampai 2 Oktober 2024. Jumlah tim dan peserta semifinal tahun ini meningkat dua kali lipat dibandingkan SFT pertama tahun lalu.


Tahun ini, 53% tim yang lolos ke semi final mengambil tema Lingkungan dan Keberlanjutan menjadi tema yang paling banyak diminati. Sementara 28% peserta memilih tema Kesehatan dan Kesejahteraan, dan 20% lainnya memilih Pendidikan dan Pembelajaran.

Delapan puluh tim dengan ide-ide kreatif dan inovatif yang mengusung ketiga tema tersebut akan dipertajam bersama mentor-mentor dari Samsung Electronics Indonesia, Samsung R&D Institute Indonesia dan partner operasional SFT 2024.

Kemudian dilanjutkan dengan kelas AI di mana mereka akan diberikan materi AI for Designer sebagai tambahan pembelajaran. AI for Designer berfokus pada bagaimana mengoptimalkan desain prototipe untuk produk hardware dan software, untuk membantu siswa dalam menerapkan proyek berbasis AI.

Tujuan dari kelas ini adalah untuk memperkaya pengetahuan mereka mengenai penerapan AI dalam pengembangan solusi inovatif, khususnya dalam desain prototype.

Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, mengatakan kegunaan AI sudah dirasakan oleh banyak kalangan, termasuk di kalangan pelajar SMA setara dan mahasiswa, untuk memaksimalkan aktivitas dan pembelajaran mereka.

“Program Samsung for Tomorrow tahun ini kami rancang untuk menjadi platform yang akan membekali para peserta tidak hanya keterampilan dalam mengimplementasikan AI dengan pendampingan dari pakar dan mentor, tapi juga membekali mereka dengan penggunaan AI yang baik dan beretika. Sehingga, mereka dapat memaksimalkan keterampilan ini untuk berinovasi, sekaligus mempersiapkan karier mereka di masa depan.” (Icha)

Telkomsel Kembali Jaga Bumi Lewat Public Clean-Up dan Gladian PANJI TERRA

0

Telko.id – Telkomsel kembali menjalankan program Jaga Bumi, kali ini ada dua kegiatan yang diadakan di Maros Sulawesi Selatan pada 24-25 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut meliputi pembersihan lingkungan (Public Clean-Up) dalam program Telkomsel Jaga Bumi Waste Management dan pelatihan tanggap bencana Gladian PANJI Relawan dalam program Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity (TERRA).

Kedua kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kelestarian lingkungan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Kegiatan Public Clean-Up difokuskan pada pembersihan lingkungan di sepanjang sungai hingga dermaga di Dusun Ramang Ramang.

Baca juga : Telkomsel Ajak Pelanggan Ciptakan Jejak Kebaikan

Sebagai bagian dari program Telkomsel Jaga Bumi Waste Management, kegiatan ini tidak hanya sekadar membersihkan area, tetapi juga melibatkan edukasi mengenai pemilahan dan daur ulang sampah, terutama yang berbahan dasar plastik.

Untuk memperkuat dampak kegiatan ini, Telkomsel melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk komunitas mahasiswa pecinta alam, komunitas anak sungai, masyarakat setempat, serta karyawan Telkomsel yang berpartisipasi melalui Employee Volunteering Program (EVP).

Selain di Sulawesi Selatan, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di Bengkulu dan Jawa Barat dalam waktu dekat.

Sementara Program Gladian PANJI Relawan TERRA dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap potensi bencana, dengan memberdayakan mahasiswa serta pemuda dari komunitas pecinta alam dan komunitas peduli bencana sebagai agen perubahan.

Program ini menghadirkan berbagai materi penting terkait kebencanaan, seperti Pemetaan Risiko, Alokasi Sumber Daya, Notifikasi Dini, Jaringan Evakuasi Aman, dan Integrasi Penanganan Darurat (PANJI).

Para peserta juga diajak untuk mengamati potensi bencana di sekitar dan memahami pentingnya menjaga kelestarian alam, terutama di wilayah UNESCO Global Geopark Maros – Pangkep, yang dinobatkan sebagai kawasan karst terbesar dan terindah kedua di dunia pada 2023. Sebelumnya, pelatihan offline juga telah dilaksanakan di Jawa Timur, dengan pendampingan secara online selama dua bulan.

