spot_img
Latest Phone

Bocoran Samsung Galaxy Watch8: Desain Baru, Tapi Kecepatan Isi Daya Masih Sama?

Telko.id - Bocoran resmi dari sertifikasi 3C di China...

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...
Beranda blog Halaman 116

Telkomsel Gelar Kampanye #PastiAdaSolusi Berani Jadi Lebih, Ini Targetnya!

0

Telko.id – Telkomsel gelar kampanye #PastiAdaSolusi Berani Jadi Lebih sebagai upaya mendukung pelaku bisnis untuk mengoptimalkan potensi mereka melalui implementasi teknologi digital yang handal, inklusif, dan adaptif.

Pada tahap ini Telkomsel secara khusus akan mengangkat keberhasilan para pelanggan bisnis yang telah sukses melakukan langkah berani transformasi digital untuk menghadapi berbagai misi bisnis mereka dengan memanfaatkan solusi dan teknologi terkini dari Telkomsel.

Selain itu, kampanye ini juga menjadi bentuk apresiasi kepada pelanggan yang senantiasa menjadi partner setia Telkomsel untuk tetap tumbuh bersama melalui langkah berani mewujudkan kolaborasi yang berkelanjutan dengan fokus kepada dampak yang merata dan menyeluruh.

“Kampanye #PastiAdaSolusi Berani Jadi Lebih bukan hanya sekedar slogan, melainkan juga ajakan bagi bisnis dari berbagai sektor industri untuk berkolaborasi bersama menciptakan dampak positif, sejalan dengan semangat Indonesia untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan bangsa,” kata Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam.

Baca juga : Telkomsel Akselerasikan Jaringan Hyper 5G Lebih Masif di Indonesia

Melalui kolaborasi yang mendukung kemajuan bersama di berbagai sektor bisnis, Telkomsel berharap dapat mendorong perubahan untuk mempercepat transformasi digital Indonesia, serta memperkuat ekosistem digital nasional secara inklusif dan berkelanjutan.

Di sektor perbankan, Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah berhasil mempercepat dan meningkatkan keamanan proses autentikasi pengguna secara signifikan dengan langkah berani penggunaan solusi Telco Verify  untuk memastikan keamanan data nasabah di aplikasi BRImo.

Di tengah maraknya tindak kejahatan siber, BRI dan Telkomsel telah memastikan keamanan data pengguna yang lebih baik, dan mempermudah verifikasi transaksi layanan dalam hitungan detik. Pemanfaatan solusi ini tidak hanya berdampak terhadap peningkatan efisiensi operasional BRI, tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih aman dan nyaman bagi nasabah mereka.

Dalam contoh keberhasilan lainnya, mitra pengemudi Gojek telah merasakan dampak dan manfaat nyata kolaborasi bersama Telkomsel melalui kehadiran Paket Swadaya yang memberikan kuota internet berlimpah dengan harga terjangkau.

Sebagai kustomisasi dari layanan konektivitas Telkomsel bagi pelanggan korporasi B2B yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, Paket Swadaya ini telah mendukung para mitra pengemudi untuk tetap terhubung dengan pelanggan Gojek.

Lebih lanjut, dengan memanfaatkan layanan Communication-Platform-as-a-Service (CPaaS) Number Masking, Gojek telah meningkatkan privasi dan keamanan data pengguna dengan menyamarkan nomor telepon dalam setiap interaksi.

Langkah berani ini tidak hanya memastikan komunikasi yang aman, tetapi juga mencegah potensi penyalahgunaan data, sehingga meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap platform Gojek.

Selain pada sektor perbankan dan transportasi, kolaborasi bersama Telkomsel juga telah berdampak terhadap keberhasilan Samsung menghadapi tantangan meningkatkan efisiensi aktfivitas beriklan mereka dengan solusi Digital Advertising (DigiAds) untuk strategi targeted messaging yang efektif.

Melalui pemanfaatan solusi ini, Samsung sukses menyampaikan pesan pemasaran yang lebih personal dan efektif, menjangkau konsumen dengan kebutuhan dan minat yang selaras dengan produk mereka di berbagai wilayah secara tepat berdasarkan demografi dan geografi di seluruh Indonesia.

Pendekatan yang terarah ini tidak hanya berhasil meningkatkan penjualan produk Samsung S24 Series secara signifikan, tetapi juga memberikan kontribusi luar biasa dengan meningkatkan return on ads spend hingga 32 kali.

Di sektor pertambangan, PT Putra Perkasa Abadi (PPA) telah mengimplementasikan solusi Smart Mining melalui Private Network dan IoT Intelligent Tank Monitoring System (INTANK).

Solusi Private Network menghadirkan konektivitas yang aman dan stabil dengan latensi rendah yang konsisten, sehingga berdampak positif terhadap produktivitas dan optimalnya proses bisnis perusahaan dengan peningkatan efisiensi dan keamanan operasional.

Kemudian solusi INTANK memungkinkan PPA untuk memantau ketersediaan volume aset cair dan tangki bahan bakar armada secara real-time. Dengan demikian, PPA dapat memperkuat pengelolaan sumber daya mereka, serta membuat keputusan secara lebih cepat dan aman, memastikan kelancaran aktivitas pertambangan.

Kampanye #PastiAdaSolusi Berani Jadi Lebih yang sudah dirasakan dampaknya oleh berbagai partner strategis akan menjadi inspirasi bagi Telkomsel untuk berani jadi lebih berinovasi dengan pemanfaatan solusi yang akan terus diperluas ke berbagai vertikal industri untuk mendorong transformasi digital di Indonesia. (Icha)

Acer Luncurkan Monitor Predator Terbaru, Berbekal NVIDIA G-Sync Pulsar

0

Telko.id – Acer mengumumkan hadirnya lini monitor gaming Predator terbaru melalui dua model berukuran 27 inci yang menawarkan kecepatan refresh rate luar biasa dan visual yang memukau untuk menikmati game-game terbaru secara maksimal.

Kedua monitor ini menghadirkan teknologi dan inovasi mutakhir guna memenuhi kebutuhan para gamer yang menginginkan performa terbaik.

Selain itu, Acer juga mengumumkan sejumlah monitor gaming dan smart monitor Nitro. Monitor gaming Nitro terbaru menghadirkan resolusi tinggi dengan kecepatan refresh rate hingga 600 Hz, respons time yang cepat hingga 0,1 ms dan teknologi AMD FreeSync Premium untuk game yang mulus dan bebas tearing.

Kedua smart monitor Nitro dan Acer yang baru mencakup fitur-fitur yang meningkatkan kenyamanan dan kegunaan pengguna saat bekerja atau streaming konten langsung dari perangkat, termasuk platform WebOS bawaan, teknologi screen-mirroring, serta dukungan Wi-Fi dan Bluetooth.

Baca juga : Review Acer Predator Triton Neo 16: Tipis Berbasis AI

Predator XB273U F5

Predator XB273U F5 hadir Menawarkan resolusi WQHD (2560×1440) dan kecepatan refresh rate 360Hz yang sangat cepat serta dilengkapi dengan teknologi G-SYNC Pulsar baru dari NVIDIA yang memberikan terobosan signifikan dengan kejernihan pada gerakan 4x lebih efektif bersama dengan game dengan variabel refresh rate yang mulus dan bebas patah-patah.