“Telkomsel selalu terinspirasi oleh semangat Indonesia untuk memberikan dampak positif, terutama dalam menjaga kelestarian bumi dan lingkungan secara selaras dengan proses bisnis perusahaan yang mengedepankan prinsip ESG,” kata Saki H. Bramono, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel.

Menurut Saki, komitmen Telkomsel ini adalah untuk menghadirkan inovasi yang tidak hanya memberikan manfaat bagi pelanggan, tetapi juga mendukung terciptanya kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat luas.

Dalam setiap langkah perusahaan, kami memastikan bahwa visi Telkomsel untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan yang memberdayakan masyarakat Indonesia, diwujudkan dengan tindakan nyata yang sustainable.

Inisiatif Telkomsel Jaga Bumi adalah wujud nyata dari komitmen Telkomsel dalam menciptakan dampak positif terhadap lingkungan, sejalan dengan prinsip ESG yang diterapkan dalam setiap aspek bisnis perusahaan.

Melalui inisiatif ini, Telkomsel juga mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang diusung oleh pemerintah Indonesia dalam visi Indonesia Emas 2045.

Program Telkomsel Jaga Bumi Waste Management, perusahaan berfokus pada pengelolaan limbah dan daur ulang sampah plastik bernilai rendah, seperti limbah Kartu SIM bekas, yang diolah menjadi produk bernilai tambah seperti phone holder, paving block, dan trash bin.

“Telkomsel tidak hanya berfokus pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga pada misi untuk menciptakan hari yang lebih baik dan masa depan gemilang dengan menyediakan konektivitas, solusi, dan layanan yang inovatif dan unggul untuk semua orang, setiap rumah, dan kegiatan bisnis di seluruh Indonesia,” ujar Saki.

Inisiatif terkait sustainability seperti Telkomsel Jaga Bumi dan Gladian PANJI TERRA adalah bagian dari upaya Telkomsel untuk mewujudkan misi ini, dengan memastikan bahwa teknologi dan inovasi yang kami hadirkan turut mendukung kelestarian alam lingkungan dan keberlangsungan hidup masyarakat.

Melalui kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, kami percaya bahwa bersama-sama kita dapat maju serentak berikan dampak nyata,” pungkas Saki. (Icha)

Cara Aktivasi iMessage dan FaceTime Buat Pelanggan XL Axiata

0

Telko.id –  Bagi para pengguna iPhone dan perangkat Apple lainnya, fitur iMessage dan FaceTime sangat esensial untuk memberikan kemudahan dan mendukung komunikasi mereka.

Bagi pelanggan XL Axiata yang juga pengguna iPhone dan produk Apple, tentu saja kedua fitur bisa mereka manfaatkan secara maksimal dan #JadiLebihBaik. Dengan kata lain, tidak ada persoalan bagi pelanggan XL Axiata untuk tetap menggunakan keduanya.  

iMessage merupakan layanan pesan aman yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan di iPhone, iPad, Mac, atau Apple Watch Anda. Sementara itu, FaceTime merupakan aplikasi perangkat lunak eksklusif yang hanya didapatkan dalam produk Apple, berfungsi sebagai alat komunikasi virtual berbentuk audio visual. 

Group Head Customer Contact Center XL Axiata, M. Yunus, mengatakan, “Tidak ada masalah bagi pelanggan XL Axiata untuk menggunakan iMessage dan FaceTime. Aktivasinya juga mudah, yaitu menggunakan nomor ponsel atau email.

Baca juga : Trafik Naik Terus, XL Axiata Tambah 22 BTS 4G di Nusa Penida

Bagi pelanggan yang kesulitan atau terkendala dalam melakukan aktivasi, bisa menghubungi layanan pelanggan kami. Kebijakan aktivasi ini telah berlaku dari sejak 1 April 2024. Selain itu, kini pelanggan pelanggan XL, AXIS, dan PRIORITAS juga bisa melakukan aktivasi nomor ponsel melalui SMS dengan tarif paling murah”.