Mendukung 90% color garmut DCI-P3, HDR, dan kecerahan puncak 550-nit yang tinggi, monitor gaming ini memberikan warna yang sangat nyata dan gambar akurat yang meningkatkan pengalaman visual.

Predator XB273K V5 hadir dengan layar beresolusi 4K UHD dan refresh rate 160 Hz, serta dilengkapi teknologi AMD FreeSync Premium untuk menampilkan detail dan gerakan yang tajam, sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman bermain game dengan kejernihan yang memukau.

Dengan teknologi Dynamic Frequency and Resolution (DFR), pengguna dapat memilih untuk beralih ke resolusi FHD 320 Hz untuk menyesuaikan pengalaman bermain game berdasarkan preferensi mereka.

Predator XB273K V5

Dengan resolusi 4K (3840 x 2160) yang jernih, kecepatan refresh rate 160 Hz yang mulus, dan dukungan teknologi AMD FreeSync Premium, Predator XB273K V5 siap menghadirkan gameplay yang sempurna.

Gamer juga dapat memilih opsi refresh rate yang lebih tinggi dengan resolusi FHD pada 320 Hz sesuai dengan kebutuhan game dan tugas yang sedang dikerjakan berkat teknologi DFR.

Rasio kontras 100.000.000:1 membantu menghasilkan warna hitam lebih pekat dan putih lebih cerah, sehingga detail penting tidak akan terlewatkan dalam permainan.

Dengan kecerahan hingga 400 nits dan sertifikasi VESA DisplayHDR 400, gambar yang ditampilkan jadi terlihat lebih hidup. Color garmut DCI-P3 95% mendukung hingga 1,07 miliar warna untuk menghasilkan gambar yang sangat realistis.

Pengalaman Menonton yang Imersif

Monitor gaming terbaru dari Acer menawarkan pengalaman menonton yang imersif. Respons time secepat kilat hingga 0,5 ms (GTG) mengurangi blur dan memastikan objek yang bergerak cepat ditampilkan dengan jelas, memberikan keunggulan kompetitif dalam pertempuran paling sengit dalam game dan membuatnya jadi lebih imersif.

Model-model baru ini juga menggunakan panel IPS premium yang memberikan sudut pandang lebar 178 derajat untuk menjamin kualitas gambar yang konsisten dari berbagai sudut. Selain itu, dua port HDMI 2.1 dan satu DisplayPort 1.4 menghadirkan konektivitas yang powerful.

Untuk kenyamanan maksimal, monitor Predator menawarkan penyesuaian ergonomis yang komprehensif dengan opsi kemiringan, putar, pivot, dan ketinggian.

Monitor Nitro “UltraSpeed”

Monitor gaming Nitro yang baru menargetkan para gamer yang mencari gameplay tingkat lanjut, mencari gameplay yang lebih baik, fitur lengkap, dan pengalaman yang imersif. Tersedia dalam dua model ukuran 27 inci dan satu ukuran 24 inci, semuanya dengan dukungan AMD FreeSync Premium.

Monitor ini dirancang untuk memastikan frame rate yang lebih halus dengan meminimalkan stuttering dan tearing pada layar. Monitor “UltraSpeed” ini menggabungkan panel resolusi tinggi, kecepatan refresh rate yang luar biasa, dan waktu respons yang sangat cepat.

Nitro XV240 F6 24-inci adalah monitor beresolusi FHD dengan kecepatan refresh rate 600 Hz yang sangat cepat dan waktu respons G-to-G hingga 0,1 ms, menjadikannya salah satu layar gaming tercepat yang tersedia saat ini.

Monitor ini memiliki sertifikasi VESA DisplayHDR 400 dan mendukung 95% cakupan gamut warna DCI-P3 untuk memastikan kecerahan dan reproduksi warna yang menakjubkan.

Nitro XV270 F5 adalah salah satu monitor gaming 27-inci yang menampilkan panel IPS FHD (1920×1080) dengan kecepatan refresh 520 Hz, dan respons time G-to-G hingga 0,5 ms. Dengan sertifikasi layar HDR10 menawarkan warna dan frames yang luar biasa, serta kecerahan puncak mencapai 400 nits dan rasio kontras dinamis 100.000.000:1.

Nitro XV270U F5 melengkapi monitor gaming terbaru dari Acer. Monitor ini mengusung layar IPS WQHD (2560×1440) 27 inci, kecepatan refresh rate 500 Hz, dan respons time G-to-G hingga 0,5 ms.

Dukungan HDR10 dan 99% sRGB color gamut, dikombinasikan dengan kecerahan 250 nits dan rasio kontras 100.000.000:1, monitor ini menghadirkan gambar bebas blur, reproduksi warna yang fenomenal, dan tampilan realistis di berbagai game. Semua monitor Nitro dilengkapi dengan sepasang HDMI dan port display untuk mendukung game hingga resolusi WQHD.

Acer dan Nitro Smart Monitor

Smart monitor baru Acer ini hadir dengan dukungan WebOS, memungkinkan pengguna untuk berselancar, bekerja, dan bermain dengan nyaman, tanpa harus membuka laptop atau terhubung ke perangkat lain.

WebOS juga memungkinkan pengguna menyelesaikan tugas secara simultan, memutar konten multimedia dengan lancar, navigasi antarmuka yang mulus dan juga melakukan manajemen konten. Monitor ini juga memiliki dukungan Wi-Fi dan Bluetooth, Airplay dan Miracast untuk screen mirroring nirkabel, dan port RJ45 untuk opsi koneksi internet tambahan.

Smart monitor Acer CS322QK dengan 31,5 inci sangat cocok untuk mereka yang bekerja dari rumah atau yang menikmati konten streaming. Dengan IPS beresolusi 4K UHD serta cakupan 98% dari rentang warna DCI-P3, standar video HDR10, dan kecerahan 350 nits, memberikan pengalaman visual yang lebih imersif.

Smart Monitor Nitro GS272U 27-inci menonjol dari smart monitor lainnya di kelasnya karena menggabungkan resolusi WQHD (2560×1440) dan kecepatan refresh rate hingga 180 Hz, menjadikannya pendamping game yang luar biasa. Port HDMI dan port display yang penting tersedia di kedua smart display, ditambah dengan tambahan port USB Type-C untuk menambah kenyamanan dan fungsionalitas.

Harga dan Ketersediaan

Nitro Smart Monitor dan Predator Monitor diperkenalkan di Berlin, Jerman. Spesifikasi, harga, dan ketersediaan yang tepat akan berbeda-beda di setiap wilayah. (Icha)

Nitro Blaze 7, Handheld Gaming PC Pertama Acer

0

Telko.id – Acer mengumumkan hadirnya perangkat konsol handheld gaming pertamanya, yakni Acer Nitro Blaze 7 (GN771). Perangkat ini menggabungkan teknologi mutakhir dan desain yang ringkas, demi menghadirkan game dan hiburan next-level dalam konsol genggam.

Handheld gaming PC AI generasi pertama dari Acer ini, dilengkapi prosesor AMD Ryzen 7 8840HS, dengan Ryzen AI yang mengoptimalkan kinerja dan responsivitas di berbagai macam game dan aplikasi.

Desainnya memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memasukkan perangkat ke dalam tas atau saku mereka, untuk selanjutnya dimainkan di mana saja atau saat bepergian. Perangkat ini dilengkapi dengan layar sentuh IPS Full HD (FHD) 7 inci, teknologi AMD FreeSync Premium, dan kecepatan refresh rate 144 Hz.

Hal ini memungkinkan gamer untuk merasakan visual yang lebih tajam dan memiliki kontrol yang responsif, saat bermain game AAA favorit. Perangkat ini berjalan pada sistem operasi Windows 11 dan dilengkapi dengan aplikasi Acer Game Space baru yang mendukung penambahan game dari berbagai platform.

Baca juga : Acer Hadirkan Laptop Swift 14 AI dan Swift Go 14 AI Berteknologi Copilot+ PC

Miliki Fitur AI yang Kuat dan Mudah Dibawa

PC genggam gaming Nitro Blaze 7 dari Acer menghadirkan performa dan efisiensi yang sangat cepat untuk bermain game, maupun hiburan sehari-hari. Ditenagai prosesor AMD Ryzen 7 8840HS yang menawarkan hingga total 39 AI TOPS dan teknologi Ryzen AI, dan fitur AI yang telah dibenamkan, perangkat dapat dijalankan secara optimal dan efisien.

Acer Nitro Blaze 7 menggunakan kartu grafis AMD Radeon 780M, dan Radeon Super Resolution di panel untuk peningkatan grafis secara real-time dan menghadirkan pengalaman anti-lag. Layar sentuh IPS FHD (1920×1080) 7-inci menawarkan refresh rate 144 Hz yang cepat, cakupan sRGB 100%, dan AMD FreeSync Premium untuk menghadirkan visual yang halus dan gameplay yang bebas hambatan.

Nitro Blaze 7 juga dapat digunakan secara multitasking secara lancar untuk bermain gim, pemutaran file media, dan yang lainnya. Perangkat menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 2 TB dengan SSD M.2 NVMe PCIe dan memori 16 GB LPDDR5x pada 7500 MT/s untuk kecepatan transfer data dan bandwidth yang lebih tinggi.

Pengguna dapat dengan mudah menjelajahi koleksi game pada konsol handheld gaming ini, berkat fitur Acer Game Space yang baru. Gamer dapat dengan cepat mengakses koleksi tersebut, untuk selanjutnya memilih judul game favorit.

Perangkat juga sepenuhnya kompatibel dengan platform game mainstream, dan termasuk PC Game Pass selama 3 bulan dalam paket penjualan untuk akses ratusan game PC berkualitas tinggi.

Nitro Blaze 7 didesain untuk memberikan kontrol penuh terhadap pengguna, baik saat memilih koleksi game, memberikan sentuhan pada karakter pilihan, atau memperbesar tampilan untuk melihat lebih dekat.

Kontrol responsif yang dihadirkan pada interface perangkat, juga memberikan gamer pengalaman bermain secara imersif dan lebih inovatif. Selain itu perangkat juga dilengkapi hotkey, yang memberikan shortcut bagi gamer untuk menavigasi permainan dengan presisi serta fleksibilitas yang lebih tinggi.

Untuk konektivitas berkecepatan tinggi, Nitro Blaze 7 mendukung Wi-Fi 6E dan menggabungkan berbagai port untuk pemasangan perangkat dan aksesori yang lebih mudah termasuk USB4 (Tipe-C) dengan pengisian daya cepat, dan MicroSD reader untuk opsi penambahan kapasitas penyimpanan.

Harga dan Ketersediaan

Nitro Blaze 7 diperkenalkan di Berlin, Jerman. Spesifikasi, harga, dan ketersediaan yang tepat akan berbeda-beda di setiap wilayah.

Spesifikasi

Product NameAcer Nitro Blaze 7
ModelGN771
Operating SystemWindows 11 Home
ProcessorsAMD Ryzen 7 8840HS (8-Core, 16-threads, 24 MB cache, up to 5.1 GHz max boost) AMD Ryzen AI, Supports up to total 39 AI TOPS
GraphicsAMD Radeon 780M (Up to 2.7 GHz, AMD RDNA 3 12 CUs)
Screen7″ Full HD (1920 x 1080) IPS Display, 144 Hz, 500 nits, 10-point touch panel, 7 ms response time, 100% sRGB, AMD FreeSync Premium
Memory16GB LPDDR5x SDRAM, 7500 MT/s (onboard)
StorageUp to 2 TB M.2 NVMe PCIe 4.0 x4 Gen 4 SSD
I/O Ports2 x USB4 (Type-C 40 Gbps), Micro SD Card (SD 4.0)
Control and InputA B X Y buttons, D-Pad, LB/RB Bumpers, LS/RS Sticks, LT/RT Hall effect triggers, Power button with fingerprint reader, volume button, view button, menu button, Acer Game Space button, Pop-up keyboard button, Acer quick menu button, Mode switch button,
AudioSpeaker: 2 x 1W Microphone: 2 x D-Mic Audio Jack: 3.5 mm CTIA
Battery, Battery life50.04 Wh Li-Polymer battery
Power Supply65 W Type-C AC Adapter
WLAN and BluetoothWi-Fi 6E and Bluetooth 5.3
SoftwareAcer Game Space, PC Game Pass (3 months)
Dimensions25.6 (W) x 11.35 (D) x 2.25 (H) cm
Weight670 g

(Icha)

Upgrade Chipset UNISOC ke Android 15 Telah Lengkap, Ini Kelebihannya!

0

Telko.id – UNISOC yang merupakan perusahaan chipset design platform, baru-baru ini mengumumkan bahwa 5G mobile platform mereka yakni T820, T770, T765, T760 dan T750 serta 4G platform yakni T620, T619, T616, T615, T612 dan T606 telah di upgrade ke Android 15.

Android 15 terus berupaya meningkatkan produktivitas sambil tetap mendukung penggunanya agar bisa mendapatkan kemampuan baru yang akan membantu menghasilkan pengalaman bermedia yang lebih baik, memanfaatkan faktor device form, meminimalisir dampak baterai, meningkatkan performa aplikasi, dan melindungi keamanan serta privasi pengguna, sebuah paket penawaran yang lengkap untuk sebuah device.

Selain itu, UNISOC telah menambahkan skema stabilisasi yang menargetkan gaming baik dari sisi perangkat keras maupu perangkat lunak, UNISOC Framework resource management center, dan fungsi-fungsi lain. Performa teknologi yang mendasarinya, seperti  CPU, algoritma, audio dan video, serta teknologi yang inovatif seperti AI Codec telah dioptimasi.

UNISOC berkomitmen untuk menyediakan version upgrades dan security updates bagi semua konsumennya melalui perangkat UNISOC chipsets, sehingga menjamin bahwa pengguna yang memiliki perangkat Android menerima proteksi keamanan terkini dan pengalaman sistem yang tercanggih.

Baca juga : Chipset Exynos 2400 di Samsung Buat Galaxy S24 dan S24+ Ngacir!

Populasi demografi kaum muda di Asia Tenggara cukup dominan, sehingga menjadi pasar yang potensial dan berkembang cepat. Wilayah ini telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan dalam sektor elektronik beberapa tahun terakhir ini.