Bagi pelanggan yang masih kebingungan untuk mengaktivasi iMessage dan FaceTime-nya, berikut langkah-langkah yang yang bisa diikuti:

Untuk aktivasi menggunakan nomor ponsel:

iMessage dan FaceTime:

  • Masuk ke Pengaturan
  • Pilih iMessage
  • Klik nomor yang akan digunakan untuk iMessage
  • Klik pop-up konfirmasi yang muncul
  • Tunggu sampai muncul centang biru di samping nomor ponsel
  • iMessage aktif

 Sedangkan untuk aktivasi menggunakan email:

iMessage:

  • Buka Settings pada perangkat Anda
  • Untuk aktivasi iMessage, klik Messages lalu klik Send & Receive
  • Pilih atau masukkan alamat email Anda

FaceTime:

  • Klik FaceTime
  • Pada menu “You Can Be Reached By FaceTime At”, pilih alamat email Anda
  • Ketika email sukses dipilih (centang biru), maka aktivasi iMessage dan FaceTime pada perangkat Apple Anda telah berhasil

Layanan aktivasi iMessage dan Face Time sejak Juli 2024 dengan tarif dasar mulai dari Rp. 600 per aktivasi. Biaya aktivasi ini merupakan yang paling murah dibandingkan operator lainnya yang memberlakukan tarif normal roaming untuk satu kali SMS aktivasi iMessage dan FaceTime. (Icha)

Tecno Phantom Ultimate 2: Inovasi Terkini Dunia Ponsel Lipat Tiga Kali

0

Telko.id – Tecno kembali memperkenalkan inovasi produk smartphone nya, kali ini konsep terbaru nya adalah ponsel lipat tiga kali yakni Phantom Ultimate 2.

Sebelumnya, tahun lalu, sudah memperkenalkan konsep Phantom Ultimate, produk smartphone yang layarnya dapat digulung tahun lalu.

Kini, Tecno kini memperkenalkan perangkat konsep lipat tiga kali pertama mereka dengan layar yang dapat dibuka hingga diagonal 10 inci.

Seperti apa teknologi yang bawa oleh Tecno Phantom Ultimate 2?

Baca juga : Tecno MEGABOOK T1, Laptop Ringan Namun Bertenaga

Layar besar dan fleksibel

Tecno Phantom Ultimate 2 menawarkan layar LTPO OLED yang mengesankan dengan ukuran 10 inci saat dibuka, memberikan resolusi 1.620 x 2.880 piksel dan rasio aspek 4:3.

Saat dilipat, layar ini menyusut menjadi ukuran 6,48 inci, membuatnya nyaman untuk digunakan sebagai ponsel pintar biasa. Layar besar ini menjadikannya setara dengan tablet berukuran penuh, menawarkan pengalaman visual yang luas dan menyeluruh.

Teknologi TDDI terbaru

Phantom Ultimate 2 adalah ponsel lipat pertama yang mengintegrasikan teknologi TDDI (Touch and Display Driver Integration). Teknologi ini menggabungkan driver layar dan sensor sentuh dalam satu chip, meningkatkan responsivitas layar dan mengurangi konsumsi daya. Fitur ini juga mendukung gerakan melayang di layar, meningkatkan interaksi pengguna.

Desain tipis dan engsel ganda

Dengan ketebalan hanya 11 mm saat dilipat sepenuhnya, Phantom Ultimate 2 menonjol dengan desain tipisnya. Tecno mengembangkan mekanisme engsel ganda yang inovatif, yang diuji untuk ketahanan hingga 300.000 lipatan.

Engsel ini membantu meminimalkan lipatan di bagian tengah layar, memberikan tampilan layar yang lebih mulus dan estetis.

Penutup baterai tertipis

Tecno juga mengembangkan penutup baterai yang sangat tipis, hanya 0,25 mm, yang berkontribusi pada desain ramping dan portabilitas perangkat.

Mode penggunaan kreatif

Phantom Ultimate 2 menawarkan berbagai mode penggunaan, termasuk model laptop dengan bagian bawah dilipat yang dapat digunakan dengan keyboard, dan mode tenda untuk percakapan tatap muka layar ganda.

Layar besar juga mendukung mode multi-jendela, memungkinkan pengguna menjalankan tiga atau lebih aplikasi secara bersamaan untuk pengalaman multitasking yang efisien.

Potensi dampak pada pasar ponsel lipat

Dengan inovasi seperti teknologi TDDI dan engsel ganda yang canggih, Tecno Phantom Ultimate 2 menghadirkan pendekatan baru dalam desain ponsel lipat. Ponsel ini tidak hanya menawarkan ukuran layar yang lebih besar tetapi juga meningkatkan pengalaman pengguna dengan fitur-fitur yang mendukung multitasking dan interaksi layar yang lebih baik.