Perusahaan ini juga senantiasa menjadi pemain yang aktif berperan di Asia Tenggara selama hampir dua dekade, dan terus mengembangkan hubungan kerjanya dengan operator network terbesar di daerah dan brand-brand lokal yang ternama.

Saat ini, UNISOC memposisikan brandnya sebagai pemimpin provider chipset untuk pasar Asia Tenggara.

Untuk setiap empat perangkat terminal secara global, satu akan menggunakan UNISOC chipsets, dan untuk setiap delapan smartphone, satu akan menggunakan teknologi UNISOC di dalamnya.

Terminal yang menggunakan chipset ini telah menjembatani pemisahan digital dari jutaan pengguna yang tersebar di seluruh pelosok Asia Tenggara.

Perusahaan chipset ini pun telah bekerja sama dengan mitranya untuk meluncurkan inovasi teknologi dan optimasi yang disesuaikan dengan kondisi setempat dan preferensi penggunaan mobile di Asia Tenggara.

Chipset ini pun meningkatkan pemanfaatan manajemen suhu yang lebih akurat, stabil, dan cerdas. Selain itu, Chipset disesuaikan untuk pengingkatan pengalaman gaming dan performa AI, memanfaatkan arsitektur yang terdepan dan algoritma untuk menghasilkan computing power yang lebih kuat untuk aplikasi gaming dan AI, tanpa mengurangi efisiensi daya.

Lebih jauh, perusahaan ini juga semakin menyempurnakan kemampuan fotografis, termasuk fotografi 100MP, continuous shooting, photo watermarking, dan dual video recording, sehingga semakin memperkaya pengalaman pengguna dan konsumen di kawasan Asia Tenggara. (Icha)

Artificial Intelligent: Sekadar Tren Atau Sudah Menjadi Kebutuhan?

0

Telko.id – Masyarakat banyak yang masih mempertanyakan, apakah Artificial Intelligent atau AI itu hanya sekedar tren atau kini sudah menjadi kebutuhan. Nanti Kalau AI benar sudah hadir, kebutuhan tenaga kerja pun akan tidak butuhkan lagi?

Untuk menjawab itu semua, Selular Business Forum (SBF) kembali menggelar diskusi terkait kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI). Diskusi SBF hari Senin (9/9/2024) di Jakarta ini mengusung tema AI: Sekadar Tren Atau Sudah Menjadi Kebutuhan?

Pasalnya saat ini, penerapan kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI) sudah tidak asing lagi di industri. Banyak perusahaan telah memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mendorong produktifitas sekaligus efisiensi. Dengan perkembangan yang massif, AI Generatif diyakini akan mendorong transformasi pada berbagai industri global.

AI sendiri, sejatinya AI bukan barang baru. Operator telekomunikasi misalnya telah menerapkan AI dalam praktik bisnis sejak lama. AI tradisional tersebut, seperti advanced analytics, traditional machine learning, dan deep learning.

Baca juga :

Namun kini tantangan penerapan AI adalah bagaimanan agar tidak terjebak dalam teknologi semata. Pasalanya, banyak pelaku industri yang memasaksakan penerapan AI karena ikut-ikutan, tanpa melihat prospek bisnis dan ditopang oleh SDM yang mumpuni.

Untuk itu pada diskusi SBF bertema tema AI: Sekadar Tren Atau Sudah Menjadi Kebutuhan? dengan moderator Chief Editor Selular, Uday Rayana ini mengundang sejumlah narasumber yang berkompeten.

Pada narasumber dalam diskusi ini adalah Deputy EVP Digital Technology and Platform Business, Telkom Indonesia, Ari Kurniawan; Vice President IT Development Bank DKI, Hafid Hudanul Eka Ebpa; CEO Glair, William Lim; Staf Ahli Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya Kominfo RI, R Wijaya Kusumawardhana.

Deputy EVP Digital Technology and Platform Business, Telkom Indonesia, Ari Kurniawan tren kapitalisasi pasar global generatif AI ini menarik tingkat modal yang signifikan di semua segmen dari US$ 44 pada tahun 2020 menjadi US$ 16.300 pada tahun 2023. Hal tersebut membuat AI kini sudah menjadi kebutuhan bagi banyak industri di dunia termasuk Indonesia.

Namun di Indonesia sendiri, penerapan AI masih tertinggal bahkan jika dibandingkan negara-negara tetangga di Asia Tenggara atau ASEAN. Indonesia berada di posisi keempat dengan overall index 61,03, di bawah Singapura (81,97), Malaysia (68,71) dan Thailand (63,03). Untuk mengejar ketertinggalan itu, Ari Kurniawan menyebut harus ada strategi nasional untuk penerapan AI di Indonesia.

“Tentu strategi ini harus ada sasarannya seperti Berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan kecerdasan buatan; Menumbuhkan ekosistem digital untuk kecerdasan buatan; Menciptakan lingkungan kebijakan yang memungkinkan kecerdasan buatan; Membangun kapasitas sumber daya manusia dan mempersiapkan diri menghadapi pasar tenaga kerja; transformasi; hingga Kerjasama internasional untuk kecerdasan buatan yang dapat dipercaya,” ujar Ari.

Selain itu ada, Ari menambahkan ada sasaran kunci di berbagai yang juga bisa menjadi strategi AI Nasional seperti Layanan Kesehatan: Peningkatan penyampaian melalui solusi yang mendukung AI; Reformasi Birokrasi: Menyederhanakan operasional pemerintah melalui AI; Pendidikan & Penelitian: Inovasi dan tenaga kerja terampil; Ketahanan Pangan: Meningkatkan hasil, mengoptimalkan rantai pasokan melalui A, hingga Mobilitas & Kota Cerdas: Perkotaan yang lebih cerdas dan berkelanjutan.

Perlu Adanya Regulasi

Ari juga menambahkan tidak hanya hanya sekadar sasaran strategi yang harus diperhatikan, tetapi juga harus ada aturan atau regulasi yang mengatur penggunaan AI di negara ini. “Jadi harus ada aturan terkait investasi, kompetisi hingga keberlangsungan bisnis AI. Aturan ini juga untuk mengukur dampak positif dan menghindari dampak negatif dari pemanfaatan AI,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Staf Ahli Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya Kominfo RI, Wijaya Kusumawardhana yang mengatakan jika AI adalah alat bagi Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dengan negara lain. “Apalagi negara kita ini memiliki generasi muda yang luar biasa banyak yakni 105 juta warga muda,” ujar Wijaya.

Untuk sektor ekonomi, Wijaya mengatakan kontribusi AI pada pendapatan domestik bruto pada tahun 2030 nanti secara global 13 triliun USD, di ASEAN 1 triliun USD, dan Indonesia sendiri 366 miliar USD. Hal tersebut yang wajib dimanfaatkan para pelaku usaha tidak hanya di bidang teknologi tetapi juga industri lainnya.

Terkait aturan untuk pemanfaatan AI ini, Wijaya menjelaskan Kementerian Kominfo telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Kominfo. “Sudah ada Surat Edaran Menteri Kominfo Nomor 9 Tahun 2023 tentang Etika Kecerdasan Artifisial sebagai panduan pengembangan AI yang merupakan turunan dari UU ITE dan UU PDP,” sambungnya.

Penerapan AI di Bank DKI

Di sisi lain, CEO Glair, William Lim mengatakan penerapan AI ini sudah banyak digunakan di berbagai bidang, seperti customer support, recruitment, training, hingga debt collector. “Paling populer tentu customer support karena 90% menggunakan AI. Bahkan untuk sekarang debt collector juga bisa digantikan AI karena  bisa menghubungi pelanggan atau nasabah secara langsung,” ungkapnya.

Sementara itu, Vice President IT Development Bank DKI, Hafid Hudanul Eka Ebpa yang diwakili M Surandra Pohan selaku Pimpinan Divisi IT Digital Platform & E-Channel Development mengatakan banyak manfaat dari AI di dunia perbankan, seperti menentukan credit skoring nasabah atau calon nasabah, bisa juga untuk fraud detection atau mendeteksi kejahatan siber, hingga membantu percakapan dengan para nasabah.

“Strategi Bank DKI sendiri dalam AI yakni Business Planing, lalu melatih SDM, proses penerapan hingga akhirnya penerapan teknologinya,” tandasnya. (Icha)

WCG 2024, Ajang Global Creator Festival Ini Sukses dan dihadiri 40 ribu Pengunjung

0

Telko.id – Jakarta, 6 September 2024 – Festival Global Kreator, WCG (World Cyber Games) 2024 telah sukses diselenggarakan di Indonesia pada 31 Agustus hingga 1 September 2024.

Selama 2 hari penyelenggaraan WCG 2024, lebih dari 40.000 pengunjung telah hadir memeriahkan event yang melibatkan 150 global influencer.

Creator Rumble: 60 yang menjadi salah satu program utama WCG Festival 2024 menampilkan pertandingan seru antar influencer global dan diikuti oleh Windah Basudara, Dean KT, and Ibnu Wardani.

Setelah melalui persaingan ketat dengan para influencer dari seluruh dunia, Team K dari Korea Selatan berhasil meraih gelar juara Creator Rumble 60. Team yang terdiri dari Gainpot, Testerhoon dan Hyunsol berhasil sukses menjadi pemenang dan berhak atas hadiah sebesar Rp 500 juta.

Baca juga : Pembelian Tiket WCG 2024 Siap Dibuka, Ini Jadwal dan Harganya!

Persaingan yang tak kalah seru juga terjadi pada kompetisi WCG Rivals. Dari WCG Rivals Valorant, Team MY SG berhasil mengambil mahkota juara WCG Rivals Valorant.

Tim yang rosternya diisi oleh Faroukjer, Fancfreakz, Esoteric_Yoru, Shawn_2002 dan Probosu tersebut sukses mengalahkan Team Rio Djaja di babak final dengan skor 2-0.

Sementara itu dari WCG Rivals MLBB, Team Liusandre asal Indonesia meraih gelar juara setelah berhasil mengalahkan Team Rafbeh dengan skor 3-0. Dengan hasil ini Team Liusandre berhak membawa pulang hadiah juara sebesar Rp 100 juta.

Dari WCG Rivals Crossfire, Team China sukses menjadi juara setelah meraih skor sempurna tanpa kekalahan atas Team Indonesia.

Pertarungan seru lainnya juga terjadi di MDL Showmatch WCG 2024 yang melibatkan Evos Icon vs Geek Fam Jr. Melalui pertandingan dengan format Best of 3, Evos Icon sukses melakukan comeback atas Geek Fam Jr dan meraih gelar juara serta mendapatkan hadiah total Rp 70 juta.

Berbagai kompetisi dan persaingan seru di WCG 2024 ditutup sempurna dengan penampilan spesial dari JKT48 dan Tiara Andini yang menghibur para pengunjung.

WCG Festival 2024 dapat terselenggara dengan sukses berkat dukungan Pemerintah Indonesia dan Kedutaan Besar Korea di Indonesia, serta berbagai sponsor dan mitra seperti Smilegate, Rexus, IOH, Coca-Cola, Grab, Orang Tua, dan lebih dari 50 perusahaan lain termasuk game publisher, komunitas, korporat, dan F&B. (Icha)

Apresiasi ke Pelanggan, Telkomsel Gelar Poin Festival Roadshow di 4 Kota

0

Telko.id – Telkomsel menggelar Poin Festival Roadshow di empat kota besar di Indonesia yang menjadi bagian rangkaian program loyalitas Telkomsel dalam merayakan momen hari pelanggan nasional 2024.

Acara ini akan berlangsung di Semarang, Medan, Ambon, dan Singkawang dengan menghadirkan ragam keseruan dan program loyalitas bernilai tambah untuk seluruh pelanggan setia Telkomsel.

Kehadiran program Poin Festival Roadshow ini merupakan bagian dari upaya Telkomsel untuk terus memperkuat hubungan dengan pelanggan setia, sekaligus menjadi wujud nyata dari visi dan misi perusahaan dalam memberdayakan masyarakat Indonesia melalui ragam solusi dan layanan digital unggulan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Poin Festival Roadshow akan diselenggarakan mulai awal September hingga akhir Oktober 2024. Di Semarang akan digelar di Queen City Mall pada 7-8 September 2024, dilanjutkan dengan kegiatan di Plaza Medan Fair, kota Medan pada 28-29 September 2024.

Baca juga : Telkomsel Akselerasikan Jaringan Hyper 5G Lebih Masif di Indonesia

Selanjutnya, Poin Festival akan hadir di Ambon City Center, kota Ambon pada 10- 11 Oktober 2024 dan ditutup dengan kegiatan di Singkawang Grand Mall, kota Singkawang pada 26-27 Oktober 2024.

“Telkomsel secara khusus menghadirkan Poin Festival Roadshow di 4 kota sebagai bentuk apresiasi kami atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan yang senantiasa telah menggunakan produk dan layanan Telkomsel selama ini,” kata Danang Andrianto, Vice President Postpaid Consumer & International Roaming Telkomsel.

Menurut Danang, melalui roadshow ini, Telkomsel ingin menghadirkan pengalaman baru yang menyenangkan melalui program loyalitas, sekaligus mendekatkan dan memperkuat hubungan yang telah terjalin dengan memberikan layanan bernilai tambah bagi seluruh para pelanggan.

Selama gelaran Poin Festival Roadshow, pelanggan dapat menikmati berbagai kegiatan seru, salah satunya Undian Telkomsel Poin yang memberikan pelanggan kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik seperti 4 motor Yamaha Fazzio, 8 smartphone Oppo A60, 8 headset JBL, dan 80 voucher Indomaret senilai Rp250.000.

Untuk mengikuti Undian Telkomsel Poin, pelanggan cukup mengunjungi lokasi Poin Festival dengan menukarkan 1 Telkomsel Poin dan menunggu pengumuman undian pada hari kedua acara.

Selain itu, Telkomsel juga menyelenggarakan Poin Jajan Festival, di mana pelanggan dapat menikmati diskon sebesar Rp10.000 dan Rp50.000 dengan menukarkan Telkomsel Poin di 20 booth makanan dan minuman dari mitra UMKM serta 30 booth dari mitra shopping mall yang telah ditentukan.

Pelanggan juga berkesempatan mengikuti berbagai program seru lainnya seperti Lelang Poin dan games Telkomsel Poin, serta menikmati hiburan berupa acara musik, talkshow, dan main gim bareng (mabar).