Tecno belum mengungkapkan rencana peluncuran resmi untuk Phantom Ultimate 2, tetapi perangkat ini tentunya memberikan gambaran menarik tentang masa depan ponsel lipat.

Dengan desain yang inovatif dan fitur-fitur canggih, Phantom Ultimate 2 dapat mempengaruhi arah perkembangan pasar ponsel lipat dan menarik perhatian konsumen yang mencari perangkat dengan kemampuan multitasking dan fleksibilitas yang lebih besar. (Icha)

Pelajar SMKN 4 Tangerang, Mengenal Lebih Dekat Proses Produksi Oppo

0

Telko.id – Pelajar SMKN 4 Tanggerang mengunjungi pabrik Oppo Manufacturing Indonesia di Bayur Tangerang. Tidak hanya memberikan pengalaman berharga, tetapi juga membuka wawasan baru tentang bagaimana Oppo berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dengan investasi yang besar di sektor manufaktur, OPPO berhasil menciptakan ribuan lapangan kerja yang didominasi oleh pekerja lokal atau tenaga kerja Indonesia sebesar 98%.

Hal ini tentunya berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat sekitar dan pengembangan industri teknologi dalam negeri. Melalui teknologi dan inovasi yang dihasilkan di pabrik ini, Oppo juga mendorong peningkatan daya saing Indonesia di pasar global.

Kunjungan pelajar SMKN 4 Tangerang ke pabrik Oppo Manufacturing Indonesia menjadi sarana bagi mereka untuk belajar langsung tentang proses produksi yang canggih, quality control yang ketat, dan melihat lebih dekat bagaimana smartphone berkualitas tinggi dibuat, serta siapa saja orang yang bekerja keras dibalik seluruh proses pembuatan smartphone ini.

Baca juga : Oppo Reno12 F Series, Ragam Fitur yang Bisa Memanjakan Gamers

Selama kunjungan, pelajar SMKN 4 Tangerang diajak untuk mengikuti tur ke berbagai area pabrik, yang dimulai dari Lobby & Experience Area. Di sini, para pelajar diperkenalkan dengan produk terbaru Oppo dan memiliki kesempatan untuk mencoba langsung fitur AI canggih dan ketahanan dari perangkat Reno12 Series yang dihadirkan melalui booth interaktif Nail Challenge dan AI Eraser 2.0 Booth.

Selanjutnya, pelajar mengunjungi Milestone Area, di mana mereka diperkenalkan dengan sejarah perjalanan Oppo, mulai dari peluncuran produk pertama hingga berbagai inovasi dan pencapaian yang diraih di Indonesia. Setelah itu, di Quality Check Lab, mereka menyaksikan bagaimana produk-produk Oppo diuji dengan serangkaian tes ketahanan yang ketat untuk memastikan kualitas yang terbaik.

Dalam sesi Product Knowledge, para pelajar diberikan penjelasan yang mendalam mengenai detail produk dan teknologi smartphone OPPO, sebelum akhirnya melanjutkan ke Production Line Area, di mana mereka dapat melihat lebih dekat seluruh proses perakitan perangkat Oppo, mulai dari komponen terkecil hingga menjadi produk akhir yang akan diterima di tangan konsumen.

Tidak hanya itu, di Interactive Area, pelajar SMKN 4 Tangerang juga berkesempatan untuk mengikuti workshop dengan mencoba pengalaman langsung merakit perangkat Oppo bersama para Expert dari Pabrik OPPO. Aktivitas ini memberikan wawasan mengenai ketelitian dan tingkat presisi yang diperlukan dalam setiap tahap produksi dan perakitan produk.

Setelah mengenal lebih dalam tentang proses produksi, siswa-siswi diajak dalam seminar yang membahas tentang teknologi AI dan inovasi produk Oppo. Seminar ini berfokus pada teknologi AI Generatif yang dikembangkan oleh Oppo, teknologi ini dapat membuat proses pengeditan foto, pembuatan konten, hingga produktivitas menjadi jauh lebih mudah dan efisien.

Menurut salah satu siswa bernama Putri mengungkapkan, “Aku senang banget bisa lihat langsung bagaimana smartphone dibuat, rasanya keren banget! Ternyata prosesnya lebih rumit dari yang aku bayangkan, ada banyak mesin canggih yang digunakan, dan semuanya terorganisir dengan baik.