Telkomsel juga menyediakan 2 booth utama di setiap lokasi roadshow untuk memberikan pengalaman langsung bagi pelanggan yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk dan layanan Telkomsel, termasuk paket Telkomsel Halo, Orbit, IndiHome, Tshop, dan layanan top-up pulsa.

Selain itu, terdapat juga berbagai program lain yang menguntungkan seperti Pointastic Deals, Cuan Hepi, Mendadak Hepi, dan Tambah Hepi. Pelanggan juga dapat menukarkan Telkomsel Poin di program Undi-Undi Hepi untuk memperoleh hadiah menarik setiap bulannya seperti mobil, motor, handphone, dan lainnya. (Icha)

Road to Garmin Run: Plogging Bersama Rekosistem

0

Telko.id – Menuju Garmin Run, Garmin menggelar inisiatif terbaru yakni “Road to Garmin Run: Plogging with Rekosistem”. Acara yang berkolaborasi dengan Rekosistem ini mengajak masyarakat untuk berlari sambil memungut sampah di sepanjang rute lari, menggabungkan semangat berolahraga dengan kepedulian terhadap lingkungan.

“Kami bangga Garmin dapat menginisiasi acara ‘Road to Garmin Run: Plogging with Rekosistem’ yang sejalan dengan tema Garmin Run Indonesia 2024 yaitu Sustainability and Inclusivity. Ini adalah langkah nyata kami dalam mendukung gaya hidup sehat dan berkelanjutan,” ujar Rian Krisna, Marketing Communication Manager, Garmin Indonesia.

Dengan menggabungkan olahraga dengan aksi membersihkan lingkungan, Rian berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk turut serta menjaga bumi.

Road to Garmin Run: Plogging with Rekosistem

“Road to Garmin Run: Plogging with Rekosistem” merupakan bagian dari rangkaian acara menuju Garmin Run 2024 yang siap digelar dalam waktu dekat. Plogging Day bersama Garmin ini berlangsung pada Minggu, 8 September 2024, di Jakarta.

Baca juga : Garmin Lily 2, Stylish Smart Jewelry untuk Wanita

Plogging sendiri merupakan tren olahraga yang berasal dari Swedia. Kegiatan ini menggabungkan lari atau jalan kaki (jogging) dengan memungut (picking-up) sampah yang ditemukan di sepanjang rute lari. Plogging juga memberikan manfaat kesehatan tambahan karena melibatkan gerakan seperti membungkuk, berjongkok, dan mengangkat, yang bermanfaat untuk otot tubuh bagian bawah.

Tidak sembarang sampah dapat diambil atau dipungut oleh peserta, Rekosistem memberikan berfokus dalam mengumpulkan jenis sampah anorganik seperti kardus atau karton susu, kertas, botol kaca, kaleng serta sampah plastik seperti gelas, botol PET, kantong plastik dan wadah makanan dari plastik.

Peserta juga dibekali dengan wadah untuk mengumpulkan sampah, termasuk alat capitan dan sarung tangan. Setelah terkumpul, peserta dapat menyetorkan wadah berisi sampah ke mobil Reko Keliling. Rekosistem sebagai Sustainable Partner Garmin Run Indonesia 2024, akan mengelola sampah yang terkumpul dan mengubahnya menjadi barang bermanfaat dan bisa digunakan kembali.

Menurut Rizky Satrio, VP Business Development Rekosistem, “Masalah sampah di Jakarta merupakan tantangan yang serius. Kami di Rekosistem sangat mengapresiasi inisiatif Garmin dalam mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam membersihkan lingkungan”.

Rizky pun berharap kegiatan seperti ini dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk terlibat dalam pengelolaan sampah. Kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat sangat penting untuk mencapai lingkungan yang bersih dan berkelanjutan.

Rangkaian Road To Garmin Run mulai dari 13 Juli hingga 18 Agustus kemarin berhasil mengumpulkan sebanyak 148.07 kilogram sampah, terdiri dari botol plastik PET sebesar 26% diikuti oleh kardus (carton box) sebanyak 22,3%, dan sampah kertas 17,6%.

Hampir 150 kilogram sampah yang dikumpulkan ini jika dikonversikan menjadi carbon footprint maka akan setara dengan 50,1 liter konsumsi BBM, atau setara dengan 468.43 kilometer jarak yang ditempuh dengan mobil.

Acara “Road to Garmin Run: Plogging with Rekosistem” diikuti oleh 120 peserta. Dibagi menjadi 11 kelompok, secara total para peserta berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 294,82 kilogram, dari rute sepanjang 4 kilometer di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Sampah yang dikumpulkan kemudian ditimbang dan akan dipilah oleh tim Rekosistem, untuk nantinya didaur ulang atau digunakan kembali.

“Road to Garmin Run: Plogging with Rekosistem” juga mendapat dukungan penuh dari Abang None Jakarta, serta Natrio Catra Yososha, First Autistic Indonesian Marathoner yang turut berpartisipasi dalam kegiatan plogging ini. Kehadiran mereka diharapkan dapat menginspirasi masyarakat, terutama generasi muda, untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Garmin Run Indonesia 2024 Siap Digelar!

Garmin akan menggelar Garmin Run 2024 pada 29 September 2024 di ICE BSD, Tangerang. Acara lomba lari ini terselenggara lewat kolaborasi dengan D&Dsport sebagai pelaksana teknis kegiatan.

Mengusung tema “From Zero to Hero” untuk menekankan inklusivitas dan keberlanjutan, Garmin Run 2024 terbuka bagi semua orang dengan kategori 5K, 10K, 21K, dan Kids Dash untuk anak-anak. Sejalan dengan semangat Inclusivity, tahun ini Garmin Run Indonesia turut mengajak pelari difabel yang ingin merayakan semangat berlari bersama.

“Saya akan ikut Garmin Run 2024 di kategori 21K. Menurut saya kategori 21K ini cukup menantang. Untuk persiapannya, selain strength training saya juga latihan lari jarak pendek, menengah, hingga jarak jauh. Selain itu saya juga menjaga nutrisi dan tidur yang cukup,” kata Natrio Catra Yososha, First Autistic Indonesian Marathoner.

Sejak pendaftaran dibuka mulai April 2024, Garmin Run 2024 langsung mendapat antusiasme yang sangat positif dari masyarakat. Tiket Garmin Run 2024 habis terjual dalam waktu dua bulan, dengan jumlah peserta mencapai 7.000 orang termasuk para difabel.

Garmin Run Indonesia 2024 merupakan bagian dari Garmin Run Asia Series 2024. Selain Indonesia, rangkaian Garmin Run Asia Series 2024 juga digelar di Taipei, Singapura, Thailand, Vietnam, Malaysia, Hongkong, Filipina, dan Jepang. (Icha)

Toyota New Fortuner Baru, Hadirkan In-Car Wifi Hotspot via Fitur T Intouch

0

Telko.id – PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 with TSS yang tampil lebih sporty dan elegant, dilengkapi GR Performanceuntuk meningkatkan kualitas berkendara khas GAZOO Racing (GR) dan Toyota Safety Sense (TSS) untuk menjaga keamanan berkendara.

Selain itu, Toyota New Fortuner ini juga sudah dibekali dengan update T Intouch yang menghubungkan pelanggan, mobil, dan car multimedia via jaringan internet.