Mesin otomatis yang bisa memasang komponen kecil dengan sangat cepat dan presisi. Teknologi AI generatif Oppo juga membuat pengalaman tur pabrik Oppo ini semakin berkesan buat kami.”

Kunjungan ini tidak hanya memperluas wawasan para pelajar tentang dunia teknologi dan manufaktur smartphone, tetapi juga meningkatkan apresiasi mereka terhadap kerja keras dan inovasi yang ada di balik setiap produk Oppo.

“Sekarang aku jadi lebih menghargai teknologi dan inovasi, aku jadi paham bahwa di balik setiap gadget yang kita pakai, ada banyak orang yang bekerja keras untuk membuatnya,” tambah salah satu pelajar bernama Ahmad.

Melalui program ini, Oppo berharap dapat menginspirasi generasi muda untuk lebih tertarik dan terlibat dalam perkembangan teknologi di masa depan. Oppo terus berkomitmen untuk mendukung pendidikan dan pengembangan generasi muda di Indonesia, sejalan dengan visi perusahaan untuk selalu berada di garis depan inovasi. (Icha)

Hyundai Motor Ungkap Strategi ‘Hyundai Way’, Apa Yang Menarik?

Telko.id – Hyundai Motor Company menyelenggarakan CEO Investor Day 2024 dan meluncurkan strategi jangka menengah dan panjang baru, yaitu ‘Hyundai Way’. 


Dalam acara ini, Hyundai mengungkapkan komitmennya untuk meningkatkan daya saing di sektor kendaraan listrik (EV) dan hybrid, memajukan teknologi baterai dan kendaraan otonom, serta memperluas visinya sebagai penggerak energi, sebagai bentuk respons yang fleksibel terhadap lingkungan pasar berkat kemampuannya yang dinamis.

Hyundai Motor menjelaskan detail pendekatan yang fleksibel dalam merespons kondisi pasar dan fokus perusahaan akan elektrifikasi lewat strategi ‘Hyundai Way’.

Perusahaan ini menargetkan 5,55 juta penjualan global tahunan per 2030, naik 30% dari 2023. Lalu berencana menjual 2 juta Electric Vehicle (EV) per tahun secara global pada 
2030. 


Baca juga : Hyundai All-New KONA Electric, Sudah Pakai baterai Produksi Lokal Lho!

Perusahaan ini juga berencana memperkenalkan model Extended Range Electric Vehicle (EREV) baru, jenis kendaraan listrik dengan jangkauan lebih dari 900 km dalam sekali pengisian daya, di Amerika Utara dan China. 


Dalam strategi Hyundai Way ini, Hyundai Motor berencan akan memperkenalkan jajaran lengkap berisi 21 model EV pada 2030, mulai dari model yang terjangkau hingga mewah dan berperforma tinggi. 


Serta akan memperkenalkan pembaruan dari generasi terbaru dari sistem hybrid dengan pengembangan performa dan efisiensi bahan bakar.

Bahkan juga berencana mengembangkan ragam penawaran produk HEV, dari 7 menjadi 14 model; Genesis yang merupakan model mewah juga akan menghadirkan model hybrid.

Lalu akan terus mendorong battery internalization; mengembangkan baterai NCM yang terjangkau dan memperkuat teknologi keselamatan.

Tak ketinggalan, Hyundai Motor juga berencana mengomersialkan bisnis foundry bagi kendaraan otonom; memasok kendaraan otonom ke perusahaan software global untuk sistem otonom.

Semua itu bertujuan mengamankan kepemimpinan energi tingkat atas selama periode transisi energi dengan memperkuat kemampuan teknologi hidrogen di segenap rantai nilai di seluruh Grup.

Sedangkan untuk rencana investasi, perusahaan juga berencana untuk investasi signifikan sebesar KRW 120,5 triliun hingga 2033 untuk mendukung strategi ‘Hyundai Way’.

Serta menerapkan target shareholder return (TSR) baru lebih dari 35% dan meluncurkan skema buyback saham hingga KRW 4 triliun dari 2025 sampai 2027. (Icha)

Neo QLED 8K, Samsung AI TV Bawa Masa Depan ke Rumah

0

Telko.id – Samsung menghadirkan teknologi AI di deretan produk TV nya, ini cara produsen ini untuk meningkatkan pengalaman menonton dan mengintegrasikan teknologi canggih ke dalam kehidupan orang-orang dengan sangat mulus sehingga mereka hampir tidak menyadarinya.