“Toyota Fortuner secara konsisten memimpin market di segmen High SUV selama satu decade terakhir, dan pada tahun 2023 mendapat market share lebih dari 40%. Catatan positif ini disebabkan beberapa hal seperti performa, durability, dan desain yang gagah,” jelas President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda.

Sejalan visi making ever-better car, PT TAM memperkenalkan model top-of-the-line New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 with TSS yang diimbuhi GR Performance dan teknologi TSS.

Baca juga : Hyundai New PALISADE XRT Hadir Dengan Bluelink, Perjalanan pun Jadi Lebih Mulus

Sementara varian 4×2, mendapatkan tambahan model yang disematkan GR Parts Aeropackage dan fitur TSS, disertai peningkatan kemampuan T Intouch pada semua model. New Fortuner juga dilengkapi layanan purna jual T-CARE yang memberikan kemudahan perawatan kendaraan.

Toyota Customization Option (TCO) New Fortuner juga tersedia untuk meningkatkan estetika maupun fitur, baik untuk eksterior dan interior seperti New Door handle & housing protector, mirror cover, Air Purifier, DVR, Spare Tire Cover, Premium Horn dan Cargo Net. TCO dapat dibeli satuan untuk tiap part juga dalam bundling package. Terdapat 6 jenis package dengan harga mulai dari 2 – 9 juta rupiah.

New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 with TSS

New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 with TSS merupakan kendaraan all-rounder yang sanggup memberikan tingkat kenyamanan tinggi di jalan perkotaan, namun juga dapat diandalkan di medan off-road.

Banyak detail baru dengan tone GR diperlihatkan oleh New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 with TSS. Mulai dari eksterior dengan New LED with SequentialNew Grille with GR Front Spoiler, dan juga New Black Roof

Di bagian samping terdapat New Red Brake Caliper dan New Alloy Wheel Design, sedangkan pada bagian belakang terdapat New Rear Bumper with Rear GR Spoiler dan New Back Door Garnish with Body Color.

Masuk ke dalam terdapat New Black Roof serta Red Stitching pada panel pintu, dashboard yang dibuat lebih sporty, serta new Seat Cover Material GR Sport Suede & Leather dilengkapi dengan Red Stitching memperkuat sentuhan GR pada mobil ini.

New 9-inch Audio System menggunakan OS Android yang dilengkapi fitur Bluetooth, NFC Checking, dan Voice Command. Baris ke-2 dilengkapi New 11.6-inch Rear Seat Entertainment (RSE) yang bisa diakses secara terpisah. Additional lain adalah Digital Rear View Monitor with DVR.

Dari segi kualitas berkendara juga di-improve, dengan GR Performancepada Fortuner, Aplikasi Monotube Suspension Tuned by GR, meningkatkan pengendalian sehingga New Fortuner tidak mudah limbung. 

Monotube Suspension turut meng-upgrade kenyamanan di medan on-road maupun off-roadRed Brake Caliper memberikan perbedaan yang signifikan di jalan sekaligus menjelaskan positioning GR Family.

New Fortuner dilengkapi dengan advanced safety technology Toyota Safety Sense (TSS). Active safety features yang dipasang adalah Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Varian 4×4 memiliki medium grade New Fortuner 2.8 VRZ 4×4. Tanpa body kit GR dan fitur TSS, tetap memberikan kesan gagah berkat sentuhan pada New Grille dan New Front Bumper, diperkuat New Two-tone Alloy Wheel, serta New Rear Bumper di buritan.

Tampilan Baru pada High dan Medium Grade New Fortuner 4×2

Sejak hadir di tahun 2005, varian 4×2 selalu menyumbang penjualan paling besar. Terdiri atas New Fortuner 2.7 SRZ, 2.7 SRZ with GR Parts Aeropackage, 2.8 VRZ, 2.8 VRZ with TSS, 2.8 VRZ TSS with GR Parts Aeropackage. Medium Grade New Fortuner 2.7 SRZ dan 2.8 VRZ mendapatkan ubahan yang sama persis dengan New Fortuner 2.8 VRZ 4×4.

Pada varian High Grade New Fortuner 4×2 with GR Parts Aeropackage, pada bagian wajahnya diperbarui New Front Bumper Spoiler dan New Foglamp Garnish. Geser ke samping, terdapat New Body Stripes, dan New Alloy Wheel. Ke belakang, sentuhan ada pada New Rear Bumper Spoiler.

Seluruh grade New Fortuner 4×2 memperoleh rombakan yang serupa di interior. New 9-inch Audio System sama seperti varian 4×4. Fitur keamanan TSS dan RCTA pada tipe 2.8 VRZ with TSS dan 2.8 VRZ TSS with GR Aeropackage. Tipe 2.4 G M/T dan A/T sebagai Low Grade tidak mendapatkan facelift, hanya mendapatkan tambahan Portable Tire Inflator seperti grade lainnya.

Mempertahankan Engine Pendahulunya

Untuk varian 2.8, mesin diesel 1GD-FTV berkubikasi 2.755 cc VNT Intercooler menghasilkan tenaga 203,9 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 – 2.800 rpm.

Toyota masih mempertahankan varian mesin 2.7 berkode 2TR-FE 2.694 cc Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 163 PS pada 3.400 rpm dan torsi 24,7 Kgm pada 4.000 rpm. Transmisinya sama dengan milik 1GD dan 2GD yang ditandai dengan rasio transmisi otomatis 6-speed Sport Sequential Switchmatic.

Peningkatan Kemampuan Fitur Teknologi Konektifitas dengan T Intouch

Seluruh model New Fortuner dan varian 2.4 G merupakan produk Toyota pertama yang memperoleh peningkatan kemampuan fitur T Intouch. Pelanggan dapat memanfaatkan teknologi canggih ini dalam dua kategori.

Kategori pertama pada Out-of-Car Connectivity yang dapat diakses melalui fitur T Intouch di aplikasi mToyota yaitu, pelanggan New Fortuner dapat mengaktifkan fitur Remote Immobilizer di aplikasi mToyota jika mobilnya hilang.

Saat fitur ini aktif setelah diverifikasi oleh Telematics Customer Care, secara otomatis akan menonaktifkan mobil pelanggan saat starter selanjutnya sehingga mobil tidak bisa dinyalakan.

Di dalam menu Vehicle Info pada mToyota, tersedia informasi aktual kondisi komponen penting kendaraan seperti airbags, rem, power steering, dan tekanan udara ban.

Pada kategori In-Car Connectivity yang dapat diakses melalui Connected Head Unit dan Connected RSE, pelanggan dapat menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) melalui head unit di mobil dalam situasi darurat.

Setelah pelanggan menekan tombol khusus di head unit, sistem akan menghubungkan dengan Toyota Concierge Service yang selanjutnya mengirimkan layanan ERA.

In-Car Connectivity juga menghadirkan In-Car Wifi Hotspot berbasis jaringan broadband 4G/LTE Telkomsel terluas di Indonesia dan tersedia secara gratis untuk periode 3 bulan pertama secara terbatas. Wifi Hotspot diakses lewat head unit dan RSE.