Salah satunya produk AI TV Samsung adalah Neo QLED 8K dilengkapi dengan NQ8 AI Gen3 Processor, prosesor terkuat hingga saat ini, serta neural processing unit (NPU) yang berjalan dua kali lebih cepat dari pendahulunya.

Menampilkan 512 neural networks, delapan kali lebih banyak dari sebelumnya yang hanya 64— TV baru ini menganalisis dan mengoptimalkan konten secara real time, memberikan kualitas gambar dan suara yang superior dan meningkatkan pengalaman menonton TV menjadi pengalaman yang membuat penonton seolah masuk ke dalam TV.

Samsung AI TV

Baca juga : Ini 5 Alasan Ganti Layar ke Samsung TV

Pengalaman Imersif dengan Teknologi AI Picture

Menonton pertandingan tenis dengan Samsung AI TV seperti mendapatkan kursi di pinggir lapangan. Setiap servis terasa nyata hadir di ruang tamu Anda.

Pengalaman imersif ini dimungkinkan berkat 8K AI Upscaling Pro dan AI Motion Enhancer Pro, yang bekerja sama untuk menghadirkan kejernihan luar biasa dengan mempertajam konten beresolusi rendah dan meminimalkan distorsi dan keburaman bola.

AI Motion Enhancer Pro menggunakan deep learning untuk menunjukkan gerakan bola yang akurat selama pertandingan

Revolusi Audio

Audio yang tampak nyata juga sama pentingnya, dan kini AI dapat mendukung pengalaman tersebut, menjadikan dialog jadi sangat jernih bahkan di lingkungan yang bising. Active Voice Amplifier Pro membedakan antara suara dan suara latar, menghilangkan keributan sehingga penonton hanya mendengar apa yang penting.

Active Voice Amplifier Pro memastikan bahwa dialog jelas dan dapat didengar

Dan saat menonton film dengan Object Tracking Sound (OTS) Pro, penonton tidak lagi menjadi sekedar penonton — mereka berada di posisi karakter, mendengar segala sesuatu dari segala arah.

OTS Pro menempatkan penonton dalam adegan sehingga mereka mendengar apa yang didengar karakter di film

Penyetelan yang Mudah

Dengan AI Optimization, penonton dapat duduk santai dan dapatkan pengalaman hiburan maksimal. Fitur ini secara otomatis menyempurnakan pengaturan TV untuk pengalaman menonton terbaik. Gamer-pun tidak perlu khawatir tentang penyesuaian gambar atau suara dengan AI Auto Game Mode, yang mengenali judul dan genre game dan secara otomatis mengoptimalkan pengaturan untuk pengalaman yang lebih baik.

AI Auto Game Mode memungkinkan pengguna untuk fokus pada permainan mereka

AI Energy Mode menghemat energi dengan menggunakan sensor untuk menganalisis pencahayaan sekitar sebelum secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar TV. Prosesor TV bahkan menganalisis gerakan di layar dan menyesuaikan kecerahan layar. Fitur ini merupakan langkah menuju keberlanjutan yang lebih baik.

 AI Energy Mode menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan kebiasaan menonton dan pencahayaan sekitar.

Sementara itu, Samsung Tizen OS mengubah TV menjadi lebih dari sekadar pusat hiburan. Sebagai kurator pribadi, sistem operasi ini menyesuaikan konten dengan preferensi pengguna sekaligus melindungi privasi mereka dengan Samsung Knox.

Samsung Tizen OS mengubah AI TV menjadi pusat hiburan pribadi

Pada kondisi terbaiknya, teknologi yang memperkaya kehidupan hadir di balik layar. AI TV Samsung terus berkembang untuk melakukan hal itu. Mendorong batas pengalaman audio dan visual, pengalaman yang dipersonalisasi, dan keberlanjutan yang ditingkatkan, memanfaatkan AI untuk bekerja di balik layar.

Dapatkan jajaran produk terbaru Samsung TV, soundbar, dan music frame, pada periode pre-order mulai dari 17 Agustus hingga 11 September 2024 dengan bonus melimpah.

Samsung AI TV Neo QLED 8K ini bisa di-pre-order dengan harga Rp49.999.000 – Rp129.999.000 dan tersedia paket bonus mulai dari Music Frame hingga smartphone Galaxy S24 Ultra.

Samsung AI TV Neo QLED 4K 2024 hadir dengan harga Rp13.999.000 hingga 129.999.000 dan bonus Galaxy Buds2 Pro, Music Frame, atau The Freestyle Gen 2.

Samsung TV OLED tersedia pada harga Rp22.999.000 – Rp69.999.000 dengan bonus perangkat Soundbar HW-S8008, Music Frame, atau potongan harga 15% untuk pembelian perangkat soundbar HW-Q800D.

Lalu pre-order juga dibuka untuk pembelian Samsung Music Frame dengan harga Rp7.999.000 dan dapatkan potongan harga hingga 15% untuk pembelian dengan Samsung The Frame. (Icha)

Tri Berikan Paket Kuota dan Router Ke Ratusan Pesantren

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand Tri, mendistribusikan paket kuota serta router internet kepada para santri dari ratusan pesantren di berbagai daerah Indonesia.

Inisiatif ini merupakan persembahan dari para pelanggan setia Tri yang telah berpartisipasi dalam kampanye #MudahnyaKebaikan selama bulan Ramadan tahun ini. Router internet yang didistribusikan telah dilengkapi dengan kuota internet Tri agar lebih banyak generasi muda yang dapat meningkatkan potensi dan merasakan manfaat positif dari dunia digital.

“Kami sangat menghargai dukungan dan antusiasme pelanggan setia Tri, terutama Gen Z, yang turut berpartisipasi berbuat kebaikan dalam kampanye #MudahnyaKebaikan, dengan bersedekah kuota. Berkat dukungan dari pelanggan Tri, kami dapat merealisasikan distribusi router internet pada santri dari ratusan pesantren di Indonesia,” kata Ritesh Kumar Singh, Director & Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Ritesh menambahkan bahwa semua ini tentunya dapat terwujud melalui kerja sama Tri dengan Pusat Studi Al-Quran (PSQ) dan Ia pun berharap Tri dapat mendukung lebih banyak anak muda dalam berbuat kebaikan, menyebarkan konten positif, dan meningkatkan potensinya melalui dunia digital.

Baca juga : Kinerja Indosat H1 2024, Catat Laba Bersih Rp2,7 Triliun, Ini Rahasianya!

Kampanye #MudahnyaKebaikan berhasil mengumpulkan kuota internet dari pelanggan setia Tri, yang kemudian didistribusikan bersama router internet ke 103 pesantren yang tersebar di seluruh Nusantara yang telah direkomendasikan oleh Yayasan Pusat Studi Al-Quran (PSQ).

Distribusi router internetini juga sebagai wujud dari komitmen Tri untuk mengakselerasi pemerataan akses digital hingga ke pelosok Indonesia, didukung dengan jaringan hemat dan cepat Tri.

“Jaringan internet merupakan fondasi utama dunia digital dalam mendukung komunikasi dan pembelajaran — tak terkecuali untuk para santri baik di PSQ maupun di berbagai pesantren di seluruh Indonesia,” ujar Nasywa Shihab, Direktur Eksekutif Pusat Studi Al-Qur’an.

Nasywa pun berterima kasih kepada seluruh pelanggan setia Tri atas donasi router dan kuota internet yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran, serta menyebarkan pesan-pesan mulia, hingga nantinya dapat meningkatkan potensi diri serta menginspirasi orang sekitar dan generasi mendatang untuk terus berbuat baik.

Sebagai brand telekomunikasi yang dekat dengan Gen Z, Tri juga meluncurkan Paket Isi Ulang Happy mulai dari Rp6.000 dengan kuota hingga 10GB. Dengan semangat “Tanpa Kompromi”, paket Happy ini didesain khusus dengan harga terjangkau dan paket data besar untuk mendukung aktivitas digital generasi muda Indonesia, tanpa harus mengorbankan kegiatan dan hobi lain yang mereka senangi.

Tri senantiasa menghadirkan inovasi produk dan layanan hingga menjadi brand telekomunikasi pilihan Gen Z, didukung dengan jaringan hemat dan cepat Tri hingga ke pelosok perdesaan di Tanah Air.