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) melihat bahwa loyalitas pelanggan di segmen High SUV dapat dipertahankan dengan mengembangkan berbagai aspek yang memanjakan pemilik Toyota Fortuner. Kami memberikan penyegaran dengan memanfaatkan teknologi terkini seperti Toyota Safety Sense (TSS) dan T Intouch, supaya memberikan pengalaman berkendara yang lebih memuaskan,” terang Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Daftar Harga New Fortuner

4×4New Fortuner 2.8 GR SportRp               761,700,000
New Fortuner 2.8 VRZRp               742,800,000
4×2New Fortuner 2.8 VRZ TSS with GR Parts Aeropackage Rp               663,200,000
New Fortuner 2.8 VRZ with TSSRp               652,700,000
New Fortuner 2.7 SRZ with GR Parts AeropackageRp               623,300,000
New Fortuner 2.8 VRZRp               640,500,000
New Fortuner 2.7 SRZRp               614,000,000
New Fortuner 2.4 G A/TRp               591,300,000
New Fortuner 2.4 G M/TRp               573,700,000

(Icha)

Datacomm Siap Jawab Tantangan Implementasi SPBE di Indonesia

0

Telko.id – Datacomm siap menjawab tantangan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Indonesia. Di mana, SPBE merupakan langkah penting dalam transformasi digital pemerintahan.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Namun, penerapan SPBE di institusi pemerintahan menghadapi berbagai tantangan.

Seperti halnya tantangan digitalisasi di sektor lainnya, risiko keamanan menjadi perhatian utama karena sistem yang “always on” memungkinkan akses publik yang lebih luas, sehingga meningkatkan potensi ancaman terhadap data dan informasi penting.

Datacomm sebagai penyedia layanan teknologi informasi terkemuka di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, memiliki solusi lengkap untuk penerapan SPBE di institusi pemerintahan.

Baca juga : Fortinet dan Samsung Kolaborasi Garap Pasar Keamanan Siber Maritim

Tantangan dan Solusi Penerapan SPBE di Indonesia

SPBE adalah inisiatif strategis yang bertujuan memodernisasi dan merampingkan operasi pemerintah dengan memanfaatkan teknologi digital dan cloud. Walaupun SPBE menawarkan potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi, penerapannya menghadapi sejumlah tantangan signifikan.

Tantangan implementasi SPBE ini bisa dikategorikan menjadi ketersediaan, kedaulatan data, dan kerahasiaan. Banyak lembaga pemerintah, terutama yang berada di daerah terpencil, menghadapi kendala terkait infrastruktur teknologi.

Akses internet yang terbatas, perangkat keras yang sudah usang, dan jaringan yang tidak stabil sering menjadi hambatan serius dalam penerapan SPBE yang efektif.

Selain itu, isu keamanan dan privasi data masih menjadi tantangan yang amat besar, seiring dengan meningkatnya jumlah data yang dikelola secara elektronik. Ancaman nyata seperti serangan siber, kebocoran data, dan potensi penyalahgunaan informasi wajib mendapat tindakan serius.

Sebelumnya, Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) menemukan bahwa jumlah serangan siber di Indonesia mengalami peningkatan yang tinggi. Pada tahun 2023 lalu terjadi 400 juta serangan, dan didominasi Malware seperti Trojan dan Ransomware.

Terkait pentingnya peranan cloud serta strategi meningkatkan ketahanan siber dalam digitalisasi di pemerintahan, Datacomm menawarkan dua produk terbaru, yaitu, DCloud dan DTrust.

DCloud dari Datacomm merupakan layanan komputasi awan yang telah tersertifikasi dengan standar yang ditetapkan oleh beberapa lembaga sertifikasi internasional, dan memiliki fitur Backup & Recovery.

Sementara DTrust menawarkan solusi dan layanan keamanan cloud yang terkelola, dirancang khusus untuk membantu melindungi data, sistem yang berjalan di infrastruktur cloud dari ancaman siber.

Lebih dari sekadar penyedia layanan, DTrust berfungsi sebagai mitra terpercaya bagi instansi pemerintah dalam menjaga keamanan siber. Dengan DTrust, pemerintah akan mendapatkan dukungan penuh untuk menghadapi berbagai tantangan keamanan siber serta menerapkan strategi ketahanan siber yang menyeluruh dan efektif.

Dalam upaya untuk mengatasi tantangan penerapan SPBE di Institusi pemerintahan, Datacomm menyediakan solusi yang dirancang khusus untuk mendukung implementasi SPBE, antara lain:

  • Government Cloud: Solusi cloud terkelola (Managed Service) dari DCloud yang menyederhanakan pengelolaan cloud, termasuk pemantauan, pemeliharaan, dan peningkatan infrastruktur.
  • Cloud Security: Solusi keamanan yang melindungi data dan aplikasi dengan enkripsi, kontrol akses ketat, dan pemantauan ancaman real-time, memastikan keamanan informasi dari ancaman siber.
  • Infrastructure as a Service (IaaS): Layanan infrastruktur cloud yang menawarkan skalabilitas dan fleksibilitas tinggi, memungkinkan penyesuaian cepat terhadap sumber daya IT sesuai kebutuhan tanpa investasi infrastruktur fisik.
  • Platform as a Service (PaaS): Model layanan cloud yang menyediakan platform bagi pengembang untuk mempermudah pembangunan, pengujian, implementasi, dan pengelolaan aplikasi tanpa harus menangani infrastruktur di baliknya.
  • Software as a Service (SaaS): Model layanan cloud dimana proses aplikasi, website, dan layanan digital lainnya disimpan dan dikelola di server  penyedia layanan sehingga pengguna tidak perlu mengelola perangkat lunak di komputer mereka.

“DCloud memiliki Government Cloud sebuah cloud solution secara spesifik untuk mengadress kebutuhan dari SPBE di tingkat pemerintahan baik pusat, daerah, maupun kelembagaan,” kata Benny Sumitro, Direktur Cloud Services PT Datacomm Diangraha.

Datacomm Solution Day 2024 SIap Digelar

PT Datacomm Diangraha dalam waktu dekat, pada 10 September 2024, akan menggelar Datacomm Solution Day 2024. Acara ini akan menampilkan diskusi panel penting mengenai “Tantangan dan Solusi Penerapan SPBE di Institusi Pemerintahan”, yang akan membahas isu-isu krusial dan solusi inovatif terkait penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sesi tersebut merupakan bagian dari agenda khusus untuk sektor pemerintahan, dan akan memperdalam pembahasan setelah dua pemaparan sebelumnya tentang peranan cloud dalam digitalisasi pemerintahan (DCloud) dan strategi meningkatkan ketahanan siber di era cloud computing (DTrust).

Diskusi panel ini juga akan melibatkan akademisi, pakar, dan perwakilan dari sektor pemerintahan untuk mengeksplorasi lebih dalam mengenai tantangan dan solusi penerapan SPBE.

Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan berharga mengenai tantangan-tantangan kritis yang dihadapi oleh institusi pemerintah dan solusi teknologi dari Datacomm yang dapat meningkatkan efisiensi serta transparansi pemerintahan.

Selain itu, diskusi panel di Datacomm Solution Day 2024 juga akan membahas regulasi mengenai SPBE di Indonesia, yang mencakup berbagai aturan penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pemerintahan. Regulasi-regulasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa penerapan SPBE dilakukan secara efektif, aman, dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. (Icha)