Dapatkan produk perdana Happy dari Tri melalui situs resmi Tri di perdana.tri.co.id dan paket isi ulang Happy melalui aplikasi bima+, 3Store, retailer resmi Tri, platform e-commerce, atau USSD *888#. (Icha)

realme Note 60 Hadir di Indonesia Berbekal ArmorShell Protection

0

Telko.id – realme, meluncurkan smartphone terbaru di segmen entry-level, yakni realme Note 60 yang dibekali ArmorShell Protection.

Indonesia akan menjadi negara pertama yang menghadirkan smartphone terbaru ini. Apalagi, harga realme Note 60 ini seharga sejutaan, tentu akan menghadirkan standar baru pada smartphone di segmen entry-level dalam hal kualitas dan daya tahan.

“realme selalu berkomitmen untuk membawa inovasi pada setiap produk yang kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan para pengguna. Kali ini pada segmen entry-level, kami akan segera menghadirkan realme Note 60 yang didukung dengan ArmorShell Protection pertama untuk memberikan daya tahan serta proteksi maksimal pada smartphone,” kata Sherry Dong – Head of Marketing realme Southeast Asia and South Asia.

Menurut Sherry, melalui struktur smartphone yang diperkuat serta berbagai detail proteksi yang disematkan, realme Note 60 akan memberikan rasa aman bagi pengguna pada berbagai kejadian yang tidak disengaja seperti terjatuh, terkena air, dan berbagai skenario penggunaan harian, sehingga dapat memperpanjang usia pakai smartphone, khususnya bagi pengguna yang sering bekerja di luar ruangan.

Baca juga : Ini Kecanggihan 320W SUPERSONIC Charge Dari realme

ArmorShell Protection Proteksi Maksimal

Smartphone dengan daya tahan tinggi yang dapat diandalkan untuk usia pakai yang lebih lama merupakan salah satu keresahan anak muda yang dijawab oleh realme melalui realme Note 60 yang menghadirkan ArmorShell Protection.

ArmorShell Protection pada realme Note 60 menghadirkan delapan peningkatan struktural utama, seperti struktur rangka bagian dalam smartphone yang lebih diperkokoh dengan menggunakan bahan aluminium die-cast, bantalan untuk menyerap dampak benturan, hingga lapisan film untuk perlindungan berlapis serta layar dengan daya tahan tinggi.

Peningkatan ini memberikan perlindungan maksimal dalam menjaga smartphone dari berbagai skenario kerusakan fisik dalam penggunaan sehari-hari seperti tergores, tertekan, hingga terjatuh.

Melengkapi perlindungan maksimal yang dihadirkan pada smartphone ini, realme Note 60 juga turut menghadirkan sertifikasi IP64 Dust & Water Resistance untuk melindungi smartphone dari debu dan cipratan air.

ArmorShell Protection pada realme Note 60 juga memungkinkan smartphone memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap debu dan air dibandingkan dengan smartphone lain di segmennya.

Proteksi yang dihadirkan pada realme Note 60 juga akan membuat smartphone ini menjadi smartphone pertama di segmen harganya yang berhasil memperoleh sertifikasi TÜV Rheinland High Reliability Certification, menghadirkan daya tahan revolusioner pada smartphone sejutaan yang menjamin keandalan di berbagai skenario penggunaan.

Performa Lancar Memori Besar

Tidak hanya mengusung proteksi maksimal dalam hal ketahanan fisik, realme melalui realme Note 60 juga menghadirkan performa terdepan di segmen harga sejutaan.

Smartphone terbaru dari realme ini akan hadir dengan menyematkan prosesor octa-core serta memori besar dengan RAM hingga 8GB yang dapat diperluas sebanyak 16GB dengan RAM Dinamis, serta memori penyimpanan hingga 256GB. Perpaduan prosesor terdepan dengan memori besar pada realme Note 60 akan memungkinkan pengguna mengoperasikan smartphone dengan lancar untuk kebutuhan harian, bahkan pada jangka waktu yang lebih lama.

Konsisten dalam menghadirkan desain yang menembus batasan desain smartphone konvensional, realme Note 60 yang hadir di segmen harga sejutaan juga akan mengadopsi bahasa desain yang stylish khas smartphone premium. realme Note Series terbaru dari realme ini akan hadir dengan desain yang tipis dan ringan sehingga nyaman untuk digenggam dan digunakan seharian. (Icha)